Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Kasus Ganguan Makan/Anoreksia Paling Mencengangkan Di Dunia

Ganguan Makan/Anoreksia Paling Mencengangkan Di Dunia

Anoreksia nervosa (AN) adalah sebuah gangguan makan yang ditandai dengan penolakan untuk mempertahankan berat badan yang sehat dan rasa takut yang berlebihan terhadap peningkatan berat badan akibat pencitraan diri yang menyimpang. Pencitraan diri pada penderita AN dipengaruhi oleh bias kognitif (pola penyimpangan dalam menilai suatu situasi) dan memengaruhi cara seseorang dalam berpikir serta mengevaluasi tubuh dan makanannya. AN merupakan sebuah penyakit kompleks yang melibatkan komponen psikologikal, sosiologikal, dan fisiologikal, pada penderitanya ditemukan peningkatan rasio enzim hati dan GGT, hingga disfungsi hati akut pada tingkat lanjut.


Seseorang yang menderita AN disebut sebagai anoreksik atau (lebih tidak umum) anorektik. Istilah ini sering kali namun tidak benar disingkat menjadi anorexia, yang berarti gejala medis kehilangan nafsu makan. Nah berikut ini  ada beberapa kasus Anoreksia Paling mencengangkan yang pernah terjadi di dunia ini mau tahu apa aja itu simak berikut ini. 

1. Anoreksia pada gadis kembar identik


Dua gadis kembar berusia 20 tahun harus berjuang untuk hidup. Tubuh yang sangat kurus ibarat kulit pembungkus tulang membuat mereka tampak seperti wanita tua karena tulang pipi yang terlihat tinggi.

Ayahnya Christy (58 tahun) dan istrinya Clare (56 tahun) harus mengantarkan si kembar yang menghabiskan sebagian besar hidup masa remaja dan dewasa untuk keluar masuk klinik pemulihan. Si kembar bahkan pernah dirawat di rumah sakit selama beberapa bulan untuk mengalahkan anoreksia

2. Model pria yang meninggal karena anoreksia


Jeremy Gillitzer pernah menjadi model pria berwajah tampan dan penampilan menakjubkan dengan perut six-pack. Tapi dibalik penampilan luar biasanya, banyak orang yang tidak tahu bahwa ia berjuang keras melawan anoreksia dan bulimia. Karena kelaparan kronis, merangsang diri sendiri untuk muntah dan olahraga tak kenal lelah, tubuhnya menjadi sangat kurus. Ia akhirnya meninggal pada usia 38 tahun di 2010 dengan berat badan hanya 29 kg.

3. Ibu kurus anoreksia yang bisa pakai baju putrinya usia 7 tahun

Rebecca Jones (26 tahun) bangga bisa mengenakan baju putrinya Maisy yang baru berusia 7 tahun dan memiliki berat badan lebih besar ketimbang ibunya. Namun Rebecca tak sadar bahwa dibalik kebanggaannya tersebut terdapat masalah besar yang mengintainya. Ia terancam membuat dirinya sendiri kelaparan hingga meninggal.

Rebecca telah bertahan dengan hanya makan sup, roti bakar dan minuman energi selama empat tahun, tapi sembilan bulan lalu ia pernah dilarikan ke rumah sakit. Dia memiliki tingkat kalium sangat rendah dan denyut nadi sangat tinggi. 

4. Gadis anoreksia yang berjalan 12 jam sehari untuk menurunkan berat badan


Berat badan Lauren Bailey turun hingga 22 kg setelah berjalan kaki hingga 12 jam sehari. Berat badannya yang sangat kurus membuatnya harus dirawat selama 18 bulan di rumah sakit sebagai upaya terakhir mengatasi anoreksia.

5. Ibu yang mengalahkan anoreksia demi memiliki keturunan


Melihat tulang belulang yang menonjol di tubuh Hayley Wilde dengan berat badan hanya 31 kg, membuat dokter mengeluarkan diagnosis ia akan meninggal dalam waktu seminggu. Ia berjuang melawan anoreksia sejak usia 11 tahun. Setelah 8 tahun melawan anoreksia ia kembali bangkit dan berhasil melahirkan anak laki-laki. 

READ MORE - Selengkapnya

Melakukan Tes Kehamilan Dengan USB

Melakukan Tes Kehamilan Dengan USB


Melakukan tes kehamilan kini semakin mudah dan canggih. Alat tes kehamilan yang selama ini ada bahkan sudah dianggap usang. Yang terbaru adalah alat tes kehamilan berupa USB yang terhubung dengan komputer.

Cara kerjanya mirip dengan alat tes kehamilan yang selama ini mudah ditemui di toko obat. Hanya saya, stik yang digunakan untuk tes urin dapat dihubungkan ke USB port di komputer.
Teteskan sampel urin pada stik di salah satu ujung USB. Kemudian, tancapkan ujung lainnya ke USB port di komputer Anda. Selanjutnya, kecanggihan komputer akan menganalisa kandungan hormon dalam urin Anda. 

Setelah USB tertancap, komputer akan menganalisa urin Anda dengan memunculkan grafik mengenai kandungan Anda. Bahkan, alat ini juga dapat menganalisa waktu kesuburan, yang penting bagi perempuan yang ingin mempercepat atau menunda kehamilan.

Dengan tingkat keakuratan sekitar 99 persen, alat ini dijual seharga US$ 18 atau sekitar Rp 180.000
READ MORE - Selengkapnya

Seputar Tentang Fenomena Pareidolia

Seputar Tentang Fenomena Pareidolia



Pareidolia adalah suatu fenomena psikologis dimana otak mempersepsikan apa yang sedang kita saksikan dengan apa yang pernah kita lihat / alami sebelumnya. Pareidolia sering terjadi sehingga mengakibatkan timbulnya persepsi tentang kemunculan piring terbang, penampakan hantu, wajah / simbol gaib atau bahkan kejadian religius seperti pemunculan nama Allah, penampakan Bunda Maria atau penampakan wajah Yesus Kristus.

Salah satu fenomena pareidolia yang baru saja ramai dibahas adalah penampakan sosok Alien mirip Bigfoot di Planet Mars. Berikut fotonya :

Dalam foto yang diambil oleh wahana penjelajah NASA dan dirilis 4 tahun yang lalu itu, nampak sosok seekor makhluk yang mirip Bigfoot sedang berjalan di suatu bukit di planet Mars.

Padahal sosok tersebut sebenarnya hanyalah sebuah batu kecil yang jaraknya hanya beberapa yard dari kamera wahana penjelajah (badastronomy.com). Obyek tersebut memberikan persepsi makhluk hidup kepada otak kita, karena bentuknya yang memang kebetulan mirip dengan bentuk makhluk hidup yang selama ini sudah kita kenali. Foto tersebut juga sebenarnya sudah di-crop, sehingga lagi-lagi memberikan persepsi tentang keadaan di suatu bukit kepada otak kita. Padahal aslinya bukit-bukit itu adalah bebatuan yang berada di depan wahana Opportunity. Foto aslinya bisa dilihat di [disini], foto diatas adalah hasil cropping kecil dari gambar di posisi kiri-bawah-ujung foto asli. 

Fenomena pareidolia selanjutnya juga pernah menjadi hal yang amat menghebohkan, bahkan sempat menjadi tema sebuah film fiksi-ilmiah (Mission to Mars), yaitu Wajah di Mars. Pertama kali diambil oleh wahana Viking 1 dan dipublikasikan pada tahun 1976. Saat mengambil obyek itu (di wilayah Cydonia Mensae), Viking 1 kebetulan berada pada waktu yang tepat saat matahari menyinari Mars dari suatu sudut yang menjadikan bayangan yang tercipta pada bukit itu membentuk suatu wajah mirip manusia (humanoid). Coba bandingkan foto daerah tersebut yang diambil tahun 1976 dan yang diambil kemudian, saat matahari berada di sudut yang berbeda (Bintik-bintik pada foto sebelah kiri adalah kerusakan data).

Terlihat bedanya bukan? Jadi pada satu waktu, bukit itu memang kebetulan menampilkan bentuk yang mirip wajah manusia, tapi di waktu lain, daerah tersebut hanya menampilkan foto suatu bukit biasa. Yah, walaupun sudah terbukti hanya sebuah bukit biasa, tapi tetap ada yang kekeh berpendapat bahwa itu adalah suatu tanda keberadaan kehidupan di planet Mars
sumber - Seputar Tentang Fenomena Pareidolia
READ MORE - Selengkapnya

Huang Xiangji Si Nenek Yang Berkulit Kertas

Huang Xiangji Si Nenek Yang Berkulit Kertas


Menulis di kulit tubuh dengan pulpen itu sudah biasa. Tapi seorang perempuan yang mengidap penyakit kulit langka tinggal mencoret-coret kulitnya dengan kuku untuk membuat sebuah tulisan. seperti menjadi kertas dari kulit

Anda mungkin tidak percaya bila kulit tubuh bisa dijadikan sebagai media untuk menulis? Tapi kejadian tersebut benar-benar dialami seorang nenek yang bisa menulis di tubuhnya sendiri dengan menggunakan kuku. Seperti dilansir ChinaDaily, nenek Huang sudah mengalami kelainan kulit langka ini sejak kecil. Oleh tim medis nenek Huang diidentifikasikan menderita sindrom artificial urticaria yang merupakan kelainan kulit langka. 

Apapun yang dicoret di kulitnya dapat membekas termasuk kata-kata yang ditulisnya dengan lembut menggunakan kuku, sampai-sampai ia dijuluki ‘buku berjalan’. Tubuh nenek yang kini berusia 52 tahun ini dipenuhi dengan puisi dan catatan. 


“Kondisi ini sangat berguna karena saya bisa menggunakan tangan saya untuk menuliskan daftar belanjaan,” jelas Huang, nenek yang dijuluki ‘wanita kertas’, seperti dilansir Chinadaily. 

Seorang spesialis kulit di Chinese Medical Association mengaku terkejut melihat kondisi ini. Ia mengatakan bahwa nenek ini tidak mengalami efek yang buruk meskipun kondisi yang dialaminya sangat aneh.

“Saya mencoba menulis di kulitnya menggunakan jari, huruf-huruf itu kemudian menonjol dari kulitnya beberapa saat kemudian,” ujar Sandra Hsu, spesialis kulit dari Chinese Medical Association. 

Hsu mengatakan nenek Xiangji mengaku bahwa ia telah menggunakan tubuhnya sendiri sebagai buku selama bertahun-tahun. “Nenek itu bahkan tidak memerlukan pena dan kertas untuk menulis,” ungkap Hsu. 

Menurutnya, gangguan kulit urticaria memang sering terjadi, tetapi kondisi yang memungkinkan penderitanya dapat menulis di kulit sendiri sangatlah jarang. 

“Kondisi ini pada dasarnya adalah alergi, tetapi kondisi kulit yang menjadi begitu sensitif hingga dapat dijadikan buku berjalan sangatlah tidak biasa,” tambah Hsu.Sampai saat ini, belum ada data yang jelas yang menunjukkan jumlah pasien yang menderita kelainan kulit artificial urticaria.
sumber - Huang Xiangji Si Nenek Yang Berkulit Kertas
READ MORE - Selengkapnya

Gambar Proses Sperma Berkembang Menjadi Janin

Gambar Proses Sperma Berkembang Menjadi Janin
Spermatozoid atau sel sperma atau spermatozoa (berasal dari bahasa Yunani kuno: σπέρμα yang berarti benih, dan ζῷον yang berarti makhluk hidup) adalah sel dari sistem reproduksi laki-laki. Sel sperma akan membuahi ovum untuk membentuk zigot. Zigot adalah sebuah sel dengan kromosom lengkap yang akan berkembang menjadi embrio.


Sel sperma manusia adalah sel sistem reproduksi utama dari laki-laki. Sel sperma memiliki jenis kelamin laki-laki atau perempuan. Sel sperma manusia terdiri atas kepala yang berukuran 5 µm x 3 µm dan ekor sepanjang 50 µm. Sel sperma pertama kali diteliti oleh seorang murid dari Antonie van Leeuwenhoek tahun 1677.

Sperma berbentuk seperti kecebong, dan terbagi menjadi 3 bagian yaitu: kepala, leher dan ekor. Kepala berbentuk lonjong agak gepeng berisi inti (nucleus). Bagian leher menghubungkan kepala dengan bagian tengah. Sedangkan ekor berfungsi untuk bergerak maju, panjang ekor sekitar 10 kali bagian kepala.

Berbicara masalah sperma mungkin agak sedikit aneh ditelinga. namun hal ini akan menjadi terbiasa jika sahabat anehdidunia.blogspot.com sering mengikuti pelajaran biologi. di benak kita, seperti apa wujud sperma jika di zoom dan bagaimana proses perjalanan sperma menuju sel telur sehingga menjadi janin. sangat membuat penasaran. Disini akan kami perlihatkan foto proses sperma berkembang menjadi janin dengan gambar diperbesar yang sangat fantastik.


Sperma yang sekali dikeluarkan mengandung sekitar 300 juta sperma, tetapi biasanya, hanya satu sperma dapat melewati rintangan, untuk membuahi telur, yang pada akhirnya akan menjadi embrio. 

Foto sperma yang di zoom atau diperbesar


Gambar saat sperma yang mencoba memasuki telur


Dua sperma berusaha menembus cangkang telur, jika berhasil masuk keduanya kemungkinan akan jadi kembar.


Sebuah fragmen longitudinal dari sperma. Materi genetik yang tersimpan di kepala sperma




8 hari kemudian, sebuah kelahiran baru embrio diposisikan pada lokasi yang optimal, dan adsorpsi dalam mukosa


12 hari kemudian, embrio belum matang, tapi kita bisa melihat di dalam terdapat sel otak


24 hari kemudian, salah satu organ jantung mulai dengan degup pertamanya


Setelah 9 minggu, pertumbuhan pembuluh darah berbentuk V di daerah fusi tengkorak


Setelah 20 minggu, janin berukuran sekitar 20 cm. gambar yang sangat memukau.



Setelah 36 minggu, janin dibungkus erat oleh rahim. membahagiakan sekali.


Gambar akhir, 40 minggu, kehidupan baru. Sahabat anehdidunia.blogspot.com, sangat membahagiakan untuk kita semua jika memiliki anak dan tetap ingat bahwa Setiap kehidupan adalah titipan TUHAN, jagalah dengan baik. http://anehdidunia.blogspot.com


sumber - Gambar Proses Sperma Berkembang Menjadi Janin
READ MORE - Selengkapnya

Ganti Kelamin Termuda Di Dunia


seorang bocah laki-laki berusia 4 tahun berkata pada ibunya, "Mummy, Tuhan membuat kesalahan, saya benar-benar seorang perempuan". Lalu 12 tahun kemudian si bocah yang bernama Jackie Green sudah berganti kelamin menjadi remaja perempuan. Ia menjadi transeksual termuda di usia 16 tahun.


Transeksual adalah orang yang telah melakukan operasi ganti kelamin karena mengalami kekacauan identitas tentang jenis kelaminnya. Biasanya orang yang mengalami kegalauan identitas kelamin ini sudah pada tahap yang tidak bisa diobati dengan terapi.

Pertama kali Jackie ingin operasi ganti kelamin saat usianya 6 tahun. Jackie merasa diintimidasi teman-temannya dan sering mengalami bully yang mengerikan. Bahkan ia sudah 5 kali ingin melakukan bunuh diri dengan memotong kelaminnya sendiri. 

Namun saat itu dokter tidak menyetujui operasi ganti kelamin Jackie Green. Usianya dianggap terlalu anak-anak dan belum mampu membuat keputusan besar yang akan mempengaruhi kehidupannya ke depan. Dokter menyarankan agar Jackie dibiarkan tumbuh dulu. Tapi Jackie makin terisolasi. Dia sering diganggu di kelas dan mulai melarikan diri dari sekolah. Ia benci memotong pendek rambutnya dan mengenakan seragam laki-laki.

"Jackie sangat diintimidasi, dia membenci tubuhnya. Saya pernah menemukannya sedang terisak sambil memegang pisau. Ia mengancam akan memotong alat kelaminnya," kenang Susie. Jackie pernah mencoba bunuh diri hingga 5 kali dan Susie harus mengunci semua obat dan pisau untuk menghentikan niat Jackie bunuh diri. 

"Itu mengerikan. Bagaimana saya bisa melihat anakku melewati masa pubertas sementara ia menganggap tubuhnya sangat menjijikkan. Saya ingin dia tetap hidup," ujar ibunya, Susie dimana keluarga ini tinggal di Leeds, Inggris seperti dilansir Thesun.

Jackie mengalami gangguan stres pasca-traumatic karena bullying yang dilakukan teman-temannya. Dia mengakhiri pendidikan umum dan menghadiri sebuah unit belajar khusus untuk anak-anak dengan masalah kesehatan.

Lalu Susie membawa Jackie ke Norman Spack, dokter di Boston Children's Hospital, Amerika Serikat. Kliniknya memperlakukan anak-anak dengan isu-isu gender atau dysphoria gender, dengan obat yang dikenal sebagai pubertas blocker, yaitu suntikan bulanan yang menghentikan perubahan normal dari seorang anak laki-laki pada masa pubertas termasuk rambut wajah, suara pendalaman dan buah zakar.

Jackie juga diresepkan hormon estrogen sehingga ia mengembangkan payudara dan pinggul. Di hari ulang tahunnya yang ke-16 tahun, Susie menghadiahkan Jackie operasi ganti kelamin di Thailand, karena operasi tersebut tidak diizinkan dilakukan di Inggris sebelum usia 18 tahun.

Kini Jackie yang bernama asli Jack, menjadi transeksual termuda di dunia setelah menjalani 7 jam operasi di Thailand. Operasi yang menghabiskan biaya 13.500 poundsterling (sekitar Rp 191 juta) itu menjadikan Jackie sebagai transeksual termuda di dunia

"Saya sudah melalui 'neraka' untuk mendapatkan tempat saya sekarang tetapi sekarang saya ingin berbagi kisah untuk membuktikan bahwa saya tidak aneh. Saya hanya wanita muda biasa," ujar Jackie. Jackie kini menjalani hari-harinya sama seperti perempuan normal lainnya, meski begitu Jackie diketahui tidak akan bisa hamil karena ia tidak memiliki sel telur dan juga rahim.
Ganti Kelamin Termuda Di Dunia
READ MORE - Selengkapnya

CARA MENGHILANGKAN LEMAK DI WAJAH

HAL yang pertama kali dilihat orang dari diri kita tentunya adalah wajah. Baik mata, mulut, hidung atau seluruh wajah merupakan objek fokus. Karena itulah, pastinya kita ingin memiliki wajah yang terlihat sempurna.


Wajah ideal tak berarti harus kurus tirus atau chubby. Wajah dengan lemak yang tepat tentu akan membuat wajah menjadi luwes dan enak dilihat. Kita tentunya punya banyak cara untuk mengurangi lemak di tubuh, tapi bagaimana dengan wajah? Berikut beberapa cara untuk mengurangi lemak di wajah Anda seperti dikutip dari eHow.com:

1. Setop makan karbohidrat olahan dan gula. Makanan itu dapat menyebabkan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah. Alhasil wajah kita pun akan menjadi lebih chubby. Makanlah kacang-kacangan dan buah sebagai camilan.

2. Hindari meminum obat dari apotek untuk mengatasi rasa nyeri sehari-hari.Beberapa obat dapat menyebabkan retensi pada cairan wajah. Jika Anda dapat mengatasi rasa sakit sakit tenggorokan atau ketegangan otot tanpa obat, itu lebih baik untuk wajah. Penggunaan obat yang tepat dan aman memang tidak akan menyebabkan kerusakan jangka panjang untuk wajah. Maka itu, tetap gunakan obat yang telah diresepkan dokter Anda.

3. Kurangi asupan garam. Makan terlalu banyak garam dapat membuat retensi air yang menyebabkan pembengkakan. Batasi asupan natrium tinggi dari sup kalengan, keripik, atau makanan tinggi garam lainnya.

4. Minumlah banyak air. Percaya atau tidak, meminum 8 gelas air putih setiap hari membantu mengatasi retensi air dalam tubuh, terlebih wajah. 

READ MORE - Selengkapnya

ORAL SEKS SEBABKAN KANKER KEPALA DAN LEHER


Meningkatnya seks oral teryata tak selamanya membawa nikmat. Di AS, seks oral dikhawatirkan bisa menjadi penyebab kanker kepala dan leher. Pemicu utama kanker ini adalah virus human papillomavirus (HPV).

“Sepertinya ada keterkaitan cukup bagus dengan makin banyaknya aktivitas seksual, terutama seks oral, terkait dengan peningkatan infeksi HPV,” kata Dr Greg Hartig, profesor THT dan ahli bedah kepala dan leher pada Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Umum University of Wisconsin, di Madison.

Namun kanker amandel dan pangkal lidah naik selama dekade terakhir, katanya. Dan mereka adalah orang-orang yang lebih mungkin teruji positif terkena HPV.

“Hingga kini 60-70% dari semua kasus kanker amandel di AS, terkait HPV,” kata Lydiatt.

Sebuah studi di New England Journal of Medicine (2007) menemukan fakta bahwa orang-orang muda pengidap kanker kepala dan leher yang positif terinfeksi HPV secara oral, lebih cenderung memiliki banyak pasangan seks vaginal dan seks oral dalam kehidupan mereka.

Dalam studi itu terungkap bahwa seseorang yang memiliki enam atau lebih pasangan seks oral selama seumur hidup terkait dengan 3,4 kali risiko lebih tinggi terkena kanker orofaringeal – kanker pangkal lidah, tenggorokan belakang atau tonsil.

Praktik seks oral yang meluas di kalangan remaja dapat menjadi faktor yang berkontribusi dalam peningkatan kasus tersebut. Peneliti menyimpulkan bahwa seks oral ‘sangat terkait’ dengan kanker orofaringeal.

Dalam 90% kasus infeksi HPV dalam tubuh, sistem kekebalan tubuh secara alami membersihkan HPV dalam waktu dua tahun. Namun dalam beberapa kasus, beberapa jenis HPV dapat menyebabkan kanker serviks atau kanker orofaringeal.

“HPV cenderung berada dalam lokasi spesifik,” jelas Dr Amesh A. Adalja, instruktur tambahan dalam penyebaran penyakit menular di University of Pittsburgh Medical Center.

Dengan kata lain, HPV cenderung tinggal di mana pun saat pertama kali memasuki tubuh manusia, baik itu di vagina (yang dalam beberapa kasus dapat menyebabkan kanker leher rahim), atau mulut dan tenggorokan.

Begitu juga peningkatan kejadian ini berarti bahwa generasi baru melakukan hubungan seks lebih banyak dari kakek-nenek mereka.

“Baby Boomers - generasi 1970-an dan awal 1960-an – mungkin memiliki kebebasan lebih dalam hubungan seksual pada umumnya, termasuk seks oral,” tambah Dr Bert W. O’Malley, Jr, ketua Otorhinolaryngology – bedah kepala dan leher di University of Pennsylvania.

US Centers for Disease Control dan Prevention (CDC) melaporkan bahwa pada 2002, sekitar 90% laki-laki dan 88% perempuan berusia 25-44 tahun dilaporkan pernah melakukan seks oral dengan pasangan lawan jenis.

Angka ini sebanding dengan data pada 1992 yang menunjukkan bahwa sekitar tiga-perempat dari pria berusia 20-39 dan mendekati 70% wanita berusia 18-59, pernah memberikan dan menerima seks oral.

READ MORE - Selengkapnya

5 MANFAAT MINUM BIR UNTUK KESEHATAN

5 MANFAAT MINUM BIR UNTUK KESEHATAN
Bir mungkin lebih banyak mengundang kesan miring daripada lurus. Namun minuman alkohol ringan ini sebenarnya menyimpan manfaat untuk kesehatan.

Mengurangi Resiko Jantung
Sejumlah studi, diantaranya Institute of Epidemiology di University of Muenster, menemukan, bahwa meminum bir dalam jumlah moderat mengurangi resiko terkena penyakit jantung koroner.
Alasannya sederhana, alkohol dapat meningkatkan HDL, atau kolesterol baik yang berguna merawat jantung.

Kaya Vitamin
Berdasarkan penelitian TNO Nutrition and Food Research Institute, Jerman, peminum setia bir meningkatkan 30 persen kadar vitamin B6 lebih banyak dalam tubuh, dibanding mereka yang tidak minum bir, atau dua kali lebih banyak dari peminum anggur merah.

Menghindari Resiko Batu Ginjal
Lagi-lagi penelitian yang dimuat dalam American Journal of Epidemiology menyebutkan resiko orang paruh baya yang gemar minum bir terkena batu ginjal menurun sebanyak 40 persen, dibanding mereka yang tidak minum sama sekali.
Belum dapat ditemukan memang, komponen mana yang menyebabkan bir menjadi sakti untuk menangkal batu ginjal, tapi penemuan ini jelas menguntungkan.

Teman Baik Wanita Paruh Baya
Studi dari Harvard menemukan wanita paruh baya yang rajin mimun bir terbukti memiliki fungsi mental yang lebih baik, dan tulang lebih padat. Hal ini karena bir mengandung semacam zat yang mirip dengan esterogen, hormon wanita yang berkurang seiring usia.

Mencegah Kanker
Senyawa Xanthohumol dalam bir terbukti dapat menghambat sel kanker berkembang dalam tubuh. Karena itu konsumsi bir tidak berlebihan sama saja dengan memasukkan anti bodi kanker.
READ MORE - Selengkapnya

CEGAH TIMBULNYA RAMBUT BERUBAN DI USIA MUDA

Faktor usia bukan satu-satunya penyebab rambut berumban. Stres, kerusakan rambut, dan pola makan yang tidak sehat bisa berpengaruh pada kesehatan rambut. 

Tidak jarang, wanita yang masih terbilang muda rambutnya sudah beruban. Untuk mencegahnya, simak tipsnya berikut ini. 

1. Cegah Stres
Stres menjadi pemicu timbulnya uban pada rambut. Untuk mencegahnya stres, tenangkan diri Anda dengan melakukan relaksasi seperti yoga, melakukan kegiatan yang menyenangkan atau mandi air hangat. 

2. Stop Merokok
Merokok telah terbukti dapat memicu penuaan dini pada rambut, termasuk membuat rambut jadi lebih cepat beruban. Dengan berhenti merokok, maka sirkulasi darah akan lebih lancar yang juga berpengaruh pada kesehatan rambut keseluruhan. 

3. Kurangi Makanan Tertentu 
Kafein, alkohol, makanan pedas dan asam dapat membuat kulit kepala kering. Ketika bagian rambut dan kulit kepala tidak terjaga kelembabannya maka bisa timbul uban. 

4. Makanan yang Mengandung Tembaga
Terkadang uban timbul karena kurangnya tembaga dalam tubuh. Anda bisa mendapatkan tembaga dari makanan seperti lobak, ubi, bayam, daging serya nanas, delima dan kacang almond. 

5. Makan Mengandung B12
Kekurangan makanan yang mengandung B12 dapat memicu timbulnya uban pada rambut. Untuk itu Anda harus banyak makan makanan yang mengandung B12 seperti telur, kepiting, salmon, ikan dan hati.
READ MORE - Selengkapnya

BANGUN PAGI LEBIH AWAL KUNCI ANDA BEBAS STRES

Masih sering terlambat kantor karena bangun terlalu siang? Penelitian mengatakan, mereka yang sering terlambat lebih potensial terhadap stres. Dan mereka yang bangun lebih awal mendapatkan fisik yang lebih sehat. Dan juga lebih bahagia.


Seperti dilansir dari Genius Beauty, para ilmuwan dari Universitas Toronto telah melakukan penelitian untuk menentukan siapa yang lebih bahagia di antara mereka yang bangun pagi dan bangun terlambat. Studi ini melibatkan 735 relawan dengan 435 orang berusia 17-38 tahun dan 300 orang berusia 59-79 tahun.

Pengamatan dari dua kelompok tersebut menunjukkan bahwa mereka yang tidur dan bangun terlambat lebih cenderung merasakan stres dibandingkan yang bangun di pagi hari. Hal ini berhubungan dengan cara mereka beradaptasi dengan cara hidup konvensional dan sistem kerja 8 jam.

Sementara itu, mereka yang bangun pagi merasa lebih bahagia dan tenang. Mereka merasa lebih mudah untuk beradaptasi dengan sistem kerja tersebut. Fungsi kekebalan tubuh mereka pun menjadi lebih baik. 

Terutama pada orang usia lanjut. Para peneliti menyarankan mereka untuk bangun lebih pagi agar mendapatkan efek bahagia setelahnya, tidak stres, dan lebih semangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari. 
READ MORE - Selengkapnya

TEPUK ATAS DADA BIKIN Agar Makin BERENERGI

Siang hari, biasanya level energi akan makin menurun. Rasa kantuk dan jenuh bekerja membuat Anda jadi tak bersemangat. Jangan biarkan tubuh dalam kondisi ini. 

Banyak cara untuk mengembalikan energi. Tak perlu minum minuman berenergi atau mengkonsumsi suplemen. Lakukan saja tiga cara mudah ini. 

Tepuk kelenjar timus
"Letak kelanjar timus berada di atas dada, di antara tulang dada dan berada di antara payudara. Dengan memberikan tepukan ringan dapat meningkatkan produksi sel T, meningkatkan energi dan meredakan stres," kata Marian Buck-Murray, praktisi Emotional Freedom Technique (EFT), dikutip dari Shape.

Untuk mendapatkan energi secara instan, tepuk area kelenjar timus dengan jari selama 20 detik. Lakukan tepukan sambil tarik dan buang napas secara perlahan. 
Berdiri
Berjam-jam duduk dan menunduk menatap layar komputer, efeknya adalah pegal di pinggang dan kelelahan. Cara paling mudah menghilangkannya, menurut Moshe Lewis M.D, kepala departemen terapi fisik California Pacific Medical Center, adalah berdiri.

"Jangan duduk terlalu lama. Pembuluh darah akan cenderung tidak aktif secara alami jika tak ada aktivitas. Ini akan menurunkan level energi dan membuat tubuh lelah," kata Lewis. 

Berdiri dan duduk selama sekitar lima menit untuk mengaktifkan jantung dan otot. Cara ini juga bisa membuat Anda lebih produktif dan meredakan lelah. 

Berikan 'liburan' untuk otak
Saat Anda harus berkutat dengan banyak pekerjaan di depan komputer, perbanyak mengedip. Cara ini seperti memberikan 'liburan' untuk otak, mengistirahatkannya sejenak agar bisa kembali bekerja maksimal.

"Saat membaca, menonton usahakan mengedip 10 hingga 20 kali per menit. Ini untuk mengurangi kelelahan serta mengembalikan energi dan fokus," kata dr. Douglas N. Graham, penulis buku The 80/10/10 Diet.

READ MORE - Selengkapnya

GEN PENENTU UKURAN PAYUDARA WANITA


Selama ini kita mungkin sering mendengar ukuran payudara terkait faktor genetik. Dan lewat sebuah studi, tim peneliti berhasil mengidentifikasi tujuh penanda genetik terkait ukuran payudara wanita. 

Dikutip Fox News, ini merupakan studi pertama yang menemukan faktor genetik tertentu yang menjawab perbedaan ukuran payudara antarwanita secara ilmiah. 

Dari tujuh penanda itu, dua di antaranya telah terindentifikasi dalam penelitian sebelumnya yang dikaitkan dengan risiko kanker payudara. Di mana pemilik ukuran payudara besar memiliki risiko kanker payudara lebih tinggi dibandingkan pemilik ukuran payudara kecil. 

Meski menunjukkan jalur biologis yang sama dengan penelitian terdahulu, penelitian kali ini belum bisa menunjukkan bukti-bukti kuat yang memperlihatkan efek langsung pertumbuhan ukuran payudara terhadap tingkat risiko kanker. 

"Tapi, studi ini mungkin berkontribusi memberi pemahaman lebih baik tentang pengaruh struktur payudara terhadap risiko kanker payudara," kata Nicholas Eriksson dari 23andMe, perusahaan pengujian genetik yang melakukan penelitian itu. 

Dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal BMC Medical Genetics tersebut, Eriksson dan tim menganalisis informasi dari 16.175 wanita Eropa. Mulai dari ukuran cup bra hingga ukuran lingkar dada tali bra, untuk mengetahui informasi genetik mereka. 
READ MORE - Selengkapnya

Asal Usul Unik dari Makanan

Asal Usul Unik dari Makanan
Sesuatu yang direncanakan dapat berakhir menjadi ketidaksempurnaan, tetapi juga bisa menjadi lezat dan idaman. Tahukah Anda jika brownies, es krim, keripik kentang, dan kopi diciptakan secara tak sengaja alias kebetulan?

Berikut beberapa makanan yang tercipta melalui proses kecelakaan dan kini menjadi makanan yang digemari sepanjang masa.

Chocolate chips cookies
Ruth Wakefield, seorang pemiliki penginapan House Inn di Wakafield, Massachusetts, mencoba menjamu tamunya dengan kue cokelat. Sayangnya, cokelat chip yang ditaburkan di atas kuenya tidak meleleh dengan sempurna. Tapi siapa sangka jika kue kering gagal ini menjadi cemilan favorit di seluruh dunia.


Es krim
Pada tahun 1905, anak kecil yang bernama Frank Epperson lupa membawa masuk minuman sodanya ke dalam rumah pada saat musim dingin. Esok harinya ia memasukan tongkat kecil ke dalam gelasnya yang telah membeku, kemudian ia menarik dan mencicipinya. Di sinilah ia menemukan ide untuk membuat es krim. Es ini diberi nama es loly pop.

Keripik kentang
Pada tahun 1853, koki George Crum kesal dengan salah satu orang pelanggannya yang secara terus menerus mengembalikan kentang goreng buatannya dengan alasan kurang renyah. Selanjutnya Crum mengiris kentang tersebut menjadi tipis dan menggorengnya, kemudian membubuhi garam di atasnya. Kentang ini pun menjadi cemilan yang fenomena di New England dan di sebut 'Saratoga Chips' sesuai dengan nama kotanya.

Para pengembala kambing di daerah Ethopia melihat ternak mereka lebih lincah setelah mengunyah biji-bijian yang menyerupai buah beri merah. Rasa penasaran membuat penggembala ini ikut mencobanya, rasa pahit dari biji-bijan ini ternyata mampu menimbulkan sensasi kenikmatan terutama pada saat menghirup aromanya.

Brownies
Berawal dari seorang pemuda yang berniat menjual kue cokelat karena lupa memasukan baking powder membuat kue itu menjadi bantet. Tekstur kue cokelat yang harusnya lembut dan mengembang menjadi padat dan agak basah. Tapi siapa sangka kalau kue ini juga menjadi kue idaman semua orang.
Sumber : Vivanews
READ MORE - Selengkapnya

Pengobatan Ambeien dengan Jawer Kotok


Pengobatan Ambeien dengan Jawer Kotok

Tanaman ini tumbuh subur di pekarangan rumah di perkampungan/ pedesaan walaupun tanpa perawatan berarti. Tanpa dipupuk, tanpa dipelihara dan bahkan tanpa disiram sekalipun. Tanaman ini sebagai penghias halaman rumah yang kesannya seolah-olah tanaman ini merupakan tanaman liar. Kadang tanaman ini juga ditanam untuk pembatas kebun dengan kebon tetangga. Jawer kotok tumbuh beraneka warna jenisnya.

Ada yang daunnya berwarna hijau, ada yang daunnya berwarna kuning, dan ada yang daunnya berwarna merah kecoklatan. Tanaman ini dapat tumbuh dengan ketinggian mencapai 80 cm. Karena warna daunnya yang beraneka warna, tanaman ini sering dipakai oleh anak-anak pedesaan untuk bermain pasar-pasaran (jualan), dan dengan variasi permainan yang bermacam-macam.

Pengobatan Ambeien dengan Jawer Kotok

Di kalangan masyarakat pedesaan tanaman ini sudah tidak asing lagi, karena di samping mudah tumbuh ternyata tanaman ini mempunyai khasiat untuk menyembuhkan penyakit wasir atau ada yang menyebutnya ambeien (hemoroid), yang masih pada tingkatan rendah. Istilah hemoroid sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu haima (darah) dan rheein (mengalir). Secara empiris pengobatan wasir dengan menggunakan ramuan tradisional telah terbukti dapat mengurangi siksaan terhadap penderitanya.

Pengobatan Ambeien dengan Jawer Kotok

Jawer Kotok termasuk salah satu jenis tanaman yang diakui berkhasiat sebagai obat wasir. Jenis tanaman lainnya adalah daun wungu, pegagan dan kangkung. Namun yang paling popular diantara beberapa tanaman tersebut adalah Jawer Kotok dan Daun Wungu. Memang tidak semua jenis Jawer Kotok berkhasiat untuk mengobati wasir. Hanya Jawer Kotok dengan daun yang berwarna coklat kemerahan saja yang diyakini berkhasiat untuk mengobati wasir.

Daun jawer kotok mengandung zat mineral, minyak terbang, dan zat pati. Di samping itu Jawer Kotok jenis ini mengandung senyawa thymol, karvakrol, eugenol, metileugenol dan etil salisiat. Thymol bersifat mematikan cacing (antelmintik) dan juga bersifat antiseptic. Karvakrol sebagai senyawa yang bersifat disinfektan antifungal dan antelmintik. Eugenol dapat menghilangkan rasa nyeri atau bersifat analgenik. Sedangkan etilsalisilat mampu meniadakan iritasi. Kandungan sifat-sifat itulah yang menjadikan Jawer Kotok mampu mengatasi wasir yang belum terlanjur besar.

Penggunaan Jawer Kotok untuk mengobati wasir sangatlah mudah.

Ambil 12 lembar daun dan cuci sampai bersih. Setelah itu tambahkan 2 gelas air dan rebus 12 lembar daun tersebut sampai mendidih beberapa saat, sampai airnya tersisa kira-kira 1 gelas, dan siap diminum sebagai obat untuk sekali minum (tentunya tunggu sampai tidak terlalu panas untuk diminum). Miinum rebusan Jawer Kotok ini dianjurkan sehari sekali secara teratur, sampai selama beberapa hari (sampai ganjalan di “kutub selatan” terasa hilang).
READ MORE - Selengkapnya

Cara Bayi Belajar Bahasa

Cara Bayi Belajar Bahasa



Tahukah Anda bagaimana bayi mengembangkan kemampuan bahasa? Studi terbaru menyebut, bayi tidak hanya memelajari kata-kata dari suara yang mereka dengar, tetapi juga membaca gerakan bibir. 

Ini terjadi selama tahap ketika bayi mulai suka mengoceh tidak jelas dan secara bertahap berubah suku kata dan menjadi kata-kata pertama mereka seperti 'ayah' dan 'ibu'. 

Ilmuwan Florida menemukan dimulai sekitar usia 6 bulan, bayi mulai bergeser dari memandang mata menjadi memandang mulut saat seseorang berbicara dengan mereka.

"Untuk meniru Anda, bayi mencari cara untuk membentuk bibir sama seperti yang mereka lihat untuk menghasilkan suara tertentu yang mereka dengar." jelas psikolog David Lewkowicz dari Florida Atlantic University, pemimpin studi.

Menurutnya, hal itu adalah sesuatu yang sangat kompleks. Namun tak butuh waktu lama bagi bayi untuk menyerap gerakan yang sesuai dengan suara dasar. Saat ulang tahun pertama, pandangan bayi akan mulai kembali beralih ke mata kecuali mereka mendengar suara asing dari bahasa asing. Kemudian, mereka tetap dengan bibir-membaca sedikit lebih lama.

"Ini adalah temuan yang cukup menarik," kata profesor psikologi Bob McMurray dari Universitas Iowa. "Bayi tahu apa yang perlu mereka ketahui, dan mereka dapat memfokuskan perhatian mereka pada apa yang penting pada titik dalam pertumbuhan," katanya seperti dimuat dalam Foxnews.

Penelitian terbaru dalam jurnal Proceeding National Academy of Sciences menawarkan temuan penting bahwa bercakap-cakap dengan bayi lebih penting daripada sekedar memutar DVD di hadapan mereka. 

Namun dari hasil analisisnya, Lewkowicz berteori bahwa anak-anak yang berisiko autisme kemungkinan mengembangkan sesuatu yang berbeda dengan anak-anak pada umumnya.
READ MORE - Selengkapnya

Waspada, Gejala Pikun Bisa Muncul Di Usia 45 Tahun

Waspada, Gejala Pikun Bisa Muncul Di Usia 45 Tahun


Tidak perlu menunggu tua untuk kena penyakit alzheimer. Penyakit yang punya ciri umum kepikunan (demensia) ini sekarang bukan dominasi orang berusia 60 tahun ke atas saja. Usia 45 tahun, sekarang berpotensi mengalami demensia sejak dini. Inilah menurut studi terbaru dari Pusat Penelitian Epidemiologi dan Kesehatan Penduduk di Perancis dan University College di London. 

Archana Singh Manoux, pemimpian penelitian, mengatakan, saat dilakukan tes sederhana pada pria dan wanita berusia 45-49 tahun, mereka mengalami penurunan dalam melakukan penalaran mental. Untuk usia yang lebih tua, terjadi penurunan kognitif yang lebih besar.

“Ini tidak terjadi dengan tiba-tiba ketika Anda menjadi tua. Variabel (penyebab demensia) itu sudah ada jauh lebih awal,” kata Singh Manoux, seperti dikutip Reuters Health.

Penelitian tersebut melibatkan 7 ribu pekerja di pemerintahan Inggris yang dilakukan studi selama 10 tahun. Hasilnya, pria dan wanita usia 45-49 tahun mengalami penurunan penalaran mental 3,6 persen. Usia 65-70, untuk pria 9,6 persen dan wanita 7,4 persen. Tes dilakukan untuk uji ingatan, kosakata, dan ketrampilan memahami aural dan visual.

Dari sini Singh Manoux berkesimpulan, usia terendah yaitu 45 tahun sudah mengalami sedikit gejala penurunan mental. Oleh karena itu, ada kecenderungan di zaman modern ini demensia bisa dimulai lebih dini.

Gaya hidup tidak sehat dituding sebagai penyebabnya. Obesitas, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan merokok menjadi pemicu alzheimer dan demensia vaskular yang menyerang pembuluh darah di otak dan sel-sel otak.
READ MORE - Selengkapnya

Minum kopi dapat mengurangi resiko kanker rahim

Minum kopi dapat mengurangi resiko kanker rahim

Minum kopi ternyata tidak hanya akan membuat Anda tetap semangat dalam beraktivitas. Khusus bagi anda para wanita, kopi bisa jadi mendatangkan keistimewaan yang sangat besar bagi kesehatan organ reproduksi.

Sebuah riset ilmuwan Jepang belum lama ini mengindikasikan bahwa kebiasaan minum kopi dapat menjauhkan wanita dari kanker yang sangat menakutkan yakni kanker rahim. Dengan meminum kopi secara teratur, risiko perempuan tercatat lebih rendah mengalami kanker yang mematikan ini.

Riset yang digagas Kementrian Kesehatan Jepang ini dilakukan dengan memantau sekitar 54.000 wanita berusia 40 hingga 69 selama sekitar 15 tahun. Para ahli dari Pusat Kanker Nasional Jepang membagi para wanita menjadi empat kelompok berdasarkan tingkat konsumsi kopi. Selama penelitian berlangsung, tercatat sekitar 117 wanita positif mengalami kanker rahim.

Hasil penelitian menemukan, kelompok wanita yang minum kopi lebih dari tiga cangkir sehari tercatat berisiko 60 persen lebih kecil mengidap kanker rahim dibandingkan mereka yang meminum kopi kurang dari dua kali dalam seminggu.

Kopi dapat menimbulkan pengaruh menekan kadar insulin, sehingga mungkin dapat menekan risiko mengidap kanker rahim

Selain meneliti konsumsi kopi, tim peneliti juga menelaah efek teh hijau terhadap kanker rahim . Tetapi mereka tidak menemukan hubungan antara teh hijau dengan penurunan risiko kanker rahim.

Kanker leher rahim adalah kanker yang terjadi pada lapisan endometrium (servik uterus), yaitu suatu daerah pada organ reproduksi wanita yang merupakan pintu masuk ke arah rahim yang terletak antara rahim (uterus) dengan liang senggama

Kanker rahim biasanya terjadi setelah masa menopause, paling sering menyerang wanita berusia 50-60 tahun. Tetapi kanker leher rahim dapat juga menyerang wanita berumur 20 sampai 30 tahun. Untuk pasien yang lebih tua, mereka lebih berpeluang meninggal akibat penyakit ini, dikarenakan penyakit mereka stadiumnya lebih tinggi.
READ MORE - Selengkapnya

Cegah Radang Paru-paru Dengan Menggosok Gigi

Cegah Radang Paru-paru Dengan Menggosok Gigi


Menggosok gigi secara rutin tidak hanya dapat menjaga kesehatan gigi, tapi juga mengurangi resiko pneumonia atau radang paru-paru. 

MENGGOSOK gigi secara rutin tidak hanya dapat menjaga kesehatan gigi, tapi juga mengurangi resiko pneumonia atau radang paru-paru.

Para peneliti dari Yale University School of Medicine menemukan bakteri dalam mulut dapat memicu radang di area paru-paru.

Setiap bulannya, para peneliti mengamati kondisi 37 pasien setiap bulannya. Hasilnya pasien yang mengidap radang paru-paru diketahui memiliki tumpukan bakteri di dalam mulutnya.

Para dokter gigi di British Dental Foundation meyakini infeksi di bagian pernapasan disebabkan karena bakteri di mulut ikut terhisap saat bernapas dan jatuh di bagian paru-paru.
Inilah yang menyebabkan orang-orang yang jarang menggosok gigi dan memiliki gigi bolong beresiko mengidap pneumonia. Resiko ini semakin meningkat di musim dingin atau musim penghujan.

“Selama musim dingin, setiap orang rentan mengidap flu, batuk, dan terkena virus di bagian dada karena suhu yang menurun,” tutur Nigel Carter dari British Dental Health Foundation.
“Tindakan pencegahannya sangat mudah. Menjaga kesehatan gigi dan mulut dapat membuat Anda kebal dari penyakit,”
READ MORE - Selengkapnya

7 Manfaat Berkeringat Bagi Tubuh Kita

7 Manfaat Berkeringat Bagi Tubuh Kita


Meski keringat sering dikaitkan dengan sesuatu yang jorok, namun sebenarnya berkeringat itu menyehatkan. Apalagi keringat sendiri pada dasarnya tidak berbau. Ia akan menjadi masalah jika sudah bercampur dengan bakteri yang menumpuk di kulit ketiak. Simak 7 manfaat sehat dari keringat berikut ini.


1. Mendinginkan tubuh

Berkeringat merupakan mekanisme alami tubuh untuk mengatur temperatur yang meningkat saat kita beraktivitas atau kepanasan. "Keringat yang keluar akan membantu tubuh menyingkirkan panas sehingga kita tidak akan kepanasan," kata Adam Friedman, dermatologi dan ahli bedah kosmetik dari Montefiore Medical Center, AS.

Karena pentingnya fungsi keringat, maka jika kita tidak bisa berkeringat akan membahayakan nyawa. "Ada kondisi yang disebut ectodermal dysplasia yang membuat seseorang tidak bisa berkeringat," kata Joel Schlessinger, ahli dermatologi.

Orang yang menderita kondisi ectodermal dysplasia dilarang berolahraga karena mereka akan kepanasan yang bisa berdampak buruk bagi jantung dan fungsi tubuh lainnya. Jadi, bersyukurlah bisa berkeringat.


2. Mencerahkan wajah

Peluh yang bercucuran di wajah bukan cuma mendinginkan tubuh tapi juga berefek pada kebersihan kulit wajah. Menurut Schlessinger, keringat di wajah akan mengurangi kotoran yang menyumbat pori-pori. Hal ini juga akan mencegah jerawat.

Anda juga bisa melakukan "olahraga palsu" untuk memicu keringat dengan cara memanaskan wajah. Caranya, dekatkan wajah ke uap air panas selama tiga menit. "Menguapkan wajah merupakan salah satu cara membersihkan kulit wajah. Setelahnya jangan lupa membersihkan wajah karena keringat yang tidak dihapus bisa menyebabkan pori tersumbat lagi," katanya.


3. Menyehatkan sirkulasi

Ketika kita berkeringat, detak jantung akan menjadi cepat dan sirkulasi meningkat, terutama di sekitar kulit. "Dasar kelenjar keringat terletak di lapisan bawah kulit yang lokasinya sangat dekat dengan pembuluh darah kecil," kata Kara Rogers, editor biomedical Encylopaedia Britannica.

Ia menambahkan, ketika kelenjar keringat melebar, aliran darah ke kulit akan meningkat sehingga memacu sistem sirkulasi.


4. Melawan infeksi

Berkeringat ternyata sangat efektif melawan bakteri Staphylococcus aureus yang resisten pada antibiotik. Selain itu berkeringat juga akan akan mengurangi bakteri dan jamur berbahaya di kulit.

Menurut Friedman, dalam cairan keringat terkandung nitrit, yang akan diubah menjadi asam nitrit saat mencapai permukaan kulit, gas yang mengandung antibakteri dan antijamur. "Keringat juga mengandung antibiotik alami yang disebut Dermicidin yang bisa membunuh bakteri," katanya.


5. Membuang racun

Penelitian menunjukkan keringat mengandung berbagai komponen, termasuk metal beracun dalam jumlah kecil. Karena itu berkeringat sering disebut juga sebagai detoksikan. Dengan jumlah kelenjar keringat sampai 5 juta di kulit manusia, tak heran jika berkeringat merupakan mekanisme pembuangan racun dari tubuh.

"Toksin yang dibuang lewat keringat biasanya adalah toksin yang berada jauh di bawah kulit. Mereka keluar melalui pori bersama dengan debu dan minyak yang terperangkap. Proses pembersihan ini akan meningkatkan sistem imun dan membantu tubuh melawan flu," kata Rogers.


6. Menyembuhkan

Tahukah Anda mengapa kita berkeringat saat sedang demam? Berkeringat merupakan cara tubuh untuk membangunkan sistem imun agar melawan pa****n yang membuat kita sakit. "Pengeluaran keringat merupakan cara tubuh menyembuhkan dirinya sendiri," kata Christian Nix, ahli pengobatan tradisional Cina.

Mekanisme yang sama terjadi saat kita berolahraga atau berada di tempat panas. Selain merangsang metabolisme untuk menjaga berat badan, karena tubuh akan membakar kalori lebih banyak tapi juga hal ini akan merangsang sistem imun.


7. Mengurangi asma

Jika keringat yang keluar dari tubuh Anda setelah berolahraga sangat banyak, maka risiko Anda menderita asma lebih rendah. Demikian kesimpulan penelitian yang dilakukan tim dari University of Michigan.

Meski belum jelas benar kaitan antara keringat dan asma, namun para peneliti mengungkapkan pengaturan keringat di dalam tubuh juga terkait dengan pengaturan jumlah air yang dikeluarkan melalui saluran napas. Dengan kata lain, orang yang jarang berkeringat pada umumnya memiliki saluran napas lebih kering sehingga lebih rentan menderita asma.
READ MORE - Selengkapnya

Alasan Kita Perlu Memakai Bantal Saat Tidur

Alasan Kita Perlu Memakai Bantal Saat Tidur


Salah satu alasan utama kita menggunakan bantal ada hubungannya dengan hubungan yang rumit antara kepala, leher, dan tulang punggung. Ketika seseorang berjalan tegak pada siang hari, kepala dan leher yang berada di jajaran vertikal di atas tulang belakang dengan pengaturan yang kompleks otot dan tendon. Namun, Selama tidur, banyak dari otot-otot ini yang santai, menyebabkan kepala jatuh ke belakang atau ke depan. Ini m
enempatkan tambahan tekanan pada otot leher dan tulang belakang, yang pada gilirannya memicu kekakuan pada otot punggung dan tulang belakang.

Solusi untuk situasi menyakitkan ini adalah untuk mengangkat kepala dan leher sampai mereka kembali sesuai dengan tulang belakang, terlepas dari posisi tidur. Cara termudah untuk mencapai keselarasan didukung ini adalah dengan menggunakan bantal hingga sudut yang tepat akan tercapai. Ketika kepala, leher, dan tulang punggung kembali selaras, seseorang harus dapat bernapas lebih mudah dan telah meningkatkan sirkulasi.

Ada beberapa bentuk bantal yang berbeda, semuanya dirancang untuk mengatasi masalah penyelarasan yang berbeda. Sebuah bantal ortopedi yang kebanyakan untuk tidur di malam hari digunakan untuk menjaga agar kepala, tulang belakang, dan lutut didukung dalam posisi tidur yang nyaman. Beberapa orang menggunakan bantal di antara lutut atau paha mereka untuk memberikan dukungan bagi punggung bagian bawah dan pinggul. Sebuah bantal lumbal juga dapat mengisi kesenjangan antara punggung bawah dan kursi atau kasur.

Secara historis, bantal kain pertama dinikmati hampir secara eksklusif oleh keluarga kerajaan dan warga negara kaya lainnya. Warga kelas bawah dan petani mungkin memiliki dasar gaya bantal dari jerami, tetapi kemungkinan besar mereka menggunakan senjata mereka sendiri untuk memberikan dukungan sementara mereka tidur. Meluasnya penggunaan bantal itu tidak mungkin sampai Revolusi Industri membuat produksi grosir kain realitas yang terjangkau.

Budaya kuno tertentu tidak menggunakan bantal terbuat dari kain lembut dan isinya, namun. Bantal sering diukir dari blok keras batu atau kayu, yang tidak tidur menjaga kepala dan tulang belakang sejajar tapi kenyamanan tidak bisa mengklaim sebagai salah satu keuntungan. Syukurlah, di jaman modern ini tersedia bantal empuk dengan busa karet, busa memori terapeutik, atau soba hulls. Triknya adalah untuk menemukan jumlah yang tepat untuk mencapai kesejajaran yang ideal untuk tidur malam nyaman.
READ MORE - Selengkapnya

Sejak Kapan Manusia Punya Sidik Jari?

Sejak Kapan Manusia Punya Sidik Jari?


Sidik jari merupakan identitas dari setiap orang yang cirinya berbeda-beda. Karena tidak ada orang yang memiliki sidik jari sama membuat identitas orang jadi unik. Sejak kapan sidik jari manusia terbentuk? 

Ternyata sidik jari merupakan perwujudan dari bahasa rahim yang terbentuk sejak janin berusia 6 bulan. Saat usia tersebut janin sudah punya ciri khas di ujung jarinya. 

Dikutip dari Livestrong, perkembangan bantalan pada jari dan telapak janin menandai ambang batas dari pengembangan sidik jari. Kondisi ini terjadi selama bulan kedua dan ketiga kehamilan, yang mana saat jari-jari sedang berkembang di dalam rahim.

The Scottish Police Services Authority (SPSA) menyatakan secara keseluruhan rata-rata pertumbuhan janin dan penempatan bantalan jari membantu menentukan bentuk lekukan di kulit yang menjadi identitas berbeda dari setiap orang.

Pada bulan ketiga dan keempat kehamilan ditemukan kulit janin mulai berubah dari transparansi tipis ke lapisan lilin. Selama masa ini, lapisan tengah kulit yang disebut dengan lapisan basal mulai menumbuhkan lapisan dermis bagian dalam dan lapisan epidermis kulit.

Peneliti dari University of Arizona, Michael Kucken dan Alan Newall percaya bahwa lekukan dan lipatan dari lapisan kulit ikut bertanggung jawab terhadap perkembangan sidik jari.

Identifikasi pertama yang terjadi pada kulit janin adalah punggungan, yaitu garis samar pada ujung jari yang menciptakan dasar dari sidik jari.

Dr Michael Roizen dari Clevelend Clinic menuturkan sentuhan janin terhadap struktur, posisi di rahim dan kepadatan cairan ketuban di dalam rahim turut menentukan bagaimana punggungan terbentuk.

Tingkat aktivitas dan kekacauan janin di dalam rahim menjadi pencegah perkembangan sidik jari yang sama pada setiap bayi.

Pada saat janin berusia 6 bulan, maka sidik jari tangan dan kaki sudah berkembang sepenuhnya. Pada setiap ujung jari janin terbentuk tiga pola utama yang dikategorikan sebagai lengkungan, lingkaran dan putaran, dengan berbagai pola diantaranya.

Menurut SPSA, pola yang ditemukan dari sidik jari ini dibagi menjadi dua karakteristik, yaitu akhir punggungan dan bifurkasi.

Hal ini karena urutan akhir punggungan dan karakter bifurkasi berbeda di setiap sidik jari. Dan karakteristik ini bisa dihubungkan sebagai peta genetik terhadap kecenderungan penyakit tertentu.
READ MORE - Selengkapnya

7 Kebiasaan di Rumah yang Bisa Bikin Sakit

7 Kebiasaan di Rumah yang Bisa Bikin Sakit


Penyakit memang bisa datang darimana saja. Tapi tanpa disadari kebiasaan yang dilakukan sehari-hari bisa menjadi pemicu datangnya penyakit. Kebiasaan apa saja itu?

Rumah merupakan tempat seseorang melakukan segala macam aktivitasnya dan beristirahat. Tapi hal-hal yang dilakukan sehari-hari di rumah ternyata bisa menjadi pemicu seseorang sakit.

Untuk itu ketahui kebiasaan yang dilakukan sehari-hari dan bisa menyebabkan sakit, seperti dikutip dari Lifemojo, yaitu:

1. Jarang mengganti sponge (spons) untuk mencuci piring
Sponge adalah alat yang digunakan untuk mencuci piring, gelas atau peralatan lainnya di dapur. Karena digunakan untuk menggosok benda-benda yang kotor, maka sponge menjadi tempat berkumpulnya mikroorganisme seperti bakteri. Jika seseorang jarang menggantinya, maka sponge bisa menjadi alat yang menyebabkan infeksi.

2. Jarang mengganti seprai dan sarung bantal
Setiap hari sel-sel kulit mati dan mengeluarkan keringat bahkan saat tidak melakukan apa-apa termasuk ketika tidur. Karenanya sel-sel kulit mati dan bakteri dari keringat ini bisa menempel dan terakumulasi dalam kasur serta bantal sehingga memicu infeksi dan gangguan pernapasan. Untuk itu gantilah seprai, sarung bantal dan bersihkan kasur secara teratur.

3. Terlalu sering membakar daging
Membakar atau memanggang daging biasanya menggunakan suhu tinggi yang menghasilkan senyawa hidrokarbon aromatik polisiklik dan amina heterosiklik (HCA) yang bisa memicu kanker.

4. Tidak membersihkan AC
Bagian dalam AC bisa menjadi tempat yang optimal untuk berbagai jenis jamur dan mikroba berkembang biak. Hal ini karena daerah tersebut lembab dan lingkungan yang hangat. Terkadang saat AC memutar maka spora bisa menyebar ke atmosfer, karenanya AC harus dibersihkan secara teratur.

5. Tidak memeriksa tanggal kadaluarsa
Setiap kali membeli barang, hal pertama yang seharusnya dilakukan adalah memeriksa tanggal kadaluarsa, tapi sayangnya banyak orang yang tidak peduli dengan hal itu. Padahal makanan atau minuman yang sudah kadaluarsa bisa menyebabkan keracunan dengan gejala mual, diare dan muntah.

6. Tidak memandikan hewan peliharaan
Hewan peliharaan sama seperti makhluk hidup lain yang perlu dibersihkan agar terbebas dari kutu dan parasit lainnya. Untuk itu mandikanlah hewan peliharaan secara teratur untuk menghindari dari penyakit apapun yang bisa menular ke manusia.

7. Menonton televisi
Hal yang selalu dilakukan saat menonton televisi adalah mengemil makanan asin, kalori tinggi dan berlemak. Hal ini merupakan kombinasi yang tidak sehat dan bisa memicu obesitas sehingga menjadi faktor risiko untuk banyak penyakit.Semoga menambah wawasan kita semua
READ MORE - Selengkapnya

Awas! Kaki Tak Bisa Diam Pertanda Jantung Bermasalah


Jangan anggap remeh jika memiliki kaki yang tak bisa diam, selalu ingin bergerak ke sana ke mari atau menendang-nendang meski sedang tidur. Penelitian membuktikan penderita sindrom kaki gelisah 2 kali lebih rentan kena serangan jantung.
"Gangguan ini memang bukan penyebab serangan jantung, tapi bisa menjadi petunjuk adanya faktor risiko yang perlu diwaspadai," ungkap Dr Arshad Jahangir, ahli jantung dari Mayo Clinic Arizona, seperti diberitakan dari Dailymail,

Sindrom kaki gelisah atau restless leg syndrome merupakan gangguan neurologis (saraf) yang menyebabkan kaki rasanya tak mau diam bahkan saat sedang tidur. Gangguan ini termasuk salah satu faktor pemicu stres karena sangat mengurangi kualitas tidur.

Namun hubungannya dengan kesehatan jantung bukan karena sindrom ini bisa menyebabkan stres. Lebih dari itu, penderita sindrom kaki gelisah cenderung mengalami penebalan pada jaringan yang melapisi dinding jantung sehingga tidak lancar dalam memompa darah.

Sebuah penelitian di University of California San Francisco menunjukkan, penebalan jaringan pada dinding jantung dialami oleh 45 persen penderita sindrom kaki gelisah yang menggerakkan kakinya lebih dari 35 kali selama tidur malam. Makin sedikit bergerak, risiko penebalan makin kecil.

Dalam pengamatan berkelanjutan selama 3 tahun, penderita sindrom kaki gelisah yang mengalami penebalan jaringan di jantung 2 kali lebih berisiko mengalami serangan jantung dan bahkan kematian. Sementara yang kakinya tidak banyak bergerak saat tidur, jantungya relatif aman-aman saja.

Penelitian ini dilakukan oleh Dr Ralph Brindis terhadap 584 penderita restless leg sindrome, dan dipresentasikan dalam konferensi American College of Cardiology di New Orleans baru-baru ini. Salah satu lembaga yang membiayainya adalah National Heart, Lung and Blood Institute.

Menurut International Restless Legs Syndrome Study Group, terdapat empat kriteria yang harus terpenuhi sebelum Anda didiagnosis RLS, di antaranya:

  • Keinginan yang kuat untuk menggerakkan kaki yang tidak dapat ditolak. Seringkali keinginan tersebut disertai dengan sensasi tidak nyaman- merayap, gatal, tertarik, perih.
  • Keluhan ini mulai atau menjadi memburuk ketika istirahat.
  • Keluhan ini menjadi membaik ketika Anda menggerakkan kaki, baik menyeluruh ataupun hanya sebagian saja. Perbaikan akan menetap selama terjadi gerakan motorik.
  • Keluhan memburuk pada malam hari terutama ketika sedang berbaring.

Anda tidak usah panik, bila RLS yang menimpa anda masih dalam keadaan normal, dan kriteria-kriteria di atas mungkin tidak masuk ke dalam gejala RLS anda. Ada beberapa hal yang bisa meringankan penderita RLS, yaitu :

  • Kurangi kafein
  • Mengurangi konsumsi alkohol
  • Hilangkan tembakau
  • Mengurangi stres. Relaksasi dengan meditasi atau yoga.Karena stress dapat memperberat RLS
  • Mengelola obat dan suplemen : Beberapa obat dapat memperburuk gejala
Jantung

Restless Legs Syndrome. Jika Anda menderita Restless Legs Syndrome yang didasari dengan kekurangan zat besi, maka anda harus mendapat merekomendasi suplemen untuk menghilangkan atau memperbaiki gejala Anda dari dokter. Gunakan suplemen vitamin atau mineral atas saran dari dokter Anda.

RLS sebenarnya tidak berhubungan dengan penyakit serius, namun seringkali disertai dengan beberapa keadaan kerusakan pada syaraf di tangan dan kaki yang sering disebabkan oleh penyakit diabetes dan kecanduan alkohol serta kekurangan zat besi. Misalnya saja jika Anda memiliki riwayat perdarahan lambung atau usus ataupun periode menstruasi yang banyak juga gagal ginjal. Kegagalan ginjal dapat menyebabkan kekurangan zat besi yang seringkali disertai dengan anemia. .
READ MORE - Selengkapnya

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails