Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

ARTIKEL LENGKAP SEPUTAR KEHAMILAN

MINGGU I
Jaga Kondisi Tubuh Ibu


Tubuh Ibu akan banyak berubah dalam 3bulan pertama kehamilan. Janin berkembang di dalam rahim Ibu, perasaan mual,nyeri punggung, lelah, perubahan mood, keram kaki, sering berkemih, dan konstipasidapat terjadi di awal kehamilan. Ibu tidak usah khawatir karena semua kejadianini normal dialami dalam kehamilan. Seiring dengan bertambahnya waktu, semakinbesarnya kehamilan, maka keluhan ini perlahan-lahan akan menghilang. Makanlahasupan nutrisi yang bergizi karena trimester pertama adalah masa paling pentingdi dalam pertumbuhan organ janin (organogenesis). Setiap kehamilan berbeda, dankehamilan Ibu akan memiliki keunikan tersendiri.

Umur janin dihitung berdasarkan haripertama menstruasi terakhir. Hal ini dilakukan karena sulit untuk menentukansecara pasti kapan Ibu mengalami ovulasi (matang dan keluarnya sel telur dariindung telur), dan kapan sel sperma membuahi sel telur tersebut. Jadi karenaperhitungan kehamilan dimulai pada minggu terakhir ketika Ibu menstruasi,berarti umur dari janin yang dikandung Ibu adalah usia kehamilan dikurangi 2minggu.

Minggu pertama adalah minggu periodemenstruasi terakhir, meskipun pembuahan belum terjadi, Ibu sekarang sudah mulaimenghitung hari. Minggu ini rahim Ibu akan meluruh dan periode menstruasisedang terjadi. Perlahan-lahan hormon FSH (Follicle Stimulating Hormone)mulai diproduksi untuk membantu pematangan sel telur. Pembuahan (pertemuan selsperma dan sel telur) baru terjadi 12-14 hari lagi dimana setelah terjadipembuahan maka pada saat itu embrio baru tumbuh.

Saat ini merupakan momentum palingtepat untuk menghentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Ibu inginhamil. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol. Tiga hal yangdisebutkan di atas dapat mempengaruhi perkembangan embrio dan menyebabkankecacatan. Sebaiknya hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijualbebas. Namun untuk obat rutin yang diminum (obat untuk tekanan darah tinggi,obat diabetes) sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelummenghentikannya.



Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yangberencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup danasam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguanperkembangan otak embrio. Sumber asam folat dapat berasal dari Hati,telur, brokoli, kacang, jeruk, padi-padian, buncis. Konsultasikan terlebihdahulu kepada dokter kandungan apabila Ibu akan mengkonsumsi suplemen asamfolat.

Tips : Posisi Berhubungan Seksual

Posisi misionaris (pria di atas) merupakan posisi yangdirekomendasikan apabila pasangan ingin memiliki anak. Dalam posisi tersebut,penetrasi (masuknya penis ke dalam vagina) dapat terjadi lebih dalam sehinggasemen yang mengandung sel sperma dapat lebih dekat ke serviks (leher rahim)maupun uterus (rahim). Posisikanlah pinggul Ibu lebih tinggi setelah selesaiberhubungan seksual agar memudahkan sel sperma berenang ke arah yang tepat.

~ Minggu : 2

Bersiap-siap Ovulasi
Keajaiban awal mula kehidupan diawali dengan bertemunya sel spermadan sel telur di saluran tuba. Hanya 1 sperma yang mampu memasuki sel telur danmembuahinya.



Apabila siklusmenstruasi Ibu adalah 28 hari, maka Ibu akan berada di masa subur pada akhirminggu ini. Hal ini dikarenakan ovulasi (keluarnya sel telur dari indung telur)terjadi pada pertengahan siklus menstruasi (12-14 hari). Jadi mingu ini adalahsaat paling tepat untuk terjadinya pembuahan. Minggu ke-2 adalahberakhirnya masa haid dan masuk ke masa proliferasi (lapisan endometrium rahimmengadakan proliferasi atau pertumbuhan rahim untuk mempersiapkan kehamilan).Hormon estrogen mulai meningkat dan menyebabkan lapisan endometrium tumbuh atauberproliferasi. Hormon FSH yang dihasilkan oleh tubuh akan berfungsi untukmembantu mengembangkan 1 atau beberapa folikel menjadi sel telur yang matang.Sel telur matang akan berjalan dari indung telur ke saluran tuba dan menungguuntuk dibuahi.

Akhir minggu ini,adalah waktu Ibu berovulasi. Apabila ibu berhubungan seksual tanpa pelindung,maka setelah pasangan Ibu ejakulasi, 200 - 300 juta sperma berenang di dalamvagina, jutaan sperma yang mampu mencapai rongga rahim dan tuba, hanya sekitar300 – 500 sel sperma yang mampu mencapai ampula tuba (dimana sel telur menantidibuahi), dan hanya 1 sel sperma yang mampu memenangkan persaingan dari jutaansel sperma lainnya pada akhir perjalanan. 

Kesehatan Ibuyang baik merupakan salah satu faktor yang penting dalam kehamilan. Nutrisiadekuat, olahraga, dan istirahat yang cukup akan mempengaruhi kesehatan Ibu.Jika berat badan Ibu berada di dalam batas normal sebelum kehamilan, Ibumemerlukan asupan kalori sebesar 2200 kalori setiap harinya pada 13 minggupertama (trimester pertama). Selama trimester kedua dan ketiga, Ibu memerlukantambahan 300 kalori perhari. Kalori tambahan dapat memberikan energi yangdibutuhkan tubuh untuk Ibu maupun janin.

Tips:Hindari Kafein


Kafein sebaiknyadihindari pada wanita hamil. Kafein sendiri dapat masuk ke saluran pencernaanjanin yang masih belum sempurna. Beberapa penelitian membuktikan bahwa konsumsikafein berlebih pada wanita hamil dapat menyebabkan kecacatan janin, persalinanprematur,dan meningkatkan risiko untuk bayi lahir dengan berat badan rendah.

~ Minggu : 3

TandaAwal Kehamilan

Ibu masih belumtahu aku ada, aku masih terlalu kecil untuk dilihat tanpa mikroskop. Umurku 1minggu saat ini. Masih 37 minggu lagi!


Setelahejakulasi, sel sperma yang mencapai saluran kelamin wanita harus melalui masapenyesuaian terlebih dahulu selama 7 jam yang berlangsung di dalam vaginaMembutuhkan waktu sekitar 10 jam bagi sperma untuk mencapai saluran tuba namunhanya butuh 20 menit untuk sel sperma membuahi sel telur. Pembuahan berlangsungselama 12 - 24 jam, dimulai ketika sel sperma memasuki sel telur dan berakhirdengan terbentuknya zigot (sel yang berkembang).

Hasil utama daripembuahan adalah kombinasi kromosom (materi genetik) dari kedua orangtua,penentuan jenis kelamin, dan dimulainya pembelahan. Pronukleus sel sperma akanbergabung dengan pronukleus sel telur untuk mengkombinasikan materi genetik.Apabila sperma membawa kromosom Y, maka bayi Ibu laki-laki, sedangkan apabilasperma membawa kromosom X, maka bayi Ibu perempuan. Dalam beberapa jam setelahsel telur dibuahi, dimulailah pembelahan zigot.

Sel akan membelahmenjadi 2 sel, dan terus membelah, membelah, dan membelah lagi setiap 12jam. Dalam waktu 30 jam sel akan membelah menjadi 2, dalam waktu 3 harisel akan membelah menjadi 16 (morula). Dalam stadium morula, sel akan diarahkanperlahan-lahan berjalan dari saluran tuba menuju rahim. Di dalam rongga rahimsel akan berkembang menjadi ratusan sel dan dikelilingi oleh rongga berisicairan yang disebut dengan blastokista. Blastokista akan mencari tempat untuknidasi atau implantasi (melekat) ke dinding rahim (terkadang terjadi perdarahandi saat nidasi-salah satu tanda kehamilan). Dalam waktu 9 hari blastokista akanberimplantasi pada dinding depan atau dinding belakang rahim, dekat pada fundusrahim (bagian paling atas dari rahim).

Tubuh Ibu akan mengeluarkan proteinimunosupresan yang mencegah tubuh bereaksi karena melihat janin sebagai bendaasing. Jika implantasi atau perlekatan ini terjadi barulah dapat disebutkehamilan. Selamat Ibu! Saat ini Ibu sedang hamil 3 minggu! (meskipun janin Ibubaru berusia 1 minggu).


Ibu:

Minggu ini Ibuakan sering merasa lelah dan payudara mulai terasa tegang dan sakit. Kedua haltersebut merupakan pertanda awal kehamilan. Ibu juga dapat mengalamiketidakseimbangan mood atau disebut ‘bad mood’ yang dikarenakanperubahan hormonal pada Ibu hamil. Selain itu, mual ataumorning sicknessjuga dapat terjadi. Konsumsi nutrisi yang adekuat sangat dibutuhkan pada faseini, seperti asam folat, protein, kalsium, dan besi, sangat penting bagipertumbuhan embrio. Protein digunakan untuk membuat jaringan baru, kalsium(1200 mg/hari) berguna untuk pertumbuhan tulang dan gigi, dan zat besi (30 mg/hari)merupakan mineral dasar untuk meningkatkan volume darah embrio. Kalsium dapatbersumber dari produk susu, sedangkan zat besi banyak terdapat di daging merah,telur, dan sayuran hijau.

Tips: Tanda Positif Kehamilan

Tanda pertamayang menandakan kehamilan adalah telatnya periode menstruasi Ibu. Selain ituIbu juga dapat merasakan gejala lainnya seperti sering berkemih, pembesaran dannyeri pada payudara, mual, perasaan lelah, daerah areola (sekitar puting)menjadi semakin hitam, peningkatan temperatur tubuh, dan flek perdarahan tandaimplantasi (perlekatan embrio ke rahim). Tes kehamilan yang positif membantumendiagnosis kehamilan.

~ Minggu : 4 
Awal PembentukanOrgan

Umurku2 minggu saat ini. Aku sudah melekat ke rahim ibuku sambil bekerja kerasmembuat tubuhku. Masih 36 minggu lagi!



Saat ini embrioberusia 2 minggu. Pada perkembangan minggu ke-4, blastokista sebagianterbenam di dalam stroma endometrium (rahim). Setelah blastokista aman melekatdi dalam rahim, salah satu bagiannya akan membentuk embrio dan bagian lain akanmembentuk kantung kuning telur (yolk sac) yang akan berfungsi untukmelindungi dan memberikan suplai makanan bagi embrio sampai plasenta terbentuk.

Saat ini plasentabaru dibentuk namun baru akan sempurna sekitar 8 minggu lagi. Akhir mingguke-4, sinsiotropoblas akan bertanggungjawab atas produksi Human ChorionicGonadotropin (HCG) yang akan terus meningkat sampai hari ke-60 kehamilan.Menjelang akhir minggu ini, telah diproduksi cukup banyak hormon hCG yang dapatmenjadi dasar untuk pengujian kehamilan. Hormon ini dapat ditemukan di airkencing wanita hamil dan menjadi kekhasan untuk menentukan wanita hamil atautidak.

Setelahperlekatan terjadi, hormon hCG akan mulai dilepaskan. hCG akan merangsangkorpus luteum (kantung tempat keluar sel telur) untuk memproduksi hormonprogesteron yang berguna untuk menjaga lapisan rahim sebagai sarana perlekatanembrio sampai plasenta mengambil alih-6 minggu dari sekarang.

Embrio akanbekerja keras minggu ini, membuat plasenta, tangkai penghubung (yang akanberkembang menjadi tali pusat), dan dasar dari tubuhnya. Kantung amnion yangberisi cairan amnion atau cairan ketuban yang mengelilingi embrio berguna untukmelindungi embrio. Sedangkan yolk sac akan memproduksi darah danmembantu memberikan nutrisi untuk embrio sampai plasenta mengambil alih.

Ibu:

Sama sepertiminggu sebelumnya, Ibu akan merasakan tanda-tanda kehamilan. Serviks (leherrahim) akan melunak dan berubah warna. Ibu dapat memeriksakan kehamilannyaminggu ini dengan melakukan tes kehamilan menggunakan stik. Jangan kecewaapabila hasilnya negatif, tidak semua alat tes kehamilan memiliki sensitifitasyang sama. Apabila hasilnya masih negatif maka Ibu dapat mencoba lagi 1 mingguke depan. Semakin lama menunggu untuk melakukan tes kehamilan, maka akansemakin besar kemungkinannya untuk positif.

Sekarang adalahsaat yang tepat untuk mengkonsumsi asam folat 400 mikrogram/hari. Asam folatsangat penting untuk dikonsumsi di awal kehamilan karena mengurangi risiko kelainansaraf tulang punggung pada janin. Sumber dari asam folat dapat ditemukan dihati, gandum, sayuran, buah, dan ragi. Jangan biarkan diri Ibu lepas kendalihanya karena Ibu hamil, Ibu mungkin makan untuk berdua tetapi Ibu tidak harusmakan dua kali lebih banyak. Makan berlebihan tidak akan menambah kesehatanjanin namun hanya akan menambah berat badan Ibu, dan hal tersebut tidak baik.Apabila Ibu lapar, sebaiknya Ibu mengkonsumsi makanan sehat seperti snackringan, jus segar, roti gandum, susu atau produk susu, dan sumber proteinseperti daging dan unggas. Sereal, buah, dan sayuran sebaiknya dikonsumsisecara seimbang. Hindari kalori kosong (banyak gula dan lemak).

Saat ini adalahsaat yang emosional bagi seorang Ibu yang sedang hamil. Perubahan mood dankeluhan mual sangat mengganggu. Disinilah peran ayah atau pasangan untuk selalumendampingi sang istri. Perhatikan istri anda, dampingi selalu, tanyakankeluhannya, dan cobalah mengerti kondisinya. Calon orangtua dapat membaca bukukehamilan bersama-sama untuk mengetahui mengenai apa yang terjadi di kehamilansetiap minggunya.

Tips: Jaga Kesehatan Janin Anda

Hindari aspirin,merokok, dan minum alkohol ketika sedang hamil. Aspirin dapat menyebabkanperdarahan dan perubahan di dalam fungsi pembekuan darah. Merokok mengganggupenyerapan dari vitamin B dan C serta asam folat, menyebabkan bayi lahirdengan berat badan rendah, peningkatan risiko keguguran, dan kematian bayisegera setelah melahirkan. Perokok pasif juga memiliki efek yang sama denganyang aktif. Saat sedang hamil, mintalah agar orang sekitar untuk tidak merokokdi dekat Anda. Minum-minuman keras dapat menyebabkan Fetal Alcohol Syndrome.

~ Minggu : 5

Permulaan MasaEmbriogenik

Umurku 3 minggusekarang. Aku terdiri dari 3 lapisan yang akan membentuk tubuhku. Masih 35minggu lagi!


Minggu ke-5adalah permulaan periode embrionik (dari minggu 5 – 10 kehamilan), suatuperiode yang sangat penting di dalam perkembangan organ janin. Embrio Ibu saatini berusia 3 minggu. Peristiwa yang paling khas dalam minggu kelima adalahgastrulasi, yaitu proses yang membentuk ketiga lapisan germinal pada embrio.Tiga lapisan yang berkembang yaitu endoderm, mesoderm, dan, ektoderm,masing-masing akan membentuk organ. Lapisan endoderm atau lapisanterdalam akan membentuk saluran pencernaan, usus, hati, dan paru. Lapisantengah atau mesoderm akan membentuk jantung, alat kelamin, otot, tulang,dan ginjal. Lapisan terluar, yaitu ektoderm akan membentuk rambut,kulit, mata, dan sistim saraf.


Pada akhir mingguke-5 embrio akan membentuk dasar kerangka sumbu badan, otak, serta jantungprimitif. Embrio akan berukuran 0,36 mm – 1 mm dan memiliki berat kurang dari 1gram. Minggu ini adalah suatu tahapan yang sangat peka terhadapgangguan-gangguan teratogenik (kecacatan janin).

Pada akhirminggu, embrio yang sebelumnya hanya berbentuk kumpulan sel, saat ini berbentuktabung dengan bagian atas dan bagian bawah yang melebar. Terbentuk alur sarafyang memanjang dari atas ke bawah. Lipatan saraf kranial sudah membagi dirimenjadi bagian-bagian dari otak. Pembuatan jantung primitif akan dimulai padatengah minggu ke-5, jantung akan terbagi menjadi 4 ruang. Dengan menggunakanUSG atau echocardiografi fetal, pergerakan jantung embrio dapat terlihat.

Ibu:

Pada minggu ini Ibu tidak akan mendapatkan menstruasi, salah satu pertanda untuk kehamilan.Apabila Ibu melakukan tes kehamilan, maka akan sangat besar kemungkinannyauntuk positif. Tes ini mendeteksi adanya hCG, hormon yang meningkat pada saatkehamilan. Produksi hormon yang masih meningkat dapat menimbulkan keluhanseperti minggu-minggu sebelumnya.

Hindari polutanseperti merkuri (ikan yang terkontaminasi), pestisida (DDT, heptaklor,klordane), timbal (bensin, pengawet kayu, bahan bangunan cat), dan polychlorinatedbiphenyl atau PCB (campuran senyawa kimia, terdapat di ikan yangterkontaminasi). Hentikan konsumsi obat isotretinoin. Isotretinoin adalahturunan dari vitamin A yang banyak dipakai untuk mengobati jerawat. Konsumsiisotretinoin dapat menyebabkan kecacatan seperti sumbing palatum, gangguanjantung, dll. Obat ini juga dapat menyebabkan keguguran. Jaga tubuh Ibu daribahan-bahan yang dapat menyebabkan gangguan perkembangan pada janin.

Ibu hamilmembutuhkan 300 kalori ekstra setiap harinya. Pastikan Ibu memakan makanan yangbergizi untuk perkembangan embrio. Beberapa makanan yang mengandung parasitseperti listeriosis dan toksoplasma dengan efek dapat mengakibatkan kecacatanpada embrio sebaiknya dihindari. Beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidakIbu konsumsi adalah:
  • Hati dan produk hati. Mengandung vitamin A dosis tinggi yang bersifat teratogenik (menyebabkan cacat pada janin)
  • Makanan mentah atau setengah matang karena risiko toksoplasma (seafood, daging)
  • Ikan yang mengandung metilmerkuri dalam kadar tinggi seperti hiu, marlin, yang dapat mengganggu sistim saraf janin
  • Kafein yang terkandung dalam kopi, teh, coklat, kola dibatasi 200 mg per hari. Efek yang dapat terjadi diantaranya adalah insomnia (sulit tidur), refluks, dan frekuensi berkemih yang meningkat
  • Vitamin A dalam dosis > 20.000 – 50.000 IU/hari dapat menyebabkan kelainan bawaan
  • Susu atau produk susu yang tidak dipasteurisasi
  • Telur mentah atau makanan yang mengandung telur mentah
  • Keju lunak seperti brie, camembert, feta, roquefort
Toksoplasmosisjuga dapat melekat pada kotoran kucing. Sebaiknya Ibu meminta orang lain untukmembersihkan kotoran kucing selama Ibu sedang hamil. Pastikan Ibu memasakmatang semua makanan, mencuci sayur dan buah sampai bersih, menghindari kotorankucing, dan memakai sarung tangan apabila akan bekerja dengan tanah.

Tips: Mengurangi Mual dan Muntah di Kehamilan

  • Bila muntah adalah masalah di pagi hari, makan makanan kering seperti sereal, roti, atau biskuit sebelum bangun dari tempat tidur, atau coba makan makanan ringan tinggi protein seperti keju sebelum pergi tidur (protein membutuhkan waktu lama untuk dicerna)
  •  Makan makanan ringan setiap 2-3 jam lebih baik dari 3 kali makan besar. Makan secara perlahan dan kunyah makanan secara sempurna
  • Tetap duduk tegak selama 10-20 menit setelah makan untuk menghindari refluks lambung dan heartburn
  • Makan makanan yang mengandung banyak cairan. Hindari jumlah besar konsumsi cairan dalam satu waktu. Coba minuman yang dingin, jus buah seperti apel atau anggur
  • Hindari makanan pedas, gorengan, atau berminyak. Hindari kopi karena dapat merangsang asam lambung
  • Hindari bau yang menyengat dan menyebabkan mual
  • Jahe cukup efektif untuk mengurangi mual. Cobalah untuk memakan permen jahe, minum air jahe, atau jahe dalam bentuk kapsul
  • Hubungi dokter untuk konsumsi vitamin B6 atau terapi obat lainnya
  • Hubungi dokter bila muntah terjadi terus-menerus sehingga makanan atau minuman tidak dapat masuk. Hal ini dapat menyebabkan dehidrasi (kekurangan cairan) dan harus diterapi sesegera mungkin
~ Minggu : 6

Kunjungan PrenatalPertama

Aku memilikipanjang sekitar 1,25 mm - 3 mm. Otak, jantung dan pembuluh darah, sistim saraf,dan organ lain mulai berkembang. Aku berusia 4 minggu dan masih harus menunggu34 minggu lagi!


Minggu ini embrioakan memiliki bentuk seperti kecebong, dengan kepala yang lebih besar dariorgan lain dan memiliki buntut. Tabung saraf yang akan membentuk saraf tulangbelakang dan otak memanjang dari atas sampai bawah embrio. Penonjolan padapusat embrio (tengah) akan membentuk jantung. Pembentukan otak, jantung danpembuluh darah, sistim saraf, dan organ lain mulai berkembang. Lidah mulai terbentukpada embrio berusia 4 minggu dalam bentuk 2 tonjolan lidah lateral dan 1tonjolan lidah medial. Saluran usus primitif dan pembentukan tunas hati akanterbentuk pada embrio berukuran 3 mm ini. Kantung amnion dan plasenta jugasedang dibentuk.

Embrio Ibumemiliki panjang sekitar 1,25 mm - 3 mm. Minggu ini adalah minggu perkembanganbesar-besaran dari organ tubuh embrio. Sudah terbentuk lempeng telinga, lempengmata, lengkung faring, dan rigi lengan. Tonjol-tonjol wajah berupa tonjolmaksila (rahang atas) dan tonjol mandibula (rahang bawah) sudah terbentuk.


Sel mesoderm akanberkembang menjadi sel-sel darah dan kemudian membentuk pembuluh-pembuluh darahkecil. Dengan berlanjutnya pembentukan tunas pembuluh darah, pembuluh darahekstraembrional akan membentuk hubungan dengan pembuluh darah di dalam embriosehingga menghubungkan embrio dan plasenta (ari-ari).Selaput perikardium(meliputi jantung) mulai terbentuk. Tunas paru mulai tampak sebagai suatutonjolan di dekat dinding depan usus. Bagian-bagian dari ginjal yaitu tubulusnefron dan glomerulusnya berkembang pesat minggu ini.

Ibu:

Ibu mungkin akanmulai merasa moody (sedih di satu waktu dan bahagia di waktuberikutnya), hal tersebut wajar terjadi dan disebabkan oleh hormonal yangberfluktuasi. Perdarahan berupa bercak merupakan hal normal yang terjadi diawal kehamilan, namun berhati-hatilah karena bercak atau flek perdarahantersebut dapat berupa tanda awal dari keguguran atau kehamilan ektopik(kehamilan di luar rahim). Hubungi dokter kebidanan Ibu apabila bercakperdarahan tersebut berlanjut.

Apabila Ibu mulaisering merasa kelelahan, maka latihan fisik sedang atau olahraga disarankanuntuk meningkatkan energi. Cobalah untuk berjalan atau mengikuti kelas yoga.Sering berkemih atau sering bolak-balik ke kamar mandi merupakan tanda umumkehamilan. Hal ini terjadi karena hormon β-hCG akan meningkatkan aliran darahke daerah panggul-bagus untuk peningkatan kepuasan seksual selama kehamilan.Selama kehamilan, efisiensi dari ginjal semakin membaik sehingga membantu tubuhIbu untuk menyingkirkan produk sisa metabolisme lebih cepat. Selain itu, rahimyang membesar akan mulai menekan kandung kemih, menyisakan tempat yang lebihkecil untuk menampung air seni dan mengakibatkan peningkatan frekuensiberkemih.

Pada minggu ke-6calon pasangan orangtua dapat berkonsultasi dan memulai kunjungan prenatalpertama ke dokter. Mungkin akan terdapat banyak pertanyaan mengenaiperkembangan janin, terutama bila ini adalah kehamilan pertama. Pada sebagianbesar Ibu hamil, Ibu akan diminta untuk kembali setiap 4 minggu selama 7 bulanpertama, kemudian setiap 2 minggu pada bulan ke-8, lalu setiap minggu padabulan ke-9. Apabila terdapat masalah, kemungkinan Ibu akan dijadwalkan lebihsering lagi berkunjung. Pemeriksaan USG dapat dilakukan minggu ini untukmendeteksi gerakan janin dan anggota tubuh janin. Kelainan sepertiblightedovum atau mola hidatidosa dapat diketahui dengan pemeriksaan USG.

Tips:Hubungi Petugas Kesehatan Anda

Terkadangdidapatkan beberapa tanda-tanda yang mengancam nyawa janin dan berbahaya bagiIbu, tanda-tanda tersebut diantaranya adalah:

• Perdarahan atau bercak dari vagina
• Nyeri perut tiba-tiba dan berkelanjutan
• Rembesan cairan dari vagina
• Muntah terus menerus (Hiperemesis Gravidarum)
• Nyeri berkemih
• Sakit kepala hebat dan terus menerus
• Gangguan penglihatan pada mata
• Pembengkakan pada tangan dan kaki

~Minggu : 7

PerubahanTubuh Ibu Hamil

Saya berusia 5minggu dan berukuran 2-5 mm. Jantungku sudah dialiri darah dan kaki-tangankumulai memanjang. Tinggal 33 minggu lagi!


Pada minggu ke-7,bentuk luar dari embrio berkembang dengan pesat. Mata yang berukuran sebesartitik saat ini akan membentuk lensa mata. Lempeng telinga juga akan membentukgelembung telinga yang berkembang membentuk bangunan-bangunan yang berfungsiuntuk pendengaran dan keseimbangan. Pembentukan lapisan untuk kavum timpaniserta tuba eustachius (bagian dari telinga) sudah mulai berkembang. Minggu initangkai kantung kuning telur dan tangkai penghubung bersatu membentuk talipusat.

Rongga jantungyang hampir sempurna sudah mulai dialiri oleh darah. Sekat jantung mulaidibentuk mulai minggu ke-6 sampai minggu ke-8. Apabila terjadi gangguan padapembentukan sekat jantung saat ini, maka bayi dapat lahir dengan kelainanjantung bawaan.

Permulaan darisistim pencernaan dan sistim pernapasan mulai terbentuk. Tunas paru akanmembentuk trakea dan tunas bronkialis. Tunas bronkialis akan membentuk saluranbronkus di kanan dan kiri. Otak, otot, dan tulang juga sudah memiliki bentukawal. Plakoda hidung membentuk lubang hidung dan membentuk tonjol hidung. Tunasuntuk anggota badan depan dan belakang (tangan dan kaki) sudah mulai berbentukdayung dan semakin memanjang. Panjang embrio dari puncak kepala sampai bokongberukuran 2-5 mm, pengukuran ini lebih sering dipakai daripada pengukuran darikepala ke tumit karena kaki embrio seringkali terlipat yang mengakibatkansulitnya pengukuran.

Ibu:

Apabila Ibu mulaimerasa mual atau mengalami morning sickness,disarankan Ibu mengurangimakan makanan berlemak, banyak minum cairan, frekuensi makan ditingkatkan namundalam porsi yang lebih kecil (6x/hari), istirahat teratur, dan jangan lupauntuk mengkonsumsi vitamin prenatal. Bila gejala mual dan muntah Ibu semakinmeningkat, kehilangan berat badan, atau dehidrasi (kekurangan cairan), makakemungkinan Ibu mengalami hiperemesis gravidarum. Segera berkonsultasi dengandokter kebidanan Ibu.


Kehamilan akanmenyebabkan perubahan pada serviks (leher rahim). Mukus atau lendir yangterbentuk di pintu masuk dari kanalis servikal mulai terbentuk dan berfungsiuntuk melindungi rahim. Payudara Ibu akan membesar dan terasa tidak nyaman, halini terjadi karena peningkatan dari hormon estrogen dan progesteron. Putingakan terasa lebih sensitif dan lebih nyeri dari biasanya. Areola-daerah gelapdi sekitar puting- akan menjadi semakin gelap, semakin besar dan akan terusmembesar dalam beberapa bulan ke depan. Selain itu Ibu juga dapat melihatadanya bintil-bintil (seperti saat kita merinding) di sekitar areola. Bintilini dinamakan tuberkel Montgomery, yaitu kelenjar keringat yang berfungsisebagai pelumas bagi areola.

Produk sususangat penting di masa kehamilan karena banyak mengandung kalsium yang bergunauntuk pertumbuhan gigi dan tulang embrio. Mulailah mengkonsumsi susu atauprosuk susu. Bila Ibu ingin tetap menjaga kalori yang masuk, maka susu rendahlemak menjadi pilihan, kandungan kalsium tidak akan terpengaruh pada produksusu rendah lemak. Vitamin prenatal juga sebaiknya dikonsumsi oleh Ibu hamil.Vitamin prenatal mengandung kalsium, tembaga, asam folat, yodium, zinc, danvitamin A, B, C, D, E. Vitamin ini akan lebih baik dikonsumsi ketikasedang makan atau di malam hari.

Selama kehamilan,tidak ada larangan untuk berhubungan seksual dengan pasangan selama tidakditemukan masalah dengan kehamilan. Namun bila istri sedang tidak tertarikuntuk berhubungan intim, jangan jadikan ini sebuah masalah. Hasrat seksual ibuhamil umumnya akan kembali normal, bahkan meningkat ketika keluhan kehamilanberkurang yaitu sekitar trimester kedua. Dengarkan keluhannya dan selaluperhatikan dia.

Tips:Pemeriksaan Roentgen X-Ray

Sangat pentinguntuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum melakukan pemeriksaanradiologi di abdomen (perut) dan bagian bawah panggul. X-ray dapat berbahayauntuk janin. Ibu hamil dapat melakukan pemeriksaan radiologi untuk gigi atauekstemitas (lengan dan kaki) karena x-ray ini tidak secara langsung terpajandengan level radiasi berbahaya pada janin. Namun sinar x-ray secara langsungdapat berbahaya bagi janin.

~Minggu : 8
PerkembanganPesat Otak dan Jantung Embrio

Umurku 6 minggudan panjangku sekitar 11-13 mm. Otakku berkembang pesat dan wajahku sudahsemakin jelas terlihat. Tinggal 32 minggu lagi!


Perkembanganterbanyak minggu ini adalah perkembangan otak dan kepala embrio. Pada mingguke-8, otak embrio berkembang dengan kecepatan yang luar biasa. Wajah dariembrio juga semakin jelas terlihat, matanya terbuka, mulut dan lidahnyaberkembang, dan embrio sudah mulai membentuk ginjal. Saat ini adalah periodekritis perkembangan lengan hampir berakhir, tonjolan lengan dan kaki mulaimembentuk bagian tangan, bahu, dan jari-jari. Tonjolan lengan sudah berada di posisiproporsional akhir dan perkembangan rigi jari-jari tangan dan kaki sudahterbentuk. Tali pusat-bagian yang menghubungkan antara embrio dengan plasenta-sudah terbentuk. Tali pusat akan menjamin transportasi nutrisi dan oksigenuntuk embrio Ibu.

Pada minggu ke-8,jantung janin sudah lengkap terbentuk 4 rongga, sekat untuk membatasi ruangbilik dan serambi, serta katup diatara ruang-ruangnya. Tonjolan paru sudahdiliputi oleh pleura (selaput paru) dan cabang dari saluran bronkus.Saluran-saluran dari ginjal juga semakin banyak dan semakin berkembang.Membrana kloakalis pada janin sudah terbagi menjadi membarana urogenitalis(membentuk saluran kencing dan alat kelamin) serta membrana analis (membentukanus atau dubur). Tonjol genitalia akan berkembang menjadi tonjol skrotum(kantong kemaluan) pada bayi laki-laki dan akan berkembang menjadi labia mayorapada bayi wanita. Embrio Ibu saat ini memiliki panjang 2 kali lipatnya yaitu11-13 mm.

Akhir mingguke-8, embrio Ibu berusia 6 minggu dan berukuran 22-24 mm, kepala masih lebihbesar dibandingkan dengan tulang belakang. Tonjolan jari tangan dan kaki sudahada, saluran dari tenggorokan ke paru-paru sudah terbentuk. Bibir atas sudahsempurna dan bentuk telinga bagian luar mulai membentuk elevasi pada kedua sisikepala. Bagian ‘buntut’ embrio akan perlahan menghilang. Pertumbuhan embriomemiliki kecepatan 1 mm/hari, namun tidak harus di dalam penambahan panjangbadan, dapat juga di pertumbuhan organ lain seperti di lengan dan kaki.

Periode kritisperkembangan jantung sudah hampir berakhir. Bilik jantung sudah lengkap danakan menyempurnakan bentuknya. Perkembangan hati disini akan menyebabkanpenonjolan dari perut embrio. Sistim saluran pencernaan berkembang diumbilikus, usus halus berkembang dan akan bermigrasi ke dalam perut ketikaruang di perut embrio sudah cukup besar. Punggung embrio semakin memanjangsekarang, rangka embrio masih terdiri atas kartilage (tulang rawan) dimana seltulang pertama akan menggantikan kartilage pada hari ke 47 kehamilan. Osifikasi(proses penulangan) primer mulai terjadi di pusat dari tulang panjang, EmbrioIbu sudah mulai terlihat seperti bayi kecil sekarang.

Ibu:

Jangan kagetapabila ukuran bra Ibu bertambah 1-2 ukuran lebih besar, terutama bila iniadalah embrio pertama. Payudara Ibu akan terus membesar sebagai persiapan untukmenyusui. Sedangkan rahim Ibu sekarang berukuran sebesar jeruk. Jangan berdietselama kehamilan. Ibu harus meningkatkan berat badan sekarang karena akanberbahaya bagi janin bila Ibu mengurangi berat badan.

Vitamin prenatalsebaiknya tetap Ibu konsumsi. Meskipun Ibu mengkonsumsi vitamin prenatal, Ibujuga harus tetap mengkonsumsi makanan bergizi yang berasal dari makanan. Sumberzat gizi makanan dapat dilihat di tabel di bawah ini.

Zat Gizi 
Sumber Makanan
  • Protein (71 gram) 
  • Daging, telur, produk susu, kacang, produk kedelai (tahu)
  • Kalsium (1200 mg) 
  • Produk susu, sayuran berdaun hijau, tahu, kacang
  • Asam Folat (0,4 mg) 
  • Hati, telur, brokoli, kacang, jeruk, padi-padian, buncis
  • Zat Besi (30 mg) 
  • Hati, unggas, ikan , daging, kuning telur, sayuran berdaun hijau, kacang, buah kering
  • Magnesium (320 mg) 
  • Coklat, seafood, buncis, kacang, padi-padian
  • Vitamin B6 (2,2 mg) 
  • Hati, padi-padian, daging
  • Vitamin E (10 mg) 
  • Ikan, telur, susu, daging, sereal
  • Zinc (15 mg) 
  • Seafood, susu, kacang, daging, buncis
Tips: Hati-hati Keguguran

Hati-hatiterhadap risiko keguguran pada trimester pertama. Angka kejadian aborsimeningkat dengan bertambahnya usia Ibu dan terdapatnya riwayat aborsisebelumnya. Penyebab abortus spontan bervariasi meliputi infeksi, faktorhormonal, kelainan bentuk rahim, faktor imunologi (kekebalan tubuh), danpenyakit dari ibu. Apabila Ibu merasakan nyeri perut bagian bawah, keram padarahim, perdarahan dari kemaluan, dan keluarnya embrio dari dalam rahim makasegera hubungi dokter kandungan Ibu.

~Minggu : 9

PergerakanEmbrio Pertama Kali

Umurku 7 minggudan beratku 2 gram. Panjangku saat ini 22-30 mm. Jari-jariku mulai terbentukdan aku mulai bergerak! Tinggal 31 minggu lagi!


Minggu ini mataembrio sudah memiliki lensa, iris, retina, kornea, dan kelopak mata. Mata janinbelum terbuka karena kelopak mata belum terbentuk sempurna. Pigmentasi retinadidapatkan pada embrio. Saat ini embrio Ibu sudah menjadi janin yang berarti‘muda’. Meskipun masih tergolong sangat kecil, embrio Ibu sudah terlihat miripdengan bayi. Selama perkembangan organ, lengan atas lebih cepat tumbuhdibanding paha dan betis. Lengan sudah berada di lokasi final dan jari-jarimulai memisah. Lekukan yang menandai perkembangan jari tangan di kemudian harisudah terbentuk.

Tonjol rahangatas (maksila) menyatu dengan tonjol hidung ketika bibir atas terbentuk.Herniasi umbilikus atau masuknya organ pencernaan (usus, lambung) yang beradadi luar perut embrio ke dalam perut mulai terjadi minggu ini.

Pankreas, kandungempedu, duktus biliaris, dan anus (dubur) sudah siap di posisi masing-masing.Hati embrio sudah terbentuk dan mulai menghasilkan sel darah merah yangdipompakan ke seluruh tubuh oleh jantungnya yang kecil. Jantung embrio sendirisaat ini sudah terbagi atas 4 ruangan dan berdebar 150x/menit.

Perkembangan luarbiasa minggu ini adalah embrio Ibu yang mulai bergerak. Meskipun sudah mulaibergerak, Ibu masih belum bisa merasakannya. Gigi yang sangat kecil sudahberada di bawah gusi, pita suara dan kelenjar ludah mulai terbentuk, sertajanin akan mulai membuka mulutnya minggu ini. Pertumbuhan alat kelamin janinIbu akan dimulai. Panjang janin Ibu saat ini adalah 22-30 mm dengan berat badansekitar 2 gram.

Ibu:

Ibu akan mulaimerasakan peningkatan dari lingkar pinggul minggu ini, meskipun Ibu masih belumterlihat jelas sedang hamil. Apabila Ibu sering sekali bolak-balik ke kamarmandi untuk buang air kecil, maka kurangi konsumsi kafein yang terkandung didalam kopi dan teh, namun jangan mengurangi asupan cairan secara keseluruhan.

Selama hamil,volume darah akan meningkat sekitar 50%. Peningkatan volume darah ini pentinguntuk memenuhi kebutuhan rahim yang sedang berkembang dan melindungi Ibu danbayi dari efek yang membahayakan ketika Ibu berbaring atau berdiri. Peningkatanvolume darah ini juga berfungsi sebagai pelindung selama persalinan karenakemungkinan banyaknya kehilangan darah.

Peningkatan beratbadan Ibu selama kehamilan akan terbagi atas:
  •  3,5 kg untuk janin
  •  3,5 kg untuk simpanan Ibu (lemak, protein, nutrisi lain)
  • 2 kg untuk peningkatan volume cairan
  • 1 kg untuk pembesaran payudara
  • 1 kg untuk rahim
  • 1 kg untuk cairan amnion
  • 0,75 kg untuk plasent

Total dari semuapeningkatan berat badan Ibu selama kehamilan ini adalah sekitar 12 – 13 kg.

Tips: Gizi Kehamilan

Untuk giziselama kehamilan, sebaiknya Ibu setiap hari makan 1 atau 2 buah yang kaya akanvitamin C dan minimal 1 kali sayuran berwarna hijau tua atau kuning tua untukzat besi ekstra, serat, dan asam folat. Makanlah daging merah sebagai sumberdari zat besi. Berhati-hatilah selalu akan makanan yang Ibu makan, beberapajenis makanan dapat mengandung bakteri yang berbahaya bagi perkembangan janin.

~Minggu : 10

Pembesaran Pembuluh Vena Ibu Hamil

Beratku sekitar 4sampai 5 gram dengan panjang 31 sampai 42 mm. Umurku 8 minggu denganjari-jariku yang sudah lengkap terbentuk. Telinga dan tunas gigiku sudah ada.Tinggal 30 minggu lagi!


Embrio saat inimemiliki panjang 31 sampai 42 mm dengan perkiraan berat badan sekitar 4-5 gram.Embrio Ibu sudah memiliki jari-jari tangan dan kaki yang bebas sehingga membuatIbu dapat merasakan tendangan di perut. Tungkai semakin memanjang dan membengkokdi daerah siku dan lutut. Penulangan tulang anggota badan akan dimulai padaakhir masa embrio. Saat ini tulang embrio mulai terbentuk dan indentasi di kakiyang akan membentuk lutut dan tumit mulai mengeras.

Telinga sudahmulai berbentuk dan kelopak mata sudah tidak transparan lagi. Tonjolan untukpembentukan gigi yang berada di bawah gusi mulai terbentuk (meskipun bayi Ibunantinya baru memiliki gigi pada usia 6-7 bulan setelah lahir). Menjelangperkembangan minggu ke-10, lamina dentis yang berada di sepanjang rahang atasdan rahang bawah membentuk tunas gigi, masing-masing 10 buah pada setiaprahang. Wajah embrio saat ini sudah menyerupai manusia dengan ekornya yangsudah menghilang. Herniasi umbilikus akan bertahan sampai minggu ke-15.

Otak embrio akanmembentuk 250.000 sel saraf baru setiap menitnya, ginjal embrio Ibu sudah mulaimemproduksi air seni, lambungnya mulai memproduksi asam lambung, dan bilaembrio Ibu laki-laki, dia akan mulai memproduksi hormon testosteron. Detakjantung janin sudah mulai dapat terdeteksi oleh suatu alat yang bernamaDoppler. Kemungkinan keguguran janin akan menurun setelah minggu ke-10. Parusudah terbagi atas 3 lobus di sebelah kanan, dan 2 lobus di sebelah kiri,lengkap dengan selaputnya.

Ibu:

Minggu ini plasentasudah mulai berfungsi mengatur hormonal embrio. Karena hal inilah maka gejaladari mual dan muntah Ibu atau morning sickness mulai menurun. Meskipunbegitu, fluktuasi kadar hormonal di dalam tubuh masih menyebabkanketidakstabilan emosional atau mood yang naik turun pada Ibu hamil. Janganheran bila tiba-tiba Ibu merasa sedih atau depresi, dan di menit berikutnya Ibumerasa baik-baik saja dan sangat bahagia.

Suatu penandadari volume darah yang meningkat adalah terlihatnya pembuluh vena yang membesardi permukaan kulit Ibu hamil. Umumnya aliran garis biru ini dapat Ibu lihat dipayudara, perut, tangan, dan kaki. Peningkatan volume darah sekitar 20-40% padaIbu hamil memang diimbangi dengan pembesaran vena agar pembuluh darah tersebutdapat mengangkut aliran darah yang meningkat. Pembesaran vena ini akanperlahan-lahan menghilang setelah bayi dilahirkan dan Ibu tidak lagi menyusui.

Ibu masih belummebutuhkan baju hamil sekarang, namun ibu mungkin merasakan bahwa pakaian ataubaju sehari-hari mulai terasa tidak nyaman atau terasa ketat dan bra Ibu mulaiterasa sempit akibat dari pembesaran payudara. Untuk mengatasi hal tersebut,pakailah celana yang memiliki karet elastis pada bagian pinggang, Ibu dapatmembeli bra baru yang nyaman (ukuran payudara dapat meningkat 1-2 ukuran), danpakailan pakaian yang longgar.

Peningkatan beratbadan Ibu selama kehamilan:

Ibu dengan berat badan kurang (IMT<18,5) : 15 kg – 20 kg
Ibu dengan berat badan normal (IMT 18,5 –22,9) : 12,5kg – 15 kg
Ibu dengan berat badan berlebih (IMT >22,9) : 7,5 kg – 12,5 kg

Tips: OlahragaSelama Kehamilan

Olahraga sepertiberenang dan berjalan setiap hari selama 30 menit adalah pilihan tepat dikala hamil. Olahraga dapat meningkatkan kekuatan otot, tonus otot, danketahanan tubuh-tiga kualitas yang dapat membantu Ibu selama 9 bulan kehamilan,membantu mengurangi stress saat melahirkan, dan membuat pembentukan tubuhsetelah melahirkan menjadi lebih mudah.

Tips: Vaksinasi Selama Kehamilan

Imunisasi yangdirekomendasikan untuk digunakan selama kehamilan adalah vaksin DPT. Rubellaselama kehamilan dapat menyebabkan keguguran atau cacat pada janin. Oleh karenaitu, vaksin MMR sebaiknya diberikan sebelum kehamilan atau setelah persalinanVaksin campak yang hidup tidak diberikan pada wanita hamil, sedangkan vaksinasipolio hanya diberikan pada wanita yang memiliki risiko tinggi terhadap paparanpolio.

Tips: PemeriksaanChorionic Villus Sampling


Chorionic VillusSampling (CSV) adalah tesyang digunakan untuk mendeteksi kelainan genetik. CSV berguna untuk mendeteksikelainan genetik pada janin seperti Sindroma Down. Tes ini dilakukan padaminggu ke 9 – 11 kehamilan menggunakan amniosintesis. Alat CSV akan ditempatkandi leher rahim untuk memindahkan jaringan janin dari plasenta. Risiko keguguranketika melakukan CSV berkisar 1 – 2%.

~Minggu : 11

Penyempurnaan OrganJanin

Minggu ini akumemasuki masa janin. Organ tubuhku sudah terbentuk lengkap. Panjangku sekitar4-6 cm dengan berat sekitar 8 gram. Umurku 8 minggu, saat ini aku memasukitahap pembesaran, pemanjangan, dan penyempurnaan. Tinggal 29 minggu lagi!


Janin saat inimemiliki panjang dari kepala sampai bokong sekitar 44 sampai 60 mm denganperkiraan berat janin sekitar 8 gram, kurang lebih sebesar telapak tangan Ibu.Tahap gangguan atau kecacatan pada janin sudah terlewat minggu ini, minggupembentukan organ sudah selesai dan sekarang memasuki tahap pembesaran,pemanjangan, dan penyempurnaan.

Tangan janin akanmulai terbuka dan membentuk kepalan tinju, nail bedatau dasar dari kukumulai terbentuk, tonjolan di bawah giginya mulai terbentuk, dan beberapatulangnya mulai mengeras. Janin akan memulai refleks menelan dan mencium.

Janin akan mulaibergerak dan menggeliat dan gerakan tersebut akan semakin bertambah seiringdengan perkembangan tubuhnya yang makin sempurna. Namun gerakan ini hanyaterlihat dengan pemeriksaan Ultrasonografi (USG). Ibu sendiri baru akanmerasakan gerakan janin dalam beberapa minggu ke depan. Meskipun testis danindung telur sudah sempurna terbentuk minggu ini, jangan buru-buru menyiapkandekorasi kamar bayi, Ibu baru dapat melihat jenis kelamin janin dalam waktubeberapa minggu lagi. Bila bayi Ibu perempuan, perkembangan rahim dan vaginanyasudah dimulai.

Ibu:

Minggu ini mualdan muntah akan mulai berkurang, Ibu akan merasa lebih nyaman dan dapat makantanpa diiringi rasa mual. Plasenta yang sempurna dan pertumbuhan kelenjar akanmengambil alih produksi hormon. Ibu dapat fokus ke hal lain yaitu peningkatanberat badan Ibu dan janin yang signifikan di trimester kedua.

Jangan khawatirapabila kondisi mual trimester pertama membuat Ibu tidak bisa makan. Pada 3bulan pertama, kenaikan berat badan Ibu memang berkisar 1 - 2,5 kg. Nafsu makanIbu akan kembali setelah fase ini terlampaui dan selanjutnya kenaikan beratbadan Ibu berkisar 0,5 kg/minggu. Namun saat ini bukan berarti Ibu boleh makantidak terkontrol, makan terus menerus tanpa memperhatikan gizi tidak akan adamanfaat bagi janin. Pilihlah makanan yang bergizi seperti sayuran, gandum, danikan. Nutrisi yang baik sangat berpengaruh di dalam perkembangan otak dan tubuhjanin.

Sayangnyabeberapa keluhan selama kehamilan seperti konstipasi (hambatan pengeluaran darisisa-sisa makanan yang berkaitan dengan kesulitan BAB akibat tinja yang kerasdisertai dengan nyeri pada perut.),heart burn (sensasi rasa panas ataurasa tidak nyaman yang dirasakan dibalik tulang dada atau tenggorokan ataukeduanya), kembung, bersendawa, dan buang gas yang berkaitan dengan perubahanhormon mulai dirasakan. Progesteron akan merelaksasi otot polos di tubuh Ibu.Sakit kepala juga dapat Ibu rasakan akibat dari peningkatan kadar hormon. Ibudapat mencegah terjadinya sakit kepala dengan makan teratur, tingkatkan asupancairan, istirahat dan tidur teratur, serta hindari stres.

Tips:Hindari Makanan Berbahaya

Makanan danminuman yang sebaiknya dihindari sewaktu hamil meliputi susu yang tidakdipasteurisasi, produk susu yang tidak dipasteurisasi seperti keju lunak(Camembert, Brie, feta, dan Roquefort). Daging dan seafood yang tidak dimasakmatang karena mengandung listeriosis yang membahayakan janin. Ikan yangmengandung banyak merkuri sepertu hiu dan makarel, serta telur yang tidakdimasak matang. Minuman yang sebaiknya dihindari adalah alkohol, batasikonsumsi kafein (200 g sehari atau 6 gelas kopi). Hati-hati juga mengkonsumsimakanan yang mengandung kafein seperti teh, kola, dan coklat.

Tips:Memakai Sabuk Pengaman

Letakkan sabukpengaman di bawah perut Anda dan menyilang paha bagian atas Anda. Pasanglahsenyaman mungkin. Tali pengaman bahu juga dipasang senyaman mungkin. Letakkanposisi tali pengaman bahu di antara payudara Anda.

~ Minggu : 12

Refleks Janin MulaiTerbentuk

Umurku 10 minggudengan berat antara 8 – 14 gram dan panjang hampir 6 cm. Sel saraf danotakku berkembang sangat cepat. Refleksku sudah ada dan mataku dapat mengedip.Ibu dapat melihat aku dengan alat USG. Tinggal 28 minggu lagi!


Berat janin Ibusekarang antara 8 – 14 gram dengan panjang kepala sampai bokong hampir 60 mm.Janin Ibu tumbuh dan berkembang 2 kali lipat dalam 3 minggu terakhir.Perkembangan terbesar janin minggu ini adalah refleks bayi. Jari janin Ibu akanmulai terbuka, ibu jari kaki janin akan mulai menekuk, otot mata akanberkontraksi dimana janin dapat mengedipkan mata, dan mulut janin akanmembentuk gerakan menghisap. Usus janin Ibu yang berkembang dengan sangat cepatsampai membuat suatu tonjolan di tali pusat akan mulai masuk ke rongga abdomen(perut), dan ginjal janin akan mulai menghasilkan air seni ke dalam kantongkemih. Minggu ini berat hati kurang lebih 10% dari seluruh berat badan janinseluruhnya karena banyaknya sel-sel darah yang sedang giat berkembang. Padasaat lahir nanti, berat hati hanya mencapai 5% dari seluruh berat badan bayi.

Sementara itu selsaraf janin berkembang sangat cepat dan di dalam otak janin sinaps atau aliranlistrik saraf juga mulai terbentuk. Mata janin akan berpindah dari sisi sampingke depan kepala. Telinga janin bergeser ke sisi kepala, di tempat yangseharusnya. Janin mulai dapat menelan cairan amnion (ketuban) di mana janin Ibusedang berenang-renang sekarang. Jangan khawatir janin Ibu tidak bisa bernapasdan tenggelam di dalam cairan amnion. Janin mendapatkan oksigen dari darah yangdipompakan ke dalam tubuh oleh plasenta dikarenakan janin belum dapat bernapasmenggunakan paru-paru.

Minggu ini tunasgigi akan melakukan invaginasi sehingga menghasilkan tahap tudung perkembangangigi. Keluarnya gigi desidua atau gigi susu terjadi 6 – 24 bulan setelah bayilahir. Sebagian besar organ janin sudah sempurna terbentuk minggu ini. Sekarangjanin akan memasuki masamaintenance yaitu masa pematangan fungsi sistimorgan agar organ dapat berfungsi sempurna dalam 28 minggu ke depan.

Ibu:

Rahim Ibu saatini teraba tepat di atas simpisis pubis atau di atas tulang kemaluan. Dariukuran yang sangat kecil, rahim Ibu sekarang berdiameter 12-14 cm, sebesar bolakasti. Rahim Ibu akan perlahan-lahan membesar sekitar 1 cm setiap minggunya.Pada saat melahirkan, rahim Ibu akan berdiameter sekitar 37 – 42 cm. Beratrahim Ibu akan meningkat dari 70 gram sebelum kehamilan menjadi hampir1100 gram ketika melahirkan. Ibu sudah mulai dapat berbelanja baju kehamilansaat ini dan akan lebih baik dan lebih nyaman bila Ibu mulai menggunakanpakaian longar.

Ibu disarankanuntuk menjaga kebersihan dari giginya dengan cara menggosok gigi dan berkumursetelah makan. Hal ini dikarenakan kebersihan rongga mulut yang tidak terjagadapat mengakibatkan penyakit gingivitis dan periodontitis. Kesehatan ronggamulut dan gigi yang tidak terjaga dapat menjadi sumber infeksi yang berkaitandengan kelahiran prematur dan bayi dengan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR).

Perasaaan heartburn pada Ibu saat ini terjadi karena plasenta yang memproduksi hormonprogesteron merelaksasi katup yang memisahkan esofagus dan lambung sehinggamemudahkan terjadinya refluks atau naiknya asam lambung ke esofagus sehinggamenimbulkan sensasi panas atau terbakar di dada.

Kulit ibu berubahselama kehamilan. Pada sebagian besar wanita akan muncul garis vertikalberwarna coklat kehitaman di kulit sepanjang bagian tengah perut yang disebutdengan linea nigra. Garis ini akan ada selama kehamilan dan akan menghilangsetelah melahirkan. Jaring-jaring vaskuler dan palmar eritema (kemerahan ditelapak tangan) dapat terjadi akibat pelebaran dari pembuluh darah dantingginya kadar estrogen selama kehamilan. Gejala ini hanya sementara, tidakberbahaya, dan akan menghilang setelah melahirkan.

Tips:Latihan Kegel

Sekarang adalahsaat yang tepat untuk melakukan latihan Kegel. Kegel dapat menguatkan ototdasar panggul, tonus vagina, dan area perineum. Lakukan minimal 25x/hari.Kontraksikan otot yang berada di sekitar vagina Ibu dan tahan 8 – 10 detik.Berlatihlah menghentikan proses berkemih ketika di kamar mandi bila Ibu tidakyakin Ibu melakukan latihan Kegel secara benar.

Tips: Lakukan Pemeriksaan USG Minggu Ini

Minggu ini, Ibudapat melakukan pemeriksaan ultrasonografi (USG) di dokter kebidanan Ibu.Melalui pemeriksaan USG tersebut Ibu dapat melihat bentuk janin Ibu untukpertama kalinya sebagai bentuk manusia yang sempurna. USG juga dapatmemperlihatkan pertumbuhan janin, mengidentifikasi kelainan pada janin,membedakan antara kehamilan normal dan kehamilan ektopik, serta mendeteksigerakan janin. Ibu juga dapat mendengar detak jantung janin Ibu secara jelasmenggunakan alat yang bernama doppler.

(klikdokter.com)
loading...

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "ARTIKEL LENGKAP SEPUTAR KEHAMILAN"

  1. Artikel yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Penting untuk dibaca.
    http://ayrastore.blogspot.co.id/2016/01/baju-hamil-dan-menyusui-bm-099.html

    BalasHapus
  2. Panduan tips untuk yang mendambakan momongan. Baca di http://tipshamil.com/?ref=atin

    BalasHapus
  3. Panduan tips untuk yang mendambakan momongan. Baca di
    http://tipshamil.com/?ref=atin

    BalasHapus
  4. Pengen punya anak dengan cepat ini solusinya http://tipshamil.com/?ref=alvonsa

    BalasHapus

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner