Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

OBAT TRADISIONAL UNTUK PENGOBATAN KUTU AIR


OBAT TRADISIONAL UNTUK PENGOBATAN KUTU AIR

Untuk berjaga-jaga apabila kebetulan anda terserang Kutu air, kami anjurkan mengikuti resep-resep yang kami suguhkan. Menurut pengalaman penyakit Kutu air (rangan) dapat disembuhkan dengan Singkong (Ketela pohon).

Caranya :
Ambillah Singkong yang masih muda (baru dipetik dari batangnya) lalu dikupas, dicuci bersih dan diparut. Setelah itu tempelkan parutan tersebut pada bagian yang terkena Kutu air (luka). Jika parutan yang anda tempelkan itu sudah mengering maka gantilah dengan parutan yang baru.

Dengan cara seperti diatas mudah-mudahan dalam waktu singkat kira-kira 2 hari luka Kutu air akan sembuh.
READ MORE - Selengkapnya

Tips Sederhana agar Terhindar Kanker Payudara

Artikel sebelumnya tentang Kanker Payudara





Tips Sederhana agar Terhindar Kanker Payudara
Setiap perempuan berisiko menderita kanker payudara. Faktanya, satu dari 22 perempuan terdiagnosis kanker payudara di India dan ada satu perempuan didiagnosis kanker payudara setiap 6,5 menit.

Risiko kanker payudara akan meningkat seiring usia. Faktor keturunan dapat memengaruhi risiko kanker sebanyak sekitar 8-10 persen atau lebih. Sementara itu, ada juga faktor lain yang berperan, yaitu faktor gaya hidup yang meliputi pola makan, olahraga, dan lain-lain.

Meskipun begitu, masih ada harapan untuk melawan penyakit mematikan ini. Pencegahan, deteksi dini, dan pengobatan merupakan cara untuk mendapat tingkat kesembuhan yang lebih baik.

Tidak ada metode absolut untuk mencegah kanker, tetapi deteksi dini penting dilakukan. Intervensi medis yang dilakukan secara dini dapat mempermudah penyembuhan kanker.

Lantaran deteksi dini penting, maka menyadari tanda-tanda yang ada di payudara merupakan hal yang wajib dilakukan. Jadi, segeralah mengunjungi dokter jika Anda menyadari adanya tanda-tanda seperti benjolan atau penebalan di payudara, bengkak, bercak merah atau warna kulit yang menggelap pada payudara, perubahan bentuk dan ukuran payudara, puting yang masuk ke dalam, gatal, dan keluar cairan seperti darah.

Menyadari tanda-tanda tersebut terkadang tidak mudah, oleh karenanya Anda perlu memperhatikan secara saksama perubahan-perubahan yang terjadi pada payudara. Salah satu metode yang direkomendasikan, yaitu dengan sadari (periksa payudara sendiri). Sadari dibagi menjadi dua bagian yaitu, lihat dan rasa.

Untuk lihat, Anda perlu berdiri di depan cermin dan memperhatikan bentuk payudara, dari mulai warna, ukuran, hingga keadaan puting. Selanjutnya, angkat kedua tangan, letakkan di kepala, dan perhatikan kembali payudara Anda. 

Dan untuk rasa, Anda perlu berbaring dengan posisi telentang dengan bantal di bawah bahu dan tangan mengangkat. Gunakan ujung jari dan periksa jaringan payudara dengan gerakan vertikal dengan sentuhan tegas, tetapi lembut. Lakukan dari puting hingga daerah di sekitar ketiak.

Lakukan sadari sebulan sekali di hari yang sama setiap bulannya. Anda juga bisa memeriksakan payudara ke dokter 6-12 bulan sekali. Anda perlu melakukan pemeriksaan mamogram jika usia Anda di atas 40 tahun, atau lebih dini jika memiliki riwayat keluarga dengan kanker payudara.
Sumber :
READ MORE - Selengkapnya

Penyebab Tersering Nyeri Dada

Banyak orang yang terlampau khawatir menghubungkan semua nyeri dada yang dialaminya dengan nyeri dada akibat jantung. Pada bagian ini, kita akan melihat penyebab nyeri dada lainnya beserta karakteristik yang membedakannya dari nyeri dada akibat jantung. Menariknya, penyebab-penyebab yang akan dipaparkan di bawah ini sebenarnya lebih sering menimbulkan nyeri dada kiri ketimbang jantung sendiri.

Ciri khas nyeri dada dapat dilihat pada artikel sebelumnya yang berjudul “Ini Ciri khas Nyeri Dada Akibat Jantung”. Pada tulisan ini, kita akan melihat penyebab nyeri dada yang karakteristiknya kadang mirip dengan nyeri dada akibat jantung.

Nyeri dada pada dasarnya dapat disebabkan oleh semua penyusun dada kita. Dari luar ke dalam dada kita disusun oleh kulit, otot, tulang, jantung, selaput pembungkus paru-paru, dan paru-paru. Di sekitar dada juga terdapat organ lambung dan payudara pada wanita.

1. Kelainan kulit

Nyeri daerah dada dapat disebabkan sebatas kelainan kulit dada. Infeksi pada kulit, jerawat, atau bisul dapat menimbulkan rasa nyeri. Kelainan kulit lainnya dengan gejala utama nyeri adalah penyakit herpes. Jenis herpes tertentu menyerang kulit dan hanya pada satu sisi saja (sisi kiri saja atau sisi kanan saja).

Biasanya nyeri akibat kelainan kulit memiliki sensasi tajam, seperti ditusuk-tusuk. Letak nyeri akan mudah ditunjuk oleh satu jari dan biasanya tampak adanya kelainan pada kulit yang mudah ditemukan.

2. Muscle spasm

Lapisan setelah kulit adalah otot. Tegang otot atau muscle spasm dapat terjadi tiba-tiba, menimbulkan rasa nyeri pada dada, dan berlangsung dalam hitungan menit atau hilang-timbul hingga berhari-hari.

Muscle spasm adalah penyebab nyeri dada yang paling sering disangka oleh kita sebagai nyeri dada akibat jantung. Muscle spasm dapat timbul setelah olahraga maupun setelah aktivitas fisik sehari-hari, seperti mengangkat barang. Muscle spasm juga sering dialami oleh anak-anak yang aktif.

Nyeri dada yang ditimbulkan oleh otot biasanya dapat dilokalisasi. Orang tersebut akan mudah menunjukkan lokasinya dengan hanya satu jarinya. Nyeri akibat otot berubah-ubah intensitasnya oleh gerakan tubuh. Nyeri terkadang terasa lebih sakit pada suatu gerakan atau posisi tertentu, misal nyeri bertambah sakit saat mengangkat lengan kiri, saat menarik napas dalam-dalam, dan sebagainya. Sifat nyerinya juga tajam, sensasi seperti ditusuk-tusuk.

3. Memar tulang

Memar tulang atau dalam bahasa medis disebut kontusio tulang juga merupakan penyebab tersering nyeri dada. Memar tulang umumnya terjadi akibat terkena pukulan atau trauma langsung pada dinding dada. Tulang yang sering mengalami memar di dada ialah tulang rusuk. Sifat nyeri yang disebabkan oleh tulang mirip dengan nyeri karena otot. Nyeri akan terasa bertambah saat bagian memar tersebut ditekan.

4. Penyakit paru-paru

Hampir semua penyakit pada paru-paru, seperti TBC, radang paru, bronkitis, memar paru, tumor paru, dapat menimbulkan gejala nyeri dada. Nyeri biasanya bersifat tumpul dan tidak terlokalisasi, seperti halnya nyeri akibat jantung. Namun, nyeri akibat paru-paru tidak diiringi gejala simpatis (berkeringat dingin, laju jantung cepat, mual, muntah). Umumnya nyeri dada akibat paru-paru tidak berdiri sendiri, melainkan bersama gejala penyakit paru-paru lainnya, seperti batuk, demam, dan sesak napas.

5. Diseksi aorta

Diseksi aorta juga merupakan kondisi khusus dengan karaktersitik nyeri yang mirip dengan nyeri akibat jantung. Aorta sebenarnya adalah bagian dari jantung yang merupakan pembuluh darah besar yang berfungsi menyaluran darah keluar dari jantung.

Diseksi aorta ialah adanya robekan pada aorta dan ancaman terputusnya pembuluh darah aorta. Keadaan ini dapat diakibatkan benturan dari luar, tekanan darah yang sangat tinggi, atau kondisi dimana dinding pembuluh darah aorta orang tersebut tipis.

Ciri khas nyeri dada akibat diseksi aorta ialah sensasi nyeri yang sangat berat, seperti teriris pisau. Nyeri biasanya dirasakan pada dada kiri bagian atas. Orang yang mengalami diseksi aorta akan tampak lemas, berdebar-debar, berkeringat dingin, gelisah, hingga pingsan. Bila diukur, tekanan darah akan turun. Untuk menegakkan diagnosis diseksi aorta harus dilakukan foto radiologi dada.

6. Maag

Lambung, organ tubuh penyebab sakit maag, terletak tepat di bawah jantung dan paru-paru kiri. Tidak hanya di ulu hati, sering kali sakit maag menimbulkan rasa sakit hingga di dada. Data menunjukkan bahwa maag merupakan salah satu penyakit yang gejalanya sering kali dianggap penderita sebagai sakit jantung. Sebuah penelitian memperlihatkan 30-40 persen pasien yang berobat dengan keluhan nyeri dada ternyata diakibatkan oleh sakit maag.

Sensasi yang paling umum dirasakan adalah rasa terbakar dan panas di dada bagian tengah. Keluhan tersebut muncul akibat produksi asam lambung yang meningkat hingga asam lambung naik ke atas. Asam lambung tersebut mengiritasi saluran makan di daerah dada sehingga menimbulkan rasa panas di dada.

Maag juga menimbulkan rasa mual yang juga bisa ditemukan pada nyeri dada akibat jantung. Namun, bila keluhan disertai gejala lambung lainnya, seperti sering bersendawa, perut terasa kembung, begah, dan keluhan membaik setelah konsumsi obat maag, maka kemungkinan besar rasa dada terbakar tersebut berasal dari sakit maag.

7. Penyakit pada payudara

Pada wanita terdapat organ payudara pada dada. Organ payudara tak jarang menjadi sumber dari rasa nyeri di dada. Pada beberapa wanita, bila sedang menstruasi payudara akan terasa sakit hingga ke dalam dada. Sejumlah penyakit lain pada payudara, seperti infeksi, sumbatan saluran susu, tumor dapat menyebabkan nyeri hingga ke dada. Namun, biasanya nyeri hanya terlokalisasi di sekitar parudara yang dengan penekanan akan terasa lebih sakit.
(@drfelixchikita)Sumber :www.kompasiana.com

READ MORE - Selengkapnya

Cara Menyikat Gigi Yang Benar

Cara Menyikat Gigi Yang Benar

Menyikat gigi bagi sebagian besar orang sudah menjadi ritual dan rutinitas terutama saat pagi hari. Walaupun sudah menjadi rutinitas mungkin saja teknik/cara menyikat gigi yang Anda lakukan belumlah benar, nah untuk dapat menyikat gigi dengan benar sebaiknya Anda simak tips yang diberikan oleh ahli estetika gigi dr Sushant Umre berikut ini :

1. Gunakan sikat gigi yang lembut berbahan nilon, yang memiliki bentuk lingkaran. Bahan dan bentuk ini tidak akan mengiritasi gigi dan tidak akan menimbulkan kerusakan pada gusi.

2. Tempatkan bulu sikat di sepanjang garis gusi pada sudut 45 derajat. Bulu harus terhubung pada kedua permukaan gigi dan gusi.

3. Pertama sikat dengan lembut bagian permukaan gigi bagian luar, kemudian permukaan bagian dalam gigi dengan gerakan 'bergetar' ke belakang dan gerakan berputar. Miringkan sikat secara vertikal di belakang barisan depan gigi.

4. Buatlah beberapa gerakan naik dan turun menggunakan setengah sikat depan. Tempatkan sikat pada sela gigi dan gunakan bagian belakang yang lembut untuk menyikat lidah. Sikat lidah dari belakang ke depan untuk menghilangkan bakteri penghasil bau.

5. Awasi anak-anak dalam menyikat gigi sampai mereka memahami benar langkah sederhana ini. Gunakan pasta gigi seukuran kacang, dan sebaiknya bebas flouride. Jika anak berusia di bawah enam tahun, pastikan mereka tidak menelan pasta gigi.

Selain teknik menyikat gigi yang benar untuk mendapatkan hasil yang maksimal Anda juga harus tahu cara memilih sikat gigi dan pasta gigi, berikut adalah tipsnya :
Kebanyakan dokter gigi menyarankan untuk menggunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut, terutama bagi orang-orang yang memiliki gigi dan gusi sensitif. Orang dewasa maupun anak-anak harus menggunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut. Sikat gigi dengan bulu keras tidak lebih efektif dalam menghilangkan plak atau noda.


Pastikan juga untuk memilih ukuran kepala sikat gigi yang dapat dengan mudah masuk ke mulut dan mampu menyikat deretan gigi bersamaan. Ingatlah juga bahwa sikat gigi harus diganti setiap tiga bulan atau lebih awal jika bulu mulai terlihat aus atau usang (bulu sudah membentuk kipas keluar atau mengembang merupakan tanda bahwa sudah waktunya untuk mengganti sikat gigi).

Setelah berkonsultasi dengan dokter gigi atau ahli kesehatan tentang kebutuhan terpenting kesehatan mulut Anda, carilah produk yang kategorinya cocok untuk Anda.Pilihlah selalu pasta gigi yang mengandung fluoride. Sebab pasta gigi yang mengandung fluoride telah terbukti mencegah gigi berlubang, tetapi kandungan ini tidak dapat digunakan pada anak di bawah usia enam tahun karena mereka memiliki kecenderungan untuk menelan pasta gigi.


Untuk mendapatkan gigi dan mulut yang sehat jangan lupa untuk berkumur setelah makan. Setelah makan, partikel makanan akan tinggal dalam mulut sehingga mengumpulkan bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut. Makanan yang berkumpul di sela gigi, di lidah dan di sekitar gusi dapat membusuk dan meninggalkan bau yang tidak menyenangkan.

Selain itu batasi kopi, teh dan alkohol. Produk kafein seperti kopi, teh dan cola akan bertindak sebagai diuretik yang pada gilirannya berkontribusi pada mulut kering. Air adalah solusi terbaik, sehingga minumlah air setidaknya 8-12 gelas cairan sehari, kecuali jika ada saran tertentu dari dokter Anda.

sumber : Times of India
READ MORE - Selengkapnya

MENGATASI HIPERTENSI DENGAN KENTANG REBUS

MENGATASI HIPERTENSI DENGAN KENTANG REBUS

Kentang mengatasi hipertensi atau kentang mampu menurunkan tekanan darah, begitulah hasil penelitian terakhir yang dilakukan di Amerika Serikat. Di balik fungsinya sebagai sumber karbohidrat, kentang juga menyimpan manfaat sebagai makanan super untuk menurunkan tekanan darah.

Sebuah penelitian oleh University of Scranton, Pennsylvania, Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa makan dua porsi kentang setiap hari dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

Dalam studi tersebut, sebanyak 18 laki-laki dan perempuan diminta untuk mengonsumsi 6-8 buah kentang yang masing-masing seukuran bola golf untuk makan siang dan makan malam selama sebulan. Mayoritas dari mereka menderita kelebihan berat badan atau obesitas dan mengkonsumsi obat anti hipertensi (menderita hipertensi).

Setelah sebulan, pemeriksaan medis terhadap peserta penelitian menunjukkan penurunan yang signifikan dari tekanan darah. Efektivitas kentang bahkan mampu menggantikan asupan obat anti hipertensi, jadi penderita hipertensi tidak perlu lagi mengkonsumsi obat anti hipertensi jika telah mengkonsumsi kentang dengan takaran tertentu.

Untuk mendapatkan manfaat kentang dalam mengatasi hipertensi yang maksimal, perlu diperhatikan cara memasak/pengolahan kentang. Cara terbaik untuk memasak kentang adalah dengan menggunakan microwave tanpa mengupasnya. Kentang yang dipanggang lebih baik daripada yang digoreng.

Tim peneliti Joe Vinson seperti yang dikutip oleh Daily Mail, menuturkan bahwa kentangyang dimasak dalam microwave tanpa sentuhan mentega, minyak, dan kecap akan memberikan manfaat yang maksimal untuk menurunkan tekanan darah. JIka tidak ada microwave kentang rebus juga akan memberikan manfaat yang baik.

Kentang selain mampu mengatasi hipertensi juga banyak memberikan manfaat lain bagi kesehatan yaitu untuk menjaga atau menurunkan berat badan. Kentang mengandung karbohidrat tinggi tetapi dengan kandungan kalori lebih sedikit dibandingkan nasi atau gandum.
READ MORE - Selengkapnya

Dampak Negatif Tidak Membersihkan "Make-up" Sebelum Tidur

ARTIKEL SEBELUMNYA DI BLOG INI




Dampak Negatif Tidak Membersihkan "Make-up" Sebelum Tidur
Kebanyakan wanita menyadari pentingnya membersihkan wajah sebelum tidur. Namun kesibukan menggakibatkan mereka melupakan kewajiban tersebut. Padahal, kulit wajah yang bersih lebih sehat dan awet muda.

Malas membersihkan wajah yang berlapis make-upsebelum tidur dapat menimbulkan efek buruk terhadap kulit. Berikut ini adalah beberapa dampat negatif dari kebiasaan tak rajin membersihkan wajah yang bermake-up:

1. Kulit kering

Kebiasaan tak membersihkan make-up menyebabkan tekstur permukaan kulit 10 persen lebih buruk. Bila tidur lebih sering menggunakan bagian kanan, maka kulit wajah di area tersebut 20 persen lebih buruk dibanding kiri. Hal ini diakibatkan sedikitnya oksigen yang diperoleh oleh lapisan kulit. Pasokan oksigen ke dalam pori kulit terhambat lapisan make-up yang masih menempel. Hal ini tentu sangat merugikan kulit.

"Tidak hanya mengeringkan lapisan atas. Make-up juga menghalangi kulit beregenerasi, sehingga menghasilkan tekstur yang buruk," kata dermatologist, Dr Stefanie Williams yang merupakan medical director European Dermatology London clinic.

2. Berkerut

Kulit yang kering menyebabkan kerutan mudah terlihat. Hal ini terjadi pada pengguna make-up yang enggan membersihkan wajahnya sebelum tidur. Williams mengatakan, "ketika kering, kulit menjadi kurang elastis. Sehingga kerutan menjadi lebih menonjol." Keringnya kulit diakibatkan polutan lingkungan yang menempel pada make-up.

Akibatnya, kulit terserang radikal bebas yang merugikan kesehatan. Komponen berukuran molekuler ini, menyebabkan berbagai kerusakan pada struktur sel. Polutan juga menyebabkan penurunan produksi kolagen. Kolagen adalah substansi yang menentukan elastisitas kulit. Minimnya produksi kolagen menyebabkan kulit mudah berkerut.

3. Kemerahan

Kemerahan merupakan gejala kulit terkena iritasi. "Tidur dengan make-up mengakibatkan adanya halangan pada permukaan kulit," kata William.

Make-up memungkinkan bahan yang mengakibatkan iritasi terkunci di kulit. Hal ini akan memperburuk reaksi alergi, dan menurunkan kelembaban kulit.

4. Pori wajah membesar

Pori wajah seseorang yang sering tidur dengan sisa make-up biasanya akan membesar 5 persen. Williams mengatakan, hal tersebut dikarenakan adanya sumbatan. Sumbatan ini akan menarik pori sehingga membuatnya membesar dan mudah terlihat. Hal ini, mmengindikasikan kulit semakin menua.

Kondisi ini serupa dengan lansia yang berpori lebih besar. Faktor usia menurunkan elastisitas, sehingga struktur yang menopang dan menjaga pori tidak berfungsi maksimal.

"Tidak membersihkan make-up sebelum tidur akan merugikan kulit jika terus dilakukan dalam jangka waktu yang panjang," kata pakar kulit dan kecantikan dari Harley Street, dr Sam Bunting.

Akumulasi polutan lingkungan yang merupakan radikal bebas menjadi penyebab utama. Komponen ini menurunkan produksi kolagen dan elastin, yang berfungsi memelihara kulit tetap awet muda. Padahal, struktur akan memburuk bersamaan dengan usia. Keengganan membersihkan make-up sebelum tidur, akan membuat penuaan makin cepat terjadi.
Sumber :


READ MORE - Selengkapnya

Waspadai Berat Badan Anda Turun Tanpa Sebab!

Waspadai Berat Badan Anda Turun Tanpa Sebab!
Penurunan berat badan yang dilakukan dengan usaha diet dan olahraga merupakan hal yang wajar terjadi, jika Anda mengalami penurunan berat badan tanpa sebab atau tanpa adanya usaha maka Anda seharusnya mewaspadai ada sesuatu yang salah dalam tubuh Anda (penyakit).

Apa yang dimaksud dengan penurunan berat badan tanpa sebab ? Penurunan berat badan tanpa sebab adalah berkurangnya berat badan lebih dari 5 persen dalam rentang waktu 6 bulan lebih, tanpa upaya pengaturan pola makan atau olahraga.

Bagaimana mengetahui adanya penurunan berat badan jika Anda termasuk orang yang jarang menimbang berat badan ? Ada beberapa tanda yang bisa menunjukkan terjadinya penurunan berat badan yang signifikan, misalnya semua pakaian menjadi lebih longgar, tidak perlu mengancingkan sabuk lebih ketat, atau teman dan keluarga mengomentari Anda terlihat kurusan.

Nah jika Anda mengalami penurunan berat badan tanpa sebab maka Anda sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter, karena mungkin saja Anda mengalami salah satu penyakit dibawah ini :

Kanker
Meski tidak ada gejala khusus, tapi menurut para ahli dari National Institute of Health ada beberapa gejala yang sering dialami pasien kanker, antara lain penurunan berat badan, kelelahan, berkeringat di malam hari, demam, serta nafsu makan berkurang.

AIDS
AIDS (autoimunodeficiency syndrome) adalah lima besar penyakit penyebab kematian pada orang berusia 25-44 tahun. Gejala spefisik dari AIDS antara lain penurunan berat badan tanpa sebab, demam, pembengkakan kelenjar limfa, kelelahan, serta badan selalu lemah. Orang yang terkena AIDS juga lebih gampang tertular penyakit karena sistem imun mereka sangat lemah.

Hipertiroid
Hipertiroid adalah kondisi dimana kelenjar tiroid menjadi sangat aktif. Para ahli dari Mayo Clinic mengatakan bahwa gejala spesifik hipertiorid adalah berat badan turun secara drastis, detak jantung meningkat, berkeringat, tremor, dan mudah lelah.

Diabetes 
Penyakit diabetes yang tidak terkontrol juga bisa menyebabkan berat badan turun terus meski kita sering makan banyak. Hal ini karena tubuh tidak bisa mendapatkan energi yang cukup dari gula karena kurang insulin. Akibatnya tubuh mengolah zat-zat lain dalam tubuh untuk diubah menjadi energi. Zat yang diubah itu adalah lemak dan protein.

sumber : mayo clinic
READ MORE - Selengkapnya

PENGOBATAN TRADISIONAL DARI BUNGA TERATAI

PENGOBATAN TRADISIONAL DARI BUNGA TERATAI
Teratai (Nelumbium Nelumbo Druce) adalah termasuk jenis tanaman dari keluarga Nymhaeaceae, yaitu tanaman air menahun yang sangat indah, berasal dari daratan Asia. Teratai dibudidayakan diperairan dan dikolam, namun tak jarang juga kita akan menemukan teratai yang tumbuh liar dirawa-rawa atau kali. 

Teratai termasuk tumbuhan menjalar, daun dan bunga langsung keluar dari rimpangnya yang terikat pada lumpur yang ada didasar kolam, permukaan daunnya berlilin, berwarna hijau keputihan, bagian tepinya rata, bagian tengah agak melengkung dan tulang daun tersebar dari pusat daun kearah tepi. Sedangkan bunganya harum, menjulang kepermukaan air dengan tulang tangkai bulat dan kokoh, panjangnya tangkai bunga 75-200 cm, dan bunga teratai mekar setiap hari penuh, pagi sampai sore hari, setelah bunga layu mahkota bunga akan berguguran, sampai akhirnya tersisa dasar bunga yang akan menjadi bakal buah.


Teratai bukan saja cantik untuk dijadikan tanaman hias, namun bunga teratai juga berkhasiat untuk kesehatan, banyak khasiat bunga teratai yang dapat kita manfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit yang sedang kita derita, bagian-bagian teratai bukan hanya bunga atau daunnya saja melainkan rimpang dan akarnya juga dapat kita manfaatkan untuk kesehatan.
Berikut ini adalah beberapa khasiat bunga teratai untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit dan cara mengolahnya.


Batuk berdarah
Ambil rimpang teratai secukupnya, cuci sampai bersih, lalu potong-potong seperlunya kemudian kita buat jus, hingga terkumpul 1 gelas 200 cc, minum sekaligus.

Darah tinggi
Ambil 10 gram biji teratai dan 15 gram tunas biji teratai (lien sim), lalu kedua bahan tersebut rebus dengan 350 cc air hingga mendidih dan airnya berkurang menjadi 200 cc. Minum setiap hari seperti minum teh

Obat disentri
Ambil 50 gram rimpang teratai dan 10 gram jahe, cuci sampai bersih, buat jus dengan cara diblender kemudian tambahkan air 100 cc, selanjutnya direbus sampai mendidih, setelah dingin tambahkan 1 sendok makan madu. Aduk sampai rata lalu minum.

Obat mimisan
Ruas akar teratai dicuci sampai bersih selanjutnya kita blender, ambil airnya. teteskan air ramuan tersebut kehidung.

Obat diare
Ambil 50 gram rimpang teratai dan 15 gram jahe, buat jus kedua bahan tersebut, kemudian minum tiga kali sehari
READ MORE - Selengkapnya

MITOS YANG SALAH TENTANG HIPERTENSI

MITOS YANG SALAH TENTANG HIPERTENSI



Banyak mitos yang berkaitan dengan penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi) yang ada dimasyarakat dan sudah terkanjur dipercayai padahal mitos tersebut sangat menyesatkan dan bisa merugikan pasien hipertensi. Berikut ini adalah tiga mitos seputar hipertensi yang menyesatkan menurut Pakar kardiologi dari Pusat Jantung Nasional Harapan Kita, Santoso Karo Karo (dikutip dari antara.co.id):

mitos pertama : "gejala khas hipertensi adalah pusing atau tengkuk yang terasa pegal” mitos ini 100 persen salah !!!!!!

yang benar adalah : hipertensi tidak memiliki keluhan khas, dan keluhan seperti diatas bisa disebabkan oleh berbagai hal lain.

Satu-satunya cara untuk mengetahui tekanan darah adalah dengan melakukan pengecekan tekanan darah.

Mitos kedua :“mengonsumsi obat hipertensi setiap hari bisa menyebabkan gangguan ginjal” mitos ini juga salah !!!!

Yang benar adalah : .jika hipertensi tidak dikendalikan dengan obat, justru hipertensi dapat merusak organ tubuh sasaran seperti ginjal, jantung, otak, serta pembuluh darah," katanya.

Mitos ketiga : “penderita hipertensi lanjut usia tidak perlu mengonsumsi obat karena penyakit itu dianggap sebagai gangguan kesehatan wajar pada orang tua “ mitos ini juga salah.!!!!

Yang Benar adalah : Orang usia lanjut yang menderita hipertensi cenderung lebih rentan terkena kerusakan organ sasaran, sehingga satu-satunya cara untuk mencegahnya adalah dengan mengkonsumsi obat anti hipertensi
READ MORE - Selengkapnya

AKIBAT KEPUTIHAN PADA WANITA

AKIBAT KEPUTIHAN PADA WANITA

Akibat keputihan pada wanitaseringkali menjadi pertanyaan mendasar yang banyak dipertanyakan oleh kaum hawa. Permasalahan keputihan merupakan salah satu masalah wanita. 

Bagi sebagian wanita hamil yang mengalami keputihan, biasanya mereka akan merasa takut karena beberapa masalah keputihan biasanya mengakibatkan kegagalan kehamilan. Atau ada sesuatu pada janin saat ia lahir. 

Itulah salah satu akibat keputihan pada wanita. Sebenarnya, ada dua jenis keputihan pada wanita yang harus anda ketahui. 


Jenis Keputihan Pada Wanita

Yang pertama adalah keputihan fisiologis. Jenis keputihan ini biasa terjadi pada masa subur seorang wanita, atau masa setelah menstruasi. Biasanya, pada saat-saat itu akan ada keputihan yang berlendir namun tidak menimbulkan gatal atau bau. 

Keputihan tersebut juga masih terbilang keputihan yang normal. Jika keputihan yang anda alami sudah berlebihan, dengan rasa gatal dan berbau biasanya hal tersebut adalah indikasi penyakit. 

Akibat keputihan pada wanita juga bisa terjadi kanker rahim atau kanker leher rahim. Maka dari itu, untuk mencegah anda sebaiknya segera mengobati keputihan jika sudah dirasa tidak nyaman. Baik itu dengan memanfaatkan obat herbal atau pun medis.

Akibat keputihan pada wanita tentunya banyak. Tapi selama tidak dianggap berbahaya, keputihan tersebut tidak akan menimbulkan penyakit apapun. 

Bagi ibu hamil yang mengalami keputihan fisiologis hal itu tidak akan membahayakan janin karena janin terlindung oleh dinding ketuban. 

Ada pula jenis keputihan yang kedua yaitu keputihan patologis. Jenis keputihan ini merupakan keputihan yang tidak normal. Akibat keputihan pada wanita bisa terjadi keputihan patologis. Jenis keputihan tersebut merupakan jenis keputihan sebagai indikasi suatu penyakit yang bisa mengganggu daerah kewanitaan seorang wanita. 

Keputihan patologis yang terjadi pada ibu hamil biasanya mengakibatkan seorang wanita mengalami kelahiran prematur pada sang bayi. Dan bayi tersebut bisa terkena infeksi dari keputihan tersebut. Biasanya keputihan patologis ini jumlahnya sangat banyak tidak seperti keputihan normal biasa.

Beberapa Penyebab Keputihan

Ada beberapa penyebab dari munculnya keputihan tersebut. Sehingga akibat keputihan pada wanita tersebut bisa menimbulkan penyakit. 

Penyebab keputihan yang pertama adalah kurangnya menjaga kebersihan organ intim wanita. Mrs V yang kurang bersih atau tidak dijaga dengan baik akan mengakibatkan adanya keputihan pada wanita dan membuat kelembapan organ kewanitaan tersebut meningkat. Sehingga mudah bagi bakteri tersebut menyebar dan munculah keputihan tersebut.
READ MORE - Selengkapnya

Jenis Makanan Penyebab Keputihan Pada Wanita

Jenis Makanan Penyebab Keputihan Pada Wanita
Makanan penyebab keputihan pada wanita apa saja ya? Keputihan yang terjadi pada sebagian besar wanita, disebabkan oleh bakteri atau jamur yang terdapat di bagian organ vital wanita. Keputihan bisa jadi mengganggu karena jumlahnya yang berlebihan. 

Namun ternyata bukan hanya bakteri atau jamur yang bisa menyebabkan keputihan tersebut. Namun ada pulamakanan penyebab keputihan wanitayang jika dikonsumsi terlalu banyak maka akan menyebabkan keputihan. 

Banyak wanita yang belum menyadari hal itu. Dan banyak juga wanita yang belum mengerti jenis makanan penyebab keputihan wanita apa saja yang tidak boleh dikonsumsi oleh para wanita yang sering mengalami keputihan. Setidaknya hal ini bisa menghindari akibat keputihan pada wanita.

Karena makanan juga berperan banyak pada perubahan hormon di diri kita. Lalu apa saja jenis makanan tersebut. Simak penjelasannya berikut.


4 Jenis Makanan Penyebab Keputihan Pada Wanita

Beberapa makanan penyebab keputihan wanita yang kerap kali mengakibatkan keputihan berlebih, adalah :

1. Gula
Jamur candida merupakan nama jamur yang bisa menyebabkan keputihan. Dan munculnya jamur tersebut bisa terjadi jika kita mengkonsumsi gula atau makan makanan yang mengandung gula secara berlebihan. 

Jamur tersebut bisa menyebar di sekitar miss v lalu menimbulkan keputihan. Karena menurut penelitian, gula adalah makanan kesukaan jamur, maka jika kita banyak mengkonsumsi minuman bersoda atau makanan yang manis dan mengandung banyak gula, tak heran jika kita sering terkena keputihan.

2. Buah nanas
Buah nanas juga merupakan salah satu makanan penyebab keputihan wanita. Jika seseorang terlalu banyak mengkonsumsi nanas, maka hal itu juga tidak akan baik bagi kesehatan lambung. 

Dan jika asam lambung meningkat, maka asam lambung tersebut dapat menimbulkan bakteri yang dapat membusukkan makanan yang ada di dalam lambung. 

Makanan yang membusuk tersebut keluar dari tubuh kita sebagai lendir. Dan lendir itulah yang menjadikan anda keputihan.

3. Jenis buah yang dikeringkan
Makanan penyebab keputihan wanita yang berikutnya adalah buah yang sudah dikeringkan. 

Ada beberapa jenis buah yang sudah dikeringkan dan sering dikonsumsi oleh kita sebagai camilan. 

Buah yang sudah dikeringkan tersebutlah yang menyebabkan jamur berkembang di organ kewanitaan kita yang lalu menjelma menjadi keputihan.

4. Makanan yang mengandung ragi
Makanan yang mengandung ragi misalnya pasta tomat, jamur dan juga keju. Ketiga jenis makanan tersebut merupakan jenis makanan penyebab keputihan wanita. 

Sedangkan makanan seperti timun yang mengandung banyak lendir belum terbukti sebagai makanan penyebab keputihan wanita.

Anda juga bisa mengunjungi post tentang obat herbal keputihan berbau. Barangkali post tersebut bisa memberi sedikit pencerahan kepada ibu utamanya penggunaan obat herbal untuk mengatasi keputihan pada ibu yang berbau.
READ MORE - Selengkapnya

Hal Yang Bisa Menyebabkan Gigi Kuning

ARTIKEL SEBELUMNYA DI BLOG INI
Hal Yang Bisa Menyebabkan Gigi Kuning
Memiliki gigi putih tentu dambaan setiap orang, namun walaupun sudah sikat gigi secara teratur belum tentu membuat gigi kuning menjadi putih, hal ini pasti membuat kita bertanya-tanya apa sih penyebab gigi kuning ? Jangan salahkan pasta gigi jika gigi Anda masih saja kuning walaupun Anda tak pernah absen menggosok gigi secara rutin.


11 hal yang dapat menyebabkan gigi Anda kuning :


1. Teh Herbal

Menjaga kelangsingan tubuh serta kesehatan dengan teh herbal menjadi kebiasaan yang umum akhir-akhir ini. Tubuh terasa lebih bugar, dan lebih langsing. Namun, ternyata teh herbal ini membawa efek samping yang buruk bagi gigi. Mereka yang rutin mengonsumsi teh herbal cenderung memiliki gigi kuning. Menanggapi hal ini, para peneliti Jepang, seperti dilansir Dailymail, menyarankan agar para konsumen teh herbal lebih memilih teh hijau. Kandungan katekin di dalam teh hijau dipercaya dapat menekan bakteri pemroduksi asam di gigi, sehingga gigi kuning lebih mudah dicegah.

2. Obat Mata

Mungkin Anda bingung, apa hubungan obat tetes mata dengan kuningnya gigi. Namun, obat tetes mata ini memang menjadi salah satu penyebab gigi menjadi kuning. Kandungan kimia dalam obat tetes mata menekan produksi saliva. Di mana saliva akan menetralisir asam di dalam mulut. Karena jumlah saliva ini berkurang, secara otomatis asam di dalam mulut akan meningkat. Di sini bakteri akan berkembang biak lebih pesat, sehingga gigi menjadi kuning.

3. Berenang

Hasil studi yang dilakukan terhadap 500 orang perenang menyebutkan bahwa 66% dari perenang mengalami kerusakan pada gigi serta gigi kuning. Hal ini disebabkan karena kandungan klorin yang tinggi di dalam air kolam. Klorin tersebut mempengaruhi pH air yang menyebabkan kandungan asamnya lebih tinggi. Untuk itu, jangan lupa menyikat gigi setelah berenang.

4. Pemutih gigi

Bagaimana bisa pemutih gigi malah membuat gigi menjadi kuning? Well, ternyata cara kerja pemutih gigi ini tidak sesederhana yang kita pikirkan. Kebanyakan, pemutih gigi bekerja dengan mengerosi gigi. Dan seringkali, pemutih gigi yang dikenakan di rumah, tidak bekerja secara maksimal. Bukannya memutihkan, mereka malah mengikis gigi, membuatnya rapuh dan kuning.

5. White Wine

Anda mungkin berpikir bahwa anggur merah justru buruk untuk gigi, karena warna merahnya. Namun ternyata anggur putih justru memberikan efek lebih buruk bagi gigi. “Anggur putih lebih cepat mengikis gigi,” ungkap Dr Paul Ashley, direktur institusi kesehatan gigi, di University College Hospitals.

6. Menyikat gigi setelah makan yang manis

Saking takutnya ada bakteri yang tinggal di gigi, maka Anda akan buru-buru menyikat gigi setelah makan yang manis-manis. Benarkah hal ini? Ternyata justru hal ini salah. Setelah proses pengunyahan, maka mulut cenderung bersifat asam. Saat ini akhirnya gigi menetralisir keadaan mulut dengan mengeluarkan enamel untuk melindungi gigi. Jika Anda terburu-buru menyikat gigi, maka enamel ini akan terbuang sia-sia dan bakteri justru bebas berkembang. Untuk itu sangat disarankan menyikat gigi setidaknya 1 jam setelah makan yang manis-manis.

7. Diabetes

Tak bisa dipungkiri bahwa penyakit yang satu ini memang menyumbangkan efek gigi kuning, rapuh bahkan keropos. Sayangnya, banyak penderita diabetes tidak menyadari bahwa penyakitnya ini juga mempengaruhi keadaan giginya.

8. Rokok

Selain penyakit diabetes, rokok juga membuat gigi menjadi kuning. Kandungan nikotin di dalam rokok menyebabkan ruang mulut menjadi asam, nikotin-nikotin terikat pada elemen gigi dan tinggal pada dinding-dinding gigi. Tak heran jika mereka yang merokok hampir sulit untuk punya gigi putih bersih.

9. Minuman berenergi

Karena dibuat untuk menggantikan energi dan garam yang hilang saat berolahraga, maka minuman berenergi dilengkapi dengan gula dan asam.

Berdasarkan studi yang dilakukan University of Birmingham, ditemukan bahwa minuman berenergi bersifat korosif ketimbang air mineral. Zat kimia yang terkandung dalam minuman berenergi cenderung merusak dan mengikis gigi.

10. Membuka kemasan dengan gigi

Saking kuatnya gigi dan tak ada gunting di sekitar Anda, maka Anda memutuskan membuka kemasan dengan gigi Anda. STOP kebiasaan ini! Tanpa Anda sadari, kebiasaan ini akan membuat gigi lebih mudah rapuh dan lemah. Ketika gigi rapuh, secara otomatis warnanya tidak akan sehat dan cenderung menguning.

11. Kopi

Terlalu sering mengkonsumsi kopi juga akan membuat gigi Anda menjadi kuning
READ MORE - Selengkapnya

Waspada, Rontgen Gigi Bisa Picu Tumor Otak

Waspada, Rontgen Gigi Bisa Picu Tumor Otak

Bagi Anda yang sering melakukan pemeriksaan gigi menggunakan sinar x atau rontgen, sebaiknya waspada. Sebuah riset terbaru di Amerika Serikat yang dipublikasikan pada 10 April 2012 dalam jurnal Cancer mengindikasikan, mereka yang sering menjalani rontgen pada gigi memiliki risiko lebih besar mengidap tumor pada kepala yang umum disebut meningioma.

Tumor ini tumbuh pada lapisan dalam tengkorak. Kebanyakan tumbuh secara lambat, tetapi mereka dapat menyebabkan masalah dan bahkan bisa mematikan jika mulai memberikan tekanan di otak.

Dalam kajiannya, para akademisi dari Yale University School of Medicine di New Haven, Connecticut, dan Brigham and Women Hospital, Boston, Mass, melakukan pengamatan terhadap dua metode penyinaran (x-ray) yang disebut "bitewing" dan Panorex.

Riset itu melibatkan hampir 3.000 orang dewasa berusia 20-79 tahun, sekitar setengah (1.433 orang) di antaranya didiagnosis dengan tomor. Peneliti menemukan, pasien yang sering menjalani radiasi sinar x atau rontgen pada area gigi berkaitan dengan risiko lebih tinggi mengembangkan kanker.

Secara khusus, pasien yang pernah menjalani pemeriksaan Panorex sekali setahun atau lebih, memiliki risiko 2,7 hingga 3 kali lebih besar mengidap kanker meningoma, tergantung pada usia, ketimbang orang yang tidak pernah melakukan rontgen ini. Sementara peserta yang pernah melakukan rontgen "bitewing" setidaknya setiap tahun, risikonya 1,4 sampai 1,9 kali lebih besar mengidap kanker meningioma.

Meningioma adalah tumor pada selaput pelindung otak, yang lebih banyak menyerang wanita daripada pria, terutama di usia 50-60 tahun. Tapi, kebanyakan meningioma bersifat jinak.

Penulis studi Dr Elizabeth Claus, mengatakan, meskipun pasien dengan masalah gigi saat ini mendapatkan paparan radiasi yang lebih rendah ketimbang di masa lalu, tetapi peneliti meminta dokter gigi dan pasien untuk mempertimbangkan kapan dan kenapa rontgen itu perlu dilakukan.

"Saya berharap penelitian ini akan membantu untuk meningkatkan kesadaran tentang penggunaan rontgen gigi secara optimal," ujarnya.

Pedoman dari American Dental Association menyebutkan, anak-anak bisa mendapatkan satu kali penyinaran setiap 1 atau 2 tahun; untuk anak remaja satu kali dalam kurun waktu 1,5-3 tahun, sedangkan orang dewasa bisa mendapatkan penyinaran sekali dalam 2-3 tiga tahun.

Sementara itu, Michael Schulder, wakil ketua departemen bedah saraf dari Cushing Neuroscience Institute, menyatakan tidak terkejut dengan temuan tersebut.

"Ini seharusnya tidak mengejutkan, mengingat hubungan antara radiasi dan pengembangan meningioma yang telah diketahui pada berbagai konteks lain," kata Schulder, yang tidak terlibat dalam penelitian.

"Kemungkinan timbulnya tumor pada pasien gigi yang menjalani penyinaran masih rendah. Meskipun demikian, dokter gigi dan pasien harus mempertimbangkan lagi penyinaran yang terlalu sering setiap tahunnya, kecuali ada gejala pada gigi pasien yang benar-benar perlu penyinaran," tutupnya.

Sumber :
AFP
READ MORE - Selengkapnya

Tanda Diabetes Dilihat Dari Mulut



Diabetes merupakan penyakit di mana tubuh tidak dapat mengatur kadar gula dalam darah, sehingga kandungan gula dalam darah terlalu tinggi. Diabetes mempengaruhi cara tubuh menangani karbohidrat, protein dan lemak. Diabetes bisa mengakibatkan dampak yang serius bagi kesehatan bila tidak diobati. Kadar gula darah diatur oleh hormon insulin yang dihasilkan oleh pankreas.

Tanpa disadari penyakit diabetes bisa menimbulkan komplikasi di seluruh organ tubuh. Agar tidak terlambat mengatasinya, Anda bisa melakukan pemeriksaan ke ahli medis. Atau Anda juga bisa mengamati tanda-tanda diabetes melalui bagian tubuh lainnya seperti mulut.


Kondisi kesehatan mulut yang buruk bisa jadi menandakan bahwa Anda menderita penyakit diabetes.

Berikut ini tanda-tanda yang nampak di mulut akibat peningkatan kadar glukosa dalam tubuh :

1. Kerusakan gigi

Selain kurang menjaga kebersihan gigi, kadar glukosa yang meningkat juga bisa menyebabkan kerusakan gigi. Bakteri dalam mulut dapat cepat berinteraksi dengan makanan manis yang di konsumsi. Akibatnya, terbentuklah plak gigi.

2. Pembusukan gigi

Penyakit diabetes mengakibatkan menurunnya sistem imun tubuh sehingga tubuh menjadi kesulitan melawan bakteri. Hal inilah yang kemudian memicu terjadinya peradangan dan pembusukan gusi.

3. Mulut kering

Tanda oral diabetes lainnya adalah mulut kering yang disebabkan kurangnya produksi air liur oleh kelenjar air liur. Akibatnya, bisa muncul masalah seperti nyeri, sariawan, kerusakan gigi, dan infeksi.

4. Infeksi jamur

Air liur yang mengandung kadar gula yang tinggi dapat menyebabkan jamur tumbuh subur. Akibatnya, dapat menimbulkan terjadinya infeksi dan berkembang menjadi luka
READ MORE - Selengkapnya

ANEKA JENIS SAYURAN UNTUK ASAM URAT

mypotik-ANEKA JENIS SAYURAN UNTUK ASAM URAT
Asam urat merupakan jenis penyakit yang ditandai dengan peradangan, pembengkakan serta rasa nyeri yang terjadi pada persendian. Ketiga hal tersebut diakibatkan oleh menumpuknya zat purin yang tidak bisa diproses oleh ginjal pada persendian tubuh. 

Zat purin adalah zat yang paling bertanggung jawab terhadap timbulnya penyakit asam urat pada diri seseorang. Semua jenis makanan baik yang berasal dari hewan maupun yang berasal dari tumbuhan memiliki zat purin ini.

Namun jenis sayuran untuk asam urat adalah jenis sayuran yang tidak terlalu banyak mengandung zat purin dan sebaliknya jenis sayuran yang memiliki kandungan zat purin cukup tinggi harus dihindari oleh mereka yang menderita penyakit asam urat, atau oleh mereka yang tidak ingin terkena penyakit asam urat, sebelum Anda melakukan pengobatan dengan obat herbal.

Jenis sayuran yang berwarna hijau umumnya adalah jenis sayuran yang memiliki kandungan zat purin cukup tinggi sehingga harus dihindari agar tidak terkena penyakit asam urat atau asam urat yang sudah diderita tidak semakin parah.

Adapun jenis sayuran untuk asam urat adalah jenis sayuran yang mengandung kadar potassium tinggi. Potassium adalah istilah dalam bahasa inggris untuk zat yang lebih dikenal di Indonesia dengan nama kalium. 

Kalium adalah suatu unsur kimia berbentuk logam lunak dan berwarna putih keperakan yang termasuk golongan alkali tanah. 

Secara alami, kalium dapat ditemukan membentuk sebuah senyawa dengan unsur lain dalam air laut atau mineral lainnya. 

Kalium dapat teroksidasi dengan sangat cepat oleh udara, dan sangat reaktif terutama dalam air, secara kimiawi kalium memiliki sifat yang mirip dengan natrium. 

Jenis sayuran untuk asam urat yang mengandung kadar potassium atau kalium cukup tinggi adalah kentang, labu kuning, belimbing wuluh, sawi putih, sawi hijau, tomat, dan serai. 

Sementara itu jenis sayuran yang harus dihindari oleh penderita penyakit asam urat adalah bayam, jamur, asparagus, daun singkong, daun papaya, kembang kol, dan melinjo (tangkil) termasuk daunnya. 

Jika ada sayuran yang baik dikonsumsi oleh penderita penyakit asam urat dan ada sayuran yang harus dihindari, maka ada juga jenis sayuran yang netral atau boleh dikonsumsi tapi dalam jumlah yang terbatas, jenis sayuran tersebut adalah kacang kedelai dan makanan turunannya seperti tahu, tempe, tauco, dan lain lain. 

Kadar asam urat normal pada wanita dan pria tidak sama. Kadar asam urat normal pada wanita adalah antara 2,6 hingga 6 mg/dl dan kadar asam urat yang normal pada pria adalah antara 3,5 hingga 7 mg/dl.
READ MORE - Selengkapnya

CARA MEMBERSIHKAN MULUT BAYI

-mypotik-CARA MEMBERSIHKAN MULUT BAYI
Mulut dan lidah bayi sangat rentan terhadap infeksi jamur. Penyebabnya adalah jamur candida, yang sebetulnya merupakan penghuni tetap rongga mulut, bahkan sejak ia dilahirkan. Keberadaan jamur candida ini sebenarnya tidak membahayakan. Tetapi, jika keseimbangan kuman pada rongga mulut terganggu, jumlahnya bisa bertambah banyak dan kenyamanan di dalamnya pun terusik.

Anda dapat mengenali jamur di dalam mulut ini sebagai bercak putih yang dikelilingi semburat merah. Bila dibersihkan, bercak putih itu akan menghilang dan meninggalkan tanda kemerahan yang mudah sekali berdarah. Pada bayi, jamur bisa tumbuh subur karena adanya sisa susu yang tertinggal. Awalnya bercak keputihan ini tidak menimbulkan rasa sakit, namun jika mengelupas dan tidak diobati, pada bekasnya dapat timbul iritasi. Akibatnya mulut, bahkan kerongkongan terasa sakit dan panas.

Agar mulut Si Bayi terhindar dari iritasi, Anda perlu membersihkannya dengan langkah-langkah berikut ini:

1. Siapkan kain kasa steril. Pilihlah yang sudah dalam bentuk potongan, bukan gulungan. Lalu, sediakan 1 mangkuk berisi air hangat. Pastikan air tidak terlalu panas, karena bisa mengakibatkan sariawan.

2. Cuci tangan Anda untuk menghilangkan bakteri dan kuman yang menempel. Balut jari kelingking dengan kain kasa steril dan agar tidak terlepas, rekatkan plester pada ujung sisa balutan kain kasa.

3. Celupkan jari yang telah terbalut kain kasa ke dalam air. Gendong atau pangku Si Kecil hingga posisinya nyaman dan wajahnya mengarah kepada Anda.

4. Masukkan jari Anda perlahan-lahan ke dalam mulutnya. Tekan lidahnya dengan gerakan lembut dan perlahan. Lakukan 2 kali, kemudian tarik keluar jari Anda. Jangan masukkan jari terlalu dalam, agar ia tidak muntah.

5.Jaga mood bayi agar tidak marah. Bila ia menolak lidahnya dibersihkan, jangan memaksanya. Pemaksaan tersebut akan membuatnya trauma, hingga sama sekali tidak mau dibersihkan mulut dan giginya.
READ MORE - Selengkapnya

DAPATKAH PETTING MEMBUAT HAMIL

DAPATKAH PETTING MEMBUAT HAMIL

Adanya rasa takut kehilangan “selaput dara” dan kehamilan tidak terencana membuat banyak pasangan yang belum menikah melakukan petting. Padahal sebenarnya petting bisa dibilang cukup berbahaya. Bagaimana bisa?

Apa sih petting itu?

Petting adalah pergesekan alat kelamin untuk memuaskan hasrat seksual. Hubungan seksual jenis ini biasanya masih mengenakan pakaian lengkap. Walupun tidak menutup kemungkina ada yang melakukannya tanpa mengenakan sehelai benangpun. Atau yang sedang ngetren akhir2 ini hanya mengenakan celana dalam untuk yang wanita dan yang pria tidak memakai sehelai benang pun.

Bagimanapun caranya tetap saja petting ini sangat beresiko menimbulkan kehamilan Padahal meskipun tidak melakukan penetrasi risiko kehamilan tetap besar. Karena sperma tetap bisa masuk ke dalam rahim.

Pada prinsipnya kehamilan bisa terjadi bila sperma bertemu dengan sel telur dan hasil pertemuan tersebut dapat menempel di dinding rahim. Dalam satu kali ejakulasi dapat dikeluarkan sperma sebanyak lebih kurang 250 juta. Pada dasarnya hanya satu saja yang diperlukan untuk terjadinya kehamilan.

Pada masa subur vagina perempuan akan mengeluarkan lendir yang merupakan media hidup yang baik bagi sperma. Apalagi ketika perempuan sedang terangsang vagina akan mengeluarkan cairan yang juga membantu jalannya sperma ke saluran telur.

Karena itu bila ventilasi kain lebih besar daripada ukuran sperma maka tidak mustahil kehamilan dapat terjadi ketika sperma mencapai tepi vagina perempuan yang sedang dalam masa subur. Sementara sperma sendiri sangat lincah dan mempunyai kekuatan untuk berenang masuk ke dalam rahim (ingat hanya butuh 1 saja yang mencapai sel telur dari ratusan juta sperma).

Jadi apakah petting dapat menyebabkan kehamilan ? Saya akan menjawab “YA !” biarpun resiko nya lebih kecil daripada penetrasi langsung.

Salam

DokterSehat
READ MORE - Selengkapnya

Berak Berdarah Tidak Selalu Berbahaya

-mypotik-Berak Berdarah Tidak Selalu Berbahaya


Banyak orang takut kalau melihat darah. Belum lagi kalau darah itu berasal dari badannya sendiri. Apalagi terjadi secara mendadak terasa tanpa penyebab sebelumnya, darahnya darah segar, mengucurnya deras… banyaaak lagi! Jika itu anda alami untuk pertama kalinya ketika anda buang hajat di toilet, wah..wah… yakin deh, anda pasti kaget!

Tapi jangan panik dulu! Anda sebaiknya tahu apa yang terjadi pada diri anda. Dari mana darah itu berasal, sudah seberapa parahkah, apa yang perlu anda lakukan dan apa yang kira-kira dokter bisa lakukan untuk menolong anda serta yang paling penting bisakah itu dihilangkan atau disembuhkan. Berak darah bisa berasal dari hal yang sepele, cuma luka kecil di anus sampai hal yang berat seperti kanker yang membuat kesempatan anda untuk hidup sudah bisa diprediksi.

Dari warna darah dan kenceng kucurannya bisa ditentukan dari bagian mana darah itu berasal. Jika darah yang keluar merah segar, tidak bercampur dengan tinja apalagi kucurannya kencang dapat dipastikan asalnya tidak jauh dari permukaan anus yang penyebabnya karena pembuluh darah yang pecah dan kebanyakan itu bersumber dari hemoroid atau wasir. Secara logika dapat kita perkirakan kalau darah itu menetes dan menyusul setelah keluarnya satu faeces yang keras. Lain halnya perdarahan yang bermula dari usus besar di bagian pangkal, akan hanya tampak faeces yang kehitaman. Atau darah kehitaman dengan bau yang sangat amis bisa diduga akibat perdarahan yang terjadi di lambung atau usus halus.

Lalu, bagaimana tahu hal itu secara pasti. Di dunia kedokteran ada beberapa tool atau alat bantu untuk mendeteksi sumber perdarahan tersebut, letak, bentuk bahkan sekalian mengetahui kandungan sel-selnya melalui jalan biopsi. Pemeriksaan penunjang itu adalah endoscopy berupa sigmoidoscopy, colonoscopy atau ada juga yang kurang invasive seperti ct scan cyclical multislice.

Apa saja penyakit yang memungkinkan gejala berak darah ini? Tentu di samping keluhan pasien, seorang dokter mengarahkan perkiraan ini berdasarkan juga data yang lain, seperti pola buang air besar sebelumnya, ada tidaknya rasa nyeri, usia, turunan dan keadaan fisik lainnya. Jika belum yakin kelainannya apa, barulah dibutuhkan pemeriksaan penunjang seperti di atas. Tidak kurang dari 80% kasus berak darah yang berasal dari anus pada orang dewasa berasal dari hemoroid. Kemungkinan lain adalah infeksi, divertichel, polips, ulcus dan lain-lain. Jika kejadiannya pada orang tua harus dipertimbangkan kemungkinan suatu keganasan atau kanker usus.

Untuk lebih jelasnya, temui dokter bedah yang terdekat!
sumber: spesialisbedah.com
READ MORE - Selengkapnya

CARA MEMBEDONG BAYI YANG BENAR

-mypotik-CARA MEMBEDONG BAYI YANG BENAR
Meski masih menjadi kontroversi di kalangan para dokter, membedong bayi ternyata memang bisa membuatnya jauh lebih tenang. Ia akan lebih mudah terlelap dengan durasi yang lebih lama saat berada dalam balutan kain bedong. Hal itu terjadi karena saat dibedong bayi merasa seperti dipeluk, sehingga ia pun merasa hangat dan nyaman.

Anda pun boleh membedong Si Bayi, namun jangan 'membungkusnya' terlalu erat karena akan membuat paru-parunya tidak mengembang sempurna saat bernapas. Berikut tip aman yang bisa Anda lakukan ketika membedong Si Kecil. Selamat mencoba!

1. Ambil kain bedong, letakkan di permukaan yang rata. Lipat kain menjadi bentuk segitiga dan atur agar sisi terpanjang berada di atas. Rebahkan Si Kecil di atas kain dan perhatikan posisinya. Usahakan agar bahunya melewati sedikit bagian atas kain, sehingga lipatannya tidak mengganggu bagian leher.

2. Tarik salah 1 sudut kain melewati tubuh Si Kecil dan selipkan sisanya di bawah. Sebaiknya, miringkan terlebih dahulu tubuh Si Kecil ke arah yang berlawanan, ketika Anda melakukan hal ini. Jika kain yang Anda tarik berasal dari sisi kiri yang disilangkan ke arah kanan, maka miringkan tubuh Si Kecil ke sisi kiri ketika menyelipkan sisa kain. Kembalikan Si Kecil ke posisi semula.

3. Lakukan hal yang sama untuk sisi kain lainnya. Ketahuilah, ada bayi yang tidak suka jika tangannya diikat. Kalau Si Kecil termasuk tipe ini, Anda bisa membungkusnya dengan posisi tangan dikeluarkan. Caranya, naikkan tangan Si Kecil ke atas ketika Anda menyilangkan sisi kain melewati tubuhnya.

4. Sebagai penutup, ada 2 cara yang bisa Anda lakukan. Pertama, Anda bisa membiarkan sisa kain di bagian kaki terlepas, namun risikonya bedong pun akan lebih cepat terbuka. Cara lainnya, Anda bisa mengikat sisa kain di bagian bawah. Dengan demikian kaki Si Kecil akan tertutup dan ia akan merasa hangat. Ingat! Jangan melilit kain terlalu kencang, karena akan membuat Si Kecil tidak nyaman dan sulit bernapas.
READ MORE - Selengkapnya

Info Tentang Gejala Pengapuran Sendi

-mypotik-Info Tentang Gejala Pengapuran Sendi
Sendi lutut terasa sakit saat berjalan atau berjongkok? Waspadalah, bisa jadi Anda terkena pengapuran sendi. Pengapuran sendi stadium awal biasanya ditandai dengan nyeri dan kekakuan setelah tidak bergerak dalam waktu lama, misalnya setelah duduk lama atau bangun tidur.

Biasanya sendi juga akan teras sakit jika digunakan untuk beraktivitas, misalnya naik turun tangga, jongkok, atau berjalan dalam waktu yang lama. Selain itu, sering juga terdengar bunyi “krek-krek” saat sendi lutut digerakkan.

Pada stadium yang lebih berat, penderita tidak hanya merasakan sakit saat beraktivitas saja tapi juga saat sedang istirahat. Pada stadium lanjut, rasa sakit akan makin hebat, sendi lutut menjadi kaku dan bengkok seperti huruf X atau O. Umumnya, penderita pengapuran sendi yang berat akan berjalan pincang.

Jika difoto rontgen maka akan terlihat celah sendi yang terkena pengapuran lebih sempit ketimbang celah sendi yang normal sebagai akibat penipisan tulang rawan sendi. Hasil foto rontgen ini dapat digunakan untuk menentukan tingkat keparahan pengapuran sendi.

Pengapuran sendi dibagi menjadi 4 stadium. Stadium 1 dan 2 dikategorikan sebagai pengapuran sendi ringan, sementara stadium 3 dan 4 sebagai pengapuran sendi yang berat.

Pengobatan

Pengobatan pengapuran sendi berbeda-beda tergantung stadiumnya. Pengapuran sendi yang ringan (stadium 1 dan 2) masih bisa disembuhkan dengan pengobatan yang tepat, misalnya dengan diet penurunan berat badan dan pemberian obat berupa:

1. Obat anti-nyeri dan anti-radang

2. Obat pelumas sendi yang disuntikan ke dalam sendi

3. Pemberian suplemen yang mengandung glukosamin dan kondroitin sulfat untuk menumbuhkan tulang rawan.

4. Operasi dengan kamera dan alat khusus yang dimasukkan ke dalam sendi melalui sayatan kecil untuk membersihkan permukaan tulang rawan sendi yang berserabut dan membuang “kotoran” lain di dalam sendi. Operasi semacam ini disebut “arthroscopic debridement”
Sc-DOKTERSEHAT
READ MORE - Selengkapnya

Tips Membersihkan Gigi Bayi

mypotik-Tips Membersihkan Gigi Bayi

Gigi merupakan tempat tinggal sisa-sisa makanan, yang dapat menimbulkan kuman jika tidak segera dibersihkan. Oleh karenanya, jika bayi Anda sudah mulai tumbuh gigi, Anda harus rajin membersihkan daerah dalam mulutnya. Berikut tip membersihkan gigi Si Bayi.

  • Selain menggunakan sikat khusus bayi, Anda juga bisa menggunakan kain atau kasa lembut untuk membersihkan giginya. Basuh kain atau kasa dengan air bersih, kamudian bersihkan gigi dari bagian depan, lalu ke belakang atau sebelah dalam. Bersihkan secara perlahan dan jangan menggosoknya terlalu keras.
  • Jika menggunakan sikat khusus, pilihlah sikat yang bentuk dan fungsinya paling tepat untuk Si Bayi. Caranya sama dengan saat Anda menggunakan kain atau kasa lembut. Ingat! Jangan menyikat atau menekan gigi terlalu keras.
  • Penggunaan pasta gigi tidak diharuskan. Menurut Dr. Caroline Mulawi, Sp.A, usia anak yang pantas untuk menyikat gigi dengan pasta gigi adalah 2 tahun. Kalau digunakan sebelum itu, bayi Anda pasti akan merasa asing dengan rasanya.
  • Beri air putih setiap bayi Anda selesai minum susu untuk membilas sisa-sisa atau makanan lain yang mungkin masih tertinggal di dalam mulutnya.
  • Bersihkan gigi Si Bayi setiap sebelum tidur. Sisa susu atau makanan yang masih menempel pada gigi dan tersimpan saat tidur akan menumpuk dan merusak, serta dapat menyebabkan karang atau gigi berlubang.
  • Jangan biasakan bayi Anda tidur dengan botol susu masih di dalam mulut. Sisa susu yang keluar dan tertinggal dalam mulut dapat merusak gigi. Pada bayi yang belum tumbuh gigi, kebiasaan ini akan menyebabkan kerusakan yang akan muncul saat gigi pertamanya tumbuh.
READ MORE - Selengkapnya

Kenapa Datang Bulan Sering Terlambat?

-mypotik-Kenapa Datang Bulan Sering Terlambat?

Menstruasi adalah proses bulanan tumpahan lapisan bagian dalam dan darah uterus melalui liang kelamin wanita atau vagina. Keluarnya cairan yang mengandung darah ini terjadi pada wanita yang sudah memasuki usia subur dan yang sedang tidak hamil. Peristiwa ini dimulai dengan adanya pengeluaran selaput lendir rahim di bagian dalam rahim atau endometrium.

Di bawah pengaruh hormon estrogen, endometrium pun jadi tumbuh menebal, menantikan datangnya sel telur. Ibaratnya lapisan tebal endometrium ini seperti karpet atau tanah subur yang siap menanti datangnya sel telur atau okulasi. Pada puncak pertengahan siklus haid yang optimal, terjadilah pelepasan sel telur. Nah, saat itulah bila ada sel sperma masuk, sel telur dan sperma ini bersatu menjadi zygote (bakal janin) dan menempel pada endometris yang sudah mencapai ketebalan maksimal tadi.

Proses seperti ini akan berulang setiap bulan, sepanjang tidak terjadi pembuahan yang menghasilkan zygote. Pada waktunya, tumbuh lagi selaput yang baru. Dengan kata lain, karpet tadi digelar lagi, lalu tanggal lagi, begitu seterusnya.

PENGARUH DIET DAN OLAHRAGA

Jadi, menstruasi sebetulnya sesuatu yang normal, sehingga semua wanita mengalaminya. Pada setiap wanita, siklus haid ini pun bervariasi. Rata-rata berjarak 28 hari, namun bisa juga sampai 42 hari. Jika sampai terjadi keterlambatan pun, semisal sampai 3-4 bulan, juga tak perlu terlalu dikhawatirkan. Tapi disarankan sebaiknya periksa ke dokter spesialis. Apalagi kalau telat sampai 5-6 bulan.

Sering orang salah mengerti, kalau sampai 3 atau 4 bulan tidak haid, mereka menyangka darahnya bisa mengumpul di dalam, menggenang, dan lama-lama bisa berbahaya. Padahal jika tidak haid, berarti tidak ada pendarahan bdi dalam tubuh. Tidak mens berarti tidak ada endometrium yang lepas. Jadi bukan berarti ada darah yang mengumpul. Darah baru keluar jika selaput lendirnya lepas. Jika tidak lepas, ya tidak berdarah. Jadi jangan khawatir.

Lantas apa saja yang menyebabkan mens telat? Penyebabnya bisa bermacam-macam. Bagi yang masih belum menikah, penyebabnya bisa karena terlalu lelah. Contohnya, belajar terlalu keras bagi yang masih sekolah atau kuliah, atau berolahraga kelewat berat. Sebaliknya bisa juga terjadi pada mereka yang biasa berolahraga dan menghentikan kebiasaannya secara tiba-tiba. Pola makan pun bisa mempengaruhi siklus haid. Misalnya, mereka yang biasa makan banyak dan mendadak diet. Ini akan membuat tubuh stres. Atau bisa jadi badan kurus jadi gemuk. Pokoknya, tiap ada perubahan berat badan mencolok.

Jenis-jenis obat tertentu juga bisa mengusik pola haid, terutama obat-obatan yang mengandung hormon. Contohnya,obat untuk mengatasi gatal-gatal atau obat sakit telinga. Begitu pula obat-obatan KB atau suntik KB. Baru setelah berhenti minum obat, haid akan kembali lancar. Keterlambatan haid lebih sering dialami mereka yang masih gadis, karena pola okulasinya belum teratur. Hanya saja, kalau sudah terbiasa haid kemudian haidnya tidak ada, harus bertanya pada diri sendiri. Jangan-jangan pernah minum obat tertentu.

SULIT PUNYA ANAK

Kasus yang perlu diwaspadai adalah gadis remaja yang belum juga mendapat haid. Terlebih jika usianya sudah mencapai 17 tahun. Jika ini terjadi, sebaiknya segera lakukan pemerikasaan. Sebab, bisa saja ada kemungkinan selaput darahnya tertutup rapat. Normalnya, selaput darah itu mempunyai lubang-lubang. Kalau tertutup rapat, dia mungkin bisa haid, tapi haidnya tidak bisa keluar. Nah, yang ini memang betul darahnya bisa mengumpul di dalam.

Untuk yang sudah menikah, keterlambatan haid dapat disebabkan oleh kemungkinan baru selesai melahirkan atau menyusui. Ada pula kemungkinan karena terserang infeksi, termasuk penyakit infeksi akibat hubungan seks. Bagi yang berusia di atas 35 tahun, juga mesti waspada terhadap adanya tumor indung telur.

Ada juga wanita yang mengalami perdarahan di antara dua masa haid. Kalau ini terjadi pun harus segera diperiksakan. Perdarahan yang terjadi dengan siklus kurang dari 21 hari jelas tak normal, terutama bagi yang sudah tidak gadis lagi. Kalu mereka yang masih di bawah umur 20 tahun, mungkin hanya karena gangguan hormon.

Benarkah haid yang tidak teratur menyulitkan punya anak? Pandangan ini tidak selalu tepat. Sering terjadi, pasien wanita ingin punya anak tapi menstruasinya tidak teratur. Lalu dia datang ke dokter minta agar menstruasinya bisa dibuat teratur sehingga bisa punya anak. Ini tidak selalu bisa. Sulit punya anak tidak selalu berkorelasi dengan siklus haid.

Sebagian kasus menstruasi yang tidak teratur bisa diatasi dengan menjalani pola hidup yang teratur pula. Bagi yang mengalami ketidakteraturan secara mendadak, sebaiknya jangan stress, tidak merokok, apalagi minu-minuman beralkohol. Makan, bekerja, dan tidur hendaknya teratur. Seringkali orang lupa istirahat. Maunya kerja saja terus dengan mengabaikan tubuh yang sudah lelah.

Akan tetapi, ada pula yang mengalami ketidakteraturan menstruasi sejak awal. Mereka yang mengalami hal seperti inilah yang perlu berkonsultasi dengan dokter spesialis. Misalnya haidnya yang datang hanya 4 bulan sekali. Saran lain adalah jangan minum obat sembarangan. Juga, biasakan secara teratur datang ke dokter kandungan

PERBANYAK MAKAN BUAH DAN SAYURAN

Selain haid tidak teratur, hal lain yang kerap mengganggu kaum wanita adalah nyeri menjelang menstruasi atau pada saat haid. Rasanya seperti mulas bercampur keramketika darah sedang keluar. Rasa nyeri ini merupakan sesuatu yang wajar, karena dinding rahim saat itu sedang berkontraksi atau mengkerut untuk mengeluarkan gumpalan darah.

Nyeri ini lebih terasa pada wanita yang belum pernah melahirkan. Pasalnya, mulut rahim mereka masih kecil, sehingga rasanya seperti orang yang sedang melahirkan. Inipun sesuatu yang normal. Kecuali bagi wanita yang memang sangat sensitif, yang rasanya bisa sangat menyiksa. Namun, biasanya setelah menikah dan memiliki anak, ini akan hilang.

Akan tetapi, jika nyeri itu hebat dan berkepanjangan, p;erlu diwaspadai adanya kemungkinan ia menderita endometriosos. Dalam hal ini, sel-sel bagian dalam rahim tumbuh tidak di dalam rahim, tapi juga di luar. Misalnya, di ovarium atau saluran tuba yang sangat menyakitkan.

Jika nyeri menjelang haid begitu hebat sampai terasa melumpuhkan, sebaiknya segera periksa ke dokter. Terlebih bagi yang sudah berhubungan badan, karena mungkin merupakan suatu gejala infeksi. Nah, bila terjadi pelekatan organ genitalia internal akibat dari infeksi tersebut, dampaknya bisa menyulitkan punya anak.

Pusing yang menyertai menstruasi juga merupaka hal yang wajar. Pasalnya, wanita yang menjelang haid biasanya memang mengalami pre-menstruasi tension atau ketegangan menjelang haid. Efeknya antara lain perasaan tertekan, jerawatan, payudara nyeri, badan sakikt-sakit, perut serasa kembung, bengkak,ada rasa nyeri. Makanya, jadi lebih gampang marah atau sebaliknya dan perubahan emosi lainnya.

Semua itu, wajar-wajar saja dan tidak berbahaya. Untuk mengurangi kondisi yang tidak nyaman ini, dianjurkan mengurangi makanan yang banyak mengandung garam, bumbu penyedap, atau terlalu banyak mengandung minyak. Perbanyaklah makan buah dan sayur, cukup makanan yang mengandung minyak. Perbanyaklah makan buah dan sayur, cukup makanan yang mengandung karbohidrat dan tinggi serat.

Disadur dari kuliahbidan.wordpress.com
READ MORE - Selengkapnya

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails