Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Khasiat Air Kelapa Muda Hijau (Degan Ijo)

Air kelapa muda selain enak diminum dalam kondisi segar juga Khasiat Air kelapa Muda adalah sebagai obat berbagai jenis penyakit. Seperti dibawah ini :

Sediakan satu genggam beras. Rendam dalam air kelapa muda yang masih berada dalam tempurung selama 5-7 jam hingga beras terasa asam. Setelah itu giling hingga menjadi bubur halus (tepung). Kemudian oleskan bahan tersebut pada bagian tubuh yang terkena gatal, eksim, luka, atau telapak kaki pecah. Lakukan setiap hari selama 3-4 hari.


Sediakan sejumput bubuk kunyit dan air kapur sirih. Campur dengan air kelapa. Oleskan pada bagian yang terkena luka bakar, misalnya pada telapak tangan atau telapak kaki. Rasa panas pun akan cepat hilang.


Minum air kelapa mudah hijau yang dicampur dengan air perasan jeruk nipis secara teratur.

Berikan air kelapa muda yang diberi sedikit sari jeruk sitrun kepada anak yang mengalami gangguan cacingan. Perlu diperhatikan harus diminumkan secara teratur.

Penderita disentri biasanya akan merasa penat di kaki, demam tinggi, tinja berlendir dan bercampur darah, sering buang air, urine berwarna gelap. Untuk menjernihkan urine, minumlah air kelapa hijau. Bila urine sudah normal, hentikan minum air kelapa tersebut. Namun, apabila ingin minum air kelapa hijau lagi tidak apa - apa, asalkan jangan berlebihan.

Siapkan satu gelas air kelapa campur dengan 25 gram pasta kunyit, biarkan semalam. Keesokan harinya, tambahkan ke dalam ramuan tersebut tiga sendok teh bubuk cendana merah. Aduk sampai merata. Simpan selama tiga hari. Setelah itu, saring ramuan dengan menggunakan kain kasa atau saringan yang rapat. Simpan air perasan dalam botol. Oleskan ramuan tersebut pada wajah yang berjerawat, dua kali sehari sampai jerawat lenyap.

Untuk menghindari kerutan di wajah yang datang lebih dini, basuhlah wajah dengan air kelapa, sesering Anda suka.

Air kelapa hijau dicampur dengan satu sendok teh garam. Gunakan untuk mencuci rambut guna mencegah tumbuhnya uban.

Campur air kelapa dengan sedikit madu, lalu minum. Ramuan ini mampu merangsang pusat-pusat seksual tubuh. Namun juga perlu diperhatikan juga bagaimana cara anda melakukan hubungan dengan pasangan anda. Karena air kelapa ini hanya merangsang gairah seks anda.

Minum air kelapa muda yang telah diembunkan selama satu malam. Setelah itu diminum secara teratur. Dijamin suara anda merdu layaknya hembusan angin sepoi - sepoi di pinggir pantai.
READ MORE - Selengkapnya

4 Cara Pantau Kesehatan Ginjal

4 Cara Pantau Kesehatan Ginjal




Anda sering merasa sakit di bagian pinggang belakang? Bisa jadi, fungsi ginjal Anda sedang terganggu. Anda bisa cek kesehatan kedua ginjal Anda dengan empat cara berikut:


1.Ureum. Ureum adalah hasil akhir metabolisme protein yang berasal dari asam amino. Zat amonia dikirim ke dalam hati dan mencapai ginjal, lalu dibuang sekitar 30 gr setiap hari. Kadar ureum normal yang dihasilkan adalah 20-40 mg untuk setiap 100 cc darah. Tetapi hal itu pun tergantung dari jumlah protein yang diasup, fungsi hati, berat dan tinggi badan seseorang.

2.Kreatinin. Zat ini merupakan produk sisa perombakan kreatin fosfat yang terjadi di otot. Kreatinin adalah zat racun dalam darah. Biasanya ia akan mengendap dalam darah bila ginjal sudah tidak berfungsi dengan normal. Kadar kreatinin yang melebihi 1,6 mg per dl (desiliter), patut diwaspadai, dan memungkinkan Anda harus melakukan hemodialisis (teknik untuk menyaring limbah dalam darah atau di Indonesia biasa disebut cuci darah).

3.Creatinine Clearence Test, merupakan prosedur uji laboratorium yang meneliti efisensi glomerular filtration rate (GFR). Nilai GFR dan jumlah kreatinin dibandingkan, dan hasilnya akan menjelaskan fungsi ginjal.

4.Glomerular Filtration Rate, merupakan hasil keseluruhan indeks pemeriksaan fungsi ginjal. The National Kidney Foundarion menyatakan bahwa hasil tes ini memiliki variasi yang berbeda, tergantung usia, jenis kelamin, dan berat serta tinggi tubuh. (anggita/visualphotos)
READ MORE - Selengkapnya

10 Makanan yang Beracun, Tetapi Kita Tidak Mengetahuinya

10 Makanan yang Beracun, Tetapi Kita Tidak Mengetahuinya


Kita banyak yang tidak mengetahui kandungan yang ada pada makanan yang sering kita makan, padahal banyak sekali makanan yang mempunyai kandungan zat yang berbahaya bagi tubuh dan yang lebih menarik adalah ternyata banyak sekali makanan yang mengandung racun tetapi sering kita makan, nah di bawah ini adalah 10 makanan beracun yang sering kita makan.

1. Tomat
Banyak diantara kita yang tidak tau bahwa tomat ternyata beracun. Walau buah tomatnya sendiri tidak beracun, tetapi daun dan ranting tanaman tomat mengandung glycoalkaloid yang bisa mengakibatkan sakit perut dan gugup. Daun dan ranting tomat bisa digunakan dalam memasak, tapi tidak bisa dimakan. Glycoalkaloid ini adalah racun yang kuat yang bahkan digunakan untuk mengontrol pes.

2. Apel
Apel sangatlah terkanal sebagai buah yang enak dan sehat tetapi taukah anda bahwa apel mengandung Cyanide/ sianida, walaupun hanya dalam jumlah sedikit. Kandungan sianida ini terdapat di dalam biji apel. Walaupun memakan semua biji yang ada dalam 1 apel tidak akan mematikan, tetapi adalah sesuatu hal yang harus dijauhi. Karena bila anda memakannya dalam jumlah tertentu, akan mengakibatkan komplikasi

3. Cheri
Cheri adalah makanan yang bisa dimakan paling bervariasi. Bisa dimakan mentah, dibakar, dijadikan manisan, bahkan di dalam minuman keras. Walaupun Cheri terkenal enak, buah ini mengandung racun hidrogen sianida. Kalau pip cheri ini terkunyah atau hancur secara tidak sengaja, ia akan mengeluarkan hidrogen sianida. Keracunan hidrogen sianida dalam dosis kecil akan mengakibatkan pusing, kebingungan, dan muntah. Keracunan dalam dosis yang besar akan mengakibarkan kesulatan bernafas, kenaikan tekanan darah dan detak jantung, bahkan gagal ginjal yang bisa mengakibatkan koma dan juga kematian karena saluran pernafasan.

4. Almond
Walaupun orang menyebutnya kacang Almond sebenarnya adalah biji-bijian, yang sangat terkenal di dunia. Seperti hal nya Apel, Almond juga mengadung sianida. Almond ini sangat beracun bila tidak diproses di panas yang benar untuk mengeluarkan racun nya. Di banyak negara, Almond ini dilarang dijual sebelum diproses untuk mengeluarkan racun sianida darinya.

Pasti semua dari kita sudah pernah mendengar bahkan memakan kentang. Yang belum kita dengar mungkin adalah bahwa kentang ini beracun. Ranting dan daun bahkan kentang nya sendiri beracun. Kalau anda pernah perhatikan kentang lebih dekat, kemungkinan besar dari kita pernah melihat kentang yang agak kehijau-hijauan. Ini adalah disebabkan oleh racun glycoalkaloid. Dalam sejarah, kematian akibat kentang ini pernah terjadi walaupun jarang.

Kebanyakan adalah karena meminum teh daun kentang atau memakan kentang yang kehijau-hijauan. Kematian ini tidak datang secara cepat dan mendadak, tetapi bisanya korban nya akan menjadi lemas dan kemudian jatuh koma. Oleh sebab itu, janganlah mengkonsumsi kentang yang mempunya bulatan seperti bola mata hijau, kulit kehijau-hijauan, atau yang telah berakar. Buanglah kentang-kentang tersebut daripada menyajikan nya.

6. Cabe
Sepertinya tidak ada seorang pun diantara kita yang tidak pernah memakan cabe. Apapun jenis cabe tersebut (cabe rawit, keriting, hijau, dsb) mengandung bahan kimia yang disebut capsaicin. Capsaicin inilah yang bikin cabe itu menjadi pedas. Kimia ini sangalah keras dimana bisa digunakan untuk menghilangkan cat, bahkan digunakan sebagai “pepper spray” yang bisa membutakan mata. Bilan capsaicin ini dimana dalam jumlah tertentu, akan menyebabkan kematian.

Seperti halnya almond, kacang monyet ini sebenarnya bukanlah kacang melainkan adalah biji-bijian. Pada saat anda membli kacang monyet yang mentah, sebenarnya kacang tersebut sudahlah tidak mentah tetapi sudah dikukus terlebih dahulu. Ini dikarenakan, kacang ini mengandung racun urushiol yang harus di kukus dulu untuk menghilangkan racun tersebut. Keracunan kacang monyet ini sangat jarang, tetapi orang-orang yang bekerja di pabrik untuk memisahkan kacang monyet dari kulitnya kadang mengalami efek samping yang disebabkan oleh racun urushiol.

8. Jamur
Ada sekitar 5000 jenis jamur di Amerika dan sekitar 100 disebut beracun dan kurang dari selusin adalah jamur yang memtikan. Secara umum, jamur bisa mengakibatkan gangguan gas dalam pencernaan usus bagi yang alergi terhadapnya. Karena banyaknya jenis jamur yang ada didunia, sangatlah susah untuk mengetahui persis yang mana yg beracun. Pada dasarnya, jamur yang tumbuh secara liar lebih mungkin beracun. Salah satu jenis jamur yang paling beracun adalah “Alpha-amanitin”, yang dapat merusak lever.

Ikan Pufferfish adalah veterbrata paling beracun kedua di dunia. Orang Korea dan Jepang paling suka memakan ikan ini. Banyak yang tidak tau bahwa lever dari ikan ini adalah sangan beracun yang dapat mengakibatkan kematian. Racun tersebut dikenal dengan nama tetrodotoxin yang bisa menyebakan darah tinggi, mati rasa yang dan paralysis urat yang bisa menyebabkan kegagalan dalam bernafas dan kematian.

Mungkin tidak banyak dari kita yang tau makanan ini. Cassava banyak ditemukan di karibean dan Amerika Selatan. Cassava ini bisa dimakan manis ataupun pahit.Makanan ini mengandung cyanogenic glocosides yang ternyata sangat beracun. Dari baunya, cassava akan mengusir serangga bahkan juga binatang, dan kalau tidak di proses secara benar akan mengakibatkan kematian.
READ MORE - Selengkapnya

Penyebab Ingin Muntah Saat Menggosok Gigi

Rasa mual saat menggosok gigi -umumnya pada pagi hari- ternyata dialami oleh banyak orang. Rasa ingin muntah ini juga sering muncul secara tiba-tiba.


Sebelumnya Anda tidak mengalaminya, namun sejak beberapa minggu terakhir ini Anda merasakan dorongan untuk muntah tersebut. Meski begitu, jarang yang merasa mual hingga muntah. Kebanyakan orang hanya mengeluarkan suara ingin muntah, atau setelah bersendawa rasa mual itu hilang dengan sendirinya.

Penyebab rasa mual ini ada berbagai macam:

1. Anda memiliki tenggorokan yang sensitif. Bagian belakang tenggorokan mengalami kontraksi yang menghentikan obyek memasuki tenggorokan, kecuali saat Anda ingin menelan secara normal.

2. Anda menggosok gigi terlalu kencang sehingga menekan bagian dalam tenggorokan. Ingat kan, seorang penderita bulimia biasanya mencolok mulutnya sampai akhirnya memuntahkan makanannya.

3. Faktor psikologis, karena Anda pernah muntah saat menggosok gigi terlalu kencang. Kejadian tak sengaja itu rupanya membekas, sehingga Anda selalu merasa khawatir akan muntah saat menggosok gigi. Pikiran negatif juga bisa menyebabkan kejadian yang negatif.

4. Ada yang mengatakan bahwa mual saat menggosok gigi juga disebabkan oleh naiknya asam lambung (maag). Coba Anda perhatikan, apakah di antara busa pasta gigi Anda terdapat cairan kental berwarna bening kekuningan?

5. Anda sedang hamil, sehingga rasa mual merupakan bagian dari morning sicknessyang Anda alami.

Berdasarkan berbagai penyebab ini, Anda sebenarnya dapat mengatasi rasa mual saat menggosok gigi tersebut.


1. Bernafas melalui mulut saat menggosok gigi. Tarik nafas dalam-dalam saat ingin muntah, dan hindari menahan nafas, atau berkonsentrasi bernafas dengan satu cara, karena hal itu hanya akan memperparah keadaan.

2. Jangan membuka mulut terlalu lebar atau dengan kaku. Lemaskan otot-otot mulut dan tenggorokan Anda. Bila memungkinkan, gosoklah gigi Anda perlahan-lahan tanpa membuka mulut. Jika asam lambung naik, buang dulu busa pasta gigi Anda.

3. Jangan memasukkan sikat gigi terlalu dalam, dan menyikat dengan kuat, karena tanpa sengaja tangan Anda bisa menyodok terlalu keras.

4. Ganti sikat gigi dengan bulu yang lebih lembut, atau ganti pasta gigi dengan rasa yang tidak terlalu pedas. Anda bisa memilih pasta gigi yang rasanya Anda sukai.

5. Minum air hangat saat bangun tidur, lalu berkumur dengan air hangat saat menggosok gigi.

6. Jika Anda tidak yakin dengan kebersihan gigi karena berhenti menggosok gigi sebelum menyentuh semua gigi, bantu dengan obat kumur atau tongue scrapers untuk membersihkan lidah Anda (Anda bisa membelinya di apotek).

7. Jika penggunaan tongue scrapers tetap membuat Anda mual, gunakan dental floss untuk menyapu lidah Anda. Ambil floss sepanjang biasanya, lalu sapukan ke lidah Anda dari dalam ke luar. Cara ini akan cukup berhasil untuk yang memiliki tenggorokan sensitif.
READ MORE - Selengkapnya

Ryan McKenna, Pria yang Tubuhnya Tiba-tiba Menjadi Tubuh Wanita Secara Alami

Ryan McKenna, Pria yang Tubuhnya Tiba-tiba Menjadi Tubuh Wanita Secara Alami 


Di Dunia ada banyak orang yang memilih menjadi transgender atau berganti kelamin. Demi memiliki jenis kelamin seperti yang dinginkan, para transgender mau melakukan apa saja termasuk opersai. Ya, operasi sepertinya bukan hal yang asing lagi bagi para transgender. Tapi apa mungkin KIta dapat merubah bentuk tubuh menjadi jenis kelamin lain tanpa melakukan operasi? Mustahil memang, tapi hal ini lah yang tengah terjadi pada Ryan McKenna.

Ryan McKenna, 19 tahun yang terlahir sebagai seorang pria. Memang dari kecil Ryan menyesali dirinya adalah seorang pria, namun hal tersebut tak lantas membuatnya berharap untuk menjadi seorang wanita.

“Saya selalu sangat frustasi karena saya bukan seorang gadis, tapi saya tidak pernah mengharapkan menjadi seorang gadis,” jelasnya.

Namun suatu keanehan terjadi pada saat pria ini beranjak remaja. Secara alami, tubuhnya mengalami perubahan. Payudara Ryan tampak membesar, pinggulnya pun melengkung bak perempuan. Bukan hanya tubuh yang berubah, namun pita suara yang berasal dari Houghton Regis, Inggris, inipun tampak berubah. Suara yang Ia miliki lembut seperti suara perempuan. Perubahan tersebut terjadi akibat tubuhnya mengalami ketidakseimbangan hormon.

Meski kini Ryan telah berpenampilan sebagi seorang wanita, tampaknya Ryan tak berniat untuk mengganti nama seperti yang dilakukan para transgender lainnya. Ryan mengungkapkan bahwa Ia sangat senang dengan tubuhnya yang sekarang. Di tambah Ia tak harus mengeluarkan uang untuk beroperasi.

Meski kini Ryan telah berpenampilan sebagi seorang wanita, tampaknya Ryan tak berniat untuk mengganti nama seperti yang dilakukan para transgender lainnya. Ryan mengungkapkan bahwa Ia sangat senang dengan tubuhnya yang sekarang. Di tambah Ia tak harus mengeluarkan uang untuk beroperasi.

“Transformasi saya luar biasa. Dulu saya adalah anak laki-laki, lalu tubuh saya membentuk lekuk seperti wanita. Saya sangat beruntung,” jelas Ryan.

Meski sempat berkeinginan menjadi seorang wanita, Ryan tak peranh melakukan facial, wax ataupu hal lain yang biasa dilakukan wanita. Saat masa pubertas datang, bokongnya tiba-tiba saja membesar dan pinggangnya membentuk lekuk tubuh layaknya jam pasir.

Kegembiraan yang dirasakan oleh Ryan tampaknya tidak terlalu didukun keluarga. Ayahnya adalah seorang lelaki sejati, sehingga sulit baginya menerima bahwa putranya berubah menjadi seorang wanita.

Sebenarnya keganjilan telah terlihat oleh keluarga sejak Ryan berusia 6 tahun. Ibunya menemukan benjolan kecil di dada Ryan dan membawanya ke dokter. Dokter mengatakan Ryan memiliki tingkat estrogen yang tinggi, yang bisa mengubahnya menjadi seorang wanita. Namun sepertinya Ibunya lupa dengan peringatan dokter tersebut sampai Ryan menginjak usia 18 tahun Tubuh Ryan bertransformasi.
READ MORE - Selengkapnya

Sindrom Langka Membuat Pria Merasa Hamil

Sindrom Langka Membuat Pria Merasa Hamil



Pada awal masa kehamilan, wanita seringkali merasakan mual dan sakit kepala pada pagi hari hingga tak jarang menyebabkan muntah. Peningkatan hormon estrogen adalah penyebab sindrom yang disebut morning sickness ini.

Namun hal tersebut juga dirasakan oleh Mike Dowdall, pria berusia 25 tahun asal Manchester, Inggris. Sebagaimana istrinya Amanda Bennett yang tengah hamil muda, Mike pun merasakan mual setiap pagi dan memaksanya berlari ke toilet setelah bangun tidur. Perilakunya tersebut membuat Amanda heran, ia mengira Mike hanyalah membuat lelucon. Namun kejadian tersebut berlangsung lama dan rutin.

Lalu Mike berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui lebih jelas apa penyebabnya, dan diketahui Mike mengalami sindrom Couvade. Sindrom langka ini bisa menyebabkan seorang pria seolah sedang mengalami kehamilan. 



Perubahan fisik seperti perut membengkak, peningkatan berat badan, muka merah, ngidam dan cepat lelah, juga dirasakan Mike. Dalam tahap lanjut, penderita bisa mengeluhkan kram perut, kehilangan nafsu makan, sakit gigi, mimisan dan gatal. Gejala tersebut akan menghilang setelah kelahiran bayi. Penyebab sindrom ini belum diketahui secara rinci. 

Perkiraan beberapa ahli, sindrom Couvade muncul dari kondisi psikosomatik (gangguan jiwa ringan) yang disebabkan oleh faktor kecemasan pria atau karena adanya ikatan batin antara pasangan.
READ MORE - Selengkapnya

MENGATASI ANAK SUSAH TIDUR MALAM HARI

 TIPS MENGATASI ANAK SUSAH TIDUR MALAM HARI

Beberapa orang tua sering sekali mengeluh dengan anaknya yang susah tidur dimalam hari. Bahkan tak jarang orang tua juga harus ikut bergadang demi menemani anaknya bermain. Hal ini tentu saja menjadi masalah bagi kebanyakan orang tua apalagi bagi mereka yang mempunyai kegiatan dikeesokan harinya. Jika hal ini terjadi pada Anda, tak ada salahnya mencoba cara-cara di bawah ini:

1. Atur Pola Tidur Anak Susah tidur malam yang dialami oleh anak bisa saja terjadi karena faktor kebiasaan. Membiarkan anak Anda selama ini tidur terlalu malam dengan menemani dia bermain adalah sama dengan membiasakannya untuk tidur larut. Hal ini lah yang sebaiknya Anda ubah dengan mengatur pola dan jadwal tidurnya. Hal yang mungkin dapat Anda lakukan adalah tidak membiarkan anak Anda tidur siang terlalu lama.


Tidur siang memang baik untuk buah hati Anda, Tapi jika Anda membiarkannya tidur terlalu lama di siang hari, sama halnya dengan membiarkannya untuk tidur larut di malam hari. Di sarankan untuk membiarkan anak tidur cukup hanya 2 jam saja di siang hari. Setiap anak membutuhkan yang namanya tidur siang guna memberikan energi padanya. Anak yang tak terbiasa dengan tidur siang, biasanya cenderung mengantuk disore hari sehingga memutuskan tidur disore hari dan bangun di malam hari. Ketika mereka terbangun, tak jarang mereka tak dapat tidur kembali. Untuk itu, Anda sebagai orang tua juga harus memberikan waktu tidur siang untuk sang buah hati dan jangan membiarkannya tidur disore hari.

2. Bermain di Pagi Hari Bermain merupakan hala yang paling disenangi oleh anak-anak. Untuk itu ajak atau berilah anak Anda mainan yang disuakainya. Tapi tunggu dulu! mengajak Anak bermain juga punya waktunya. Ada baiknya Anda sebagai orang tua Membiarkan anak aktif bermain saat pagi hari baik di rumah atau di luar rumah bersama teman-temannya. Hal ini di sebabkan ketika bermain, tanpa sadar sang anak menghabiskan energinya. Anak yang aktif bermain di pagi hari, biasanya telah lelah ketika malam tiba, hal inilah yang membuat anak memilih untuk segera tidur.

3. Pastikan Perut Tidak Kosong Ketika perut seseorang kosong, pasti orang tersebut akan gelisah. Hal ini jugalah yang dapat menjadi faktor anak anda susah tidur dimalam hari. Untuk itu, selalu pastikan anak Anda sudah makam malam. Ketika perut anak Kenyang biasanya mereka juga menjadi lebih mudah tertidur.


4. Lingkungan Tidur yang Nyaman Coba perhatiakan kodisi tempat tidur dan keadaan lingkunga sekitar tempat diamana anak Anda tidur. Sudah bersihkah? sudah nyamankah?. Anak tak mungkin bisa tidur jika dia mendengar suara berisik diluar kamarnya. Mereka juga takan bisa tidur jika ruangan kamarnya ada bau yang tak sedap. Untuk itu, anda sebagai orang tua tak ada salahnya bebenah di sore hari. Selain itu, pastikan letak kamar anak tak bersebelahan dengan ruang tv atau ruangan kakaknya yang sering memasang radio.

READ MORE - Selengkapnya

7 Penyebab Seseorang Bisa Jatuh Pingsan

7 Penyebab Seseorang Bisa Jatuh Pingsan


Pingsan (sinkop) adalah kehilangan kesadaran secara tiba-tiba, biasanya hanya beberapa detik atau menit, karena otak Anda tidak mendapatkan cukup oksigen.

Otak memiliki beberapa bagian, termasuk dua belahan otak, otak kecil, dan batang otak. Otak membutuhkan aliran darah untuk menyediakan oksigen dan glukosa ke sel-selnya.

Agar tubuh tetap sadar, sebuah area yang dikenal sebagai sistem pengaktif retikuler yang terletak di batang otak harus hidup, dan setidaknya satu belahan otak harus berfungsi.

Pingsan terjadi bila sistem pengaktif retikuler atau kedua belahan otak kekurangan darah, oksigen, atau glukosa.

1. Reaksi saraf vagus

Pingsan kebanyakan dipicu oleh saraf vagus yang menghubungkan sistem pencernaan ke otak dan berperan mengelola aliran darah ke otak dan usus. Overstimulasi saraf vagus memperlambat denyut jantung dan menurunkan tekanan darah sehingga mengurangi asupan darah ke otak yang menyebabkan pingsan.

Stres berat, ketakutan, kecemasan, panik, dan rasa sakit yang kuat dapat merangsang saraf vagus.

2. Perubahan tekanan darah

Perubahan tekanan darah dapat menyebabkan Anda pingsan. Kadang-kadang, jantung dan pembuluh darah tidak bereaksi cukup cepat ketika kebutuhan oksigen tubuh Anda berubah. Hal ini sangat umum pada orang tua dan pada orang yang memiliki kondisi kesehatan tertentu, seperti diabetes. Pingsan dapat terjadi bila Anda berdiri terlalu lama atau bekerja lebih keras dari kemampuan.

3. Anemia

Anemia (kekurangan jumlah sel darah merah) dapat menyebabkan pingsan karena tidak cukup sel darah merah untuk memasok oksigen ke otak. Anemia dapat disebabkan oleh kurangnya asupan zat besi, penyakit atau perdarahan (misalnya, menstruasi berlebihan).

4. Dehidrasi

Kekurangan cairan dalam tubuh (dehidrasi) juga dapat menyebabkan pingsan. Dehidrasi dapat disebabkan oleh muntah, diare, demam, berkeringat, luka bakar atau kurang minum. Beberapa penyakit seperti diabetes juga dapat menyebabkan dehidrasi karena terlalu sering buang air kecil. Muntah dan diare, khususnya, juga merangsang saraf vagus sehingga berefek ganda.

5. Syok

Syok adalah kondisi yang ditandai oleh tekanan darah rendah yang kemudian dapat menyebabkan kehilangan kesadaran. Syok adalah keadaan darurat berbahaya yang biasanya berasal dari perdarahan, tetapi juga bisa berasal dari alergi parah (anafilaksis) atau infeksi parah. Korban syok biasanya terlihat bingung, sebelum kehilangan kesadaran saat kondisinya semakin buruk.

6. Obat

Obat-obatan yang dimaksudkan untuk mengendalikan tindakan tekanan darah tinggi dapat terlalu banyak menurunkan tekanan darah sehingga menyebabkan pingsan. Alkohol, kokain dan ganja juga dapat menyebabkan pingsan. Berbicaralah dengan dokter jika Anda berpikir pingsan Anda mungkin berhubungan dengan obat yang Anda pakai.

7. Hipoglikemi

Kekurangan gula darah (hipoglikemi) dapat membuat Anda pingsan. Hipoglikemi tidak hanya disebabkan oleh diabetes, tetapi juga karena Anda tidak makan untuk waktu yang lama.

Tips : Apa yang harus dilakukan bila Anda merasa akan pingsan?

Sebelum pingsan, Anda biasanya merasa pening, pusing, ruangan seperti berputar, mual dan berkeringat dingin. Anda juga mungkin mengalami penglihatan kabur atau pendengaran berdesing.

Jika Anda merasa seperti akan pingsan, berbaringlah. Jika Anda tidak dapat berbaring, duduk dan berjongkoklah dengan meletakkan kepala Anda di antara lutut Anda.

Hal ini membantu mengalirkan darah ke otak Anda. Tunggulah sampai Anda merasa lebih baik sebelum mencoba berdiri. Ketika Anda berdiri, lakukanlah perlahan-lahan.
READ MORE - Selengkapnya

Xeroderma Pigmentosum, Anak Anti Matahari

Xeroderma Pigmentosum, Anak Anti Matahari

Apa Itu XP?
Xeroderma pigmentosum (XP) pertama kali ditemukan pada 1874 oleh Hebra and Kaposi. Xeroderma pigmentosum merupakan kelainan resesif pada autosom,karna bermutasinya beberapa gen yang terlibat dalam perbaikan – pemotongan dimer timin, dimer timin-sitosin, ataupun dimer sitosin pada DNA.

Penderita penyakit langka ini akan mengalami photosensitivity (sensitif terhadap cahaya), kelainan pigmen, dan dapat dengan mudah terkena kanker kulit. sehingga pasien XP ini umumnya meninggal pada usia muda akibat kanker kulit.Penyakit ini umumnya terlihat pada anak usia 1-2 tahun.

Namun meskipun tergolong penyakit langka (Frequensi di US dan Eropa adalah sekitar 1 kasus per 250.000 populasi; frekuensi di Jepang adalah sekitar 1 kasus per 40.000 populasi), XP ditemukan hampir pada seluruh ras manusia di bumi.

Sinar UV dari matahari dapat menyebabkan mutasi pada sel tubuh, menyebabkan timbulnya kerusakan pada DNA berupa dimer timin, dimer timin-sitosin, ataupun dimer sitosin. Kerusakan atau mutasi pada DNA akibat sinar UV ini dapat diperbaiki dengan menggunakan proses fotoreaktivasi & dengan dibantu oleh enzim fotoliase (photoreactivating enzyme). Enzim ini diproduksi oleh gen phr dan berfungsi dalam memotong dimer. Gen phr ini ditemukan cukup banyak pada sel organisme eukariot, kecuali pada penderita XP sehingga pada penderita XP aktivitas enzim fotoliase ini cukup rendah.

Di Indonesia, kasus penyakit ini masih jarang dijumpai. Ada beberapa laporan tapi jumlahnya tidak banyak.
Di Amerika Serikat, angka kejadian penyakit ini hanya sepersejuta dari populasi. Dengan kata lain, dari satu juta orang, hanya ada satu penderita XP. Persentasenya kecil sekali. Jika angka kejadian di negara kita dianggap sama, maka di seluruh penjuru Indonesia, hanya ada sekitar 200-an penderita kelainan kulit ini.

Penyakit ini berupa kelainan pada DNA sel kulit. Pada orang normal, DNA ini bertugas memperbaiki sel-sel yang rusak. Tapi pada penderita XP, DNA ini abnormal sehingga tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya.
Ia tidak bisa melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Akibatnya, kulit menjadi sangat sensitif terhadap sinar Matahari yang memang kaya UV.Jika terkena sinar Matahari, sel-sel kulit akan rusak.

Gejala
- luka terbakar

- banyak bintik-bintik di kulit

Freckles (bercak-bercak hitam) akan muncul di bagian-bagian kulit yang terbuka. Pola penyebaran bercak ini khas, hanya muncul di bagian kulit yang tidak tertutup oleh pakaian. Misalnya, wajah, leher, lengan, atau tungkai. Di bagian yang terlindung dari sinar Matahari (misalnya di dada dan perut), kulit tidak mengalami masalah apa-apa.

Bercak-bercak hitam ini memang tidak terasa gatal atau sakit. Tapi jika kulit terus-menerus dibiarkan terpapar sinar matahari, masalahnya bisa menjadi serius. Penyakit bisa berkembang menjadi kanker kulit.

- kulit tipis

- mata sensitif pada sinar matahari

Akibat Pernikahan Sekerabat

orang jepang memiliki resiko 6x lebih besar terkena XP (xenoderma pigmentosum)

Karena gangguan XP terjadi pada cetak biru sel, penyakit ini bersifat genetik. Tidak menular, melainkan menurun dari orangtua kepada anak. Namun, ini tidak berarti penderita XP pasti orangtuanya juga menderita XP. Tidak.
Dua orangtua sehat bisa saja mempunyai anak yang menderita XP jika keduanya membawa gen penyakit ini. Gen XP bersifat resesif, tidak dominan, sehingga orang yang membawa gen ini tidak selalu sakit. Bisa saja kulitnya sehat walafiat.

Tapi jika ia menikah dengan orang yang juga sama-sama membawa gen XP, anaknya punya kemungkinan menderita penyakit ini. Itulah sebabnya, angka kejadian penyakit ini umumnya lebih tinggi di masyarakat-masyarakat di mana pernikahan sesama kerabat dekat lazim terjadi. Ini misalnya terjadi Jepang dan negara-negara Timur Tengah.

Jika dua orang masih kerabat dekat, misalnya masih sepupu satu sama lain, keduanya mungkin membawa gen yang sama. Jika keduanya sama-sama membawa gen resesif XP, lalu menikah, maka masing-masing orangtua akan menyumbang satu gen XP kepada anaknya. Itu sebabnya, anak bisa menderita XP meskipun kedua orangtuanya sehat-sehat saja.

Menyebar ke Mana-mana
Karena XP merupakan penyakit bawaan, penderita sudah mengidap penyakit ini sejak lahir. Namun, pada tahun pertama, bayi dengan kelainan XP bisa saja belum menunjukkan gejala sakit. Biasanya penyakit ini mulai terdeteksi pada saat bayi berusia 1 – 2 tahun. Pada usia ini, kulit bayi mulai menunjukkan bercak-bercak hitam jika terkena sinar Matahari.

Jika deteksinya telat, gangguan XP bisa berkembang lebih parah. Penyakit ini bisa menyebar ke mana-mana. Salah satu komplikasi yang paling sering adalah kanker kulit. Kanker kulit pada penderita XP biasanya lebih parah daripada penderita non-XP.

Seperti kita tahu, kanker kulit jenisnya bermacam-macam. Ada kanker kulit basal, skuamosa, dan melanoma. Pada penderita non-XP, jenis kanker yang menyerang biasanya hanya satu macam. Tapi pada penderita XP, ketiga jenis kanker kulit itu bisa mengeroyok secara beramai-ramai. Kanker kulitnya multipel. Pada usia balita saja, risiko kanker kulit seorang penderita XP sama dengan risiko seorang petani atau pelaut yang sudah puluhan tahun terpanggang Matahari setiap hari.

Selain menyerang kulit luar, kanker pada pasien XP juga bisa menyerang rongga mulut meskipun rongga mulut tidak terkena sinar Matahari. Bahkan, bisa juga menyerang otak dan paru-paru.

Selain menyebabkan kanker, kelainan XP juga bisa menyebar ke mata dan saraf. Pada mata, gangguan XP bisa menyebabkan pasien menderita fotofobia. Matanya tidak kuat terkena cahaya karena memang sangat sensitif. Bukan hanya itu, gangguan XP juga menyebabkan radang di mata. Pada otak, kelainan XP juga bisa menyebabkan penderita mengalami keterlambatan mental.

Pendek kata, meskipun urusannya kelihatan sepele, penyakit XP bisa menimbulkan masalah lain yang lebih gawat. Meski hanya masalah kulit, XP bisa menjalar ke mana-mana, ke berbagai organ lain.


Pakai Baju “Astronaut”
Meskipun bisa ganas dan menjalar ke mana-mana, penyakit XP-nya sendiri (bukan kankernya) tidak terlalu sulit dikendalikan. Pantangannya hanya sinar Matahari. Ini yang 100% harus dihindari.

Pada orang sehat, sinar Matahari yang sebaiknya dihindari hanya pada pukul 10.00 – 15.00. Sebelum pukul sembilan, sinar Matahari malah bisa bermanfaat membantu pembentukan vitamin D di dalam tubuh.
Tapi pada penderita XP, sinar Matahari pukul berapa pun harus dihindari. Tak bisa ditawar sama sekali kalau pasien ingin sehat.
Bahkan sinar Matahari paling pagi pun harus dihindari. Paparan UV dalam dosis sangat kecil saja sudah bisa membuat kulitnya bereaksi.

Pengobatan

Belum ditemukan obat untuk xeroderma pigmentosum. Tujuan utama dari pengobatan adalah untuk melindungi pasien dari paparan UV dan dengan demikian mencegah dampak buruk itu dapat memiliki pada kulit.
READ MORE - Selengkapnya

Pengidap Hyperthymesia, Sindrom Susah Lupa

Jika ditanya apa saja yang telah Anda lakukan sepanjang hari kemarin? Mungkin hanya segelintir hal yang dapat Anda jelaskan kembali, itupun hanya garis besarnya saja, tidak mendetil. 


Berbeda dengan pemuda asal Inggris bernama Aurelien Hayman ini, ia mampu mengingat dan menceritakan apa yang dilakukan, dan apa yang terjadi disekitarnya beberapa tahun lalu. 


Aurelien merupakan segelintir orang yang diketahui memiliki hyperthymesia, yakni kondisi individu yang mampu mengingat sebagian besar kejadian-kejadian semasa hidupnya. 

Istilah hyperthymesia berasal dari bahasa Yunani “thymesis”, yang berarti “mengingat”, dan “hyper”, yang berarti “berlebihan”. 

Dikutip dari dailymail.co.uk, pemuda 20 tahun ini mengatakan: "Ini bukanlah sesuatu yang baru saja saya sadari semalam, tapi saat berusia 14 tahun saya baru mengetahui bahwa saya dapat mengingat cukup baik beberapa hal yang telah terjadi bertahun-tahun sebelumnya."

Sebagai contoh, Aurelien ditanya secara acak mengenai apa yang terjadi di tanggal 1 Oktober 2006. Ia menjelaskan, saat itu hari Minggu yang berawan, ia mendengarkan lagu “When You Were Young” dari The Killers, dan mengajak seorang gadis untuk kencan namun ditolak. 


Ia juga ingat pada saat itu mengenakan kaos berwarna biru dan melihat gadis yang menolak kencannya sedang berjalan-jalan di pusat kota. 

Hanya 20 orang di dunia yang telah didiagnosa dengan hyperthymesia, dan dari orang-orang tersebut Aurelien adalah satu-satunya orang Inggris. Kemampuan mengingatnya bukan diturunkan secara genetik. 

Namun, walau memiliki memori yang luar biasa, Aurelien yang tercatat sebagai mahasiswa Jurusan Sastra Inggris di Univeritas Durham ini tidak merasa terbantu saat sedang mengerjakan ujian.

Sumber :
READ MORE - Selengkapnya

Yang Muda Yang Sehat

Yang Muda Yang Sehat



Apakah Anda pria muda, sehat, ingin segera menikah, dan ingin memiliki anak-anak yang sehat? Sebaiknya, wujudkan niat Anda untuk melanjutkan hubungan Anda dan kekasih ke jenjang pernikahan.

Pasalnya, menurut hasil studi The Nature Journal, kualitas sperma ayah muda sangat berperan penting dalam kesehatan anak-anak. Studi ini juga mengemukakan, sperma ayah lebih menentukan mutasi genetik yang menyebabkan banyak mengubah sistem organ pada anak, dibanding sel telur ibu.

Sebelum masa menopause, sel telur ibu menyumbang 15 mutasi di masa reproduksi aktif. Sedangkan sel sperma ayah pada usia 20-30 tahun menyumbang 25 kali mutasi terhadap pembentukan embrio. Dan, jumlah tersebut dikalikan dua untuk penambahan 10 tahun usia pria. Jadi, dalam 40-50 tahun, mutasi sel sperma akan meningkat hingga 65 kali.

Dokter Allan Pacey, Ketua British Fertility Society mengatakan, "Hal ini sangat mengejutkan bahwa laki-laki memberi pengaruh mutasi lebih tinggi untuk anak dibanding wanita. Tentunya juga sangat memengaruhi kesehatan anak-anak di masa depan mereka.”

Sementara itu, Prof. Darren Griffin, ahli genetika di Universitas Kent mengatakan, ada tiga miliar kode genetika pada sel DNA manusia, dan perubahan genetika merupakan sebagian kecil dari itu. Untuk itu, ia menganjurkan agar para pria tetap menerapkan hidup sehat dan juga menikah pada usia yang tepat.
READ MORE - Selengkapnya

Manfaat Mandi Air Garam Untuk Kurangi Nyeri Rematik

Manfaat Mandi Air Garam Untuk Kurangi Nyeri Rematik


Rematik memang penyakit yang dapat menghalangi segala macam aktivitas sehari-hari. Banyak orang yang hanya menggunakan obat dalam mengatasi masalah rematik ini. Padahal tidak hanya obat yang dapat membantu anda dalam mengatasi rematik yang anda alami karena bergantung pada obat pereda nyeri hanya untuk menyingkirkan keluhan. Berendam dalam air garam ternyata bisa membantu untuk mengatasi anda

Berbeda dengan obat-obatan konvensional yang terkadang memberikan efek samping, berendam dalam air garam tidak memiliki efek samping. Air garam diketahui mengurangi efek inflamasi pada sendi sehingga rasa nyerinya berkurang.

Kesimpulan tersebut disampaikan para peneliti dari Universitas Manchester, Inggris. Mereka menemukan bagaimana pemuaian sel-sel tubuh bisa mengontrol inflamasi, yakni respon sistem imun terhadap cedera atau infeksi.

Dalam penelitian terhadap tikus di laboratorium, diketahui tikus yang disuntikkan air garam di area inflamasi, pembengkakannya berkurang setelah air dari sel-sel yang mengembang itu dihisap kembali.

Vincent Compan, peneliti dari Universitas Manchester mengatakan, sel-sel dalam tubuh pasien artritis mengalami pengembangan, namun air garam bisa menguranginya dengan cara mengeringkannya.

Air garam bekerja dengan cara yang sama, baik itu disuntikkan ke dalam tubuh atau diserap lewat kulit setelah pasien berendam atau mencelupkan perban ke dalam air garam. Hal ini bisa menjelaskan mengapa pasien rematik yang berendam di air panas pegunungan merasakan gejala sakitnya berkurang.

“Kami menemukan cairan hipotonik atau rendah kandungan garamnya, justru mengaktifkan peradangan pada level molekul,” kata Dr.Pablo Pelegrin, salah satu peneliti.

Ia menambahkan, penggunaan osmoterapi (dehidrasi) dengan cairan hipertonik atau tinggi garam bisa membantu dalam tata laksana penyakit peradangan pada persendian, seperti artritis reumatoid. Apalagi, sampai saat ini belum ada obat yang bisa mengobati artritis reumatoid yang termasuk dalam penyakit autoimun itu.
READ MORE - Selengkapnya

Mukjizat Air Ketuban dan Keajaiban Nafas Pertama Bayi


Cairan ketuban secara khusus diproduksi untuk janin guna menjamin organ-organ janin siap untuk berfungsi setelah lahir. Sang janin, ketika di dalam rahim, menggunakan cairan ketuban untuk berlatih menyesuaikan diri dengan dunia luar dengan cara menelan cairan tersebut secara teratur. 

Dengan cara ini, lidah sang janin mulai merasakan rasa pahit, rasa manis, rasa asin dan asam. Setelah itu, kelenjar ludah mulai berfungsi. Cairan ketuban yang ditelan oleh janin akan membuat si janin menyiapkan usus untuk fungsi penyerapannya, dan membuat ginjal bekerja karena perlunya penyaringan konstan cairan tersebut dari darah. 

Cairan yang diserap dari ginjal dikirimkan kembali ke cairan ketuban, tanpa mencemarinya, karena ginjal memiliki kemampuan, berbeda dengan fungsi nantinya, menyaring dan mensterilkan cairan yang ditelan oleh si janin. Dan cairan ini, sama seperti saat anda membersihkan kolam renang, secara terus menerus dibersihkan dengan bantuan sedikit cairan lain.

Seiring dengan perkembangannya, cairan saluran cerna mulai disekresikan ke dalam lambung agar sistem pencernaan siap sepenuhnya. Dan sel-sel usus janin yang baru terbentuk memperoleh kemampuan untuk membedakan antara gula dan garam dan kemudian mengembalikan produk-produk sisa khusus ke darah sang ibu. Dengan cara ini, baik usus maupun ginjal sama-sama bekerja. 

Cairan ketuban dicerna oleh usus janin setiap 3 jam, berarti delapan kali sehari dan dikembalikan ke ibu melalui darah. Cairan yang tertelan dilepaskan ke kolam cairan ketuban, baik dari rahim ibu maupun dari paru-paru dan ginjal janin tempat cairan tersebut terbentuk. 

Dengan begitu, jumlah cairan ini, yang sangat penting bagi sang janin, tetap konstan. Karena sistem yang sempurna ini, sistem pencernaan janin bekerja tanpa membahayakan si janin.

Cairan ketuban tidak hanya mempersiapkan sistem pencernaan untuk masa setelah lahir, tapi juga menjamin si janin dapat bergerak lebih nyaman di dalam rahim sang ibu. Janin mengapung di dalam cairan ini sama seperti perahu dayung yang terikat di pelabuhan. 

Dalam keadaan ini, janin dapat bergerak dengan sangat aman di dalam rahim sang ibu. Cairan ini juga melindungi si janin dari setiap trauma dari luar. Tekanan dari arah manapun terhadap cairan ini disebarkan secara merata ke segala arah sehingga melindungi sang janin dari efek yang membahayakan. 

Sebagai contoh, jika si ibu berlari, guncangan yang terjadi tidak menimbulkan efek terhadap si janin; sama seperti gabus yang diguncang di dalam tabung yang berisi air. Sistem perlindungan yang sangat sempurna ini telah diciptakan untuk janin, setiap jenis bahaya yang mungkin terjadi telah diramalkan dan tindakan pencegahan terhadapnya pun telah disiapkan.

Keberadaan cairan ketuban juga penting bagi kesehatan sang ibu. Cairan ini mengisi seluruh rahim ibu, sehingga saat janin tumbuh dan makin berat, tidak menimbulkan tekanan terhadap rahim. Jika cairan ini tidak ada, janin yang terus tumbuh akan menyebabkan rahim terdesak ke bawah dan tekanan balik yang diberikan dinding rahim akan menyebabkan perkembangan janin yang normal menjadi tidak mungkin.

Cairan khusus ini memenuhi kebutuhan penting lainnya bagi janin, yaitu suhu yang tetap. Telah diketahui bahwa cairan menyebarkan panas secara merata. Cairan ketuban didaur ulang secara terus menerus dan memiliki suhu yang tetap. Panas yang dibutuhkan untuk perkembangan janin disebarkan secara merata ke segala arah.

Jika terdapat masalah yang berhubungan dengan produktivitas cairan, keberlangsungan penjernihan ataupun penyesuaian volume cairan ini, maka pertumbuhan alami janin akan terganggu. Sebagai contoh, jika jumlah cairan ketuban kurang dari yang dibutuhkan, atau jika cairan ini tidak ada sama sekali, maka serangkaian ketidaknormalan akan mulai terjadi. 

Anggota gerak si janin lemah dan menjadi cacat, sendi-sendinya menyatu, kulitnya menjadi kendor, dan karena adanya tekanan, wajah menjadi cacat. Masalah yang paling serius adalah perkembangan paru yang terganggu dan si bayi mati segera setelah lahir.

Semua ini memperlihatkan kepada kita bahwa sejak dari keberadaan manusia hingga saat ini, produksi cairan ketuban berlangsung secara terus menerus secara sempurna. Tanpa cairan ini, janin tidak dapat berkembang di dalam rahim ibunya. 

Kenyataan ini sepenuhnya meruntuhkan pernyataan para ahli evolusi bahwa perkembangan terjadi setahap demi setahap pada satu periode waktu. Jika satu tahap dalam penciptaan seorang manusia tidak terjadi, sebagai contoh seperti yang baru kami uraikan, jika produksi cairan ketuban kurang, kelahiran tidak akan pernah terjadi dan ras manusia tidak akan pernah ada. 

Dengan demikian, tidak dapat dinyatakan bahwa cairan ketuban mulai diproduksi setelah suatu periode waktu saat kebutuhan akan cairan ini muncul. Cairan ini harus ada seiring dengan keberadaan janin. 

Adalah tidak mungkin menyatakan bahwa cairan ini, yang memiliki fungsi yang sangat penting, dibentuk secara kebetulan. Mengatakan bahwa makhluk yang rumit menjadi hidup adalah mengatakan bahwa makhluk tersebut telah diciptakan. Tidaklah mungkin tindakan kebetulan dapat memperhitungkan, menentukan kebutuhan, memilih segala sesuatu yang cocok dengan kebutuhan tersebut dan menggunakannya pada waktu dan tempat yang tepat.

Jelaslah bahwa Tuhan lah yang menciptakan cairan ketuban dan sistem-sistem yang terkait dengannya. Dia juga menentukan berapa jumlah cairan ketuban yang dibutuhkan.
“Allah mengetahui apa yang dikandung oleh setiap perempuan, apa yang kurang sempurna dan apa yang bertambah dalam rahim. Dan segala sesuatu ada ukuran di sisi-Nya 



Persiapan Untuk Nafas Pertama
Setelah lahir, hal yang paling penting bagi seorang bayi adalah bernafas; penting bagi paru-paru, yang belum pernah mengenal udara sebelumnya, mengisinya dengan udara dan mulai bernafas. Si bayi, yang sebelumnya menerima oksigen dari darah ibunya, sekarang harus mengambilnya sendiri dari udara dengan paru-parunya. 

Dan melalui cara yang menakjubkan, paru-paru, yang belum pernah menarik nafas sebelum lahir, mulai bernafas secara normal.

Pada saat bayi lahir, Tuhan menciptakan segala sesuatunya telah siap dan menjamin bahwa kesiapan paru-paru telah utuh seperti yang dibutuhkan. Untuk kesiapan paru-paru, diafragma mulai berperan; diafragma terletak di antara lambung dan rongga iga. 

Diafragma mulai berfungsi saat usia kehamilan menjelang 6 bulan. Awalnya diafragma mengembang dan berkontraksi secara intermitten atau sebentar-sebentar, beberapa kali dalam sejam, tapi setelah lahir ia akan mengembang dan berkontraksi secara terus menerus.

Dari sini dapat dilihat bahwa bayi secara terus menerus berada dalam perlindungan khusus, tapi harus diingat bahwa ini bukanlah perlindungan dari si ibu. Saat janin berkembang, si ibu tetap menjalani hidup normalnya, tidak satupun perubahan yang terjadi pada dirinya berada dalam penguasaannya. 

Walaupun sang ibu ingin campur tangan, dia tidak akan bisa. Semua perkembangan ini terjadi oleh kekuatan abadi Tuhan kita. Tuhan telah menciptakan semua yang dibutuhkan bagi seorang anak untuk lahir ke dunia sebagai manusia normal dalam cara yang paling mengagumkan. Semua kebutuhan bayi saat ia masih dalam tahap janin dipenuhi, dan sang ibu memikirkan apa yang harus dilakukannya untuk membawa bayinya lahir ke dunia dan memastikan bahwa bayinya akan bertahan hidup.

Walaupun si ibu berfikir untuk melakukan sesuatu, tidak ada yang dapat dilakukannya. Misalnya, memasukkan zat-zat sisa dari tubuh janin ke dalam ginjalnya sendiri, membersihkan dan membuangnya, adalah hal-hal yang tidak dapat dilakukan oleh si ibu sendiri. Adalah Tuhan yang menentukan semua kebutuhan bagi seorang manusia baru untuk terlahir ke dunia dan membangun sistem yang berespon paling baik terhadap kebutuhan tersebut.
READ MORE - Selengkapnya

YANG MENJADI DILEMA PROGRAM BAYI TABUNG

YANG MENJADI DILEMA PROGRAM BAYI TABUNG



Memilih jenis kelamin Si Kecil lewat program bayi tabung atau In Vitro Fertilization (IVF), memiliki peluang keberhasilan yang sangat besar. Namun, hal ini masih dianggap kontroversial oleh banyak kalangan kedokteran.

Salah satunya Inggris, negara yang tidak mengizinkan program IVF yang hanya bertujuan memilih jenis kelamin Si Kecil. Atas dasar itulah, banyak pasangan asal Inggris menghabiskan banyak uang dengan menjalani IVF ke Amerika Serikat.

Berdasarkan penelitian, dana yang dihabiskan setiap pasangan adalah sekitar 30.000 pound sterling atau sekitar 47.500 US dollar. Dokter Jefferey Steinberg, salah satu spesialis IVF di Amerika Serikat mengatakan, kebanyakan pasangan yang menjalani IVF sudah memiliki sekitar 2 – 4 anak. Mereka melakukannya dengan alasan ingin menyeimbangkan jenis kelamin anak dalam keluarga mereka.

“Amerika Serikat tidak memiliki peraturan khusus mengenai program bayi tabung. Di Inggris sendiri, larangan dari pemerintah mengenai program IVF merupakan bagian dalam perencanaan populasi penduduk. Data menunjukkan, bayi perempuan lebih diminati di Inggris. Hal itu terjadi karena bayi laki-laki di Inggris memiliki potensi besar mengidap kelainan seperti Duchenne's Muscular Dystrophy, yang menyebabkan kualitas tubuh berkurang dengan cepat,“ ujar dr. Steinberg.
READ MORE - Selengkapnya

GEJALA PENYAKIT PARU-PARU BASAH

GEJALA PENYAKIT PARU-PARU BASAH

Gejala Paru-paru Basah harus kita ketahui untuk menghindari penyakit paru-paru yang kronik. Paru-paru basah dalam ilmu kedokteran disebut Pheumonia yang artinya infeksi atau peradangan yang terjadi pada paru-paru disebabkan oleh virus, bakteri dan jamur. Kebanyakan orang menganggap remeh penyakit ini karena gejala-gejalanya sangat tak terduga.


Virus, bakteri dan jamur yang ada disekitar kita akan menjadi penyebab terkena paru-paru basah. Jadi semua orang bisa saja menderitanya jika tidak menjaga dan memperhatikan kesehatannya dengan baik. Bakteri masuk ke dalam tubuh melalui pernafasan dan akan menyebabkan infeksi pada paru-paru. Nah, bakteri inilah yang akan menyebabkan paru-paru basah.

Untuk mengetahui penyakit paru-paru basah, mari kita kenali terlebih dahulu gejala paru-paru basah di bawah ini :
  • Telapak tangan dan kaki terasa dingin dan sering basah (keluar keringat).
  • Sesak nafas.
  • Batuk yang disertai dahak.
  • Dada terasa sakit saat batuk.

Untuk pengobatan alami terhadap gejala paru-paru basah, usahakan penderita paru-paru basah tidak sering berada di luar rumah, terutama pada malam hari. Karena berada di luar rumah pada malam hari atau begadang merupakan faktor tertinggi yang menyebabkan paru-paru basah. Anda dapat mengkonsumsi buah manggis. Karena buah manggis mengandung anti oksidan, vitamin dan mineral.

Jika anda terbiasa menggunakan kipas angin di dalam kama, segeralah berhenti menggunakannya. Karena angin yang berhembus ke badan dapat memberikan efek negatif. Seusai memakai kipas angin tubuh anda akan terasa agak panas dan ingin bersin.

Olahraga merupakan salah satu pencegahan penyakit paru-paru basah. Keluarnya keringat akan mengurangi penyakit paru-paru basah. Bisa dibandingkan setelah sering melakukan olahraga dan sebelum berolahraga. Olahraga yang teratur akan membuat

tangan dan kaki anda yang sebelumnya sering mengeluarkan keringat, akan berkurang berkeringat dan tangan akan kering.

Berhentilah merokok, karena rokok mengandung banyak racun berbahaya bagi paru-paru. Jika penyakit paru-paru basah yang anda derita masih berlanjut, segeralah periksakan ke dokter sebelum untuk mengetahui kesadaan anda lebih lanjut.

Itulah tips sehat mengenai gejala paru-paru basah. Marilah kenali tanda-tanda penyakit dalam tubuh agar kita bisa mengatasinya dengan cepat. Salam sehat.

Sumber : sehatcantika.com
READ MORE - Selengkapnya

Penyakit Pneumonia dan Gejalanya

Penyakit Pneumonia dan Gejalanya
Gejala pneumonia harus dikenali agar setiap diri kita bisa langsung menanganinya sebelum menjadi lebih kronis. Dengan mengetahui gejala pneumonia kita akan lebih waspada dari penyakit ini. Karena penyakit pneumonia bisa menular kepada siapa saja.


Pneumonia adalah radang paru-paru yang biasanya disebabkan oleh infeksi. Tiga penyebab utama pneumonia adalah bakteri, virus dan fungi. Yang berisiko tinggi menderita infeksi ini adalah anak-anak di bawah 2 tahun dan manula.

Gejala pneumonia bervariasi, mulai dari pernapasan yang cepat sampai kegagalan pernapasan dan tekanan darah yang sangat rendah atau dikenal dengan istilah syok septik. Jika pneumonia terjadi setelah bayi lahir, gejalanya akan timbul secara bertahap. Terkadang bayi tiba-tiba menjadi sakit yang disertai dengan turun-naiknya suhu tubuh.

Namun, umumnya gejala pneumonia adalah demam, batuk, sesak napas, serta napas dan nadi cepat. Seperti gejala penyakit standar, bukan? Ya, itu sebabnya Anda harus memastikan dengan meminta diagnosa dari dokter anak.

Diagnosa gejala pneumonia akan jelas apabila:
Terdengar napas yang kasar, dan jika diperiksa dengan stetoskop akan terdengar suara yang lemah.
Hasil Rontgen dada menunjukkan ada bagian yang berwarna putih-putih di bagian kiri atau kanan paru.
Terdeteksi ada bakteri atau jamur pada pengujian sampel dahak (sputum). Sayangnya pengujian ini sulit sekali dilakukan pada anak.
Hasil tes darah menunjukkan peningkatan sel darah putih dengan dominasi netrofil untuk pneumonia yang disebabkan infeksi bakteri. Bila peningkatan sel darah putih dengan dominasi limfosit, sangat mungkin pneumonia karena virus.

Haruskah dirawat di rumah sakit? tergantung berat ringannya derajat pneumonia dan kondisi fisik bayi. Umumnya, bayi perlu rawat inap bila pneumonia yang dialaminya tergolong berat atau sangat berat, sehingga fisik bayi lemah.
Pneumonia berat ditandai dengan batuk yang disertai kesulitan bernapas. Napas sesak, bayi tampak menarik perut dalam-dalam saat bernapas.
Pneumonia sangat berat ditandai dengan batuk dan kesulitan bernapas disertai gejala sianosis sentral, yakni dada atau perut, bibir dan lidah bayi berwarna kebiruan, bahkan sampai sulit minum.

Sesak napas karena adanya gejala pneumonia beda dengan gejala penyakit asma. Pada pneumonia, kesulitan napas terjadi pada saat anak menarik napas. Sedangkan pada asma, kesulitannya saat mengeluarkan napas, bahkan terkadang bunyi ngik-ngik atau mengi.

Faktor risiko gejala pneumonia terjadi karena daya tahan tubuh bayi kurang baik, lingkungan kurang sehat, gizi kurang atau buruk, serta kurangnya imunisasi. Itu sebabnya, untuk mencegah pneumonia diperlukan perbaikan yang menyeluruh. Artinya, kita harus membentuk kekebalan tubuh anak sejak dini. Salah satu caranya adalah dengan menjaga keseimbangan nutrisi, cukup istirahat dan rutin olah tubuh. Pemberian ASI terbukti mampu menurunkan angka terkena penyakit pneumonia pada bayi dan balita.


Selain itu, pada anak di bawah usia satu tahun diperlukan imunisasi dasar yang lengkap sehingga daya tahan tubuhnya baik. Dahulukan imunisasi wajib daripada imunisasi anjuran. Salah satu imunisasi yang dianjurkan adalah imunisasi yang khusus untuk menangkis terjangkitnya gejala pneumonia, yaitu HiB (Haemophilus Influenzae type B) dan pneumokokus. Imunisasi ini diberikan sebanyak tiga kali dalam kurun waktu satu tahun.

Sumber : ayahbunda.co.id
READ MORE - Selengkapnya

MENGENAL Bronkitis pada anak

Bronkitis pada anak sering terjadi ketika si anak tertular penyakit ini. Bronkitis sendiri berasal dari kata bronkus dan itis. Bronkus adalah saluran napas besar, sedangkan itis adalah istilah medis yang menunjukkan adanya reaksi peradangan. Radang atau peradangan adalah reaksi tubuh terhadap berbagai hal. Dan, infeksi virus merupakan penyebab tersering radang saluran napas.

Ketika ada reaksi peradangan di saluran napas, area tersebut akan tampak kemerahan, sembab/membengkak, serta memproduksi lendir yang agak banyak. Jadi, gejala bronkitis adalah batuk yang disertai produksi dahak yang banyak.

Penyebab dari bronkitis pada anak, umumnya disebabkan oleh infeksi virus. Bila batuk berlangsung lama, biasanya ini karena alergi. Terkadang pada kasus-kasus tertentu, bronkitis pada anak tidak berbahaya dan sembuh dengan sendirinya.

Merokok seringkali menjadi penyebab bertambah parahnya bronkitis pada orang dewasa. Jika orangtua merokok, kemungkinan besar anak yang masih kecil, bayi, anak-anak yang sering menghirup asap rokok (terkena asap dari orang tuanya yang perokok) dan anak-anak yang sebelumnya sudah mempunyai masalah dengan paru-paru dan jantungnya berisiko terkena bronkitis akut.

Untuk mencegah bronkitis pada anak, orang tua ataupun pengasuhnya harus mengajari anak-anak bagaimana cara membasuh tangan secara benar untuk menjauhkan dari penyebaran bakteri dan virus penyebab bronkitis, membatasi agar tidak terlalu polusi udara, juga direkomendasikan untuk mendapatkan vaksin flu.

Terkadang gejala bronkitis pada anak mirip dengan gejala penyakit lainnya. Yang perlu diperhatikan adalah perubahan suara menjadi serak (batuk jarang; dahak pasti tak banyak). Jika ini terjadi, sangat mungkin anak bukan menderita bronkitis. Mungkin saja, ada reaksi peradangan di pita suara.


Biasanya, hal ini terjadi karena infeksi virus, akan sembuh dengan sendirinya, serta kondisi ini umumnya tidak berbahaya. Observasi saja terus. Begitu anak sesak napas (napas sulit, tersengal-sengal, bibir tampak biru), segera bawa ke dokter.

Jika Anda tetap ingin berkonsultasi dengan dokter anak, sebaiknya ke dokter anak spesialis paru. Lebih baik lagi, bila sebelum bertemu dengan dokter, Anda sudah browsing tentang bronchitis diberbagai situs tentang bronkitis pada anak. Dengan begitu, anda bisa menambah wawasan sebelum mengetahui jelas dari dokter spesialis.

Sumber : parenting.co.id
READ MORE - Selengkapnya

Cuti HAMIL Tepat, Bayi ANDA PUN Sehat

Cuti HAMIL Tepat, Bayi ANDA PUN Sehat


Waktu melahirkan Si Kecil segera tiba, tetapi Anda belum juga cuti dari kantor? Sebaiknya Anda segera mengajukan cuti untuk kepentingan Anda dan Si Kecil.

Pasalnya, menurut penelitian Universitas Essex, Inggris, ibu yang tetap bekerja dan mengalami stres, minimal sebulan sebelum melahirkan, cenderung memiliki bayi dengan berat badan kurang.

Konsekuensi kesehatan bayi dari ibu yang telat cuti, dinilai sama besarnya dengan bumil perokok. Risiko tersebut lebih mudah menghampiri para ibu dari kalangan kelas menengah bawah.

Penelitian ini bekerjasama dengan tiga lembaga survei, dan universitas di Amerika Serikat. Survei pertama dilakukan terhadap 912 anak, oleh The British Household Panel Survey, dengan jangka waktu 1991-2005.

Survey kedua dilakukan oleh The Millennium Cohort Study terhadap 17.483 wanita hamil tahun 2000-2001. Hasil tersebut kemudian dibandingkan dengan data yang diperoleh National Survey of Family Growth terhadap 12.166 bumil pada 1970-1995. Ketiganya menunjukkan hasil yang sama, yakni berat badan kurang pada bayi jika bumil kurang istirahat pada waktu usia kehamilan 28-40 minggu.

Professor Marco Francesconi, salah satu kepala penelitian berkata, “Ada banyak penyebab bayi lahir dengan berat badan kurang. Tetapi dengan hasil penelitian ini, bumil harus lebih banyak meluangkan waktu untuk berelaksasi menjelang persalinan. Hal ini juga harus didukung oleh peraturan pemerintah untuk menghasilkan masyarakat dan calon penerus bangsa yang sehat.” (anggita/visualphotos)
READ MORE - Selengkapnya

MEWASPADAI PABILA GEJALA ASMA MENYERANG ANDA

Waspadai gejala asma bila menyerang Anda, sebab jika tidak ditindak lanjuti penyakit ini bisa bertambah parah. Asma merupakan salah satu penyakit menular, penularannya dari orang ke orang dan biasanya melalui udara. Misalnya penderita asma batuk atau bersih, otomatis virus asma menyebar melalui udara dan dihirup oleh orang yang sehat.


Gejala asma pada penderita muncul ketika saluran udara pada sistem pernapasan menjadi ketat, terangsang, atau terisi dengan lendir. Gejala asma umum antara lain batuk (terutama pada malam hari), mengi, sesak napas, sesak pada dada, atau terasa tertekan.

Tidak setiap orang dengan asma mempunyai gejala yang sama dengan cara yang sama. Penderita penyakit asma mungkin tidak memiliki semua gejala ini, atau mungkin memiliki gejala asma yang berbeda pada waktu yang berbeda. Gejala penyakit asma juga dapat bervariasi dari satu serangan asma ke serangan berikutnya.

Beberapa orang dengan penyakit asma dapat terdiagnosis untuk waktu yang lama tanpa gejala apapun. Selain itu, beberapa orang mungkin hanya mendapat gejala asma selama latihan atau asma dengan infeksi virus seperti pilek. Serangan asma ringan bersifat umum, biasanya saluran udara dalam waktu beberapa menit sampai beberapa jam terbuka. Sedangkan serangan berat kurang umum tetapi bertahan lebih lama dan memerlukan bantuan medis segera. Adalah penting untuk mengenali dan mengobatigejala asma bahkan yang ringan sekalipun untuk membantu mencegah episode asma parah dan tetap di bawah kontrol yang lebih baik.

Mengetahui Awal Gejala Asma

Tanda-tanda peringatan dini adalah perubahan yang terjadi tepat sebelum atau pada awal serangan asma. Tanda-tanda ini dapat dimulai sebelum terkenal gejala asma dan merupakan tanda-tanda awal bahwa asma akan memburuk.

Secara umum, tanda-tanda ini tidak cukup parah untuk menghentikan aktifitas sehari-hari. Tapi dengan terjadinya tanda-tanda ini, kita dapat menghentikan serangan asma atau mencegah salah satunya agar tidak semakin memburuk. Tanda-tanda peringatan dini gejala asma meliputi:
  • Sering batuk, terutama pada malam hari
  • Kehilangan napas Anda dengan mudah atau sesak napas
  • Merasa sangat lelah atau lemah saat berolahraga
  • Mengi atau batuk setelah latihan
  • Merasa lelah, mudah marah, atau menggerutu

Penurunan atau perubahan fungsi paru-paru yang diukur pada puncak arus meter
Tanda-tanda pilek atau alergi (bersin, pilek, batuk, hidung tersumbat, sakit tenggorokan, dan sakit kepala)

Masalah tidur

Data-data diatas tidak mutlak merupakan gejala asma dini, namun tidak ada salahnya untuk memeriksakan kondisi tersebut kepada dokter atau tim medis, apalagi jika kemudian hari kondisi tersebut menjadi semakin parah. Mencegah lebih baik dibandingkan mengobati bukan?

Sumber : kesehatan123.com
READ MORE - Selengkapnya

Perubahan Tubuh Pasca Melahirkan

Perubahan Tubuh Pasca Melahirkan

Para wanita yang sedang mengalami pasca melahirkan pasti melihat ada perubahan yang terjadi pada tubuhnya. Ada sederet perubahan tubuh yang akan dialami ibu yang baru melahirkan. Meski Anda sudah siap mental menjadi ibu, mungkin Anda akan kaget menyadari beberapa perubahan tubuh yang terjadi ini :

Payudara besar


Perubahan payudara sebenarnya sudah terjadi sejak kehamilan. Pasca persalinan impian untuk memiliki payudara yang berisi semakin terwujud karena kelenjar susu sudah berproduksi. Selain itu sebagian besar cairan tubuh dialirkan ke payudara untuk memproduksi air susu ibu. Terkadang pembesaran payudara ini menimbulkan perasaan kurang nyaman. Siasati dengan lebih sering menyusui atau mengompresnya dengan air hangat.

Terlihat seperti masih hamil

Sebagian wanita membawa pakaian mereka sebelum hamil ke rumah sakit dan berharap setelah melahirkan bentuk badan mereka akan kembali langsing seperti sedia kala. Faktanya, pasca melahirkan perut masih tampak sama seperti saat hamil empat bulan. Hal itu terjadi karena pada minggu-minggu awal pasca melahirkan, kulit dan otot perut masih meregang seperti saat hamil. Secara bertahap baru rahim akan kembali mengecil.

Harus melewati masa nifas

Meski tubuh sudah kembali pulih, tetapi ibu baru masih memerlukan proses pembersihan diri selama 40 hari, atau yang disebut dengan masa nifas. Pada masa ini vagina masih terus mengeluarkan darah, baik wanita yang melahirkan secara normal atau operasi caesar. Pada saat masa nifas, sebagian serviks atau mulut rahim terbuka sehingga tidak disarankan untuk melakukan hubungan seksual karena beresiko infeksi.

Rambut rontok

Folikel rambut memiliki siklus alami dan akan rontok pada periode beberapa waktu. Saat hamil, siklus folikel rambut berjalan lebih panjang sehingga rambut lebih jarang rontok. Kondisi sebaliknya akan terjadi setelah bayi lahir, banyak folikel rambut yang mati pada waktu bersamaan sehingga rambut yang rontok lebih banyak. Kondisi yang disebut dengan postpartum hair loss ini hanya bersifat sementara, kecuali jika ibu mengalami depresi pasca melahirkan.

Perubahan vagina


Saat melahirkan, vagina akan membuka dan pada umumnya tidak akan kembali 100 persen ke ukuran semula. Tetapi hal itu tidak akan mengubah elastisitasnya. Bahkan, otot-otot pelvis akan semakin kuat dan makin lama makin kencang. Anda bisa membantu mempercepat prosesnya dengan senam kegel.


Nyeri pasca operasi

Banyak wanita yang memilih persalinan dengan operasi caesar karena tak ingin merasakan sakit kontraksi. Padahal, operasi caesar termasuk operasi besar karena membuka lapisan kulit perut. Pemulihan proses operasi caesar tak berbeda dengan operasi besar lainnya. Rasa sakit bekas jahitan juga akan lebih lama ketimbang nyeri akibat melahirkan normal.
READ MORE - Selengkapnya

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails