Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

BUNGA ROSELA DAN MANFAATNYA

Manfaat dan kandungan bunga rosela.Rosela, rosella, asam paya, asam kumbang dan asam susur atau Hisbiscus sabdariffa, adalah spesies bunga yang berasal dari benua Afrika. Mulanya bunga yang juga cantik untuk dijadikan penghias halaman rumah itu diseduh sebagai minuman hangat di musim dingin dan minuman dingin di musim panas. Di negeri asalnya, 
Afrika, rosela dijadikan selai atau jeli. Itu diperoleh dari serat yang terkandung dalam kelopak rosela, sementara di Jamaika, dibuat salad buah yang dimakan mentah. 

Ada kalanya juga dimakan dengan kacang tumbuk atau direbus sebagai pengisi kue sesudah dimasak dengan gula. Di Mesir, rosela diminum dingin pada musim panas dan diminum panas saat musim dingin. Di Sudan, menjadi minuman keseharian dengan campuran garam, merica, dan tetes tebu. Minuman itu juga menghilangkan efek mabuk dan mencegah batuk. Tak jarang, rosela juga dimanfaatkan untuk diet, penderita batuk, atau diabetes gunakan gula rendah kalori seperti gula jagung. Selain itu, bubuk biji bunga rosela juga dapat dijadikan campuran minuman kopi.

KANDUNGAN KIMIA DAN NILAI GIZI

Selain mengandung vitamin C yang tinggi, kelopak bunga rosela juga mengandung vitamin A dan 18 jenis asam amino yang diperlukan tubuh. Salah satunya adalh arginin yang berperan dalam proses peremajaan sel tubuh. Disamping itu rosela juga mengandung protein, kalsium, dan unsur-unsur lain yang berguna bagi tubuh.

Kandungan senyawa kimia dalam kelopak bunga rosela.

  • Campuran asam sitrat dan malat 13%
  • Anthocyanin gossipetin (hydroxyflavone) 2%
  • Vitamin C 0,004-0,005%
  • protein
  • Berat segar 6,7%
  • Berat kering 7,9%
  • Kandungan asam lemak dalam biji rosela
  • Asam miristin 2,1%
  • Asam palmitin 35,2%
  • Asam palmitolik 2%
  • Asam stearat 3,4%
  • Asam oleat 34%
  • Asam linoleat 14,4%Kandungan sterol dalam minyak biji rosela
  • b- sitosterol 61,3%
  • kampasterol 15,5%
  • kolesterol 5,1%
  • ergosterol 3,2%


- Menurunkan Hipetensi
- Bersifat detoksifikasi (menetralkan racun)
- Menghambat tumbuhnya kanker
- Menurunkan kolestrol dalm darah
- Menurunkan kadar gula dalam darah pada penderita diabetus melitus
- Mencegah timbulnya batuk kronis
- Mencegah osteoporisis
- Menjaga stamina
- Mencegah stroke
- Mencegah panas dalam
- Melancarkan buang air besar
- Menurunkan penggumpalan lemak dihati
- Mengurangi migran/sakit kepala
- Mengandung Vitamin C dosis tinggi
- Melangsingkan tubuh
- Membantu pemulihan ketergantungan obat
- Menjaga kesehata hati
- Menghaluskan kulit
- dll

Cara Pemakaian :

Rebus 3-5 kelopak bunga rosela dalam 1 gelas/dapat juga diseduh dengan air mendidh, tambahkan gula secukupnya atau madu untuk lebih nikmatnya. Sajikan dalam keadaan hangat, bisa juga ditambah es batu, bisa digunakan sebagai sirup atau minuman kesehatan yang bisa diminum sehari-ha
READ MORE - Selengkapnya

MAKANAN YANG SEHAT SETELAH MELAHIRKAN



Pasca-persalinan ibu membutuhkan asupan makanan yang kaya zat besi karena telah kehilangan banyak darah saat melahirkan. Makanan kaya zat besi juga menyediakan kalsium yang cukup bagi ibu yang menyusui. Berikut adalah beberapa makanan yang dapat Anda konsumsi setelah melahirkan:

Jambu biji kaya akan zat besi seperti apel dan mudah dijumpai di negara-negara beriklim tropis, terutama Indonesia.

2. Susu 
Susu dan produk susu sangat penting untuk ibu yang menyusui karena dapat memberikan banyak protein dan kalsium yang dibutuhkan tubuh. Kedua nutrisi ini akan hilang dari tubuh seorang ibu saat mereka menyusui.

Buah-buahan yang dikeringkan kaya kolesterol baik, energi dan Vitamin E. Nutrisi ini banyak ditemukan pada kacang mete, kismis, kenari dan almond.

Kelentang adalah sayuran hijau (buah kelor) yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh, terutama untuk melawan infeksi

5. Telur 
Telur memberikan kombinasi sempurna dari lemak, protein dan kalsium yang diperlukan seorang wanita setelah melahirkan. Ini membantu menjaga tubuh ibu tetap kuat dan juga menjaga ketidakseimbangan hormon yang tepat dalam tubuh.

Bayam kaya akan besi, kalsium, vitamin K dan vitamin A. Semua nutrisi ini sangat baik untuk para ibu yang baru melahirkan.

Bit merah merupakan salah satu sayuran yang baik dikonsumsi pada periode postnatal. Sayuran ini sangat kaya akan zat besi dan beta-karoten yang dibutuhkan tubuh wanita.

Makanan yang mengandung biji-bijian seperti bubur gandum, beras merah maupun roti gandum merupakan sumber karbohidrat yang dapat membantu menurunkan kadar lemak dalam tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan sekitar 3 porsi biji-bijian dalam seharinya, maka total lemak dalam tubuhnya berkurang sekitar 3%.

9. Cuka Apel
Para peneliti mengungkapkan bahwa asam asetat yang bereaksi dengan enzim akan mengoksidasi lemak sehingga tak banyak lemak yang berakumulasi di dalam tubuh manusia. Makanya, Anda yang ingin berat tubuhnya tetap terkontrol pasca melahirkan sekalipun disarankan untuk mengonsumsi cuka apel ini secara konsisten.

10. Kacang
Para peneliti dari universitas top dunia, Harvard University AS, menemukan bahwa wanita yang makan kacang dua kali seminggu mengalami penurunan berat badan dibandingkan dengan wanita yang sama sekali tidak memakan kacang.

Mitos Keliru Tentang Makanan Pasca Melahirkan

Dalam masyarakat kita, kebiasaan menghindari jenis makanan tertentu selama masa nifas demi alasan penyembuhan masih tetap ditemukan, kendati sudah tinggal di kota besar dan berpendidikan tinggi. Bahkan, ada mitos yang dipercayai sebagai suatu kebenaran karena pengalaman orang lain. Misalnya, ketika seorang ibu nifas setelah makan telur lalu jahitannya gatal gatal dianggap telur adalah penyebab gatal pada luka jahitan. Padahal, memang sebelumnya ibu nifas tersebut alergi telur. 

Berikut ini adalah mitos yang sering saya dengar sebagai alasan para ibu nifas yang saya jumpai selama merawat mereka di ruang nifas, sekaligus saya berikan alasan kesehatan mengapa mitos tersebut tidak benar. 

1. Tak boleh makan ikan, telur dan daging supaya jahitan cepat sembuh

Pernyataan ini tidak benar. Pada ibu nifas, justru pemenuhan kebutuhan protein semakin meningkat untuk membantu penyembuhan luka baik pada dinding rahim maupun pada luka jalan lahir yang mengalami jahitan. Protein ini dibutuhkan sebagai zat pembangun yang membentuk jaringan otot tubuh dan mempercepat pulihnya kembali luka. 

Tanpa protein sebagai zat pembangun yang cukup, maka ibu nifas akan mengalami keterlambatan penyembuhan bahkan berpotensi infeksi bila daya tahan tubuh kurang akibat pantang makanan bergizi. Protein juga diperlukan untuk pembentukan ASI. Ibu nifas sebaiknya mengkonsumsi minimal telur, tahu, tempe dan daging atau ikan bila ada. Kecuali bila ibu nifas alergi dengan ikan laut tertentu atau alergi telur sejak sebelum hamil, maka sumber protein yang menyebabkan alergi tersebut dihindari. Bila memang alergi jenis protein tertentu misal ikan laut, Ibu nifas boleh mencari ganti sumber protein dari daging ternak dan unggas juga dari protein nabati seperti kacang kacangan. 

2. Tak boleh makan yang berkuah dan tak boleh banyak minum air putih 

Pernyataan ini juga keliru. Tubuh ibu nifas membutuhkan banyak cairan terutama mengganti cairan tubuh yang hilang baik saat mengalami perdarahan, keringat, untuk pembentukan ASI. Bila cairan tubuh ibu nifas tidak tercukupi, maka akan terjadi kekurangan cairan, mengalami panas dan produksi ASI sedikit. 

Sebaiknya ibu nifas minum air putih yang cukup kurang lebih 8 gelas sehari disertai dengan asupan susu maupun jus buah. Bila setiap selesai minum ibu nifas akan sering buang air kecil justru lebih baik. Tidak perlu khawatir jahitan pada daerah perineum (luka jahitan jalan lahir) akan basah dan tidak sembuh. Justru sebaliknya. Semakin sering dibersihkan terutama dengan sabun dan air lalu dikeringkan setiap buang air kecil, maka jahitan akan segera pulih. 

Perawatan luka pada jalan lahir berbeda dengan jahitan pada bagian tubuh yang lain misalnya pada tangan. Luka di jalan lahir dijahit dengan benang khusus yang cukup kuat dan bagian dalam luka (otot) benangnya akan menyatu dengan tubuh sedangkan bagian luar (kulit) jahitan akan lepas sendiri lalu mengering. 

3. Jangan makan buah-buahan selama menyusui karena bayi bisa diare 

Pernyataan ini tidak benar. Konsumsi buah sangat baik untuk menjaga kebugaran tubuh dan sama sekali tidak berpengaruh buruk terhadap mutu ASI. Jangan kuatir mengkonsumsi buah tidak menyebabkan diare pada bayi. Selain itu ibu nifas juga memerlukan asupan makanan berserat seperti buah dan sayur mayur untuk memperlancar buang air besar. Pada ibu nifas kebutuhan serat sangat penting untuk membantu proses pencernakan, Kadar vitamin dan air dalam buah juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Misalnya air jeruk, buah pisang dan pepaya. Sebaiknya ibu nifas selalu menyertakan menu buah setiap makan agar tidak mengalami sembelit. 

4. Tak boleh makan terlalu banyak supaya tetap langsing 

Pernyataan ini tidak tepat. Pada ibu nifas, makanan bergizi dan porsi makan perlu ditingkatkan lebih baik dari sebelum kehamilan. Sumber karbohidrat, lemak, vitamin dan protein sangat dibutuhkan untuk proses pemulihan fisik ibu selama nifas dan melawan infeksi. Selain itu, juga berguna untuk pembentukan ASI agar berlangsung lancar. 

Langsing bukan dengan diet ketat pascabersalin, tetapi dengan melakukan senam nifas dan menyusui bayi secara ekslusif tanpa bantuan susu formula. Dengan cara demikian, pembakaran lemak pada tubuh akan berlangsung lebih baik dan ibu akan cepat ramping kembali seperti saat sebelum hamil. 




[Dari berbagai sumber]
READ MORE - Selengkapnya

BERBAGAI CARA MENGOBATI PENYAKIT DENGAN ALPUKAT



Pohon, dengan batang mencapai tinggi 20 m dengan daun sepanjang 12 hingga 25 cm. Bunganya tersembunyi dengan warna hijau kekuningan dan ukuran 5 hingga 10 milimeter. Ukurannya bervariasi dari 7 hingga 20 sentimeter, dengan massa 100 hingga 1000 gram; biji yang besar, 5 hingga 6,4 sentimeter.

Manfaat Daun Alpukat

Manfaat dan khasiat daun alpukat antara lain adalah daun alpukat mempunyai khasiat anti bakteri dan dapat melancarkan air seni. Selain itu daun alpukat dapat mengobati penyakit batu ginjal, daun alpukat dapat mengobati sakit perut, sakit pinggang dan hipertensi.

Cara menggunakan daun alpukat sebagai obat: 

1. Cara mengobati penyakit batu ginjal dengan daun alpukat
  • Ambil 7 lembar daun alpukat
  • Seduh dengan 100 ml air panas
  • Minum 2 kali sehari tiap pagi dan sore hingga batu ginjal keluar

2. Cara mengobati sakit perut dengan daun alpukat
  • Ambil 5 gram daun alpukat segar,
  • 5 gram Akar temu kelinci,
  • 6 gram rimpang kunyit segar,
  • daaun pegagan segar sebanak 6 gram, Air 115 ml.
  • Rebus hingga mendidih lalu dinginkan
  • Minum air rebusan sehari sekali satu gelas

3. Cara mengobati sakit Pinggang dengan daun alpukat
  • Ambil 5 helai daun alpukat
  • Tambahkan air 2 gelas lalu rebus hingga airnya tinggal segelas
  • Diamkan air rebusan daun alpukat selama 1 malam

Keesokan harinya baru diminum. Lakukan cara pengobatan ini 1 minggu, insya Allah sakit pinggang anda akan membaik.

4. Cara mengobati hipertensi dengan daun alpukat
  • Ambil 3 helai daun alpukat, cuci bersih
  • Seduh dengan segelas air panas
  • Dinginkan lalu minum, lakukan tiap satu kali sehari, insyah Allah hipertensi Anda akan membaik.

Kandungan Gizi Tiap 100 Gram Buah Alpukat Segar :
  • Kalori 85,00 kal
  • Protein 0,90 g
  • Lemak 6,50 g
  • Karbohidrat 7,70 g
  • Kalsium (Ca) 10,00 mg
  • Fosfor (P) 20,00 mg
  • Zat Besi (Fe) 0,90 mg
  • Vitamin A 180,00 S.I.
  • Vitamin B1 0,05 mg
  • Vitamin C 13,00 mg
  • Air 84,30 mg
  • Serat 1,40 g
  • Bagian dapat dimakan 61,00%

Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Mata
Didalam buah Alpukat terdapat kandungan vitamin A, yaitu manfaatnya berperan dalam melindungi mata dari degenerasi katarak dan makula. Dan Fitonutrien yang terdapat dalam buah alpukat terdapat bermacam-macam karotenoid, termasuk di dalamnya yaitu lutein antioksidan mencegah kerusakan pada mata akibat bertambahnya usia.

2. Mencegah Anemia dan Serangan Jantung
Buah alpukat mengandung banyak senyawa tembaga dan zat besi yang kita tau sangat baik untuk meningkatkan sel darah merah dalam tubuh. Selain itu zat tersebut juga berfungsi untuk menguatkan jantung manusia. Mengkonsumsi buah alpukat dipercaya mampu mencegah terjadinya anemia maupun mengobatinya. Selain itu, dengan mengambil Manfaat Buah Alpukat, detak jantung dan fungsi syaraf tubuh dapat lebih terjaga. Satu gelas alpukat mengandung sekitar 23% dari total asam folat yang dibutuhkan tubuh.

3. Mengobati Maag
Biji buah alpukat dapat digunakan untuk mengobati penyakit Maag, jadi jika Anda sering merasakan penyakit yang satu ini, bisa Anda coba mengambil sari dari biji buah alpukat untuk dimanfaatkan sebagai obat maag.

4. Mengobati Kencing Manis
Mengobati kencing manis dengan cara alami ternyata juga bisa menggunakan Manfaat Buah Alpukat. Yang digunakan disini adalah biji buah alpukat. Cara nya ialah dengan membakar biji buah alpukat, kemudian dipotong-potong menjadi kecil, setelah itu direbus dengan menggunakan air bersih secukupnya hingga mendidih dan warna air menjadi kecoklatan. Setelah itu saring dan minum air tersebut.

5. Mencegah Stroke
Kandungan Folat dalam buah alpukat sangat tinggi, folat dapat berkhasiat untuk mencegah terjadinya stroke. Untuk itu jika kita mengkonsumsi alpukat, kemungkinan terserang stroke akan semakin kecil.

6. Mencegah Kanker Prostat
Senyawa yang terkandung dalam buah alpukat dapat mencari sel kanker yang baru timbul dan kemudian menghancurkannya tanpa merusak sel-sel kesehatan lainnya.

7. Mengobati mata yang bengkak/lebam 
Buah Alpukat juga dapat Mengobati mata yang bengkak. Caranya Ambil alpukat, kemudian potong menjadi beberapa bagian kecil berbentuk bulan sabit. Kemudian, sambil berbaring, tempatkan beberapa potong di bagian bawah mata, dan diamkan selama 20 menit. lalu bilas dengan air bersih.

8. Menangkal radikal bebas

Kandungan Vitamin E, C atupun flavonoid akan menagkal radikal bebas. Sedangkan radikal bebas adlah penyebab utama timbulnya penyakt kanker. Konsumsi saja setip hari.

9. Membantu Turunkan Kolesterol

Kandungan beta-sitosterol yang cukup tinggi, senyawa ini telah terbukti ampuh menurunkan kadar kolesterol.

Manfaat Buah Alpukat Untuk Kecantikan
Untuk mata yang bengkak. Caranya Ambil alpukat, kemudian potong menjadi beberapa bagian kecil berbentuk bulan sabit. Kemudian, sambil berbaring, tempatkan beberapa potong di bagian bawah mata, dan diamkan selama 20 menit. lalu bilas dengan air bersih.

Untuk masker wajah. Caranya Potong alpukat menjadi dua bagian. Kemudian blender 1/2 bagian, tambahkan madu sebanyak 1/4 cangkir. Ratakan pada wajah. Biarkan selama 15 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat. Cara ini sangat cocok untuk kulit kering

Rambut lembut dan bersinar. Caranya Campurkan sepotong alpukat (1/2 rambut pendek), sebutir kuning telur, 1/2 sendok teh minyak zaitun. Ratakan pada rambut dan biarkan selama 30 menit atau lebih. Kemudian bersihkan dengan shampo dan conditioner seperti biasa.

Tangan halus dan lembut. Caranya Campurkan 1/4 bagian dari alpukat dengan 1 butir putih telur, 2 sendok makan outmeal, dan satu sendok makan lemon joice. Campurkan lalu ratakan pada tangan. Diamkan selama 20 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat dan keringkan.

Manfaat Biji Alpukat Bagi Kesehatan

Memang alpukat merupakan salah satu buah lezat yang memiliki rasa hambar, akan tetapi bukan hanya daging buahnya yang bisa kita konsumsi, manfaat biji alpukat juga sangat baik untuk kesehatan dan berikut adalah beberapa dari manfaat yang bisa kita dapatkan :
  • Dapat digunakan sebagai obat sakit gigi.
  • Sebagai obat sakit maag.
  • Dapat mengobati penyakit kencing manis (diabetes) terutama diabetes melitus.
  • Mampu menghilangkan stress akibat aktivitas yang padat.
  • Sebagai obat sariawan.
  • Mampu menghilangkan rasa nyeri
Di atas adalah beberapa manfaat dari mengkonsumsi biji alpukat. Untuk mengkonsumsinya ada banyak sekali cara yang bisa kita gunakan dan salah satunya adalah dengan meminum rebusan dari biji alpukat.
Yang terkait = PENGGUNAAN MASKER ALPUKAT UNTUK KULIT KERING


READ MORE - Selengkapnya

OBAT ALAMI SAKIT KISTA




Kista adalah satu diantara penyakit yang menakutkan buat kalangan wanita, baik yang sudah berumah tangga maupun masih sendiri/single. Ovarium merupakan organ reproduksi vital buat wanita karena berfungsi menghasilkan ovum ( sel telur ). Tempat pematangan sel telur juga terjadi di bagian ovarium. Ovarium mensekresikan hormon – hormon penting seperti estrogen dan progesteron yang berperan dalam pengaturan siklus menstruasi.

Perempuan / wanita mempunyai sepasang ovarium berupa kelenjar berbentuk biji buah kenari yang terletak di kanan dan kiri uterus (rahim), di bawah tuba uterina dan terikat di sebelah belakang oleh ligamentum latum uteri. Sepasang ovarium tersebut menghasilkan 300.000 sel telur. Sel telur yang dikelilingi oleh lapisan sel epiteloid granulosa disebut folikel. Dari hasil penelitian diketahui ada dua hormon yang penting untuk fungsi penuh ovarium yaitu FSH ( Follicle-Stimulating Hormone) dan LH ( Luteinizing Hormone).

Kista berarti kantung yang berisi cairan. Kista ovarium (atau kista indung telur) berarti kantung berisi cairan, normalnya berukuran kecil, yang terletak di indung telur (ovarium). Kista indung telur dapat terbentuk kapan saja, pada masa pubertas sampai menopause, juga selama masa kehamilan.

Suatu tumor jinak dapat mengenai indung telur, berupa kantong yang berisi cairan berwarna coklat yang biasa disebut dengan kista indung telur. Kista indung telur biasanya tidak bersifat kanker. Bila kista tersebut masih kecil, biasanya tidak menimbulkan gejala apa-apa. Namun diperlukan penelitian lebih lanjut untuk meyakinkan bahwa hal itu bukan kanker. Kista yang besar atau kista yang berjumlah banyak dapat menyebabkan perut wanita membuncit. Selain itu, hal itu juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada panggul, sakit pinggang dan rasa sakit saat berhubungan seksual.

Faktor Penyebab Kista Indung Telur /Kista Ovarium


Kista ovarium disebabkan oleh gangguan (pembentukan) hormon pada hipotalamus, hipofisis, dan ovarium.

Secara umum kista indung telur disebabkan oleh gangguan pembentukan hormon pada hipotalamus, hipofise dan indung telur itu sendiri. Kista indung telur dapat terbentuk kapan saja, antara masa pubertas sampai menopause, bahkan selama masa kehamilan.

Jenis Kista Normal


Ini merupakan jenis kista ovarium yang paling banyak ditemukan. Kista ini berasal dari sel telur dan korpus luteum, terjadi bersamaan dengan siklus menstruasi yang normal.

Kista fungsional akan tumbuh setiap bulan dan akan pecah pada masa subur, untuk melepaskan sel telur yang pada waktunya siap dibuahi oleh sperma. Setelah pecah, kista fungsional akan menjadi kista folikuler dan akan hilang saat menstruasi.

Kista fungsional terdiri dari: kista folikel dan kista korpus luteum. Keduanya tidak mengganggu, tidak menimbulkan gejala dan dapat menghilang sendiri dalam waktu 6-8 minggu.


Maksud kata “abnormal” disini adalah tidak normal, tidak umum, atau tidak biasanya (ada, timbul, muncul, atau terjadi). Semua tipe atau bentuk kista -selain kista fungsional- adalah kista abnormal, misalnya:


1. Cystadenoma
Merupakan kista yang berasal dari bagian luar sel indung telur. Biasanya bersifat jinak, namun dapat membesar dan dapat menimbulkan nyeri.

2. Kista Coklat (Endometrioma)
Merupakan endometrium yang tidak pada tempatnya. Disebut kista coklat karena berisi timbunan darah yang berwarna coklat kehitaman.

3. Kista Dermoid
Merupakan kista yang yang berisi berbagai jenis bagian tubuh seperti kulit, kuku, rambut, gigi dan lemak. Kista ini dapat ditemukan di kedua bagian indung telur. Biasanya berukuran kecil dan tidak menimbulkan gejala.

4. Kista Endometriosis
Merupakan kista yang terjadi karena ada bagian endometrium yang berada di luar rahim. Kista ini berkembang bersamaan dengan tumbuhnya lapisan endometrium setiap bulan sehingga menimbulkan nyeri hebat, terutama saat menstruasi dan infertilitas.

5. Kista Hemorrhage
Merupakan kista fungsional yang disertai perdarahan sehingga menimbulkan nyeri di salah satu sisi perut bagian bawah.

6. Kista Lutein
Merupakan kista yang sering terjadi saat kehamilan. Beberapa tipe kista lutein antara lain:

a. Kista Granulosa Lutein
Merupakan kista yang terjadi di dalam korpus luteum ovarium yang fungsional. Kista yang timbul pada permulaan kehamilan ini dapat membesar akibat dari penimbunan darah yang berlebihan saat menstruasi dan bukan akibat dari tumor. Diameternya yang mencapai 5-6 cm menyebabkan rasa tidak enak di daerah panggul. Jika pecah, akan terjadi perdarahan di rongga perut. Pada wanita yang tidak hamil, kista ini menyebabkan menstruasi terlambat, diikuti perdarahan yang tidak teratur.

b. Kista Theca Lutein
Merupakan kista yang berisi cairan bening dan berwarna seperti jerami. Timbulnya kista ini berkaitan dengan tumor ovarium dan terapi hormon.

7. Kista polikistik ovarium
Merupakan kista yang terjadi karena kista tidak dapat pecah dan melepaskan sel telur secara kontinyu. Biasanya terjadi setiap bulan. Ovarium akan membesar karena bertumpuknya kista ini. Untuk kista polikistik ovarium yang menetap (persisten), operasi harus dilakukan untuk mengangkat kista tersebut agar tidak menimbulkan gangguan dan rasa sakit.

Kista ovarium ada yang bersifat jinak dan ganas (kanker). Biasanya kista yang berukuran kecil bersifat jinak. Kista ovarium sering ditemukan secara tidak sengaja pada pemeriksaan rutin.


A. Manifestasi klinis kista ovarium:
1. Sering tanpa gejala.
2. Nyeri saat menstruasi.
3. Nyeri di perut bagian bawah.
4. Nyeri pada saat berhubungan badan.
5. Nyeri pada punggung terkadang menjalar sampai ke kaki.
6. Terkadang disertai nyeri saat buang air kecil dan/atau buang air besar.
7. Siklus menstruasi tidak teratur; bisa juga jumlah darah yang keluar banyak.

B. Adapun manifestasi klinis kanker ovarium:

1. Perubahan menstruasi.
2. Rasa sakit atau sensasi nyeri saat bersenggama (dyspareunia).
3. Gangguan pencernaan yang menetap, seperti: kembung, mual.
4. Perubahan kebiasaan buang air besar, contoh: sukar buang air besar (= sembelit, konstipasi, obstipasi)
5. Perubahan berkemih, misalnya: sering kencing.
6. Perut membesar, salah satu cirinya adalah celana terasa sesak.
7. Kehilangan selera makan atau rasa cepat kenyang (perut terasa penuh).
8. Rasa mudah capek atau rasa selalu kurang tenaga.
9. Rasa nyeri pada (tulang) punggung bawah (Low back pain).

Penegakkan Diagnosis
Diagnosis kista ovarium ditegakkan melalui pemeriksaan dengan ultrasonografi atau USG (abdomen atau transvaginal), kolposkopi screening, dan pemeriksaan darah (tumor marker atau petanda tumor).

Pemeriksaan Laboratorium

Di dalam praktek, jika diperlukan dokter kandungan akan menganjurkan untuk melakukan pemeriksaan sekret (yang meliputi: Trichomonas, Candida/jamur, bakteri batang, bakteri kokus, epitel, lekosit, eritrosit, epitel, dan pH) dan hematologi, misalnya: Hb (Hemoglobin).

Pelaksanaan

1. Observasi
Jika kista tidak menimbulkan gejala, maka cukup dimonitor (dipantau) selama 1-2 bulan, karena kista fungsional akan menghilang dengan sendirinya setelah satu atau dua siklus haid. Tindakan ini diambil jika tidak curiga ganas (kanker).

2. Operasi
Jika kista membesar, maka dilakukan tindakan pembedahan, yakni dilakukan pengambilan kista dengan tindakan laparoskopi atau laparotomi. Biasanya untuk laparoskopi Anda diperbolehkan pulang pada hari ke-3 atau ke-4, sedangkan untuk laparotomi Anda diperbolehkan pulang pada hari ke-8 atau ke-9.


Pengobatan Alami Penyakit Kista :
Pengobatan 1 Obat Tradisional Kista
Bahan:
Daun dan batang benalu teh/benalu jeruk …… 1 genggam
Daun sambiloto segar ……………………………… 11 lembar
Jadam arab sebesar kelereng kecil …………….. 1 biji
Temu putih sebesar …………………………………..3 jari tangan.

Cara meramu:

Temu putih dikupas dan diiris tipis. Rebus bersama bahan lainnya dengan 5 gelas air hingga tersisa sekitar 3 gelas air. Angkat dan saring sebelum diminum.

Aturan pakai:
Minum ramuan setelah makan 3 kali sehari, masing-masing ½ gelas

Pengobatan 2 Obat Tradisional Kista
Bahan:
Daun dewa segar ……………… 30 gr
Temu putih segar ……………….30 gr
Sambiloto kering ………………..11 gr

Cara meramu:
Cuci bersih daun dewa dan temu putih, kemudian potong tipis-tipis. Rebus semua bahan dengan 3 gelas air hingga tersisa sekitar separuhnya. Angkat dan saring.

aturan pakai:
Minum ramuan dengan dosis 3 kali sehari, masing-masing ½ gelas.

Pengobatan 3 Obat Tradisional Kista

Bahan dan caranya :
. 60 gram temu putih segar
. 15 gram sambiloto kering atau 30 gram yang segar,
. Rebus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc
. Saring rebusan lalu airnya diminum 2 x sehari, usahakan setiap kali minum 150 cc.

Pengobatan 4 Obat Tradisional Kista
Bahan dan caranya :
. 30 gram daun dewa segar
. 50 gram temu mangga
. 5 gram daging buah mahkota dewa kering
. Rebuss bersama air sebanyak 800 cc air hingga tersisa 400 cc
. saring kemudian airnya diminum 2 x sehari, usahakan tiap kali minum sebanyak 200 cc.


Bahan dan caranya :



  • 60 gram benalu yang biasa hidup di pohon teh/pohon buah.
  • 30 gram rumput mutiara atau rumput lidah ular kembang putih dapat dibeli di toko obat Tionghoa dengan nama bai hua she she cao
  • Lalu direbus bersama air sebanyak 800 cc air hingga tersisa 400 cc
  • Kemudian disaring lalu airnya diminum untuk 2 x sehari sebanyak 200 cc tiap kali minum.
READ MORE - Selengkapnya

CARA ALAMI BER KB



Karena banyak pertanyaan ke inbox yang menanyakan bagaimana cara KB yg alami maka saya paparkan beberapa teknik KB alami. Selamat Mengkaji semoga bermanfaat.

Pengetahuan yang mendasar mengenai KB Alami atau tidak adalah bahwa kehamilan terjadi karena faktor bertemu-nya sperma pria dan sel telur pada wanita. Nah Selanjutnya KB ini baik alami maupun tidak adalah upaya bagaimana cara agar sperma tidak bertemu dengan sel telur.

Langkah Pertama Adalah : Mengetahui Waktu Subur Wanita 

Ovulasi atau masa subur pada wanita umumnya berlangsung sekitar 14 hari, sebelum saat
menstruasi berikutnya sebagai contoh :

Ketika seorang wanita memiliki siklus menstruasi 28 hari lamanya serta hari pertama menstruasi dimaksud dengan hari ke-1, jadi umumnya wanita mendapat masa subur (ovulasi) pada hari ke-14. Ketika siklus menstruasi-nya 32 hari, jadi umumnya masa subur wanita dapat berlangsung pada hari ke-18.

Saat masa subur berlangsung, maka sperma adalah memiliki waktu 24 jam untuk membuahi sel telur wanita yang ada di tuba falopi. Sperma Pria mampu bertahan hidup hingga 7 hari sesudah berlangsungnya hubungan intim. Maka dengan memahami proses ini, kita memiliki info dan pengetahuan dasar tentang fase kesuburan pada wanita pada tiap siklus menstruasi. Namun demikian ketika seorang wanita memiliki siklus menstruasi yang kurang teratur, lebih sukar untuk kita mengetahui periode masa suburnya.

JIKA TIDAK TERATUR BERARTI ADA FAKTOR STRES, COBA DITERAPI STRESNYA DULU.

Nah Akurasi penentuan saat ovulasi/masa subur adalah bekal utama untuk menerapkan KB secara Alami.

Pedoman Menentukan Proses Berlangsungnya Masa Subur

Tiga prinsip yang harus di jadikan pedoman dan dipakai untuk mengetahui proses berlangsungnya masa subur yaitu dengan :
  • Metode kalendar
  • Metode suhu tubuh
  • Tes lendir vagina

Metode kalender
Dengan melihat saat awal berlangsungnya siklus menstruasi , anda dapat memperoleh gambaran tentang kapan berlangsungnya periode masa subur pada wanita. Perihal ini dikarenakan umumnya periode Ovulasi dapat berlangsung 12-16 hari sebelum saat berlangsungnya menstruasi.

Metode suhu tubuh
Pada waktu berlangsungnya masa subur wanita, tanda-tanda yang paling umum adalah bisa diketahui dari suhu tubuh yang mengalami kenaikan 0, 5 ° c. Ini dikarenakan dampak hormone progesteron. lantas pada saat-waktu yang dikira mendekati periode subur, yang bisa dilakukan adalah untuk pengecekan suhu tubuh wanita tiap-tiap pagi untuk mengetahui adanya kenaikan suhu tubuh.

Tips: Untuk mengukur suhu tubuh, yang harus di ingat adalah waktu pagi hari tepat. sewaktu bangun dari tidur serta belum lakukan aktivitas apa pun. Yang harus di perhatikan adalah anda telah tidur dengan nyenyak sepanjang malam atau sekurang-kurangnya 3 jam.

Tes lendir vagina
Pada waktu berlangsungnya siklus menstruasi, keadaan lendir didaerah vagina dapat berubah- ubah, ini disebabkan dari dampak hormon estrogen serta progesteron. Dengan mengetahui keadaan lendir vagina, bisa diketahui kurang lebih saat masa subur wanita berlangsung. Pada waktu sebelum saat berlangsungnya masa subur, lendir pada vagina bisanya lebih encer dengan warna transparan atau sedikit kekuningan. Saat berlangsungnya masa subur, lendir vagina dapat berubah semakin banyak serta kental layaknya putih telur. namun pada waktu setelah berlangsungnya masa subur, lendir vagina yang ada dapat berubah lebih sedikit serta lebih kental dan lengket.

Dengan mengamati pergantian yang berlangsung pada tubuh baik melewati metode kalender, metode suhu tubuh serta tes lendir vagina, bisa diperkirakan kapan berlangsungnya periode subur pada wanita. Efektifitas dari metode ini sebesar 91 persen yang bermakna 9 dari 100 orang wanita bisa hamil jika memakai metode ini.

Tips: Metode KB alami ini cocok untuk wanita yang memiliki siklus menstruasi-nya teratur jadi tingkat efektifitasnya lebih tinggi, jika dibandingkan dengan wanita yang tidak teratur dalam siklus menstruasi-nya. Ini dikarenakan lebih sukar untuk memilih kapan periode subur sedang berlangsung. Supaya hasilnya lebih efisien, hendaknya dilakukan pencatatan selam 3 bulan sebagai perbandingan. Ini adalah metode terbaik untuk melakukan KB secara alami.

Kelebihan KB cara Alami :
1. Bisa dikerjakan oleh siapapun
2. Tidak memakai peralatan apapun
3. Tidak mengganggu kegiatan seksual
4. Tidak merubah kesuburan didalam periode panjang

Kekurangan KB cara Alami :
1. Tidak membuat perlindungan pada infeksi penyakit menular seksual ( pms ).
2. Memerlukan waktu untuk mengetahui Masa subur, serta latihan agar bisa tahu dengan tepat .
3. Agar lebih tepat, penentuan periode subur ini tidak bisa dikerjakan cuma menurut pengamatan 1 siklus menstruasi saja, sekurang-kurangnya butuh pengamatan sepanjang 6 bln.

Menumpahkan Sperma Pria Di Luar Atau Cara Senggama Terputus

Metode KB alami yang ini sudah sangat di kenal sejak dulu. KB cara alami ini dikerjakan dengan langkah menarik keluar alat kelamin pria dari vagina sebelum saat berlangsungnya ejakulasi (keluar sperma pria). Efektifitas dari metode ini amat bergantung dari tingkat kontrol dan kesadaran pria tentang ejakulasi-nya. Efektifitas menurut penelitian menunjuk pada angka pada 73-96 persen.

**Perhatian metode ini tidak disarankan pada pria yang mempunyai masalah dengan ejakulasi dini ***

Untuk mengetahui anda termasuk kategori EDI atau tidak. Adalah ketika lagi buang air kecil lagi deras-derasnya di pertengahan coba hentikan aliran air seninya hingga berhenti dan hitung berapa hitungan anda dapat menahan alirannya. Jika anda tidak dapat menahan lebih dari 3 hitungan maka perlu diwaspadai anda termasuk kategori EDI. Kenapa 3 detik ? 3 detik itu adalah patokan Anda dapat mencabut penis dari vagina ketika akan menumpahkan keluar.

Latihannya adalah dengan cara menahan air seni ketika kencing sedang deras-derasnya coba hentikan setelah berhenti hitung 3 hitungan lalu keluarkan……hentikan hitung 3 hitungan….begitu seterusnya sampai air seninya habis keluar. Latihan ini agar kita bisa mengontrol ejakulasi saat bersenggama.

Kelebihan KB cara Alami Ini:
1. Tidak memerlukan cost serta bisa dikerjakan setiap saat.
2. Tidak memiliki efek buruk, yang dirasakan baik oleh pria maupun wanita.
3. Tidak mengubah siklus menstruasi pada wanita.

Kekurangannya KB cara Alami Ini:
1. Tidak membuat perlindungan pada infeksi penyakit menular Kelamin ( pms ).
2. Berlangsungnya interupsi waktu jalinan hubungan intim bisa kurangi sensasi pada wanita.
3. Amat membutuhkan kontrolpPria sangat tinggi.
4. Kurang efisien dibanding metode KB lainnya



5. Tidak efisien jika keduanya atau di antara pasangan di pengaruhi oleh alkohol
READ MORE - Selengkapnya

KEGUGURAN DAN PERMASALAHANNYA

Keguguran (abortus) adalah salah satu hal yang paling banyak dikahawatirkan dan ditakutkan oleh para ibu hamil. Tidak ada satupun perempuan atau calon ibu yang ingin mengalami keguguran, tapi apa daya bila kenyataan berkata lain, untuk hal seperti keguguran yang banyak terjadi. Bayangan akan memiliki bayi kecil hadirnya buah hati, lucunya bayi mungil yang menggemaskan sirna sirna sudah ketika divonis keguguran oleh dokter. Ditambah lagi oleh rasa sakit, stress, dan bahkan trauma menghantui para ibu hamil yang mengalami keguguran.


Berdoa pada Yang Maha Kuasa sudah seharusnya dilakukan untuk menjauhi kejadian yang tidak diinginkan ini. Tapi itu saja belum cukup. Ibu hamil pun mesti memiliki pengetahuan mengenai tanda-tanda dan penyebab keguguran sehingga dapat melakukan antisipasi dan tindakan penyelamatan sebelum keguguran terjadi.

Seseorang yang mengalami keguguran pasti ingin tahu penyebabnya sehingga bisa dicegah saat kehamilan berikutnya. Keguguran biasanya ditandai dengan kram atau nyeri perut parah serta pendarahan yang memerlukan penanganan medis.

Oleh karena itu, mari kita ketahui mengenai apa itu keguguran, apa penyebabnya dan bagaimana tanda-tanda dari keguguran ini. Agar dengan diketahui mengenai seluk beluk keguguran, diharapkan keguguran dapat terhindarkan.

Sebenarnya, apa itu keguguran? Apa saja penyebabnya dan hal-hal apa saja yang dapat membuat wanita berisiko keguguran? Simak penjelasannya berikut ini:

Apa itu Keguguran?
Keguguran diartikan sebagai keluarnya janin atau persalinan prematur sebelum bayi mampu untuk hidup. Resiko keguguran memiliki persentase sebesar 15% – 40% dari ibu hamil, dan 60-75% keguguran terjadi sebelum usia kehamilan 3 bulan. Namun jumlah kejadian atau resiko keguguran akan menurun pada usia kehamilan di atas 3 bulan.

“Umumnya sekitar 80 persen kehamilan bisa terus berlanjut sampai melahirkan dan memiliki bayi yang sehat. Tapi keguguran yang terjadi biasanya muncul secara acak,” ujar Henry Lerner, MD, profesor klinis kebidanan dan ginekologi di Harvard Medical School.

Apa Penyebab Keguguran?
Antara 50 dan 70% pada trimester pertama, keguguran disebabkan oleh kelainan kromosom yang terjadi saat proses pembuahan. Paling sering terjadi karena telur atau sperma yang masuk memiliki jumlah kromosom yang salah, akibatnya telur atau embrio yang dibuahi tidak dapat berkembang secara normal.

Kelainan kromosom saat proses pembuahan ini dinamakan blighted ovum (saat ini biasanya disebut di kalangan medis sebagai kegagalan kehamilan dini). Dalam kasus ini, implan telur yang dibuahi di dalam rahim dan plasenta dan juga kantung kehamilan mulai berkembang, namun embrio yang dihasilkan berhenti berkembang sangat awal atau tidak membentuk janin sama sekali.

Karena plasenta mulai mengeluarkan hormon, saat Anda mengecek kehamilan dengan alat tes kehamilan mungkin hasil yang keluar adalah positif, tetapi ketika di USG yang terlihat adalah kantung kehamilan kosong. Dalam kasus lain, embrio tidak berkembang dengan normal, sehingga sangat tidak mungkin janin dapat bertahan hidup. Perkembangan janin tersebut berhenti sebelum jantung mulai berdetak.

Jika pada usia kehamilan enam minggu Anda melakukan USG dan melihat janin memiliki detak jantung yang normal, dan Anda tidak memiliki gejala seperti pendarahan atau kram, peluang untuk keguguran akan kecil sekali.

Tiga Jenis Abortus / Keguguran
Apakah ibu hamil yang mengalami gejala-gejala tadi pasti akan kehilangan calon bayinya? Belum tentu. Perdarahan yang dialami ibu hamil, umpamanya, bisa bukan merupakan tanda keguguran tapi hal lain, seperti letak plasenta yang tidak benar atau karena ibu hamil mengalami trauma.

Abortus sendiri pun digolongkan menjadi tiga; abortus yang mengancam, abortus spontan, serta abortus lanjut.

Abortus Mengancam
Biasanya terjadi di antara kehamilan timester pertama dan kedua awal. Tanda-tandanya; ibu mengalami kontraksi, perdarahan, dan bisa disertai keluarnya cairan. Janin bisa diselamatkan jika masih dalam kondisi baik dan ostium (lubang rahim) belum terbuka. Sebaliknya jika lubang rahim sudah terbuka, dokter tidak bisa berbuat banyak. Kemungkinan yang terjadi adalah abortus spontan.

Abortus Spontan
Yakni keluarnya janin dari dalam rahim sebelum dapat hidup mandiri. Biasanya terjadi di kehamilan trimester pertama atau bahkan sebelum seorang wanita menyadari bahwa dirinya hamil. Dengan kata lain, abortus spontan bisa terjadi tanpa diketahui karena gejalanya mirip haid hanya lebih berat dan lebih terasa tegang. Maka itu waspadai bila ibu mengalami keluarnya bercak-bercak darah yang terus menerus, perdarahan disertai nyeri di bagian tengah perut dan kadang-kadang disertai sakit pinggang serta terdapat bekuan darah.

Penyebab abortus jenis ini adalah kelainan embrio, janin atau plasenta kekurangan hormon, penyakit infeksi yang diderita ibu seperti gondong, cacar air dan campak atau juga reaksiauto-immune dimana sel-sel kekebalan ibu menyerang janin.

Abortus Lanjut
Keluarnya hasil konsepsi yang disebabkan kelainan plasenta dan serviks atau ibu hamil terpapar bahan beracun seperti asap rokok, alkohol dan bahan kimia. Tanda-tandanya sama dengan abortus spontan.

Jenis – Jenis Keguguran 
Istilah keguguran sendiri dibedakan berdasarkan waktu kejadiannya. Disebut keguguran dini jika terjadi sebelum minggu ke-12 kehamilan dan keguguran lambat jika terjadi setelah minggu ke-12. Pembagian lain adalah keguguran penuh dan tidak penuh. Disebut keguguran penuh apabila jaringan janin dan plasenta keluar seluruhnya dari rahim pada saat keguguran. Disebut keguguran tidak penuh jika sebagian jaringan fetus tertinggal dalam rahim.

Siapa yang paling beresiko keguguran?
Risiko keguguran lebih banyak dialami ibu-ibu dengan kondisi:
  • Ketika mengandung berusia lebih dari 33 tahun atau suami berusia lebih dari 53 tahun.
  • Pernah mengalami keguguran lebih dari 3 kali.
  • Pernah melahirkan bayi meninggal atau bayi cacat.
  • Punya keluarga dengan riwayat keguguran.
Penyebab Terjadinya Keguguran
Berikut di bawah ini penyebab paling umum bagi keguguran tunggal atau yang berulang, yaitu:

1. Kelainan kromosom
Bryan Cowan, MD, ketua departemen obstetri dan ginekologi University of Mississippi Medical Center di Jackson menuturkan kelainan atau ketidakcocokan kromosom ini jadi penyebab setidaknya 60 persen kasus keguguran. Kondisi ini disebabkan adanya kerusakan pada sel telur atau sperma sehingga kromosom tidak dicetak dengan benar.

Embrio yang dihasilkan jadi memiliki kelainan kromosom. Biasanya pasangan yang 2 kali atau lebih berturut-turut mengalami keguguran disarankan melakukan tes medis untuk ini.

2. Kelainan rahim dan leher rahim yang lemah
Jika bentuk rahim abnormal maka embrio tidak bisa tumbuh atau tidak mendapatkan makanan yang dibutuhkan sehingga tak dapat bertahan hidup. Umumnya kelainan rahim ini mempengaruhi sekitar 10 persen kasus keguguran.

Sedangkan leher rahim yang lemah juga membuat rahim tidak kuat menahan janin yang semakin hari tumbuh membesar, ketika serviks melemah maka janin bisa mengalami keguguran.

3. Gangguan sistem kekebalan tubuh (immunology)
Pada beberapa kasus tubuh perempuan kadang menganggap sperma sebagai benda asing, sehingga antibodi di dalam tubuh akan menyerang jaringan tubuh sendiri termasuk embrio yang dihasilkan.

Penyakit yang tidak diobati seperti gangguan tiroid atau diabetes tidak terkontrol Gangguan tiroid dan diabetes yang tidak terkontrol menyebabkan lingkungan rahim yang tidak menguntungkan. Dampak dari kondisi ini adalah membuat embrio sulit untuk bertahan hidup.

4. Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)
Perempuan dengan PCOS memiliki kadar hormon testosteron yang terlalu tinggi sehingga menyebabkan ovulasi dan menstruasi yang tidak teratur. PCOS ini menyebabkan resisten insulin yang mencegah kematangan lapisan endometrium.

5. Adanya infeksi bakteri
Beberapa bakteri bisa meningkatkan risiko keguguran seperti mycoplasma hominis dan ureaplasma urealyticum yang hidup dalam saluran alat kelamin laki-laki dan perempuan sehat. Pada perempuan, infeksi bakteri ini membuat endometrium (lapisan rahim) meradang sehingga sulit bagi embrio untuk berkembang.

6. Gaya hidup kurang sehat
Merokok, alkohol, narkoba dan racun dari lingkungan Narkoba seperti nikotin bisa masuk ke plasenta dan mengganggu suplai darah serta pertumbuhan janin, perokok memiliki risiko 2 kali lebih tinggi alami keguguran dibanding non-perokok.

Konsumsi 2 minuman alkohol sehari membuat perempuan sulit hamil dan mengalami keguguran, sedangkan perempuan yang bekerja di lingkungan tertentu seperti peternakan, kamar operasi dan laboratorium memiliki risiko keguguran lebih tinggi meski alasannya belum diketahui.



Faktor-faktor yang Menyebabkan Seseorang Berisiko Keguguran
Meskipun setiap wanita berisiko keguguran, namun akan lebih besar risikonya kepada seseorang yang memiliki kecenderungan seperti berikut:
  • Usia: wanita dengan usia yang lebih tua berisiko mengandung bayi dengan kelainan kromosom dan besar kemungkinannya untuk keguguran. Wanita yang hamil saat usia 40 tahun berisiko keguguran dua kali lipat dibanding wanita berusia 20 tahun.
  • Riwayat keguguran: wanita yang memiliki dua atau lebih riwayat keguguran secara berturut-turut lebih mungkin dibandingkan wanita lain untuk keguguran lagi.
  • Penyakit kronis: diabetes tidak terkontrol dan kelainan darah tertentu yang diwariskan, gangguan autoimun (seperti sindrom antifosfolipid atau lupus), dan gangguan hormonal (seperti sindrom ovarium polikistik) adalah beberapa kondisi yang dapat meningkatkan risiko keguguran.
  • Masalah rahim atau serviks: memiliki kelainan tertentu pada rahim bawaan, kondisi rahim yang parah (pita jaringan parut), atau leher rahim yang lemah atau tidak normal (dikenal sebagai insufisiensi serviks) adalah peluang untuk keguguran. Hubungan antara fibroid rahim dan keguguran masih kontroversial, namun kebanyakan fibroid tidak menimbulkan masalah.
  • Riwayat cacat lahir atau masalah genetik: jika Anda, pasangan, atau anggota keluarga Anda memiliki kelainan genetik, pernah diidentifikasi punya masalah genetik pada kehamilan sebelumnya, atau pernah melahirkan anak dengan cacat lahir, Anda akan berisiko lebih tinggi untuk keguguran pada kehamilan selanjutnya.
  • Infeksi: penelitian telah menunjukkan risiko yang paling tinggi untuk keguguran jika Anda memiliki listeria, gondok, rubella, campak, cytomegalovirus, parvovirus, gonorrhea, HIV, dan infeksi tertentu lainnya.
  • Merokok, minum alkohol, dan menggunakan narkoba: merokok, minum alkohol, dan menggunakan obat-obatan seperti kokain dan MDMA (ekstasi) selama kehamilan dapat meningkatkan risiko keguguran. Beberapa penelitian menunjukkan adanya hubungan antara tingginya tingkat mengonsumsi kafein dan peningkatan risiko keguguran.
  • Obat: terdapat beberapa obat yang jika dikonsumsi dapat meningkatkan risiko keguguran. Penting bagi Anda untuk meminta penjelasan kepada dokter jika diberikan beberapa obat untuk diminum saat hamil. Hal ini juga berlaku untuk obat resep, termasuk obat nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAIDs) seperti ibuprofen dan aspirin.
  • Racun lingkungan: faktor lain yang dapat menyebabkan seseorang berisiko keguguran adalah racun yang ada di lingkungan. Beberapa bahan kimia seperti formaldehid, benzena, dan etilen oksida, dan dosis besar radiasi atau gas anestesi dianggap berbahaya.
  • Faktor Paternal: kondisi ayah juga berkontribusi terhadap risiko keguguran. Para peneliti sedang mempelajari sejauh mana sperma dapat rusak oleh racun lingkungan tapi masih memungkinkan untuk membuahi sel telur. Beberapa studi telah menemukan risiko yang lebih besar untuk mengalami keguguran ketika ayah telah terkena merkuri, timbal, dan beberapa bahan kimia industri dan pestisida.
  • Obesitas: beberapa studi menunjukkan adanya hubungan antara obesitas dan keguguran.
  • Prosedur Diagnostik: ada kemungkinan kecil terhadap risiko keguguran setelah chorionic villus sampling (diagnosa yang dilakukan pada jaringan plasenta) dan amniosentesis (suatu pemeriksaan diagnostik menggunakan cairan ketuban, untuk mengetahui kemungkinan kelainan pada janin).
  • Risiko keguguran juga akan tinggi jika Anda hamil kembali dalam waktu tiga bulan setelah melahirkan.

Gejala Dini Keguguran
Ada beberapa tanda yang bisa dijadikan peringatan dini keguguran, setidaknya dengan begitu ibu bisa lebih waspada. Gejala-gejala tersebut adalah:
  • Tidak enak badan; merasa lemas atau tidak fit seperti hari-hari sebelumnya
  • Perut tidak nyaman, kepala pusing, atau terasa limbung
  • Mimisan.
Jika ibu mengalami gejala tadi, beberapa tindakan ini bisa membantu mengatasinya:
  • Minum air putih, setelah itu bisa diteruskan dengan minum minuman segar lain, seperti jus.
  • Makan makanan bergizi. Jika tidak bisa (karena mual), makanlah buah-buahan segar, biskuit, atau minum susu.
  • Hentikan semua aktivitas.
  • Lakukan relaksasi (atur napas dan tenangkan pikiran). Kuatkan keyakinan bahwa ibu dapat melalui kondisi ini dengan baik. Berdoalah dan pikirkan hal-hal yang menyenangkan yang akan dilakukan dengan si jabang bayi saat ia lahir nanti.
  • Jika semua ini tidak membuat kondisi ibu membaik, segera hubungi dokter. Jika Anda diminta datang kontrol, sempatkan diri untuk itu. Saat pemeriksaan, ceritakan apa yang terjadi. Sebaiknya ibu tidak melewatkan satu gejala pun karena anamnesis (mencari keterangan dari pasien) sangat memengaruhi diagnosis. Akan baik bila ibu memiliki buku catatan kejadian dan pengalaman selama kehamilan.


Berikut beberapa pertanda awal keguguran yang perlu Anda perhatikan gejala umum keguguran yang memerlukan penanganan medis segera, yaitu:

1. Pendarahan.
Perdarahan adalah tanda yang paling umum. Perdarahan yang terjadi bisa hanya berupa bercak-bercak yang berlangsung lama sampai darah berwarna merah segar yang mengalir dan perdarahan hebat. Perdarahan yang cukup banyak, seperti saat menstruasi atau dalam satu jam bisa menghabiskan lebih dari dua pembalut. Namun waspadai juga keluarnya bercak-bercak darah yang berlanjut terus-menerus (selama lebih dari tiga hari). Kadang-kadang terdapat bagian jaringan yang robek yang ikut keluar bersamaan dengan darah. Misalnya, bagian dari jaringan dinding rahim yang terkoyak atau kantung ketuban yang robek.
Tapi, keluarnya bercak darah bukan berarti tanda keguguran. Banyak juga mama yang mengalami pendarahan di awal kehamilan tidak mengalami risiko ini.

2. Kram atau Kejang Perut
Nyeri di bagian tengah perut yang bertambah parah dan berlanjut lebih dari sehari. Tanda ini rasanya mirip seperti kram perut pada awal datang bulan. Biasanya kram ini berlangsung berulang-ulang dalam periode waktu yang lama. Kram atau kejang juga dapat terjadi di daerah panggul, di perut bagian bawah dapat berarti peregangan otot ligamen namun juga pertanda awal keguguran. Periksa ke dokter, terutama jika kram terjadi hanya di satu sisi dan rasanya lebih sakit dari menstruasi. Apalagi jika dibarengi dengan pendarahan.

3. Nyeri Pada Bagian Bawah Perut
Mengalami kontraksi berlebihan. Cirinya perut mulas dan tegang yang teramat sangat. Rasa nyeri pada bagian bawah perut terjadi dalam waktu cukup lama. Selain di sekitar perut, rasa sakit juga dapat terjadi di bagian bawah panggul, selangkangan, dan daerah alat kelamin. Nyeri ini terjadi dalam beberapa jam hingga beberapa hari setelah muncul gejala perdarahan

4. Sakit Punggung.
Saat kram perut Anda bisa juga merasakan sakit punggung. Hati-hati terutama jika terdapat pendarahan di saat bersamaan.

5. Keluar cairan dari vagina.
Hal ini dapat berupa gumpalan darah atau cairan yang tidak biasa. Terkadang Anda mengira celana basah karena mengompol, namun yang Anda dapati bukanlah urin. Cairan yang keluar juga bisa berbau dan menyebabkan iritasi/rasa gatal. Jika yang keluar terlihat seperti jaringan janin, berwarna keabuan atau mengandung gumpalan darah, cobalah untuk menyimpannya dalam wadah untuk diperiksa dokter kandungan Anda.

6. Keluar gumpalan berwarna merah muda atau keabuan-abuan
Ibu mengeluarkan gumpalan berwarna merah muda atau keabuan-abuan dari vagina. Ini bisa diartikan keguguran telah dimulai. Jika ini terjadi di rumah, simpan gumpalan tersebut untuk diperlihatkan kepada dokter. Bukti ini sangat membantu dalam penegakkan diagnosis; apakah ibu hamil hanya mengalami ancaman keguguran atau memang sudah mengalami keguguran. Bila memang sudah jadi, apakah janin sudah keluar sebagian atau sudah lengkap, dan apakah membutuhkan prosedur D&C (Dilation dan Curetage).

7. Kehilangan gejala hamil.
Ibu hamil kehilangan tanda-tanda kehamilan seperti tegangnya payudara disertai pusing dan tubuh terasa loyo. Setelah beberapa minggu mengalami mual, keletihan, sakit belakang, tiba-tiba anda merasa baik-baik saja. Hal ini berarti telah terjadi keseimbangan hormon. Ia kemungkinan tahap hormon telah jatuh dimana hormon tersebut tidak lagi mengekalkan kehamilan apabila semua tanda kehamilan telah hilang. Jika Anda mengalami hal ini bersamaan dengan gejala lain, bisa berarti pertanda keguguran. Ketiadaan denyutan jantung bayi.
Denyutan jantung bayi biasanya boleh dikesan melalui ultrasound scan. Jika denyutan jantung bayi tidak boleh dikesan, ia mungkin menjadi satu tanda bahawa bayi telah mati dan tidak berkembang.

8. Tiada pergerakan janin.
Umumnya pada akhir trimester kedua atau ketiga.
Anda harus sentiasa memerhati corak pergerakan bayi anda sepanjang hari dimana bayi anda mempunyai tempuh waktu tidur, kadang-kadang ia berlangsung selama 4 jam. Pada pertengahan kehamilan, ibu mulai merasakan adanya gerakan bayi di dalam perut. Tapi jika ibu tidak lagi bisa merasakan gerakan-gerakan yang dilakukan oleh si bayi, maka segera konsultasikan dengan dokter.

9. Kelelahan yang teramat sangat.
Anda merasa loyo, tidak enak badan, merasa lemas atau tidak fit, dan tidak bertenaga, juga tidak mampu menopang tubuh dengan baik? Bisa jadi ini merupakan tanda awal akan terjadi keguguran

10. Serviks terbuka.
Dalam kehamilan yang sihat dan normal, serviks biasanya kekal ditutup rapat sehingga beberapa minggu sebelum kelahiran bayi. Jika serviks anda buka dalam tempoh beberapa mingu pertama kehamilan, risiko keguguran adalah agak tinggi.

11. Paras hormon hCG jatuh.
Badan perlu mengekalkan tahap hormon untuk mengekalkan kehamilan. Jika tahap hCG jatuh pada awal kehamilan, risiko keguguran adalah sangat tinggi.

12. Hasil testpack (Tes Kehamilan ) berubah Negatif
Ketakutan akan keguguran kerap kali membuat wanita hamil terus menerus mencoba tes kehamilan, walau hasil yang didapat postif. Biasanya ini dilakukan untuk meyakinkan diri mereka lalu hasil tes hamil di rumah menunjukkan hasil positif. Namun jika pada suatu hari tes kehamilan Anda berubah menjadi negatif, bisa jadi Anda telah mengalami keguguran.

Jika ujian diambil pada dua pagi berturut-turut dimana hari pertama mendapat ujian positif dan kembali kepada negatif pada hari kedua, ia bukan saja tanda keguguran, ia mungkin juga menjadi tanda kehamilan luar rahim, ektopik. Segera hubungi dokter kandungan untuk memastikannya.

Jika mengalami gejala-gejala dari keguguran tersebut, segeralah hubungi dokter untuk melakukan pengujian diagnostik sehingga bisa diketahui apakah kehamilan dapat diteruskan atau tidak. Dan jika kehamilan tidak bisa diselamatkan, maka jangan terus menerus menyalahkan diri sendiri karena banyak faktor yang bisa menyebabkan keguguran.

Sumber:



READ MORE - Selengkapnya

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails