Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

TIPS ALAMI ATASI KURANG DARAH (ANEMIA)

CARA ALAMI ATASI KURANG DARAH (ANEMIA)



Penyakit kurang darah timbul sebagai akibat dari kekurangan zat besi (zat pembentuksel-sei darah merah). Kekurangan darah ini dapat menyebabkan tubuh menjadi lemah dan mudah terserang pe-nyakit. Adapun tanda-tanda dari penyakit ini adalah : muka pucat, badan sering gemetaran, pandangan mata kabur bila berdiri seteiah duduk agak lama, serta tangan dan kaki sering kesemutan.


Penyakit ini juga sering dialami oleh ibu-ibu yang sedang hamil. dan hal ini tentu saja sangat rnembahayakan, baik bagi ibu itu sendirl maupun bagi anak yang sedang di kandung. Karena itu apabila Anda menderita kurang darah, alangkah baiknya kalau penyakit tersebut segera diatasi.


Dan salah satu cara untuk mengatasi penyakit ini adalah dengan menggunakan ramuan dari daun bayam, karena bayam banyak mengandung zat besi yang dperiukan oleh tubuh.


Adapun CARA ALAMI ATASI KURANG DARAH (ANEMIA) adalah sebagai berikut:


1. Ambil beberapa lembar daun bayam, 1 butir telur ayam kampung, dan maduasli secukupnya.


2. Cuci daun bayam hingga bersih, kemudian tumbuklah hingga halus dan lembut. Sesudah itu diperas untuk diambil airnya.


3. Campurkan air perasan bayam tersebut dengan telur ayam dan madu. Aduk hingga merata dan tercampur betul.


4. Minumlah ramuan tersebut 3 kali sehari, dan ulangi sampai bebera­pa kali. Insya Alloh Anda tidak akan kekurangan darah lagi.


SEMOGA tip alami untuk ATASI KURANG DARAH (ANEMIA) bermanfaat untuk Anda
READ MORE - Selengkapnya

Aneka Manfaat Air Tajin

Aneka Manfaat Air Tajin
Sering kita dengar air tajin atau air pencucian beras berguna untuk berbagai kepentingan kesehatan. Seperti contohnya untuk pengganti ASI ibu. Hemh . . apakah ini benar ? Mari kita ulas kegunaan dan arti penting dari air tajin. 


Air tajin atau air hasil dari pencucian beras dikenal sebagai pengganti ASI ibu dan untuk mengobati penyakit pencernaan seperti kolera dan diare. Dalam penggunaanya sebagai pengganti air susu ibu memang benar. Namun, biar bagaimanapun Air tajin tidak akan pernah bisa menggeser kedudukan ASI sebagai salah satu menu dan asupan penting untuk tumbuh kembang bayi. ASI mengandung Kolustrum. Kolustrum ini sendiri mengandung tinggi protein, mineral, garam, vitamin A, nitrogen, sel darah putih dan antibodi yang tinggi. Selain itu, kolustrum masih mengandung rendah lemak dan laktosa. Protein utama pada kolustrum adalah imunoglobulin (IgG, IgA dan IgM), yang digunakan sebagai zat antibodi untuk mencegah dan menetralisir bakteri, virus, jamur dan parasit.

Meskipun begitu, memberikan air tajin kepada bayi tidaklah salah. Karena air tajin mengandung Glukosa, 2 macam Poliglukosa, magnesium (Mg),Kalsium (Ca) dan Protein yang berguna tentunya bagi bayi. Glukosa dalam hal ini dapat digunakan untuk mempermudah penyerapan elektrolit, sehingga sangat baik untuk dehidrasi yang diakibatkan karena si kecil diare. Glukosa polimer dapat dengan mudah diserap. Kandungan poliglukosanya juga dapat memadatkan feses sehingga cairan yang keluar bisa diminimalisir. Protein pada air tajin sangat tinggi yaitu 7-10%. Protein berguna dalam menunjang keberadaan setiap sel tubuh untuk proses kekebalan tubuh.

Penggunaan air tajin untuk obat diare pada bayi sangat baik dan tidak berbahaya karena kandungan gizi yang dikandungnya. Namun perlu diperhatikan, suplai air tajin untuk bayi baik dilakukan apabila bayi sudah berumur 6 bulan atau lebih. Penggunaan oralit malah kalah pamor dibandingkan penggunaan air tajin ini. Bukan hanya untuk bayi penggunaan air tajin juga baik untuk anak-anak dan orang dewasa. Rasanya juga enak dan disukai. Air tajin sudah lama digunakan turun-menurun oleh riwayat orang Indonesia. Mengingat harganya yang murah dan mudah didapat. Dalam pemenuhan gizi dan pengobatan air tajin cukup baik meskipun tentu saja kadar kalsiumnya lebih rendah dari susu sapi murni.

Diare merupakan peyebab kematian kedua di dunia. Yang kebanyakan korbannya ialah anak dibawah umur. Diare disebabkan karena virus yang bernama Rotavirus yang bebas terdapat di udara. Rotavirus menular secara mudah dari kontak tangan ke mulut, bahkan dari mereka yang terinfeksi tetapi tidak memiliki tanda dan gejala. Mencuci tangan yang baik sebelum makan sangat penting untuk terhindar dari rotavirus. Terkadang penularan rotavirus dapat melalui air yang terkontaminasi atau titik uap pernapasan saat batuk atau bersin di udara. Karena ada banyak jenis rotavirus, maka memungkinkan untuk dapat terinfeksi lebih dari satu. Dehidrasi yang timbul akibat diare merupakan komplikasi serius rotavirus dan penyebab kematian anak di negara berkembang.

Bahan utama yaitu beras untuk membuat air tajin harus diperhatikan kebersihan dan kemurniannya. Banyak beras yang beredar sekarang di pasaran sudah ditambah pemutih maupun pewangi yang menurunkan vitamin dan zat penting dalam beras. Beras yang baik bisa dibedakan secara langsung dengan memegangnya, fisik beras yang mengandung bahan pemutih/kimia akan lebih kasar, warna pada beras alami lebih natural dan terkesan bening tidak putih seperti beras kimia,selain itu beras alami tidak tahan lama atau mudah diserang kutu beras, berbeda dengan beras kimia yang baru berkutu setelah berbulan-bulan lamanya. Maka dari itu pilihlah beras alami agar manfaat air tajin dapat dirasakan sesungguhnya.

Selain itu untuk meningkatkan mutu dari air tajin, kita bisa menggunakan beras merah yang kandungannya lebih baik daipada beras biasa. Beras merah mengandung banyak vitamin seperti vitamin B, dan vitamin E serta mengandung fenolat sebagai antioksidan yang sangat baik, selenium, kalsium (Ca), magnesium (Mg). Beras merah sangat bermanfaat untuk melindungi tubuh dari penyakit arterosklerosis (pengerasan pembuluh darah), tekanan darah tinggi, penyakit jantung, diabetes, menambah daya imun(kekebalan tubuh), memepercantik dan menghaluskan kulit, serta untuk penambah stamina. Air tajin dari beras merah tentunya kualitasnya lebih tinggi.

Cara memasak air tajin yang benar perlu diketahui agar zat baik yang terkandung didalamnya bisa sepenuhnya dihasilkan. Dianjurkan untuk menggunakan beras merah. Caranya yaitu dengan mencuci dahulu beras yang akan digunakan. Perlu diingat beras yang akan dipakai yaitu beras yang masih terdapat kulit arinya. Cuci sampai maksimal 2-3x agar tidak banyak zat baik yang terbuang. Sambil mencuci, didihkan 3-4 gelas air tunggu sampai mendidih. Kemudian masukkan segenggam beras pada air yang sudah mendidih. Diaduk dan jangan terlalu lama memasaknya sampai air agak kental kemudian saring untuk menghilangkan kotoran. Lalu sajikan. Air tajin tidak bisa disimpan terlalu lama. Paling lama yaitu 24 jam. Itupun harus ditempatkan dalam kondisi hangat agar air tajin tidak basi. (Jeny Widya Pangestika) 

Sumber :
http://www.pantonanews.com
http://ibudananak.com
READ MORE - Selengkapnya

Makan Kulit Buah Untuk Dapatkan Nutrisi Sempurna

Makan Kulit Buah Untuk Dapatkan Nutrisi Sempurna
Jika Anda adalah salah satu orang yang mengupas kulit sebelum memakannya segera hentikan kebiasaan ini. Mulai sekarang, konsumsilah buah bersama dengan kulitnya. Ternyata dengan memakan buah dengan kulitnya akan memberikan nutrisi yang sempurna untuk tubuhmu.

Kulit buah memiliki serat dan zat nutrisi seperti vitamin, mineral dan fitonutrisi lainnya. Karena itu kulit buah yang bisa dimakan memang baik dan layak untuk dikonsumsi termasuk jika dibuat jus. Buah seperti apel, anggur, timun, dan pir memiliki kulit halus dan tipis yang baik untuk dikonsumsi. Tapi dengan syarat harus dicuci bersih ya.

Tapi tidak semua kulit buah layak untuk dimakan lho! Kulit buah yang kasar dan keras seperti semangka, durian, sirsak tidak layak untuk dikonsumsi karena dapat melukai pencernaanmu.



Berikut manfaat kulit buah yang layak untuk dikonsumsi

1. Kulit mangga

Buah yang mengandung banyak vitamin C ini memiliki nutrisi yang banyak tidak hanya di bagian buah tapi juga di kulit. Kulit mangga bahkan mampu menyembuhkan penyakit kanker dan diabetes. Kulit buah mangga juga memiliki zat resveratol yang berfungsi menurunkan kolesterol.

2. Kulit apel

Jangan biarkan kulit apel yang lunak dibuang begitu saja, karena kulit buah apel memiliki nutrisi yang baik. Kulit buah apel adalah sumber kalsium yang baik dan mengandung vitamin A. buah apel juga mengandung banyak serat sehingga dapat melancarkan pencernaan.

3. Kulit lemon

Konsumsi kulit lemon setiap hari dapat meningkatkan sirkulasi darah damn menjaga sistem kekebalan tubuh.

4. Jeruk kupas

Kulit jeruk kupas mengandung banyak fotinutrien dan flavonoid yang juga baik menjaga pencernaan. Dengan memakan kulit jeruk kupas juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan bisa kurangi resiko kanker

5. Kiwi

Buah kiwi mengandung nutrisi, vitamin, mineral dan antioksidan. Buah kiwi dan kulitnya mendorong meningkatkan kesehatan jantung secara optimal karena dapat dijadikan pengencer darah secara alami.

Cukup mudah bukan untuk mendapatkan nutrisi sempurna? Cukup dengan memakan buah berserta kulitnya saja. Selamat mencoba.
READ MORE - Selengkapnya

TIPS ALAMI UNTUK ATASI BATUK DENGAN BUAH APEL

TIPS ALAMI UNTUK ATASI BATUK DENGAN BUAH APEL



Penyakit batuk tentu sangat menyiksa kIta dan mengganggu sekali. Penyakit ini sering kali datang apabila kita terserang flu atau pilek.


Banyak sekaii macam-macam obat yang ada dipasaran. Namun tak ada salahnya jika kita mencoba mengobati batuk dengan obat tradisional yang dapat kita buat sendiri dengan mudah dan murah.


Cara ATASI BATUK DENGAN BUAH APEL adalah sebagai berikut:


1. Ambilah satu buah apel yang sedang besarnya, cuci dan potong menjadi empat bagian.


2. Letakkan dalam wadah yang tahan panas kemudian kukus dengan api sedang selama 10-20 menit. Tunggu hingga hangat.


3. Angkat, dan makan apel tersebut bersama-sama dengan kulitnya. Minum juga airnya kalau ada.


4. Lakukan sekali dalam sehari dan ulangi 2 sampai 3 kali.
READ MORE - Selengkapnya

CARA OBATI SAKIT MATA DENGAN CARA ALAMI TRADISIONAL

CARA OBATI SAKIT MATA DENGAN CARA ALAMI TRADISIONAL



Mata sakit, berair, dan perih sangat mengganggu kita. Selain mengganggu kesehatan, juga dapat mengganggu penampilan karena mata akan kelihatan berwama merah dan keluar kotorannya.


Disamping berbahaya, penyakit mata merupakan salah satu penyakit yang sangat mudah menular. Karena itu ttdaklah mengherankan apabila ada salah seorang anggote keluarga yang terjangkit, maka seluruh anggota keluarga yang lain juga ikut tertutar. 0!eh sebab itu, kalau Anda menderita sakit mata segeralah mengobatinya agar tidak menular pada orang lain.


Ada cara yang mudah dan murah yang dapat kfta lakukan untuk mengobati penyakit matainl


Cara OBATI SAKIT MATA DENGAN CARA ALAMI TRADISIONAL adalah: •


1. Ambillah beberapa lembar daun sirih, cuci hingga bersih dan re-buslah dengan ditembah solikit garam dapur sampai mendidih.


2. Seteiah itu angkat dari perapaan dan tunggulah sampai dingin, ke-mudian saring dengan menggunakan kain yang bersih.


3; Gunakan air saringan tersebut untuk mencuci mata yang sakit se-tiap hari 3 kaii. Bila Anda tekun melakukannya, niscaya penyakit mata yang Anda derita akan lekas sembuh selagi belum terlalu parah
READ MORE - Selengkapnya

CARA TRADISIONAL ALAMI UNTUK OBATI SAKIT MAAG

CARA TRADISIONAL ALAMI UNTUK OBATI SAKIT MAAG



Penyakit yang seringkali timbul pada orang-orang yang jarang makan atau mempunyai jam makan yang tidak teratur. Penyakit ini juga dapat disebabkan oleh stress atau tekanan jiwa yang berlebihan yang menyebabkan iambung menjadi asam. 

Tanda-tanda penyakit ini antara lain : Perut terasa nyeri, perih, melilit, dan mulut terasa asam


Apabila Anda menderita penyakis ini maka usahakanlah agar Anda makan tepat waktunya dengan cara yang teratur. Dan dianjurkan pula untuk makan sedikit-sedikit tetapi sering supaya perut tidak dalam keadaan kosong


Ada beberapa obat tradisional untuk mengatasi penyakit maag, salah satunya adalah : -


1. Ambil bawang putih Laki-laki (bawang putih lanang : bahasa Jawa). yaitu bawang putih yang tumbuh sendirian, tidak bergerombol.


2. Iris-irislah bawang putih tersebut menjadi beberapa polongan kecil, lalu kunyahlah secara langsung sampai halus.


3. lakukanlah pengobatan dengan cara ini setiap hari 3 kali sampai penyakit Anda sembuh.


Disamping melakukan pengobatan dengan cara di atas Anda harus menghindari makanan yang yang berlemak, asam, pedas, dan sukar di cerna.


Dengan cara ini; Insya Alloh penyakit maag akan segera sembuh.
READ MORE - Selengkapnya

Masa Depan Ku ada Di Segelas susu


Sejak Aku Dilahirkan di bumi ini , aku sangat Bahagia karena dilahirkan oleh Seorang ibu yang baik yang mau menggedong kemana-mana Setiap hari dia menyuapkan beberapa sendok makanan untuk kesehatan ku, sedang kan ayah pergi mencari makan untuk aku , supaya aku tumbuh besar dan menjadi anak yang sehat . 

ayah ku bekerja di sebuah lahan yang luas dan sumber makanan bagi setiap manusia . dia menjadi seorang directur , setiap hari dia bekerja keras mencangkul untuk sayuran yang akan di tanam , kebetulan ayahku menjadi directur di sawah miliknya dan dia bekerja sendiri , itu lah ayah ku Tiada hari tanpa kerja , Walaupun Gaji nya hanya cukup untuk makan Tapi aku tetap bersukur .

Setiap hari ayah ku Selalu menyisakan uang dari Hasil sawah nya . lima ratus sampai seribu dia kumpul sampai Cukup untuk membeli sekaleng Susu Yang akan dia lubangi dengan 2 lubang , Ayah ku sering berkata pada ku " Nak walaupun kita Gak punya apa-apa , yang penting kamu harus Minum susu "

setiap dia membeli susu , dia selalu mengatakan seperti itu , maklum saat itu ayah ku hanya bisa membeli susu setiap 1 bulan sekali , jadi dia hanya bisa bicara seperti itu sebulan sekali .

Kebetulan Ayah ku adalah orang islam yang taat agama nya , setiap ayah membelisusu di warung tetangga di selalu melihat tanda ke halalan nya , walaupun dia hanya bisa membeli susu sebulan sekali , dia tetap teliti melihat tanda halal .


Pada suatu Hari keluarga kami kesulitan untuk membeli susu karena di daerah kami pemasokansusu nya kurang . maklum daerah kami sangat terpencil . Ayah ku juga bingung dengan keadaan yang seperti ini , pada saat itu umurku masih 3 tahun jadi aku belum tau apa-apa . ayah ku pun ber inisiatif untuk pergi ke kampung sebelah dengan harapan bisa mendapatkan susu yang halal dan murah . setelah sampai di kampung sebelah , ayah ku mencari susu di warung - warung , dan tidak menemukannya , setelah itu akhirnya dia dipertemukan dengan seorang juragan sapi , Ayah ku pun tidak mau membawa tangan kosong ke rumah . akhirnya dia membeli susu perasan sapi , dengan harapan anak nya bisa minum susu , akhirnya dia membawa segelas susu untuk aku minum , ayah ku berpesan "Masa depan Mu ada di Segelas susu ini".

Setelah umur ku tepat 4 tahun Aku akhirnya Diberi Minum susu yang berkualitas Yaitususu frisian flag . Susu yang halal untuk pertumbuhan anak , dan masa depan ku ada di Setiap gelas susu Frisian flag .

Tumbuh Dewasa

cerita diatas adalah pengalaman ku waktu masih kecil dan di ceritakan kembali oleh ibuku pada saat aku sudah dewasa , Sekarang Aku sudah tumbuh dewasa dengan meminum segelas susu aku sudah bisa menggapai masa depan , itu lah Pesan Ayah untu ku .

sekarang waktunya giliran ku untuk menyampaikan kepada anak-anak ku jika sudah menikah , sekarang aku baru tau ternyata perjuangan ayah untuk membeli susu yanghalal tidak sia-sia.

Manfaat susu untuk tubuh kita sangat banyak terutama untuk membuat anak tumbuh cerdas , saya menemukan manfaat susu dari google berikut manfaat minum susu .

  • Mencegah osteoporosis dan menjaga tulang tetap kuat. Bagi anak-anak, susu berfungsi untuk pertumbuhan tulang yang membuat anak menjadi bertambah tinggi.
  • Menurunkan tekanan darah.
  • Mencegah kerusakan gigi dan menjaga kesehatan mulut. Susu mampu mengurangi keasaman mulut, merangsang air liur, mengurangi plak dan mencegah gigi berlubang.
  • Menetralisir racun seperti logam atau timah yang mungkin terkandung dalam makanan.
  • Mencegah terjadinya kanker kolon atau kanker usus.
  • Mencegah diabetes tipe 2.
  • Mempercantik kulit, membuatnya lebih bersinar.
  • Membantu agar lebih cepat tidur. Hal ini karena kandungan susu akan merangsang hormon melatonin yang akan membuat tubuh mengantuk.

Ternyata Manfaat minum susu sangat banyak , kita juga tidak boleh mencari hanya sekedar susu banyak manfaat nya , cari lah susu yang halal di komsumsi oleh manusia dan susu inovasi yang sehat dan halal untuk pertumbuhan anak ada di Frisian Flag .

Pesan-pesan ayah akan ku sampaikan ke semua anak-anak ku dan cucu-cucu ku , jika aku sudah tua nantik. dan kepada setiap orang yang tidak suka dengan susu , pesan terakhir ku " Minum lah susu, dengan susu kamu akan jadi anak yang pintar dan cerdas " ......
sumber :tipsperawatan.com
READ MORE - Selengkapnya

Apakah Bahaya dari Kemasan Plastik?

Mengenal Apa Bahaya dari Kemasan Plastik?
Penggunaan plastik untuk kemasan makanan sudah meluas, bahkan sudah menjangkau desa-desa terpencil. Bahan tersebut lebih mudah didapat. Harganya relatif murah dan praktis, sehingga mampu menyisihkan bahan pembungkus makanan alami seperti daun pisang, daun jati dan daun kelapa muda. Namun ternyata pemakaian plastik yang makin meluas tidak disertai perhatian terhadap dampak negatif yang ditimbulkannya. Selain merusak lingkungan, penggunaan plastik untuk kemasan makanan berpotensi mengganggu kesehatan manusia.

Plastik yang digunakan untuk kemasan makanan digolongkan dalam bentuk monomer, dimmer dan trimer. Jenis senyawa kimianya meliputi polystyrene (PS), polyvinyl chloride (PPC), vinylidene chloride resin (VCR), PVDC, akrilonitril (ABS), polietilen dan polipropilen. Ada juga kemasan makanan yang terbuat dari plastik daur ulang yang sulit diidentifikasi jenis bahan kimianya. Dari sekian banyak bahan pembuat plastik, jenis yang kurang berbahaya ialah polietilen dan polipropilen.


Styrofoam, Karsinogen dan EDC

Jenis kemasan plastik yang cukup popelar ialah Styrofoam, warnanya putih dan empuk. Saat ini penggunaannya sangat meluas, terutama untuk mie instant dan kemasan fast food. Styrofoam terdiri dari styrene dimmer dan styrene trimer, mengandung bahan kimia polystyrene. Bahan tersebut berpotensi membahayakan kesehatan manusia, antara lain bersifat karsinogen (menimbulkan kanker) dan dapat menyebabkan endrocrine disruption.

Endrocrine disruption chemical (EDC) merupakan penyakit yang terjadi akibat adanya gangguan pada pada system endrokrinologi dan reproduksi pada manusia, terutama disebabkan oleh bahan kimia yang bersifat karsinogen dalam makanan. Selain dari bahan untuk kemasan makanan seperti Styrofoam dan jenis plastik lainnya, EDC juga bersumber dari pestisida (meliputi 66 senyawa seperti DDT, dioxin, PCBs, endrin, dan sebagainya), kosmetik (BHA) dan komponen elektronik (PCBs).

Antara senyawa-senyawa dalam kemasan Styrofoam dengan senyawa-senyawa dalam makanan terjadi reaksi kimia yang aktif, terutama jika makanan masih memiliki suhu tinggi (panas). Hal itu disebabkan lemahnya ikatan struktur kimia Styrofoam, sehingga residu monomernya mudah berpindah ke makanan. Kandungan residu monomer Styrofoam yang diserap makanan makin tinggi jika kontak makanan dengan kemasan makin lama. 

Mie instant yang dikemas dalam Styrofoam, bila secara langsung ditambah air panas, maka komposisinya selain mengandung karbohidrat, protein, lemak dan vitamin, juga akan mengandung residu monomer. Begitu pula nasi panas, bubur panas, ayam goring dan kentang goreng yang ditempatkan pada wadah yang terbuat dari styrofoam, dengan sendirinya bahan makanan tersebut akan dilengkapi dengan residu monomer yang tergolong EDC.

Bagi penyantap makanan dengan kemasan terbuat dari Styrofoam, kelenjar endrokrinnya sangat rawan terhadap gangguan. Kelenjar endrokrin disebut juga kelenjar inkresi atau kelenjar buntu, merupakan kelenjar yang menghasilkan lebih dari 20 jenis hormon, seperti thyroxin, parathormon, insulin, adrenalin dan somatotrop. Hormon yang merupakan zat organic dihasilkan oleh tubuh sendiri, sangat vital dalam memperngaruhi metabolisme tubuh.

Jika kelenjar endrokin terkontaminasi EDC, antara lain dapat menyebabkan: 1. Menurunnya tingkat kesuburan yang ditandai dengan merosotnya jumlah sperma; 2. Terjadinya demaskulinisasi dan defeminisasi; 3. System kekebalan tubuh menjadi lemah; 4. Menurunnya tingkat kecerdasan (cretinisme akibat terganggunya fungsi kerja hormon thyroxin); 5. Menurunnya kandungan air susu ibu (ASI) dan periode laktasi menjadi pendek; 6. Gangguan psikologis; 7. Menimbulkan kekerdilan atau gigantisme akibat hormon somatotrop yang mengalami hypo atau hyper; 8. Menyebabkan diabetes mellitus (kencing manis) akibat hormon insulin dalam kondisi hypo; 9. Dapat menimbulkan kanker payudara, rahim, prostat dan testis. 


Bahan Plastik Lainnya

Makanan yang mengandung lemak tinggi dan yang bersifat asam sangat mudah bereaksi dengan plastik yang terbuat dari PVC. Menurut hasil sebuah penelitian, sekitar 10-40 part per billion (ppb) monomer vinyl chlorida dapat diserap makanan dan minuman yang berlemak dan bersifat asam jika menggunakan kemasan plastik PVC. Jenis kemasan yang mengandung PVC seperti plastik yang bening dan kaku, plastik wrap (sangat tipis biasanya untuk mengemas sayur dan buah), dan plastik untuk bungkus permen.

Penggunaan plastik untuk membungkus bakso atau soto panas perlu diwaspadai, karena jenis makanan dan minuman panas tersebut dengan mudah akan melarutkan bahan dan mengadopsi residu kimianya. Pada konsentrasi yang rendah, dampak negatif bagi kesehatan hampir tidak ada, namun jika penggunaannya berulang-ulang, maka senyawa yang bersifat karsinogenik dan tergolong EDC akan terakumulasi dan bersifat reaktif.

Penggunaan alat-alat plastik yang berhubungan dengan makanan dan minuman seperti gelas, piring, gayung, dan cerek juga perlu diwaspadai. Apalagi jika alat-alat tersebut menggunakan plastik daur ulang yang bahanny dapat terlarut dalam makanan dan air panas.


Penutup

Sebenarnya sampai saat ini belum ditemukan bagaimana cara mengatasi dampak negatif EDC terhadap kesehatan manusia. Berbagai penelitian di Jepang makin mengarah pada pembuktian, bahwa bahan pengemas polystyrene seperti Styrofoam cenderung positif membahayakan kesehatan manusia. Hal itu diperkirakan akan mengguncang bisnis pangan, terutama dalam kaitannya dengan penggunaan kemasan. 

Perlu ada langkah preventif untuk mencegah bahaya penggunaan kemasan plastik yang makin meluas, tidak cukup hanya dengan diterbitkannya UU tentang pangan atau UU tentang Perlindungan Konsumen. Kalangan produsen bahan pangan dituntut untuk menggunakan kemasan plastik yang bersifat food grade (aman atau sesuai untuk makanan). Sedangkan konsumen dituntut untuk meningkatkan kewaspadaannya dengan menerapkan langkah-langkah: 1. Hindari membungkus makanan dan minuman panas dengan plastik; 2. Hindari penggunaan alat makan dan minum yang terbuat dari plastik untuk makanan dan minuman yang masih panas; 3. Hindari kontak yang terlalu lama antara makanan dan minuman berlemak dan bersifat asam dengan plastik; dan 4. Gunakan pembungkus alami untuk makanan.

Bagaimanapun menggunakan pembungkus alami jauh lebih sehat dibandingkan dengan plastik. Penggunaan daun pisang untuk nasi timbel misalnya, selain menjadikan aroma nasi lebih harum, meningkatkan selera makan, juga mudah terurai menjadi bahan organic tanah, sehingga berperan terhadap pelestarian lingkungan. (Atep Afia). 

Sumber Gambar:
http://ibrahim-wahyus.blogspot.com
READ MORE - Selengkapnya

Khasiat Temulawak Untuk Atasi Hepatitis B

Khasiat Temulawak Untuk Atasi Hepatitis B


Temulawak (Curcuma xanthorriza) merupakan tanaman tahunan, dengan ciri utama rimpang berukuran besar, berwarna cokelat kemerahan atau kuning tua. Di Jawa Barat tanaman ini dikenal dengan nama koneng gede. Belakangan ini temulawak makin “naik daun”, harganya mencapai US$ 300/ton, dengan tingkat permintaan dunia mencapai 30.000 ton per tahun, sedangkan Indonesia baru bisa menyuplai 10 persen. Meningkatnya nilai ekonomi temulawak, terutama disebabkan informasi yang meluas menyangkut khasiatnya dalam meredakan penyakit seperti hepatitis B. selain itu, terjadi peningkatan minat masyarakat terhadap obat-obatan dari tumbuhan alami (fitofarmaka). 

Berdasarkan catatan Kontan (Desember 2000), tahun 2000 omzet obat alami secara nasional mencapai Rp. 1 triliun, dan tahun 2001 diperkirakan meningkat jadi Rp. 1,4 triliun. Sedangkan tahun 2008 melonjak jadi Rp. 7,8 triliun. Menurut data dari Asosiasi Gabungan Pengusaha dan Obat Tradisional (GP Jamu), omzet jamu Indonesia tahun 2009 mencapai Rp 8,5 triliun dan sampai akhir 2010 telah mencapai sekitar Rp 10 triliun. 

Bagaimana mekanisme atau cara kerja temulawak dalam memerangi penyakit hepatitis, belum ditemukan data yang akurat. Namun berdasarkan pengalaman masyarakat, khasiat temulawak dalam mengobati hepatitis menjadi sulit untuk diragukan. Sejak jaman baheula, temulawak sudah dikenal sebagai jamu yang ampuh untuk mengatasi sebab perut atau penyakit kuning (lever atau sakit kuning). 

Pengalaman dr. Melly Budhiman, seorang psikiater di Jakarta, sebagaimana diungkapkan dalam Intisari (September 1996), berawal dari gejala-gejala cepat lelah, nafsu makan menurun dratis, kadang-kadang sampai muntah, dan bola mata kekuningan. Dari hasil pemeriksaan, ternyata terserang virus hepatitis B, yang kemungkinan ditularkan melalui jarum suntik yang tercemar virus. 

Dalam perkembangannya, berdasarkan pemeriksaan lengkap melalui scanning dan biopsi dinyatakan menderita hepatitis kronis aktif, kemudian berkembang menjadi sirosis hepatis. Satu-satunya obat yang diberikan, kortikosteroid dengan dosis cukup tinggi 4 x 10 mg. namun ternyata menimbulkan efek samping berupa bengkak-bengkak pada tubuh, dan pemeriksaan fungsi hati menunjukkan hasil yang buruk. Setelah memperoleh informasi menyangkut khasiat temulawak, dr. Melly lantas mengkonsumsi sari temulawak (rebusan temulawak) selama empat bulan berturut-turut. Hasil biopsi oleh Dr.Sadikin Darmawan, seorang patolog senior, menyatakan bahwa kondisi hati dr.Melly sehat. Pengalaman serupa juga diungkapkan oleh seorang ibu di Bandung, setelah menempuh pengobatan alternatif di Garut selama lebih dari setahun (menggunakan ramuan tradisional, dengan bahan utama temulawak), penyakit hepatitisnya dinyatakan sembuh. 

Penyakit hepatitis merupakan infeksi oleh virus (penyakit peradangan pada hati). Hepatitis A disebabkan oleh virus Hepatitis A, hepatitis B disebabkan oleh virus Hepatitis B, Hepatitis C disebabkan oleh virus Hepatitis C. masih ada jenis lainnya yaitu Hepatitis Delta dan Hepatitis E yang kurang dikenal di Indonesia. 

Menurut Dr.Efendi Oswari, DPH (1995), Hepatitis A umumnya ditularkan melalui mulut, misalnya melalui gelas atau sendok bekas yang dipakai penderita Hepatitis A. bisa juga melalui keringat penderita atau melalui jarum suntik bekas. 

Virus Hepatitis B dapat ditularkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui ibu hamil. Bayi yang terserang virus, sistem kekebalannya belum berkembang dengan sempurna, sehingga akan menjadi pengidap kronis (sakit bertahun-tahun). Bila bayi penginap itu wanita, kemungkinan besar akan menularkannya pada anak-anaknya di kemudian hari. Bila tidak ditangani, dalam jangka waktu 20-40 tahun kemudian, bayi pengidap virus berpeluang menjadi orang dewasa yang mengalami sirosis hati (hati membatu), yang akhirnya berubah menjadi kanker hati. Sementara Prof.dr.Suwandhi Widjaja SpPD, PhD (2001), pakar hepatologi, menyatakan bahwa infeksi virus hepatitis B pada anak berusia di bawah lima tahun (balita), ternyata bukan hanya terjadi karena transmisi vertikal dari ibu ke bayinya dan dari infeksi perinatal. Namun infeksi itu lebih banyak terjadi karena transmisi horizontal lewat kontak keluarga, seperti penggunaan alat makan, sikat gigi, dan gunting kuku bersama. 

Penularan Hepatitis C pada orang dewasa bisa terjadi melalui kontak seksual, makanan dan minuman, suntikan, atau transfusi darah. Penyakit Hepatitis C berbahaya karena dapat berkembang menjadi kronis, menahun, dan menjadi sumber infeksi bagi orang sekitarnya. 

Dari data epidemologik, penyakit hati menahun dan karsinoma (kanker) hati yang disebabkan oleh infeksi virus Hepatitis B dan virus Hepatitis C, merupakan penyakit peringkat lima yang tersering di Indonesia. Menurut Prof.dr.Suwandhi Widjaja,SpPD, PhD (2001), saat ini di Indonesia. Menurut Prof.dr. Suwandhi Widjaja SpPD, PhD. (2001), saat ini di Indonesia diperkirakan ada 7 juta pengidap virus Hepatitis B, dan 5 juta penderita Hepatitis C, dengan perkiraan angka kematian sebanyak 40.000 – 80.000 penderita setiap tahunnya. Usia penderita terbanyak antara 30-55 tahun (usia paling produktif). Virus Hepatitis B tergolong virus DNA, saat ini telah dapat dibuat vaksinnya. Sedangkan virus Hepatitis C, tergolong virus RNA (seperti HIV yang menyebabkan AIDS) belum berhasil dibuat vaksinnya. 

Ancaman hepatitis ternyata cukup dahsyat, menimbulkan angka kematian yang cukup tinggi, dan menurunkan produktivitas jutaan orang. Menurut dr.Drs.Hadipratomo (2000), sampai saat ini belum ada pengobatan khusus untuk hepatitis B. bisanya penderita disarankan untuk istirahat dan diberi makanan yang sesuai. Obat-obatan yang diberikan lebih banyak dimaksudkan untuk memperkecil komplikasi yang timbul. 

Adanya informasi menyangkut khasiat temulawak, merupakan perkembangan yang sangat berarti dalam upaya memerangi Hepatitis B. selain karbohidrat, lemak, protein, vitamin C, zat besi, fosfor dan kalsium, kandungan temulawak juga meliputi minyak asiri yang terdiri dari kurkumin, kamfer, glukosida, phellandrene, turmerol, myrcene, xanthorrhizol, isofuranogermacreene, dan p-tolyletycarbinol. 

Senyawa kurkumin atau Hidrosi-metoksifenil-heptadenadion telah diketahui sebagai antibakteri. Menurut Prof. Dr.Iwan Darmansjah (1996), kepada Pusat Uji Klinik Obat (PUKO) di FKUI, untuk penyakit lever (Hepatitis) belum ada obatnya, kecuali interferon yang harganya sampai jutaan rupiah, dan ada efek sampingnya. Sehingga jika zat kurkumin pada temulawak secara uji klinis terbukti bisa mengobati hepatitis, akan merupakan anugrah.. berdasarkan beberapa penelitian, senyawa kurkumin memiliki efek hepatoprotektif (mencegah kerusakan lever/hati) pada hewan percobaan. Hal itu menjadi referensi yang memperkuat fakta, bahwa temulawak dapat menyembuhkan hepatitis B. 

Sebenarnya masih banyak khasiat temulawak lainnya, seperti memberantas sembelit, menambah nafsu makan, mengobati wasir, melancarkan keluarnya ASI, mengatasi batu empedu, obat disentri, malaria, gangguan ginjal, radang lambung, eksim, dan pembersih darah. Sudah sejak lama beragam khasiat tersebut diyakini sebagian masyarakat, namun tampaknya hal itu kurang diimbangi dengan kegiatan uji klinis. Dalam hal ini Departemen Kesehatan, Fakultas Kedokteran PTN dan PTS, serta Industri Farmasi perlu bekerjasama secara pro-aktif dalam melakukan penelitian dan pengembangan tanaman berkhasiat obat. (Atep Afia).
Sumber Gambar:
http://www.temulawak.org
READ MORE - Selengkapnya

CARA MENGEMUKKAN BADAN

TIP MENAMBAH BERAT BADAN

Kali ini saya Posting Cara Menggemukan Badan , Banyak Diantara orang-orang Membutuhkan Badan Yang Gemuk , Bianya Orang-orang Yang menginginkan Badannya Gemuk adalah Orang Yang Kurus , Siapa Sih yang gak Risih Kalau Badannya Kurus . Seperti Biasanya Kali ini saya akan Membahas Masalaha Ke gemukan Badan , Banyak Faktor Penyebab Seseorang Kurus Di Artikel ini saya akan Bahas Semua Faktor Dan Tips menggemukan Badan Dengan Cepat . Berikut ini Faktor Orang Tidak Gemuk .


Faktor / Penyebab orang Tidak Gemuk

  • Pola Makan Yang Kurang sehat 
  • Kurang Berolahraga 
  • Kurang Istirahat .
  • Kurang Asupan Gizi pada tubuh
  • Faktor Keturunan
  • Faktor lingkungan
Itu adalah Beberapa Penyabab Orang Tidak Gemuk , Pola makan Yang Kurang sehat Sangat Mempengaruhi Orang untuk Gemuk , Dan kurang Olahraga Juga Begitu . Bisanya Juga ada Karena Faktor keturunan , Gak Ada jalan Menuju Roma , itu lah Pribahasa yang tepat Untuk anda , janga pernah Putus asa, saya Akan Bantu Anda Untuk Menggemukan Badan Dengan IDeal . Beikut ini Tips nya .



Tambahkan porsi Makan
Mulai Sekarang Tambahkan Porsi Makan Anda agar Badan Anda Cepat Gemuk , Dengan Menambah Porsi makan anda akan Cepat Gemuk , jangan Makan Terlalu Banyak Juga , Makan terlalu banyak dan berlebihan juga bisa menambah penyakit . jadi intinya Tambahin Secukup nya .

Teratur Dalam Makan .
Dalam Hal ini Anda bisa saja makan sehari 2x , untuk Sekarang Makan Lah secara Rutin dan Teratur Seperti Makan 3x Sehari ( Pagi , Siang , Malam ) ini insyallah Akan menggemukan Badan Anda.

Olahraga .
Olahraga sangat Penting Dalam Menumbuhkan Berat badan , Rajin Lah Olahraga Minimal Setiap Hari 2x . Pagi Senam , Sore Jogging . Cara ini agar Badan Kalian Tetap ideal agar tidak Gemuk sekali.

Minum Susu .
Cara Ini Adalah Cara Terberat Bagi saya , Bagi Yang Tidak Suka Mulai Sekarang Anda Harus Beradaptasi agar badan anda Mulai Bertambah , Minumlah susu Pagi dan Malam Hari .
Makan lah Cemilan .
Makan lah makanan Cemilan Pada Malam hari , ini juga bisa menambah Gemuk .

Tidur Yang Cukup
TIdur Lah dengan Cukup minimal Untuk Remaja 7-8 Jam Sehari .

Kurangi Merokok Dan begadang
Mulai Sekarang Bagi Laki2 Kurangi lah Merokok Dan Begadang , Ini tidak Baik Untuk Kesehatan Anda .

Makan lah Makanan Yang Berlemak
Makanlah putih telur setiap

READ MORE - Selengkapnya

Tips Memilih Sabun Wajah Untuk Jenis Kulit Tertentu

Tips Memilih Sabun Wajah Untuk Jenis Kulit Tertentu

Sabun wajah adalah keperluan setiap wanita untuk merawat kecantikan setiap hari. Namun tak semua jenis sabun muka dapat dimanfaatkan untuk perawatan sehari-hari. Pada dasarnya sabun wajah memiliki kandungan bahan aktif tambahan dan kandungan deterjen sintetik sebagai bahan pembersih. "Itu yang menentukan cocok tidaknya untuk tipe kulit tertentu," ungkap dr. Yanthy Miranda Sari, dokter juga presenter talkshow kesehatan di sebuah stasiun swasta di Jakarta.

Kulit Sensitif Tak Cocok Anti Acne
Menurut dokter Yanthy, pemilik kulit sensitif sebaiknya juga perlu berhati-hati memilih sabun wajah. "Jangan memilih yang mengandung atau produk anti acne. Sabun antiacne memiliki kandungan deterjen sintetis yang tinggi dapat menyebabkan kulit lebih kering sehingga mudah iritasi," ungkapnya lagi.

Beda Scrub Besar dan Kecil
Banyak sabun dengan butiran scrub beredar di pasaran, ada yang butirannya kecil dan cenderung lembut. Ada pula yang butiran scrubnya besar-besar sehingga sedikit kasar di kulit wajah.

"Sabun wajah dengan butiran scrub kecil dapat digunakan sehari-hari. Sedangkan sabun wajah dengan scrub besar dapat digunakan paling tidak seminggu sekali," pungkasnya.
READ MORE - Selengkapnya

Mengenal Kutu Pada Kemaluan Manusia

Mengenal Kutu Pada Kemaluan ManusiaPthirus atau Phthirus pubis (disebut juga Pubic lice atau kutuPubic) adalah serangga parasitpenghisap darah yang hidup di kulit sekitar kemaluan manusia. Manusia adalah satu-satunya tuan rumah parasit ini. Manusia dapat juga penuh dengan kutu tubuh (Pediculus humanus corporis) dan kutu kepala (Pediculus humanus capitis).



Penularan kutu kelamin biasanya terjadi akibat hubungan seksual. Selain Itu Penularan dari orang terdekat kita bisa terjadi melalui pemakaian handuk, pakaian, pakain dlam, tempat tidur atau closets yang sama secara bergantian. Sebagian besar orang dewasa lebih sering terkena kutu ini di bandingkan dengan anak-anak

Gejala yang sering ditimbulkan biasanya gatal-gatal, rasa gatal itu adalah akibat hasil dari sentuhan liur kutu dengan kulit disekitar kemaluan kita, dan (rasa gatal) menjadi semakin kuat pada dua minggu atau lebih setelah kita terkena wabah kutu ini. Gigitan kutu dapat menimbulkan luka pada kulit yang menjadi jalan masuk bagi organisme lainnya seperti virus dan bakteri

Walaupun daerah kulit kemaluan menjadi tempat favorit dari kutu ini, Namun sedikit kasus pada pasien pria, kutu dan telur juga dapat ditemukan pada rambut di daerah perut, kumis dan janggut.


Salah satu cara pencegahan untuk mengatasi kutu ini adalah dengan cara mencukur bulu disekitar kemaluan kita, dan seringlah membersihkannya. Dan hindarilah berganti-ganti pasangan.

http://lapar.com/mengenal-kutu-pada-alat-kelamin-manusia/
READ MORE - Selengkapnya

Ranking tertinggi Kanker Anak di Indonesia adalah Leukemia dan Retinoblastoma

Ranking tertinggi Kanker Anak di Indonesia adalah Leukemia dan Retinoblastoma

Sumber: dr Edi Setiawan Tehuteru SpA(K) MHA IBCLC

Tercatat, Kanker darah atau lebih dikenal sebagai penyakit leukemia paling banyak menyerang anak-anak, dengan persentase 25-30 persen. Disusul kemudian oleh kanker retina mata (retinoblastoma), kanker kelenjar getah bening (limfoma), kanker saraf (neuroblastoma), kanker ginjal (tumor wilms), kanker otot lurik (rabdomiosarkoma),serta kanker tulang (osteosarkoma).

Dr. Edi juga menegaskan tentang beberapa faktor pemicu sel kanker seperti misalnya faktor genetik, konsumsi makanan yang mengandung bahan kimia seperti boraks dan formalin, serta virus dan paparan radiasi tertentu akibat polusi lingkungan.

Kebanyakan Kanker baru bisa dideteksi setelah terjadi benjolan atau tumor. Sementara pada kasus leukimia, anak sering mengalami pendarahan kulit atau mimisan, serta demam tanpa sebab. Menurut Dr. Edi, Anggota tubuh yang patut diwaspadai jika muncul kejanggalan adalah mata, leher, paru, perut, alat kelamin, tangan atau kaki, dan otak.

Untuk Metode pencegahannya, Dr. Edi menambahkan bahwa jika anak dicurigai leukimia, maka harus dilakukan pengambilan sum-sum tulang dan cairan dari punggung. Sedangkan untuk anak yang dicurigai (menderita) tumor padat, dilakukan pemeriksaan imaging seperti CT scan, foto Thoraks, maupun MRI.


Apakah Kanker pada anak dapat dicegah? Kanker pada anak memang berbeda dari Kanker yang dijumpai pada orang dewasa. Kanker pada orang dewasa dapat dicegah, sementara pada anak tidak.

Mengomentari pernyataan ini, Ibu-ibu biasanya akan lanjut bertanya, “Kalau memang tidak dapat dicegah, apa gunanya orangtua mengajarkan pola hidup dan makan yang sehat sejak masa kanak-kanak? Perlu diketahui bahwa pola hidup dan makan yang sehat tetap harus diajarkan kepada anak-anak sejak dini. Tujuannya memang bukan untuk mencegah kanker yang dapat timbul pada usia kanak-kanak, namun untuk mencegah agar pada saat mereka menginjak usia dewasa, mereka dapat terhindar dari berbagai jenis kanker yang biasanya menyerang orang dewasa.


The International Union Against Cancer, atau lebih dikenal dengan UICC, menganjurkan kepada orangtua agar mereka mengajarkan anak-anak, antara lain untuk tidak merokok, makan dengan pola gizi seimbang, dan mengikuti program imunisasi yang berlaku di Negara masing-masing.

Himbauan tersebut bertujuan agar anak-anak pada saat menginjak usia dewasa dapat terhindar dari kanker paru, kanker usus besar, kanker hati, kanker leher rahim, dan jenis kanker lain yang hanya dapat terjadi pada usia dewasa.

Banyak orangtua mempersalahkan diri mereka sendiri karena anaknya terkena kanker. Mreka beranggapan bahwa merekalah penyebab dari semua permasalahan yang terjadi pada anaknya.

Diharapkan setelah membaca keterangan diatas, orangtua bias semakin menyadari anggapan tersebut tidak benar. Kiranya penjelasan ini akan memperjelas pengetahuan orangtua tentang Kanker pada anak.

Dra. Hanny Moniaga, Ketua Angel Voice Indonesia, organisasi nonprofit yang mendukung gerakan deteksi penyakit kanker, mengungkapkan bahwa sekitar 4.100 kasus kanker pada anak ditemukan tiap tahunnya di Indonesia. Ia menuturkan, alasan sulitnya deteksi dini kanker dikarenakan anak-anak belum memahami dan menceritakan gejala yang mereka rasakan. Karena itu, peran orangtua serta lingkungan sekitar sangalah penting untuk peka terhada pendeteksian gejala-gejala yang telah disebutkan diatas.

Untuk Informasi lebih lanjut mengenai pemahaman tentang Kanker Anak, dapat dibaca di majalah gratis Sehat Indonesiaku yang akan diterbitkan pada pertengahan tahun 2012.
READ MORE - Selengkapnya

TIPS Memilih Bedak Sesuai Jenis Kulit

TIPS Memilih Bedak Sesuai Jenis Kulit


TIPS Memilih Bedak Sesuai Jenis Kulit. Salah satu produk make up yang wajib digunakan setiap wanita adalah bedak. Karena bedak sangat penting bagi wanita, fungsi bedak adalah membuat wajah tampak lebih segar dan halus, menghilangkan kilap dan menutupi ketidaksempurnaan pada wajah seperti noda jerawat, flek atau kemerahan.

Bedak merupakan make up dasar dan penting, namun Anda perlu cermat dalam memilih bedak yang sesuai jenis dan kondisi kulit. Ada beberapa jenis bedak yang umum beredar di pasaran, dengan kegunaan yang berbeda-beda.

Lalu bagaimana cara cermat memilih bedak sesuai jenis kulit? Berikut ada beberapa bedak yang bisa anda pilih untuk menyelaraskan kecantikan anda

Compact Powder
Dinamakan compact powder, karena Anda bisa selalu membawa dan menggunakannya di manapun. Bentuknya biasanya padat, berukuran kecil dan dilengkapi spons serta kaca sehingga lebih praktis digunakan.

Namun bedak padat biasanya lebih banyak mengandung minyak dan pelembab, sehingga kurang cocok untuk jenis kulit berminyak. Jika tetap ingin menggunakan compact powder karena kepraktisannya, maka Anda bisa pilih yang berformula ‘oil-free’ dan punya kemampuan menyerap kelebihan minyak diwajah. Untuk warna, sebaiknya pilih yang satu tingkat lebih terang dari tone kulit Anda.

Two-way Cake
Jenis bedak ini juga padat, tapi lebih praktis lagi dari compact powder karena sudah dilengkapi foundation. Penggunaannya juga bisa dengan spons basah atau kering. Bedak ini cukup tahan lama dipakai seharian sehingga Anda tidak perlu selalu touch-up. Namun karena formulanya cenderung berat dan berminyak, sehingga tidak disarankan untuk digunakan pada kulit sangat berminyak atau berjerawat karena berpotensi menyumbat pori.

Loose Powder
Loose Powder, atau bedak tabur merupakan jenis bedak yang paling fleksibel. Bisa dikenakan untuk kulit normal, kombinasi, berminyak maupun kering. Bedak tabur menyatu di kulit dengan mudah dan mencerahkan wajah namun tetap terlihat alami. Jenis bedak ini juga bisa digunakan bersama foundation atau sendiri. Umumnya, bedak tabur digunakan sebagai finishing touch setelah pengaplikasian untuk menghilangkan kilap dan membuat efek wajah lebih halus.

Kekurangannya, bedak tabur biasanya dikemas dalam pot berukuran besar sehingga agak sulit untuk dibawa berpergian. Saat digunakan, serbuknya bisa menodai baju sehingga Anda perlu kain pelapis untuk menutupi.
READ MORE - Selengkapnya

CARA ALAMI DENGAN BAHAN ALAMI UNTUK HILANGKAN BEKAS LUKA

CARA ALAMI DENGAN BAHAN ALAMI UNTUK HILANGKAN BEKAS LUKA



Anda tentu mendambakan kulit yang mulus bebas dari noda apa pun juga. Namun kita pun tidak bisa terhindar dari benturan goresan atau apa pun yang mengakibatkan kulit terluka dan meninggalkan bekas. Memiliki bekas luka atau bercak hitamsering membuat kita merasa tidak percaya diri. Demi menghilangkan bekas luka Anda pun sudah melakuakn berbagai cara pengobatan tapi tidak berhasil. Anda tidak perlu berkecil hati saya disini akan berbagi tips ampuh hilangkan bekas luka dengan bahan alami. Tips ini sangat sederhana bisa Anda lakukan secara rutin sampai bekes luka menghilang. Untuk mendapatkan hasil maksimal tentu kuncimya adalah telaten, jika memang Anda tidak ingin bekas luka menghiasi tubuh Anda. Berikut ini tips ampuh hilangkan bekas luka dengan bahan alami

Tips 1

Ambil daun kapuk randu beberapa lembar, cuci hingga bersih. Kompres atau bersihkan area luka yang membekas tersebut dengan air hangat dengan sabun antiseptik. Gosokan daun tersebut di bagian yang membekas. Ulangi beberapa kali dan lakukan 2 kali sehari. Bisa juga anda menumbuk atau memblender daun tersebut dan oleskan di bagian bekas luka. Ingat, bila anda merasa gatal hentikan pemakaian!.

Tips 2

Ambil teh basi atau yang sudah terpakai. Bila menggunakan teh celup, buka kemasannya hingga bagian serbuk daun teh terlihat. Gosok teh tersebut di bagian tubuh yang terdapat bekas luka. Lakukan seperti sedang melulur bagian tubuh. Diamkan sebentar kira-kira 10-15 menit. Lakukan secara rutin seminggu minimal dua kali.

Tips 3

Ambil buah pare, tumbuk dan ambil air atau sarinya. Campur air tersebut dengan tepung beras hingga berbentuk seperti krim. Basuh bagian bekas luka yang ingin dihilangkan dengan air hangat. Oleskan secara teratur pada bekas luka tersebut. Ramuan ini juga bermanfaat untuk memutihkan wajah atau tubuh.

tips 4

Ambil bagian putih telur pisahkan dari kuning telur dan tambahkan madu lalu aduk hingga merata. Oleskan pada bagian bekas luka tersebut secara rutin. Ramuan ini jga dapat digunakan untuk menghilangkan flek pada wajah.

Tips 5

Rendam beras selama 15 menit, angkat dan tumbuk sampai halus. Tumbuk beberapa buah kencur hingga halus dan campur dengan beras tadi. Setelah merata bubuhkan pada bekas luka setiap hari selama dua minggu.

Tips 6

Ambil satu suing bawang merah, parut hingga halus. Setelah halus tempelkan pada bagian bekas luka tersebut. Bawang merah juga bisa digunakan untuk menyembuhkan luka bakar, keloid dan bisul.

Tips 7

Percaya atau tidak, pasta gigi dengan kandungan pemutih dapat menghilangkan bekas luka. Caranya oleskan sesering mungkin pada bagian bekas luka yang ingin dihilangkan. Diamkan selama 15-30 menit secara rutin. Bersihkan dengan air hangat.
READ MORE - Selengkapnya

CARA MUDAH MENGATASI KOMEDO DI WAJAH



Bebas dari masalah komedo artinya kulit anda sehat.Tetapi sebenarnya masalah komedo tidak akan pernah berhenti. Minimal satu bulan sekali Anda harus pergi ke klinik kecantikan untuk membersihkannya. Komedo ini seperti menjadi penghalang untuk kulit wajah sempurna. Areal pertumbuhannya pun tetap sama, sekitar hidung dan dagu.

Kemunculan komedo ini dapat diminimalisir dengan cara membersihkan wajah yang tepat. Pilih produk pencuci wajah yang mengandung asam salisilat atau benzoyl peroxide. Kedua kandungan ini sangat efektif untuk mengurangi minyak yang menyebabkan sebum.

Sebelumnya, bersihkan wajah dari makeup yang menutup pori dengan menggunakan produk milk cleanser. Lakukan scrubbing satu minggu sekali untuk membantu proses regenesari sel.

Cermati juga penyebab pertumbuhan komedo, biasanya komedo juga dikarenakan faktor hormonal. Anda bisa menyediakan produk pembersih komedo. Misalnya kertas perekat (pore strip) yang dapat mengangkat komedo tanpa meninggalkan iritasi dan pengelupasan kulit, terutama pada kulit yang tergolong sensitif.

Jika Anda menggunakan stik pembersih, pastikan pori-pori wajah sudah terbuka. Anda dapat melakukan steam dengan menggunakan air hangat terlebih dahulu. Satu lagi yang bisa Anda lakukan sambil bersantai. Masker anti komedo. Siapkan campuran lemon dan madu untuk dibalurkan pada wajah. Bahan ini bekerja untuk mengurangi produksi minyak, mengangkat kotoran yang menyumbat pori, sekaligus memberi kelembutan untuk kulit.
READ MORE - Selengkapnya

Yang Bisa Dilakukan Untuk Cegah Rambut Rontok


Rambut adalah mahkota bagi setiap wanita. Sedangkan pria seringkali bermasalah dengan kebotakan. Rambut rontok adalah salah satu masalah yang kerap terjadi pada kita. Untuk mengatasinya, coba beberapa tips berikut ini:

1. Hindari menyisir saat rambut dalam keadaan basah.
Biarkan saja rambut anda kering secara alami. Rambut yang basah lebih mudah lepas jika tertarik sedikit saja. Kebiasaan menyisir rambut ketika basah harus anda hentikan mulailah merawat dan menyayangi rambut anda.

2. Pilihlah sisir dengan gerigi yang jarang.
Jika anda menggunakan kerudung atau akan memakai topi, sebaiknya sisir rambut anda terlebih dahulu. Cara ini akan membuat rambut anda lebih terjaga dengan rapih sekaligus dapat melancarkan peredaran darah di kepala.


3. Jangan terlalu sering

menggunakan pengering rambut atau hairdryer.
Jika anda terpaksa menggunakannya sebaiknya pakai suhu yang rendah. Perhatikan juga jarak rambut dengan pengering. Usahakan jaraknya sekitar 10 - 15 cm dari batang rambut. Keseringan mengeringkan rambut akan membuat kelembaban rambut anda rusak.

4. Sering-seringlah menggerai atau mengurai rambut anda.
Apalagi saat anda tidur. Hilangkan kebiasaan mengikat atau menjepit rambut dengan kencang. Hal itu dapat membuat rambut anda mudah patah dan rontok. Selain itu kebiasan mengikat rambut bisa membuat pertumbuhan rambutmu tidak bagus.

5. Untuk menjaga kelembaban rambut, sebaiknya gunakan pelindung kepala seperti scarf, topi atau payung ketika anda berada di bawah sinar matahari.

6. Agar rambut lebih sehat dan juga terlihat modis, seringlah mengubah garis belahan dan gaya rambut anda. Mengubah belahan menghindari kulit kepala yang sama terkena matahari dalam waktu panjang. Hal ini dapat mencegah kerontokan secara perlahan.

7. Lakukan perawatan pada rambut secara khusus setidaknya minimal 2 minggu sekali. Lakukan kegiatan creambat, masker dan hair spa untuk memperindah dan menyehatkan rambut anda.

Anda mengidamkan rambut indah dan sehat? Ikuti tips kami mulai sekarang. Tunggu apa lagi?
READ MORE - Selengkapnya

Tips Hilangkan Garis Garis Halus Pada Bibir

Tips Hilangkan Garis Garis Halus Pada Bibir
Hari Ini mypotik blog akan coba memberikan wacana mengenai tips menghilangkan garis-garis pada bibir. Beberapa produk lipstik yang menawarkan 


warna-warna yang memperindah bibir anda. Sungguh, menggoda untuk anda ikuti dan mencoba produknya. Namun garis-garis pada bibir bikin lipstik terlihat kurang indah. Garis-garis pada bibir menunjukan berkurangnya elastisitas dan kolagen pada bibir anda. hal ini disebabkan karena usia, matahari, dan gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok dan penggunaan obat-obatan. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, bibir akan mengeriput dan akan membuat penampilan anda terlihat lebih tua. Berikut ini referensi beberapa cara yang bisa anda coba untuk menghilangkan garis-garis pada bibir:

1. Gunakan pelembab alami pada bibir, seperti minyak almond dan juga vitamin E. kulit disekitar bibir juga mempengaruhi penampilan keseluruhan pada bibir. Dengan menjaga kelembabnya akan membantu menjaga bibir anda nampak indah.

2. Sebelum tidur olesi bibir dengan minyak zaitun atau minyak kelapa untuk menjaga kelembabnya. Anda juga dapat menggunakan madu asli, namun perlu diwaspadai dengan madu buatan. Karena madu buatan justru malah akan membuat bibir kering yang disebabkan gula buatan dan asam yang sering digunakan oleh madu buatan.

3. Selalu gunakan lip blam yang mengandung SPF. Penggunaan lip blam akan melindungi bibir anda dari kekeringan karena cuaca dan sinar matahari.

4. Banyak mengkonsumsi air mineral, agar bibir tidak kering.

Mungkin itu saja yang bisa kami berikan, semoga tips menghilangkan garis-garis pada bibir diatas bermanfaat bagi anda dan selamat mencoba tips menghilangkan garis-garis pada bibir.
READ MORE - Selengkapnya

Komsumsi Sekeping Coklat Sehari Untuk Jantung Yang Sehat

Komsumsi Sekeping Coklat Sehari Untuk Jantung Yang Sehat
Mereka yang tergila-gila pada coklat sehingga tak mau melewatkan satu haripun untuk tak menikmati sepotong coklat, atau menikmati es krim dengan butiran-butiran coklat di dalamnya, atau pun secangkir coklat hangat termasuk sangat beruntung. Ternyata 'kegilaan' itu membawa begitu banyak hal-hal manis bagi tubuh mereka, semanis dan selegit coklat yang mereka santap. Sebuah studi yang dilakukan Univeritas Johns Hopkins, Amerika pada pencinta atau penggila coklat dalam penelitian berkaitan dengan penyakit jantung dan aspirin, memberikan hasil yang mengejutkan dengan pertanyaan 'mengapa dengan sedikit asupan coklat setiap hari risiko serangan jantung bisa turun'.


Jawabannya adalah coklat. Ya, makanan dewa ini memiliki sifat serupa dengan aspirin, karena memiliki dampak yang membuat keping darah (platelet) butuh waktu lebih lama untuk mengalami penggumpalan yang bisa menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah sehingga menimbulkan serangan jantung, seperti yang dijelaskan Diane Becker dan rekan-rekannya dari Fakultas Kedokteran Universitas Johns Hopkins, seperti dilansir dari Reutrs, 

"Hasil yang ditunjukkan oleh kelompok pencinta coklat adalah senyawa kimia dalam biji coklat memiliki efek yang sebanding dengan aspirin yang diketahui bisa mengurangi daya keping darah untuk menggumpal yang akan menyebabkan kondisi fatal apabila terjadi penyumbatan dan menghentikan atau memperlambat aliran darah yang dapat menyebabkan serangan jantung," tambah Becker. Sebanyak 139 orang penggila coklat ikut serta dalam penelitian yang melibatkan 1.200 orang dengan catatan medis keluarga mereka yang mengidap penyakit jantung. Penelitian ini mempelajari dampak aspirin terhadap keping darah.

Sebelum memperoleh aspirin mereka diminta mematuhi aturan secara ketat seperti berolah raga secara teratur, tak merokok, dan menghindari minuman berkafein, beralkohol, jus anggur dan minum atau makan makanan yang terbuat dari coklat. Coklat dan beberapa jenis makanan yang terbuat dari bahan yang ditemukan oleh suku Maya asli Indian di Amerika Latin bagian tengah itu terbukti memiliki dampak terhadap keping darah sama halnya dengan aspirin yang bisa memperlambat proses

pengumpalan keping darah dan menyebabkan penyumbatan dalam pembuluh darah yang akhirnya memicu serangan jantung.

"Kita tahu sebagian dari kelompok penggila coklat pasti akan melanggar aturan yang satu itu, karena beberapa di antara mereka mengatakan kepada kami, "Saya bersedia melakukan apa saja tapi tak mungkin berpisah dari coklat, sebagian lain di antara mereka mengatakan "Ya saya akan berbuat sebaik mungkin". Para dokter yang melakukan penelitian tersebut mengatakan "Baiklah berusahalah sebaik mungkin tapi yang penting adalah jangan makan coklat selama 24 hingga 48 jam sebelum Anda ikut tes uji dalam penelitian."

Beberapa orang terbukti gagal untuk melewati tes karena tak bisa mengendalikan diri dan mematuhi aturan. "Tak ada seorangpun yang menikmati coklat masih dalam bentuk butir atau bubuk, kalau mereka para penggila coklat ingin menikmatinya maka pasti mereka memilih dalam bentuk kue bertabur coklat, atau es krim coklat dengan potongan-potongan coklat didalamnya," kata Becker . Becker tidak melibatkan sejumlah penggila coklat yang jelas melanggar aturan pertama yaitu pantangan dalam penelitian dampak aspirin terhadap keping darah namun ia dan teman-temannya tetap meneliti darah para penggila coklat.


Para dokter yang meneliti mempelajari sampel keping darah dari kedua kelompok melalui mekanisme system peredaran darah yang dirancang sedemikian rupa sehingga dapat mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampel keping darah yang dimasukkan kedalam tabung plastik tipis menjadi menggumpal. Keping darah kelompok penggila coklat membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menggumpal dibandingkan dengan keping darah diluar kelompok itu, Becker menceritakan hasil temuannya di depan pertemuan ahli jantung di Chicago. Dari hasil tes urine para penggila coklat memiliki tingkat thromboxane (hasil buangan keping darah) lebih rendah. "Apakah hal itu bermanfaat bagi kondisi jantung? Ya, tapi hal itu tak lebih dari dampak satu butir aspirin sehari," jelas

Meski sangat yakin coklat bermanfaat bagi kondisi jantung, meski hal itu tak lebih dari dampak satu butir aspirin sehari, namun Becker dan tim tetap ingin mempelajari dan meneliti lebih lanjut dampak dari kebiasaan mengkonsumsi coklat dalam sekelompok masyarakat bebas. Becker dan rekan akan mencatat berapa banyak jumlah coklat yang kelompok itu makan dan kemudian akan memantau dalam beberapa tahun untuk melihat apakah para penggila coklat memiliki tingkat catatan serangan jantung, stroke dan operasi jantung yang berbeda dengan kelompok non-penggila coklat.
Studi lainnya mengatakan bahwa coklat hitam yang rasanya manis agak pahit memiliki manfaat lebih besar bagi kesehatan jantung dibandingkan dengan coklat yang memiliki kadar gula dan lemak yang tinggi.
READ MORE - Selengkapnya

Tips Hilangkan Lelah dengan Diet Buah


Tips Hilangkan Lelah dengan Diet Buah



Dalam dunia yang serba cepat ini, kita juga dituntut bergerak cepat. Banyaknya aktivitas tanpa disertai vitamin yang cukup, bisa membuat cepat lelah. Belum lagi bisa disertai stres, akan berakibat kelelahan jangka pendek.

Untuk mengatasi kelelahan, Anda diharuskan mengonsumsi banyak vitamin.Berpikir untuk membeli tablet atau suplemen vitamin? Sebaiknya pikir dua kali. Anda masih bisa mendapatkan asupan vitamin dari bahan alami yang lebih aman dan tidak punya efek samping, yaitu dari buah-buahan.

Dikutip dari Live Strong, beberapa jenis buah bisa mencukupi kebutuhan vitamin A, C dan B. Ada baiknya bila Anda memasukkan buah-buahan berikut ini ke dalam daftar diet Anda agar tubuh fit sepanjang hari.

1. Buah Beri (Sumber vitamin A)

Buah beri tidak hanya kaya akan antioksidan tetapi juga karbohidrat yang dapat memulihkan tenaga kita. Dilansir MedinePlus, karbohidrat adalah sumber energi yang baik bagi tubuh. Buah beri juga mengandung banyak vitamin A yang dapat menambah sel darah merah dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Dalam bukunya yang berjudul "The Menopause Self Help Book”, Dr. Susan M. Lark

mengatakan bahwa vitamin A adalah salah satu vitamin dan mineral yang dapat membantu mengurangi kelelahan. Buah beri juga kaya akan asam folat dan vitamin C. Jenis-jenis buah beri terdiri dari stroberi, blueberry, ceri, raspberry dan anggur.

2. Jeruk & Jambu Biji (sumber vitamin C)

Buah stroberi, jeruk dan jambu biji merupakan buah-buahan dengan kadar vitamin C tertinggi. Menurut University of Maryland Medical Center (UMMC), vitamin C dapat membantu sistem kekebalan tubuh sehingga dapat melawan rasa lelah. UMMC merekomendasikan untuk mengonsumsi sekitar 250 mg sampai 500 mg vitamin C dua kali per hari.

Secangkir stroberi mengandung sekitar 85 mg vitamin C dan setengah cangkir jeruk berisi sekitar 70 mg, sedangkan jambu biji mengandung lebih dari 350 mg vitamin C. Buah lainnya yang kaya akan vitamin C adalah markisa, kiwi, lemon dan anggur.

3. Alpukat & Pisang (sumber vitamin B)

Vitamin B membantu mengatasi gejala psikologis yang terkait dengan kelelahan, salah satunya merasa tidak termotivasi. Vitamin B juga membantu otak menghasilkan zat kimia seperti serotonin yang secara langsung mempengaruhi suasana hati. Tidak hanya itu, vitamin B juga menghasilkan Vitamin B6 (Pyridoxine), vitamin B1 (Tiamin), vitamin B5 (Asam Pantotenat), dan vitamin B7 (Biotin).

Dr. Susan menjelaskan, vitamin B bekerjasama melakukan fungsi metabolisme dasar yang mengatur vitalitas dan energi dalam tubuh. Vitamin B juga membantu tubuh mengubah makanan menjadi bahan bakar yang menghasilkan energi. Alpukat, pisang, kurma, jambu biji, leci, mangga, delima, dan markisa kaya akan vitamin B.
READ MORE - Selengkapnya

Cara Manjur Untuk Samarkan Bulu Halus di Wajah




Perhatikan lapisan kulit di area wajah ketika bercermin. Apakah tumbuh rambut-rambut halus di wajah ? Ketebalannya mungkin bervariasi. Dari yang sangat lembut hampir tak terlihat sampai yang paling mencolok biasanya di antara hidung dan bibir atas. 

Tumbuhnya rambut atau bulu halus di lapisan kulih wajah itu terjadi akibat sejumlah faktor, seperti hormon, usia, dan genetika. Bagi sejumlah orang, kondisi ini kerap mengganggu. Tak jarang mengurangi rasa percaya diri. 

Jika Anda mengalaminya, coba lakukan sedikit perawatan untuk mengontrol pertumbuhannya.

Simak tips berikut

Tekankan ke kulit
Salah satu cara termudah untuk menyamarkan penampakan bulu-bulu di wajah adalah melakukan teknik merias dengan menekan lapisan kulit sedikit lebih keras. Teknik sederhana ini memungkinkan rambut-rambut halus menempel erat di kulit dan tidak terlihat mencolok.

Mencukur
Jangan mencukur bulu-bulu di wajah dengan menggunakan alat cukur yang biasa digunakan untuk mengenyahkan bulu-bulu di area lain, seperti kaki atau ketiak. Gunakan alat cukur yang khusus untuk membantu menghilangkan bulu di daerah sensitif seperti wajah.

Meskipun metode ini tidak akan benar-benar menghilangkan bulu, namun cukup efektif menyamarkan bulu berwarna gelap di wajah.

Untuk menghilangkan bulu di wajah dalam periode lebih lama, Anda dapat menggunakan teknik waxing. Agar mendapatkan hasil maksimal, jangan lupa untuk memakai gel yang diformulasikan khusus untuk wajah.

Memperlambat tumbuh
Mengenyahkan bulu secara permanen mungkin sulit dilakukan. Meski berhasil mencabut sampai akar, Anda tidak akan bisa menghentikan pertumbuhannya. Yang dapat Anda coba adalah menggunakan beberapa produk penghilang bulu yang sekaligus memperlambat pertumbuhannya. Tapi ingat, pastikan memilih produk yang aman.
READ MORE - Selengkapnya

3 BAHAYA YANG PERLU DIWASPADAI DI SALON KECANTIKAN

3 BAHAYA YANG PERLU DIWASPADAI DI SALON KECANTIKAN



Ada 3 bahaya yang harus diwaspadai di salon kecantikan. Salon atau klinik kecantikan adalah tempat yang banyak dikunjungi orang untuk mempercantik penampilan, namun ternyata salon juga bisa jadi tempat sarang kuman dan bakteri yang membahayakan kesehatan. Meski ada 3 bahaya yang harus diwaspadai di salon kecantikan, bukan berarti Anda harus menghindari pergi ke salon atau spa hanya karena takut tertular kuman atau penyakit.

Dengan memperhatikan hal-hal kecil, maka risiko terkena penyakit akan berkurang. Apa saja yang harus diwaspadai saat berada di salon kecantikan?

1. Salon Kuku
Salon kuku adalah salah satu tempat kecantikan dengan risiko penularan penyakit paling tinggi. Bakteri, jamur, bahkan penyakit Hepatitis C bisa tertular lewat penggunaan peralatan manikur/pedikur yang tidak steril, seperti dikutip dari ourvanity. Sebelum mulai perawatan, selalu perhatikan cara therapist mensterilkan alat-alat yang akan digunakan. Tidak ada salahnya Anda meminta izin untuk melihat proses pembersihannya.

Pilih salon kuku yang terpercaya dan sudah terkenal kebersihannya. Jika ingin lebih aman dan yakin, ada baiknya Anda membawa peralatan manikur/pedikur sendiri. Beberapa salon kuku pun sudah ada yang menerapkan sistem seperti itu.

2. Salon Rambut
Salon rambut juga tidak seaman yang kita pikir. Gunting rambut dan alat cukur bisa saja terkontaminasi bakteri atau penyakit kulit dari pelanggan yang datang sebelumnya. Tanyakan apakah gunting yang akan dipakai sudah dibersihkan dengan benar.

Waspadai juga produk-produk yang digunakan untuk mengecat, mengeriting atau meluruskan rambut. Campuran bahan-bahan kimia mungkin bisa menimbulkan iritasi dan reaksi alergi. Tanyakan merek dan kandungan apa saja yang ada dalam produk yang akan digunakan. Mungkin staf salon akan menganggap Anda terlalu cerewet dan merepotkan, tapi yakinkan mereka bahwa Anda tidak mau ambil risiko terkena iritasi kulit karena pemakaian produk dari mereka.

3. Tempat Waxing
Inilah tempat yang paling riskan bagi kesehatan kulit Anda. Waxing adalah salah satu prosedur kecantikan yang paling berisiko menimbulkan iritasi dan kerusakan kulit, karena adanya kontak langsung antara produk dan permukaan kulit. Apalagi jika ingin waxing di daerah sensitif, misalnya area Miss V.
Yang paling terpenting adalah memastikan stik untuk mengoleskan wax langsung dibuang setelah digunakan. Pastikan juga wax yang digunakan itu aman dan tidak menyebabkan iritasi.

Beberapa salon kecantikan mungkin menyediakan servis waxing, tapi akan lebih aman jika Anda datang ke tempat waxing khusus yang bereputasi yang terjaga keamanannya. Tanyakan juga pada therapist bagaimana cara perawatan yang benar setelah waxing.
READ MORE - Selengkapnya

Tips menghindari Cedera Saat Fitnes

Tips menghindari Cedera Saat Fitnes


Anda member baru di klub fitnes? Berarti Anda perlu tahu aturan sebelum berolahraga di gym. Meskipun sifatnya tidak resmi, beberapa aturan ini patut Anda ikuti agar terhindar dari cedera dan mendapatkan hasil yang optimal.

Althea Shah, instruktur fitnes di Gold's Gym cabang India, Mumbai memberikan daftar apa saja yang harus dan tidak boleh dilakukan saat olahraga di gym. Ini dia tipsnya, seperti dikutip dari times of india.

1. Jangan Angkat Beban Berlebihan
Jangan pernah mengangkat beban lebih dari kemampuan otot dan tubuh Anda. Latihan progresif atau berkelanjutan akan lebih efektif meningkatkan kekuatan otot, dibandingkan angkat beban terlalu berat tapi dilakukan tidak rutin.

2. Bersihkan Alat

Gym
Selalu lap peralatan olahraga dengan handuk bersih sebelum dan setelah memakainya. Cara ini akan mencegah penyebaran kuman penyakit. Mungkin para staf di tempat gym sudah diberikan instruksi untuk selalu membersihkan alat-alat fitnes. Tapi tidak ada salahnya bila Anda memastikan kebersihannya sendiri.

3. Jangan Berjalan di Area Gym dengan Kaki Telanjang
Lalu lalang orang di ruang loker, ditambah kurangnya sinar matahari bisa jadi tempat yang 'baik' bagi kuman untuk berkembang. Jangan berjalan telanjang kaki di tempat gym. Selalu kenakan sepatu, tidak hanya mencegah Anda terkena jamur penyebab gatal dan merah-merah tapi juga mencegah terpeleset saat lantai basah.

4. Matikan Ponsel
Gym adalah tempat untuk berolahraga, jadi hanya lakukan itu ketika Anda di sana. Mengirim pesan teks, chatting atau bertelepon tidak hanya memakan waktu percuma, tapi juga meningkatkan risiko terkena cedera saat nge-gym.

Dikutip dari Livestrong, satu dari tiga kasus kecelakaan saat treadmill terjadi karena mereka menggunakan telepon sambil olahraga. Untuk mencegah cedera, pelajari dulu bagaimana menggunakan alat-alat fitnes dan matikan atau pasang mode silent selama olahraga.

5. Periksa Keamanan Alat Fitnes
Sebelum menggunakan alat-alat fitnes, periksa keamanannya. Cek apakah ada baut yang kendur atau partikel lain yang terselip pada alat. Teliti juga kabel pada mesin olahraga yang menggunakan listrik untuk antisipasi bila ada karet kabel yang terkelupas. Jika mesin mengeluarkan suara gemeretak atau tidak berfungsi seperti biasanya, segera hentikan latihan dan laporkan pada instruktur atau staf.

sumber : http://www.wolipop.com
READ MORE - Selengkapnya

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails