Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Alpukat, Mencegah Janin Cacat

Asam folat sebenarnya vitamin B9, bagian dari vitamin B kompleks, jenis vitamin yang larut air. Dengan sifatnya yang larut air, vitamin ini tidak bisa disimpan lama di dalam tubuh karena setelah diambil oleh tubuh lalu dikeluarkan lewat urine. Dengan sifatnya itu, ibu hamil serta ibu yang berniat hamil perlu mengasup asam folat setiap hari. Vitamin ini dapat membantu tubuh dalam memproduksi dan menjaga kesempurnaan DNA (Deoxyribose Nucleic Acid) dan RNA (Ribonucleic acid), bahan genetik tubuh.

Para ahli menganjurkan, ibu hamil sebaiknya mengasup sumber asam folat dari buah-buahan segar atau sayur lalap. Karena sayur yang dimasak 80% kandungan asam folatnya hilang saat proses pemasakan.

Bikin janin sehat

Buah yang paling kaya kandungan asam folatnya adalah alpukat yang sering dijumpai dalam es campur, es teler, dan jus alpukat. Banyak orang takut mengonsumsi buah ini karena beranggapan alpukat sangat tinggi kandungan lemaknya. Memang benar, kandungan lemak dalam alpukat bisa 20-30 kali lebih banyak dibandingkan buah-buahan lain. Namun perlu diketahui, lemak yang terkandung pada alpukat adalah lemak baik. Yakni lemak tak jenuh tunggal yang disebut-sebut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan menaikkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik).

Alpukat adalah satu-satunya buah yang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal. Bagi ibu hamil yang butuh lemak sebagai penghasil energi, tentunya akan lebih baik bila lemak yang diasup bersifat tak jenuh. Selain itu, alpukat juga buah yang paling kaya asam folat -zat gizi yang bahkan sudah harus dipenuhi oleh ibu yang berniat hamil dan juga ibu hamil sejak baru terbentuk embrio.

Menurut Prof. dr. Joseph Hersh dari Fakultas Kedokteran Universitas Louisville, Kentucky, AS, trimester I merupakan masa pembentukan sistem saraf pusat janin, termasuk otak dan sumsum tulang belakang. Bayi yang kekurangan asam folat bisa menderita gangguan jantung, bibir sumbing, cacat saluran kemih, serta cacat anggota tubuh lainnya. Penelitian pada 1991 juga menemukan hubungan antara asam folat dan cacat lahir. Kekurangan asam folat -yang mempengaruhi pembentukan fungsi otak, saraf, dan sumsum tulang- ternyata dapat berakibat bayi yang dilahirkan cacat.

Seperti pada zat-zat gizi lain, kalau janin tidak memperoleh pasokan asam folat, dia akan mengambilnya dari cadangan sang ibu. Hal ini akan berpengaruh buruk pada kesehatan ibu. Selain anemia, letih, lesu, insomnia (susah tidur), pelupa, depresi, sampai rambut beruban, ibu terancam pula oleh risiko terkena kanker usus besar, payudara, dan pankreas.

Sebuah alpukat mengandung 114 mikrogram asam folat. Jumlah ini cukup memenuhi 30% kebutuhan asam folat ibu hamil. Kebutuhan asam folat yang direkomendasikan bagi ibu hamil setiap harinya sekitar 600 mikrogram, ibu menyusui 500 mikrogram, serta perempuan dewasa 400 mikrogram. Selain asam folat dan lemak, alpukat mengandung serat yang mampu membantu mencegah sembelit yang sering dialami ibu hamil. Sedangkan kadar kalium (bermanfaat untuk menyeimbangkan tekanan darah) pada alpukat 2-3 kali lebih banyak daripada pisang.

Untung saja makanan tradisional Indonesia kaya akan asam folat, semisal sayuran berwarna hijau, buah-buahan berwarna jingga dan merah. Sumber asam folat pada bahan makanan lain adalah susu, pisang, jeruk, brokoli, taoge, dan kacang-kacangan (termasuk tahu, tempe). Nah, kalau kita sering makan karedok, terancam, rujak buah, dan masih banyak lagi, tentunya kebutuhan akan asam folat akan terpenuhi. Sumber : Buku Menu Sehat, edisi Serba-serbi Kehamilan

Sumber : kesehatan.kompas.com
READ MORE - Selengkapnya

Cara Menghilangkan Bekas Operasi

Terkadang kita menemukan kasus gangguan kesehatan atau kecelakaan yang menuntut untuk menjalani operasi. Di satu pihak bedah dapat menyelamatkan hidup tetapi di sisi lain luka mendalam yang ditinggalkan sering memalukan. Bedah luka biasanya permanen dan meninggalkan jejak.

Bekas luka operasi ini tidak lain dari jaringan kulit yang dikumpulkan. Setelah operasi, tubuh mencoba untuk menyembuhkan dirinya sendiri karena tubuh tidak dapat meciptakan kulit dan jaringan yang sehat dengan segera, ia membawa serat yang tidak berfungsi seperti jaringan kulit asli. Serat yang dikumpulkan dikenal sebagai bekas luka. Jaringan parut ini memiliki keterbatasan sirkulasi darah, gerakan, dan sensasi.

Bekas luka juga tidak memiliki kelenjar keringat, pucat, dan kurang tahan terhadap sinar ultraviolet. Kabar baiknya adalah bekas luka operasi tersebut dapat dibuang.

Berikut adalah cara untuk menghilangkan bekas luka operasi:
Salah satu cara terbaik untuk menghilangkan bekas luka operasi adalah dengan memijat daerah tersebut. Pijatan membantu mengurangi jaringan bekas luka dan juga meningkatkan suplai darah. Hal ini mendorong pembentukan jaringan kulit dan dengan demikian, mendapatkan kembali kulit normal.
Solusi terbaik berikutnya adalah penggunaan cream Retin. Ini meningkatkan produksi sel kulit yang membantu menggantikan sel-sel yang lebih tua dan membentuk jaringan kulit baru, dengan demikian, perlahan-lahan bekas luka akan samar.
Vitamin E juga dikenal menghilangkan bekas luka. Penelitian telah menjelajahi Vitamin E yang memiliki kemampuan untuk menembus ke dalam kulit dan menghasilkan pembentukan radikal bebas. Hal ini meningkatkan proses penyembuhan. Vitamin E meningkatkan produksi kolagen yang memperkuat dan meningkatkan elastisitas kulit.

Semua luka akan meninggalkan skar dan akhir dari proses penyembuhan luka pada setiap orang juga berbeda-beda. Terkadang ada yang mengalami proses gatal, kemerahan dan lambat laun menjadi tebal, keras dan menghitam. Ada pula yang mengalami proses skar menjadi halus, tipis, rata dengan kulit sekitar, namun terjadi perubahan warna (bisa lebih gelap atau lebih terang dibanding kulit sekitarnya).

Tiga metode ini merupakan cara terbaik untuk menghilangkan bekas luka operasi. Penghapusan bekas luka operasi selalu membutuhkan waktu tergantung pada beratnya operasi. Atau jika anda ingin mencoba pengobatan secara Herbal bisa dicoba dengan menggunakan Ekstrak teripang.mengandung asam miristat, palmitat, almitoleat, stearat, oleat, linoleat, arakhsidat,eicosapentaenat, behenat, erusat, dan docosahexaenat.

Asam lemak itulah yang berperan terhadap pemulihan luka operasi. Kandungan asam eicosapentaenat (EPA) dan asam docosahexaenat (DHA) relatif tinggi, masing-masing 25,69% dan 3,69%. Tingginya kadar EPA menandakan kecepatan teripang memperbaiki jaringan rusak. Kandungan kolagen dalam ekstrak teripang mempercepat penyembuhan luka dalam dan luar setelah pembedahan seperti akibat operasi caesar. Dan sebagai alternatif lain adalah dengan cara bedah plastik. Selamat Mencoba!

Sumber : balistta.blogspot.com
READ MORE - Selengkapnya

Tips Mengatasi Mual dan Muntah Saat Hamil

Pada ibu hamil muda, terutama trimester pertama kehamilan terjadi peningkatan hormon dalam tubuh. Secara alami hormon tersebut berguna untuk mempertahankan kehamilan. Hormon tersebut antara lain adalah HCG. Setelah pembentukan ari – ari bayi maka perlahan lahan keluhan mual muntah juga pusing akan berkurang. Selain perubahan hormon, juga akan terjadi banyak hal lain misalnya sistem peredaran darah dan penyesuaian bentuk tubuh ibu hamil sebagai adaptasi terhadap kehamilan yang sedang berlangsung.

Perubahan – perubahan hormon dan pembesaran rahim tersebut menyebabkan gerakan usus terganggu. Keluhan umum yang sering dirasakan adalah yang dirasakan antaralain mual dan muntah, rasa penuh pada lambung, nyeri ulu hati terasa seperti terbakar. Sekali lagi semua ini dalam batas normal. Sebagai pengaruh dari hormon kehamilan.

Perubahan hormonal dan keluhan mual muntah pada ibu hamil bukan merupakan suatu penyakit atau kelainan. Meskipun demikian pada beberapa perempuan hamil ada yang harus menjalani rawat inap karena kondisinya semakin lemah atau bila terjadi komplikasi karena kekurangan cairan / dehidrasi akibat mual muntah yang berlebihan ( hiperemesis gravidarum ), suhu badan meningkat, atau bila ibu hamil ada gangguan kelenjar tiroid.

Perawatan di rumah sakit bertujuan untuk mengatasi kekurangan cairan dan gangguan asupan pemenuhan kebutuhan nutrisi. Namun selama ibu hamil masih bisa makan dan minum, perawatan ini tidak diperlukan. Tubuh ibu hamil secara alami telah berupaya beradaptasi sedemikian rupa untuk mempersiapkan kehadiran sang bayi dalam rahim ibu. Maka ibu juga harus menjaga benar – benar jenis makanan yang dikonsumsi. Terutama pada tiga bulan pertama masa hamil. Pada masa inilah proses pembentukan organ tubuh bayi dalam rahim mulai berlangsung.

Tips menghadapi mual muntah dalam kehamilan
Makan dalam porsi kecil tetapi sering
Perbanyak konsumsi karbohidrat, selain nasi bisa di ganti dengan kentang dll
Makanlah dalam keadaan hidangan selagi masih hangat
Mengurangi makanan berlemak dan mengandung minyak agar lambung tidak memproduksi asam yang berlebihan.
Hindari makan sambil minum agar lambung tidak terasa penuh
Hindari bumbu yang pedas, berbau tajam, terlalu asam
Menghindari stress yang membuat asam lambung semakin meningkat
Setiap bangun tidur biasakan minum air hangat dan manis sedikit demi sedikit

Selain tips di atas anda bisa memodifikasi dengan mengganti jenis makanan yang dikonsumsi, carilah jenis makanan pengganti yang kadar gisinya dan zat terkandung didalam makanan tersebut bisa memenuhi kebutuhan tubuh ibu hamil. Misalnya anda tidak suka makan nasi maka bisa diganti dengan kentang atau roti. Dan bila saaat hamil mual muntah anda tidak bisa makan hidangan yang berbau amis seperti ikan dan daging, dan telur. Sebagai solusinya anda bisa menggantikan dengan protein nabati tahu, tempe, dan lain – lain. Sebaiknya tetap berusaha minum susu.

Pada Pagi hari kadar hormon kehamilan sedang tinggi, maka keluhan mual – muntah lebih berat, maka minum susu dilakukan menjelang sore atau malam. Minum dalam kondisi hangat. Bila tidak suka berbentuk susu bisa di ganti dalam bentuk puding atau es krim. Bagi ibu yang menyukai minuman susu sapi segar pastikan sudah direbus dan mendidih. Beberapa ibu hamil ada yang tidak suka susu, sebagai minuman lain boleh air kacang hijau dan minuman sari kedelai.

Setelah anda melewati masa – masa mual muntah ini dan kondisi selera makan mulai membaik maka ibu hamil boleh makan semua makanan bergizi tinggi untuk mendukung proses pertumbuhan bayi dalam kandungannya. Diharapkan setelah kurang lebih melewati bulan ke empat kehamilan maka keluhan mual muntah akan berangsur menghilang.

Demikian Tips untuk ibu hamil muda yang mengalami keluhan mual muntah, semoga bermanfaat

Bidancare, Romanatari Amd Keb

Sumber : kesehatan.kompasiana.com
READ MORE - Selengkapnya

Membuang Racun Tubuh dengan Diet Pembersihan Usus

Tipe diet yang satu ini dirancang untuk periode waktu yang lebih pendek. Ini difokuskan untuk membuang racun dari dalam tubuh. Bahkan pembuangan zat beracun dengan Glossary Link diet pembersihan usus ini juga memungkinkan untuk memfasilitasi tubuh agar berfungsi secara normal.

Pada saat kita berada di bawah tekanan stress dan bahan beracun sedang menyerang tubuh, hal itu berlangsung sebelum tubuh berfungsi secara kolaboratif. Begitu sistemnya terganggu, itu akan mempengaruhi sistem lainnya untuk berfungsi dengan baik. Diet pembersihan usus memiliki manfaat kesehatan dan diet tersebut bekerja untuk meningkatkan kinerja sistem pencernaan.

Komposisi diet untuk pembersihan usus besar adalah buah segar beserta kulitnya, potongan ragi dan sayur segar. Kesemuanya baik untuk memulai diet ini. Menu tersebut harus dimakan dalam bentuknya yang paling murni ketika perut sedang kosong. Makanan dari dedaunan hijau juga merupakan bagian dari diet pembersihan usus besar. Fungsinya adalah untuk membersihkan usus dari dalam. Diet pembersihan usus juga membutuhkan banyak asupan air untuk membuat rencana diet bekerja dengan baik. Konstipasi terjadi ketika tidak terdapat cukup air di dalam tubuh yang dapat mengencerkan racun. Dietnya akan bekerja dengan baik dengan 6 hingga 10 gelas per hari. Air adalah komponen yang paling krusial dalam diet pembersihan usus besar dan merupakan bentuk lain dari diet pembersihan.

Selain diet pembersihan usus, suplemen pembersih usus juga dapat digunakan sebagai bagian dari pencernaan dan pembuangan normal. Pergerakan usus mengalami perbaikan karena suplemen tersebut meningkatkan efektivitas detoksifikasi. Harus ada resep yang tepat dari dokter apabila Anda ingin menggunakan suplemen pembersih usus.

Diet pembersihan usus membantu tubuh dengan membuang alergen, racun, dan bahan kimia pada makanan. Makanan kemasan juga harus diperlakukan dengan bijaksana. Makanan seperti itu memiliki sebaran persentase dalam mengurangi luasnya pengaruh keasaman dan lendir di dalam tubuh, seraya menciptakan lingkungan yang lebih bersuasana basa.

Budaya ketimuran juga telah mempraktekkan program diet ini untuk menunjang kesehatan dan mengurangi tingkat terjadinya penyakit. Pergerakan usus secara reguler akan meningkatkan kemungkinan pembuangan zat beracun. Peningkatan dalam pertumbuhan sel dan jaringan dibuat dengan menjaga usus besar tetap dalam kondisi yang baik.

Sumber : doktermu.com
READ MORE - Selengkapnya

Bahaya Makanan Jajanan Di Sekitar Kita

Bukan kali pertama kalau diberitakan jajanan anak sekolah (dan orang dewasa) tidak menyehatkan. Bahaya makanan jajanan sekolah dan makanan umum lainnya bisa muncul untuk jangka pendek, bisa juga pada jangka panjang.

Jangka pendek, terjadi keracunan makanan sebab tercemar mikroorganisme, parasit, atau bahan racun kimiawi (pestisida). Muntah dan diare sehabis mengonsumsi jajanan paling sering ditemukan.

Bahaya jangka panjang jajanan yang tidak menyehatkan apabila bahan tambahan dalam makanan-minuman bersifat pemantik kanker, selain kemungkinan gangguan kesehatan lainnya.

Kita menyaksikan hampir semua kalangan di Indonesia, baik anak sekolah, orang kantoran di kota besar, apalagi yang di pedesaan, rata-rata sudah tercemar oleh beragam bahan kimiawi berbahaya dalam makanan, kudapan, atau penganan jajanan mereka.

Mengandung Zat Warna Tekstil
Sebagai contoh adalah saus tomat. Tidak sedikit saus tomat yang beredar terbuat dari ubi, cuka, dan zat warna tekstil (rhodomin-B). Zat warna tekstil inilah yang diperkirakan berpotensi menimbulkan keluhan tersebut.

Tidak hanya sekadar pusing belaka yang ditakutkan, melainkan juga bahaya jangka panjangnya. Zat warna tekstil jenis itu bersifat pemantik munculnya kanker bila dikonsumsi rutin untuk waktu yang sama.

Kita menyaksikan yang ada di meja makan warung nasi, penjual bakmi bakso, dan kantin sekolah, kemungkinan besar jenis saus tomat semacam itu. Kalau tidak, kenapa harganya bisa rendah sekali? Kecurigaan harus muncul bila ada saus tomat semurah itu.

Bukan cuma dalam saut tomat, zat warna tekstil rhodomin-B juga konon pernah ditemukan dalam lipstik dan pemerah pipi, selain bahan pewarna panganan dan jajanan, termasuk mungkin dalam sirup murah.

Dalam sebuah reportase sebuah stasiun TV swasta menyiarkan tayangan pembuatan sirup yang dijajakan di sekolah tersebut kurang higienis, memakai air mentah (belum dimasak) dan zat warna buatan yang diduga rhodomin-B juga.

Sirup dan limun murah di jajanan sekolah ini yang membuat kita prihatin. Generasi anak sekolah (pinggiran, dari ekonomi kurang mampu) kita tengah memanggul risiko terkena kanker saat dewasa, selain bahaya infeksi perut dadakan.

Bahaya Cacing
Melihat kondisi seperti ini, semakin murah-meriah suatu jajanan, boleh disimpulkan semakin besar berisiko membahayakan kesehatan. Bahaya jangka panjang yang lain juga muncul bila jajanan sampai tercemar cacing.

Kebanyakan sayur mayur mentah (pernah diselidiki) di supermarket mengandung telur cacing perut karena konon sebelum dibawa ke kota, dibersihkan memakai air selokan di gunung. Air selokan umumnya sudah tercemar tinja berpenyakit (penderita penyakit cacing perut).

Telur cacing juga dapat pula dibawa oleh jemari penjaja makanan (gado-gado, rujak, buah dingin, karedok, ketoprak) bila penjaja makanan (food handle) mengidap penyakit cacing.
Sehabis penjaja makanan buang air besar dan tidak membasuh tangan dulu tetapi langsung menyajikan makanan, telur cacing di kuku jemarinya akan mencemari makanan jajanannya.

Di sela-sela kuku jemari tangan telur cacing mengendon dan pindah ke makanan jajanan. Cacing kremi, cacing tambang, cacing gelang, cacing cambuk, jenis-jenis cacing yang lazim ditularkan dari makanan jajanan.

Sering pengidap cacing tidak merasakan keluhan apa-apa, termasuk orang gedongan dan pekerja kantoran. Biasanya baru kedapatan cacingan kalau iseng melakukan pemeriksaan laboratorium tinja. Tahu-tahu ada telur cacingnya.

Pada anak sekolah, cacingan bisa berakibat kekurangan darah (anemia). Baru-baru ini diberitakan bahwa lebih separuh anak sekolah dasar (sampel sebuah yayasan LSM) menderita anemia. Besar kemungkinan, selain sanitasi yang buruk, penyebabnya bersumber dari jajanan harian yang tercemar cacing perut.

Bahan-Bahan Berbahaya
Pada intinya adalah sudah saatnya kita selaku orang tua maupun orang dewasa hendaknya berhati-hati apabila kita atau anak kita jajan di luar. Tentunya kita tidak ingin apabila kita apalagi anak kita mengidap penyakit kanker atau cacingan bukan?

Sebagai tambahan wawasan, berikut ini beberapa bahan-bahan berbahaya yang sering digunakan oleh penjual jajanan yang tidak bertanggung jawab. Semoga dengan mengetahui jenis dan bahayanya, kita lebih berhati-hati di kemudian hari.

Gula bibit
Selain pewarna, jajanan kaki lima yang memang buat kantong ekonomi lemah, dengan harga yang lebih terjangkau, tak mungkin sepenuhnya menggunakan gula asli (gula pasir maupun gula merah), melainkan memilih gula bibit.

Kita tahu gula bibit tidak semuanya aman bagi kesehatan. Sebut saja gula sakarin dan aspartam, yang jauh lebih murah dibanding gula asli. Bisa dipastikan jenis gula bibit murah begini, yang sudah dilarang digunakan, masih saja dipakai oleh rata-rata pembuat makanan dan minuman rumahan.

Limun, sirup, saus dan kecap murah, hampir pasti mencamprukan gula bibit, kalau bukan seluruhnya bahan kimiawi berbahaya ini. Pemanis buatan lain tentu ada yang lebih aman, dari daun stevia, misalnya.

Namun, karena harganya tidak terjangkau untuk membuat kudapan murah, pedagang memilih gula buatan yang lebih murah.Belakangan pemanis buatan aspartam juga gencar dilarang, lantaran efek buruknya, antara lain diduga terhadap otak. Namun, masih banyak jajanan dan penganan, selain industri makanan yang menggunakan aspartam.

Penyedap
Perhatikan bagaimana tukang bakso pinggir jalan menambahkan bumbu penyedap (sodium gluamic). Dahulu, untuk menuangkan bumbu penyedap (disebut mecin, vetsin) memakai sendok khusus terbuar dari kayu dengan penampang seujung kelingking.

Maksudnya paling banyak disedok pun, takarannya hanya seujung kelingking itu. Tidak demikian hal sekarang, rata-rata dituang langsung dari kantong plastik kemasan atau memakai sendok makan.

Semakin banyak penyedap dituangkan, semakin gurih rasa barang jualannya.Dari kacamata ekonomi, akan lebih menguntungkan bila menuangkan lebih banyak penyedap karena menambah lezat cita rasa jajanan.

Air putih (bukan kaldu) yang dibubuhi penyedap banyak-banyak dengan cara murah dan mudah menjadi sangat menyerupai kuah kaldu yang harus tinggi modalnya. Apa bahaya mengkonsumsi penyedap banyak-banyak?

Ya, bila dikonsumsi rutin untuk jangka waktu lama, penyedap buruk efeknya terhadap susunan saraf pusat, selain efek alergi bagi yang tidak tahan (post resntaurant syndrome), juga pusing-pusing sehabis makan di restoran (akibat penyedap).

Bagi mereka yang ingin aman, selain minta tidak pakai penyedap bila memeasan makanan restoran, masakan di rumah sendiri sama sekali bebas penyedap buatan. Rasa gurih sehatnya cukup hanya mengandalkan bahan alami, seperti rasa kaldu ayam, sapi atau ikan belaka. tanpa perlu menambahkan bumbu penyedap buatan.

Formalin
Kita juga mengenal bahan formalin. Selain digunakan buat pengawet mayat agar tidak lekas membusuk, formalin juga masuk ke indsutri makanan (rumahan). Bukan baru sekarang kita mendengar atau mungkin membaca kalau formalin juga masuk industri pembuatan tahu.

Agar awet tidak lekas rusak (basi), industri tahu (murah) juga memanfaatkan formalin, agar tidak sampai merugi. Tahu yang berformalin dijajakan di mana-mana. Padahal, formalin juga tidak menyehatkan.

Masalahnya, bagaimana mengontrol begitu banyak dan luasnya industri rumahan tahu di Indonesia? Formalin juga dimanfaatkan untuk proses pembuatan ikan asin. Penjualan ikan asin di suatu daerah, baru-baru ini diberitakan menurun akibat kedapatan pembuatannya memakai formalin agar lebih awet.

Selain formalin kita juga membaca atau mendengar pembuatan bakso mencampurkan bahan kimiawi boraks juga, selain beberapa jenis bahan kimiawi yang sudah terbukti membahayakan kesehatan, masih lolos tak terkontrol.

Betapa longgarnya kendali terhadap pemakaian bahan-bahan berbahaya karena memang tidak mudah rentang kendali untuk ribuan industri makanan dan minuman rumahan, termasuk jamu rumahan.

Minyak goreng bekas
Disinyalir, kebanyakan jajanan gorengan pinggir jalan juga menggunakan minyak goreng bekas, kalau minyak goreng yang sudah dioploas dengan minyak lain yang lebih murah. Minyak goreng oplosan ini yang diduga membahayakan kesehatan.

Kita sudah tahu kalau minyak goreng bekas (jelantah) bersifat karsinogenik juga. Restoran ayam goreng yang tidak memakai lagi minyak goreng habis pakainya, menjualnya ke penjual gorengan pinggir jalan.

Kalau dikonsumsi rutin untuk jangka waktu lama, tentu sama tidak sehatnya dengan bahan karsinogenik lainnya. Termasuk jika kita melakukannya juga di rumah sendiri.

Sumber : pondokibu.com
READ MORE - Selengkapnya

Gatal-Gatal Kronis atau URTICARIA

Foto: minti.com

Gatal-gatal kronis--juga dikenal sebagai urticaria--adalah kumpulan bekas gatal berwarna merah atau putih dengan berbagai ukuran yang muncul dan menghilang.

Sebagian besar kasus gatal-gatal menghilang dalam beberapa minggu atau kurang dari seminggu. Disebut gatal-gatal kronis jika gatal-gatal tersebut berlangsung lebih dari enam minggu atau gatal-gatal itu hilang, tapi sering kambuh.

Dalam banyak kasus gatal-gatal, penyebab tidak pernah jelas diidentifikasi. Pada beberapa kasus terentu, gatal-gatal kronis berhubungan dengan gangguan autoimun, seperti penyakit tiroid atau lupus.

Gejala
# Muncul sebagai bulatan kecil, cincin atau bekas gatal yang besar dan dapat berubah bentuk
# Gatal dan dapat dikelilingi oleh suar merah

Perawatan
Dalam kasus di mana pemicu diidentifikasi - seperti suatu reaksi terhadap makanan tertentu, obat-obatan atau rangsangan fisik - perawatan dilakukan dengan menghindari pemicu gatal. Gejala-gejala dapat diobati secara efektif pada kebanyakan orang obat. 

Sumber: mayoclinic.
detikhealth.com
READ MORE - Selengkapnya

Genital Retraction Syndrome

Ilustrasi
Bagi orang normal sindrom ini terdengar aneh. Penderita pria merasa alat kelamin mereka menyusut dan kemudian akan hilang. Sedangkan penderita perempuan merasa payudara mereka menyusut dan kemudian jadi rata. Sindrom ini mirip dengan Penis Panic, sebuah histeria massal di mana para lelaki tiba-tiba meyakini penis mereka menyusut. Penis Panic ini terjadi di berbagai belahan dunia, terutama di Afrika dan Asia.

Gejala
Merasa alat kelamin atau payudara menyusut

Perawatan
Perawatan untuk penderita sindrom ini adalah dengan meyakinkan bahwa tak ada yang berubah pada alat kelamin mereka. Untuk meyakinkannya, dokter biasanya menjelaskan dengan pendekatan medis dan akademis.

Sumber: disarikan dari beberapa sumber.
detikhealth.com
READ MORE - Selengkapnya

Mengenal Gangguan Bipolar pada Manusia

Add caption
Tiap manusia mengalami pasang surut emosi. Terkadang berada pada puncak emosi, namun terkadang merasa sangat depresi. Gangguan ini seperti memiliki dua kutub emosi, oleh karena itu disebut gangguan bipolar (Bipolar Disorder). Gejala gangguan bipolar dapat mengganggu pekerjaan, sekolah, hubungan sosial, dan mengganggu kehidupan sehari-hari.

Meskipun gangguan bipolar ini bisa diobati, banyak orang tidak mengenali tanda-tanda peringatan dan mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan. Karena gangguan bipolar cenderung memburuk tanpa pengobatan, penting untuk mengetahui apa saja gejala-gejala mirip. Mengenali masalah merupakan langkah pertama untuk mengendalikan gejala.

Gangguan bipolar (juga dikenal sebagai manik depresi) menyebabkan pergeseran serius dalam suasana hati, energi, berpikir, dan perilaku yang ekstrim (di satu sisi sangat bersemangat, di sisi lain sangat depresi). Lebih dari sekadar suasana hati yang berlangsung sekilas, gangguan bipolar dapat berlangsung berhari-hari bahkan berbulan-bulan. Dan tidak seperti suasana hati biasa, perubahan suasana gangguan bipolar sangat hebat sehingga mereka mengganggu kinerja.

Selama episode manic, penderita begitu bersemangat bekerja, tidak begitu tertekan dengan tagihan utang, atau merasa cukup sehat walaupun istrihat cuma dua jam. Sedangkan selama episode depresi, penderita sangat malas bangun, penuh kebencian, putus asa, dan begitu tertekan dengan masalah social yang dialami.

Penyebab gangguan bipolar tidak sepenuhnya dipahami, tetapi sering kali terjadi dalam riwayat kesehatan keluarga (genetic). Periode pertama dari gangguan bipolar biasanya terjadi pada masa remaja atau awal dewasa. Gejala nyaris tidak diketahui karena jadi sesuatu yang biasa dirasakan dan membingungkan karena mirip dengan situasi hati. Oleh karena itu banyak orang yang mengabaikan gangguan bipolar.

Tanda dan Gejala
Tiap orang memiliki gejala yang berbeda-beda. Tiap penderita memiliki varian, tingkat keparahan, dan frekuensi yang berbeda-beda. Beberapa orang lebih rentan terhadap baik mania atau depresi, sementara yang lain bergantian antara periode manik dan depresi.

Tanda dan gejala mania
Dalam fase manic gangguan bipolar memiliki energi tinggi, kreativitas, dan euforia. Orang-orang mengalami episode manik sering berbicara sangat cepat, tidur sangat sedikit, dan hiperaktif. Penderita gangguan bipolar jenis ini merasa diri sebagai yang terkuat, tak terkalahkan, atau ditakdirkan untuk menjadi orang besar.

Meskipun gejala manik ini menyenangkan, gejala manik memiliki kecenderungan untuk lepas kendali. Sebagai contoh, penderita sering berperilaku sembrono selama episode manik: menghabiskan tabungan, terlibat dalam aktivitas seksual yang tidak pantas, atau membuat investasi bisnis hitam. Penderita juga mudah marah, agresif-berkelahi, memukul ketika orang lain tidak menyetujui rencana mereka, dan menyalahkan siapa saja yang mengkritik perilaku mereka. Beberapa orang bahkan menjadi delusional atau mulai mendengar suara-suara aneh dalam dirinya.

Tanda dan gejala mania meliputi:
* Merasa sangat "tinggi" dan optimis atau sangat mudah marah
* Tidak realistis, keyakinan muluk tentang kemampuan seseorang atau kekuasaan
* Tidur sangat sedikit, tapi merasa sangat giat
* Berbicara sangat cepat sehingga orang lain tidak dapat mengikuti
* Pikiran melompat dengan cepat dari satu ide ke depan
* Sangat mudah terganggu, tidak mampu berkonsentrasi
* Diburukkan penilaian dan impulsif
* Bertindak secara serampangan tanpa berpikir tentang konsekuensi
* Delusi dan halusinasi (pada kasus yang berat)

Tanda dan gejala depresi bipolar
Di masa lalu, depresi bipolar disamakan dengan depresi biasa. Tetapi perkembangan penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara keduanya, terutama ketika berkonsultasi dengan psikiater. Kebanyakan orang dengan depresi bipolar tidak dibantu oleh antidepresan. Bahkan, ada risiko bahwa antidepresan dapat membuat gangguan bipolar dapat memicu lebih buruk-mania atau hypomania, menyebabkan gangguan kestabilan suasana hati.

Meskipun banyak kesamaan, gejala tertentu lebih sering terjadi pada depresi bipolar daripada depresi biasa. Sebagai contoh, depresi bipolar lebih cenderung menyebabkan penderita lekas marah, rasa bersalah, tidak bisa ditebak suasana hatinya serta perasaan gelisah. Orang-orang dengan depresi bipolar juga cenderung bergerak dan berbicara pelan-pelan, tidur banyak, dan berat badan bertambah. Selain itu, mereka lebih mungkin mengembangkan depresi psikotik-suatu kondisi di mana mereka telah kehilangan kontak dengan realitas-dan mengalami cacat besar dalam pekerjaan dan fungsi sosial.

Gejala depresi bipolar meliputi:
* Merasa putus asa, sedih, atau kosong.
* Iritabilitas
* Ketidakmampuan untuk mengalami kenikmatan
* Kelelahan atau kehilangan energi
* Kelesuan fisik dan mental
* Perubahan nafsu makan atau berat badan
* Masalah tidur
* Konsentrasi dan masalah memori
* Perasaan tidak berharga atau bersalah
* Pikiran tentang kematian atau bunuh diri

Tanda dan gejala episode campuran
Gangguan bipolar campuran merupakan kombinasi antara gejala manik dan depresi. Tanda-tanda umum episode campuran termasuk gejala depresi dikombinasikan dengan agitasi, iritabilitas, kegelisahan, insomnia, dan pikiran yang berubah-ubah sangat cepat. Kombinasi energi tinggi dan rendah ini membuat suasana hati yang sangat berisiko tinggi bunuh diri.

Pengobatan
Jika melihat gejala-gejala depresi bipolar pada diri sendiri atau orang lain, jangan menunggu untuk mendapatkan bantuan. Mengabaikan masalah tidak akan membuat gangguan hilang, bahkan akan bertambah buruk. Hidup dengan gangguan bipolar yang tidak diobati dapat menyebabkan masalah dalam segala hal dari karir, hubungan sosial dan kesehatan. Mendiagnosis masalah sedini mungkin dan mendapatkan pengobatan yang dapat membantu mencegah komplikasi ini sangat baik untuk mengatasi gangguan ini. Jika enggan untuk mencari pengobatan karena suka dengan suasana yang dirasakan ketika sedang dalam kondisi mania, ingatlah bahwa energi dan euforia berpotensi merusak, menyakiti diri sendiri dan orang-orang sekitar.

Dasar-dasar dari pengobatan gangguan bipolar
* Gangguan Bipolar memerlukan perawatan jangka panjang. Sejak gangguan bipolar menjadi masalah kronis seperti kambuh dari penyakit yang diderita, penting untuk perawatan terus bahkan ketika penderita merasa lebih baik. Kebanyakan orang dengan gangguan bipolar memerlukan obat-obatan untuk mencegah episode baru dan tetap bebas dari gejala. Pengobatan tersebut dapat berupa:
* Obat saja biasanya tidak cukup untuk sepenuhnya mengendalikan gejala gangguan bipolar. Strategi pengobatan yang paling efektif untuk gangguan bipolar adalah dengan kombinasi obat, terapi, perubahan gaya hidup, dan dukungan sosial.
* Pengobatan juga dapat dilakukan dengan berkonsultasi dengan psikiater yang berpengalaman. Gangguan bipolar adalah suatu kondisi yang kompleks. Diagnosis bisa rumit dan perawatan seringkali sulit. Untuk alasan keamanan, obat-obatan harus dimonitor. Seorang psikiater yang terampil dalam pengobatan gangguan bipolar dapat membantu penderita menavigasi gangguan ini.

Sumber: disarikan dari beberapa sumber.
detikhealth.com
READ MORE - Selengkapnya

Gangguan Pada Gigi Bungsu

Ilustras
Gigi bungsu dapat menyebabkan berbagai masalah, dari gangguan rasa sakit sampai gangguan gigi yang serius. Terkadang harus dilakukan pembedahan untuk mengatasinya.

Umumnya orang memiliki empat gigi bungsu, satu di setiap sudut mulut. Gigi bungsu adalah gigi terakhir tumbuh. Gigi ini tumbuh antara usia 17 dan 25 tahun. Gigi bungsu sering tidak dapat muncul normal atau terperangkap di dalam rahang. 

Gejala
Tanda dan gejala masalah gigi bungsu termasuk:
* Rasa sakit atau nyeri di sekitar gusi
* Pembengkakan di sekitar rahang
* Gusi merah atau bengkak
* Rahang sakit
* Bau mulut
* Rasa tidak enak ketika menggigit ke bawah pada atau dekat daerah
* Sakit kepala dan rahang berkepanjangan

Perawatan
Dampak gigi bungsu tidak selalu perlu pembedahan. Seseorang memiliki dua pilihan pengobatan utama, tergantung pada keparahan situasi dan faktor lainnya. Pengobatan dapat berupa konservatif atau bedah ekstraksi.

Sumber: mayoclinic
detikhealth.com
READ MORE - Selengkapnya

Ginekomastia : Pembengkakan pada jaringan payudara pada laki-laki

Ilustrasi
Ginekomastia adalah pembengkakan pada jaringan payudara pada laki-laki atau laki-laki, yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon estrogen dan testosteron. Bayi yang baru lahir, anak laki-laki memasuki masa puber dan orang tua sering mengalami ginekomastia sebagai akibat dari perubahan kadar hormon. 

Umumnya, ginekomastia bukan masalah serius, tetapi bisa jadi sulit untuk mengatasi. Laki-laki dan anak laki-laki dengan ginekomastia kadang-kadang mengalami nyeri di dada mereka dan mungkin merasa malu.

Gejala
Tanda dan gejala ginekomastia meliputi:
* Jaringan kelenjar payudara bengkak
* Payudara sakit

Perawatan
Ginekomastia bisa hilang dengan sendirinya. Ginekomastia juga dapat diobati dengan obat yang membantu menyeimbangkan kadar hormon. Dalam beberapa kasus, pembedahan untuk mengangkat jaringan payudara juga dapat menjadi pilihan. 

Sumber: mayoclinic.
detikhealth.com
READ MORE - Selengkapnya

Gangguan Kepribadian Avoidant

Ilustrasi:
Gangguan kepribadian avoidan adalah suatu kondisi psikiatris yang ditandai dengan rasa malu, perasaan tidak mampu, dan sensitif terhadap penolakan yang ekstrem seumur hidup. Gangguan ini menimbulkan masalah dalam pekerjaan dan hubungan sosial dengan lingkungan. Hingga kini, penyebab gangguan ini belum diketahui secara pasti.

GejalaPenderita gangguan ini hanya berhubungan dengan orang yang diyakini tidak akan menolak hubungannya. Untuk menghindari penolakan, penderita biasanay lebih menutup diri dari orang lain.

Perawatan
Obat antidepresan sering dapat mengurangi kepekaan terhadap penolakan. Psikoterapi, khususnya pendekatan perilaku-kognitif, dapat membantu penderita mengatasi gangguannya. Alternatif perawatan lain yang lebih efektif adalah dengan kombinasi obat-obatan dan terapi.

Sumber: healthcentral.
http://www.detikhealth.com
READ MORE - Selengkapnya

5 Benda Wajib untuk Kesegaran Instan


MATAHARI yang bersinar terik serta udara lembap bisa membuat tubuh terasa lengket dan berkeringat. Tapi, jangan khawatir. Sebab, ada sejumlah trik untuk mendapatkan kesegaran instan. 

Facial mist 
Semprotkan facial mist untuk memberikan kesejukan instan ke pori-pori kulit yang lelah. Percikan kesegaran serta aromanya yang menyenangkan dapat membantu mengembalikan vitalitas kulit. 

Body mist 
Tak perlu membawa-bawa parfum favorit Anda sepanjang hari. Selipkan saja body mist yang menyegarkan ke dalam tas ketika bepergian. Pilih aroma bunga atau citrus yang segar dan ringan untuk mencerahkan suasana hati Anda. 

Dry shampoo 
Sebuah hari yang panjang ditemani panas terik dapat membuat rambut indah Anda menjadi lepek dan kusam. Untuk mengatasinya, taburkan dry shampoo ke akar rambut. Balikkan kepala, lalu sikat rambut secara menyeluruh. Rasakan sensasi segar serta volume baru yang tercipta. 

Kertas minyak 
Temperatur serta kelembapan tinggi dapat membuat wajah berkeringat dan berminyak. Singkirkan kelebihan sebum tanpa merusak riasan dengan menekan-nekan kertas minyak ke wajah. Kulit akan terasa lebih segar tanpa harus mencuci wajah. 

Nafas segar 
Es krim, hot dogs, keripik kentang dan berbagai camilan lain dapat membuat aroma napas menjadi kurang sedap. Sediakan selalu permen karet mint untuk menyegarkan napas tiap kali dibutuhkan. Selain itu, bawa pula sikat gigi serta pasta gigi mini khusus untuk bepergian.
mediaindonesia.com
READ MORE - Selengkapnya

Gangguan Akibat Kekurangan Iodium (GAKI)

Ilustrasi:

Gangguan Akibat Kekurangan Iodium (GAKI) merupakan sekumpulan gejala yang timbul akibat kekurangan Iodium. Sebagaimana diketahui Iodium adalah mineral yang terdapat di alam. Iodium berfungsi sebagai pengatur pertumbuhan dan perkembangan, salah satunya adalah untuk meningkatkan kecerdasan. Risiko kekurangan Iodium berpengaruh terhadap perkembangan otak. 

Kekurangan Iodium pada ibu hamil dapat menyebabkan peningkatan kematian janin. Pada anak remaja dapat mengakibatkan gangguan pertumbuhan fisik dan mental. Pada orang dewasa dapat menyebabkan penyakit gondok.

Penanggulangan:
Untuk menanggulangi kekurangan Iodium, dilakukan pemberian Iodium ke daerah-daerah yang dinilai mengalami kekurangan mineral ini.

Sumber: dari berbagai sumber.
http://www.detikhealth.com
READ MORE - Selengkapnya

Bio Platinum Therapy Tangkal Penuaan Kulit



SEIRING bertambahnya usia, tanda-tanda penuaan kulit seperti keriput, kulit kendur, serta bintik usia mulai kian nyata terlihat di wajah. Berbagai macam cara pun telah dilakukan orang untuk mengatasinya.

Suntik botox sampai operasi plastik merupakan sejumlah prosedur yang cukup populer untuk mengoreksi masalah ini. Tapi, semua tindakan itu melibatkan rasa sakit serta proses penyembuhan yang memakan waktu.

Bella Skin Care, salah satu pemain besar di bidang perawatan kulit dan penghilangan bulu, menawarkan Bio Platinum Therapy sebagai jawaban atas persoalan tersebut. Bio Platinum Therapy adalah sebuah perawatan mutakhir tanpa operasi, yang berguna untuk mengurangi dan mencegah garis-garis halus dan kerutan. Teknologi ini diklaim aman karena menggunakan arus mikro terkini yang meniru arus listrik alami dalam tubuh.

Bio Platinum Therapy memanfaatkan arus mikro menggunakan teknologi Suzuki Sequencing yang telah dipatenkan, untuk memberikan hasil optimal tanpa pembedahan. ''Tanpa rasa sakit, tanpa jarum, tanpa obat-obatan, dan sangat nyaman,'' ujar Dr. Temtachi, seorang pioner arus mikro asal Hong Kong, di tengah acara peresmian duta baru Bella Skin Care di Jakarta, Kamis (21/7).

Dengan penelitian dan pengembangan selama lebih dari 30 tahun, Suzuki Sequencing menunjukkan kombinasi keluaran listrik optimal yang diklaim efektif untuk mengencangkan dan membentuk kontur wajah, memaksimalkan penetrasi serum, mengembalikan kadar air pada kulit dan merevitalisasi kulit, memperbaiki peredaran darah, menjadikan kulit lebih halus dan mulus, mengurangi garis kerutan, merangsang sintesa kolagen dan elastin, serta mengangkat kontur wajah dan menjadikan kulit wajah tampak lebih muda.

Siapa pun boleh menjalani perawatan ini, baik lelaki mau pun perempuan. Usia 21 tahun dinilai Dr. Temtachi sebagai waktu yang tepat untuk memulainya. Namun, ibu hamil disarankan untuk tidak menjalani perawatan ini. ''Jaga penampilan Anda sebelum terlambat. Semakin cepat Anda memulainya, semakin baik hasilnya,'' ujar lelaki berusia 64 tahun yang tampak awet muda itu.

Ia juga tidak melarang pasien untuk mengombinasikan terapi ini dengan terapi kecantikan lainnya. ''Tapi, tunggu hingga 24 jam sebelum mencoba terapi lain, supaya efeknya tidak tumpang tindih,'' sarannya.

Pasien juga dilarang mengoleskan produk kecantikan apa pun ke wajah sebelum dan selama terapi. Tapi, setelah perawatan selesai, pasien boleh menggunakan produk kecantikan apa pun yang menjadi pilihannya, asalkan tidak melibatkan penetrasi jarum ke kulit.
mediaindonesia.com
READ MORE - Selengkapnya

10 Deodorant Tradisional Asli Indonesia


1. Daun sirihhttp://sunartoedris.files.wordpress.com/2009/04/sirih.jpg
Sudah sejak lama dikenal berkhasiat sebagai antiseptic jugha mengandung zat-zat aktif yangt mampu mengusir bau badan yang disebabkan oleh bakteri atau jamur. Mengandung bahan kimia di dalam minyak atsirinya : al. kadinen, kavikol, seneol, eugeol, karvakol dan zat samak.
Cara pakai : Beberapa helai daun sirih direndam dalam air panas, setelah dingin airnya diminum. Atau daun sirih dihaluskan bersama kapur sirih lalu di oleskan di kety (ketiak)
2. Daun Beluntas 
http://rempahputri.web.id/images/Daun%20Beluntas.jpg
Biasa ditanam sebagai tanaman pagar dan mempunyai sifat khas berbau langu dan rasanya getir. Daun dan bunga bluntas mengandung alkali yang bertindak sebagai antiseptic. Kandungan kimia al. amino (leusin, isoleusin, triptofan, treoin), lemak, kalsium, fosfor, besi, vitamin A dan C.
Cara Pakai : dimakan sebagai lalap mentah atau dikukus, boleh juga minum rebusan airnya.
Efek samping : dapat menurunkan suhu tubuh dan mendinginkan badan, dengan begitu banyak keringat yang keluar dan suhu tubuh menjadi turun.

3. Daun kemangi
http://www.belindo.nl/GetImage.aspx?image=imgImage&ImageID=97
Mengandung antiseptic
Cara pakai : Dilalap mentah, biasanya menjadi pelengkap lalap pecel lele.
Efek samping : meningkatkan selera makan. Jika dikonsumsi 1 genggam pagi dan sore selama masa haid maka BB yang sering menghinggapi perempuan haid akan berkurang.

4. Rimpang Temulawak
http://ayadila.files.wordpress.com/2008/12/temulawak.jpg
Kandungan kimia al. sapomin, flavioinoida dan minyak atsiri
Cara Pakai : minum rebusan rimpang temulawak yang telah diiris halus, air perasan temulawak parut yang ditambahkan sedikit madu. Parutan rimpang temulawak dapat juga dibalurkan keseluruh hingga mengering.

5. Bunga Kecombrang (Nicolaia sp.)
http://1.bp.blogspot.com/_h9xU9RF-bhU/SiYnl-rxp8I/AAAAAAAAAT0/CQfrsI5dCRk/s320/kecombrang.jpg
menganduing Sapomin, flavoinoida dan polifenol
Cara Pakai : daun muda dan bunga di masak dan dimakan sebagai teman lauk. Di daerah tertentu dimasak sebgai sayur lodeh

6. Jeruk Purut
http://www.lizaherbal.com/main/images/stories/HERBS/herbal_jerukpurut.jpg
Cara pakai : Minum sari campuran kulit jeruk purut dengan sebatang kencur dihaluskan bersama dengan air secukupnya

7. Jeruk Nipis
http://1001peluangusaha.files.wordpress.com/2009/07/sari-jeruk-nipis.jpg
Cara pakai : Air perasan jeruk nipi s dicampur kapur sirih dibalurkan di ketiak

8. Jahe (zingiber Officinale)
http://www.selera-kita.nl/images/jahe-2.jpg
Sebagian besar orang India percaya kalau rajin mengkonsumsi Jahe bisa membuat badan sesorang menebarkan aroma sedap. Menurut Pen Chao Cing dari kaisar Shen Nong (3000 SM), jahe segar dapat dapat menghilangkan bau badan sekaligus mendekatkannya pada aura spiritual
Cara pakai : diminum sebagai Wedang jahe

9.Ketimun/mentimun (Cucumis sativus)
http://budishmily.files.wordpress.com/2009/07/timun.jpg
Cara pakai : Sari buah ketimun muda digosokkan ke ketiak setiap habis mandi

10. Cengkeh (Uegenia aromatica)
http://andhira2007.files.wordpress.com/2009/01/clove.jpg
Cara pakai : beberapa kuntum bunga cengkeh direndam sehingga mengembang kemudian airnya diminum.
Efek samping : Air rebusan beberapa kuntum cengkeh dicampur gula merah dapat pula menjadi minuman segar dan menghangatkan dikala hujan.

Sumber: http://eksplorasi-dunia.blogspot.com
READ MORE - Selengkapnya

Gangguan Psikosomatis


Gangguan psikosomatis atau somatisasi adalah gangguan psikis yang menyebabkan gangguan fisik. Pendek kata, psikosomatik adalahpenyakit fisik yang disebabkan oleh pikiran negatif dan/atau masalah emosi. Masalah emosi itu antara lain rasa berdosa, merasa punya penyakit, stress, depresi, kecewa, kecemasan atau masalah emosi negatif lainnya. Gangguan ini tidak hanya terjadi pada orang dewasa, anak-anak pun bisa mengalaminya.

Perlu diketahui bahwa pikiran dapat menyebabkan gejala fisik. Sebagai contoh, ketika seseorang takut atau cemas dapat memacu detak jantung yang cepat, jantung berdebar, merasa sakit, gemetar (tremor), berkeringat, mulut kering, sakit dada, sakit kepala, dan bernafas cepat. Gejala-gejala fisik tersebut melalui saraf otak mengirim impuls tersebut ke berbagai bagian tubuh, dan pelepasan adrenalin ke dalam aliran darah.

Gejala:
Psikosomatis ditandai dengan adanya keluhan dengan gejala fisik yang beragam. Namun umumnya penderita mengalami atau mengeluhkan beberapa gejala berikut:
* mual
* muntah
* sendawa
* sakit perut
* rasa pedih
* kulit gatal
* pusing
* nyeri saat berhubungan seksual

Pengobatan:
Ada dua macam pengobatan untuk gangguan psikosomatik, pengobatan fisik dan mental. Pengobatan fisik disesuaikan dengan penyakit yang diderita. Sedangkan perawatan mental dapat dilakukan dengan hipnoterapi, obat, atau dengan bantuan psikolog.

Sumber: disarikan dari berbagai sumber.
http://www.detikhealth.com
READ MORE - Selengkapnya

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails