Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

PENYEBAB KEMANDULAN YANG PERLU JUGA ANDA TAHU

Selama bertahun-tahun, Scott Read dengan sengaja menggunakan alat kontrasepsi untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. 



Akan tetapi ketika la menikah pada tahun 1982 dan keduanya, ia dan istrinya, Karen, menginginkan kehadiran seorang anak, ia menghadapi kenyataan menyakitkan yang sungguh di luar dugaannya.

"Kami ingin punya anak, kami juga telah mencoba dan mencoba lagi tetapi belum berhasil," ujar Scott, yang bekerja sebagai seorang eksekutif hotel, berusia 36 tahun dan ayah angkat seorang anak perempuan berusia enam tahun.

"Ini sangat mengesalkan. Di kepala saya terbayang kenangan tentang beberapa teman semasa SMU yang sehabis kencan satu kali saja dengan seorang gadis, wuuss, gadis itu langsung hamil, namun kini dua insan yang telah siap mempunyai anak seperti kami justru tidak pernah mendapatkannya".

Cerita tentang Scott dan Karen seperti di atas dialami oleh sekitar 10 hingga 15 persen pasangan Amerika yang diduga atau dipastikan mandul. Selama berbulan-bulan dan kemudian bertahun-tahun pasangan seperti ini akhirnya kehilangan harapan dan hanyut dalam kekecewaan. Hubungan seks menjadi seperti kewajiban, dan setelah setiap bulan pembuahan tidak kunjung terjadi, mereka semakin merasa bahwa puncak bukit sudah lama mereka lewati.

Bagi banyak orang, kemandulan sama dengan bencana. Salah satu aspek utama yang membuat seorang pria merasa muda adalah kemampuannya membuahi. Bagi seorang pria, tidak ada yang lebih meremukkan perasaan selain menghadapi kenyataan bahwa la tidak mampu membuahi seorang wanita. 



"Secara psikologis, ini dapat menjatuhkan harga dirinya dan membuatnya merasa seperti orang yang sudah tua dan jompo," kata Reed C. Moskowitz, M.D., pendiri dan direktur medis di Stress Disorder Medical Services di New York University Medical Center di New York City dan pengarang Your Healing Mind.

Apa yang Tidak Beres? 

Besar sekali kemungkinan bahwa anda pernah belajar tentang proses terjadinya bayi dalam pelajaran biologi atau pendidikan seks di sekolah. anda mungkin ingat guru anda dengan nada datar menerangkan bahwa secara normal seorang pria memancarkan jutaan sperma ke dalam vagina seorang wanita ketika sedang bersetubuh dan sperma-sperma tersebut berebutan masuk ke dalam saluran telur (tuba fallopi).

Di sana, apabila anda berhubungan seks tepat pada satu atau dua hari dalam sebulan ketika telur pasangan anda dilepaskan dari ovarium dan berjalan di salah satu saluran telur, sperma dan telur itu akan bertemu. Apabila salah satu sperma berhasil menembus dinding telur, pembuahan terjadi, dan kehamilan dimulai. Apabila kondisinya ideal dan anda serta pasangan anda tidak menggunakan alat kontrasepsi, maka peluang untuk terjadinya kehamilan adalah satu banding lima pada setiap bulan. 



Akan tetapi barangkali guru anda tidak bercerita bahwa keadaan tidak selalu demikian. Kemandulan atau infertilitas biasanya di diagnosis setelah sepasang pria dan wanita telah mencoba menghasilkan pembuahan tanpa hasil selama 12 bulan atau lebih. Kemandulan dapat terjadi bahkan meskipun anda pernah mempunyai anak.

Kira-kira 40 hingga 50 persen dari masa pengamatan itu, dokter mungkin mencari tahu dahulu bahwa si wanita mungkin mempunyai masalah dalam peralatan reproduksinya. Sedangkan selama 40 persen sisanya, mereka mulai menduga bahwa yang bermasalah adalah pihak pria.

Kadang-kadang baik pihak pria maupun pihak wanita sama-sama mempunyai kesulitan yang mempengaruhi proses kehamilan. Akibatnya dokter tidak dapat menentukan penyebab anda dan pasangan anda tidak dapat mempunyai anak. Pada umumnya, apabila pihak pria yang bermasalah, penyebabnya adalah entah karena hitungan sperma (sperm count) rendah atau karena benih-benih tersebut sangat lamban, dalam arti mereka memerlukan waktu lama ketika berenang untuk bertemu dengan telur di saluran telur.

Sebagian pria, seperti Scott Read, memiliki kedua masalah itu sekaligus. "Pria dapat memiliki hitungan sperma rendah karena beberapa alasan," kata Donald I. Galen, M.D., direktur di In Vitro Fertilization and Reproduction Medical Division di San Ramon Regional Medical Center di San Ramon, California. 



"Merokok, penyalahgunaan alkohol, obat bius, terkena bahan kimia dan radiasi, penyakit sewaktu kanak-kanak seperti campak dan trauma terhadap organ seksual dapat mengurangi hitungan sperma pada pria." 

Pembesaran vena dalam skrotum (kantung zakar) juga dapat menurunkan hitungan sperma, kata Fred Licciardi, M.D., profesor obstetri dan ginekologi di New York University School of Medicine di New York City. Testis memerlukan suhu kira-kira dua derajat lebih rendah daripada temperatur tubuh yang lain agar dapat memproduksi sperma.

Akan tetapi varikokel menyebabkan temperatur dalam testis naik dan membunuh sperma. Penyebab lain kemandulan pada pria di antaranya adalah tersumbatnya vas deferens (saluran yang mengalirkan sperma dari testis ke penis), kanker testis, infeksi, trauma, dan antibodi yang melekatkan diri pada sperma sehingga sulit bergerak dan karena itu rentan terhadap penghancuran oleh sel-sel darah putih. Antibodi bisa muncul akibat infeksi atau trauma pada testis.

READ MORE - Selengkapnya

7 Mimpi Berhubungan Seks dan Arti Psikologisnya

Ketika seseorang memiliki mimpi mengenai hubungan seksual bukan berarti memiliki dorongan seksual yang berlebihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mimpi kebanyakan orang Amerika seringkali mengenai seks. Sekitar 8 persen dari mimpi malam hari melibatkan beberapa jenis kegiatan seksual. Wanita mengalami mimpi mengenai seks sama seringnya dengan pria.

Hal tersebut berdasarkan hasil studi yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Montreal. Namun, apa artinya ketika orang-orang di sekitar yang bukan merupakan pasangan dapat terlibat dalam mimpi tentang seks yang dialami? Apakah hal tersebut memiliki arti secara psikologis?

 

"Semua mimpi, bahkan mimpi seks, dapat dengan mudah terhubung dengan hal yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Dan setiap karakter dalam mimpi dapat merupakan potongan kecil dari kepribadian seseorang. Ketika seseorang muncul dalam mimpi mengenai seks, tidak selalu berarti ingin bercinta dengan seseorang tersebut. Tetapi, mungkin seseorang tersebut memiliki beberapa ciri kepribadian yang mengagumkan, seperti keterampilan kepemimpinan atau kebaikan yang juga ada dalam diri sendiri namun belum dikembangkan," kata seorang psikolog, Ian Wallace.

"Beberapa mimpi seks mungkin hanya merupakan pemenuhan keinginan yang tidak dapat terpenuhi dalam kehidupan nyata. Namun, mimpi mengenai seks juga biasanya memiliki arti yang lebih kompleks, yang mencerminkan keinginan pribadi dan ketakutan atau kecemasan," kata seorang psikolog, Gillian Holloway, PhD.

Berikut arti beberapa mimpi mengenai seks secara psikologis seperti dikutip dari EverydayHealt : 

1. Bercinta dengan bos
"Tempat kerja mungkin menjadi mimpi seks paling universal. Ada kemungkinan bahwa tertarik secara seksual pada atasan atau bos. Tapi jika sampai bermimpi bercinta dengan bos, alam bawah sadar mungkin menyadari kemampuan diri sendiri untuk membuat keputusan dan bertindak sebagai pimpinan," kata Wallace.

2. Bercinta dengan teman
"Jika sampai bermimpi bercinta dengan teman sendiri mungkin teman tersebut memiliki kualitas yang dikagumi atau memiliki kemampuan yang ada pada diri sendiri," kata Wallace.

3. Bercinta dengan selebriti
"Selain bos, selebriti adalah yang paling sering ada dalam mimpi seks pada banyak orang. Studi yang dilakukan oleh para peneliti University of Montreal menemukan bahwa, wanita dua kali lebih mungkin memiliki fantasi tentang tidur malam dengan selebriti. Arti dari mimpi ini adalah dapat merupakan hubungan seksual yang tidak dapat terpenuhi dalam kehidupan sehari-hari," kata Wallace.

4. Bercinta dengan mantan
"Jika mimpi bercinta dengan mantan kekasih, dapat berarti bahwa secara tidak sadar mengulang kebiasaan buruk dari hubungan yang telah gagal," kata Wallace.

5. Pasangan berselingkuh dengan orang lain
"Jika bermimpi pasangan bercinta dengan orang lain jangan terlalu cepat untuk khawatir tentang apa yang terjadi dalam kehidupan nyata. Ketika bermimpi bahwa pasangan berselingkuh, hal ini dapat berarti bahwa mulai kehilangan kepercayaan pada kemampuan atau daya tarik pada diri sendiri. Mungkin yang dibutuhkan adalah dorongan kepercayaan diri," kata Wallace.

6. Bercinta dengan orang asing
"Ketika orang memiliki mimpi seks tentang orang asing atau orang tak dikenal, dapat berarti bahwa telah menemukan kualitas yang diinginkan dengan pasangan, meskipun belum menemukannya," kata Wallace.

7. Bercinta dengan anggota keluarga
"Memiliki mimpi seks dengan saudara kandung atau orang tua terdengar sangat menyeramkan, tetapi beberapa ahli menganggap hal tersebut normal. Hal tersebut dapat bermuara pada karakter anggota keluarga yang dikagumi," kata Wallace.

Tidak perlu terlalu mengkhawatirkan mengenai mimpi mengenai seks yang mungkin kadang terlalu aneh jika dihubungkan dengan kehidupan nyata. Pertimbangkan mimpi seks tersebut untuk mengenal diri lebih baik.
READ MORE - Selengkapnya

Pengobatan Alternatif Paling Kontroversial di Indonesia.

Bagi sebagian orang, berobat ke dokter dianggap mahal dan belum tentu sembuh sehingga banyak yang berpaling ke alternatif. Tidak heran, dari masa ke masa banyak bermunculan berbagai jenis terapi alternatif meski sebagian masih kontroversial karena tidak teruji keamanan maupun kemanjurannya.


Berikut Ini Enam Pengobatan Alternatif Paling Kontroversial di Indonesia Seperti di Lansir detikHealth :




Seorang ahli kimia radiasi dari Universitas Padjajaran, Dr Gretha Zahar (insert) memperkenalkan terapi yang kontroversial yakni hembusan asap rokok untuk mengatasi penyakit paru-paru kronis yakni emphysema. Dikatakan kontroversial sebab berbagai penelitian justru membuktikan asap rokok sebagai faktor risiko emphysema maupun kanker paru-paru.


 

Klinik Tong Fang yang terletak di Kelapa Gading, Jakarta Utara ini tidak beda dari klinik herbal tradisional China (TCM atau Traditional Chinese Medicine) lainnya. Yang membuatnya kontroversial adalah iklan klinik Tong Fang di media, yang dianggap berlebihan dan akhirnya jadi guyonan di jejaring sosial seperti Twitter bahkan mendapat teguran dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI)



Pertengahan tahun 2011, media massa heboh memberitakan terapi listrik di Rawa Buaya, Jakarta Barat. Terapi yang memanfaatkan aliran listrik di sepanjang lintasan kereta api ini dipercaya bisa menyembuhkan stroke dan sakit jantung, namun tidak dianjurkan oleh para dokter karena tidak terjamin keamanannya. 


 

On Clinic merupakan klinik kesehatan seksual yang terapinya dilakukan oleh dokter dengan metode-metode ilmiah. Tidak ada yang kontroversial dari praktik yang dijalankannya, hanya saja iklannya yang dibintangi Ikang Fawzi membuat On Clinic begitu fenomenal dan senasib dengan Klinik Tong Fang yakni jadi lelucon di jejaring sosial.


 

Ponari, bocah asal Jombang, Jawa Timur mendadak tenar berkat sebuah batu yang disebut-sebut punya kekuatan gaib. Ketika baru itu dicelupkan air, maka airnya bgisa menyembuhkan segala macam penyakit mulai dari asam urat hingga stroke. Praktik dukun cilik Ponari jadi fenomenal karena meski tidak memiliki basis ilmiah, antrean pasiennya begitu banyak.


 

Bisa dibilang, Mak Erot merupakan terapi alternatif paling legendaris di Indonesia karena konon sudah ada sejak zaman penjajahan Jepang. Mak Erot yang jago memperbesar ukuran alat vital ini memang sudah meninggal, namun beberapa orang yang mengaku keturunannya terus melanjutkan praktik tersebut misalnya H Syaefulloh yang berpraktik di Kebon Sirih, Jakarta Pusat.
READ MORE - Selengkapnya

10 Hal yang Dapat Mempengaruhi Mimpi

Hal yang Dapat Mempengaruhi Mimpi. Mimpi yang seringkali dianggap sebagai bunga tidur, tidak terjadi dengan sendirinya. Beberapa hal yang tidak Anda duga sebelumnya seperti posisi tidur dan konsumsi obat-obatan tertentu dapat mempengaruhi mimpi Anda.


Seperti dilansir womansday, Sepuluh hal berikut ini dapat mempengaruhi hal apa yang muncul dalam mimpi Anda atau seberapa besar kemungkinan untuk dapat mengingat mimpi :

1. Bau
Sebuah studi menemukan bahwa mencium bau bunga pada titik tertentu dalam siklus tidur menyebabkan mimpi yang lebih positif, sementara mencium bau belerang terkait dengan mimpi yang negatif.



Meskipun bau tidak dapat mengubah mimpi Anda, tetapi bau yang menyenangkan dapat mempengaruhi otak Anda ketika tidur, menjadi lebih rileks dan bermimpi yang lebih indah. Anda dapat merangsangnya dengan menyalakan lilin aromaterapi sebelum tidur.

2. Suara
Ketika jam alarm berbunyi meraung-raung di tengah tidur, Anda mungkin tidak terbangun saking lelahnya, tetapi hal ini dapat mempengaruhi mimpi Anda. Misalnya Anda dapat bermimpi seperti terjebak dalam gedung yang terbakar dan menganggap suara jam alarm sebagai suara sirene pemadam kebakaran.

Suara yang lembut dan frekuensi yang teratur seperti bunyi air mengalir atau tiupan angin dapat membuat Anda tenang ketika tidur, sehingga dapat memperoleh mimpi yang indah.

Makan makanan pedas ketika makan malam dapat mengganggu pencernaan, mempengaruhi tidur Anda, dan meningkatkan kemungkinan untuk memperoleh mimpi buruk.

Makan malam setidaknya harus diselesaikan 2 jam sebelum tidur dan pilihlah makanan ringan yang mudah dicerna. Kafein juga memiliki efek yang sama, sehingga Anda perlu menghindari minum kopi atau teh saat makan malam.

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Journal Dreaming menemukan bahwa tidur dengan posisi tengkurap telah dikaitkan dengan mimpi tentang seks. Para peneliti berpendapat bahwa mungkin ada hubungannya antara mimpi tentang seks dengan pola pernapasan seseorang yang tidur dalam dalam posisi ini.

Meskipun tidak ada penelitian yang membuktikan hal ini, tetapi para ahli menyatakan bahwa vitamin B6 adalah salah faktor tubuh yang berfungsi mengubah beberapa asam amino dalam makanan menjadi neurotransmitter yang dapat mempengaruhi mimpi.

Untuk menghentikan mimpi buruk, Anda perlu mengurangi asupan suplemen vitamin B. Tetapi jika Anda ingin bermimpi, Anda dapat mengonsumsi vitamin B6, tetapi harus dalam jumlah yang disarankan karena jika berlebihan dapat menyebabkan kerusakan saraf atau mati rasa.

Pil-pil antidepresan yang seharusnya menenangkan Anda, mungkin dapat membawa Anda kepada mimpi buruk. Obat ini dapat diketahui dapat mengintensifkan REM (Rapid eye movement) yaitu tahapan dimana seseorang bermimpi.

Berdasarkan sebuah studi, sekitar 63 persen mantan perokok masih bermimpi tentang merokok hingga setahun kemudian setelah menghentikan kebiasaan buruknya itu. Hal ini terjadi sebagai efek penarikan nikotin yang dapat meningkatkan aktivitas otak dengan cara membuat Anda lebih sering bermimpi.

Tetapi bagaimanapun juga, berhenti merokok adalah keputusan yang tepat dan Anda dapat mencoba melakukan relaksasi sebelum tidur agar tidur lebih nyenyak dan tidak terganggu oleh mimpi buruk.

Orang yang sedang menjalankan diet, biasanya akan mengurangi porsi makan malam dan pergi tidur dalam keadaan lapar. Tetapi gula darah yang rendah dapat membangunkan Anda dari tidur, sehingga Anda lebih banyak mengingat mimpi Anda selama tidur.

Orang yang tidur dalam keadaan lapar juga cenderung bermimpi tentang makanan, bahkan dalam suatu studi menyatakan bahwa pasien anoreksia hampir selalu bermimpi tentang makanan ketika tidur.

Musik yang sedang Anda dengarkan, buku yang sedang Anda baca, acara TV yang sedang Anda tonton, dan percakapan Anda dengan pasangan dapat mempengaruhi mimpi. Sehingga terkadang seseorang mendapatkan mimpi buruk setelah menonton film horor.

Untuk mengatasi hal ini, Anda memerlukan waktu beberapa menit sebelum tidur untuk memprogram ulang otak setelah menonton film horor. Anda dapat mengingat-ingat hal-hal yang menyenangkan seperti liburan untuk menghapuskan kekhawatiran setelah menonton film horor, sebelum pergi tidur.

10. Kehamilan
Studi telah menemukan bahwa orang yang sedang hamil atau memasuki periode melahirkan lebih sering bermimpi. Hal ini disebabkan karena campuran emosi, kurang tidur dan kadar hormon yang berfluktuasi.
READ MORE - Selengkapnya

Kebiasaan Gigit Kuku Bisa Turunkan IQ Anak!

Kebiasaan Gigit Kuku Bisa Turunkan IQ Anak!

MENGGIGIT kuku atau benda-benda lain seperti pensil, pulpen, dan lain-lain, merupakan kebiasaan saat seseorang merasa stres, senang, bosan, atau tak ada kegiatan. Kebiasaan yang oleh para ahli disebut "perilaku cemas" ini dilakukan tanpa sadar hingga kukunya jadi pendek sekali, bahkan daging di bawah kuku ikut berdarah karena tergigit. Kebiasaan yang "menurun" pada anggota keluarga ini termasuk menggaruk hidung, memainkan rambut, atau menggertakkan gigi. Separuh pelakunya adalah anak-anak dan 23 persen remaja. 

Berikut ini ulasan dr Sri H Andayani SpA, dari Omni Hospital, Pulo Mas, Jakarta dan Herlina Liem Psi, dari Fakultas Psikologi (Bagian Psikologi Anak) Universitas Indonesia.

Keracunan Timah & Infeksi Kulit
Para peneliti Rusia menyatakan kebiasaan menggigiti kuku jari ini bisa mengganggu inteligensi anak. Si kecil berisiko besar mengalami keracunan timah. Timah dengan mudah menumpuk di bawah kuku, ketika anak-anak bermain di tempat berdebu, baik itu di dalam rumah maupun di luar rumah. 

Paparan timah pada tubuh bisa mempengaruhi perkembangan anak-anak, khususnya kerusakan sistem syaraf. Timah, tak hanya terdapat pada tanah dan debu, juga pada buah-buahan atau sayuran yang tidak dicuci dengan baik. 
Tinggi rendahnya kadar timah di dalam tubuh anak bervariasi, bergantung apakah anak-anak itu tinggal di rumah yang terletak di pinggir jalan besar dan berdebu ataukah mereka punya kebiasaan bermain dengan tanah atau benda yang mengandung cat. 

Kebiasaan menggigit kuku juga menyebabkan kutikula mengelupas sehingga menimbulkan rasa perih. Boleh jadi juga terjadi infeksi karena luka. Selain itu, kuku si kecil tampak tidak cantik karena grepes. 

Alasan Menggigit Kuku
Ada banyak alasan mengapa si kecil suka menggigit kuku. Mulai dari sekadar rasa ingin tahu seperti apa rasanya, mengatasi rasa bosan, cemas, hingga usaha menutupi rasa takut. Yang jelas, kebiasaan ini dikenal dengan sebutan nervous habit, alias kebiasaan yang disebabkan oleh perasaan cemas atau gelisah. Celakanya, jika tak cepat-cepat ditangani, kebiasaan ini kerap terbawa hingga si anak tumbuh dewasa. 

Bila si kecil melakukan kebiasaan ini secara tidak berlebihan (dan tidak melukai dirinya), juga secara tidak sadar (misalnya selagi menonton televisi), atau bila dia cenderung menggigit sebagai respon terhadap situasi tertentu (ketika sedang rebutan mainan dengan kakak atau adiknya), maka Moms tak perlu cemas berlebihan. Itu hanyalah cara anak mengatasi stres ringan. Kemungkinan besar kebiasaan ini akan berhenti dengan sendirinya. 

Cari Sebabnya
Akan tetapi, bila kebiasaan menggigit kuku atau mengisap ibu jari tetap berlangsung, ada beberapa langkah untuk membantu si kecil menghentikan kebiasaannya tersebut. Tanyakan kepadanya, apakah ada hal yang membuatnya gelisah, takut atau cemas. 

Jika sudah tahu apa yang membuat anak gelisah, bisa karena baru pindah rumah, perceraian orangtua, teman baru, kelahiran adik baru, bantu anak untuk mengungkapkan kekhawatirannya. Setelah itu, baru lakukan langkah-langkah seperti dalam tip.
READ MORE - Selengkapnya

Stop Kebiasaan Menggigit Kuku Pada Anak

Stop Kebiasaan Menggigit Kuku Pada Anak

Menggigit kuku tentu saja merupakan kebiasaan masa kecil yang umum terjadi dan pada kebanyakan kasus biasanya cukup sulit untuk dihilangkan. Padahal kebiasaan seperti ini pada dasarnya akan memicu terjadinya injeksi. Pertanyaanya sekarang yaitu apa yang dapat dilakukan sebagai orangtua?


Berikut ini beberapa ide yang dapat dilakukan oleh orangtua, yaitu :

1. Distraksi. Dalam hal ini, orangtu harus segera mengingatkan anak saat kebiasaan menggigit kuku mulai kambuh.
2. Interupsi. Orangtua dapat melakukan dengan cara membungkus ujung jari anak dengan perban, atau perekat warna warni atau bahkan perekat khusus untuk kuku sehingga anak pun tidak dapat lagi dengan mudah menggigit kukunya, sekaligus kuku anak menjadi lebih terawat.
3. Mengganti. Apabila hasrat anak untuk menggigit kuku timbul, maka orangtua dapat menawarkan sebatang wortel mentah ataupun sedotan plastik yang bersih untuk dikunyah oleh anak.
4. Meringankan. Mengajak anak untuk olahraga teratur, seperti loncat atau bahkan yoga untuk anak, hal ini dapat membantu anak meringankan beban stresnya. Pada kebanyakan kasus, keinginan untuk menggigit kuku sering timbul pada saat anak sedang stres.
5. Memperkuat. Kritik yang konstan pada anak untuk kebiasaan menggigit kuku ini malah akan membuat situasi semakin buruk. Hal yang dapat dilakukan adalah tidak membahas masalah menggigit kuu ini secara berlebihan kepada anak dan orangtua selalu memberikan dorongan agar anak tidak lagi suka menggigit-gigit kukunya.
READ MORE - Selengkapnya

Tanda Penyakit dari Tampilan Kuku



Apakah kuku anda termasuk dalam kategori cantik karena pulasan kutek. Sesekali biarkan tetap natural dan intip kondisi kesehatan Anda dari cantiknya kuku yang alami.

1. Kuku pucat
Kuku berwarna pucat atau cenderung berwarna putih kadang-kadang terkait dengan penuaan. Tetatpi ada 4 penyakit serius yang mungkin saja ditandai dengan kuku berwarna pucar ini misalnya anemia, gagal jantung, pengidap penyakit hati atau juga gizi yang buruk.

2. Kuku putih
Jika kuku berwarna putih dengan ujung atas berwarna gelap mengindikasikan adanya masalah pada hati seperti hepatitis.

3. Kuku kuning
Salah satu penyebab paling umum kuku berwarna kuning adalah infeksi jamur. Semakin memburuknya infeksi bisa membuat kuku tidak tumbuh dengan sehat, menebal dan rapuh. Kuku kuning juga menunjukan kondisi yang lebih serius seperti penyakit tiroid parah, paru-paru, diabetes atau psoriasis.

4. Kuku kebiruan
Kuku dengan warna kebiruan menandakan tubuh tidak mendapatkan oksigen yang cukup. Ini mengindikasikan adanya infeksi di paru-paru seperti pneumonia. Jika hanya sedikit kebiruan di ujung bawah kuku bisa juga menandakan diabetes.

5. Kuku kasar
Jika permukaan kuku berkerut dan berbunyi jika diadu ini merupakan tanda awal dari psoriasis atau inflamasi arthritis. Perubahan warna kuku dapat terlihat merah kecokelatan.

6. Kuku retak
Kuku terlihat kering, rapuh dan sering retak telah lama dikaitkan dengan penyakit tiroid. Jika memberlah dan berwarna kuning ada kemungkinan ini karena infeksi jamur.

7. Kuku bengkak dan terlipat
Jika kulit di sekitar kuku terlihat merah dan bengkak, ini dikenal sebagai peradangan yang menunjukan adanya penyakit lupus dan gangguan jaringan ikat.

8. Garis hitam
Periksakan segera jika ada garis hitam di kuku Anda. Ini terkait dengan gejala melanoma atau yang dikenal dengan kanker kulit dari jenis yang paling berbahaya.


9. Menggigit kuku
Menggigit kuku mungkin buat Anda hanyalah sebuah kebiasaan, padahal ini sangat mungkin menandakan kecemasan yang berlebihan dan membutuhkan pengobatan karena menderita gangguan obsesif-kompulsif. Jadi, jika Anda tidak bisa berhenti, ada baiknya berdiskusi dengan dokter Anda.
READ MORE - Selengkapnya

TIPS ALAMI MENGATASI SAKIT TENGGOROKAN



Sakit tenggorokan sebagian besar disebabkan oleh virus, bukan bakteri yang bisa dilenyapkan dengan antibiotik. Jadi pada dasarnya, perawatan untuk melegakan tenggorokan bisa dilakukan menggunakan bahan-bahan alami, tanpa obat.


Obat-obatan seperti antiinflamasi atau antiradang, maupun antibiotik memang ampuh meredakan sakit tenggorokan. Tetapi masing-masing punya efek samping, belum lagi risiko resistensi kuman terhadap antibiotik jika obatnya tidak diminum sesuai aturan. Berikut cara yang lebih aman untuk mengatasi sakit tenggorokan tanpa obat:




Kandungan antioksidan yang ada di daun teh, baik teh hijau, teh hitam atau teh biasa, bisa memperkuat sistem pertahanan tubuh sehingga sangat membantu meredakan infeksi. Untuk mendapatkan efek maksimal, tambahkan setengah sendok madu yang juga bersifat antiseptik.


2. Hisap lozenges (permen pelega tenggorokan)


Permen-permen lozenges yang mengandung menthol atau eucalyptus cukup efektif melegakan tenggorokan yang sakit, apalagi cuma sekedar gatal. Memang tidak benar-benar menyembuhkan, tetapi setidaknya untuk sementara waktu bisa mengurangi gejala yang sangat mengganggu.




Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kumur dengan air hangat dan mengandung garam bisa mengurangi pembengkakan sekaligus meluruhkan lendir di tenggorokan. Cara membuatnya mudah, cukup larutkan garam setengah sendok teh ke dalam secangkit air hangat.




Sama seperti kumur air garam, kuah sup juga mengandung garam yang bersifat melegakan. Kelebihannya adalah kuah sup bisa langsung ditelah sekaligus sebagai suplai nutrisi. Sakit tenggorokan biasanya disertai nyeri untuk menelan makanan padat, sehingga sup akan sangat membantu menjaga asupan nutrisi.




Sebenarnya yang dipakai sebagai pelega tenggorokan adalah getah tanaman marshmallow (Althaea officinalis), bukan marshmallow buatan yang dikenal saat ini. Namun tekstur lembut pada marshmallow buatan diyakini juga bisa memberikan efek serupa dengan getah marshmallow, meski belum banyak bukti ilmiah yang mendukungnya.




Cobalah menghisap uap untuk meredakan rasa sakit. Alirkan air panas dalam tempat berendam Anda, kemudian letakkan handuk di sekitar kepala Anda untuk menghambat uap, bersandarlah ke tempat berendam sambil tetap mengalirkan air panas. Tarik napas dalam-dalam melalui mulut dan hidung selama 5-10 menit. Ulangi beberapa kali dalam satu hari.




Kompreslah tenggorokan Anda dengan kain yang telah direndam dalam air hangat. Anda juga bisa mencoba campuran hangat chamomile: campurkan 1 sendok makan bunga chamomile kering ke dalam 1 atau 2 gelas air mendidih, biarkan selama 5 menit. Masukkan kain atau handuk bersih ke dalam teh, peras airnya, kemudian letakkan ke tenggorokan Anda. Angkat kain kalau sudah dingin dan ulangi sampai Anda merasa lebih baik.
Dari berbagai sumber
READ MORE - Selengkapnya

7 MAKANAN PEREDA SAKIT TENGOROKAN

Hello, kali ini saya ingin menulis tentang 7 Makanan Pereda Sakit Tenggorokan, ini juga berhubung dengan penyakit langganan saya yaitu sakit tenggorokan atau yang sering saya sebut Radang, makanya saya terajak untuk mencari tahu bagaiman caranta untuk penyakit tersebut tidak kambuh lagi ...

Oke kita langsung aja ..


Sakit tenggorokan termasuk penyakit yang sering diderita. Biasanya disebabkan oleh infeksi virus, yang berasal dari gejala seperti flu - demam menggigil dan nyeri. Selain menyebabkan rasa tidak nyaman, tenggorokan yang sedang meradang juga membuat kita harus berpantang makanan yang mengandung lemak tinggi seperti gorengan serta makanan pedas. Untuk mempercepat proses penyembuhan, sebenarnya ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu. 


1. Pisang

Pisang merupakan kelompok buah yang tidak asam dan lembut untuk tenggorokan. Hal ini sangat memudahkan Anda untuk menelan, terutama bila Anda sedang sakit tenggorokan. Disamping itu, buah ini juga memiliki indeks glikemik rendah serta kaya akan vitamin, B6, kalium, dan tentu saja, vitamin C.

2. Sop ayam
Beberapa orang percaya bahwa sop ayam dapat memerangi sakit tenggorokan. Bahkan semangkuk sop ayam hangat dapat pula berperan sebagai antibiotik karena memiliki sifat anti-inflamasi dan membantu mengurangi kemampetan dengan membatasi virus yang datang dalam kontak dengan membran lendir. Buatlah sop ayam menggunakan bahan makanan yang kaya kandungan gizi seperti wortel, bawang, seledri, lobak, kentang dan bawang putih, semuanya dikenal memiliki manfaat nutrisi dan kekuatan untuk penyembuhan.

3. Campuran jus lemon dan madu. 

Campuran air lemon dan madu merupakan salah satu metode pengobatan alternatif yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan mengurangi peradangan. Minuman ini juga memberikan efek mendinginkan pada tenggorokan.
4. Putih telur

Tidak banyak yang tahu bahwa putih telur dapat membantu dalam menangani peradangan dan rasa sakit di tenggorokan. Namun pastikan Anda tidak mencampur putih telur dengan bumbu karena hal ini mungkin dapat memperburuk rasa sakit.

5. Jahe atau teh madu

Secangkir teh panas dari jahe atau madu bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menenangkan tenggorokan yang teriritasi dan gatal. Madu akan melapisi tenggorokan dan membantu mencegah iritasi, yang merupakan alasan utama di balik munculnya batuk.

6. Oatmeal 

Oatmeal merupakan salah satu makanan yang tinggi serat larut, berperan membantu dalam menurunkan kadar kolesterol LDL. Oat juga tinggi kandungan protein yang membuat Anda selalu merasa kenyang dan puas untuk jangka waktu yang lebih lama. Untuk mengatasi sakit tenggorokan, buatlah semangkuk oatmeal panas dengan menambahkan pisang atau madu di dalamnya. Rendahnya tingkat glikemiks pada oat juga bisa dimanfaatkan sebagai camilan sebelum memulai aktifitas sehari-hari.
7. Wortel rebus

Wortel adalah makanan yang luar biasa sebagai obat ketika Anda sakit, tapi mereka harus direbus atau dikukus sebelum dimakan. Makan wortel mentah justru bisa memperburuk sakit tenggorokan. Wortel penuh kandungan nutrisi penting, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, serat dan potasium.
READ MORE - Selengkapnya

KHASIAT BENGKUAN BAGI KESEHATAN

lulur bengkuang


Bengkuang terkenal akan khasiatnya untuk memutihkan kulit. Ternyata tidak hanya itu saja khasiat dari buah bengkuang. Bengkuang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat bengkuang untuk kesehatan antara lain adalah :


Salah satu unsur penyusun karbohidrat yang terkandung dalam bengkuang sangat berguna untuk kesehatan flora dalam usus yang bertugas untuk melancarkan proses pencernaan. Kadar air yang tinggi dalam bengkuang juga berperan untuk mempercepat proses pencernaan dalam tubuh.


Bengkuang melupakan salah satu buah yang berfungsi sebagai peluruh dan pencahar. Dengan dua fungsinya ini, bengkuang mampu meminimalkan penyerapan makanan secara berlebih dalam usus, khususnya gula yang mampu meningkatkan kadar gula darah.


Walaupun bengkuang tidak memiliki rasa asam seperti pada buah dengan kandungan vitamin C lainnya, namuan kandungan vitamin C yang terdapat pada bengkuang termasuk tinggi. Dalam 100 gram buah bengkuang terdapat 20 mg vitamin C.


Senyawa isoflavon yang umumnya terkandung pada kacang – kacangan juga bisa ditemukan pada buah bengkuang. Kandungan senyawa isoflavon dalam bengkuang cukup tinggi, sehingga bisa dijadikan sebagai sumber isoflavon alternatif jika kita tidak menyukai makanan yang berasal dari kacang – kacangan.


Bengkuang juga bagus untuk dikomsumsi oleh penderita hiperglekimia karena bengkuang mampu memberikan rasa kenyang bagi yang mengomsumsinya tanpa harus meningkatkan kalori yang bisa memicu indeks glikemik.


Bengkuang mempunyai sifat kimiawi yang berkhasiat mendinginkan dan dapat digunakan untuk menurunkan demam. Konsumsi bengkuang secara langsung atau dibuat jus tiap pagi dan sore.


Salah satu cara menurunkan kadar kolesterol dalam darah yaitu dengan cara melakukan pengaturan makanan dengan baik dan benar. Terapi jus bengkuang dapat dilakukan untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Kandungan air dan serat dalam bengkuang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain serat dan kadar air yang tinggi, kandungan vitamin C dalam bengkuang yang berfungsi sebagai antioksidan juga dapat membantu dalam proses penurunan kadar kolesterol dalam darah.

Dari berbagai sumber
READ MORE - Selengkapnya

Waspadai Kebiasaan Gigit Kuku!



Waspadai Kebiasaan Gigit Kuku!Kesehatan jiwa dapat bermula dari berbgai hal yang terkadang tidak anda sadari. Oleh karena itu, anda perlu memperhatikan kebiasaan anda sehari-hari seperti kebiasaan menggigit kuku yang sering anda lakukan di saat anda sedang memikirkan sesuatu. Bila Anda merasa punya kebiasaan menggigit kuku, sebaiknya mulai waspada. Bukan tak mungkin, kebiasaan ini adalah salah satu pertanda ada yang salah dengan kesehatan jiwa Anda.

Sebagian besar masyarakat saat ini masih menganggap perilaku menggigit kuku hanyalah suatu kebiasaan buruk namun tidak terlalu membahayakan. Akan tetapi, pandangan ini semestinya diubah. Para ahli kesehatan jiwa atau psikiater di Amerika Serikat kini sudah menilai perilaku menggigit kuku sebagai hal yang mesti dicermati dan diwaspadai.

Seperti dilaporkan Medicaldaily, lembaga kesehatan jiwa American Psychiatric Association’s Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM) mulai tahun depan akan mengkategorikan kebiasaan menggigit kuku sebagai salah satu ciri-ciri gangguan obsesif kompulsif (OCD).

Kebiasaan menggigit kuku menurut kajian pakar kesehatan memang bisa berbahaya bagi kesehatan manusia. Menurut Mayo Clinic, menggigit kuku tidak hanya buruk dari sisi higenitas, namun juga dapat memicu timbulnya infeksi pada kulit, meningkatkan risiko terkena influenza, serta infeksi lain akibat menyebarnya bakteri dari kuku dan jari.

Gangguan obsesif kompulsif (OCD) sendiri dikenal sebagai salah satu bentuk gangguan kecemasan. OCD dapat menyebabkan seseorang terjebak dalam kebiasaan melakukan sesuatu hal berulang-ulang untuk meredam kecemasannya. Banyak penderita OCD terjebak dalam kebiasaan, pemikiran yang membuat dirinya stres, serta ketakutan yang sulit dikendalikan. Mereka terpaksa melakukan ritual tertentu untuk mengendalikan situasi agar mereka kembali nyaman.

Mereka yang punya kebiasaan menggigit kuku secara obsesif, hal ini tidak serta merta disebabkan oleh kukunya, melainkan faktor lain seperti tekanan atau stres. Dalam beberapa tahun terakhir, menggigit kuku belum diklasifikasikan sebagai OCD. Namun, mulai tahun depan penilaian tersebut akan diubah. Mereka yang punya kebiasaan mengigit kuku, mencuci tangan terus menerus atau merasa harus merapikan sepatunya akan dikategorikan sebagai orang yang menderita OCD.

Para ahli menyarankan, apabila Anda termasuk orang yang biasa mengigit kuku, segeralah berkonsultasi dengan dokter atau psikiater.

Untuk menghentikan perilaku menggigit kuku, Anda juga dapat mencoba menghindari penyebab yang memicu kebiasaan tersebut. Misalnya, saat Anda merasa bosan, cobalah cari cara yang sehat untuk mengatasi stres dan kecemasan. Upayakan untuk memelihara kuku selalu dipotong pendek dan rapi, atau menyibukkan tangan dan mulut dengan aktivitas lain seperti bermain musik atau mengunyah permen karet.
Sumber : kompas.health.com
READ MORE - Selengkapnya

SEPUTAR Tentang Enterobacter Sakazakii

SEPUTAR Tentang Enterobacter Sakazakii

Enterobacter sakazakii merupakan bakteri gram negatif anaerob fakultatif, berbentuk koliform (kokoid), dan tidak membentuk spora. Bakteri ini termasuk dalam famili Enterobacteriaceae. Sampai tahun 1980 E sakazakii dikenal dengan nama Enterobacter cloacae berpigmen kuning.

Pada tahun 1980, bakteri ini dikukuhkan dalam genus Enterobacter sebagai suatu spesies baru yang diberi nama Enterobacter sakazakii untuk menghargai seorang bakteriolog Jepang bernama Riichi Sakazakii. Reklasifikasi ini dilakukan berdasarkan studi DNA hibridisasi yang menunjukkan kemiripan 41% dengan Citrobacter freundii dan 51% dengan Enterobacter cloacae.
[sunting] Habitat dan Sumber Penyebaran

Enterobacter sakazakii bukan merupakan mikroorganisme normal pada saluran pencernaan hewan dan manusia, sehingga disinyalir bahwa tanah, air, sayuran, tikus dan lalat merupakan sumber infeksi. Enterobacter sakazakii dapat ditemukan di beberapa lingkungan industri makanan (pabrik susu, coklat, kentang, sereal, dan pasta), lingkungan berair, sedimen tanah yang lembab. Dalam beberapa bahan makanan yang potensi terkontaminasi E. sakazakii antara lain keju, sosis, daging cincang awetan, sayuran, dan susu bubuk.
[sunting] Bahaya Kesehatan

Laporan mengenai infeksi E. sakazakii menunjukkan bahwa bakteri ini dapat menyebabkan radang selaput otak dan radang usus pada bayi [4]. Kelompok bayi yang memiliki resiko tertinggi terinfeksi E. sakazakii yaitu neonatus (baru lahir hingga umur 28 hari), bayi dengan gangguan sistem tubuh, bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR), bayi prematur, dan bayi yang lahir dari ibu yang mengidap Human Immunodeficiency Virus (HIV)

Enterobacter sp. merupakan patogen nosokomial yang menjadi penyebab berbagai macam infeksi termasuk bakteremia, infeksi saluran pernapasan bagian bawah, infeksi kulit dan jaringan lunak, infeksi saluran kemih, infeksi dalam perut, radang jantung, radang sendi, osteomyelitis, dan infeksi mata.

Angka kematian akibat infeksi E. sakazakii mencapai 40-80%. Sebanyak 50% pasien yang dilaporkan menderita infeksi E. sakazakii meninggal dalam waktu satu minggu setelah diagnosa. Hingga kini belum ada penentuan dosis infeksi E. sakazakii, namun sebesar 3 cfu/100 gram dapat digunakan sebagai perkiraan awal dosis infeksi.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih mengatakan bakteri Enterobacter Sakazakii ada dimana-mana. Meski begitu, karakter bakteri ini adalah mudah mati.

Karenanya, diperlukan trik bagaimana menghindari bakteri Enterobacter Sakazakii . Salah satu kuncinya saat penyiapan susu formula. Cara mengolah yang baik bisa memperkecil risiko terinfeksi bakteri tersebut.

Berikut tips penyiapan susu formula yang baik seperti dilansir dalam siaran pers Kementerian Kesehatan di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Kamis (10/2/2011):

1. Dianjurkan menggunakan air yang dimasak sampai mendidih. Biarkan air selama 10-15 menit agar suhunya turun menjadi tidak kurang dari 70 derajat celcius.
2. Siapkan susu sebanyak yang dapat dihabiskan bayi dan sesuai takaran yang dianjurkan pada label.
3. Sisa susu yang telah dilarutkan dibuang setelah 2 jam.
4. Perlu diketahui bahwa susu formula bukan suatu produk yang steril dan dapat terkontaminasi kuman yang menyebabkan penyakit.

Penulis: M. Ismunadi
READ MORE - Selengkapnya

Cara menjaga kesehatan gigi dan mulut ibu hamil

SELAIN menjaga kondisi kandungan tetap sehat, ibu hamil juga harus memperhatikan kesehatan gigi dan mulut. Lantas, bagaimana caranya?

Berikut ini ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir tabloid Mom & Kiddie.

- Gunakan sikat gigi yang lembut dan ukuran yang sesuai.

- Sewaktu ibu hamil muntah atau sering mengeluarkan air liur, jangan lupa untuk berkumur, bisa dengan air hangat yang dibubuhi garam. Kumur dengan air hangat juga bermanfaat untuk membersihkan sisa lemak- lemak pada rongga mulut dan sela gigi.

- Bila perlu pilih pasta gigi yang tidak merangsang terjadinya alergi, terutama untuk gusi yang sensitif, dan yang terpenting memilih pasta gigi yang akan membuat kondisi mulut menjadi lebih segar sehingga tidak mudah mual. 

- Lakukan penyikatan gigi secara benar dan gerakan sikat melingkar dengan hati hati di sela–sela gigi. Sikat gigi arah atas ke bawah dan sebaliknya arah bawah ke atas. minimal menggosok gigi 2 kali sehari (sebelum dan setelah tidur, lebih baik jika setiap setelah makan).

- Bila ada gangguan kesehatan pada mulut yang perlu menggunakan obat kumur, sebaiknya perhatikan label pada kemasan tentang keterangan kontra indikasi untuk ibu hamil. Penggunaan obat kumur terutama untuk mengatasi bakteri penyebab bau mulut maupun membersihkan keasaman pada rongga mulut ibu hamil perlu berkonsultasi dengan dokter gigi.

- Konsumsi buah buahan berserat yang banyak mengandung Vitamin C dan Vitamin B12 karena baik untuk gusi.

- Penuhi kebutuhan kalsium sesuai dengan anjuran dokter atau bidan, terutama dari sumber zat makanan alami, karena kalsium yang dikonsumsi oleh BuMil juga diserap oleh calon calon bayi.

- Kurangi konsumsi makanan yang manis dan asam, karena jenis makanan seperti itu cenderung bisa menimbulkan masalah kerusakan pada gigi

- Apabila sudah terlanjur mengalami masalah gigi selama kehamilan, maka dokter perlu mengambil tindakan untuk menangani masalah ini. Namun, segala tindakan seperti obat pemutih gigi, dan obat-obatan lainnya, penggunaan X ray selama pemeriksaan gigi, sebaiknya dilakukan setelah bayi Anda lahir. Meskipun X ray gigi menggunakan radiasi yang cukup kecil, namun tentunya harus dihindari untuk lebih meminimalisir efek negatif yang mungkin timbul pada bayi.

Buat ibu yang sedang hamil, penting untuk menjaga kesehatan sekecil apapun ya biar anaknya lahir dengan sehat dan cerdas
READ MORE - Selengkapnya

Sebaiknya Yoga Juga Diajarkan Sejak Dini pada Anak

Sebaiknya Yoga Juga Diajarkan Sejak Dini pada Anak


Yoga, menurut Ratnesha, instruktur yoga dari Ananda Marga Yoga sebaiknya diajarkan sejak dini kepada anak karena tubuh perlu ditata agar hormon bergerak aktif pada saat muda.

Instruktur yang mendapatkan ilmu yoga dari sebuah akademi di India ini menyarankan agar anak minimal usia lima tahun sudah cukup untuk diajarkan yoga.

Yoga dinilai tidak hanya bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit tersebut, tetapi juga untuk mengatasi penyakit kencing manis, pernafasan, ginjal, menjaga vitalitas tubuh, meningkatkan konsentrasi, hingga menumbuhkan rasa percaya diri.

Tidak hanya kalangan usia berumur, anak-anak muda berusia 17 hingga 30 tahun di Denpasar pun kini sudah banyak belajar yoga pada sanggarnya.

“Kini sudah banyak generasi muda yang menggeluti yoga karena mereka telah sadar akan mahalnya kesehatan,” tambahnya.
sehatnews.com
READ MORE - Selengkapnya

Buta Karena Katarak dapat Diatasi dengan Operasi



Salah satu masalah kesehatan yang dihadapi masyarakat Indonesia adalah gangguan penglihatan dan kebutaan. Katarak merupakan penyebab utama (50%) kebutaan di Indonesia. Dengan meningkatnya usia harapan hidup, maka prevalensi gangguan penglihatan dan kebutaan juga akan cenderung semakin meningkat karena katarak merupakan salah satu masalah kesehatan utama pada usia lanjut.

Demikian disampaikan Direktur Jenderal Bina Upaya Kesehatan (BUK), dr. Supriyantoro, Sp.P, MARS, yang dibacakan oleh Direktur Bina Upaya Kesehatan Dasar, dr. HR. Dedi Kuswenda, M.Kes, pada pembukaan kegiatan Workshop Kesehatan Indera Penglihatan mengenai “Mata Sehat di Segala Usia untuk Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat Indonesia”

“Kebutaan karena katarak sebenarnya dapat diatasi dengan melakukan operasi katarak. Namun, sebagian besar masyarakat Indonesia yang mengalami kebutaan sulit mendapatkan akses pelayanan kesehatan”, ujar Dirjen BUK.

Menurut Dirjen BUK, penyebab lain kebutaan dan gangguan penglihatan adalah kelainan refraksi dengan prevalensi 22,1% dari total populasi, dan sebanyak 15% diantaranya diderita oleh anak usia sekolah. Kelainan refraksi dapat ditemukan pada semua kelompok umur, tapi kondisi ini sangat bermasalah dan perlu diperhatikan pada anak-anak usia sekolah.

“Di samping katarak dan kelainan refraksi, masalah gangguan penglihatan lain yang dapat menyebabkan kebutaan adalah glaucoma atau peningkatan tekanan dalam bola mata, serta xeroftalmia yaitu penyakit akibat kekurangan vitamin A”, tambah Dirjen BUK
Buta Karena Katarak dapat Diatasi dengan Operasi-sehatnews.com
READ MORE - Selengkapnya

Mengenal Parasit Paling Berbahaya Di Dunia

Mengenal Parasit Paling Berbahaya Di Dunia


Ticks (kutu) diklasifikasikan sbg arachnid dan banyak varietasnya. Yg paling sering ditemuin itu kutu kaki-hitam, kutu bintang satu (lone star tick), kutu rusa, dan kutu anjing. Kutu2 ini ternyata punya kemampuan menyebarkan penyakit. Penyakit yg paling dikenal adalah Rocky Mountain spotted fever dan penyakit Lyme. Kutu biasanya ditemukan di daerah2 dg semak belukar dan rumput yg banyak. Mereka biasanya akan menunggu inangnya lewat, lalu masuk ke tubuh inangnya, dan mencari tempat yg paling pewe. Kalo di manusia, mereka suka daerah kulit kepala, tapi di mamalia lainnya, mereka suka di mana aja. Keberadaan mereka ini secara kasat mata ga keliatan selama beberapa minggu, jadi mereka bisa dg bebas ngisep darah dari inangnya.



Tau The Black Plague? Itu adalah penyakit yg (katanya) dibawa2 oleh si flea ini. Seperti nyamuk, flea butuh darah dari inang mamalia untuk bisa beranak-pinak. Mereka akan bertelor di inangnya dan biasanya ini akan menyebabkan pengerumunan flea (gila serem amat) yg terjadi di tempat2 di mana si inang ini suka berada, seperti daerah tempat tidur piaraan. Pas telornya netes (kedua 'e' dibaca spt 'e' pada kebo), biasanya sekitar beberapa hari atau beberapa minggu, larvanya akan menghabiskan waktunya dg memakan material2 organik spt sel2 kulit mati atau sisa2 kotoran (huekss).
Ternyata lagi, agan2, parasit satu ini bisa loncat dg ketinggian lbh dari 100x panjang badannya. Bujug...

Siapa sih yg ga kenal nyamuk? Angkat tangaaann~~ Masa sih ada yg ga kenal nyamuk? Kenalan dulu gih, rugi lho kalo ga kenalan ama vampir kecil satu ini 
Nyamuk itu butuh darah mamalia untuk dapat beranak pinak, sama kaya si flea di atas (atas mana? atas kepala gua?). Karena itulah, sang betina bertanggung jawab mencipok kulit mamalia untuk ngisep darahnya. Tapi eh tapi, aslinya baik si jantan maupun betina cuma memakan nektar dari bunga atau buah2an. Tapi, teteppp, si betina butuh protein tambahan yg ada di dalam darah untuk bereproduksi (bahasanya reproduksii... tadi anak pinak ). 

Mites (tungau) terdiri atas beberapa jenis, seperti tungau debu (dust mites), tungau unggas (fowl mites), tungau anjing (dog mites), tungau rusa (deer mites), tungau kutu (chigger mites), dan tungau kudis (scabies mites). Oya, agan2, tau ga? Ternyata saat ini, ada tungau yg idup di badan agan, yg disebut tungau kantung rambut (hair follicle mites) yg memakan sekresi berminyak dari rambut dan kulit kepala agan2. Hiiii... Tapi, jangan kuatir! Ada agan ivoryyuuto di sini! Ga, maksudnya, jgn kuatir, karena ternyata tungau2 itu adalah bagian normal dari proses hidup manusia, hehehe...
Lalu? Tungau mana yg menyebabkan banyak masalah? Tungau kudis (scabies mites) lah jawabannya. Parasit mikroskopik ini dapat menyebabkan gatel2 yg luar biasa dan jejas merah pada daerah terinfeksi. Waduh!

Botfly itu istilah yg diberikan untuk spesies laler (lalet) yg larvanya hidup sbg parasit di dalam tubuh mamalia. Belatung human botfly diangkut oleh nyamuk2 dan banyak terdapat di Amerika Tengah dan Selatan. Lalat akan menangkap nyamuk dan bertelor pada tubuh nyamuk tersebut. Akhirnya, nyamuk2 akan menggigit manusia dan telor2nya akan masuk ke dalam tubuh manusia itu lalu menetas. Belatung2 botfly bahkan akan mengunyah agar dapat memasuki tubuh inangnya. Buset, serem amirrr.. Di dalam tubuh manusia, belatung2 itu akan bertahan selama 5-6 minggu sampai bertambah gemuk. Selama itu, mereka akan membuat lubang agar mereka dapat keluar. Pada tahap ini, jika tetap tidak terdeteksi, belatung2 itu akan keluar dari lubang kecil yg telah dibuatnya lalu jatoh ke tanah. Nah dari sini daur hidup akan dimulai kembali. 

Tapeworm (cacing pita) mirip2 dg cacing tambang. Mereka merupakan parasit usus yg dapat menular ke manusia melalui tanah atau bekas kotoran, namun kebanyakan menginfeksi manusia melalui daging2 yg kurang dimasak. Gejala dari infeksi cacing ini sangat sulit dideteksi karena ga ada gejala2 luar yg mengindikasikan infeksi cacing ini selama periode waktu yg panjang. Nah, kalo begitu caranya, cacing pita itu bisa tumbuh sampe 30 kaki (sekitar 9,14400 meter). Makanya kalo makan daging2an, dimasak ampe mateng.

Hookworm (cacing tambang) menginfeksi manusia melalui sisa2 kotoran di tanah. Telor2nya akan menetas dalam jangka waktu 1 minggu dan tumbuh jadi larva yg bisa idup sekitar sebulan di dalam tanah atau feses (ih, jijaj!). Jika terkontak dg manusia, biasanya lewat kaki, cacing2 ini akan menembus masuk menuju pembuluh nadi, masuk ke jantung, dan akhirnya ke paru2. Abis masuk ke paru2, mereka kadang terbuang lewat lendir ketika si inang batuk. Jika dibiarkan gitu aja, cacing ini bisa menyebabkan penyakit serius, seperti anemia, diare, konstipasi, dan kelelahan.
READ MORE - Selengkapnya

Anak Yang Sehat Dimulai dari Tangan Sehat

Anak Yang Sehat Dimulai dari Tangan Sehat


Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kemenkes RI, Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama menyatakan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) Sedunia ke-5 tahun 2012 mengusung tema global “More Than Just a Day”, sedangkan tema nasional HCTPS kelima tahun ini adalah “Anak Sehat Dimulai dari Tangan Sehat”.

“Perayaan pertama diinisiasi UNICEF pada tahun 2008, dilakukan di 21 negara (termasuk Indonesia). Setelah itu, setiap tahun, Indonesia terus melaksanakan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS)”, kata Prof. Tjandra.

Prof. Tjandra juga menambahkan, kampanye CTPS bersifat nasional dan dilaksanakan di seluruh Indonesia, sesuai dengan Surat Edaran Menkes RI No.PM/MENKES/299/VII/2012 tentang Himbauan Penyelenggaraan HCTPS Sedunia ke-5 tahun 2012 kepada seluruh Provinsi, Kabupaten/Kota.

Serangkaian kegiatan telah dilaksanakan, antara lain: Lomba Foto CTPS secara online melalui media jejaring sosial Facebook; Talkshow Menkes dan Duta Sanitasi bertema Apresiasi Budaya CTPS (27/9); Seminar Strategi Pengendalian Kecacingan dan Perilaku CTPS di Kantor Kementerian Kesehatan (10/10); serta Seminar Advokasi Peran Media dalam Perilaku CTPS (12/10).

Pada kesempatan tersebut, Prof. Tjandra juga menyerahkan penghargaan dan hadiah kepada masing-masing Pemenang Kompetisi Foto Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) 2012. Juara I diraih oleh Erlangga Djati dari Surakarta; Juara II diraih Hafidz Dwi Fahmi dari Depok; dan Juara III diraih oleh Ari Infanto dari Medan.

Foto bertema CTPS, sebelumnya telah diunggah oleh para peserta di facebook Hari Cuci Tangan Pakai Sabun 2012. Para finalis dipilih berdasarkan “like” terbanyak. Selanjutnya, terdapat tiga syarat utama dalam penentuan pemenang, antara lain implementasi (bukan seremoni), terdapat air mengalir dan busa sabun.

Sementara itu, Kepala Sekolah Dasar Negeri 05 Karet, Setiabudi, Suharso, menyampaikan bahwa sebuah kehormatan besar, penyelenggaraan perayaan HCTPS 2012 dapat diselenggarakan di lingkungan sekolah mereka. Dalam laporannya, Suharso menyatakan SDN 05 Karet Setiabudi kekurangan sarana buang air kecil/besar.

Dengan semangat gotong royong, Menkes bersama Pemerintah Daerah setempat dan mitra swasta menggalang bantuan secara langsung untuk pembangunan tambahan sarana toilet, air bersih, sabun, dan bibit untuk penghijauan.

Pada kesempatan yang sama, juga dilakukan penyerahan Donasi PT Unilever Indonesia kepada SD 05 Karet Setiabudi, Jakarta, berupa fasilitas kebersihan; Plan International kepada SDN Ngombak, berupa rehabilitasi total dua buah SD Negeri di Desa Ngombak, Grobogan, Jawa Tengah; USAID High Five kepada SD Inpres Barayya 2,Lembo, Makassar; Yayasan Adaro Bangun Negeri kepada SMPN 2 Tanta, Kab. Tabalong, Kalimantan Selatan, berupa pelaksanaan school improvement programme, termasuk sarana sanitasi, CTPS, dan pendampingan UKS.
READ MORE - Selengkapnya

Misteri Lagu Kalmayer, Suara yang Mempengaruhi Otak Manusia

Misteri Lagu Kalmayer, Suara yang Mempengaruhi Otak Manusia


Karlmayer adalah suara/simfoni/musik yang dapat mempengaruhi otak manusia. Suara tersebut konon dapat menghancurkan mental manusia dan membuat manusia gila. Suara tersebut adalah “sound pollution” atau suara yang bising dan membuat pusing. Tidak ada unsur gaib sama sekali di dalam suara ini. Tergantung dari “segaib” apa pemikiran orang yang mendengarkan suara ini. konon suara ini digunakan untuk menginterogasi seseorang agar ia mau mengaku karena pusingnya dengan suara ini. Dampak yang sering terjadi adalah paranoid, migrain, dan sakit telinga.

Peringatan: Bila terjadi sesuatu terhadap mental Anda, segera dengarkan lagu-lagu selow ataupun melow, usahakan lupakan suara-suara yang Anda dengar tadi.

Dampak yang mungkin adalah sebagai berikut:

1. Sakit telinga, ini yang paling sering.
Tentu saja anda akan mengalami sakit telinga, karena frekuensi suara ini hampir mendekati gelombang ultrasonik

2. Pusing/migrain
Ini juga sering Jika anda mendengarkan suara ini dengan volume yang cukup tinggi, dampak ini tak terhindarkan

3. Tercantol di otak.
Ini cukup sering terjadi, Anda menjadi memutar-mutar melodi ini terus menerus di kepala anda tanpa kemauan anda sendiri. Jika ini terjadi pada anda, bacalah peringatan diatas.

4. Menjadi paranoid.
Jika anda tidak kuat tetapi memaksakan mendengarkan sampai habis, ini dapat menjadi kemungkinan. setiap anda kemana-mana anda selalu curiga, selalu celingak celinguk kiri kanan belakang, seperti ada yang mengawasi anda. pada tahap parah akan terjadi halusinasi mendadak.

5. Gila, Anda bisa saja menjadi gila.
Jika anda tidak kuat mendengarkan suara ini, tetapi anda dipaksa untuk mendengarkannya/menonton videonya berkali-kali dengan volume yang besar, mungkin ini akan terjadi pada anda.

6. Tidak terjadi apa-apa
Jika anda sudah memiliki pengalaman gaib yang banyak, atau anda tidak memiliki rasa takut, walaupun anda mendengarnya berkali-kali, anda tidak akan mengalami efek apa-apa, tetapi tidak terhindarkan efek kesatu dan kedua.

Konon bila mendengarkan suara ini/menonton videonya 10 kali secara terus menerus, mental anda akan rusak.


- Lupakan video/suara yang anda serap
- Dengarkan lagu-lagu slow/mellow
- Jangan menonton film horror untuk beberapa minggu

Suara:

1. Anda akan mendengar anak kecil yang tertawa cekikikan centil, dengan suara yang sangat cempreng, diiringi dengan suara erangan seperti senandung.

2. Suara cekikikan tadi berubah menjadi suara jeritan yang sangat amat melengking, dengan suara yang sangat tinggi hampir mendekati batas ultrasonik. Disinilah biasanya telinga anda menjadi sakit, tetap diiringi suara cekikikan-cekikikan.

3. Suara jeritan dan erangan tadi berhenti dan menjadi suara anak kecil yang sedang bersenandung dan bernyanyi-nyanyi melodi tanpa lirik.

4. Suara tersebut makin keras-makin keras, dan ada suara wanita menjerit dan tiba-tiba suara menjadi suara yang sangat berisik (seperti TV yang bersemut tetapi dengan volume yang sangat tinggi) hati-hati yang memiliki penyakit jantung, ini dapat menjadi sangat mengejutkan.

5. Suara bising tersebut berhenti, lalu suara perempuan yang cekikikan dan bersenandung terdengar lagi. kali ini diiringi suara perempuan yang menangis.

6. Suara-suara tersebut berpadu menjadi sangat bising, disini biasanya anda akan merasa pusing. suara-suara tersebut semakin keras dan akhirnya diiringi suara TV bersemut tadi yang juga semakin membesar.


Hanya gambar-gambar yang aneh dan menyimpang. Anda tidak perlu takut, karena gambar-gambar di video ini tidak ada yang menyeramkan. Hanya menyimpang dan cenderung “aneh” dan berlawanan dengan pemikiran rasional anda. Pertama adalah gambar dua bayi yang bergandengan, lalu pada detik ke 17 menjadi gambar ladang bunga. tentu ini berlawanan dengan akal sehat, yang membuat persepsi anda menjadi “aneh” membuat anda menjadi cenderung takut. ladang bunga ini berubah-ubah warna. lalu muncul gambar ladang bunga lainnya dan berubah-ubah warna, pada detik ke 48 akan sedikit mengejutkan, yaitu gambar badut yang menyeringai. sampai akhirnya menit ke 1:14 muncul gambar sebuah topeng jepang.

lalu sampai saat itu akan terus meneur gambar ladang bunga yang beruba-ubah warna dan terbalik-terbalik. menit ke 1:58 akan muncul gambar seseorang yang berwarna warni. lalu dari menit 1:59 sampai habis adalah gambar-gambar bermacam-macam yang relatif sangat aneh dan menyimpang. ada beberapa gambar lukisan dan semuanya itu sama sekali tidak menyeramkan.
READ MORE - Selengkapnya

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails