Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

PENYAKIT MATA IKAN DAN SOLUSINYA

Penyakit mata ikan ini disebabkan oleh tekanan dan gesekan secara terus menerus. Kadang juga penyakit ini disebabkan karena ukuran sepatu yang digunakan tidak pas atau sempit sehingga menimbulkan mata ikan. Penyakit mata ikan bisa juga timbul pada penderita diabetes yang disebabkan kelainan saraf pembuluh darah.

Pada penderita diabetes, resiko terkena komplikasi akibat penyakit mata ikan lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak mengidap diabetes. Jika Anda ingin menghilangkan mata ikan, dan Anda merupakan penderita diabetes, maka dianjurkan untuk konsultasikan terlebih dahulu pada dokter sebelum Anda melakukan tindakan terhadap mata ikan tersebut. Karena sekalipun mata ikan itu hanya luka kecil, namun bisa berubah menjadi borok yang sangat sulit untuk disembuhkan.

Untuk mencegah mata ikan timbul, maka hal yang perlu Anda lakukan adalah memakai alas kaki dengan bantalan telapak kaki yang baik dan yang sesuai dengan ukuran kaki Anda. Disarankan pada saat Anda memilih alas kaki sebaiknya dilakukan pada siang hari. Mengapa demikian? Karena disaat waktu itulah kaki berada pada ukuran yang sebenarnya.

Dan apabila mata ikan sudah terlanjur timbul, maka solusi yang dianjurkan oleh dokter adalah sebagai berikut:

  • Mengurangi ketebalan kulit dengan mengoleskan krim asam salisilat. 
  • Cara lain untuk menghilangkan mata ikan adalah dengan injeksi steroid.
  • Jika cara diatas tidak bisa maka langkah untuk mengatasinya dengan cara melakukan pembedahan guna mengiris dan menipiskan mata ikan tersebut
READ MORE - Selengkapnya

GANGGUAN KISTA PADA IBU HAMIL




Kista yang membahayak terjadi pada satu disetiap 1000 ibu hamil. Kista fisiologis bisa berubah menjadi patologi dan penyebabnya belum diketahui. Meskipun kista fisiologis tidak berbahaya, yang dikhawatirkan adalah kista yang menjadi pecah sendiri, luruh dan hancur.

Jadi, bila saat anda hamil dan anda mempunyai kista, dikhawatirkan kandungan anda terasa nyeri akibat aktifitas kista ini. Bahkan yang dikhawatirkan adalah keguguran janin atau lahir prematur.

Besar kista yang dirasa cukup mengganggu kehamilan adalah 15 cm dan ukuran ini cukup untuk meluruhkan rahim. Dokter akan mengambil tindakan berupa operasi pengangkatan kista meskipun anda sedang hamil.

Biasanya operasi dilakukan menjelang trimester ketiga .Jadi, pemeriksaan kehamilan sedini mungkin sangat penting untuk mendeteksi kista. Apalagi kista umumnya ditemukan pada kehamilan pertama.

Pada beberapa kasus, kista dapat memotong pembuluh darah sehingga mengakibatkan nyeri di daerah sekitar rahim. Juga disertai muntah. Sampai saat ini penyebab penyakit kista belum diketahui dengan pasti.

Namun, banyak hal yang bisa memacu kemunculan kista. Misalnya, kebiasaan seorang ibu yang memberi bedak pada selangkangan bayi wanita. Bubuk bedak itu dalam 15 menit akan sampai ke indung telur. 

Perlahan-lahan ia akan membuat dinding telur mengalami rangsangan dan menjadi kista. Faktor lainnya adalah adanya infeksi di daerah panggul yang tidak diobati dengan baik dan radang di selaput dinding rahim.

Kista yang tumbuh saat hamil berbeda-beda jenisnya. Jenis kista tergantung letaknya. Ada yang dinamakan kista endometriosis, kista korpus luteum dan kista ovarium. 

Operasi adalah alternatif terakhir .Sebelumnya, masih ada tindakan lain ,yaitu dengan pemberian obat-obatan. Yang penting adalah dilakukan pengamatan terus-menerus untuk melihat pertumbuhan kista. Juga kemungkinan luruh tidaknya kista dan perubahan status kista dari jinak menjadi ganas.
READ MORE - Selengkapnya

KANDUNGAN ENERGI DARI DAGING KELAPA YANG SUDAH TUA



Indeks Energi Yin dan Yang pada Daging Buah Kelapa

Daging buah kelapa mengandung energi Yin dengan Indeks Energi +5, dan energi Yang dengan Indeks Energi +10 sampai +15. Ini menunjukkan daging buah kelapa merupakan makanan sehat dengan energi Yang lebih tinggi. Daging buah kelapa mengandung asam lemak tak jenuh atau Omega-3 dan Omega-6. Jadi sebenarnya bermanfaat untuk menyeimbangkan kolesterol. Santan yang belum dimasak juga mengandung energi Yin dan Yang yang sama. Jadi santan yang masih segar juga bermanfaat untuk menyeimbangkan kolesterol.

Efek Negatif Pemanasan pada Santan

Tetapi begitu dipanaskan, maka energinya akan menjadi nol. Semakin sering santan dipanaskan, energi Yang akan menjadi semakin negatif. Asam lemak jenuh akan berubah menjadi asam lemak tak jenuh. Jadi santan yang telah dipanaskan, bila dikonsumsi akan berbahaya bagi kesehatan, karena dapat menimbulkan gangguan kadar kolesterol dan plak kolesterol di pembuluh darah.

Minyak goreng juga bersifat sama seperti santan. Semakin sering dipanaskan, energi Yang akan menjadi semakin negatif. Selain itu, energi Yin juga semakin negatif. Bila kita sering mengonsumsi makanan yang mengandung energi Yang negatif, selain gangguan kolesterol, juga dapat menyebabkan panas dalam.

Indeks Energi Yin dan Yang pada Air Kelapa Tua

Air kelapa tua mengandung energi Yin dengan Indeks Energi dari +15 sampai +30, dan mengandung energi Yang dengan Indeks Energi +10. Jadi air kelapa tua adalah makanan yang sehat dengan energi Yin lebih tinggi. Air kelapa tua juga mengandung asam lemak tak jenuh atau Omega-3 dan Omega-6. Jadi air kelapa tua bermanfaat bagi penderita gangguan kolesterol untuk menyeimbangkan kadar kolesterol di dalam darah, serta membersihkan plak kolesterol di pembuluh darah. Selain itu, air kelapa tua juga bermanfaat untuk menyeimbangkan hormon pada wanita dan pria.

Energi 5 Elemen pada Air Kelapa Tua

Air kelapa tua merupakan makanan yang sangat bermanfaat bagi tubuh, karena mengandung energi sehat pada kelima elemen, yaitu elemen Eter, Udara, Api, Air dan Bumi.

Itulah tadi beberapa manfaat dari air kelapa tua. Tentang info mengenai Asam Uratbisa juga anda dapatkan di blog ini. Terima kasih sudah berkunjung di blog kami. Bagi yang ingin berkomentar silahkan berkomentar di kolom yang kami sediakan.

Sumber: www.5elemen.com
READ MORE - Selengkapnya

CIRI-CIRI PENYAKIT KUNING

Penyakit kuning jarang ditemukan disekitar kita karena wabah ini jarang menyerang orang dewasa, umumnya penyakit kuning lebih sering menyerang bayi yang baru lahir atau balita. Namun info kesehatan kali ini akan menerangkan penyakit kuning secara luas baik penyakit kuning pada orang dewasa maupun bayi atau balita.


Ciri – ciri penyakit kuning:


  • Adanya perubahan pada warna kulit dan warna putih pada mata terlihat kekuningan 
  • Meningkatnya kadar bilirubin yang mencapai 2-3mg/dL 
  • Meningkatnya kadar billirubin akan mempengaruhi kerja organ hati sehingga menyebabkan air kemih menjadi kekuningan dengan bau yang cukup tajam. 


Berikut sedikit ulasan dari fungsi dan tugas organ hati:


  • Organ hati berfungsi sebagai tempat menyimpan makanan terutama yang mengandung gula, lemak dan sedikit protein. 
  • Tempat pembuatan protein plasma (darah) dan zat pembeku darah 
  • Membuat cairan empedu yang sangat membantu sebagai zat pencerna dan sel-sel darah merah yang sudah rusak 
  • Tempat untuk membuang dan memusnakan racun serta membentuk sel-sel darah merah pada bayi yang masih dalam kandungan.


Jika penyakit kuning menyerang orang dewasa umumnya dari banyak kasus yang didapat disebabkan oleh kegemaran mengkonsumsi alkohol dalam jumlah yang cukup banyak sehingga menyerang organ hati sehingga akan meningkatkan kadar billirubin dalam tubuh. 


Sedangkan pada bayi penyakit kuning terjadi bila bilirubin dalam darah bayi melewati batas normal, dalam keadaan normal nilai bilirubin kurang dari 10 Ml/l. Yang menyebabkan tingginya kadar bilirubin pada bayi adalah: 


  • Bayi baru lahir, fungsi hatinya belum berjalan 100% 
  • Bayi kurang mendapat sinar matahari pagi antara pukul 7.00 – 08.30 
  • Golongan darah bayi dan ibu berbeda 
  • Pada saat hamil ibu sering mengkonsumsi jamu-jamuan. 


Penanggulangan penyakit kuning pada bayi: 


  • Penyakit kuning normal pada bayi biasanya bisa diatasi dengan sering menjemur bayi dibawah sinar matahari pagi. 
  • Untuk bayi yang memiliki bilirubin tinggi maka dapat dilakukan penanganan menggunakan fototerapi hingga transfusi darah. 
  • Fototerapi Metode ini adalah terapi umum yang dilakukan bagi bayi yang mengalami penyakit kuning. Mata bayi diberi pelindung khusus, kemudian bayi ditempatkan di boks khusus yang diberi lampu berwarnah biru, bayi yang menjalani terapi ini umumnya sebisa mungkin tidak menggunakan pakaian guna memperbesar terkenanya sinar pada seluruh permukaan kulitnya. Lampu yang mengeluarkan cahaya biru ini akan membantu menghilangkan bilirubin. Fototerapi tidak membahayakan bagi bayi, jika bayi mengalami dehidrasi maka cairan akan diberikan melalui infuse. 
  • Tranfusi darah Terapi ini jarang dilakukan, dan biasanya dilakukan pada kasus yang memiliki kadar bilirubin yang mencapai tingkat serius. Darah bayi akan diambil dan kemudian digantikan dengan darah tranfusi dengan jumlah yang sama
READ MORE - Selengkapnya

MENGATASI BAU KAKI DENGAN ALAMI



mypotik akan memberikan tips menghilangkan bau kaki dengan bahan alami. 

Berikut cara-caranya:MENGATASI BAU KAKI DENGAN ALAMI


  • Ambil 9 helai daun sirih tua
  • Siapkan garam dua sendok makan
  • Rebus air 380 sebanyak 1 liter, (satu botol aqua)
  • Masukan daun sirih tadi kedalam air yang dipanaskan.
  • Setelah mendidih, angkat, lalu masukan garam sebanyak dua sendok makan tadi, aduk sampai merata, silakan campurkan air sampai suhunya hangat dan kaki anda dapat berendam di dalamnya,
  • Basuhlah dan bersihkan telapak kaki sampai mata kaki anda secara merata selama 15 menit,
  • Seteleah selesai keringkan dengan handuk.
  • Lakukan ini secara teratur selama 1 minggu, saya jamin bau kaki anda akan hilang.
READ MORE - Selengkapnya

GEJALA PENYAKIT ASAM URAT


Gejala Penyebab Asam Urat

mypotik-GEJALA PENYAKIT ASAM URAT
Berikut ini beberapa gejala asam urat lainnya yang biasa sering dialami bagi penderita asam urat:

  • Badan kita akan terasa pegal dan terasa capek
  • Rasa kesemutan dan linu yang sangat parah
  • Rasa nyeri otot dan bagian-bagian persendian lutut, pinggang, punggung, pinggul, pundak dan bahu sendi yang terkena asam urat terlihat bengkak, kemerahan, panas dan nyeri luar biasa pada malam dan pagi hari.
  • Kebiasaan buang air kecil terutama pada malam hari/pagi hari saat anda bangun tidur.
  • Apabila asam urat sudah menyerang bagian ginjal, maka akan memicu terjadinya kencing batu sehingga sulit untuk buang air kecil.Gejala asam urat disebabkan karena kristalisasi asam urat yang terbentuk dalam sendi-sendi perifer sehingga akan merasakan nyeri pada persendian. Ini dikarenakan daerah persendian tersebut lebih dingin daripada dipusat tubuh. Dan biasanya dalam suhu yang dingin urat cenderung membeku. Gejala lainnya dimana asam urat biasa terjadi akibat kristalisasi dalam persendian ini adalah rasa kesemutan yang sangat parah.

Penyebab Penyakit Asam Urat

Kadar purin yang meningkat dalam tubuh adalah faktor utama terjadinya asam urat, baik yang berasal dari makanan maupun gangguan metabolisme. Apabila asam uratsudah berlebih dan sudah terjadi penumpukan didalam persendian maka akan dirasakan nyeri yang tak tertahankan.

Purin adalah zat yang terkandung dalam setiap bahan makanan seperti buah-buahan dan sayur-sayuran, pada saat kita mengkonsumsi maka zat purin tersebut pindah kedalam tubuh kita. Selain itu juga purin dihasilkan dari perusakan sel-sel tubuh yang terjadi secara normal atau karena penyakit tertentu. Sehingga menjadi penyebab utama penyakit asam urat karena asam urat sendiri merupakan sisa metabolism zat purin yang berasal dari makanan yang dikonsumsi dan juga merupakan hasil samping dari pemecahan sel darah.
READ MORE - Selengkapnya

Wanita Yang Tidak Memiliki Vagina


Dari sekian banyak impian wanita, salah satu impian yang menjadi sifat alaminya adalah memiliki keluarga bahagia, yaitu keluarga dengan suami dan anak-anak yang sehat. Namun terkadang, impian itu tidak semudah kelihatannya. Wanita cantik dari Meksiko ini menceritakan keinginannya memiliki keluarga bahagia, di tengah kondisi langka bahwa dia tidak memiliki vagina.

Sebagai wanita, Anda pasti tahu bahwa vagina adalah salah satu organ reproduksi yang sangat penting. Vagina akan menjadi jalan bagi sperma untuk melakukan pembuahan, sekaligus jalan kelahiran janin. Faktanya, tidak semua wanita lahir dengan organ reproduksi yang lengkap.


Ada kondisi langka bernama sindrom Mayer-Rokitansky-Kuster-Hauser (MRKH), kondisi tersebut menyebabkan organ reproduksi wanita (khususnya vagina) tidak berkembang atau tidak ada sejak lahir. Salah satu penderita itu adalah seorang wanita Meksiko yang tidak disebutkan namanya.

Wanita ini menjadi salah satu dari empat wanita yang mendapat vagina buatan dari laboratorium Wake Forest Baptist Medical Center's Institute for Regenerative Medicine. Organ tersebut dikembangkan dengan bantuan sel wanita itu sendiri, dilansir oleh Dailymail.co.uk.


"Pada awalnya tidak mudah saat berpikir bahwa ada bagian tubuh Anda yang dibuat di laboratorium," ujar sang wanita. "Bayangkan saat Anda memuali dari titik di mana Anda sangat takut dan merasa tidak normal. Namun seiring berjalannya waktu, dukungan dari teman, pasangan dan keluarga, membuat saya menjadi orang yang beruntung," lanjutnya.

Wanita ini didiagnosis memiliki sindrom MRKH di usia 18 tahun. Dia mengatakan bahwa saat itu menjadi masa paling putus asa dalam hidupnya. Apalagi ketika dokter mengatakan bahwa dirinya tidak akan memiliki anak, dan proses penerimaan akan sindrom itu menyakiti hatinya.


Namun delapan tahun berlalu, organ vagina yang dibuat oleh para ilmuwan diterima tubuhnya dengan baik. Operasi penanaman vagina buatan ini berlangsung antara tahun 2005 hingga 2008 pada perempuan usia 13 hingga 18 tahun yang memiliki sindrom MRKH.

Sekarang, wanita cantik ini masih menyimpan harapan untuk memiliki keluarga yang bahagia. Wajar rasanya jika seorang wanita ingin memiliki anak dan membangun keluarga, termasuk bagi wanita ini. Walau dokter mengatakan bahwa impian itu tampak sulit untuk diwujudkan, wanita dari Meksiko ini tetap optimis bahwa keinginannya bisa terkabul.

Semoga saja kemajuan ilmu kedokteran dan harapan yang tidak putus bisa mengantar wanita ini pada impiannya.
Vemale.com - 
READ MORE - Selengkapnya

KESUBURAN WANITA DAN MITOSNYA


Memang ada banyak simpang siur informasi yang beredar seputar kesuburan. Namun, benarkah semua itu?! Mari kita simak beberapa sanggahan berikut.

Jika menstruasi teratur, maka saya pasti subur.

Kenyataannya: periode mens yang tidak teratur bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya sindrom polistik ovarium (PCOS) atau stres. Bagaimanapun, kenyataan bahwa mens Anda teratur tidaklah menjamin bahwa tidak ada masalah dengan kesuburan Anda. Deretan masalah lain bisa menjadi penyebab terganggunya kesuburan seorang wanita, misalnya seperti tersumbatnya tuba falopi, masalah pada struktur tulang rahim, dan sebagainya.


Jika saya menjaga kesehatan, maka kesuburan saya otomatis terjaga juga.

Kenyataannya: Diet sehat, pola makan yang baik dan bergizi, dan olahraga secara teratur, memang dianjurkan agar Anda siap mengandung. Namun, hal ini juga bukan berarti bahwa tubuh yang sedang dalam kondisi fit, bisa membuat Anda mengandung dengan mudah.

Semua hal yang disebutkan di atas, seperti struktur tulang rahim, keadaan tuba falopi, hingga ada/tidaknya polip, sedikit banyak turut mempengaruhi kemampuan seseorang untuk hamil.

Jika saya pernah punya bayi, maka saya tidak punya masalah jika ingin hamil lagi.

Kenyataannya: semakin tua seorang wanita, maka boleh dikata itu juga mempengaruhi tingkat kesuburannya dan kemampuannya untuk mengandung. Jadi, tidak bisa dipastikan bahwa Anda dapat dengan mudah hamil lagi, meski Anda pernah punya anak sebelumnya.

Ketidaksuburan semata-mata merupakan masalah kaum wanita saja.

Kenyataannya: ketidaksuburan itu menimpa semua kaum, baik wanita, maupun pria. Jadi, jika pasangan sulit memiliki anak, maka ada baiknya keduanya sama-sama memeriksakan diri.

Usia mempengaruhi kesuburan.

Kenyataannya: memang benar demikian. Tingkat kesuburan seorang wanita mulai menurun saat usianya mulai memasuki 30 tahun. Hanya karena beberapa selebriti mengandung di usia 40 tahun, maka tak berarti bahwa ia hamil secara alami. Bisa dengan bantuan teknologi, namun bisa juga karena keajaiban.

Jadi, jika saat ini Anda berusia di bawah 30 tahun, dan sedang berusaha untuk mendapatkan keturunan, namun sulit untuk itu, maka segera konsultasikan dengan dokter kandungan untuk mencari apa penyebabnya
http://www.vemale.com/
READ MORE - Selengkapnya

MENCEGAH KEPUTIHAN SAAT MENGANDUNG


Keputihan bisa terjadi secara normal dan abnormal. Apabila lendir keputihan yang keluar dari vagina itu berwarna bening dan tidak terlalu banyak, hal ini termasuk dalam kategori normal. Namun apabila yang terjadi adalah lendir keputihan keluar sangat banyak dan sering, apalagi berbau amis, nah anda perlu berhati-hati.

Keputihan yang keluar secara berlebihan dapat mengganggu pertumbuhan si janin walaupun dalam prosentase kemungkinan yang sangat kecil. Keputihan yang berlebih tersebut biasanya terjadi akibat kuman yang bisa diatasi dengan obat sesuai resep dokter.

Nah, bagaimana cara mengatasi keputihan saat hamil? Anda harus lebih memperhatikan kebersihan vagina anda. Upayakan untuk sering mengganti pakaian dalam anda. Gunakan pakaian dalam yang menyerap keringat agar area intim anda tidak terlalu lembab.

Anda juga perlu untuk tidak menahan buang air kecil karena menahan buang air kecil akan menimbulkan resiko infeksi yang memungkinkan terjadinya keputihan. Selain itu, hindari penggunaan panty liner karena akan menyebabkan bakteri dan kuman tumbuh dengan pesat di atas permukaan panty liner tersebut.

Hindari penggunaan sabun vagina yang bersifat antiseptic, bersihkan saja dengan air yang mengalir. Hindari pula mandi atau berendam di air hangat karena jamur lebih suka tumbuh di tempat yang hangat.
READ MORE - Selengkapnya

GEJALA PENYAKIT MENINGTIS


Penyakit meningitis dapat dikenali melalui sejumlah gejala umum yang menyertainya, ujar Dokter dari Divisi Alergi Imunologi Klinik, Departemen Ilmu Penyakit Dalam RSCM, Dr.dr. Iris Rengganis, Sp.PD.,KAI, FINASIM. 


Gejala umum ini ialah sakit kepala, demam, batuk, pilek, kaku kuduk dan radang tenggorokan. "Ada pula gejala lain termasuk meningkatnya kepekaan pada cahaya terang, sering merasa gelisah serta muncul ruam merah dan ungu pada kulit," ujar Dr.dr. Iris Rengganis, Sp.PD.,KAI, FINASIM dalam kampanye soal penyakit meningitis di Jakarta,  

Dokter Iris mengungkapkan, pada tingkat lanjut, seseorang bisa mengalami hilang kesadaran dan pingsan. 

Menurutnya, hanya dalam kurun waktu 24 jam, tingkat keparahan meningitis dapat meningkat. Akibat terburuk apabila tidak cepat ditangani ialah kematian. Penyakit meningitis merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri meningokokus yang menyerang selaput otak dan sumsum tulang belakang. 

Infeksi ini bisa terjadi karena adanya peradangan yang disebabkan virus maupun bakteri pada selaput tersebut. 

Menurutnya, anak-anak merupakan pihak yang paling beresiko terkena penyakit meningitis karena sistem kekebalan tubuhnya belum sempurna. Di samping itu, penyakit ini juga mudah menyerang seseorang dengan gangguan sistem kekebalan tubuh, iritasi nasofaring (karena rokok, infeksi saluran pernafasan). 

Kemudian, lanjut ia, penularan meningitis umumnya terjadi bila melalui kontak langsung dengan penderita atau terpaparnya cairan tubuh penderita melalui ludah, dahak, ingus, cairan bersin dan cairan tenggorokan. 

Untuk mencegah terkena penyakit meningitis, dr. Iris menyarankan untuk menerapkan perilaku hidup bersih, seperti kebiasaan mencuci tangan, mengenakan masker terutama saat bepergian ke wilayah endemik meningitis, mengonsumsi makanan dan minuman dengan asupan nutrisi seimbang, dan vaksinasi. 

"Mengingat cara penyebarannya yang sederhana dan dampaknya yang mematikan walaupun setelah mendapatkan perawatan, tindakan preventif menjadi salah satu upaya terbaik guna mencegah penularan penyakit ini," katanya. Ia menambahkan, bila seseorang terlanjur menderita meningitis, maka dibutuhkan segera penanganan ahli medis.
READ MORE - Selengkapnya

Gizi Dalam Buah Nanas


Buah Nanas, yang juga dikenal sebagai PiƱa dan Ananas merupakan salah satu jenis buah tropis yang paling terkenal dan dicintai di seluruh dunia. Buah nanas dipercaya berasal dari Brazil dan Paraguay dan diyakini telah diperkenalkan ke Eropa oleh Christopher Columbus. Biasanya musim panen raya nanas berlangsung antara bulan Maret dan Juni, namun di beberapa daerah buah nanas dapat dijumpai sepanjang tahun meskipun kualitasnya tidak seperti ketika panen raya.

Tanpa kita sadari ketika kita mengkonsumsi buah nanas, kita juga telah berperan aktiv dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Hal ini tidak terlepas dari kayanya kandungan gizi yang ada dalam buah nanas. Jika Anda belum pernah mengetahui apa saja kandungan gizi buah nanas, berikut ini penjelasannya secara lengkap!

Fakta Tentang Kandungan Nanas
  • Komposisi alami nanas terdiri dari kalori, mineral (kalsium, fosfor, besi, natrium, kalium, magnesium, tembaga, mangan dan selenium), gula (glukosa, dekstrosa, fruktosa), dan vitamin (A, B1, B2, B6 , B12, C, E, K), dll
  • Rata-rata dalam 1 ounce atau 28 gram nanas kering terdapat 85 kalori, atau jika masih dalam keadaan basah butuh 165 gram nanas basah untuk mendapatkan kalori sejumlah tersebut.
  • Buah nanas mengandung lemak dan sodium dalam jumlah yang kecil serta tidak memiliki kandungan kolesterol sama sekali. Jadi, buah ini sangat baik bagi Anda yang sedang merencanakan diet untuk mengurangi berat badan.
  • Nanas merupakan sumber yang sangat baik dari Vitamin C atau asam askorbat. Berdasarkan data penelitian diketahui bahwa rata-rata terdapat 15 mg Vitamin C dalam per 100 gram nanas segar.
  • Hampir semua jenis vitamin B juga ditemukan dalam buah nanas. Hal ini membuat buah nanas menjadi salah satu buah paling sehat yang pernah dikenal.
  • Meskipun tidak mengandung lemak dan kolesterol, buah nanas mengandung jumlah gula yang cukup tinggi, yaitu 1,7 g (glukosa) dan 1,9 g (fruktosa) per 100 gram buah nanas segar.
  • Karena mengandung gula dalam jumlah cukup banyak, buah nanas tidak dianjurkan untuk dikonsumsi pasien penderita diabates.
Semua kandungan buah nanas di atas ditemukan di seluruh varietas nanas. Tidak perlu ragu untuk mengkonsumsi buah nanas setiap hari karena ada beragam manfaat kesehatan yang ada di dalamnya. Apabila Anda tidak terlalu suka mengkonsumsi buah nanas segar, produk olahan nanas seperti jus nanas atau manisan nanas merupakan salah satu alternatif yang bisa Anda pilih. Selamat menikmati!
READ MORE - Selengkapnya

BERBAGAI PENYEBAB KAKI BENGKAK



Kaki bengkak kerap dialami wanita baik saat hamil atau tidak hamil. Penyebabnya beranekaragam, mulai dari salah memakai sepatu/sandal, terjatuh, terlalu lama berdiri, dan lain sebagainya.

Kaki yang bengkak sebaiknya tidak dibiarkan saja. Dilansir Boldsky.com, inilah cara mengatasi berbagai macam kaki bengkak.

Berendam air garam

Campurkan garam ke dalam air hangat di sebuah bak, kemudian rendam kaki Anda dan jangan terburu-buru diangkat. Setelah itu, cuci kaki hingga bersih dan tidurlah yang nyenyak.

Air tersebut juga bisa ditambah beberapa tetes aromatherapy agar memberikan relaksasi.

Massage

Panaskan minyak zaitun/ kelapa dengan tungku, kemudian massage kaki dengan menggunakan minyak hangat tersebut. Massage ini mengurangi bengkak dan stres sehingga peredaran darah lebih lancar dan tidurpun nyaman.

Yoga

Beberapa pose yoga membantu meredakan bengkak karena peredaran darah jadi lebih lancar. Yoga juga memberikan energi pada tubuh sehingga jadi lebih bersemangat dan segar.

Detox tubuh

Salah satu cara lain mengurangi bengkak di kaki adalah dengan melakukan detoks tubuh. Detoks terbaik yaitu dengan minum air yang cukup sehingga tubuh tidak sampai dehidrasi dan kekurangan oksigen
READ MORE - Selengkapnya

Ibu Hamil Makan Buah Nanas?

Anjuran memperbanyak kosumsi buah sudah jamak kita dengar. Tapi tunggu dulu, harus kita akui juga bahwa dalam bebera kondisi, seseorang malah dilarang mengkonsumsi buah tertentu. Salah satu yang mungkin pernah Anda dengar adalah nanas. Bolehkah ibu hamil makan buah nanas? Pertanyaan itu sudah pasti pernah singgah di telinga Anda. Dan jawabannya adalah? 

Maybe Yes Maybe NO! 

“Maybe Yes Maybe No” boleh jadi merupakan jawaban yang terbaik kita lontarkan apabila ada yang bertanya : Bolehkah ibu hamil makan buah nanas? Pasalnya, untuk menjawab pertanyaan ajaib ini, terlebih dahulu kita harus memastikan kondisi si ibu hamil. Apabila menurut dokter kandungan, kehamilan si wanita kuat dan baik-baik saja, mengapa harus menghindari buah nanas? Sebaliknya, meskipun si wanita ngidam buah nanas, tapi kondisi kehamilannya lemah dan pencernaannya sensitive, ia lebih baik menghindari nanas! Jadi, intinya berkonsultasilah pada dokter kandungan. Buah, termasuk nanas, sangat baik. Tapi kondisional! 

Kandungan Bromelain Yang Tinggi 

Tahukah Anda bahwa nanas, khususnya yang masih muda, banyak mengandung bromelain.Senyawa ini cukup merugikan bagi wanita sebab bisa melemahkan rahim. Memang mengkonsumsi buah nanas muda tidak selalu berakhir dengan keguguran. Tapi, apabila wanita tersebut memang memiliki leher rahim yang lemah dan ditambah lagi dengan pengaruh nanas, maka potensi keguguran tentu akan semakin besar. Bromelain pada nanas ini diketahui bisa memicu kontraksi yang berlebihan di mulut rahim. Jadi, waspada! 

Selain itu, jika seseorang bertanya pada Anda “Bolehkah ibu hamil makan buah nanas?”,sebaiknya Anda menjawabnya dengan kata “tidak”. Mengapa? Sebab kadar asam pada buah nanas cukup tinggi sehingga bisa memicu rasa kurang nyaman pada perut mereka yang mengkonsumsinya. Dan apabila pencernaan sensitif, nanas bisa saja memicu diare. Bagi ibu hamil, diserang diare saja tentu hal yang merepotkan bukan? Jadi, hindari saja nanas. itu pilihan yang paling aman. Pilih buah-buah lainnya yang direkomendasi oleh dokter kandungan Anda. Memang nanas merupakan sumber vitamin C yang baik. Tapi, bukan satu-satunya kok! Masih ada tomat, jeruk, markisa, sirsak dan buah nikmat lainnya. Selamat berburu buah ya!
READ MORE - Selengkapnya

Kajian Medis Buah Nanas Muda


Kehamilan merupakan masa-masa membahagiakan sekaligus mengkhawatirkan. Bahagia, sebab dalam rentang bulan, jumlah anggota keluarga akan bertambah. Tapi juga menkhawatirkan sebab masa kehamilan sesungguhnya cukup rawan, jika salah bertindak maka taruhannya adalah kesehatan sang ibu pun bayi yang dikandungnya. 

Salah satu larangan yang sering kita dengar seputar kehamilan adalah buah nanas muda. Sejak dahulu kala, nenek moyang kita melarang wanita yang tengah hamil muda mengkonsumsi buah nanas yang masih muda. Konon kabarnya, buah dengan kulit bersisik ini bisa menyebabkan keguguran janin. Mitos atau fakta? 


Buah nanas muda memiliki warna hijau yang terlihat jelas pada kulit buahnya yang bersisik. Adapun daging buahnya cenderung berwarna kuning muda dan memiliki cita rasa asam yang dominan ketimbang manis. Memang, bagi sebagian orang, rasa nanas muda ini cukup menggoda. Tapi, di balik rasa tersebut, terdapat ancaman serius utamanya bagi mereka yang sedang hamil. Kepercayaan ini bukan sekedar mitos belaka sebab penelitian membuktikan bahwa buah nanas muda banyak mengandung senyawa bromelain. 

Unsur tersebut sendiri memiliki sifat yang merugikan yakni melemahkan leher rahim atau serviks. Jadi, jika Anda mengkonsumsi buah nanas muda, maka kandungan senyawa di dalamnya akan memicu kontraksi berlebihan dan dini pada rahim. Hal ini tidak selalu berujung pada keguguran, sebab kondisi rahim masing-masing wanita berbeda-beda.Untuk lebih amannya, jauh lebih baik jika Anda mengkonsultasikan pada dokter kandungan mengenai aman tidaknya jika Anda mengkonsumsi buah nanas. 

Perlu juga dipahami bahwa laporan kasus kehamilan yang gugur akibat buah nanas muda memang jarang. Namun, jika Anda percaya pada nasehat leluhur, sebaiknya Anda menghindari nanas sebab biasanya sebuah larangan yang diturunkan dari generasi yang satu ke generasi lainnya selalu didasarkan pada pengamatan juga pengalaman yang mendalam. 

Menyebabkan Diare Juga Maag 

Selain kandungan bromelain yang tinggi, buah nanas muda juga mengandung kadar asam yang melimpah. Dengan demikian sangat berpotensi memicu penyakit maag juga diare bagi calon ibu yang kondisi pencernaannya sensitive. Memang buah yang satu ini mengandung vitamin c dan juga nutrisi membangun lainnya, namun dalam kondisi dan jumlah tertentu, buah ini akan berbalik merugikan Anda. Karena itu, waspada dini merupakan pilihan yang bijak. Salah satu hal yang wajib Anda lakukan adalah membatasi jumlah buah nanas muda yang Anda konsumsi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selanjutnya, segera berkonsultasi untuk memastikan apakah nanas muda aman atau justru berbahaya bagi Anda.
READ MORE - Selengkapnya

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails