Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Mengenal Penyakit Kista Pada Wanita


Umumnya, adanya kista tidak disadari oleh penderitanya dan menghilang sebelum wanita mengetahui adanya kista tersebut. Meski demikian, beberapa wanita mengeluhkan adanya nyeri didaerah perut atau perut bagian bawah. Rasa nyeri dapat timbul jika kista mengalami ruptur atau pecah, akibat membesarnya kista dan peregangan jaringan disekitarnya, perdarahan di dalam kista, atau karena terpuntirnya kista yang mengganggu pembuluh darah disekitarnya. Kista yang berukuran besar dapat menimbulkan oenekanan atau pergeseran organ di sekitarnya.

Gejalanya dapat berupa cepat kenyang, kembung, dan sering merasa ingin buang air besar, atau kesulitan BAB, atau nyeri saat berhubungan seksual. 

Karena tidak sering timbul gejala penyakit kista, kista umumnya baru diketahui saat pasien menjalani pemeriksaan ultrasonografi (USG), atau pemeriksaan di daerah perut bagian bawah. Pada wanita berusia kurang dari 40 taun, kista biasanya berupa kista folikuler atau kista korpus luteum yang tidak berbahaya. Kista jenis ini biasanya akan menghilang dengan sendirinya dalam beberapa bulan.

Meski demikian, pada wanita yang menggunakan pil KB, seharusnya tidak akan mengalami kista jenis ini, untuk itu, wanita yang emminum pil KB namun memiliki kista sebaiknya menjalani pemeriksaan lanjutan. Pemeriksaan lanjutan juga diperlukan untuk kista yang berbentuk padat. Pemeriksaan yang dilakukan biasanya adalah pemeriksaan darah untuk mencari suatu protein bernama CA-125. Kadar zat ini dapat meningkat jika kista diduga ganas, meski pemeriksaan ini tidak selalu akurat dan spesifik untuk keganasan.

Pada kasus kista yang jinak, dilakukan observasi dalam beberapa bulan untuk melihat apakah kista menghilang dengan sendirinya. Jika kista tampak padat, dilakukan pemeriksaan tambahan.

Kista yang berbentuk tumor dapat dikeluarkan melalui tindakan pembedahan terutama jika menimbulkan nyeri berat, tidak menghilang atau ada kecurigaan keganasan. Setelah dikeluarkan, jaringan kista diperiksa menggunakan mikroskop untuk menentukan jenis kista
READ MORE - Selengkapnya

Bahayakah Jerawat Pada Kemaluan Pria?

Bagi sebahagian pria, punya jerawat terkadang memalukan, apalagi munculnya bukan cuma di wajah tetapi juga di kemaluan.

Jerawat pada kemaluan pria ada banyak pemicunya, sebagian berbahaya dan sebagian lagi dianggap normal. Bagaimana membedakannya?

Benjolan seperti jerawat yang muncul dikemaluan sangat beragam. Bisa saja benjolan tersebut adalah abses biasa atau bisa juga kista kulit atau virus. Perlu diperhatikan lebih jauh seperti apakah benjolan tersebut sakit? apa semakin bertambah besar atau menyebar dan bertambah banyak? Sejak kapan munculnya? Apakah menyebabkan gangguan gerak? Apakah berdampak gatal?

Jerawat atau bintil-bintil kecil di daerah kemaluan pria maupun buah zakar banyak ditemukan di usia remaja.

Penelitian menunjukkan, 8 dari 10 remaja pria pernah memiliki jerawat di bagian tersebut dan akan hilang dengan sendirinya saat dewasa.

Bintil berukuran rata-rata 1-2 mm itu sepintas memang mirip jerawat, namun tidak selalu jerawat sungguhan.

Kebanyakan merupakan kelenjar kecil yang membengkak dan bisa ditemukan di sekitar batas antara kepala dan batang kemaluan, pangkal kemaluan dan kantong buah zakar.

Aktivitas seksual seperti berhubungan seks dan masturbasi juga bisa memicu tumbuhnya bintil-bintil kecil,khususnya di sekitar batas antara kepala dan batang kemaluan. Bintil yang sifatnya hanya sementara ini merupakan lymphocele yang membengkak karena terjadi penyumbatan kanal limfatik.

Meski pada umumnya hilang saat tumbuh dewasa, beberapa pria masih memiliki bintil-bintil permanen hingga usia 40 tahun. Baik pada pria remaja maupun dewasa, bintil-bintil mirip jerawat yang normal dan yang berbahaya bisa dibedakan dari ciri-ciri sebagai berikut.

1. Bintil Kulit Ayam.
Disebut bintil kulit ayam karena membuat kulit di area kemaluan, terutama di bagian pangkal dan kantung buah zakar mirip kulit ayam setelah direbus dan dicabuti bulunya. Bintil ini umumnya tidak berbahaya.

2. Kista Sebasea.
Bentuknya mirip jerawat berwarna kekuningan, jumlahnya bisa mencapai belasan di satu area. Bintil ini adalah pembengkakan kelenjar yang umumnya normal, kalaupun infeksi masih mudah diobati.

3. Angiokeratoma Buah Zakar.
Bentuknya kecil, merah menyala dan gatal, kadang lecet karena digaruk tetapi sama sekali tidak berbahaya.
Sementara bintil jerawat pada kemaluan pria yang dikatakan tidak normal dan harus diperiksakan ke dokter adalah sebagai berikut.

1. Kutil Kelamin.
Kecil, warna daging atau abu-abu dan biasanya berkumpul membentuk kembang kol. Gatal dan kadang berdarah kalau terkena gesekan.

2. Varikokel (Varises di Kemaluan).
Kadang gejalanya tidak tampak, tetapi yang jelas akan memicu rasa tidak nyaman terutama kalau duduk, berdiri atau mengejan.

3. Benjolan Kista atau Tumor.
Kista maupun kanker testis relatif langka, tetapi ada baiknya diwaspadai. Periksakan ke dokter jika ada benjolan tidak wajar yang keras dan berbeda dari bintil-bintil sebelumnya.

Pada umumnya, penyebab masalah kulit didaerah kelamin disebabkan karena faktor kebersihan dan kondisi letak yang lembab karena selalu tertutup pakaian.

Oleh karena itu, untuk mengatasi jerawat di kemaluan lakukan perbaikan dasar seperti membersihkan kelamin setelah BAK, melakukan penggantian celana dalam setelah beraktifitas dan berkeringat, dimana hal tersebut diupayakan agar kondisi kulit didaerah tersebut tetap terjaga tingkat kekeringannya. Semoga bermanfaat.
READ MORE - Selengkapnya

Cara mencegah kanker payudara.

Cara mencegah kanker payudara.

Adapun cara-cara untuk mencegah kanker payudara sebagai berikut :

  • Hindari penggunaan BH yang terlalu ketat dalam waktu lama.
  • Hindari banyak merokok dan mengkonsumsi alkohol.
  • Lakukan pemeriksaan payudara sendiri, setiap bulan.
  • Hindari terlalu banyak terkena sinar-x atau jenis-jenis radiasi lainnya.
  • Jaga kesehatan dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran segar. Sebaiknya sering mengkonsumsi kedelai serta produk olahannya, seperti tahu, tempe, dan susu kacang kedelai, sebab kedelai mengandung phyto estrogen, yaitu genistein, yang bermanfaat untuk mengurangi resiko terjadinya kanker payudara.
  • Lakukan olahraga secara teratur.
  • Hindari terlampau banyak makan makanan berlemak tinggi.
  • Atasi stress dengan baik,misalnya lewat relaksasi dan meditasi.
  • Makanlah lalap kunir puti (temu mangga) lebih kurang dua ruas jari setiap hari.
  • Itulah beberapa tips mencegah kanker payudara yang bisa anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Ingat, kanker payudara tidak hanya menyerang wanita, tapi juga bisa terjadi pada pria. Semoga bermanfaat.
READ MORE - Selengkapnya

PENGOBATAN ALAMI UNTUK PUNYA ANAK CARA TRADISIONAL

Mempunyai anak atau keturunan merupakan keinginan dari pasangan yang telah menikah. Namun tidak semua pasangan mudah mendapatkan keturunan. Kesulitan mempunyai anak bisa berasal dari wanita, pria, atau kedua-duanya. Untuk kepastiannya perlu pemeriksaan ke dokter ahli dengan ditunjang pemeriksaan laboratorium.

Pada kesempatan kali ini, blog tips kesehatan akan membagikan tips / obat tradisional untuk anda yang sulit mempunyai keturunan (bukan cara punya anak ya!).

Berikut obat untuk cepat punya anak yang saya maksud:

Bahan:
  • Tanaman Baru Cina (10-30 gram)
  • Air (4 gelas sedang)
  • Pemakaian:
  • Rebus tanaman Baru Cina dalam 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Setelah dingin, minum ramuan tersebut 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.
Semoga, obat untuk yang susah punya keturunan tersebut bisa bermanfaat bagi anda yang memang sudah mendambakan seorang anak.

Tambahan:

tanaman baru cina

Baru Cina

Nama Ilmiah:
Artemisia vulgaris

Nama Daerah:
Melayu: Baru cina
Sunda: Beungkar kucicing
Jawa Tengah: Suket gajahan
Halmahera: Kolo
Ternate: Goro-goro cina

Ciri-ciri:
  • Habitus: Semak, menahun, tinggi 30-90 cm Batang Berkayu, bulat, bercabang, putih kotor
  • Daun: Tunggal, tersebar, berbagi menyirip, berbulu, panjang 8-12 cm, lebar 6-8 cm, pertulangan menyirip, permukaan daun atas hijau, permukaan bawah keputih-putihan
  • Bunga: Majemuk, bentuk malai, di ketiak dan di ujung batang, daun kelopak lima, hijau, benang sari kuning, kepala putik bercabang dua, ungu, coklat
  • Buah: Kotak, bentuk jarum, kecil, coklat
  • Biji: Kecil, coklat
  • Akar: Tunggang, kuning kecoklatan


Kandungan Kimia:
Daun baru cina mengandung saponin, flavonoida dan polifenol, di samping minyak atsiri.
READ MORE - Selengkapnya

Sakit Radang Usus Buntu Dan Gejalanya


Orang selalu mengatakan sakit perut di kanan bawah bisa menjadi tanda radang usus buntu. Memang, usus buntu ditandai dengan nyeri di dekat pusat atau perut bagian atas atau bagian bawah. Kemudian rasa sakit itu semakin tajam ketika bergerak ke perut kanan bawah.

"Ini biasanya tanda awal, tapi itu hanya terjadi pada separuh kasus radang usus buntu," begitu tulis George Krucik, MD, MBA, dari University of Manitoba, Canada, seperti dikutip healthline, Jumat (29/11/2013).

Apendisitis (radang usus buntu) terjadi ketika usus buntu, kantong yang terletak di perut kanan bawah dan melekat pada awal usus besar meradang dan mengembangkan infeksi .

Berikut beberapa gejala klasik penyakit usus buntu:
  • Kehilangan nafsu makan
  • Mual atau muntah setelah sakit perut
  • Pembengkakan perut
  • Demam dan menggigil
  • Sembelit atau diare dengan gas
  • Sulit buang gas.
  • Menurut Mayo Clinic, gejala usus buntu biasanya meningkat sekitar 12 sampai 18 jam setelah infeksi. Rasa sakit secara bertahap akan meningkat dengan memburuknya radang.
Krucik menjelaskan, jika Anda mengalami gejala seperti di atas, segera menghubungi dokter. Jangan menunggu hingga Anda menjadi lebih baik.

"Jangan makan, minum, atau menggunakan obat nyeri, antisida, obat pencahar, atau bantalan pemanas, yang bisa menyebabkan usus buntu meradang," ujarnya.

Menurut National Digestive Diseases Information Clearinghouse (NDDIC), sebuah layanan dari National Institutes of Health (NIH), usus buntu merupakan penyebab operasi perut darurat dibandingkan kondisi medis lainnya.

Pengobatan untuk usus buntu bervariasi. Dalam kasus yang jarang terjadi , usus buntu bisa sembuh tanpa operasi . Pengobatan mungkin hanya melibatkan antibiotik dan makanan cair. Sedangkan banyak kasus membutuhkan operasi.
READ MORE - Selengkapnya

OBAT JERAWAT TRADISIONAL ALAMI YANG AMPUH

Jerawat memang bukaan penyakit mematikan seperti penyakit jantung atau kanker. Tapi, jerawat adalah penyakit paling menyebalkan yang pernah ada. Bagaimana tidak, kulit wajah kita yang tadinya halus mulus dan cantik tiba-tiba menjadi suram akibat adanya jerawat yang muncul.

Kita sudah mengeluarkan biaya besar untuk perawatan wajah dan tiba-tiba saja jerawat muncul begitu saja menodai. Dan menjadi sangat menyebalkan karena susah dihilangkan.

Saya percaya anda sudah mencoba berbagai macam produk untuk mengobati jerawat, mulai dari yang murahan sampai yang mahalan. Namun hasilnya nihil, malah jerawat semakin banyak. Saya juga yakin anda sudah melakukan berbagai masukkan yang disarankan oleh teman-teman anda untuk membasmi jerawat. Namun tidak ada hasil, jerawat seperti berkembang biak.

Obat Jerawat Alami


Nah, disini saya akan memberikan Anda solusi terbaik untuk menghilangkan jerawat, yaitu menggunakan obat jerawat tradisional dari bahan-bahan alami yang tentunya aman.

Putih Telur
Putih telur mengandung banyak protein, maka dapat digunakan sebagai masker untuk mencerahkan kulit wajahmu. Ambil satu butir telur, lalu pisahkan kuning dengan putihnya. Sisihkan kuningnya, kocoklah putih telur, lalu oleskan ke seluruh wajah. Diamkan selama 15 menit dan bilaslah.

Lidah Buaya Lidah buaya biasanya digunakan untuk menghilangkan luka bakar, tetapi dapat juga dipakai untuk mengatasi luka bekas jerawat di wajah. Oleskan getah aloe vera pada bekas luka dan gunakan sehari sekali sampai bekas luka menghilang.
Madu Stroberi
Campur setengah cangkir buah stroberi dengan satu putih telur, dan dua sendok teh madu. Bubuhkan campuran masker tadi ke wajah Anda, namun jangan sampai kena daerah sekitar mata. Biarkan masker mengering, sampai kira-kira 10 hingga 20 menit. Anda akan merasa masker mengencang di wajah Anda ketika mengering. Setelah itu, bilas wajah Anda dengan air dingin atau hangat-hangat kuku untuk membersihkan masker. Biarkan wajah mengering untuk hasil terbaik.

Jus Jeruk Nipis
Untuk membuat jus jeruk nipis, campurkan perasan jeruk nipis dengan air dingin dan minumlah setiap hari. Sementara itu, Anda juga dapat mengobati jerawat dengan mengaplikasikan jeruk nipis di wajah. Caranya, teteskan perasan jeruk nipis di atas kapas, lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama 10 hingga 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

Anda dapat merasakan efek kerja dari jeruk nipis ini saat kulit merasa sedikit perih. Bila kulit Anda sangat sensitif, campurkan sari jeruk nipis dengan sedikit air sebelum diberikan pada kapas.

Kayu Manis dan Madu
Obat jerawat alami yang bisa Anda pakai adalah bubuk kayu manis dan madu. Campur sedikit bubuk kayu manis dan madu secukupnya, aduk-aduk hingga rata. Oleskan hanya pada bagian yang berjerawat. Masker ini akan membantu mengatasi radang pada jerawat dan membuat jerawat segera kempes. Bilas bekas keesokan paginya.

Bilas Dengan Air Lemon
Saat membersihkan wajah, Anda bisa membilas wajah berjerawat dengan perasan air lemon. Kemudian bilas lagi dengan air bersih. Perasan lemon akan mengurangi minyak pada kulit wajah.

Kunyit
Selain sering digunakan sebagai bumbu masak, ternyata kunyit bisa juga digunakan sebagai obat jerawat. Caranya, sediakan kunyit bubuk, susu cair dan jeruk lemon, peras ambil airnya. Campur semua bahan menjadi satu dan berbentuk pasta, lalu oleskan di bagian kulit yang berjerawat. Tunggu hingga 15 menit, bilas dengan air bersih.

Obat Jerawat Tradisional


Selain dengan cara alami diatas, anda juga bisa menggunakan cara tradisional berikut ini untuk menyembuhkan jerawat:

Kompres Dengan Es Batu
Daripada dipencet, bungkus sebuah es batu dalam kain bersih. Tempelkan pada daerah berjerawat selama 30 detik. Baru oleskan obat jerawat yang biasa Anda pakai. Es batu akan mengecilkan pori dan menyerap minyak berlebih.

Baking Soda
Cukup ambil 1 sdm baking soda, lalu campur dengan air secukupnya sampai berbentuk pasta. Usapkan dengan lembut pada kulit wajah selama 10-15 detik, lalu bilas sampai bersih. Baking soda akan mengangkat kulit mati dari jerawat yang sudah kering. Wajahmu pun akan terlihat lebih bersih dan bersinar.

Oatmeal
Oatmeal dapat menyerap minyak dengan baik dan juga dapat membersihkan jerawat di wajah. Masak oatmeal seperti biasa, lalu dinginkan. Aplikasikan oatmeal ke wajah sebagai masker, diamkan selama 10 menit, lalu bilas hingga bersih, dan tepuk-tepuk perlahan dengan handuk untuk mengeringkannya.

Salah satu kunci untuk mengobati jerawat adalah rutin dan sabar. Kebanyakan orang menginginkan hasil instan dengan hanya melakukan satu kali pengobatan dan jerawat hilang selamanya. Itu adalah cara berfikir yang konyol dan kekanak-kanakan. Pastikan anda rutin dalam merawat wajah dan menggunakan obat jerawat.
READ MORE - Selengkapnya

OBAT SAKIT GIGI TRADISIONAL ALAMI


Sakit gigi merupakan satu dari beberapa penyakit paling terkenal dan paling menyiksa. Rasa sakit akibat sakit gigi begitu nyata, gigi seakan terasa berdenyut, kadang ditambah sakit kepala dan demam, kemudian para penderita sakit gigi menjadi sangat sensitif terhadap suara bising dan mudah marah. Sakit gigi hanya bisa ditandingi oleh sakit hati. Rasanya ingin dicopot saja itu gigi yang sakit biar ga pernah sakit-sakit lagi.

Penyebab sakit gigi bisa beberapa hal, diantaranya gigi berlubang, retak, terkikis, kebanyakan makan permen karet, atau bahkan gusi yang terinfeksi. Nah, berikut ini beberapa ramuan tradisional untuk mengobati sakit gigi

Bawang putih

Berdasarkan buku Jude’s Herbal Home Remedies yang ditulis oleh Jude C. Todd, bawang putih dapat menyembuhkan sakit gigi atau gigi berlubang karena mengandung senyawa antiseptik. Ambil satu siung bawang putih dan letakkan di gigi. Lakukan selama 5 menit, kemudian keluarkan bawang putih dan bilas mulut dengan air hangat.

Daun Cengkeh

Cengkeh merupakan rempah yang menjadi bahan dalam pembuatan rokok. Namun, daun cengkeh ternyata memiliki khasiat untuk mengobati sakit gigi. Caranya, cuci beberapa helai daun cengkih, seduh dengan air mendidih, kemudian dilumatkan. Peras dengan kain. Basahi kapas dengan cairannya, jejalkan ke lubang gigi yang sakit.

Minyak cengkih

Sebuah penelitian pada Journal of Dentistry tahun 2006 menemukan, minyak cengkih juga bisa meringankan sakit gigi.

Berikan 2 – 3 tetes minyak cengkih ke kapas kemudian gosokkan pada gigi. Jika menggunakan cengkih, basahi dulu dengan air liur atau kunyah-kunyah sebelum dimasukkan pada gigi.

Teh Hangat


Dalam buku Prescription for Herbal Healing yang ditulis oleh Phyllis A. Balch, dikatakan teh dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi. Teh panas membantu menghilangkan bakteri di mulut dan mengurangi rasa sakit sementara. Tempatkan kantong teh pada gusi untuk membantu menghentikan peradangan. Sebaiknya jangan dicampur gula dalam teh hangat.

Cabe rawit

Kecil-kecil cabe rawit adalah ungkapan untuk menggambarkan sesuatu yang kecil namun memiliki banyak kelebihan. Dalam hal mengatasi sakit gigi, ini bukan sekedar ungkapan. Cabe rawit mengandung senyawa capsaicin yang berfungsi sebagai pereda rasa sakit. Larutkan cabe ke dalam air panas, celupkan kapas, peras sedikit dan letakkan di gigi.

Getah Jarak

Tanaman jarak memang memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia. Selain minyak buah jarak yang sekarang sedang diupayakan sebagai bahan bakar alternatif, getah dari pohon jarak ini ternyata berkhasiat mengobati sakit gigi berlubang. Caranya gampang, hanya dengan meneteskan getah jarak pada gigi yang berlubang. Atau bisa juga dengan mengambil getah jarak menggunakan kapas, kemudian masukkan kapas pada gigi yang berlubang.
Akar Kangkung

Siapa sangka sayuran yang bisa bikin ngantuk jika dikonsumsi terlalu banyak ini bisa juga dijadikan sebagai obat untuk mengatasi sakit gigi. Caranya: Sediakan segenggam akar kangkung, 1/2 sdt cuka, direbus dengan 1 gelas air. Gunakan air rebusannya untuk berkumur.

Akar Meniran

Selama ini kita mengenal meniran sebagai tanaman herbal untuk mengobati penyakit ginjal, gangguan saluran kencing, hepatitis dan disentri. Namun ternyata akar meniran juga berkhasiat untuk mengobati gigi yang sakit. Caranya: Cuci bersih akar meniran, lalu kunyah-kunyah pada gigi yang sakit.

Sereh

Sereh (bukan sirih) dikenal juga dengan nama serai. Biasa digunakan sebagai bumbu dapur terutama untuk pepes agar menambah aroma. Caranya: Rebus 40 g sereh segar dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Gunakan ramuan ini untuk berkumur.

Es batu

Menggunakan es batu dikenal untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan pada gigi dan gusi. Masukkan es batu dalam kantong kain atau ke area sakit dan biarkan selama 5 – 10 menit. Lakukan ini sebanyak 2 kali sehari, tapi bila kondisi tidak membaik, segera hubungi dokter.

Untuk mencegah sakit gigi kambuh, rajin-rajinlah menjaga kesehatan gigi. Ingat, sakit gigi hanya bisa ditandingi oleh sakit hati.
READ MORE - Selengkapnya

OBAT RADANG TENGGOROKAN ALAMI AMPUH

 
Rasa sakit pada tenggorokan merupakan gejala adanya penyakit pada saluran pernapasan. Salah satunya adalah penyakit radang tenggorokan. Mungkin banyak yang menganggap bahwa ini adalah penyakit sepele. Namun jika terus dibiarkan akan berakibat fatal.

Secara medis, radang tenggorokan adalah suatu kondisi ketika tenggorokan terinfeksi bakteri. Kondisi ini menyebabkan tenggorokan mengalami iritasi, peradangan, suara serak, batuk, gatal dan terasa sakit saat menelan.

Penyebab Radang Tenggorokan

Bakteri Streptococcus Pyogenes yang dikenal juga sebagai kelompok streptokokus A, merupakan penyebab umum dari penyakit radang tenggorokan. Jenis bakteri ini sangat menular dan dapat menyebar melalui udara ketika Anda batuk dan bersin. Selain itu, bakteri ini juga dapat menyebar melalui makanan, minuman, atau barang-barang yang sudah terinfeksi oleh jenis bakteri ini.

Gejala Radang Tenggorokan

Tanda-tanda umum yang muncul ketika seseorang mengalami radang tenggorokan, antara lain sebagai berikut:

  • Tenggorokan terasa sakit
  • Amandel membengkak dan berwarna merah. Terkadang ada bercak putih dan lapisan nanah pada amandel
  • Ada bintik-bintik merah kecil di bagian belakang atap mulut
  • Kesulitan menelan, bahkan air liur sekalipun
  • Kelenjar getah bening pada leher membengkak
  • Demam tinggi, biasanya lebih dari 38,3 derajat Celcius (101 derajat Fahrenheit)
  • Sakit kepala
  • Ruam
  • Badan terasa lelah
  • Nyeri atau bengkak pada sendi
  • Perut terasa sakit dan terkadang disertai dengan muntah
  • Itu merupakan gejala paling umum terjadi pada penderita radang tenggorokan. Tapi bisa saja gejala tersebut merupakan pertanda dari penyakit lain.

Cara Mengobati Radang Tenggorokan
Berikut ini bahan-bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai obat radang tenggorokan tradisional:

1. Teh jahe
Anda bisa menambahkan satu inci potong jahe yang dimemarkan kemudian rebus selama dua hingga menit. Lalu, campur dengan teh yang telah Anda buat sebelumnya.

2. Teh chamomile
Teh chamomile hangat juga dapat mengurangi sakit tenggorokan karena bisa mengatasi peradangan. Seduh dua kantung teh chamomile dengan satu cangkir air mendidih. Jika ingin mendapat rasa manis, Anda bisa menambahkan madu.

3. Kumur dengan campuran kunyit, air, dan garam
Ini adalah obat rumahan yang sangat efektif untuk menghilangkan rasa sakit pada tenggorokan. Ditambah lagi, bahan-bahan yang diperlukan pasti selalu tersedia di dapur Anda. Campurkan satu sdt garam dan sejumput kunyit dengan 200 ml air hangat kemudian berkumurlah beberapa kali sehari.

4. Daun Kemangi
Rebus daun kemangi dan minumlah air rebusannya. Atau cukup berkumur dengan air rebusan kemangi akan membuat sakit tenggorokan Anda membaik.

5. Madu dan lemon
Minumlah secangkir air hangat yang dicampur dengan satu sdm lemon dan satu sdm madu. Campuran ini dikenal sebagai obat ampuh untuk atasi sakit tenggorokan. Jika tidak ada lemon, satu sdm madu tanpa tambahan air juga bisa mengurangi sakit tenggorokan karena madu adalah antibiotik alami. Tapi sebaiknya madu tidak diberikan pada anak-anak di bawah usia dua tahun.

6. Menghirup uap panas
Obat kuno untuk mengatasi sakit tenggorokan adalah menghirup uap. Taruh air panas dalam panci lalu letakkan di depan Anda. Pakailah handuk di kepala untuk mencegah uap menyebar. Hirup uap dari panci tak hanya melalui hidung tapi sesekali juga melalui mulut.

7. Konsumsi Sup
Saat tenggorokan sakit, biasanya kita akan sulit makan dan menelan. Oleh karena itu, cobalah mengkonsumsi sup misalnya sup ayam yang hangat dengan rasa sedikit agak asam. Itu tidak hanya meringankan rasa sakit tapi juga memastikan Anda mendapat nutrisi untuk melawan peradangan.

8. Minum jus lemon tanpa gula
Campurkan 2 sendok makan jus lemon (dari perasan 1/2 lemon) ke dalam segelas air hangat. Jangan tambahkan gula. Minumlah 2-3 kali sehari dalam keadan perut kosong (sekitar 30-60 menit sebelum makan).

9. Makan bawang putih
Bawang putih mengandung senyawa bernama allicin yang merupakan agen pembunuh bakteri. Jadi cobalah mengunyah bawang putih agar mengeluarkan senyawa allicin demi mengatasi radang tenggorokan.

10. Jus buah belimbing
Buah belimbing ternyata memiliki khasiat sebagai anti-radang yang bisa digunakan untuk mengobati radang tenggorokan. Caranya ambil 100 gram buah belimbing manis, lalu dibuat jus dan diminum.

Beberapa hal yang perlu Anda lakukan jika terserang radang tenggorokan adalah istirahat yang cukup, banyak minum air putih agar kelembaban tetap terjaga dan hindari rokok. Semoga bermanfaat.
READ MORE - Selengkapnya

OBAT TRADISIONAL ALAMI ALERGI KULIT

Alergi sejatinya bukan merupakan sebuah penyakit, melainkan reaksi tidak menyenangkan terhadap benda asing atau rangsangan. Gejala alergi sifatnya khas untuk bahan tertentu berbeda dari reaksi normal dan khas untuk individu yang bersangkutan.

Reaksi alergi tidak sebatas pada benda-benda tertentu, namun juga pada beberapa jenis makanan. Benda-benda yang sering menjadi penyebab alergi diantaranya bulu, perhiasan imitasi, selimut dan peralatan tidur yang jarang dibersihkan, dll.

Beberapa jenis makanan untuk bisa memicu alergi, diantaranya udang, telur, susu dan masih banyak lagi. Bagi Anda yang alergi terhadap jenis makanan tertentu harus berhati-hati saat menyantap makanan terutama yang dibeli dari luar karena bisa saja mengandung bahan makanan tersebut.

Obat Alergi Tradisional
Nah, sekarang kita akan membahas tentang cara bagaimana mengobati alergi secara tradisional menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan.

Daun Kelor

Selain memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan, daun kelor juga bisa digunakan untuk mengobati alergi. Caranya, sediakan 30 gram daun kelor, 1 siung bawang merah, 5gram ada, 5gram pulosari, dan 3 gelas air. Semua bahan direbus dalam 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas, kemudian disaring. Minum airnya dua kali sehari tiap pagi dan sore masing-masing satu gelas.

Daun Komfrey

Bahan: Daun komfrey segar sebanyak 4 lembar, garam secukupnya dan 4 gelas air bersih.
Cara pengobatan:

  • Cara pertama: Lemaskan daun komfrey dengan garam lalu dicuci. Makan dua kali sehari sebagai lalapan.
  • Cara kedua: Daun komfrey diblender dan dibuat jus, lalu diminum untuk 2 kali sehari.
  • Cara ketiga: Rebus daun komfrey dalam 4 gelas air sampai tersisa 3 gelas. Kemudian airnya diminum tiga kali sehari masing-masing satu gelas tiap kali minum.

Cara Mengobati Kulit Gatal Karena Alergi

Salah satu reaksi alergi yang paling umum adalah munculnya Urtikaria, bentol yang berwarna merah pada kulit dan terasa gatal. Pada beberapa kasus keadaan ini menyebar dari mulai tangan leher hingga ke pipi.

Dan berikut ini ramuan tradisional untuk mengobati gatal di kulit akibat alergi.

Bahan: satu genggam daun kayu putih segar dan air sebanyak 3 gelas.
Cara pengobatan: Daun kayu putih dicuci bersih, kemudian direbus dengan tiga gelas air hingga mendidih. Sewaktu masih hangat, airnya digunakan untuk mencuci bagian kulit yang gatal.
READ MORE - Selengkapnya

MANFAAT DAUN SIRIH MERAH DAN HIJAU UNTUK KESEHATAN

Daun sirih ada beberapa macam jenisnya, yaitu daun sirih merah, sirih hijau dan sirih hitam. Namun yang populer di masyarakat adalah sirih merah dan sirih hijau. Ketiganya bisa dibedakan dari warna daunnya.
Daun sirih hijau banyak ditemukan merambat diantara pepohonan di daerah pedesaan dan lebih dulu digunakan sebagai tanaman herbal dibanding sirih merah. Sementara sirih merah sendiri bisa ditemukan di daerah hutan yang tidak terlalu lebat. Fungsinya lebih kepada dijadikan tanaman hias karena warnanya yang cukup bagus. Namun seiring dengan perkembangan pengetahuan manusia, sirih merah mulai dilirik menjadi tanaman obat tradisional.

Beberapa kandungan yang terdapat pada minyak atsiri yang dihasilkan oleh daun sirih adalah minyak terbang (betiephenol), seskuiterpen, pati, diastase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, aktioksidasi dan fungisida, anti jamur.

Manfaat Daun Sirih Merah



Gambar Sirih Merah
Selain bersifat antiseptic, sirih merah juga bisa dipakai untuk mengobati penyakit diabetes, dengan meminum air rebusan sirih merah setiap hari akan menurunkan kadar gula darah sampai pada tingkat yang normal.

Selain itu tanaman sirih merah mempunyai manfaat menyembuhkan penyakit ambeien, keputihan dan bisa digunakan sebagai obat kumur, karena alkaloid di dalam sirih merah inilah yang berfungsi sebagai anti mikroba.

1. Mengatasi Keputihan

Khasiat daun sirih merah ini digunakan untuk mengurangi keputihan dan menjaga organ kewanitaan, karena salah satu khasiat dari daun sirih merah adalah sebagai antiseptic. Yaitu dengan merebus 7-10 lembar daun sirih merah, lalu menggunakan air rebusan untuk membilas organ kewanitaan.

2. Menghilangkan bau badan

Ambil daun sirih 2-3 lembar direndam dalam air panas 1/2gelas.ditambah satu sendok teh gula putih. Biarkan sampai air suam-suam kuku. Setelah sirihnya diambil,airnya diminum.

3. Menghilangkan Bau Mulut

Satu lembar daun sirih setelah dicuci bersih dikunyah-kunyah, ditahan bebearapa menit dalam mulut lalu diludahkan. Kerjakan hal itu 2-3 kali sehari. Cara lainnya rebus 5-6 lembar daun sirih dengan 2 gelas air sampai mendidih. Dinginkan dan saring dan setelah itu untuk kumur-kumur setiap pagi dan sore.

Kandungan dan Manfaat Sirih Hijau



Gambar Sirih Hijau
Menurut literatur, kandungan daun sirih hijau sangat banyak. Beberapa kandungan tersebut antara lain: minyak atsiri, fenil propana, estragol, kavicol, hidroksikavicol, kavibetol, caryophyllene, allylpyrokatekol, cyneole, cadinene, tanin, diastase, pati, terpennena, seskuiterpena, dan gula. Semua zat itu, menyebabkan sirih seperti ditakdirkan menjadi tanaman yang dapat menyehatkan manusia, karena kaya manfaat dan kegunaannya.

Berikut ini beberapa manfaat dan khasiat daun sirih hijau untuk kesehatan:

1. Cairan daun Sirih Hijau, bisa untuk obat semprot hama dan tidak mematikan tanaman. Penyakit dan kutu yang menyerang tanaman bisa sirna.

2. Bisa untuk mengobati gigi dan gusi bengkak. Caranya mudah, kunyah daun Sirih Hijau secukupnya. Atau berkumur dengan rebusan daun sirih ini. Sakit gigi dan gusi bengkak, berangsur-angsur akan hilang.

3. Daun Sirih Hijau, dipercaya bisa untuk mengobati keputihan. Rebus daunnya dengan porsi secukupnya. Bisa diminum, disamping itu airnya untuk membasuh vagina.

4. Bagi mereka yang terkena sariawan, daun Sirih Hijau, bisa dijadikan solusi yang baik. Kunyah daunnya atau kumur dengan rebusannya.

5. Bila secara rutin berkumur dengan rebusan Sirih Hijau, bau mulut tidak sedap pun akan hilang.

6. Sirih Hijau, daunnya juga dipercaya bisa untuk mengobati demam berdarah. Minum rebusan daunnya, bisa mematikan kuman penyebab demam berdarah. Atau oleskan gilingan daun Sirih Hijau ke tubuh, dibalurkan, nyamuk penyebab demam berdarah tidak berani menggigitnya.

7. Meminum air rebusan bisa memperlancar haid yang tidak teratur

8. Bisa untuk mengobati Asma

9. Mengobati radang tenggorokan

10. Air rebusannya dapat digunakan untuk membersihkan mata

11. Dapat menghilangkan bau ketiak

12. Mampu mengobati luka bakar. Caranya ambil daun Sirih Hijau, panaskan supaya layu, lalu tempelkan pada luka bakar.

13. Bila hidung keluar darah terus (mimisan), gulungan daun Sirih Hijau yang disumpalkan di hidung, bisa membuat darah yang keluar pun terhenti. Jadi bisa dijadikan obat mimisan.

14. Menghilangkan gatal-gatal di kulit. Caranya balurkan tumbukan daun Sirih Hijau, ke bagian tubuh yang gatal-gatal, niscaya gatalnya jadi reda atau bahkan hilang sama sekali.

15. Daun Sirih Hijau juga bisa untuk mengobati eksim, atau penyakit kulit lainnya.

16. Tanaman Sirih Hijau, ternyata bisa mengusir semut, nyamuk, lalat dan serangga lain. Di sekitar lokasi tanaman ini, semut dan serangga akan menyingkir.

Nah, jangan pernah ragu untuk menanam tanaman sirih di pekarangan rumah Anda. Karena selain bagus untuk dijadikan tanaman hias, daun sirih hijau dan sirih merah ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.
READ MORE - Selengkapnya

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails