Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

BAHAYA LOGAM BERAT BAGI KESEHATAN

MANUSIA bukan hanya menderita sakit karena menghirup udara yang tercemar, tetapi juga akibat mengasup makanan yang tercemar logam berat. Sumbernya sayur-sayuran dan buah-buahan yang ditanam di lingkungan yang tercemar atau daging dari ternak yang makan rumput yang sudah mengandung logam berat yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. 
 
Akhir-akhir ini kasus keracunan logam berat yang berasal dari bahan pangan semakin meningkat jumlahnya. Pencemaran logam berat terhadap alam lingkungan merupakan suatu proses yang erat hubungannya dengan penggunaan bahan tersebut oleh manusia. 

Pencemaran lingkungan oleh logam berat dapat terjadi jika industri yang menggunakan logam tersebut tidak memperhatikan keselamatan lingkungan, terutama saat membuang limbahnya. Logam-logam tertentu dalam konsentrasi tinggi akan sangat berbahaya bila ditemukan di dalam lingkungan (air, tanah, dan udara). 

Sumber utama kontaminan logam berat sesungguhnya berasal dari udara dan air yang mencemari tanah. Selanjutnya semua tanaman yang tumbuh di atas tanah yang telah tercemar akan mengakumulasikan logam-logam tersebut pada semua bagian (akar, batang, daun dan buah). 

Ternak akan memanen logam-logam berat yang ada pada tanaman dan menumpuknya pada bagian-bagian dagingnya. Selanjutnya manusia yang termasuk ke dalam kelompok omnivora (pemakan segalanya), akan tercemar logam tersebut dari empat sumber utama, yaitu udara yang dihirup saat bernapas, air minum, tanaman (sayuran dan buah-buahan), serta ternak (berupa daging, telur, dan susu).

Sesungguhnya, istilah logam berat hanya ditujukan kepada logam yang mempunyai berat jenis lebih besar dari 5 g/cm3. Namun, pada kenyataannya, unsur-unsur metaloid yang mempunyai sifat berbahaya juga dimasukkan ke dalam kelompok tersebut. Dengan demikian, yang termasuk ke dalam kriteria logam berat saat ini mencapai lebih kurang 40 jenis unsur. Beberapa contoh logam berat yang beracun bagi manusia adalah: arsen (As), kadmium (Cd), tembaga (Cu), timbal (Pb), merkuri (Hg), nikel (Ni), dan seng (Zn). 

Arsen
Arsen (As) atau sering disebut arsenik adalah suatu zat kimia yang ditemukan sekitar abad-13. Sebagian besar arsen di alam merupakan bentuk senyawa dasar yang berupa substansi inorganik. Arsen inorganik dapat larut dalam air atau berbentuk gas dan terpapar pada manusia. Menurut National Institute for Occupational Safety and Health (1975), arsen inorganik bertanggung jawab terhadap berbagai gangguan kesehatan kronis, terutama kanker. Arsen juga dapat merusak ginjal dan bersifat racun yang sangat kuat. 

Merkuri 
Merkuri (Hg) atau air raksa adalah logam yang ada secara alami, merupakan satu-satunya logam yang pada suhu kamar berwujud cair. Logam murninya berwarna keperakan, cairan tak berbau, dan mengkilap. Bila dipanaskan sampai suhu 3570C, Hg akan menguap. Selain untuk kegiatan penambangan emas, logam Hg juga digunakan dalam produksi gas klor dan soda kaustik, termometer, bahan tambal gigi, dan baterai.

Walaupun Hg hanya terdapat dalam konsentrasi 0,08 mg/kg kerak bumi, logam ini banyak tertimbun di daerah penambangan. Hg lebih banyak digunakan dalam bentuk logam murni dan organik daripada bentuk anorganik. Logam Hg dapat berada pada berbagai senyawa. Bila bergabung dengan klor, belerang, atau oksigen, Hg akan membentuk garam yang biasanya berwujud padatan putih. Garam Hg sering digunakan dalam krim pemutih dan krim antiseptik. 

Timbal
Logam timbal (Pb) merupakan logam yang sangat populer dan banyak dikenal oleh masyarakat awam. Hal ini disebabkan oleh banyaknya Pb yang digunakan di industri nonpangan dan paling banyak menimbulkan keracunan pada makhluk hidup. Pb adalah sejenis logam yang lunak dan berwarna cokelat kehitaman, serta mudah dimurnikan dari pertambangan. 

Dalam pertambangan, logam ini berbentuk sulfida logam (PbS), yang sering disebut galena. Senyawa ini banyak ditemukan dalam pertambangan di seluruh dunia. Bahaya yang ditimbulkan oleh penggunaan Pb ini adalah sering menyebabkan keracunan. 

Menurut Darmono (1995), Pb mempunyai sifat bertitik lebur rendah, mudah dibentuk, mempunyai sifat kimia yang aktif, sehingga dapat digunakan untuk melapisi logam untuk mencegah perkaratan. Bila dicampur dengan logam lain, membentuk logam campuran yang lebih bagus daripada logam murninya, mempunyai kepadatan melebihi logam lain. 

Logam Pb banyak digunakan pada industri baterai, kabel, cat (sebagai zat pewarna), penyepuhan, pestisida, dan yang paling banyak digunakan sebagai zat antiletup pada bensin. Pb juga digunakan sebagai zat penyusun patri atau solder dan sebagai formulasi penyambung pipa yang mengakibatkan air untuk rumah tangga mempunyai banyak kemungkinan kontak dengan Pb (Saeni, 1997). 

Logam Pb dapat masuk ke dalam tubuh melalui pernapasan, makanan, dan minuman. Logam Pb tidak dibutuhkan oleh manusia, sehingga bila makanan tercemar oleh logam tersebut, tubuh akan mengeluarkannya sebagian. Sisanya akan terakumulasi pada bagian tubuh tertentu seperti ginjal, hati, kuku, jaringan lemak, dan rambut. 

Tembaga 
Tidak seperti logam-logam Hg, Pb, dan Cd, logam tembaga (Cu) merupakan mikroelemen esensial untuk semua tanaman dan hewan, termasuk manusia. Logam Cu diperlukan oleh berbagai sistem enzim di dalam tubuh manusia. Oleh karena itu, Cu harus selalu ada di dalam makanan. Yang perlu diperhatikan adalah menjaga agar kadar Cu di dalam tubuh tidak kekurangan dan juga tidak berlebihan. 

Kebutuhan tubuh per hari akan Cu adalah 0,05 mg/kg berat badan. Pada kadar tersebut tidak terjadi akumulasi Cu pada tubuh manusia normal. Konsumsi Cu dalam jumlah yang besar dapat menyebabkan gejala-gejala yang akut.

Logam Cu yang digunakan di pabrik biasanya berbentuk organik dan anorganik. Logam tersebut digunakan di pabrik yang memproduksi alat-alat listrik, gelas, dan zat warna yang biasanya bercampur dengan logam lain seperti alloi dengan Ag, Cd, Sn, dan Zn. 

Garam Cu banyak digunakan dalam bidang pertanian, misalnya sebagai larutan “Bordeaux” yang mengandung 1-3% CuSO4 untuk membasmi jamur pada sayur dan tumbuhan buah. Senyawa CuSO4 juga sering digunakan untuk membasmi siput sebagai inang dari parasit, cacing, dan juga mengobati penyakit kuku pada domba (Darmono, 1995). 

Sumber Kontaminan
Kandungan alamiah logam pada lingkungan dapat berubah-ubah, tergantung pada kadar pencemaran oleh ulah manusia atau perubahan alam, seperti erosi. Kandungan logam tersebut dapat meningkat bila limbah perkotaan, pertambangan, pertanian, dan perindustrian yang banyak mengandung logam berat masuk ke lingkungan. 

Dari berbagai limbah tersebut, umumnya yang paling banyak mengandung logam berat adalah limbah industri. Hal ini disebabkan senyawa atau unsur logam berat dimanfaatkan dalam berbagai industri, baik sebagai bahan baku, katalisator, maupun sebagai bahan tambahan.
Penyebab utama logam berat menjadi bahan pencemar berbahaya adalah karena sifatnya yang tidak dapat dihancurkan (nondegradable) oleh organisme hidup yang ada di lingkungan. Akibatnya, logam-logam tersebut terakumulasi ke lingkungan, terutama mengendap di dasar perairan membentuk senyawa kompleks bersama bahan organik dan anorganik secara adsorbsi dan kombinasi. 

Arsen banyak ditemukan di dalam air tanah. Hal ini disebabkan arsen merupakan salah satu mineral yang memang terkandung dalam susunan batuan bumi. Arsen dalam air tanah terbagi dalam dua bentuk, yaitu bentuk tereduksi, terbentuk dalam kondisi anaerobik, sering disebut arsenit. Bentuk lainnya adalah bentuk teroksidasi, terjadi pada kondisi aerobik, umum disebut sebagai arsenat (Jones, 2000). 

Hg anorganik (logam dan garam Hg) terdapat di udara dari deposit mineral dan dari area industri. Logam Hg yang ada di air dan tanah terutama berasal dari deposit alam, buangan limbah, dan akitivitas vulkanik. Logam Hg dapat pula bersenyawa dengan karbon membentuk senyawa Hg organik. 

Senyawa Hg organik yang paling umum adalah metil merkuri, yang terutama dihasilkan oleh mikroorganisme (bakteri) di air dan tanah. Bila bakteri itu kemudian termakan oleh ikan, ikan tersebut cenderung memiliki konsentrasi merkuri yang tinggi.

Logam ini digunakan secara luas untuk mengekstrak emas dari bijihnya, baik sebelum maupun sesudah proses sianidasi digunakan. Ketika Hg dicampur dengan bijih tersebut, Hg akan membentuk amalgam dengan emas atau perak. Untuk mendapatkan emas dan perak, amalgam tersebut harus dibakar untuk menguapkan merkurinya. 

Para penambang emas tradisional menggunakan merkuri untuk menangkap dan memisahkan butir-butir emas dari butir-butir batuan. Endapan Hg ini disaring menggunakan kain untuk mendapatkan sisa emas. Endapan yang tersaring kemudian diremas-remas dengan tangan. Air sisa-sisa penambangan yang mengandung Hg dibiarkan mengalir ke sungai dan dijadikan irigasi untuk lahan pertanian.

Selain itu, komponen merkuri juga banyak tersebar di karang, tanah, udara, air, dan organisme hidup melalui proses fisik, kimia, dan biologi yang kompleks. Walaupun mekanisme keracunan merkuri di dalam tubuh belum diketahui dengan jelas, beberapa hal mengenai daya racun merkuri dapat dijelaskan sebagai berikut (Fardiaz, 1992): 

1. Semua komponen merkuri dalam jumlah cukup, beracun terhadap tubuh.
2. Masing-masing komponen merkuri mempunyai perbedaan karakteristik dalam daya racun, distribusi, akumulasi, atau pengumpulan, dan waktu retensinya di dalam tubuh.
3. Transformasi biologi dapat terjadi di dalam lingkungan atau di dalam tubuh, saat komponen merkuri diubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya.
4. Pengaruh buruk merkuri di dalam tubuh adalah melalui penghambatan kerja enzim dan kemampuannya untuk berikatan dengan grup yang mengandung sulfur di dalam molekul enzim dan dinding sel.
5. Kerusakan tubuh yang disebabkan merkuri biasanya bersifat permanen, dan sampai saat ini belum dapat disembuhkan. 
Sumber kontaminan timbal (Pb) terbesar dari buatan manusia adalah bensin beraditif timbal untuk bahan bakar kendaraan bermotor. Diperkirakan 65 persen dari semua pencemaran udara disebabkan emisi yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor.

Cemaran logam Cu pada bahan pangan pada awalnya terjadi karena penggunaan pupuk dan pestisida secara berlebihan. Meskipun demikian, pengaruh proses pengolahan akan dapat mempengaruhi status keberadaan tersebut dalam bahan pangan.

Kebun Sayur di Pinggir Jalan Berbahaya 
Logam berat dapat terakumulasi dalam jumlah yang cukup besar pada tanaman seperti padi, rumput, beberapa jenis leguminosa untuk pakan ternak, dan sayuran. Logam berat seperti Pb, Cd, Cu, dan Zn sering terakumulasi pada komoditi tanaman. Kandungan merkuri pada beras yang dipanen dari sawah dengan irigasi air limbah penambangan emas tradisional di Nunggul dan Kalongliud sekitar Pongkor, Bogor, Jawa Barat, masing-masing mencapai 0,45 dan 0,25 ppm (Sutono, 2002). 

Sumber bahan pangan lain yang dilaporkan tinggi kadar timbalnya adalah makanan kaleng (50-100 mkg/kg), jeroan terutama hati dan ginjal ternak (150 mkg/kg), ikan (170 mkg/kg). Kelompok yang paling tinggi adalah kerang-kerangan (molusca) dan udang-udangan (crustacea), yaitu rata-rata lebih tinggi dari 250 mkg/kg (Winarno dan Rahayu, 1994). 
Jenis bahan pangan lain yang mengandung kontaminan timbal cukup tinggi adalah sayuran yang ditanam di tepi jalan raya. Kandungan rata-ratanya sebesar 28,78 ppm, jauh di atas batas aman yang diizinkan Direktorat Jendral Pengawas Obat dan Makanan, yaitu sebesar 2 ppm (Winarno, 1997). 

Cemaran tembaga (Cu) terdapat pada sayuran dan buah-buahan yang disemprot dengan pestisida secara berlebihan. Penyemprotan pestisida banyak dilakukan untuk membasmi siput dan cacing pada tanaman sayur dan buah. 

Arsen terkandung dalam ikan dan makanan laut lainnya, seperti udang, cumi-cumi, dan kerang. Kandungan arsen dalam makanan laut mencapai angka lebih dari 4,5 mikrogram arsen/g berat basah. Arsen juga terdapat dalam daging dan sayur-sayuran, namun jumlahnya amat kecil. @

Dari Tremor Sampai ke Kematian 
Sulit untuk menduga seberapa besar akibat yang ditimbulkan oleh adanya logam berat dalam tubuh. Namun, sebagian besar toksisitas yang disebabkan oleh beberapa jenis logam berat seperti Pb, Cd, dan Hg adalah karena kemampuannya untuk menutup sisi aktif dari enzim dalam sel. 

Hg mempunyai bentuk kimiawi yang berbeda-beda dalam menimbulkan keracunan pada mahluk hidup, sehingga menimbulkan gejala yang berbeda pula. Toksisitas Hg dalam hal ini dibedakan menjadi dua bagian, yaitu toksisitas organik dan anorganik. 

Pada bentuk anorganik, Hg berikatan dengan satu atom karbon atau lebih, sedangkan dalam bentuk organik, dengan rantai alkil yang pendek. Senyawa tersebut sangat stabil dalam proses metabolisme dan mudah menginfiltrasi jaringan yang sukar ditembus, misalnya otak dan plasenta. Senyawa tersebut mengakibatkan kerusakan jaringan yang irreversible, baik pada orang dewasa maupun anak (Darmono, 1995).

Toksisitas Hg anorganik menyebabkan penderita biasanya mengalami tremor. Jika terus berlanjut dapat menyebabkan pengurangan pendengaran, penglihatan, atau daya ingat.
Senyawa merkuri organik yang paling populer adalah metil merkuri yang berpotensi menyebabkan toksisitas terhadap sistem saraf pusat. Kejadian keracunan metil merkuri paling besar pada makhluk hidup timbul di tahun 1950-an di Teluk Minamata, Jepang yang terkenal dengan nama Minamata Disease.

Timbal (Pb) dapat masuk ke dalam tubuh melalui pernapasan, makanan, dan minuman. Accidental poisoning seperti termakannya senyawa timbal dalam konsentrasi tinggi dapat mengakibatkan gejala keracunan timbal seperti iritasi gastrointestinal akut, rasa logam pada mulut, muntah, sakit perut, dan diare. 

Menurut Darmono (1995), Pb dapat mempengaruhi sistem saraf, inteligensia, dan pertumbuhan. Pb di dalam tubuh terikat pada gugus SH dalam molekul protein dan hal ini menyebabkan hambatan pada aktivitas kerja sistem enzim. Efek logam Pb pada kesehatan manusia adalah menimbulkan kerusakan otak, kejang-kejang, gangguan tingkah laku, dan bahkan kematian. 
Toksisitas logam Cu pada manusia, khususnya anak-anak, biasanya terjadi karena CuSO4. Beberapa gejala keracunan Cu adalah sakit perut, mual, muntah, diare, dan beberapa kasus yang parah dapat menyebabkan gagal ginjal dan kematian (Darmono, 1995).

Senyawa arsen sangat sulit dideteksi karena tidak memiliki rasa yang khas atau ciri-ciri pemaparan lain yang menonjol. Gejala keracunan senyawa arsen terutama adalah sakit di kerongkongan, sukar menelan, menyusul rasa nyeri lambung dan muntah-muntah. Kompensasi dari pemaparan arsen terhadap manusia adalah kanker, terutama kanker paru-paru dan hati. Terpapar arsen di udara juga dapat menyebabkan pembentukan kanker kulit pada manusia. @

Awas, Koran Bekas 
Usaha-usaha untuk menanggulangi pencemaran logam berat di Indonesia sampai saat ini belum banyak dilakukan. Hal ini terutama karena sebagian besar industri di Indonesia belum mempunyai sarana pengolahan limbah yang memadai. 

Usaha yang dapat kita lakukan untuk menghindari bahaya logam berat, antara lain dengan menghindari sumber bahan pangan yang memiliki risiko mengandung logam berat, mencuci dan mengolah bahan pangan yang akan dikonsumsi dengan baik dan benar. 

Selain itu, kita juga perlu memperhatikan dan peduli terhadap lingkungan agar pencemaran tidak semakin bertambah jumlahnya. Peningkatan pengetahuan mengenai logam berat juga dapat bermanfaat dan membuat kita lebih waspada terhadap pencemaran logam berat. 

Logam berat di dalam bahan pangan ternyata tidak hanya terdapat secara alami, namun juga dapat merupakan hasil migrasi dari bahan pengemasnya. Oleh karena itu, pengemasan bahan pangan harus dilakukan secara hati-hati. Pengemasan makanan dengan menggunakan kertas koran bekas tentu tidak tepat karena memungkinkan terjadinya migrasi logam berat (terutama Pb) dari tinta pada koran ke makanan. Pengemasan makanan dengan bahan yang memiliki aroma kuat, seperti PVC (Poly Vinyl Chloride) dan styrofoam, memungkinkan terjadinya migrasi arsen ke makanan. (Kompas.com)
READ MORE - Selengkapnya

10 Ciri-ciri Pria Yang Kecanduan Sek


Pecandu seks, biasanya pemikirannya didominasi oleh seks. Hal itu pun membuat mereka sulit bekerja atau menjalani aktivitas kesehariannya. Seperti apa pria yang kecanduan seks? Apakah si dia termasuk? Kenali ciri-cirinya berikut ini, seperti dikutip WebMD dan About:

1. Sering Masturbasi
Waspada jika pasangan Anda tetap butuh masturbasi padahal sudah cukup sering melakoni hubungan intim dengan Anda. Kalau hal itu memang sering terjadi, ia mungkin saja tipe pria yang kecanduan seks.

2. Melihat Gambar Porno Setiap Hari
Pria yang kecanduan seks akan berusaha menenangkan pikirannya dengan menonton film porno atau masturbasi. Rata-rata pria yang melakukan masturbasi, melakoni hal tersebut sambil melihat atau menonton gambar porno.

3. Bicara Soal Seks di Waktu yang Tidak Tepat
Meskipun pria tidak bisa melepaskan pikirannya dari seks, kebanyakan pria tahu kapan harus berbicara menutup mulutnya. Namun pria yang kecanduan seks, tidak dapat melakukan hal itu. Jika seorang pria membicarakan topik seks tersebut di waktu yang tidak tepat, seperti saat di depan orangtua Anda atau saat rapat di kantor, bisa jadi dia memang kecanduan.

4. Berbohong
Pria yang kecanduan seks pasti sering berbohong pada pasangannya. Mereka tidak mau mengaku atau bahkan sulit menerima kenyataan kalau dirinya sudah kecanduan. Alhasil, pria-pria tersebut akan bersikap sangat defensif. Mereka akan melakukan berbagai cara untuk membantah tuduhan pasangannya itu.

5. Kehilangan Gairah Saat Bercinta
Penelitian membuktikan pria yang kecanduan film porno bisa sulit ereksi saat melakukan aktivitas seks di kehidupan nyata bersama pasangannya. Pria yang kecanduan pornografi cenderung mengharapkan pengalaman seks yang lebih ekstrim untuk membuatnya terangsang.

6. Aktivitas Sehari-hari Terganggu
Sama seperti kasus kecanduan lainnya, jika seseorang sudah menjadi pecandu, hal itu kemungkinan besar akan menganggu hari-harinya. Jika Anda merasa pasangan kecanduan seks, coba evaluasi apakah dia kerap menolak ajakan pergi dan memilih sendirian di rumah? Pria yang kecanduan seks lebih suka menghabiskan waktunya sendiri agar bisa masturbasi.

7. Sering Ada di Depan Komputer
Tentu saja tidak semua pria yang banyak menghabiskan waktu di depan komputer, laptop atau gadgetnya kecanduan seks. Namun Anda perlu waspada, jika dia melakukannya secara diam-diam. Apalagi jika ternyata Anda tidak secara sengaja memergokinya dan dia menunjukkan sikap seperti orang 'tertangkap basah'.

8. Memaksa Bercinta
Pria yang sudah kecanduan seks tidak bisa menerima penolakan dari pasangannya terutama untuk urusan bercinta. Pria-pria seperti ini pun akan menekan pasangannya agar mau melakukan hubungan intim. 

9. Eksibisionis
Apakah si dia kerap meminta melakukan aktivitas seks yang tidak lazim, misalnya bercinta dengan pintu terbuka atau jendela terbuka? Waspada karena itu bisa termasuk ciri orang eksibisionis. Eksibisionis merupakan salah satu bentuk penyimpangan seks karena seseorang mendapat kepuasan dengan mempertontonkan bagian terlarang dari tubuhnya ke orang lain.

10. Selingkuh
Bagi beberapa pria yang kecanduan seks, bercinta dengan pasangannya dan masturbasi belum cukup. Pria-pria ini akan mencari cara lainnya untuk melepaskan hasratnya. Salah satunya dengan selingkuh.
(eny/eny) (Wolipop)
READ MORE - Selengkapnya

Air Mentah Ternyata Baik Untuk Tubuh


Air mentah adalah air paling baik untuk dikonsumsi tubuh dibandingkan dengan air yang dipanaskan, kata pakar Lingkungan Universitas Indonesia, Mohammad Hasroel Thayib. 

"Air itu kalau dipanaskan hingga 100 derajat celcius selama lima menit mengandung radikal bebas," kata Hasroel, 

Unsur dalam air ada yang pecah jika dipanaskan sehingga menjadi radikal bebas seperti hidrogen radikal, hidroksida radikal dan radikal lainnya. 

Menurut Hasroel, berbagai penyakit seperti gagal ginjal muncul jika seseorang mengonsumsi air berkandungan radikal bebas. 

Namun, air mentah tak bisa langsung dikonsumsi karena mengandung bakteri dan kuman lain. 

"Tentu ada solusi. Air dimasak kemudian disimpan dalam kendi, baru dikonsumsi setelah dua hari," kata Hasroel. 

Bagaimana jika ingin membuat kopi dengan seduhan air panas? Hasroel mengusulkan mengekstrakkan kopi dengan air dingin. 

Cara mengekstrakannya adalah dengan dua gelas plastik di mana salah satu gelas dilubangi bagian bawahnya sehingga seperti saringan. 

Gelas satunya lagi dibiarkan tidak berlubang, lalu diisi kopi. Kemudian letakkan gelas berlubang di atas gelas pertama, tuangkan air dingin ke dalam gelas itu. 

Minuman kopi itu pun menjadi rendah kafein karena kafeinnya tidak larut, kata Hasroel. 

READ MORE - Selengkapnya

Tersenyum Bikin Panjang Umur

Sebuah penelitian di Jerman justru mengungkapkan bahwa ekspresi wajah memiliki dampak besar yang membuat Anda terlihat tua. Karenanya, dengan senyum justru membuat penampilan Anda lebih muda. 

Peneliti Jerman menanyakan lebih dari 150 wanita dan pria dari berbagai usia untuk menebak usia orang lain dengan memperlihatkan foto dari 171 wajah, termasuk wajah anak muda, pria paruh baya, dan orang lanjut usia. 

Dalam beberapa gambar, terlihat wajah tersenyum. Di sisi lain, mereka tampak marah, takut, jijik, sedih hingga hanya menunjukkan ekspresi wajah netral. 

Menurut penelitian, ternyata banyak partisipan dalam studi ini lebih cenderung meremehkan usia seseorang, ketika foto memperlihatkan wajah tersenyum. Lantas apa hubungannya antara senyum dan efek umur? 

Peneliti menjelaskan bahwa orang dengan ekspresi raut muka senang menjadi menarik dengan cara lain termasuk terlihat lebih muda mereka dari usia sebenarnya. 

Kerutan sementara yang dibuat oleh senyum ternyata membuat sulit untuk menilai usia seseorang, sehingga sulit bagi seseorang untuk menebak usia orang lain yang sebenarnya. Tersenyum juga membantu melunakkan garis dan kerutan di dahi. 

READ MORE - Selengkapnya

Hanya Dengan 1 Sperma, Suami Istri Ini Akhirnya Punya Anak


img
Normalnya pria memiliki puluhan hingga ratusan juta sperma dalam air maninya. Tapi bagi pria yang mengalami gangguan kesuburan (infertilitas) kadang air maninya hanya berisi sedikit sperma atau jauh di bawah standar minimal 20 juta sperma dalam setiap 1 ml air mani.

Tapi ada satu contoh keajaiban bagaimana dengan hanya punya 1 sperma dari suami, pasangan suami istri ini akhirnya bisa memiliki anak yang sudah diidam-idamkan sejak 9 tahun lalu.

Keduanya memperoleh anak dengan program bayi tabung. Namun tetap saja terlihat mustahil jika hanya mengandalkan 1 sperma untuk proses bayi tabung. Tapi yang terjadi 1 sperma tersebut mampu membuahi sel telur dengan sukses.

Pasangan suami istri Jason Schiraldi (35 tahun) dan Jennifer Schiraldi (33 tahun) dari Campbell, Ohio, AS itu kini dengan penuh syukur merawat bayi yang diperoleh dengan susah payah tersebut. Si bayi yang kini berusia 9 bulan itu diberi nama Kenley Schiraldi.

Kenley dilahirkan pada bulan April 2011 dan melewati pengobatan infertilitas yang amat panjang. Ini karena kedua orangtuanya hanya memiliki jumlah sel telur dan sel sperma yang amat sedikit dan hampir mustahil dapat memiliki anak.

Jennifer seorang ahli gizi rumah sakit dan suaminya Jason Schiraldi, seorang perawat kateterisasi jantung, datang ke Klinik Cleveland pada tahun 2009. Pasangan yang telah menikah selama sembilan tahun ini mendapat peringatan bahwa mereka memiliki masalah dalam kesuburannya. Hasil tes menunjukkan bahwa 30 persen sampai 40 persen ketidaksuburan pasangan Schiraldi ini berkaitan dengan pihak suami.

Pasangan ini kemudian memutuskan untuk mencari pengobatan infertilitas yang agresif, termasuk biopsi testis, yaitu operasi untuk menghilangkan potongan-potongan kecil jaringan untuk menguji bukti sperma. Umumnya seorang laki-laki biasa memproduksi 60 juta sampai 100 juta sperma hidup dalam sekali ejakulasi. Tapi setelah mencari jaringan Jason selama sembilan jam, para ilmuwan hanya menemukan satu sel sperma.

"Saya tidak pernah punya masalah kewanitaan dan tidak pernah berpikir bahwa masalahnya ada pada suami saya. Mereka mengambil sampel dan kami segera menemukan bahwa tidak ada sperma di situ," kata Jennifer seeprti dilansir TodayHealth, Kamis (26/1/2012).

Setiap kehamilan dengan jumlah sperma yang sangat sedikit pasti membutuhkan fertilisasi in-vitro atau bayi tabung. Maka Jennifer Schiraldi harus diambil sel telurnya. Ketika akan diambil telurnya, dokter menemukan bahwa Jennifer memiliki jumlah sel telur yang sangat sedikit. Dari 12 sel telur yang dimiliki, hanya 8 yang dalam kondisi baik.

Para ahli bayi tabung tersebut kemudian mencari sisa sperma dari sampel Jason, dan berharap dapat membuahi telur Jennifer. Namun beberapa sperma telah mati, maka sperma beku itu lah yang layak menjadi satu-satunya pilihan.

Klinik menyimpan sejumlah kecil tetesan sperma Jason dalam sedotan kecil setipis jarum jahit. Sperma kemudian dapat dibekukan dan dicairkan untuk digunakan dalam teknik fertilisasi in-vitro yang dikenal sebagai injeksi sperma intracytoplasmic atau ICSI.

Metode baru ini memang diharapkan dapat membantu pria yang memiliki jumlah sperma yang sangat rendah. Infertilitas semacam ini mempengaruhi pada 1 dari 8 pasangan di AS yang berjuang agar dapat memperoleh keturunan.

Para ahli bayi tabung di Klinik Cleveland mengatakan ini adalah pertama kalinya sebuah sperma tunggal yang beku disuntikkan ke dalam telur tunggal dan menghasilkan kehamilan yang sehat. Bahkan Nina Desai, direktur laboratorium di Klinik Cleveland, belum menghitung kemungkinan keberhasilan pembuahan tersebut.

Biasanya orang tidak hamil ketika hanya punya satu telur, dan jauh lebih umum membuat dua atau tiga embrio untuk memastikan kehamilan dapat terjadi. Namun dengan bantuan prosedur ICSI secara hati-hati, telur berhasil dibuahi. Tiga hari kemudian, telur dibagi ke dalam embrio yang sesuai dan ditanamkan dalam rahim Jennifer. Enam belas hari setelahnya, ia dikonfirmasi telah hamil.

"Kami membekukan satu sperma tersebut dan kami menyimpan sisa spesimen. Kami benar-benar tidak punya harapan untuk melakukan apa-apa ketika itu. Saya benar-benar terkejut ketika melihat dia memiliki positif hamil. Ini telah menjadi salah satu keajaiban nyata dalam program IVF kami," kata Desai.

Kehamilan yang dimiliki normal, dengan berat, mual dan komplikasi biasa lainnya. Namun bayi yang dikandung dalam posisi sungsang, sehingga membutuhkan operasi caesar. Akhirnya Kenley Schiraldi dilahirkan pada tanggal 20 April 2011.
READ MORE - Selengkapnya

NARKOBA DAN PERMASALAHNYA


NARKOBA DAN PERMASALAHNYA
Akhir - akhir ini Masyarakat Indonesia sedang heboh - hebohnya dengan kasus tabrakan maut oleh mobil Xenia yang dikendarai oleh  Afriyani Susanti yang diduga sedang dalam pengaruh shabu - shabu dan juga miras saat mengemudikan mobilnya. Kebencian terhadap pelaku pun menyeruak di berbagi media dan salah satunya berdirinya Fans page Facebook yang menuntut hukuman mati pada Afriyanti.,Yang  juga langsung mendapatkan perhatian dari berbagai element masyarakat.
Kasus Tabrakan maut yang dilakukan oleh Afriyanti sekali lagi menjadi tamparan keras bagi kita semua, tentang betapa pentingnya menanamkan pendidikan dan melakukan pencegahan tentang dampak bahaya Narkoba. Tentu Narkoba dan dampak negatifnya bukan saja tanggung jawab BNN atau pun lembaga - lembaga dan pemerintah. Tapi ini pun menjadi tanggung jawab kita semua.
Lantas apa itu Narkoba? dan Apa kandunganya?
Bahan – bahan kimia yang tergolong dalam narkoba adalah narkotika, psikotropika, dan bahan kimia berbahaya lainnya. Narkotika merupakan bahan aktif yang bekerja pada sistem saraf, dan dapat menyebabkan hilangya kesadaran dan rasa sakit, serta dapat menyebabkan ketergantungan. Jenisnya meiputi putaw (heroin), ganja(kanabis), kokain , dan morfin.
Psikotropika merupakan bahan aktif yang dapat mempengaruhi sistem saraf pusat sehingga dapat menyebabkan perubahan aktivitas mental dan perilaku, serta dapat menyebabkan ketergantungan. Sepertinya halnya ekspresi yang ditunjukan pelaku tabrakan maut, yang nyaris tanpa ekspresi ketakutan ataupun shock sesaat setelah peristiwa naas itu.
Jenisnya adalah ekstasi, shabu – shabu, lsd, pil bk, rohipnol, megadon, valium, dan mandraks. Bahan berbahaya merupakan bahan kimia yang mudah meledak, mudah terbakar, oksidator, reduktor, dan racun korosif. Jenisnya adalah alkohol, spiritus, bensin, lem dan pelarut can (tinner)
Seseorang menyalahgunakan narkoba karena beberapa alasan, diantaranya keingintahuan yang besar tanpa sadar akibatnya, penasaran, untuk bersenang – senang, agar tidak dianggap ketinggalan zaman, agar diterima oleh kelompoknya, menghindar permasalahan hidup, andanya pengertian yang salah bahwa penggunaan sekali – sekali tidak akan menimbulkan ketagihan, dan semakin mudahnya mendapatkan narkoba dengan harga relatif murah. Belum lagi tekanan sosial, padahal siapa juga sih yang bilang kalau pake narkoba itu gaul? Duh yang ada kampungan malah kayak kangen band , haha.
Seseorang menjadi pecandu narkoba melalui beberapa tahapan, yaitu penyoba ( Experimental user); pemakai sosial (sosial user), artinya menggunakan narkoba hanya pada saat bergaul atau bersama anggota kelompoknya; pemakai situasional (situational suer), artinya menggunakan narkoba pada situasi tertentu; tahap penyalahgunaan (abuse), artinya frekuensi penggunaanya semakin meningkat tanpa desakan orang lain ataupun saat tidak sedang bermasalah; dan terakhir tahap ketergantungan (dependent), artinya narkoba menjadi suatu kebutuhan yang jika tidak dipenuhi dapat menimbulkan keadaan yang sangat menyakitkan ( fisika maupun psikis).
Pemerintah telah berusaha melindungi warga negaranya dari dampak negatif narkoba melalui jalur hukum diantarnya sebagai berikut

1. Pengguna narkotika, dijerat pasal 78 dan 89 UU no.22 tahun 1977 berupa hukuman 4 tahun penjara.
2. Pengedar/bandar narkotika, dijerat pasal 81 dan 82 UU No.22 tahun 1977 berupakan hukuman 20 tahun/ hukuman seumur hidup/hukuman mati ditambah denda.
3. Pengguna psikotropika, dijerat pasal 59 dan 60 UU no.5 tahun 1977 berupa hukuman penjara 15 tahun ditambah denda.
Lihatlah, sudah dihukum mati di denda pula?, tapi sepandanlah dengan dampak negatif yang telah diperbuat pelaku pengedaran narkoba. Oleh sebab itu tidak aneh kalau sebagian besar pengedar Narkoba dari Luar Negeri yang tertangkap tangan menyeludupkan pasti tidak akan jauh dari hukuman mati.

Semoga bermanfaat.


Posted By Tayusani Yuza|Ilustrasi : google image|Credit : Buku Biologi kelas XI
READ MORE - Selengkapnya

"Miracle Berry" Buah Ajaib Pengubah Rasa Dari Afrika

Jika anda memakan buah 'miracle berry' ini sebelum memakan lemon, maka rasa asam lemon akan berubah menjadi manis. Si "buah ajaib" yang berasal dari Afrika ini memang punya kemampuan untuk mengubah makanan pahit dan asam menjadi manis.

Miracle Berry Buah Ajaib Pengubah Rasa Dari Afrika
Para peneliti di jepang dan Prancis menemukan bahwa buah yang bernama ilmiah Richardella dulfica ini mengandung suatu senyawa sejenis protein yang disebut mirakulin. Protein mirakulin ini menempel pada sensor rasa manis di lidah dan untuk sementara waktu memengaruhi proses identifikasi rasa asam dan pahit. Sementara itu buah ajaib ini sebenarnya hambar, tidak memiliki rasa sama sekali.

"Menarik sekali mengamati bagaimana proses ilmiah mirakulin ketika menghalangi sensor rasa asam," kata Keiko Abe, seorang profesor biologi-kimia terapan di University of Tokyo.

Dia menambahkan bahwa efek buah tersebut merupakan hasil meminimalkan perubahan pH yang terjadi ketika mengkonsumsi makanan. Sebagai gantinya, lidah yang dilapisi jus miracle berry akan mengaktifkan sensor rasa manis dan menghambat rasa pahit dan asam.

Seperti dilansir IBTimes, Sabtu buah ajaib ini banyak dipakai di restoran-restoran Jepang. Saat ini mulai muncul spekulasi tentang kemungkinan penggunaan buah ini untuk mendukung pola hidup sehat dengan makanan pahit dan asam, yang umumnya memiliki nutrisi tinggi.
READ MORE - Selengkapnya

Begini Efek Jika Pakai Ekstasi: Rasa Malu Hilang dan Berani Ambil Risiko


img

Kecelakaan maut di Tugu Tani Jakarta yang menewaskan 9 orang menjadi kisah sedih di hari Minggu 22 Januari 2012. Usai 'membantai' orang-orang di pinggir jalan tersebut, pelakunya terlihat tenang dan masih percaya diri dengan terlihat sibuk menggunakan ponselnya.


Pemandangan tersebut tentu saja menuai kemarahan publik dan seketika si penabrak yang bernama Apriyani Susanti (29 tahun) menjadi public enemy (musuh bersama) karena tindakannya yang mengakhiri 9 cerita hidup manusia secara tragis.

Selidik punya selidik, polisi akhirnya mengidentifikasi si pelaku positif menggunakan shabu, ekstasi dan ganja di malam sebelum tabrakan maut terjadi. Kondisi mengantuk setelah pulang pesta dan pengaruh minuman keras serta ekstasi menambah runutan cerita di belakang kondisi kecelakaan yang mengenaskan ini.

Efek Ekstasi

Ekstasi atau bahasa ilmiahnya adalah MDMA (3,4-Methylenedioxymethamphetamine) adalah suatu jenis obat stimulan (beberapa kepustakaan menyebutkan juga bersifat halusinogen) yang merupakan derivat amfetamin yang banyak digunakan sebagai 'party drugs'. Banyak orang menggunakan zat ini untuk mendapatkan efek psikologis selain efek fisiologis yang diinginkan.

Efek yang paling diinginkan adalah perasaan euforia sampai ekstase (senang yang sangat berlebihan). Obat ini juga menimbulkan efek meningkatnya kepercayaan diri, harga diri dan peningkatan libido

Pemakai ekstasi bisa tampil penuh percaya diri tanpa ada perasaan malu sedikit pun dan menjadi orang yang berbeda kepribadian dari sebelumnya.

Salah satu yang mungkin menarik banyak orang untuk memakai zat ini adalah pemakaian zat ini tidak dibarengi dengan efek sedatif (efek tenang) atau menurunnya kesadaran akibat zat tersebut. 

Tidak seperti pemakai heroin atau ganja, pemakai ekstasi dapat membuat dirinya untuk tetap membuat terjaga dan konsentrasi ketika obat baru saja dimakan. Selain efek yang menyenangkan di atas, sebenarnya ekstasi juga membuat timbulnya gejala-gejala psikosomatik, paranoid, halusinasi dan agresivitas. 

Kelebihan dosis pemakaian obat ini akan membuat orang menjadi mudah tersinggung dan berani berbuat sesuatu yang mengambil risiko.

Efek Setelah Pemakaian 

Ada beberapa hal yang perlu diketahui akibat pemakaian ekstasi terutama efek yang terjadi setelah pemakaian yang akut (segera) yang terbagi atas gejala psikologis dan fisik. 

Gejala psikologis antara lain:

  1. Kecemasan dan paranoid
  2. Depresi
  3. Iritabilitas
  4. Kelelahan
  5. Hilangnya perhatian
  6. Hilangnya fokus dan konsentrasi (juga hilangnya motivasi dan keinginan) akibat menurunnya level serotonin di sistem otak.


Selain gejala psikologis, juga orang yang baru saja menggunakan ekstasi maka sesudahnya bisa mengalami gejala-gejala fisik seperti rasa pusing, kepala ringan, vertigo, menurunnya nafsu makan, diare, sulit buang air besar, rasa lelah yang berlebihan.

Tingkatkan Risiko Kecelakaan

Jika melihat efek yang diakibatkan oleh zat yang bernama ekstasi ini. Maka wajar jika pengguna obat ini tidak diperkenankan mengendarai kendaraan bermotor setelah menggunakannya dalam pesta. 

Setelah pemakaian ekstasi beberapa jam maka konsentrasi dan perhatian akan menurun drastis berbeda ketika masih dalam pengaruh ekstasi saat baru saja digunakan.

Hilangnya konsentrasi dan perhatian sangat berbahaya jika dialami oleh para pengemudi kendaraan bermotor. Kita mengetahui kelalaian sedikit saja akan menyebabkan kecelakaan pada kendaraan yang kita kendarai apalagi jika dipengaruhi efek obat.

Apalagi jika efek obat masih terasa saat memutuskan mengendarai kendaraan. Keberanian yang berlebihan dan rasa percaya diri yang terlalu tinggi akibat zat ini bisa membuat orang berperilaku risiko tinggi termasuk ngebut di jalan raya.

Jadi memang jangan pernah sekali-kali anda yang menggunakan ekstasi kemudian pulang sendiri mengendarai mobil atau motor jika tidak ingin apa yang telah terjadi pada tabrakan maut kemarin terulang lagi.

Penulis
Dr. Andri, SpKJ
Psikiater Bidang Psikosomatik Medis
Psikiater, Dosen FK UKRIDA, Jakarta
READ MORE - Selengkapnya

Bikin SIM di Cina akan Disodori Blanko Donor Organ Tubuh


Untuk memperbanyak pendonor organ tubuh, pemerintah Cina mengeluarkan kebijakan baru yang tergolong unik. Kebijakan tersebut adalah diharuskannya calon pemohon Surat Izin Mengemudi (SIM) untuk mengisi lembar kesediaan mendonorkan bagian tubuhnya

http://2.bp.blogspot.com/-5oHn2W5-iAU/TbZsuMLVxhI/AAAAAAAAAhU/NKPoxzC5xUM/s320/hee.jpg

diambil karena minimnya jumlah pendonor organ tubuh di negeri tirai bambu itu. Wakil Menteri Kesehatan, Huang Jiefu, mengatakan perbandingan antara permintaan dan ketersediaan organ sangatlah timpang.

Data statistik menunjukkan hanya 10.000 pasien dari satu setengah juta pasien yang mendapatkan organ yang mereka butuhkan. "Kesenjangannya sangat tinggi dan parah," .

Kebijakan ini akan diberlakukan mulai akhir tahun nanti. Setiap pemohon SIM akan ditanya apakah mereka berkenan mendonorkan bagian tubuh mereka apabila mengalami kecelakaan fatal. Jika mereka menjawab 'iya', pertanyaan akan dilanjutkan ke bagian tubuh mana yang akan disumbangkan.

"Kami juga akan memberikan kompensasi bagi pendonor untuk menarik minat calon pendonor,"

Kompensasi tersebut diantaranya pengurangan biaya rumah sakit terkait transplantasi, pengurangan biaya pemakaman, dan pemotongan pajak khusus bagi anggota keluarga.

READ MORE - Selengkapnya

3 Jenis Sakit Kepala yang Butuh Penanganan Darurat


Sakit kepala biasanya tidak mengancam jiwa. Namun sakit kepala yang amat parah bisa jadi pertanda sesuatu hal yang jauh lebih serius dan membutuhkan penanganan darurat. Setidaknya ada 3 jenis sakit kepala yang membutuhkan penanganan darurat.


Gejala penyakit seperti stroke, aneurisma (perdarahan dari pembuluh darah) dan meningitis biasanya berupa sakit kepala. Maka itu ada baiknya mengawasi sakit kepala yang terasa sangat berbeda dari sakit kepala biasa.

"Pusing yang tidak biasa berarti gejala kelainan pembuluh darah di otak yang sudah mulai sedikit bocor. Kondisi ini bisa berubah gawat sehingga menyebabkan pendarahan dan dapat mengancam kehidupan," kata Adam Wilkes, MD, spesialis Unit Gawat Darurat di Lankenau Hospital di Wynnewood, Pennsylvania seperti dilansir Health.com, Jumat (27/1/2012).

Berikut adalah tiga tanda-tanda sakit kepala yang membutuhkan penanganan dokter dengan segera.

1. Sakit kepala disertai nyeri leher dan demam

Sakit kepala yang disertai nyeri atau kaku pada leher dan demam bisa jadi pertanda meningitis. Meningitis atau radang selaput sistem saraf pusat dapat dengan cepat berubah menjadi kritis.

Gejala khasnya adalah demam, sakit kepala dan kekakuan pada otot leher yang berlangsung selama berjam-jam atau dirasakan sampai 2 hari.

2. Sakit kepala disertai mual

Mual parah atau muntah disertai gangguan syaraf seperti kesulitan berbicara atau berjalan dapat menjadi tanda-tanda stroke hemorrhagic, yaitu stroke yang disertai pendarahan pada otak.

Kerusakan akibat strok ini dapat terjadi dengan sangat cepat, baik karena pendarahan atau karena meningkatnya tekanan cairan pada otak. Pendarahan pada jaringan otak dapat menyebabkan kematian.

3. Sakit kepala paling parah yang belum pernah dirasakan sebelumnya

Sakit kepala biasa sudah cukup menyakitkan. Tapi jika mengalami sakit kepala yang dirasa paling buruk dari yang sudah pernah dialami sebelumnya, itu bisa jadi pertanda aneurisma.

Aneurisma adalah bocor atau pecahnya pembuluh darah pada otak. Rembesan darah yang membasahi otak menyebabkan pasien hanya mengeluh pusing. Namun lama-kelamaan, rembesan darah dapat menjadi banjir darah di otak. Inilah yang menyebabkan penderitanya meninggal mendadak.
READ MORE - Selengkapnya

10 Pekerjaan Yang Dapat Merusak Kesehatan Paru-Paru Anda

Untuk postingan kali ini kita akan membahas sepuluh (10) Pekerjaan yang bisa mengganggu kesehatan paru-paru anda, terkadang nampak sepele namun bisa saja lama kelamaan kesehatan paru-paru anda akan terganggu.

Konstruksi



construction-lungs

Pekerja yang menghirup debu di proyek pembongkaran atau renovasi dapat beresiko terkena kanker paru-paru, mesothelioma, dan Asbestosis, suatu penyakit yang menyebabkan jaringan parut dan kaku dari paru-paru.

"Kami khawatir tentang orang dengan paparan 20 sampai 30 tahun," Dr Harber mengatakan, ketika banyak produk yang mengandung asbes tidak dilarang.

Memakai pakaian pelindung, termasuk respirator, saat bekerja di sekitar bangunan tua dan menghindari merokok dapat membantu.


Manufaktur

manufacturing-lungs

Pekerja Pabrik dapat terkena debu, bahan kimia, dan gas, menempatkan mereka pada risiko COPD.

Pada pabrik makanan, diacetyl-agen rasa yang digunakan dalam popcorn microwave, beberapa anggur, dan makanan cepat dapat menyebabkan penyakit yang merusak dan kadang-kadang mematikan disebut obliterans bronkiolitis, kerabat dekat PPOK.

Kabar baik? beberapa langkah mudah dapat secara signifikan mengurangi risiko. "Sesuatu yang sederhana seperti ketika Anda meletakkan diacetyl ke dalam panci raksasa untuk campuran, letakkan tutup dan memakai topeng penyaringan," kata Dr Harber.


Perawatan kesehatan

health-care-gloves

Diperkirakan 8% sampai 12% petugas kesehatan sensitif terhadap residu bubuk yang ditemukan pada sarung tangan lateks, yang dapat menyebabkan reaksi asma tipe berat.

"Bahkan jika Anda tidak menggunakan [sarung tangan lateks], bahkan ketika aku mencopot sarung tangan lateks, bit kecil lateks masuk ke dalam udara dan orang menjadi alergi terhadap hal itu," kata Dr Harber.

Membatasi paparan bila memungkinkan dapat membantu. Tapi bagi dokter dan perawat, penggunaan sarung tangan tetap sebuah kewajiban. Pada kasus yang parah, Dr Harber mengatakan, alergi lateks dapat mengakhiri karir. Beberapa rumah sakit seperti Johns Hopkins telah beralih ke sarung tangan sintetik bebas lateks.
Tekstil
READ MORE - Selengkapnya

Ramuan Makanan Pencegah Ubanan

Rambut putih alias uban biasanya muncul seiring faktor usia,namun uban juga bisa muncul saat orang beranjak usia muda.Namun kini jangan khawatir sudah ada pencegahan alami yang dapat menghilangkan uban jika itu terjadi pada anda yang usia masih tergolong muda.


Ditinjau dari ilmu kesehatan ambut memiliki akar yang berisi struktur seperti tas kecil atau disebut dengan folikel rambut. Folikel rambut ini mengandung melanosit yang menghasilkan pigmen melanin, yang bertanggung jawab terhadap warna rambut.

Seiring bertambahnya usia sel-sel pigmen di dalam folikel rambut akan berkurang yang membuat rambut tidak lagi memiliki melanin yang banyak. Kondisi inilah yang mengubah warna rambut menjadi abu-abu atau putih.

Jika sudah tua mengalami ubanan itu sangat wajar, tapi jika masih muda sudah ubanan maka ada cara yang bisa dilakukan untuk mencegahnya.
Dikutip dari detikhealth berikut cara mudah mencegah uban bagi anda yang masih tergolong usia muda :

1. Minum jus wortel
Minum jus wortel setiap hari dapat menjaga rambut tetap hitam dan membantu mengatasi masalah rambut beruban.

2. Jahe parut di dicampur madu
Parut jahe segar dan campurkan dengan madu yang kemudian tempatkan di dalam toples. Minum 1 sendok teh setiap hari.

3. Pijat rambut
Pijat rambut dengan minyak kelapa akan menjaga rambut panjang, hitam dan kuat. Anda juga dapat menggunakan jus lemon yang dicampur bubuk gooseberry kering untuk digunakan pada kulit kepala selama beberapa hari. Hal ini akan membantu menghitamkan rambut uban prematur secara bertahap. Pijat rambut dengan engan minyak kelapa dan air jeruk nipis setiap hari juga bisa membantu.

4. Minum susu mentega (butter milk)
Minum susu mentega dengan campuran 2 sendok teh ragi dan gandum akan mencegah dan mengobati rambut beruban prematur.

5. Menggunakan pasta bawang merah
Menerapkan pasta bawang merah ke kulit kepala selama beberapa hari sebelum mandi membantu mengubah rambut abu-abu secara bertahap menjadi hitam.

6. Makan makanan kaya protein, besi, mineral yodium, dan vitamin A dan B
Vitamin A misalnya pada sayuran hijau dan buah-buahan kuning seperti brokoli, bayam, wortel, labu. Vitamin B pada pisang, tomat, kembang kol, sereal, hati, ginjal, yoghurt, ragi dan gandum. Protein pada biji-bijian sereal, daging dan kedelai. Mineral seperti seng, besi dan zat tembaga pada daging merah, almond dan ikan.

(http://www.i-berita.com)

INILAH SEBABNYA MENGAPA BULU KEMALUAN PERLU DICUKUR
CARA TRADISIONAL MENGOBATI AMANDEL
GAMBAR TERINFEKSI PENYAKIT SIFILIS
PENCEGAHAN DAN PENGOBATAN PENYAKIT KELAMIN CHLAMYDIA
CARA MENGHILANGKAN UBAN DENGAN AIR SANTAN
Kuman Salmonella adalah penyebab penyakit tifus
Posisi Seks Terbaik Kalau Istri Lagi Hamil
READ MORE - Selengkapnya

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails