Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

TIPS MASTURBASI BAGI WANITA

TIPS MASTURBASI BAGI WANITA

Dalam hal kepekaan seksual, maka kelentit (clitoris) memegang peranan yang sangat penting. Kelentit terletak diujung atas kemaluan (vagina), tepat diantara bibir dalam dan bibir luarnya, serta tersembunyi dalam lapisan seperti daging tipis (kulup).

Bila kita terangsang secara seksual, maka kelentit akan membengkak dan menjadi tegang. Kelentit sendiri relatif kecil sekali. Bagian yang bisa kita lihat hanyalah semacam ” kelenjar ” atau kepala kelentit saja. Kelenjar ini, berhubungan dengan crura (yang panjangnya sekitar 6 sampai 7 cm) dan crura ini berhubungan dengan tulang panggul. Tiga bagian inilah sesungguhnya yang disebut kelentit. Buah dada kita beserta putingnya juga memiliki kepekaan seksual. Puting buah dada kita akan menjadi tegang bila kita terangsang.

Yang Penting Dalam Hal Masturbasi:
Wanita akan menikmati orgasme (puncak kepuasan) dengan rangsangan langsung maupun tidak langsung pada kelentitnya. Cara yang paling penting dalam masturbasi adalah merangsang kelentit dengan jari. Carilah tempat yang tenang, dimana anda dapat santai dan sekaligus konsentrasi menikmati sensasi. Mulailah dengan membayangkan hal hal yang merangsang nafsu anda sambil menggosok-gosok kelentit anda. Bagaimana tepatnya menggosok, terserah anda, yang penting anda merasa nikmat. Cobalah macam-macam gosokan, menekan, memilin, atau mencubit, dan rasakan mana yang paling enak.

Semakin lama anda terangsang, kemaluan anda akan mulai basah. Anda boleh membasahi jari anda dengan cairan kemaluan atau ludah agar gosokan pada kelentit makin licin. Sementara itu, anda boleh juga memilin milin puting buah dada anda dengan tangan yang lain, atau bahkan tangan satunya juga ikut merangsang sekitar bibir kemaluan anda sendiri.

Cobalah membuka penutup kelentit anda agar gosokan jari anda makin terasa pada kelentit. Bacalah juga bacaan bacaan erotis seperti Cerita Cerita Seru atau Samzara collection. Ini akan membuat anda makin berfantasi yang mempercepat pencapaian kepuasan.

Bagaimana Saya Tahu?
Bagaimana saya tahu kalau saya sudah mencapai kepuasan (orgasme). Orgasme adalah rasa lega sebagai puncak dari rasa geli nikmat yang didapat dari rangsangan seksual dalam bentuk otot otot yang mengejang berkali kali. Bila badan anda mulai bergerak sementara rasa nikmat mengalir keseluruh tubuh, itu saat anda mulai merasakan orgasme.

Kelentit anda, kemaluan serta juga lubang dubur akan mengejang berkali kali selama orgasme berlangsung. Kemungkinan kelentit anda menjadi sedemikian sensistif sampai kamu tak tahan untuk menggosoknya lagi karena sangat geli. Tetapi juga ada wanita yang langsung mampu menggosok kelentitnya lagi setelah orgasme untuk mencapai kenikmatan selanjutnya.

Orgasme bisa merupakan puncak kepuasan dan kenikmatan secara fisik maupun emosi. Anda bisa merintih rintih selama atau sesudah orgasme. Biarkan semua emosi keluar selama orgasme, karena dengan demikian kita akan merasa lebih tenang dan relax. Konsentrasikan pikiran pada kenikmatan yang dicapai.

Saran Lain Untuk Masturbasi

Shower
Tempat yang paling banyak dipakai oleh wanita untuk masturbasi adalah shower ! Mungkin dikarenakan saat mandi di shower, wanita mudah terangsang. Bila ujung shower bisa digerak-kan dan mengarahkan langsung semprotan airnya kekemaluan dan juga kelentit, maka rangsangannya juga makin meningkat.

Aturlah panas air serta tekanan semprotan sesuai selera anda. Paling baik kita mulai dengan semprotan yang tidak terlalu keras dan selanjutnya ditingkatkan. Makin keras semprotan air, makin terasa rangsangannya pada kelentit anda. Air hangat biasanya yang paling enak. Banyak wanita yang bisa mencapai orgasme dalam beberapa menit dengan cara semprotan shower langsung pada kelentitnya ini.

Jacuzzi
Kalau anda bisa memakai Jacuzzi secara pribadi, cobalah menikmati semburan air yang dipancarkannya. Menghadaplah kedinding darimana air memancar tepatkan vagina atau kelentit anda di dekat semburan airnya. Hati hati jangan terlalu dekat dengan lubang airnya, karena semburan airnya sangat keras . Mulailah dari agak jauh, bila masih kurang terasa di kelentit anda, majulah sedikit sampai benar benar pas dengan selera anda.

Vibrator
Vibrator yang biasanya dipergunakan untuk memijat, bisa juga dipergunakan untuk masturbasi. Tak perlu anda sentuhkan langsung ke kelentit anda, tapi cukup dengan menggerak gerakannya dibagian luar sekeliling vagina anda. atau gunakan vibrator yang khusus dibuat untuk masturbasi.

Baru setelah anda terbiasa, sentuhkan pelan pelan ke kelentit anda. Jangan sekali kali memasukkan benda yang tajam, bisa pecah atau kotor, alternatif lain gunakan DILDO yang aman dan lembut.

Bila anda memakai dildo, bungkuslah dengan kondom. Dildo dibuat dari plastik atau karet yang lentur, biasanya berbentuk penis lengkap dengan guratan guratan otot seperti aslinya. Agar terasa kenikmatan menggunakan dildo, pertamakali gosok dulu kelentit anda sampai tegang, barulah masukkan dildo kedalam liang vagina anda.

Bila vagina anda masih terasa kering, pakailah lotion. Pelan-pelan gerakkan dildo keluar masuk liang vagina anda sementara tangan yang satu terus merangsang kelentit. Ada dildo yang dilengkapi dengan perangsang kelentit, sehingga setiap kali ditekan kedalam, dildonya akan menggesek klentit Anda.
READ MORE - Selengkapnya

Risiko Kelahiran Bayi Kembar


Dianugerahi bayi kembar 2, atau bahkan lebih, memang menyenangkan. Namun, ternyata ada bahaya lain yang mengintai di balik kebahagiaan berlipat ganda ini. Bayi kembar memiliki risiko kematian 5 kali lebih tinggi pada tahun pertama mereka, dibandingkan bayi tunggal.

Data di Inggris pada 2009 menunjukkan, dari 706.248 kelahiran, ada 3.180 bayi yang meninggal sebelum ulang tahun pertama mereka. Tingginya angka kematian bayi kembar ini umumnya disebabkan oleh berat badan lahir yang sangat rendah dibandingkan dengan bayi tunggal.

Beberapa kehamilan bayi kembar juga berisiko lebih tinggi lahir prematur, memiliki berat badan lahir rendah, menderita cerebral palsy, dan bahkan kematian. Mereka yang melahirkan anak kembar umumnya juga akan melahirkan secara Caesar, terutama bila memiliki 3 bayi atau lebih.

Risiko pre-eklampsia juga bisa meningkat 3 kali lebih tinggi saat Anda hamil anak kembar atau lebih, daripada saat Anda hamil dengan 1 bayi. Hal ini disebabkan oleh ketegangan yang terjadi pada plasenta karena bayi kembar tersebut tentu membutuhkan ruang yang lebih banyak. Salah satu survei menemukan bahwa 13 persen ibu yang hamil bayi kembar 2 atau lebih, mengalami kondisi tersebut.

Selain pre-eklampsia, diabetes dan anemia saat kehamilan kembar juga dapat terjadi karena meningkatnya aliran darah yang menyebabkan kadar zat besi Anda menurun. Dokter mungkin akan merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi suplemen zat besi tambahan. Memiliki anemia ringan memang tidak berbahaya bagi bayi Anda. Namun, Anda perlu berhati-hati, karena akan membuat Anda merasa sangat lelah. Anda juga perlu melakukan tes darah ketika menginjak usia kehamilan antara 20 dan 24 minggu.

Namun, melihat beberapa risiko di atas, bukan berarti semua kehamilan bayi kembar tidak akan lahir dengan selamat. Banyak beberapa kelahiran kembar yang bisa lahir dengan selamat. Sebaiknya, wanita dengan kehamilan kembar harus lebih peduli dan lebih rajin memeriksakan kesehatan mereka ke dokter ahli.

Selain itu, Anda perlu mengelola gaya hidup. Hidup bugar dan sehat dapat membantu Anda untuk mengurangi risiko kehamilan kembar dengan berbagai komplikasi saat kelahiran. Cobalah untuk lebih peka dengan gejala pre-eklampsia dan menjalankan pola makan sehat.

Kehamilan bayi kembar umumnya banyak terjadi pada wanita di atas usia 30 dan yang menggunakan obat kesuburan. Selain itu, faktor genetik keluarga Anda atau pasangan Anda yang memiliki riwayat kembar, juga dapat meningkatkan kesempatan terjadinya kehamilan bayi kembar.
READ MORE - Selengkapnya

SAKIT PADA PAYUDARA SAAT MENYUSUI

SAKIT PADA PAYUDARA SAAT MENYUSUI



Kata mastitis berasal dari bahasa latin yang berarti peradangan pada payudara. Bagian payudara yang meradang akan menjadi merah, bengkak, terasa nyeri dan panas. Mastitis sering dijumpai pada ibu yang baru melahirkan. Biasanya terjadi pada minggu pertama sampai minggu ketiga.

Pemicu umum adalah bakteri yang bernama Staphylococcus aureus yang banyak terdapat pada kulit manusia. Ketika bagian payudara kurang terjaga kebersihannya atau terjadi penyumbatan, maka bakteri akan berkembang biak dengan sangat mudah. Bakteri dalam jumlah banyak ini akan menyerang bagian kulit payudara, bagian lapisan kulit, kelenjar bawah kulit dan menyebabkan peradangan.

Peradangan atau mastitis ini harus segera ditangani karena jika dibiarkan dapat menyebabkan abses payudara, dimana terdapat nanah yang menggumpal pada payudara. Keadaan ini lebih menyakitkan bagi ibu. Payudara terlihat lebih merah dan membengkak, bahkan ASI yang dikeluarkan mengandung nanah.

Bakteri Staphylococcus aureu, golongan methicillin resistant menyebabkan mastitis yang lebih parah. Bakteri jenis ini dikenal juga dengan nama MRSA. Bakteri yang banyak terdapat di rumah sakit. Maka, apabila mastitis terjadi segera setelah persalinan dapat dicurigai adanya infeksi MRSA. Pengobatannya membutuhkan obat antibiotik dalam dosis yang lebih tinggi.



Ada beberapa kondisi yang akan memperbesar terjadinya mastitis pada payudara, yaitu:

  • Puting susu yang datar atau terbenam. Kondisi ini menyebabkan ASI tidak dapat keluar sehingga bakteri dapat lebih mudah menginfeksi.
  • Lecet pada payudara akibayt tergores kuku, bra atau penyebab lainnya.
  • Luka pada payudara akibat pelepasan dari mulut bayi yang tidak benar. Saat melepaskan isapan bayi dapat dilakukan dengan menekan pelan dagu bayi atau memesukkan jari kelingking ibu yang telah dicuci bersih.
  • Payudara yang membengkak akibat ASI yang menumpuk. Akibat ASI tidak dikeluarkan, payudara akan terasa penuh dan membengkak. Rasa tidak nyaman ini akibat saluran vena dan limfe yang terhambat. Kondisi bengkak ini dapat memicu terjadinya mastitis.


Sebagai pencegahan mastitis, perawatan payudara selama masa kehamilan perlu menjadi perhatian. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah mastitis antara lain:

Menjaga kebersihan payudaraPada saat mandi, bersihkan bagian putting dan areola dengan air. Jangan menggunakan sabun pada bagian ini karena dapat menghilangkan minyak dan akhirnya menyebabkan kering. Kondisi yang kering membuat payudara mudah lecet dan infeksi. Kebersihan payudara yang baik dapat mencegah terjadi infeksi peradangan bakteri Staphylococcus aureu penyebab mastitis.

Pilih bra dengan tepatDi masa kehamilan, payudara ibu akan membesar. Maka, perlu penyesuaian ukuran bra. Biasanya ukuran BH akan naik 2 nomor lebih besar. Selain ukuran, bahan dan model bra perlu diperhatikan. Pilih bra dengan bahan yang menyerap keringat. Untuk model bra, sebaiknya memilih model polos tanpa banyak renda dan lipatan-lipatan yang dapat mengganggu kenyamanan. Pada saat menyusui, dapat menggunakan BH menyusui yang dapat dibuka dari depan.

Berikan ASI sesuka bayiPemberian ASI tanpa dijadwalkan atau diberikan sesuka bayi akan mencegah pembengkakan payudara akibat ASI yang menumpuk. Jika kondisi tidak memungkinkan untuk diberikan ASI, ibu dapat mengeluarkan ASI dengan cara dipompa.

Pengetahuan ibu tentang merawat payudara sejak masa kehamilan akan membantu mencegah terjadinya mastitis. Dengan terhindar dari mastitis, periode laktasi (menyusui) tidak akan menjadi periode yang menyakitkan.
READ MORE - Selengkapnya

MENGENAL KEUNIKAN RUPA BAYI




Rupa bayi dalam beberapa bulan akan berubah. Dari perubahan bentuk kepala, bulu-bulu halus, dan lainnya pada setiap bayi ada normal. Berikut ini beberapa hal berbeda yang tampak pada rupa bayi yang baru lahir antara lain.

Kepala

Pada bagian puncak kepala bayi yang biasa disebut dengan ubun-ubun atau fontanel masih lunak. Tulang tengkorak bayi memang belum menyatu sehingga memungkinkan bayi bisa melewati jalan lahir yang sempit serta memungkinkan otak bayi berkembang. Ubun-ubun akan menyatu sampai bayi berusia 1 – 1,5 tahun.

Rupa yang lain pada kepala bayi adalah kepala yang berbentuk lonjong. Hal ini disebabkan karena bayi harus melewati jalan lahir yang sempit sehingga terjadi pergeseran pada tulang tengkoraknya. Kepala bayi akan terlihat lebih lonjong jika dalam persalinan bayi harus dikeluarkan dengan bantuan vakum. Bentuk kepala akan menjadi lebih bulat dan normal setelah beberapa hari.

Wajah

Mata, hidung atau telinga si kecil mungkin terlihat aneh. Kelopak mata yang bengkak, hidung terlihat rata atau telinga yang terlipat adalah beberapa hal aneh yang tampak pada bayi yang baru lahir. Ini karena adanya tekanan selama berada di rahim karena ruang rahim yang sempit seraya janin semakin membesar. Hal ini hanya sementara dan selama beberapa hari wajah si kecil akan kembali normal.

Pada beberapa bayi juga terlihat adanya jerawat atau titik-titik putih yang diakibatkan karena hormon ibu yang masih ada pada bayi. Tidak perlu dikuatirkan karena jerawat ini akan hilang setelah beberapa waktu.

Payudara dan Alat Kelamin

Hormon ibu yang masuk ke dalam janin dapat menyebabkan payudara bayi terlihat bengkak. Pada bayi perempuan biasanya akan terjadi pembengkakan pada alat kelaminnya atau bahkan keluar cairan lendir bening atau darah seperti saat sedang haid. Sedangkan pada bayi laki-laki, penis akan terlihat menegang atau ereksi.

Cairan biasanya akan hilang setelah beberapa hari. Begitu juga dengan pembengkakan atau ereksi pada bayi laki-laki yang akan hilang setelah beberapa minggu.

Tali Pusat

Tali pusat yang menghubungkan dengan plasenta akan segera dipotong sesaat setelah bayi keluar. Tali pusat yang masih ada pada bayi berwarna hijau kekuningan dan akan menghitam, kering dan terlepas setelah 5-15 hari setelah lahir.

Kaki

Kaki bayi biasa terlihat bengkok. Tetapi, kaki bayi akan semakin lurus seiring dengan bertambahnya umur bayi. Gerakan kaki bayi yang aktif akan membantu kaki menjadi lurus, jadi tidak perlu takut selama kaki bayi lentur dan dapat digerakkan dengan mudah.


Kulit

Mengering dan mengelupasnya kulit bayi pada awal minggu kelahirannya merupakan hal yang wajar. Pengelupasan terjadi pada lapisan teratas kulit atas bayi seperti yang biasa terjadi pada orang dewasa.

Rambut Halus

Tidak perlu merasa heran jika melihat banyaknya rambut-rambut halus pada bayi Anda. Rambut pada punggung, bahu, kening, pelipis, tangan, telinga mungkin tumbuh pada bayi Anda. Rambut-rambut halus pada bayi yang disebut dengan lanugo akan rontok seraya bayi semakin membesar.

Ya, rupa bayi memang unik. Seraya melihat pertumbuhan mental dan fisiknya, kita akan semakin sayang dengan bayi mungil tersebut.
READ MORE - Selengkapnya

Bayi Lahir Prematur karena Plasenta Abrupta



Tracy Gergiou, 31, ibu asal Liverpool akhirnya dapat bernapas lega setelah bayinya, Lucas, dinyatakan sehat setelah dirawat selama 105 hari di rumah sakit karena terlahir prematur. Dilansir Daily Mirror, Tracy mengalami kesakitan luar biasa, saat kandungannya baru menginjak usia 23 minggu. Ia dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk perawatan intensif selama 3 hari, kemudian menjalani persalinan Caesar demi keselamatan janin dan dirinya. Dokter kemudian berhasil mengeluarkan Lucas yang hanya seberat 1,2 kg atau hanya seukuran tangan pria dewasa.


Hal tersebut bukanlah yang pertama bagi Tracy. Ia juga pernah mengalami hal serupa karena mengalami placenta abrupta, namun ia kehilangan bayi perempuan yang ia kandung selama 17 minggu. Placenta abrupta merupakan kondisi serius di mana sebagian maupun keseluruhan plasenta terpisah dari uterus sebelum janin siap dilahirkan. Kondisi tersebut dapat menghentikan asupan oksigen dan nutrisi untuk Si Kecil di dalam kandungan, serta menyebabkan bumil mengalami perdarahan parah hingga membahayakan kondisi ibu dan janin.

"Lucas benar-benar kecil, hanya seukuran tangan saya. Saya tidak berpikir ia akan bertahan. Hal itu membuat saya tak bisa tidur dan hanya meninggalkan rumah sakit hanya untuk memastikan kondisi anak-anak saya yang lain,"ungkap Sang Ayah, Costa, 36 tahun.


Sementara itu, salah satu dokter Tracy, Bill Yoxall, Direktur Klinis dari Unit Neonatal Rumah Sakit Liverpool, berkata, “Hanya sedikit bayi yang berhasil melewati plasenta abrupta. Dan Lucas adalah salah satunya, yang telah berjuang melalui semua tantangan prematuritas ekstrim dengan kesempatan bertahan hidup hanya 25 persen.
READ MORE - Selengkapnya

Mewaspadai Bahaya dan Infeksi dari TORCH

Mewaspadai Bahaya dan Infeksi dari TORCH
TORCH merupakan singkatan dari Toxoplasma gondii (toxo), Rubella, Cyto Megalo Virus (CMV), Herpes Simplex Virus (HSV) and other diseases. Penyakit ini sering menimbulkan berbagai masalah kesuburan (fertilitas) wanita dan pria sehingga menyebabkansulit terjadinya kehamilan. Apabila hamil pun bisa menyebabkan keguguran dan mengancam keselamatan janin yang akan dilahirkan nanti (bayi lahir cacat). Beberapa kecacatan yang bisa timbul akibat TORCH yang menyerang wanita hamil antara lain kelainan pada saraf, mata, kelainan pada otak, paru-paru, mata, telinga, terganggunya fungsi motorik, hidrosepalus, dan lain sebagainya.

Penyebab utama dari TORCH sebagian besar adalah hewan-hewan yang ada di sekitar kita seperti kucing, ayam, burung, tikus, kambing, sapi, anjing, babi, dan lainnya yang mengandung virus dan parasit TORCH di dalam darahnya. Hewan-hewan tersebut bisa sebagai pembawa langsung TORCH melalui interaksi dengan manusia, dan bisa juga sebagai perantara (pembawa tak langsung) TORCH melaui kotorannya.


Kotorannya yang mengandung TORCH bisa mencemari tanah, sehingga juga bisa mencemari sayuran yang tumbuh di tanah. Kotoran hewan yang terinfeksi TORCH bisa terbang terbawa bersama lalat, serangga atau burung dan menempel pada makanan, kemudian makanan tersebut masuk ke dalam mulut manusia dan hidup dalam darah manusia.

Kita tentu sering mendengar bahwa toxo adalah virus kucing. Padahal toxo sebenarnya bukan merupakan virus melainkan parasit yang hidup dalam darah. Beberapa penelitian di dalam maupun di luar negeri menyebutkan bahwa sekitar 70 % penyebab penyakit TORCH ini berasal dari kotoran kucing.

TORCH menganggu kesuburan tak hanya bagi wanita, namun juga bagi pria. Pada wanita TORCH menginfeksi sel telur sehingga sel telur dan inti sel menjadi rusak, mengecil dan tidak bisa dibuahi. Infeksi tersebut pada wanita juga bisa menyebabkan timbulnya miom, penyumbatan atau pelengketan saluran telur sehingga sel telur tidak bisa dibuahi dan mengakibatkan sulitnya terjadi kehamilan. Sementara pada pria, TORCH menginfeksi sel sperma sehingga akan memperburuk dan menurunkan kualitas sperma, mengurangi kekentalan sperma, dan menurunkan kemampuan gerak (motilitas) sel sperma sehingga sulit mencapai sel telur.

Lalu, bagaimana penularan TORCH melalui manusia satu ke manusia lainnya?
Toxo karena bukan merupakan virus maka tidak menular melalui hubungan kepada pasangan. Toxo bisa menular pada keturunan (misalnya ibu hamil ke bayi yang dilahirkannya nanti). Sedangkan Rubella, CMV, dan Herpes bisa menular ke pasangan (suami atau istri) melalui hubungan , karena merupakan virus. Selain hubungan , penularan Rubella, CMV, dan Herpes juga dapat melalui air liur, keringat, urin, darah, dan Air Susu Ibu (ASI).

Gejala-gejala terinfeksi TORCH pada masa kehamilan misalnya timbul flek berkepanjangan pada wanita hamil, janin tidak berkembang, hamil anggur, atau bayinya meninggal pada trimester akhir kehamilan, dan seringkali menimbulkan keguguran. Namun ada juga kasus dimana infeksi yang terjadi pada ibu hamil tidak disertai dengan gejala dan akan berlalu begitu saja tanpa diketahui. Satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah seseorang terinfeksi TORCH adalah dengan pemeriksaan darah di laboratorium.

Kemungkinan terinfeksi TORCH pada trimester pertama cukup kecil (sekitar 15 %), namun tingkat kerusakannya cukup parah, seperti janin cacat bahkan kematian. Pada trimester kedua kemungkinan terinfeksi TORCH lebih besar, namun tingkat kerusakannya tidak separah bila terinfeksi pada trimester pertama. Sedangkan kemungkinan terinfeksi TORCH pada trimester ketiga cenderung paling besar, namun resiko kerusakan atau bahaya yang ditimbulkan lebih kecil, namun tetap berbahaya.

Bahaya TORCH tidak hanya berkaitan dengan masalah kehamilan saja. TORCH juga bisa meyerang orang tua, anak muda, dari berbagai kalangan, usia, dan jenis kelamin. TORCH bisa menyerang otak (timbul gejala sering sakit kepala misalnya), menyebabkan sering timbul radang tenggorokan (seperti yang dulu selalu penulis alami), flu berkepanjangan, sakit pada otot, persendian, pinggang, sakit pada kaki, lambung, mata, dan sebagainya. Meskipun demikian, kita tidak bisa langsung menyimpulkan seseorang pasti terkena TORCH bila menderita salah satu penyakit yang telah disebutkan di atas. Diperlukan pemeriksaan yang valid dan akurat melalui pemeriksaan darah di laboratorium, yaitu dengan mendeteksi adanya antibodi dalam darah.

Biaya pemeriksaan TORCH secara keseluruhan di laboratorium berkisar antara 1-2an juta. Anda tentu bisa menanyakan hal ini langsung ke laboratorium yang ingin dituju. Hasil pemeriksaan sering menunjukkan nilai TORCH dengan indikator antibody IgG dan IgM.

IgG merupakan bentuk antibody penghalang yang dihasilkan tubuh, yang bertugas menangkap semua bibit penyakit untuk menghambat penyebarannya. Sementara IgM merupakan bentuk antibody tubuh yang timbul setelah perkembangan penyakit dihambat, yang bertugas untuk menangkap sisa bibit penyakit yang tertinggal. Dengan kata lain bila terinfeksi TORCH, tubuh menghasilkan IgM terlebih dahulu, baru kemudian membentuk IgG.

Antibodi IgG dan IgM ini memiliki nilai ambang batas, dimana apabila nilai IgG atau IgM melebihi nilai ambang batasnya disebut bernilai positif, dan sebaliknya. Nilai ambang batas tersebut biasanya tertera pada hasil pemeriksaan laboratorium.

Apabila IgG positif dan IgM negative disimpulkan infeksi sudah lama terjadi. Bila IgG negative dan IgM positif disimpulkan infeksi baru saja terjadi. Namun, apabila IgG dan IgM dua-duanya positif maka disimpulkan bahwa infeksi sedang berada pada tahap manifest, yaitu sudah terjadi infeksi namun waktunya belum terlalu lama. Untuk itu, pada kasus IgG dan IgM dua-duanya positif sebaiknya juga dilakukan pemeriksaan aviditas IgG anti toksoplasmosis. Bila nilai aviditas IgG rendah, hal itu menunjukkan infeki tersebut baru terjadi, dan bila aviditas IgG tinggi merupakan tanda adanya antibodi lampau (infeksi sudah lama terjadi).

Wanita hamil yang sudah posistif terinfeksi TORCH sebaiknya juga melakukan pemeriksaan Protein C Reaktif (PCR). Pemeriksaan ini memiliki sensitivitas yang cukup tinggi untuk dapat mendeteksi TORCH pada darah, amnion (cairan ketuban), cairan otak. Hal tersebut nantinya dapat digunakan untuk mendeteksi apakah ada kelainan pada janin yang dikandung sehingga bisa segera diberikan penanganan yang tepat.

Pengobatan TORCH secara medis diyakini bisa dengan menggunakan obat-obatan seperti isoprinocin, repomicine, valtrex, spiromicine, spiradan, aciclovir, azithromisin, klindamisin, alancicovir, dan lainnya. Namun tentu pengobatannya membutuhkan biaya yang sangat mahal dan waktu yang cukup lama. Selain itu, terdapat pula cara pengobatan alternatif yang mampu menyembuhkan penyakit TORCH ini, dengan tingkat kesembuhan mencapai 90 %. Hal ini berdasarkan pengalaman pribadi penulis.

Pengobatan TORCH secara medis pada wanita hamil dengan obat spiramisin (spiromicine), azithromisin dan klindamisin misalnya bertujuan untuk menurunkan dampak (resiko) infeksi yang timbul pada janin. Namun sayangnya obat-obatan tersebut seringkali menimbulkan efek mual, muntah dan nyeri perut. Sehingga perlu disiasati dengan meminum obat-obatan tersebut sesudah atau pada waktu makan.

Berkaitan dengan pengobatan TORCH ini (terutama pengobatan TORCH untuk menunjang kehamilan), menurut medis apabila IgG nya saja yang positif sementara IgM negative, maka tidak perlu diobati. Sebaliknya apabila IgM nya positif (IgG bisa positif atau negative), maka pasien baru perlu mendapatkan pengobatan. Namun, menurut beberapa sumber dan juga berdasarkan pengalaman pribadi penulis, apabila ingin sembuh dari TORCH dan ingin mendapatkan kehamilan yang lancar, baik IgG dan IgM harus dua-duanya bernilai negative. Oleh karena itu, sebelum hamil sebaiknya pasien harus benar-benar sembuh terlebih dahulu dengan IgG dan IgM keduanya bernilai negative, baru kemudian merencanakan kehamilan. Hal ini tentu amat berguna untuk mendapatkan kehamilan yang sehat dan lancar.

Lalu, bagaimana cara pencegahan agar tidak terkena TORCH?
Cara yang paling efektif adalah dengan sebisa mungkin menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan terinfeksi TORCH. Perilaku hidup bersih amat dibutuhkan. Misalnya, mencuci tangan sebelum makan, mencuci makanan daging dan sayuran sampai bersih kemudian dimasak sampai matang (jangan setengah matang, apalagi mentah), sedapat mungkin menjauhi hewan-hewan yang bisa menularkan TORCH. Apabila ingin memelihara hewan seperti kucing dan anjing misalnya, harus benar-benar dirawat dan dijaga kebersihannya. Pastikan juga hewan-hewan tersebut dalam kondisi yang baik dan sehat.

Bagi wanita yang ingin hamil, selain perlu menghindari pencetus-pencetus terinfeksinya TORCH juga perlu melakukan pemeriksaan TORCH dan kondisi kesehatan lainnya. Pastikan Anda dan pasangan bebas dari TORCH guna mendapatkan kehamilan yang lancar, sehat bagi Ibu dan janin yang dikandung. (ST)
READ MORE - Selengkapnya

Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah (Migrain)

Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah (Migrain)
Sakit kepala tentu sangat tidak enak dan menyiksa. Semua orang pun pernah mengalaminya, bisa karena tegang, trauma, kurang tidur, polusi, sakit gigi, dan sebab lainnya. Jika masih tergolong sakit kepala biasa, Anda bisa saja mengobatinya dengan obat sakit kepala. Namun, bila Anda mengalami sakit kepala sebelah atau migrain, tentu akan berbeda pula cara penanganannya.

Serangan sakit kepala migrain terasa lebih menyiksa dan terkadang datang tiba-tiba. Penderita migrain akan merasakan nyeri dan berdenyut seperti dipukuli dan ditarik-tarik dan biasanya disertai dengan gangguan saluran cerna seperti mual dan muntah. Penderitanya pun cenderung menjadi lebih sensitif terhadap cahaya, suara dan bau-bauan. Hal itu tentu amat mengganggu dan bisa menghambat segala aktivitas penderita. Untuk itu, pada tulisan ini kami berikan sedikit informasi tentang migrain dan cara efektif hilangkan migrain yang sangat mengganggu Anda.

Migrain adalah penyakit yang bercirikan nyeri hebat pada satu sisi kepala dengan denyutan di pelipis yang datang secara berkala. Kata migrain berasal dari bahasa Yunani yaitu hemicrania(hemi = setengah, cranium = tengkorak kepala). Serangan sakit kepala migrain dapat terjadi beberapa kali setahun sampai beberapa kali seminggu, dengan lama serangan biasanya 1-2 jam.

Migrain atau sakit kepala sebelah sebenarnya belum diketahui secara pasti apa penyebabnya. Namun, diperkirakan jenis sakit kepala ini disebabkan karena adanya hiperaktifitas impuls listrik otak yang meningkatkan aliran darah di otak sehingga terjadi pelebaran pembuluh darah otakserta proses inflamasi (luka radang). Migrain, meskipun dirasakan di sebelah sisi kepala, terkadang nyerinya bisa berpindah atau mengenai kedua sisi sekaligus.
Menurut hasil penelitian, migrain tiga kali lebih sering dialami oleh wanita daripada laki-laki. Diperkirakan diderita oleh 25% wanita dan 10% laki-laki di seluruh dunia. Frekuensi dan intensitas serangan penyakit migrain kadang-kadang meningkat saat penggunaan pil antihamil, selama hamil dan ketika hipertensi.

Migrain pada wanita hamil harus segera ditangani oleh dokter karena dikhawatirkan bisamemengaruhi janin yang dikandung. Apabila sebelum hamil belum pernah mengalami migrain, maka resiko terjadinya migrain pada saat hamil sebesar 1–2 %. Bila sudah pernah mengalami migrain sebelum hamil, maka resikonya meningkat menjadi 50-80 % pada akhir bulan ketiga kehamilan.

Ternyata migrain juga memiliki tipe dan golongannya.

Migrain biasa
Gejalanya : nyeri berdenyut di salah satu sisi kepala dengan intensitas sedang hingga berat.

Migrain klasik
Gejalanya : gangguan penglihatan seperti melihat garis bergelombang, cahaya terang, bintik gelap, atau tidak dapat melihat benda dengan jelas.

Migrain haid
Umumnya timbul beberapa hari sebelum, saat atau sesudah haid.

Migrain komplikasi

Gejala : sering disertai gangguan sistem saraf seperti mati rasa pada kulit dan geli, kesulitan dalam berbicara atau mengerti pembicaraan, tidak mampu menggerakkan lengan dan kaki.


Migrain terhitung penyakit keturunan dan banyak orang menderita penyakit ini. Beberapa peneliti telah menemukan bahwa terdapat suatu gen yang berperan dalam timbulnya serangan migrain. Wanita biasanya menderita migrain terutama saat menjelang haid atau saat menopause.

Migrain dapat timbul karena kelelahan, perubahan hormon, tekanan darah, penyakit asma, depresi, atau penyakit berat semisal tumor atau infeksi. Faktor pencetus migrain yang paling dominan adalah konsumsi makanan tertentu yang bisa memicu migrain, kurang tidur atau tidur yang berlebihan, tidak makan (diet) yang menyebabkan kadar gula darah sangat rendah atau hipoglikemia, stress (fisik dan mental), dan tekanan emosi, bau-bauan yang menyengat, dan paparan sinar matahari yang berlebihan, perubahan suhu yang mendadak, dan faktor hormonal.

Faktor hormonal yang menjadi pencetus migrain terjadi pada saat:
Saat haid, akibat berubahnya kadar hormon estrogen dan progesteron.

Saat meminum pil antihamil, juga akibat naik turunnya kadar hormon-hormon kewanitaan (estrogen, dan progesteron).

Saat terdapatnya gangguan/masalah kandungan, misalnya siklus haid yang tidak teratur, kista indung telur, atau setelah menjalani operasi pengangkatan rahim (akan mengalami serangan migrain dengan kecenderungan dua kali lipat lebih besar).

Saat masa kehamilan, dimana banyak terjadi perubahan hormon dalam darah.

Lalu, bagaimana sih cara mengatasi sakit kepala migrain ini? Sebenarnya ada cara yang efektif untuk menghilangkan dan mengobati sakit kepala sebelah (migrain) ini, yaitu :
Perbaiki pola makan Anda dengan memperbanyak makan makanan yang mengandung vitamin B2, seperti gandum, kacang-kacangan dan polong-polongan, daging merah dan perbanyaklah minum air putih setidaknya 8 gelas sehari.

penderita migrain yang juga mengalami mual dan rasa tidak enak di perut bisa mengkonsumsi jahe atau makanan yang mengandung jahe.

Anda harus selalu mengontrol lemak dalam darah karena bisa memicu migrain. Kurangi makanan yang berlemak jenuh, saus, gorengan.

Penderita migrain peka teradap cahaya, oleh karenanya disarankan untuk beristirahat di tempat yang gelap dan tenang, dan buat diri Anda rileks.

Anda bisa mengompres kepala dengan es atau air dingin untuk menyempitkan pembuluhdarah.

Hangatkan dan istirahatkan leher Anda dengan pijatan lembut, karena migrain juga bisa disebabkan karena leher yang kelelahan.

Hindarkan segala pemicu dan penyebab-penyebab migrain, misalnya tidur yang berelebihan, atau kurang tidur, polusi, stress, sinar matahari yang terlalu terang atau pantulan sinar matahari.

Anda boleh saja mengkonsumsi obat sakit kepala. Bagi Ibu hamil obat yang relatif cukup aman untuk dikonsumsi yaitu, golongan analgetik misalnya acetaminophen (paracetamol), aspirin, antireptik.

Hindari mengkonsumsi zat-zat yang kurang baik bagi tubuh, misalnya alkohol, anggur merah (wine), feniletilalamin dalam coklat, kafein, keju yang mengandung asam amino tiramin (dalam keju masak seperti brie, camembert) yang mampu mengurangi serotonin dalam otak sehingga aliran darah terganggu.

Penderita migrain biasanya lebih sensitif terhadap zat aditif dalam bahan makanan, seperti MSG, nitrit, aspartame (pemanis buatan),tetrazin, dan sulfite (dalam minuman alcohol dan wine).

Ternyata dengan memperbaiki pola makan dan pola hidup Anda menjadi lebih sehat, mampu mengatasi dan menghilangkan sakit kepala sebelah atau migrain. Namun, bila keluhan sakit kepala sebelah ini terus-menerus Anda rasakan dan cukup mengganggu aktifitas Anda, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter Anda.
READ MORE - Selengkapnya

Tips Latihan Pernafasan yang Bisa Menurunkan Berat Badan


Cara Latihan Pernafasan yang Bisa Menurunkan Berat Badan
Seorang artis Jepang bernama Miki Ryosuke memberikan pernyataan mengejutkan

Baru-baru ini seorang artis Jepang bernama Miki Ryosuke memberikan pernyataan mengejutkan. Ia mengaku sukses menurunkan berat badan sebanyak 12 kg hanya dengan latihan pernapasan.

Artis Jepang 55 tahun itu menemukan metode diet ini secara tidak sengaja. Saat itu ia tengah mencoba teknik pernapasan untuk mengatasi nyeri punggung. Tanpa disadari, teknik tersebut dapat membuat berat badannya turun drastis.

Cara yang dilakukan Ryosuke cukup sederhana. Ia hanya meluangkan waktu 2 menit sehari. Kemudian ia melakukan konsentrasi penuh menarik napas panjang selama 3 detik lalu menghembuskannya kuat-kuat dalam 7 detik. Semudah itu!

Untuk memaksimalkan hasil latihan pernapasannya, Ryosuke mulai mengembangkan metode diet pernapasan tersebut agar bisa dicoba oleh semua orang. Ryosuke juga memberi nama pada metode diet yang berhasil ditemukannya ini dengan nama Long Breath Diet.
Seperti dilansir Daily mail, Ryosuke membeberkan 2 cara mudah melakukan diet pernapasan ini.

Cara pertama, kencangkan otot-otot pantat sambil berdiri dengan satu kaki di depan. Berat badan dibebankan ke kaki belakang. Dalam posisi ini, tarik napas selama 3 detik sambil mengangkat tangan ke atas kepala. Selanjutnya, hembuskan napas sambil mengencangkan seluruh otot tubuh selama 7 detik.

Cara kedua, berdiri tegap dengan mengencangkan otot pantat. Satu tangan diletakkan di perut, sedangkan tangan yang lain memegangi pantat dari belakang. Sama seperti teknik pertama, tarik napas dilakukan secara perlahan selama 3 detik lalu dihembuskan kuat-kuat. Bedanya kali ini dilakukan sambil terus memegangi perut.
Well, ada yang mau mencoba?

READ MORE - Selengkapnya

Gaya Hidup Tidak Sehat Pada Warga Indonesia

Gaya Hidup Tidak Sehat Pada Warga Indonesia

Pelaksana Harian Direktur Bina Gizi Kemenkes M Nasir mengatakan, masyarakat Indonesia mulai mengarah kepada gaya hidup tidak sehat. "Kita harus memerhatikan apakah makanan yang dikonsumsi memiliki gizi yang seimbang dan berkualitas atau tidak?" kata Nasir di Jakarta.

Menurut Nasir, kecenderungan itu terlihat dari data konsumsi lemak yang mencapai 116 persen. Berbanding terbalik dengan konsumsi kacang-kacangan, sayuran, dan buah yang masih rendah.

Sedangkan aktivitas fisik, masih rendah, hanya 84,9 persen. Sehingga terjadi berbagai kasus obesitas dan munculnya penyakit degeneratif pada usia produktif, seperti hipertensi, jantung, diabetes dan sebagainya.

Sementara, anggota bidang Kemitraan Dewan Pengurus Pusat Persatuan Ahli Gizi Marudut Sitompul mengatakan, kelebihan gizi juga dapat mengakibatkan kematian. Karena kemampuan metabolisme seseorang berbeda. Sehingga perlu mengukur diri dalam mengonsumsi makanan.

"Kondisi demikian pada akhirnya menimbulkan berbagai penyakit seperti hipertensi, diabetes, bahkan dapat menimbulkan radikal bebas yang mengganggu pertumbuhan sel," jelas Marudut.

Tekanan atau stres dalam pekerjaan juga dapat menjadi memicu gangguan metabolisma dalam tubuh sehingga muncul berbagai penyakit tersebut. Sedangkan obesitas menjadi persoalan masyarakat perkotaan akibat pola makan salah dan kurangnya aktivitas. 

Ahli kesehatan Lia Listiawaty menambahkan, masyarakat yang telanjur mengalami obesitas dapat menurunkan berat sampai tinggal ideal secara aman. Caranya, dengan mengonsumi nutrisi yang cukup. "Kita harus dapat mengukur kalori yang dikeluarkan dalam beraktivitas dengan kandungan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Kalau kelebihan atau kekurangan akan berdampak buruk bagi tubuh," ujar dia.
READ MORE - Selengkapnya

PENGOBATAN ALAMI Dari KESEMUTAN

Kesemutan merupakan keadaan yang ditandai dengan perasaan nyeri dan pegal yang menusuk. Kesemutan paling sering terjadi pada jari tangan dan jari kaki, talapak kaki dan telapak tangan, serta salah satu sisi atau kedua sisi badan.

Penyebab :

Kesemutan dapat disebabkan ada anggota badan yang tertindih cukup lama sehingga ujung-ujung saraf di daerah tersebut menjadi lumpuh karena tertekan. Kekurangan vitamin B1 dan adanya penyakit kencing manis juga dapat menyebabkan sering kesemutan. Oleh karena itu,harus diketahui penyebabnya yang pasti terlebih dahulu. Jika karena penyakit kencing manis maka harus menurunkan kadar gula darah.

Pengobatan Herbal :

Resep 1

15-30 g daun dewa segar
30 g jahe merah
25 g temu hitam
a. Cuci bersih semua bahan, rebus dengan 700 cc air hingga tersisa 300 cc, lalu saring.
b. Minum 2 kali sehari.

Resep 2

2 buah mengkudu
30 g biji bunga matahari
15 g umbi daun dewa
a. Cuci bersih semua bahan, rebus dengan 700 cc air hingga tersisa 300 cc, lalu saring.
b. Minum 2 kali sehari dan makan biji bunga mataharinya.

Catatan
Pilih salah satu resep dan lakukan secara teratur.

Categories penyakit Kesemutan
READ MORE - Selengkapnya

Ternyata Soda Bisa Membuat Anak Menjadi Agresif


Bertengkar dengan anak berusia 5 tahun? Mungkin Anda harus mulai mengurangi asupan soda si kecil, karena sebuah studi baru telah mengaitkan perilaku agresif anak dengan konsumsi minuman ringan.

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan, orang dewasa yang doyan minum soda mengalami peningkatan risiko stroke, obesitas, kerusakan ginjal, dan tekanan darah tinggi.

Namun, anak kecil yang minum soda empat kali atau lebih setiap hari, punya kemungkinan dua kali lebih besar untuk menyerang orang lain, berkelahi, atau menghancurkan barang. Penelitian itu dipublikasikan di “Journal of Pediatrics”.

"Kami menemukan bahwa angka perilaku agresif anak meningkat sejalan dengan kenaikan porsi minuman ringan per hari, yang sangat mengejutkan," kata pemimpin tim peneliti Shakira Suglia, asisten profesor epidemiologi di Columbia University Mailman School of Public Health, pada Yahoo! Shine.

Suglia dan rekannya menganalisis data pada dari sekitar 3.000 anak berusia lima tahun dari studi tentang kesejahteraan anak-anak perkotaan. Di dalamnya, para ibu melaporkan tingkat konsumsi minuman ringan anak mereka dan mambuat daftar tentang perilaku anak mereka. 

Para peneliti menemukan bahwa 43 persen dari anak-anak yang ada meminum setidaknya satu porsi minuman ringan setiap hari, dan ada 4 persen yang mengonsumsi empat porsi atau lebih. "Ini cukup mengkhawatirkan, mengingat apa yang sudah kita ketahui tentang soda," kata Suglia.

Studi ini menemukan hubungan yang jelas antara agresivitas — serta sifat menarik diri dan masalah perhatian — dan konsumsi soda, bahkan setelah menyesuaikan faktor sosio-demografis, depresi ibu, kekerasan pasangan intim, dan kehilangan ayah. Namun, karena itu adalah penelitian observasional, para peneliti tidak bisa mengatakan bahwa soda adalah penyebab perubahan perilaku, dan karena ibu tidak mengatakan apakah minuman ringan yang dikonsumsi anak-anak mereka adalah minuman ringan untuk diet atau reguler, sulit untuk mengetahui mengapa ada kaitan.

"Kita bisa saja membuat hipotesis jika perilaku tersebut adalah karena kafein, atau bisa saja karena gula," kata Suglia. "Tapi kami benar-benar tidak tahu pasti.”

Seorang mantan dokter anak bernama Marcie Schneider, yang kini mengkhususkan diri dalam perawatan remaja di Connecticut, pada tahun 2011 telah menguraikan bahaya minuman olahraga untuk anak-anak.Soda merusak gigi anak-anak dan tidak memiliki nilai gizi, ujar Schneider pada Yahoo! Shine. Meminum soda juga tidak akan menghilangkan dahaga sebab soda akan membuat dehidrasi, bukannya memberi cairan bagi peminumnya.Bagaimana cara mengurangi asupan soda bagi anak-anak? “Seperti orang dewasa, anak-anak juga rentan terhadap efek dari sistem penarikan kafein, seperti mengalami sakit kepala, rasa lelah, dan keterampilan motorik yang melambat," katanya. 

Cara yang paling penting adalah mendidik orangtua tentang bahaya soda, dan memastikan bahwa mereka tidak memiliki lemari penuh soda diet untuk mereka konsumsi sendiri. "Karena orangtua adalah contoh terbaik untuk anak,” kata Schneider.
READ MORE - Selengkapnya

Makan Agar-Agar Bagi Kesehatan

Manfaat Makan Agar-Agar

Setelah menyantap makanan berat memang paling enak ditutup dengan dessert. Nah, bila kamu menggemari agar-agar sebagai makanan penutup maka kamu sangat beruntung. Karena makanan kenyal satu ini punya banyak manfaat. Bukan hanya bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, agar-agar juga memiliki banyak manfaat kesehatan dan juga kecantikan. Dilansir dari Mag For Women, inilah beberapa manfaat dari gemar memakan agar-agar :


Agar-agar mengandung asam amino alami, yang baik untuk kulit. Amino acid membantu pembentukan sel kulit tubuh. Selain itu kandungan collagen pada agar juga bermanfaat untuk melawan tanda-tanda penuaan. Agar-agar juga kata kaya akan asam aspartat yang sangat baik dalam membantu proses regenarasi sel. Gemar memakan agar-agar juga membantu mengurangi berbagai masalah kulit salah satunya jerawat.

Membantu mempertahankan berat tubuh

Sedang diet atau takut badan bertambah gemuk sehingga menghindari dessert? Nah, pilihlah agar-agar sebagai makanan penutup. Agar-agar memiliki kalori yang rendah dan membantu mempertahankan berat badan dan melancarkan pencernaan. Karena agar-agar terbuat dari rumput laut, asalkan jangan mengkonsumsi agar-agar dengan kandungan gula yang tinggi.

Meningkatkan sistem imun dan menurunkan kolesterol

Agar-agar ternyata kaya akan karbohidrat dan vitamin B. Nutrisi tersebut sangat membantu untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Banyak orang lebih suka mengkonsumsi agar-agar setelah selesai berolahraga. Makan agar-agar juga membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh dan mencegah resiko terkena serangan jantung.

Mencegah masalah rambut

Agar-agar merupakan salah satu sumber asam folat, zat yang baik untuk kesehatam rambut. Rutin makan agar-agar bisa membantu mencegah masalah penipisan rambut dan rambut rontok.

Membantu mengatasi masalah radang sendi

Agar-agar terbuat dari gelatin alami yang bermanfaat untuk melumaskan persendian pada wanita dan membantu mengurangi resiko penyakit radang sendi atau arthritis.

Mengurangi stress

Asam amino esensial yang ada pada agar-agar mempunyai banyak kebaikan. Salah satunya untuk mengatasi stress . Zat ini mempu mengurangi tingkat stress dan tanda-tanda depresi pada wanita. Mengkonsumsi agar-agar bisa membuat tubuh lebih relaks.

Itulah beragam manfaat yang didapat bila kamu gemar memakan agar-agar. Selain sebagai bisa jadi pilihan makanan penutup, kamu juga dapat mengkonumsi agar sebagai cemilan untuk mengganjal lapar loh Dreamers!
sumber-info
READ MORE - Selengkapnya

Benarkah Ingus Berbau Tanda Infeksi Sinusitis


Dalam satu konsultasi, seorang ibu rumahtangga mengeluhkan pilek yang dialaminya. Lendir atau ingus yang keluar dari hidungnya berwarna hijau dan bau. Gejala penyakit apakah ini?

Dr. Yoshika Kurniasari, Dokter Umum dan Jamsostek Klinik Keluarga Antasari Bandar Lampung menjelaskan, pilek termasuk gejala penyakit yang umum diderita di masa pancaroba seperti sekarang. Namun, jika hidung Anda menghasilkan banyak lendir dan gejalanya tidak hilang dalam seminggu, besar kemungkinannya itu infeksi sinus.

Menurutnya, sinusitis terjadi jika salah satu atau beberapa lapisan sinus terinfeksi. Infeksi dapat disebabkan virus, bakteri, maupun jamur.

Tanda-tanda keluarnya lendir dari hidung bukan sekadar pilek, seperti Rasa nyeri dan tertekan di wajah, Keluar ingus kental, Hidung bengkak, Bau mulut, Batuk berdahak, Demam, Indera penciuman tak bekerja, dan Mata berair.

Cara pencegahannya dengan menjaga kekebalan tubuh dan membiasakan hidup bersih. Sering-sering mencuci tangan dengan sabun juga dianjurkan.

Disarankan juga untuk beristirahat di rumah sampai penyakitnya sembuh, selain mempercepat penyembuhan, istirahat di rumah juga agar tidak menularkan penyakitnya pada orang lain.
READ MORE - Selengkapnya

BOTOX DAN MITOSNYA

BOTOX DAN MITOSNYA
Apa itu Botox?

Botox merupakan protein murni yang berasal dari bakteri Clostridium botulinium. Proses botox bukanlah proses surgical melainkan non-surgical –tidak melalui pembedahan. Botox merupakan bentuk perawatan yang secara temporal mengurangi kerutan baik yang ringan hingga berat, khususnya bagi mereka yang berusia 18 hingga 65 tahun. Injeksi botox dalam jumlah sedikit ke otot, akan memblokir sel saraf yang menginstruksikan otot untuk berkontraksi. Dengan intrusksi tersebut, secara temporal akan melemahkan otot wajah, menghapus garis-garis wajah yang tidak dikehendaki dan menghaluskan serta mengeliminasi kerutan dari wajah selama beberapa bulan.

Banyak orang masih awam tentang botox, dan berpersepsi buruk pada orang-orang yang melakukan suntik botox. Berikut ini bahasan mengenai mitos botox dan fakta sebenarnya.

Mitos 1 : Botox = Sakit

Banyak orang beranggapan bahwa melakukan suntik botox itu sakit dan menyiksa. Yang perlu Anda ketahui, proses botox meliputi penginjeksian atau penyuntikan pada beberapa area wajah. Dan tidak memerlukan obat bius. Botox dilakukan oleh tenaga profesional, seorang dokter yang menangani proses ini biasanya menggunakan cream atau ice pack agar pasiennya merasa nyaman. Sebelum Anda melakukan botox, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, tentang ketakutan Anda pada jarum misalnya, karena mereka (red:dokter) akan memberikan penjelasan yang lebih mendalam untuk meredakan ketakutan Anda.

Mitos 2: Botox membuat wajah kaku tanpa ekspresi

Otot wajah memiliki keseimbangan satu sama lain. Apabila botox diinjeksikan dalam jumlah yang berlebihan, maka akan menyebabkan otot wajah untuk berekspresi menjadi inaktif –yang berarti mitos benar. Namun, apabila keseimbangan otot-otot yang mengatur ekspresi wajah masih terjaga keseimbangannya –dengan injeksi botox dosis ringan pada otot tertentu, Anda akan memperoleh kulit wajah yang halus dan bebas keripun tanpa harus takut wajah menjadi kaku tanpa ekspresi.

Mitos 3 : Siapapun dapat menangani proses botox

Botox tidak boleh dilakukan oleh sembarang orang, kecuali tenaga yang benar-benar ahli dan berpengalaman, termasuk ahli bedah dan dermatologist atau ahli kulit dengan latar belakang pendidikan yang sudah teruji serta memiliki perlengkapan medis untuk proses botox yang layak.

Mitos 4 : Berhenti melakukan botox akan membuat Anda berbeda dari sebelumnya

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, botox memiliki efek temporal bukan permanen. Efek dari botox hanya akan bertahan selama kurang lebih 4 bulan. Saat Anda tidak melakukan botox lebih dari 4 bulan, maka kondisi wajah akan kembali seperti semula –saat sebelum melakukan perawatan botox.

Mitos 5 : Botox tidak ditujukan untuk pria

Tidak ada aturan yang melarang seorang pria untuk melakukan botox. Menjaga keremajaan kulit bukan hanya kebutuhan wanita, pria pun penting untuk melakukannya, terutama mereka yang bekerja di lingkungan profesional. Untuk saat ini, pria berkontribusi 10% dari total kesuluruhan perawatan botox, dan jumlah tersebut terus meningkat.


Mitos 6 : Keracunan Akibat Botox


Untuk kepentingan kosmetik, dalam sekali perawatan seorang pasien normalnya menerima dosis 20-70 unit botox. Dalam jangka waktu panjang, tubuh akan secara alami kebal terhadap botox. Inilah kenapa botox memiliki efek sementara atau temporal. Penggunaan botox dengan dosis tinggi akan sangat membahayakan. Dosis penggunaan botox yang dapat mematikan yakni 2800 unit. Untuk masalah keriput dan garis wajah dosis botox yang digunakan adalah 100 unit.

Mitos 7 : Botox adalah racun dan berbahaya penggunaannya dalam kosmetik

Pernyataan tentang mitos diatas adalah tidak benar. Faktanya, botox termasuk resep medis. Botox juga merupakan obat yang paling banyak diteliti di dunia dan jutaan orang telah menggunakannya. Namun, penggunaan botox harus dikontrol oleh spesialis. Dalam jumlah micro, racun botulinum tipe A akan memberikan dampak yang baik khususnya bagi wajah, masseter hypertrophy, hyperhidrosis, dan lain lain. Dalam satu botol botox telah dibersihkan dari racun, sehingga tidak berbahaya.

Mitos 8 : Botox memiliki efek samping yang serius

Dari sekian banyak penelitian yang telah dilakukan tentang botok, botox telah terbukti aman dan diterima untuk pengobatan medis dan penggunaan dalam kosmetik. Khususnya untuk perawatan wajah, efek samping dari botok bisa dibilang sangat minimal –disamping bekas suntikan. Bekas suntikan biasanya akan menimbulkan bekas, pada area yang diinjeksi, namun akan segera kembali seperti semula. Apabila Anda ingin menggunakan botox untuk pengobatan, konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu, tentang manfaat dan resikonya, sehingga Anda tidak menerima informasi yang salah.

Note : Bagi Anda yang sedang hamil atau menyusui sebaiknya tidak menggunakan botox.

Mitos 9: Botox dapat menyebabkan botulism (keracunan makanan)

Botox terbuat dari protein yang dimurnikan. Bagian yang berbahaya telah dihilangkan dalam proses pemurnian, dan yang tersisa adalah kandungan proteinnya. Dan juga, botox tidak akan menyebabkan keracunan atau botulism apabila digunakan sesuai dosis yang direkomendasikan.

Mitos 10: Perawatan botox hanya dapat dilakukan satu kali

Perawatan botox dapt dilakukan selama tubuh Anda masih memberikan respon. Pada kebanyakan kasus, setiap treatment atau perawatan botox dapat bertahan hingga 3-4 bulan. Seperti yang disebutkan sebelumnya, dalam jangka panjang tubuh akan kebal, dan respon terhadap akan berkurang, sehingga manfaatnya akan berkerja tidak efektif. Namun, dokter akan melakukan 3 hal untuk menjaga respon tubuh Anda terhadap botox, yakni :
  • Memberikan dosis paling rendah misal dosis normal botox berkisar antara 20-70, untuk menjaga respon jangka panjang bagi tubuh Anda, maka Anda diberi dosis 20 unit.
  • Menentukan waktu yang tepat sebelum melakukan injeksi kembali.
  • Dokter akan menyarankan Anda untuk berhenti melakukan botox apabila terjasi alergi serius atau efek samping serius lainnya.

Mitos 11 : Botox hanya digunakan untuk kepentingan kosmetik.

Disamping untuk menghaluskan kulit dan menghilangkan kerutan, botox memiliki fungsi lain khususnya medis. The Food and Drud Administration [FDA], USA telah menyetujui penggunaan botox untuk :
  • Cervical dystonia [CD]— sakit leher dan kejang
  • Blepharospasm, atau eyelid spasms
  • Strabismus
  • Keringat berlebihan

Mitos 12: Banyak krim yang bekerjaa lebih baik daripada botox

Krim yang beredar dipasaran dengan embel-embel untuk menghaluskan kerutan dan garis pada wajah, hanya bekerja di luar. Lain dengan botox, botox menyerap ke dalam kulit dan bekerja hingga ke otot wajah yang notabene menyebabkan terbentukan garis wajah. Botox mencegah kontraksi pada otot, sehingga menyebabkan otot dalam kondisi relax atau relaksasi yang menyebabkan kulit tampak halus dan menghilangkan garis wajah.
sumber mitos
READ MORE - Selengkapnya

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails