Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

MENGENAL PENYAKIT MERS


Penyakit Mers adalah penyakit akibat virus yang ditahun 2014 ini sangat marak sekali terutama karena ada beberapa kasus akibat penyakit tersebut yang mengakibatkan kematian pada penderitanya, sehingga perlunya untuk mengenal lebih lanjut Gejala Penyakit Virus Mers CoV Penyebab dan Ciri-ciri atau Tanda-tanda Mers.

Middle Eastern Respiratory Syndrome disingkat Mers merupakan penyakit yang disebabkan oleh suatu virus CoV singkatan dari Corona Virus. Sehingga Penyakit Mers CoV dijabarkan Middle Eastern Respiratory Syndrome Corona Virus yang penyebab utama Virus Mers yaitu virus dalam kelompok Coronavirus dengan ciri virus permukaan tubuhnya diselimuti struktur mirip dengan mahkota.

Virus Mers

Virus Mers CoV merupakan beta coronavirus yang baru dikenali untuk pertama kali pada tahun 2012 di Arab Saudi. Nama Mers CoV juga disebut dengan nama novelcoronavirus atau disingkat "nCoV".

Virus Mers berbeda dengan coronavirus yang telah ditemukan sebelumnya yang menyebabkan SARS pada tahun 2002-2003, dimana saat itu penyakit akibat kelompok virus coronavirus tersebut sangat berbahaya sekali, dimana tercatat pada tahun 2002-2003 yang sempat mewabah dari 8273 kasus ternyata 775 yang meninggal dunia.

Karena Penyakit Mers CoV akibatnya yang sangat berbahaya sekali maka sudah patut untuk mengenal lebih dalam. Virus Mers untuk saat ini telah menjadi berita yang menggemparkan karena banyak orang yang telah tertular dan menderita penyakit mematikan ini, untuk itu kenali lebih baik lagi mengenai penyakit akibat virus mers.

Penamaan Mers-CoV diputuskan oleh kelompok studi coronavirus dari komite internasional untuk taksonomi virus tepatnya pada bulan Mei 2013 yaitu dari nama novelcorovirus (2012) menjadi MERS-CoV (2013).

Mengenal Penyakit Virus Mers

Penyakit Virus Mers sangat mematikan, korban yang terinfeksi 30%-50% meninggal dunia
Penularan Penyebab Penyakit Virus Mers umumnya mengalami kontak dengan korban sebelumnya pada jarak yang sangat dekat dan membutuhkan waktu yang cukup lama.
Bahaya Penyakit Virus Mers adalah untuk sampai saat ini masih belum ditemukan obatnya, untuk pengobatan masih sebatas perlakuan yang diberikan kepada korban untuk mengurangi gejala-gejala Penyakit Virus Mers yang timbul.

Data kematian dari kasus yang disebabkan Mers-CoV dari bulan April 2012 sampai Juni 2013 tercatat sebagai berikut ini :

  • Saudi Arabia : kasus mers 49 dan jumlah kematian 32
  • United Kingdom (UK) : kasus mers 3 dan jumlah kematian 2
  • Italia : kasus mers 3 dan jumlah kematian 0 (tidak ada)
  • Perancis : kasus mers 2 dan jumlah kematian 1
  • Jordania : kasus mers 2 dan jumlah kematian 2
  • Qatar : kasus mers 2 dan jumlah kematian 0 (tidak ada)
  • Tunisia : kasus mers 2 dan jumlah kematian 0 (tidak ada)
  • United Arab Emirat (UAE) : kasus mers 1 dan jumlah kematian 1

Asal Penyakit Virus Mers belum diketahui asal muasalnya, namun diperkirakan berasal dari unta tetapi setelah diteliti ternyata sebagian korban tidak ada kontak dengan unta. Semakin banyak saja penyakit yang belum ditemukan obatnya, seperti halnya penyakit lupus yang beberapa waktu yang lalu sempat membuat panik diberbagai belahan dunia, dan saat ini sedang dikhawatirkan dengan penyakit virus mers.

Gejala Mers
Gejala Mers untuk sebagian besar yang terinfeksi Mers CoV berkembang kesaluran pernapasan yang berat disertai demam, batuk dan napas lebih pendek.

Tanda-tanda atau Ciri-ciri Penyakit Virus Mers

  • Gangguan pernapasan (napas pendek dan susah bernapas)
  • Demam tinggi diatas 38 derajat celcius, bukan panas dalam yang biasa
  • Batuk-batuk dan bersin-bersin berkelanjutan
  • Sakit dada dan sering terasa nyeri
Bila terserang virus mers maka harus dirawat oleh dokter ahlinya untuk mencegah berkembangnya virus mers merusak tubuh penderitanya. Kemungkinan seorang penderita akan kurus untuk itu perlu menambah berat badan dengan konsumsi makanan sehat bergizi juga penanganan lebih lanjut dengan antivirus untuk mengurangi gejala dan penyebaran virus berbahaya tersebut.

Sementara ini untuk Menghindari Virus Mers yaitu menghindari kontak langsung dengan penderita dan juga berusaha menerapkan pola hidup sehat dengan cara menjaga kebersihan tubuh diri sendiri dan juga lingkungan hidup. Menjaga kebersihan bisa dengan cuci tangan setiap saat dengan sabun antiseptik dan mandi secara bersih, cepat cek ke dokter bila sakit yang berkelanjutan seperti sakit dengan gejala demam, batuk-batuk, dan sulit untuk bernafas.

Cara melindungi diri sendiri dari Virus Mers
  • Tutuplah hidung dan mulut dengan tisu ketika batuk dan bersin, dan buanglah tisu ke tempat sampah
  • Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut dengan tangan yang tidak dicuci dengan bersih (gunakan antiseptik untuk mencuci tangan setiap saat)
  • Cobalah untuk menghindari penggunaan alat minum dan alat makan bersama dengan orang yang sedang menderita sakit
  • Bagi yang merasa khawatir akan masa depan dalam menghadapi berbagai penyakit ada baiknya mengikutiunit link terbaik di Indonesia Commonwealth Life investra link asuransi yang menggabungkan proteksi jiwa sekaligus investasi masa depan. Dan untuk Penyakit Virus Mers CoV semoga kedepannya dapat ditemukan vaksin obatnya yang akurat dan dapat ditangani secara baik dan tepat setiap penderitanya sehingga bagi penderita dapat disembuhkan secara total dan virus dapat dihentikan penyebarannya.
READ MORE - Selengkapnya

Mengobati Luka Menahun dengan Plasma


Georg Isbary memang spesialis pengobatan luka kronis. Dia mengobati pasien dengan luka menahun yang sulit sembuh. Bakteri mencegah luka pasien menutup sempurna, walau sudah diobati salep dan antibiotika. 

Dokter ahli kulit dari München ini memanfaatkan perangkat kedokteran yang cuma satu-satunya di dunia. Enam elektroda dengan kilat-kilat kecil yang menciptakan plasma. Terdiri dari partikel bermuatan listrik yang dihembus udara hangat langsung ke luka.

Dr Georg Isbary menjelaskan, "Plasma dalam kondisi berbentuk gas, hingga bisa memasuki bagian yang lebih kecil, yang tidak bisa dicapai cairan atau salep. Artinya, kita bisa menembus hingga lokasi dimana bakteri berada. Keunggulan pengobatan plasma adalah bakterinya diserang dari berbagai arah."

Teknologi plasma dikembangkan di Institut Max-Planck untuk fisika extra-terestrial di Garching. Sejak bertahun-tahun, pakar fisika di sini membangkitkan plasma artifisial, untuk digunakan dalam penelitian di stasiun ruang angkasa.

Dalam eksperimen di ruang angkasa, temanya bukan penyembuhan luka, melainkan riset dasar. Partikel plastik amat kecil dimuati aliran listrik, dan diamati secara spontan membuat formasi teratur.

Dengan itu efek sampingan plasma ditemukan, yakni sebagai obat suci hama ampuh. Sebuah tim peneliti terus melakukan ujicoba perangkat plasma baru. 

Cawan pembiakan bakteri ini selama 30 detik dipapar pancaran plasma. Lalu disimpan semalam dalam lemari pembiak.

Hasilnya pada keesokan harinya amat tegas: plasma menghancurkan dinding sel bakteri. Hanya koloni kecil di pinggiran yang masih hidup.

Dr Julia Zimmermann, dari Max-Planck-Institut mengatakan, "Rencananya, peralatan ini akan diuji coba di klinik untuk mengobati jerawat, beragam penyakit kulit, penyakit jamur atau herpes. Penggunaannya amat mudah, tempelkan di kulit, hidupkan plasmanya, tunggu beberapa detik, semua bakteri mati, baik di kulit atau dalam luka."

Para peneliti terus melakukan riset. Mereka mengembangkan peralatan dari jaringan elektroda, untuk menyucihamakan beragam objek, mulai anggota badan, makanan atau alat operasi.

Plasma hanya bisa terlihat dalam gelap. Oksigen di udara jika dimuati aliran listrik akan menciptakan pancaran sinar ultraviolet yang memiliki efek suci hama. 

Dr Julia Zimmermann menjelaskan, perangkat ini membangkitkan plasma dingin, berupa gas terionisasi. "Kita masukkan tangan ke sini, gas akan mengalir dan meresap hingga ke bawah kuku jari atau luka kecil. Membunuh bakteri, jamur atau virus yang ada pada kulit," jelasnya.

Rumah sakit Schwabing di München amat tertarik pada perangkat semacam itu. Pasalnya, di sini para dokter juga menghadapi masalah bakteri yang multiresisten. 

Setiap grendel di pintu, atau jabat tangan bisa menularkannya. Kini di Jerman makin banyak pasien terinfeksi bakteri semacam ini.

Sumber: Deutsche Welle
http://www.batamtoday.com/
READ MORE - Selengkapnya

PENYEBAB BAU MULUT DAN TIPS MENGATASINYA


Penyebab Bau Mulut Tak Sedap

1. Merokok
  • Selain menyebabkan berbagai penyakit berbahaya, merokok juga penyebab dari bau mulut. Sebaiknya mulai sekarang, berhentilah merokok demi kesehatan badan dan mulut Anda.

2. Gigi Berlubang
  • Salah satu faktor penyebab utama bau mulut adalah gigi berlubang. Disebabkan karena adanya penumpukan sisa makanan pada sela gigi yang berlubang sehingga mengalami pembusukan dan menimbulkan rasa sakit, bau mulu dan gusi bengkak dan infeksi. [ Obat Sakit Gigi ]

3. Tidak Sarapan Pagi
  • Coba Anda rasakan jika tidak sarapan pagi biasanya agak siang mulut Anda menjadi bau. Di dalam mulut, ada bakteri yang bisa menyebabkan bau mulut. Dengan Anda sarapan pagi maka produksi air liur di mulut akan meningkat dan membunuh bakteri penyebab mulut. Selain itu, sarapan dangat baik untuk pencernaan.

4. Penggunaan Behel atau Gigi Palsu
  • Memasang behel atau gigi palsi juga dapat menyebabkan munculnya bau mulut. Karena kawat gigi yang digunakan untuk menekan gigi akan menyulitkan Anda untuk membersihkan gigi secara merata.

5. Sariawan
  • Ketika Anda mengalami sariawan, biasanya terjadi infeksi di mulut dan menyebabkan nanah yang bisa menyebabkan bau mulut. [ Obat Sariawan ]

6. Peradangan pada gusi
  • Masalah peradangan gusi tidak dapat dianggap sepele. Selain dapat menyebabkan bau mulut, peradangan gusi dapat menyebabkan penyakit jantung. Radang gusi awalnya disebabkan plak bakteri yang menempel pada gigi.

Tips Untuk Atasi Bau Mulut Tak Sedap

1. Teraturlah Dalam Menggosok Gigi
  • Menggosok gigi adalah cara yang sangat mendasar untuk menghilangkan bau mulut. Ini adalah suatu keharusan. Jika Anda ingin menghilangkan bau mulut, mulai dari sekarang Anda membiasakan diri untuk menggosok dan membersihkan gigi minimal 2 kali sehari.

2. Tinggalkan Alkohol Dan Jua Rokok
  • Jika Anda adalah orang yang memperhatikan kesehatan, alkohol dan rokok tidak ada gunanya untuk kesehatan. Justru dapat memperburuk kesehatan termasuk kesehatan dalam mulut yang mengakibatkan bau mulut tidak sedap.

3. Konsumsi Vitamin C
  • Vitamin C dapat membunuh pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau mulut. Vitamin C bisa didapat dari buah-buahan seperti jeruk, tomat dan lain-lain.

4. Mengkonsumsi Buah-Buahan
  • Dengan mengkonsumsi buah-buahan maka air liur dalam mulut akan meningkat karena buah-buahan mengandung banyak air dan vitamin C. Contoh buah-buahan yang bisa digunakan adalah pear, apel, jambu, lemon dan lain-lain. Serat buah yang tinggi bisa menjadi pembersih gigi. Selain itu, juga sangat baik untuk kesehatan pencernaan.

5. Perbanyak Minum Air Putih
  • Air putih bermanfaat untuk menjaga kestabilan air dalam tubuh Anda termasuk air dalam mulut Anda, selain dapat menghilangkan bau badan, minum banyak air putih juga dapat menjadikan tubuh Anda lebih segar.
READ MORE - Selengkapnya

CARA ALAMI HILANGKAN BEKAS LUKA





Lidah buaya selain efektif membantu anda dalam menghilangkan bekas luka juga dapat membantu anda untuk mempercepat penyembuhan luka anda. Memang bukan hal yang sulit untuk melakukan terapi ini, tetapi biasanya kebanyakan orang justru tidak telaten dan melakukannya kurang rutin sehingga hasil yang didapat kurang optimal. Caranya padahal sangat sederhana yaitu cukup dengan anda oleskan lendir dari daun lidah buaya kemudian anda tunggu hingga mengering kemudian anda bilas hingga bersih. Lakukan hal ini minimal 1 kali dalam sehari.


Selain lidah buaya, bengkoang pun ternyata juga dapat anda manfaatkan untuk membantu memudarkan bekas luka. Hal ini sudah terbukti dengan beberapa penelitian yang membuktikan bahwa memang beberapa senyawa dalam bengkoang efektif untuk mencerahkan warna kulit. Hal ini pun didukung dengan beberapa produk yang sudah beredar di masyarakat yang ditujukan untuk membantu memudarkan bekas luka dengan bahan utama bengkoang. Jika anda ingin mencoba cara yang lebih alami, anda dapat menumbuk bengkoang hingga halus kemudian anda tempelkan pada bagian kulit anda yang terdapat bekas luka. 
READ MORE - Selengkapnya

CARA ALAMI SEMBUHKAN MATA MINUS


CARA ALAMI SEMBUHKAN MATA MINUS

Sebelum membahas Cara Menyembuhkan Mata Minus Dengan Cepat Dan Alami lebih jauh mengenai beberapa hal yang dapat dilakukan dalam mengatasi mata minus, sebaiknya anda pun perlu mengetahui bahwa mata minus dapat muncul karena beberapa sebab dan kebanyakan orang mungkin belum menyadarinya. Pernahkan anda berfikir bahwa mungkin salah satu kebiasaan anda atau kesukaan anda lah yang menjadi penyebab mata minus? 

Mungkin ada beberapa dari anda yang menyadarinya dan mungkin juga tidak. Namun, perlu anda ketahui bahawa anda yang menyukai aktivitas di depan computer atau laptop sepertinya perlu berhati-hati karena hal ini pun menjadi salah satu penyebab terbesar mata menjadi minus dan kebanyakan dari anda justru kurang menyadarinya karena sudah terlalu disibukkan dengan aktivitas tersebut.

Cara menyembuhkan mata minus dengan cepat dan alami

Jus wortel : 
Salah satu cara Cara Menyembuhkan Mata Minus Dengan Cepat Dan Alami, sederhana, mudah, cepat dan aman yang dapat anda coba yaitu dengan rutin melakukan terapi dengan jus wortel. Dalam wortel mengandung beberapa jenis senyawa termasuk vitamin A yang bagus dalam menjaga kesehatan mata dan tentunya hal ini juga akan berdampak positif pada mata minus anda. Jika anda suka, anda dapat menambahkan anggur merah ke dalam jus wortel tersebut dan sebaiknya jus tersebut anda minum minimal 2-3 kali dalam sehari. Jangan lupa untuk selalu rutin melakukan terapi ini agar diperoleh hasil yang optimal.

Daun sirih : 
Selain wortel, anda dapat memanfaatkan daun sirih untuk terapi mengobati mata minus. Caranya pun sedikit berbeda dengan menggunakan wortel karena di sini anda hanya memanfaatkan untuk penggunaan luar. Caranya yaitu dengan mencuci daun sirih hingga bersih kemudian tempelkan di bagian kelopak mata saat anda akan tidur. Cukup sederhana bukan?Cara Menyembuhkan Mata Minus Dengan Cepat Dan Alami

Melatih mata melihat objek yang jauh : 
Terapi ini cukup digemari banyak orang. Hal ini dikarenakan cukup fleksibel dan dapat anda lakukan di mana pun anda berada. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika anda mulai mencoba dari sekarang.
READ MORE - Selengkapnya

PANDUAN MEMILIH KONTRASEPSI KB YANG TEPAT



Memilih Alat Kontrasepsi adalah keputusan yang sangat bijak bagi sebuah keluarga untuk merencanakan kelahiran untuk anak-anaknya. Dengan merencanakan kelahiran, secara tidak langsung Anda akan meningkatkan kondisi kesehatan keluarga. Memang tidak ada metode alat kontrasepsi yang terbaik untuk Mencegah Terjadinya Proses Kehamilan. Masing-masing alat memiliki kelebihan dan kekurangan, yang akan menimbulkan efek (baik efek negatis atau positif) bagi pemakainya. Namun sebagai pertimbangan utama adalah pilih Alat kontrasepsi paling efektif dan tepat untuk anda dan pasangan.

Sebagai pertimbangan lain sebelum anda Memilih Alat Kotrasepsi untuk KB, adalah dengan memperhatikan beberapa aspek seperti dibawah ini:

  • Apabila anda sedang menyusui, pilih jenis alat kontrasepsi yang tidak mempengaruhi produksi ASI anda. Metode perencanaan kelahiran dengan alat kontrasepsi untuk ibu menyusui adalah: barier (diafragma dan kondom), mekanik (IUD/AKDR/ Spiral), dan alat kontrasepsi hormonal (mini pil, suntik KB per 3 bulan dan injeksi depo progestin/ susuk/implant).
  • Tentukan jarak menunda kehamilan. Apakah dalam waktu dekat (1-2 tahun) atau dalam waktu yang cukup lama (>5 tahun).
  • Pilih alat kontrasepsi yang mengembalikan kesuburan setelah menghentikan penggunaan alat kontrasepsi tersebut.
  • Konsultasikan kepada Dokter dan cari informasi (melalui internet, media cetak atau bertanya kepada orang-orang disekitar anda) mengenai Efek samping dan efektivitas metode Kontrasepsi tersebut. 
Contoh Alat Kontrasepsi dan cara Kerja

Sebagai pertimbangan awal Memilih Alat Kontrasepsi, dibawah ini kami paparkan beberapa macam pilihan kontasepsi, cara kerja dan efektivitas bagi penggunanya:

  • Kondom, mempunyai cara kerja dengan menciptakan pembatas fisik antara organ reproduksi wanita dan sperma pria, sehingga tidak terjadi pembuahan. Kemungkinan gagal dengan Penggunaan Alat Kontrasepsi ini adalah 2-3%. Penggunaan Kondom dapat dikombinasikan dengan penggunaan Spermisida yang berfungsi untuk membunuh sperma. Bentuk alat kontrasepsi ini bisa berupa jeli, krim, tablet atau busa.
  • Diafragma, adalah alat kontrasepsi yang mempunyai cara kerja, dimasukkan persis untuk menutup mulut rahim dengan tujuan mencegah sperma masuk ke dalam uterus. Anda diharuskan menggunakan krim anti jamur atau jeli saat berhubungan badan. Dan Paling lama enam jam setelah berhubungan, Anda harus melepaskannya. Diafragma memiliki tingkat efektivitas yang paling rendah dan tidak efisien. Mungkin karena hal ini, tidak banyak orang yang memilihnya.
  • AKDR/IUD/Spiral, adalah alat kontrasepsi yang berbentuk seperti huruf T, dan dimasukkan ke dalam rahim. IUD dibuat dengan bahan dasar hormon, mampu melepaskan progestin dengan tujuan menghambat ovulasi, dan bisa berfungsi selama 5 tahun mulai dari awal pemasangan. IUD jenis lain adalah dengan metode melepaskan tembaga yang akan menempel pada sperma sehingga dapat menghambat pergerakan sperma. IUD dengan tembaga ini dapat digunakan selama 10 tahun dengan tingkat Efektivitas 98-99%.
  • Susuk/implant, adalah alat kontrasepsi yang dipasang dengan memasukkan jarum kecil ke lapisan bawah kulit di salah satu bagian tubuh Anda (di lengan bagian atas). Selama tiga tahun Jarum tersebut akan mengeluarkan hormon progestin secara perlahan, dengan tujuan mencegah pelepasan telur. Hormon tersebut juga akan menebalkan lendir serviks. Alat kontrasepsi ini mempunyai tingkat efektivitas hingga 99%.
  • Pil Kombinasi, adalah alat kontrasepsi berupa Pil yang mengandung estrogen dan progestin. Kedua hormon tersebut akan mencegah ovulasi dan menebalkan lendir pada mulut rahim sehingga sperma pria tidak bisa berenang mencapai rahim. Pil kombinasi mempunyai tingkat Efektivitas 95-99%.
READ MORE - Selengkapnya

CARA MENJAGA KESEHATAN PROSTAT


Prostat adalah salah satu organ pria yang berhubungan dengan fungsi reproduksi dan seksual. Kelenjar prostat berbentuk seperti buah kenari dan terletak di sekitar uretra. Fungsi prostat adalah mengeluarkan cairan semen untuk melindungi sperma agar tetap sehat.

Gangguan pada prostat umumnya terjadi ketika seorang pria telah berusia uzur atau berusia 50 tahun ke atas, oleh sebab itu pula masalah prostat sering disebut sebagai penyakit orang tua. Beberapa gangguan prostat yang umum diderita kaum pria adalah pembesaran prostat, prostatitis dan kanker prostat.
 
Gangguan prostat umumnya menyerang pria di atas 50 tahun

Setiap pria paling tidak akan mengalami satu kali gangguan pada prostat dalam hidup mereka. Meski demikian, beberapa ahli medis percaya bahwa gangguan-gangguan tersebut dapat dikurangi dengan melakukan beberapa perubahan gaya hidup dan pola makan saat masih muda. Berikut ini 6 cara yang dianjurkan para ahli untuk menjaga kesehatan kelenjar prostat.

Minum Kopi
Tim peneliti Harvard menemukan bahwa pria yang minum enam atau lebih cangkir kopi biasa atau decaf adalah 59 persen lebih aman dari kanker prostat dibanding mereka yang tidak minum. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apa yang di biji kopi yang mungkin membuatnya bermanfaat.

Berhubungan seks

Sebuah studi 2004 di Journal of American Medical Association menganalisis data pada 29.342 pria dan menemukan bahwa pria yang mengalami 21 atau lebih orgasme tiap bulan, sekitar 30 persen lebih aman dari kanker prostat dibanding mereka yang orgasme sampai 4-7 per bulan.

Makan tomat yang dimasak
Penelitian di Harvard pada dekada 1990-an menemukan bahwa tomat yang dimasak bisa menurunkan resiko kanker. Penelitian-penelitian lain turut mengaminkan hasil tersebut. Ditengarai zat likopin yang ada pada tomat menjadi bekerja lebih baik setelah dimasak. Makanlah minimal 2 tip minggu.

Olahraga
Olahraga mengurangi resiko fatal bentuk kanker prostat sebesar 41 persen. Terlebih lagi, di antara korban yang selamat dari kanker prostat, mereka yang berolahraga rutin (bermain tenis, lari, berenang, atau bersepeda) selama 5 jam seminggu memiliki resiko 56 persen lebih rendah dari kematian akibat penyakit tersebut.

Konsumsi ikan
Dalam penelitian pada hewan laboratorium, asam lemak omega-3 DHA dan EPA dalam minyak ikan menghambat tumor. Plus, peneliti Harvard menemukan bahwa pria yang makan ikan tiga kali seminggu mengurangi risiko kanker prostat sebesar 25 persen

Hindari donat
Pria dengan kadar lemak trans yang tinggi dalam darahnya memiliki lebih dari dua kali risiko kanker prostat dibading pria dengan dengan tingkat terendah. Asam lemak meningkatkan peradangan dan resistensi insulin, yang mungkin memainkan peran dalam kanker prostat. Hindari donat panggang dan kue yang mengandung minyak terhidrogenasi.
sc
Seksualitas.net.
READ MORE - Selengkapnya

9 Tips Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita



Menjaga kesehatan Alat Reproduksi Wanita sangat penting. Dan bagaimana cara tepat dan mudah menjaga Kesehatan tersebut, bisa anda perhatikan dalam penjelasan berikut:

  • Bersihkan bagian luar vagina setelah buang air kecil atau air besar, dengan menggunakan air bersih. Dengan arah dari depan ke belakang.
  • Saat memasuki masa siklus menstruasi, sering-seringlah mengganti pembalut terutama pada awal haid yang biasanya banyak mengeluarkan darah.
  • Hindari (douching), yaitu memasukkan jari atau ejakulasi ke dalam vagina, meskipun itu bertujuan membersihkan bagian dalam vagina. Aktifitas yang anda lakukan ini akan menghilangkan bakteri loctobacili dan juga memicu iritasi kulit.
  • Jangan menggunakan sabun atau menyapu shower gel pada vagina karena akan memicu kondisi kering, iritasi kulit dan akan menjadi gatal. Bahkan beberapa wanita sensitif dan alergi terhadap kandungan pewangi serta busa yang ada pada sabun.
  • Lakukan pembersihan dengan menggunakan air pada alat kelamin baik itu suami ataupun istri ketika akan dan setelah melakukan hubungan badan. Sebaiknya anda juga membuang air kecil lebih kurang setengah jam setelah berhubungan badan, hal ini akan mengurangi risiko infeksi kandung kemih.
  • Ganti celana dalam minimal 2 kali sehari, dan apabila anda mengalami keputihan, sebaiknya gunakan panty liner. Saat tidur sebaiknya tidak menggunakan celana dalam, agar sirkulasi udara dan darah lebih lancar.
  • Kondisi bengkak nanah juga dikaitkan dengan infeksi dan pasien mengeluh sakit dan demam. Pengobatan pada gangguan kesehatan reproduksi ini secara incisional dan drainage bertujuan untuk mengeluarkan nanah dan konsumsi antibiotik. Gejala ini juga bisa terjadi pada wanita yang terlalu sering membersihkan bulu kemaluan. Sehingga kebersihan alat potong tersebut juga harus diutamakan.
  • Keputihan normal terjadi pada waktu beberapa hari sebelum haid, ketika mengalami gairah seks, kehamilan dan klimakterik atau setelah menopause. Keputihan yang terjadi pada diluar waktu-waktu tersebut disertai bau tidak sedap, warna yang kuning / kehijau-hijauan, rasa gatal harus diwaspadai dan dikonsultasikan dengan dokter.
  • Hindari penggunaan pembersih vagina yang dijual dipasaran, karena dapat menimbulkan efek samping dan mengubah ph vagina. Produk yang sebaiknya anda hindari adalah apabila setelah digunakan menimbulkan gatal, pedih dan kemerah-merahan. Berbekal dengan tips Mudah Menjaga kesehatan Reproduksi Wanita tersebut diatas, tentu anda sudah dapat mempersiapkan saat-saat indah bersama pasangan. Kehamilan hanya akan terjadi pada sistem reproduksi yang sehat, bahkan juga akan mendukung proses persalinan normal pada bayi anda nantinya.

Ringkasan:

  • Membersihkan vagina cukup dengan air bersih dengan arah dari depan ke belakang,
  • Menjaga Kesehatan Wanita akan mendukung terjadinya kehamilan dan persalinan normal.
READ MORE - Selengkapnya

Sperma kuat karena mangga dan aprikot


Buah Mangga dan Buah Aprikot Untuk Menguatkan dan Menyehatkan Sperma
Sperma yang kuat dan sehat adalah sperma yang mampu bertahan hidup dan berenang dari testis menuju rahim wanita dan kemudian membuahi sel telur. Dari jutaan sperma yang dikeluarkan pria saat mengalami ejakulasi, hanya sedikit diantaranya yang mampu bertahan mencapai sel telur, sebagian besar dari sperma tersebut akan mati atau tersesat di tengah jalan.

Perjalanan sperma membuahi sel telur seperti perjalanan seorang sufi melintasi gurun atau laut, sulit dan banyak halangan. Hanya sperma yang kuat dan sehat saja yang mampu membuahi sel telur wanita.

Sayangnya, pola hidup dan jenis makanan para pria jaman sekarang sering bertentangan dengan kodrat alam sehingga alih-alih memproduksi sperma yang kuat dan sehat, mereka justru menjadi mandul karena memiliki sperma yang lemah atau tidak berkualitas.

Sperma yang lemah adalah salah satu jenis gangguan sperma yang sering dialami kaum pria. Hal ini terutama disebabkan oleh faktor genetik, nutrisi, jenis makanan dan pola hidup.
Jadi bagaimana cara mendapatkan sperma yang kuat dan sehat?

Bagi anda para pria yang baru menikah dan ingin segera memiliki anak perlu membaca hasil penelitian beberapa ahli dari Univesitas Monash dan Univesitas Western Australia menyangkut kesuburan pria di bawah ini.

Para ahli dari kedua universitas tersebut menyebutkan bahwa pria yang rajin mengkonsumsi buah aprikot dan mangga akan memiliki sel sperma yang kuat, sehat dan memiliki tingkat kesuburan yang sangat tinggi.

Hasil penelitian para ahli tersebut di publikasikan dalam sebuah jurnal berjudul Ecology Letters. Mereka menyebut buah mangga dan aprikot memiliki zat antioksidan yang sangat tinggi dan sangat baik baik kesehatan tubuh secara umum.

Salah seorang peneliti, Leigh Simmon yang juga seorang guru besar bidang Biologi Evolusi di Universitas Western Australia menyebutkan bahwa sperma yang mengandung zat antioksidan tinggi lebih mungkin mencapai rahim wanita dan membuahi sel telur.

“Sperma yang mengandung antioksidan memiliki tingkat probabilitas yang tinggi mencapai ovarium dan kemudian membuahi telur wanita,” ujar Simmon dikutip dari Sydney Morning Herald belum lama ini.

Masih menurut leigh Simmon, mangga dan aprikot sangat baik jika dikombinasikan dengan buah dan makanan sehat lainnya yang mengandung vitamin E dan beta karoten seperti bayam, wortel, alvokad, biji-bijian, semua jenis kacang-kacangan, labu, dan minyak sayur.

Agar sperma jadi kuat, lebih sehat, dan lebih banyak, makanlah makanan yang mengandung banyak zat antioksidan. Anda juga disarankan mengkonsumsi suplemen yang mengandung banyak vitamin C dan asam folat. Suplemen-suplemen tersebut dapat membantu tubuh memproduksi sperma dan memperbaiki kebugaran tubuh.

Menurut Simmon, sperma yang kuat dapat melawan radikal bebas yang terdapat di dalam tubuh wanita. Seperti diketahui semua wanita memiliki sistem pertahanan yang menjadi pelindung terhadap zat yang berasal dari luar tubuh.

Memperkuat argumen Leigh Simmon, seorang peneliti lain dari Universitas Monash, Damian Dowling menyebut adanya antioksidan dalam sperma meningkatkan kualitas sperma. “Kualitasnya hampir sama dengan yang terkandung di dalam makanan bayi,” ujar Downling.

Jadi, bagi anda yang ingin cepat mendapatkan anak, tidak ada salahnya sering-sering makan buah mangga dan aprikot, agar sperma anda jadi lebih kuat.
http://www.seksualitas.net

READ MORE - Selengkapnya

MAKANAN MEMPERMUDAH ORGASME


READ MORE - Selengkapnya

MENGATASI DIARE DENGAN ORALIT


Anda tidak harus membuat larutan oralit jika Anda mengetahui penyebab diare itu sendiri.Seperti kata pepatah lebih baik mencegah daripada mengobati. Oleh karena itu kita perlu mengetahui penyebab dan pencegahan dari diare itu sendiri.

Hal-hal yang menyebabkan diare
  • Memakan makanan yang telah dihinggapi lalat, hal ini dikarenakan lalat sebagai pembawa bakteri penyebab diare
  • Tidak mencuci tangan dengan bersih saat hendak makan
  • Lingkungan WC atau jamban yang kotor
  • Minum air mentah tanpa dimasak terlebih dahulu
  • Bisa juga karena alergi terhadap susu
  • dan lain-lain
Hal-hal untuk mencegah diare

  • Usahakan memakan makanan yang bersih, jika sedang tidak dimakan dalam waktu tertentu bisa ditutup atau dimasukkan kulkas
  • Selalu mencuci tangan dengan sabun saat hendak makan
  • Selalu membersihkan lingkungan
  • Meminum air yang sudah masak
  • Jika alergi terhadap susu, bisa menggunakan susu kedelai.
  • dan lain-lain
Cara membuat larutan oralit kemasan
  • Siapkan segelas air (200 ml) yang telah dimasak
  • Masukkan oralit kemasan ke dalam gelas yang berisi air
  • Aduk perlahan sampai larut
Cara membuat larutan oralit sendiri

Jika Anda tidak punya oralit kemasan, jangan khawatir karena Anda juga bisa membuat laruta oralit sendiri. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah

  • 1 sendok teh gula
  • Seperempat (1/4) sendok teh garam
  • 1 gelas air putih (200 ml)

Cara membuatnya adalah dengan melarutkan bahan-bahan di atas yaitu 1 sendok teh gula dan seperempat sendok teh garam ke dalam 1 gelas air putih. Kemduian aduk perlahan hingga semuanya larut lalu bisa diminum.


Takaran pemberian oralit

Untuk memberikan oralit, tentu ada takarannya sehingga tidak terlalu berlebihan yang malah akan membahayakan. Dan juga jangan terlalu sedikit sehingga diharapkan dapat memberikan hasil yang optimal.

  • Untuk anak di bawah 1 tahun, 3 jam pertama diberikan 1,5 gelas oralit. Selanjutnya 0,5 gelas setiap kali selesai berak/mencret
  • Untuk anak di bawah 5 tahun (balita), 3 jam pertama diberikan 3 gelas oralit. Selanjutnya 1 gelas setiap kali selesai berak/mencret
  • Untuk anak di atas 5 tahun, 3 jam pertama diberikan 6 gelas oralit. Selanjutnya 1,5 gelas setiap kali selesai berak/mencret
  • Untuk anak di atas 12 tahun dan dewasa, 3 jam pertama diberikan 12 gelas oralit. Selanjutnya 2 gelas setiap kali selesai berak/mencret
READ MORE - Selengkapnya

RADIASI PADA HANDPHONE DAN PENCEGAHANNYA

Nah, pada artikel ini kita akan membahas mengenai beberapa cara untuk menghindari radiasi handphone atau smartphone yang kita miliki.

  • Jangan menempelkan handphone langsung ke telinga, hal ini bermkasud untuk menjaga jarak handphone yang sedang dipakai langsung ke kepala kita. Gunakan lah handsfree atau semacamnya ketika melakukan telepon. Jika tidak mempunyai handsfree maka gunakan saja speaker phone ketika sedang telepon. Yang penting usahakan tetap menjaga jarak.
  • Usahakan diam di tempat ketika telepon, jika kita mondar-mandir ketika telepon maka akan membuat handphone sering mengirimkan sinyal ke BTS terdekat dan sinyal ini tidak stabil sehingga paparan radiasinya semakin besar.
  • Pastikan sinyal terisi penuh, sinyal lemah pada handphone dipercaya dapat memacu tingkat radiasi yang dikeluarkan menjadi lebih tinggi. Akan lebih baik mematikan handphone ketika sinyalnya sangat lemah.
  • Matikan handphone ketika tidur, jangan sekali-kali menaruh handphone di dekat kepala atau bahkan di bawah bantal ketika tidur dan lebih baik dimatikan saja.
  • Jangan menaruh handphone di celana, lebih baik handphone diletakkan di dalam tas ketika sedang bepergian. Radiasi handphone yang dipancarkan juga berbahaya bagi kesehatan sperma bagi laki-laki.
READ MORE - Selengkapnya

Cara Kerja dan Cara Memakai Nose Up Clipper Yang Benar

Banyak orang beranggapan bahwa mempunyai hidung mancung dapat membuat wajah menjadi lebih cantik atau tampan dan dapat meningkatkan kepercayaan diri.


Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memancungkan hidung tanpa harus melakukan operasi, diantaranya dengan nose up clipper. Nose up clipper dilakukan dengan menjepit hidung secara rutin tiap hari. Sebenarnya metode ini sudah dilakukan dari jaman dulu, seperti orang tua kita yang seirng menjepit hidung kita dengan tangan mereka ketika kita masih kecil dengan harapan kelak nanti ketika kita besar hidung kita menjadi mancung. Namun metode ini terbukti ampuh karena memang susunan tulang hidung kita terbentuk dari tulang rawan yang secara struktur lebih lunak sehingga dapat dibentuk. 



Seperti yang telah disinggung tadi bahwa tulang hidung mempunyai tulang yang relatif lunak sehingga mudah dibentuk. Secara spesifik yang menyebabkan tulangnya menjadi lunak adalah yang disebut dengan kolagen, yaitu zat yang kaya dan elastis terdiri dari protein. Sebagian besar zat ini terdiri dari air yang menyebabkan mudah untuk dibentuk dan lunak. Jika tulang lunak ini diberi tekanan yang sesuai maka bentuk hidung perlahan-lahan akan mengikuti tekanan yang terjadi sehingga hidung yang pesek tulangnya dapat diangkat atau dimajukan sehingga kelihatan lebih mancung. Hidung yang besar juga dapat dibuat menjadi lebih kecil namun terlihat mancung. 

Cara memakai nose up clipper harus rutin dan dilakukan tiap hari. Jepit hidung di bagian tepat di garis hidung untuk mengangkat tulang. Gunakan tiap hari selama kurang lebih 15 menit. Selama pemakaian nose up ini jangan khawatir akan susah bernafas, karena alat ini diciptakan bukan untuk menyiksa Anda. Anda dapat bernafas dengan bebas ketika menggunakan alat ini.
READ MORE - Selengkapnya

Tips Cara Memakai Softlens

Cara memakai softlens yang benar :
  • Cuci tangan terlebih dahulu menggunakan sabun atau cairan antiseptik agar tangan menjadi steril. Jangan memakai lotion, dan sebagainya pada tangan karena dapat merusak softlens. 
  • Keringkan tangan sampai benar-benar kering, tangan yang basah dapat membuat softlens menjadi lentur dan datar
  • Ambil softlens dari tempatnya, pastikan softlens dalam keadaan baik yaitu tidak sobek dan tidak ada kotoran sedikitpun yang menempel. Jika ada kotoran maka bersihkan dulu mengunakan cairan pembersih untuk softlens. 
  • Tempatkan softlens pada jari telunjuk Anda dengan posisi cekungan lensa menghadap ke atas
  • Dekatkan jari telunjuk yang terdapat softlens ke mata, kemudian jari tengah (masih dengan tangan yang sama) menarik kelopak mata bagian bawah.
  • Arahkan bola mata Anda ke atas sehingga otomatis yang terlihat di bagian bawah mata adalah mata yang putih 
  • Tempelkan softlens ke bola mata yang putih di bagian bawah mata
  • Kedip-kedipkan mata secara perlahan-lahan, secara otomatis softlens akan mengikuti arah kornea dan menempatkannya tepat di kornea
  • Ulangi langkah-langkah di atas untuk mata yang kedua. Jika Anda pemula yang masih sulit dengan cara di atas, biasanya karena gerakan refleks mata menolak benda asing yang masuk, coba tahan kelopak mata bagian atas menggunakan tangan Anda yang satunya sembari tangan yang memegang softlens menarik kelopak mata bagian bawah menggunakan jari tengah.
READ MORE - Selengkapnya

TIPS UNTUK ORANGTUA ATASI ANAK YANG PEMALU


Jika Anda mempunyai anak yang pemalu, jangan sekali-kali 'melabelnya', karena akan membuat rasa malu anak semakin menjadi. Ingat, anak akan berperilaku sesuai dengan apa yang dilabelkan. Anda bisa turut andil meminimalkan sifat pemalu pada anak. 

Yang pertaa Anda harus lakukan adalah mencari tahu apa penyebabnya serta dalam situasi dan kondisi seperti apa anak menjadi pemalu. Apakah hanya ketika di luar rumah, di saat situasi tertentu saja, dan sebagainya.


Selanjutnya, orangtua bisa melakukan beberapa tips dibawah ini :

1. Ajari anak untuk bersikap, berperilaku, mau pun bertata krama dalam beragam situasi tertentu. Bagaimana ia belajar memulai percakapan dengan menyapa temannya. Misalnya menanyakan kabar, memuji penampilan, atau membagi makanan ringan yang dibawanya. Setelah komunikasi pertama berjalan lancar, anak bisa belajar mengangkat topik yang sedang hangat atau menjadi kesukaan anak.

2. Beri anak pelatihan agar ia terampil bicara di depan orang banyak atau umum, dimulai dengan berbicara di depan cermin, lalu di depan orangtua dan saudaranya di rumah.

3. Ajarkan juga agar ia dapat memimpin dengan memberinya tugas dan tanggung jawab, seperti memimpin doa di kelas.

4. Doronglah ia agar berani dan terbuka saat mengungkapkan unek-unek atas kekesalannya.

5. Orangtua memberikan contoh, bagaimana menjadi pribadi yang percaya diri dan berani, sehingga anak bisa menirunya. Saat berada di restoran, lalu mendapatkan makanan yang tidak sesuai pesanan, misalnya, orangtua berani memanggil pramusaji untuk memintanya menggantinya.

6. Ciptakan lingkungan yang aman bagi anak, sehingga anak tidak merasa cemas atau takut dipersalahkan, ditertawakan, dimarahi, dan sebagainya.

7. Bantu anak membuat dirinya merasa nyaman dengan perasaannya, juga membantu menumbuhkan rasa percaya dirinya dengan berbagai keterampilan. 

Bila orangtua merasa sudah maksimal namun tetap tak berhasil mengubah sifat pemalu anak, tak ada salahnya meminta bantuan ahli. Dengan begitu, potensi dan kemampuan sosialisasi anak tidak terganggu karena rasa malu yang berlebihan.
READ MORE - Selengkapnya

INFO TENTANG BAYI TIDUR NGOROK



Sebenarnya bayi ngorok adalah hal yang wajar selama tidak mengganggu kesehatan bayi dan memang hal ini sering terjadi pada banyak bayi. Bahkan bayi ngorok bisa menjadi penanda bahwa tidur bayi sangat pulas dan memiliki kualitas tidur yang baik.

Bayi ngorok tidaklah berbahaya jika tetap bisa beraktivitas dengan baik, masih bisa makan atau menyusui dengan lancar, dan tidak mengalami gangguan penyakit atau demam. Bayi ngorok ini disebabkan karena terjadinya penyumbatan pada jalan napasnya. Jadi pada saat bayi ngorok, aliran udara yang masuk dan keluar melalui hidung tidak lancar akibatnya timbul bunyi nafas.

Beberapa bayi mengalami penyumbatan saluran nafas karena banyak faktor. Misalnya karena bayi memiliki riwayat alergi seperti alergi debu, binatang, asap rokok dan sebagainya. Jika hal ini yang terjadi, maka cara mengatasinya adalah mengenali alergi bayi terlebih dulu dan hindarkan dari pemicunya. Selain itu, bayi ngorok bisa menjadi pertanda dia mengalami obesitas. Jika hal ini yang terjadi maka pola makan bayi harus mulai dijaga. Bisa juga bayi ngorok karena sedang flu.

Cara mengatasi bayi ngorok karena flu
Dengan menegakkan tubuh bayi dengan menyangganya menggunakan tangan kemudian mengusap dadanya secara pelan. Bisa juga mengatasi dengan meletakkan bayi agar tengkurap lalu menepuk punggungnya. Namun jangan melakukan hal ini jika bayi baru saja makan.

Cara lain untuk mengatasi bayi ngorok
Dengan mengubah posisi saat tidur yakni memiringkannya. Memiringkan posisi tidur bayi bisa lebih memperlancar saluran nafas dan mengurangi suara ngorok. Cara lainnya adalah dengan bersabar karena mengorok ini akan hilang dengan sendirinya. Semakin bayi mengalami pertambahan usia, suara mengoroknya pun akan berkurang bahkan hilang sama sekali. Jika dirasa dengkurannya mengganggu aktivitas bayi maka konsultasikan ke dokter anak untuk mendapatkan penanganan yang sesuai mengingat penyumbatan saluran nafas bisa dipicu oleh banyak hal.
READ MORE - Selengkapnya

MANFAAT BERMAIN UNTUK KECERDASAN ANAK




Berikut ini 9 manfaat bermain bagi anak menurut buku 'Games Therapy untuk Kecerdasan Bayi dan Balita' yang ditulis oleh Psikolog Effiana Yuriastien dan kawan-kawan:

1. Memahami diri sendiri dan mengembangkan harga diri
Ketika bermain, anak akan menentukan pilihan-pilihan. Mereka harus memilih apa yang akan dimainkan. Anak juga memilih di mana dan dengan siapa mereka bermain.

Semua pilihan itu akan membantu terbentuknya gambaran tentang diri mereka dan membuatnya merasa mampu mengendalikan diri. Permainan memotong kertas, mengatur letak atau mewarnai misalnya dapat dilakukan dalam beragam bentuk. Tidak ada batasan yang harus diikuti.

Identitas dan kepercayaan diri dapat berkembang tanpa rasa ketakutan akan kalah atau gagal. Pada saat anak menjadi semakin dewasa dan identitasnya telah terbentuk dengan lebih baik, mereka akan semakin mampu menghadapi tantangan permainan yang terstruktur, bertujuan dan lebih dibatasi oleh aturan-aturan.

2. Menemukan apa yang dapat mereka lakukan dan mengembangkan kepercayaan diri.
Permainan mendorong berkembangnya keterampilan, fisik, sosial dan intelektual. Misalnya perkembangan keterampilan sosial dapat terlihat dari cara anak mendekati dan bersama dengan orang lain, berkompromi serta bernegosiasi.

Apabila anak mengalami kegagalan saat melakukan suatu permainan, hal itu akan membantu mereka menghadapi kegagalan dalam arti sebenarnya dan mengelolanya pada saat mereka benar-benar harus bertanggungjawab.

3. Melatih mental anak
Ketika bermain, anak berimajinasi dan mengeluarkan ide-ide yang tersimpan di dalam dirinya. Anak mengekspresikan pengetahuan yang dia miliki sekaligus mendapatkan pengetahuan baru.

Orangtua akan dapat semakin mengenal anak dengan mengamati saat bermain. Bahkan, lewat permainan (terutama bermain pura-pura) orangtua juga dapat menemukan kesan-kesan dan harapan anak terhadap orangtua serta keluarganya.

4. Meningkatkan daya kreativitas dan membebaskan anak dari stres
Kreativitas anak akan berkembang melalui permainan. Ide-ide yang orisinil akan keluar dari pikiran mereka, walaupun kadang terasa abstrak untuk orangtua.

Bermain juga dapat membantu anak untuk lepas dari stres kehidupan sehari-hari. Stres pada anak biasanya disebabkan oleh rutinitas harian yang membosankan.

5. Mengembangkan pola sosialisasi dan emosi anak
Dalam permainan kelompok, anak belajar tentang sosialisasi. Anak mempelajari nilai keberhasilan pribadi ketika berhasil memasuki suatu kelompok. Ketika anak memainkan peran 'baik' dan 'jahat', hal ini membuat mereka kaya akan pengalaman emosi. Anak akan memahami perasaan yang terkait dari ketakutan dan penolakan dari situasi yang dia hadapi.

6. Melatih motorik dan mengasah daya analisa anak
Melalui permainan, anak dapat belajar banyak gal. Di antaranya melatih kemampuan menyeimbangkan antara motorik halus dan kasar. Hal ini sangat memengaruhi perkembangan psikologisnya.

Permainan akan memberi kesempatan anak untuk belajar menghadapi situasi kehidupan pribadi sekaligus memecahkan masalah. Anak-anak akan berusaha menganalisa dan memahami persoalan yang terdapat dalam setiap permainan.

7. Penyaluran bagi kebutuhan dan keinginan anak
Kebutuhan dan keinginan yang tidak dapat dipenuhi dengan cara lain, seringkali dapat dipenuhi dengan bermain. Anak yang tidak mampu mencapai peran pemimpin dalam kehidupan nyata, mungkin akan memperlohen pemenuhan keinginan itu dengan menjadi pemimpin tentara saat bermain.

8. Standar moral
Walaupun anak belajar di rumah dan sekolah tentang apa yang dianggap baik dan buruk oleh kelompok, tidak ada pemaksaan standar moral selain dalam kelompok bermain.

9. Mengembangkan otak kanan anak
Bermain memiliki aspek-aspek yang menyenangkan dan membuka kesempatan untuk menguji kemampuan dirinya berhadapan dengan teman sebaya serta mengembangkan perasaan realistis akan dirinya. Dengan begitu, bermain memberi kesempatan pada anak untuk mengembangkan otak kanan, kemampuan yang mungkin kurang terasah baik di sekolah maupun di rumah.

Catatan: Berikanlah pujian kepada anak dengan menggunakan kalimat yang positif dan mampu menjadi penyemangatnya dalam melakukan sesuatu dengan lebih baik lagi. Contoh, saat anak diminta mengambil spidol warna merah, awali dengan kata 'tolong'. Jika anak berhasil mengambilnya, berikan pujian dan ucapkan terimakasih.

Demikian juga ketika ia tidak berhasil menemukannya, ucapkanlah kalimat positif yang tidak mematahkan semangatnya. Tetap ucapkan terimakasih atas hasil jerih payahnya. Misalnya saja, "Makasih ya adik sudah mencarikan spidolnya. Spidolnya ada di dekat buku gambar adik."
READ MORE - Selengkapnya

12 Tanda Pertumbuhan Gigi pada Bayi

Pertumbuhan gigi pada anak berbeda-beda, namun biasanya awal di mulainya pertumbuhan bayi saat usia antara 4 bulan hingga 6 bulan, namun kadang pula ada yang lebih dari itu bahkan kurang. Dan setiap orang tua tidak bisa memprediksi secara tepat kapan gigi mulai muncul pada buah hatinya.


Jenis dan juga tingkat dari tanda-tanda akan tumbuhnya gigi tersebut cukup beragam pada bayi satu ke bayi yang lain. Bagi sebagian bayi, pertumbuhan gigi dapat diartikan sebagai suatu masa ketidaknyamanan yang teramat dan juga suatu waktu dimana ia akan banyak menangis karena pertumbuhan tersebut. Sedangkan bayi yang lain mungkin saja melewati masa pertumbuhan gigi dengan cukup cepat, bahkan tanpa adanya terlalu banyak keluhan. 

Berikut adalah 12 tanda atau gejalan akan dimulainya pertumbuhan gigi pada bayi. Namun tanda-tanda ini bukan berarti semua bayi akan mengalaminya. Seperti disebutkan di atas, kadang ada bayi yang mengalami beberapa tanda di bawah ini, ada yang sebagian kecil atau bahkan tidak mengalami tanda-tanda sama sekali


  1. Pengeluaran air liur. Perlu diketahui bahwa pertumbuhan gigi merangsang pengeluaran air liur dan peristiwa ini pada umumnya terjadi pada bayi usia 10 minggu hingga 3 atau 4 bulan.
  2. Ruam pada dagu atau wajah. Jika bayi anda sedang dalam masa pertumbuhan gigi dan dia mengeluarkan sangat banyak air liur, kemungkinan akan mengalami ruam kulit yang kering yang muncul di sekitar area mulut, dan juga dagu (kadang juga muncul di area leher) bisa saja terjadi. Penyebabnya dalah kontak langsung dengan air liur itu sendiri. Mengusap air liur si bayi dengan sapu tangan atau sejenisnya bisa membantu mengurangi kemungkinan timbulnya ruam. Menggunakan krim kulit khusus untuk bayi juga bisa dilakukan.
  3. Batuk. Banyaknya air liur juga bisa membuat bayi menjadi tersedak dan batuk. Jika tidak disertai dengan tanda-tanda flu, pilek ataupun alergi, tentu tanda yang satu ini tidak perlu dikhawatirkan.
  4. Bayi Sering Menggigit. Tekanan yang ditimbulkan oleh gigi yang akan keluar melalui gusi biasanya menyebabkan bayi merasa tidak nyaman. Ketidaknyamanan tersebut pada akhirnya dilampiaskan melalui gigitan, kepada apapun itu mulai dari mainan yang memang didesain untuk bayi yang giginya sedang tumbuh hingga puting susu (jika bayi masih menyusui) dan juga jari.
  5. Rasa sakit. Peradangan yang terjadi pada jaringan lunak pada gusi bisa menyebabkan rasa sakit yang teramat sangat pada beberapa bayi walaupun kadang sama sekali tidak berpengaruh pada bayi yang lain. Gigi-gigi pertama biasanya adalah yang paling menyakitkan saat tumbuh (termasuk juga gigi geraham yang diketahui sebagai yang paling menyakitkan). Walaupun begitu, beberapa bayi pada akhirnya merasa biasa dengan rasa sakit yang timbul saat pertumbuhan gigi sehingga mereka tidak lagi menghiraukannya.
  6. Rewel. Mulut bayi anda akan terasa sakit saat gigi kecilnya menekan area gusi yang segera timbul keluar. Karena hal ini, sangatlah wajar jika peristiwa ini membuat bayi menjadi tidak tenang. Beberapa bayi mungkin hanya akan rewel selama beberapa jam saja, akan tetapi, beberapa bayi yang lain mungkin akan terus rewel untuk beberapa hari atau bahkan minggu. 
  7. Menolak untuk makan. Karena merasa tidak nyaman, bayi yang sedang rewel bisa saja ditenangkan dengan memberikan botol bayi atau Air Susu Ibu. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa menyusui bisa saja membuat gusi yang terasa sakit serasa semakin buruk saja. Karena alasan itulah bayi yang giginya sedang tumbuh menjadi rewel (baik karena mereka merasa sangat tidak nyaman ataupun juga merasa lapar). Bayi yang sudah bisa mengkonsumsi makanan padat juga biasanya menolak untuk makan selama masa pertumbuhan ini (walaupun begitu, hal ini perlu dicek kembali kepada dokter anak untuk memastikan bahwa bayi anda tidak menghindari beberapa jenis makanan).
  8. Diare. Para ahli sebenarnya sudah menentukan beberapa pokok masalah yang umum muncul saat masa pertumbuhan gigi, akan tetapi, beberapa orang tua mendapatkan fakta bahwa bayi mereka
  9. Demam rendah. Sepertinya para dokter enggan menghubungkan pertumbuhan gigi dengan demam, karena mungkin saja hal ini terjadi di waktu yang sama saat gigi pertama muncul yang bersamaan dengan rendahnya tingkat imunitas bayi yang menyebabkan mereka rentan terkena infeksi dan juga ganguan kesehatan. Walaupun begitu, sama halnya dengan jenis peradangan yang mungkin terjadi di bagian tubuh yang lain, gusi yang sedang meradang kadang juga bisa menyebabkan demam rendah. Demam semacam ini bisa ditangani dengan perawatan yang sama dengan demam rendah yang lain dan juga konsultasi dokter jika demam berlangsung hingga 3 hari.
  10. Lemah. Pertumbuhan gigi tidak hanya bekerja pada siang hari saja. Bersamaan dengan munculnya gigi bayi anda, rasa tidak nyaman juga akan dialaminya pada saat malam hari tiba (bahkan saat dia berhasil tidur nyenyak di malam sebelumnya). Untuk memberinya kenyamanan, pastikan dia bisa kembali tenang. Jika ternyata tidak bisa, anda bisa membantunya dengan menepuknya atau menyanyikan lagi nina bobo untuk menghidari pemberian susu di malam hari (yang akan menjadi masalah bagi anda kelak saat proses pertumbuhan gigi selesai).
  11. Hematoma gusi. Pertumbuhan gigi juga mungkin mnyebabkan pendarahan dibawah gusi yang Nampak seperti gumpalan kemerahan. Kondisi ini tidak perlu dikhawatirkan karena bisa sembuh dengan segera dengan bantuan kompres dingin.
  12. Tarikan telinga; gosokan pipi. Bayi yang tumbuh giginya bisa dengan kesal menarik telinga mereka atau pipi ataupun dagu mereka. Gusi, telinga dan juga pipi berbagi jaringan yang sama oleh karena itu, rasa sakit pada gusi (terutama karena tumbuhnya gigi geraham) bisa saja menjalar ke area lain. Jika hal ini terjadi, anda harus berkonsultasi dengan dokter anak jika anda merasa bahwa bayi anda terganggu tidak hanya karena pertumbuhan gigi yang dialaminya.
READ MORE - Selengkapnya

OPERASI WAJAH KE 17 DARI LISA


LISA, KORBAN PENYIRAMAN AIR KERAS, TELAH MENJALANI OPERASI WAJAH KE 17
Dari kiri ke kanan, wajah Lisa sebelum disiram air keras, setelah disiram air keras, dan setelah operasi face off yang ke 17.

Setelah menjalani operasi wajah selama 17 kali, akhirnya Siti Nur Jazilah alias Lisa (31 tahun), warga asal Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, dilepas oleh tim dokter RSUD dr Soetomo Surabaya, Rabu siang (5/4/2014).

Lisa merupakan korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang terjadi sekitar 7 (tujuh) tahun silam. Wajah Lisa disiram dengan air keras oleh suaminya, Mulyono, pada Maret 2006. Akibatnya, seluruh wajah Lisa melepuh dan harus menjalani 17operasi wajah secara total atau face off. Operasi face off terhadap Lisa ini adalah operasi face off yangpertama kali dilakukan di Indonesia dan oleh tim dokter Indonesia.

Selanjutnya, pada 28 Maret 2006, seluruh wajah Lisa diganti dengan kulit punggungnya selebar 32 sampai 40 centimeter, yang kemudian disambung dengan pembuluh darah depan.

Tanggal 27 April 2006, tim dokter memperbaiki kelopak mata, merapikan luka bekas operasi bibir, garis pipi, leher, pelipis dan punggung. 19 Juli 2006, dilakukan operasi pelebaran garis bibir, membuat lubang hidung, dan menipiskan kedua kelopak mata.

9 Oktober 2006, menipiskan dahi, mengoreksi hidung kanan, dan melebarkan sudut mulut. 5 Januari 2007, penipisan kulit wajah bagian pipi, dahi, ujung kelopak mata, serta menghilangkan jaringan parut di wajah. 22 Maret 2007, menipiskan dahi, mata, hidung, dagu dan leher.

Selanjutnya, 20 Juni 2007. Tim dokter melakukan operasi menghilangkan jaringan parut, memperbaiki dahi dan bibir. 27 Agustus 2007, menipiskan pipi kiri dan kanan. 6 November 2007, meneruskan kedua pipi dan pelipis dengan teknik sedot lemak.

15 Januari 2008, membentuk hidung dari tulang rusuk, membuat kelopak mata dan membersihkan jaringan parut di atas dan bawah mulut. 17 April 2008, memperbaiki sudut mulut kanan dan kiri, leher, kelopak mata. 12 Agustus 2008, memperbaiki kelopak mata di bagian kiri dan kanan.

Kemudian pada 7 Januari 2009, menipiskan muka sebelah kanan, menghilangkan keloid di daerah leher, dan memperbaiki daun telinga kanan. 22 Oktober 2009, melebarkan kelopak mata kiri dan kanan dan lubang hidung serta sudut mulut sebelah kanan.

Medio 22 Juni 2010, meninggikan hidung, memperbaiki dagu dan melebarkan hidung kanan. Kemudian 28 Juli 2011, memperbaiki tiga titik di wajah, hidung, bibir dan pipi kanan. Dan operasi terakhir, yaitu yang ke 17 dilakukan pada 27 Febuari 2013. Operasi ini untuk memperbaiki kelopak mata kanan bagian atas, bibir dan sudut pipi.

Ketua Tim Bedah Plastik Face Off, Prof dr Sjaifuddin Noer SpBP-K mengatakan, ke 17 operasi itu dilakukan, karena posisi kulit wajah yang berubah-ubah. “Operasi itu kira-kira dilakukan selama 20 jam. Karena posisinya berubah dalam beberapa posisi. Dan Alhamdulillah, posisi itu berhasil diperbaiki dengan baik,” kata dia saat hendak melepas Lisa untuk kembali bersosialisasi dengan masyarakat.

Setelah menjalani operasi yang ke 17, lanjut dia, Lisa sudah bisa kita lepas kembali ke masyarakat setelah selama tujuh tahun tinggal di ruang khusus di RSUD dr Soetomo. “Tentu dalam proses. Selama satu tahu kita akan melakukan pendampingan. Lisa kita lepas, maksudnya bukan dilepas total, tapi ada pertemuan selama satu minggu sekali,” tandas dia. (Sumber:Merdeka.com).


Ketua Tim Face Off RSU dr Soetomo, Prof Dr dr Sjaifuddin Noer SpBP(K) didampingi Dr. David S. Perdanakusuma, dr., SpBP (K) menjelaskan titik wajah Siti Nur Jazilah alias Lisa pasien face off yang dioperasi usai operasi koreksi wajah ke-17 di Gedung Bedah Terpadu (GBPT), Rabu (27/2/2013). Operasi wajah tersebut difokuskan di 3 titik, yaitu di bagian kelopak mata kanan bagian atas, bibir dan sudut pipi. (Sumber: Suryaonline). 


Tim dokter melakukan operasi wajah Siti Nur Jazilah alias Lisa pasien face off di Gedung Bedah Terpadu (GBPT) RSU dr Soetomo, Rabu, 27/2 /2013(Sumber: Suryaonline).


Siti Nur Jazilah alias Lisa pasien face off berada di Ruang Pulih Sadar usai menjalani operasi koreksi wajah di Gedung Bedah Terpadu (GBPT) RSU dr Soetomo, Rabu, 27/2/2013. (Sumber: Suryaonline).


Wajah Siti Nur Jazila alias Lisa (31) setelah hampir 8 tahun menjalani rekonstruksi wajah atau face off akibat penyiraman air keras dalam upacara pelepasan di ruang serbaguna, Rabu (5/2/2014). Lisa diizinkan untuk hidup di luar rumah sakit setelah menjalani operasi rekontruksi wajah sebanyak 17 kali selama 7 tahun, akibat tersiram air keras pada tahun 2006. (Sumber: Suryaonline).



Siti Nur Jazila alias Lisa (31) saat ‘dilepas’ oleh tim dokter RSU dr Soetomo setelah hampir delapan tahun menjalani rekonstruksi wajah atau face off akibat penyiraman air keras dalam upacara pelepasan di ruang serbaguna, Rabu (5/2/2014). Lisa diizinkan untuk hidup di luar rumah sakit setelah menjalani operasi rekontruksi wajah sebanyak 17 kali selama 7 tahun, akibat tersiram air keras pada tahun 2006. (Sumber: Suryaonline).


Siti Nur Jazila alias Lisa (31) berbincang dengan Dr Nalini Muhdi Sp KJ usai ‘dilepas’ oleh tim dokter RSU dr Soetomo setelah hampir delapan tahun menjalani rekonstruksi wajah atau face off akibat penyiraman air keras dalam upacara pelepasan di ruang serbaguna, Rabu, 5/2/2014. (Sumber:Suryaonline).
sumber http://iwandahnial.wordpress.com/

READ MORE - Selengkapnya

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails