Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

TAHAPAN PENGLIHATAN PADA BAYI BERDASARKAN UMUR


Penglihatan merupakan keterampilan yang dipelajari dari mulai bayi anda lahir. Dengan stimulasi yang tepat dapat membantu mengoptimalkan kemampuan penglihatan bayi. Sebelum anda memberikan stimulasi pada penglihatan bayi anda yang akan membantu dalam menggerakan bola mata, mengkordinasi kedua mata dan memfokuskan mata, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu informasi mengenai tahapan penglihatan bayi sesuai dengan usia bayi anda.

Sebelum belajar meraih benda, merangkak atau duduk bayi anda terlebih dahulu memperoleh informasi dari apa yang dilihatnya. Kemampuan ini sangat mengagumkan karena dengan cara ini bayi anda lebih mengenai warna-warni dan mengenali wajah orangtuanya.

Berikut adalah tahap penglihatan bayi sesuai usia :

Bayi Baru Lahir

Pada saat bayi lahir memiliki daya penglihatan yang belum sempurna. Meskipun demikian bayi lebih menyukai melihat visual wajah ibu. Kemampuan bayi yang baru lahir hanya dapat melihat orang dan objek dengan jarak pandang 19,6cm-29,4 cm. Meskipun demikian ini sudah dapat mengenali anda ketika memberikan ASI dengan mengenali wajah. Perkembangan selanjutnya pada usia 6 minggu yang mampu mengenali objek atau bendayang dapat berpindah dari arah kanan atau kirinya. Stimulasi penglihatan pada bayi sebenarnya sudah mampu anda lakukan semenjak di dalam kandungan . Anda dapat memberikan paparan cahaya untuk dapat membantu merangsang bayi anda. Setelah lahir anda dapat menstimulasi dengan cara memberikan ASI karena kandungannya yang dapat membantu penglihatan yang baik terutama jaringan saraf retina bayi.

Bayi  Usia 3-5 Bulan

Pada usia ini, bayi sudah dapat fokus dan melihat pergerakan benda atau objek yang bergerak di kanan kirinya. Memasuki usia 4 bulan bayi anda akan lebih sensitif terhadap cahaya. Pada usia 3 bulan deteksi cahaya seorang bayi hanya 10 kali lipat dari usia orang dewasa sehingga anda dapat meredupkan lampu sedikit lebih redup. Untuk melakukan stimulasinya anda dapat merangsang bayi anda dengan membuat kamar tidurnya penuh dengan warna ceria, dengan ini akan membantu dalam perkembangan penglihatan bayi anda. Jauhkan pula lampu malam sehingga dapat memberikan stimulasi optimal.

Bayi Usia 6-10 Bulan

Pada usia 6 bulan penglihatan bayi anda memasuki tahap sempurna dikarenakan kemampuannya dalam melihat dengan jelasdan akurat untuk mengikuti objek atau benda yang bergerak. Pada usia ini mengalami kontrol gerakan mata dan kordinasi. Untuk memberikan stimulasinya anda mengenalkan mainan bayi dengan beranekaragam warna dan juga mengenalkan buku cerita dan juga dapat anda ajak untuk menikmati pemandangan.

Bayi Usia 11-18 Bulan

Kemampuan bayi anda sudah lebih berkembang, bayi sudah dapat melihat benda yang bergerak dengan cepat. Baru pada usia 15 hingga 18 bulan kemampuannya dapat berkembang dengan baik sama dengan penglihatan orang dewasa. Stimulasi yang dilakukan adalah dengan merangsang perkembangan mata-tangan dan tubuh bayi dengan bermain di lantai dan dorong untuk menggapai objek. Tempatkan mainan favoritnya sehingga dia meraih dan mengingatnya sambil melatih kemampuan merangkaknya.
disarikan dari http://bidanku.com
READ MORE - Selengkapnya

INFO PENGOBATAN DAN PENCEGAHAN SAKIT PERUT


  • Berbaringlah di tempat tidur untuk mengurangi rasa nyeri yang timbul.
  • Bila sakit perut karena diare (mencret), berikan larutan elektrolit pencegah dehidrasi seperti Oralit™, Pharolit™, dll. Larutan elektrolit bisa dibuat sendiri dengan mencampurkan 1 sendok teh gula pasir dan ¼ sendok teh garam, seduh air hangat, aduk, minum 3-4 kali sehari. Pengobatan juga bisa dengan beberapa lembar daun jambu biji, cuci bersih, tumbuk halus, seduh air hangat, saring, airnya diminum 3-4 kali sehari. 

  • Jika balita sakit perut disertai demam, berikan sirup obat mengandung parasetamol untuk menurunkan demam. Ukur suhu tubuh anak dengan thermometer. 

  • Sakit perut akibat makan tidak teratur, sering minum kafein atau minuman beralkohol, bisa menyebabkan sakit maag (Gastritis). Maag timbul karena kelebihan asam pencernaan sehingga meng-iritasi lambung. Gejalanya nyeri ulu hati, perut kembung, cepat kenyang, bersendawa ketika lapar, mual, muntah. Pengobatan alami dengan kunyit, dicuci bersih, diparut, tambah sedikit air, peras, airnya diminum 2 kali sehari, pagi sebelum makan dan malam sebelum tidur. Bisa juga dengan makan teripang laut (sea cucumber sering disebut gamat atau timun laut). 

  • Sakit perut karena makan makanan yang pedas sehingga usus sulit mencernanya, dapat diatasi dengan minum air seduhan rempah-rempah butiran jintan hitam atau Habbatussauda (Nigella sativa) ditambah sedikit garam.

  • Sakit perut karena kembung akibat gas dari makanan berserat seperti sayur kubis (kol), sawi, umbi-umbian, dll atau mengkonsumsi buahan seperti apel, cherry, bisa diobati dengan minum banyak air hangat dan mengoleskan minyak kayu putih di sekitar perut agar angin dapat keluar (buang angin). Bisa juga dengan minum teh hangat (jangan pakai gula) untuk menetralisir gas. Pada bayi, dengan mengoleskan minyak telon di bagian perut, kemudian ambil daun pohon jarak pagar, dihangatkan di atas kompor (perapian), tempel pada bagian pusar bayi. Kadang gas akan keluar bersamaan dengan kotoran saat buang air besar ( BAB ). 

  • Bila setelah mengkonsumsi makanan atau minuman mengandung laktosa (susu atau produk turunan susu), tiba-tiba anda merasakan sakit perut, mual, kram, perut kembung, dan diare, maka anda mengalami alergi yang disebut Intoleransi Laktosa. Pengobatan dengan menghentikan konsumsi susu tersebut dan menggantinya dengan susu kedelai atau dari sumber protein lain

  • Sakit perut karena disentri, umum dialami balita dan anak-anak, disebabkan bakteri Shigella atau disentri amoeba (Entamoeba hystolitica). Gejalanya mual, muntah, buang air besar ( BAB ) dengan tinja berdarah atau tinja berlendir (mucus), diare dengan volume sedikit, dan nyeri saat buang air besar. Pengobatan dengan pemberian larutan elektrolit untuk mencegah dehidrasi, konsumsi makanan dengan tekstur lunak (bubur, nasi tim, dll), tinggi kalori dan berprotein.

  • Sakit perut karena kolera (Asiatic cholera) atau muntaber bersifat menular, disebabkan oleh bakteri Vibrio choleraeyang masuk ke tubuh melalui air minum yang telah terkontaminasi karena sanitasi buruk atau karena mengkonsumsi hewan laut (ikan atau kerang yang tidak dimasak benar ,/ setengah matang). Gejalanya diare (mencret), perut keram, mual, muntah, dan tubuh lemas (dehidrasi). Penanganan dengan minum larutan elektrolit (oralit, Pharolit, dll). Jika penderita terlihat lemas karena dehidrasi, maka sebaiknya dibawa ke klinik kesehatan untuk diberikan cairan infus dan obat antibiotik.

  • Sakit perut karena gumpalan dalam kantung empedu (batu empedu). Gumpalan terjadi karena kolesterol mengeras dan cairan empedu menggumpal, akibat konsumsi makanan tinggi lemak. Gejalanya rasa nyeri bagian atas perut tengah bahkan sampai sisi sebelah kanan hingga bawah tulang rusuk. Terkadang diikuti demam, mual, muntah, dan semakin terasa sakit sehabis makan. Pengobatan alami bisa anda coba adalah dengan minum jus apel 4 gelas/ hari selama 5 hari, kemudian hari ke 6 minum air putih yang dicampur sedikit garam.

  • Sakit perut karena batu ginjal, gejala nyeri yang hilang-timbul di antara tulang rusuk dan tulang pinggang, menjalar ke perut bagian bawah, daerah kemaluan dan paha sebelah dalam. Kadang diikuti mual, muntah, perut kembung, demam, menggigil, terdapat darah pada air seni akibat penyumbatan kandung kemih atau infeksi. Pengobatan dilakukan dengan minum banyak air putih untuk meningkatkan pembentukan air seni yang bisa membuang batu sedikit demi sedikit. Jika batu telah hilang, maka tidak perlu lagi dilakukan pengobatan secara operasi atau dengan gelombang ultrasonic.

  • Sakit perut karena sembelit (konstipasi) salah satunya disebabkan kurangnya mengkonsumsi makanan yang mengandung serat seperti sayur dan buah-buahan, sehingga feses (tinja) mengeras dan menyebabkan susah buang air besar (BAB) dan perut menjadi sakit. 
  • Sakit perut disebakan cacing yang masuk ke dalam saluran pencernaan melalui tangan yang kotor atau makanan yang tidak higienis, terinfeksi telur cacing, dan makanan tidak dimasak dengan baik (matang). 

  • Sakit perut sekitar pusar sampai bagian bawah, disertai demam, mual dan muntah, perut membengkak, tidak nafsu makan, terkadang menyebabkan kaku otot perut ketika berjalan, bisa jadi indikasi terjadi radang usus buntu (apendistis). Mengetahui radang usus buntu, bisa dengan meletakan 3 jari di sebelah kanan dari pangkal pinggang, coba angkat kaki kanan, bila terasa sakit dan perih, maka dicurigai sebagai gejala radang usus buntu. Segera bawa ke dokter untuk segera dilakukan pembedahan ringan.

  • Saat sakit perut jangan minum obat sakit perut yang dijual bebas tanpa berkonsultasi dengan dokter, salah-salah sakit perut akan menjadi lebih parah

  • Untuk sementara waktu sampai kondisi kembali normal, konsumsi makanan dengan tekstur lembut seperti nasi tim, bubur, roti atau biskuit.

  • Jangan mengkonsumsi kafein (kopi), minuman beralkohol, minuman berkarbonasi (soda), buah yang masam seperti jeruk, mangga, tomat, dll, susu, makanan berminyak atau digoreng, dan makanan berlemak.

  • Segera ke dokter jika sakit perut tidak kunjung sembuh atau terdapat salah satu atau lebih gejala berikut seperti : Sakit perut sudah berlangsung lebih 1 minggu, sakit perut cendrung menjadi lebih parah, pada bayi atau anak-anak sering muntah dan buang air besar dalam 12 jam terakhir (muntaber), diare lebih dari 2 hari, sulit buang air besar (sembelit), berat badan menurun, nafsu makan berkurang, terjadi demam tinggi, pada feses (tinja) terdapat darah, kram dan keras pada perut, sulit bernafas, dll

Pencegahan sakit perut :
  • Menjaga kebersihan tempat dan alat makan, sanitasi (air, sumur, jamban), kebersihan lingkungan, dan biasakan mencuci tangan dengan sabun sebelum makan
  • Konsumsi air putih (air mineral) 8 sampai 10 gelas per hari
  • Konsumsi makanan yang bersih, sehat, dimasak sampai matang (higienis)
  • Atur waktu makan, jangan telat makan
  • Hindari konsumsi makanan pedas dan asam
  • Hindari konsumsi makanan berlemak atau berminyak secara berlebihan
  • Hindari mengkonsumsi makanan penghasil gas (umbi-umbian, kol, sawi, dsb)
  • Konsumsi makanan mengandung serat seperti sayuran dan buah-buahan.
  • Konsumsi obat cacing secara teratur.
  • Olahraga teratur untuk menjaga kesehatan organ pencernaan
  • Istirahat cukup dan hindari stress karena rutinitas sehari-hari
  • Segera tangani sakit perut dengan tepat dan bila tidak kunjung sembuh, segera periksa ke klinik kesehatan.
READ MORE - Selengkapnya

PENGOBATAN ALAMI AMANDEL

cara mengobati amandel
Pengobatan amandel bisa menggunakan dua cara, yaitu medis dan alami. Untuk yang medis sudah pasti operasi amandel, tapi biayanya juga relatif mahal. Sedangkan yang natural lebih menghemat kantong tapi memakan waktu, butuh kesabaran ekstra untuk menjalani cara mengobati amandel ini.

Jika Anda ingin tahu bagaimana cara mengobati amandel secara alami (tanpa operasi), banyak tanaman obat yang bisa di manfaatkan seperti berikut ini contohnya.

  • Jeruk Nipis

Siapkan 1 buah jeruk nipis, 1 ruas kunyit berukuran hampir sebesar ibu jari, 1 sendok makan madu murni, dan 1/2 gelas air.
Peras jeruk nipis, parut kunyit kemudia diperas.
Tambahkan sedikit madu kedalam dua campuran bahan tadi, setelahnya dikocok.
Tuangkan 1/2 gelas air, aduk semua bahan tersebut. Saring lalu minum airnya sampai habis.
  • Jarong Kering

Sediakan 9 - 15 gram tanaman jarong kering (atau 30 - 60 gram tanaman jarong segar), dan 3 gelas air.
Masukkan tanaman jarong kering atau segar kedalam panci berisikan 3 gelas air. Biarkan sampai airnya tersisa 1 gelas.
Tunggu mendingin, kemudian minum airnya 1 kali sehari sebanyak 1 gelas.
  • Kapulaga

Ambil 5 butir buah kapulaga dan 3 gelas air.
Rebus buah kapulaga kedalam panci berisi 3 gelas air, tunggu sampai mendidih.
Jika sudah mendidih, angkat buahnya dan makan ketika dingin.
  • Akar Kembang Pukul Empat (Segar dan Kering)

Bahan berupa akar kembang pukul empat kering sebanyak 9 - 15 gram atau segar sebanyak 15 - 30 gram. Siapkan juga 600 cc air.
Rebus akar kembang pukul empat dalam 600 cc air sampai menyisakan 300 cc air (setengahnya).
Tunggu dingin, barulah diminum airnya 2 kali sehari masing-masing 150 cc.
  • Empu Kunyit

Siapkan 1/2 jari empu kunyit, 1 butir kuning telur ayam, kapur sirih secukupnya, dan air matang 2 sendok makan.
Cuci bersih empu kunyit lalu diparut, tambahkan 2 sendok makan air minum.
Aduk sampai rata, kemudian diperas. Tambahkan 1 butir kuning telur ayam pada air perasan, jangan lupa juga ditambahkan air kapur sirih.
Kocok semua bahan hingga tercampur, lalu minum airnya 1 - 2 kali dalam sehari.
READ MORE - Selengkapnya

MENGATASI SUSAH BAB PADA BAYI


Bayi bisa mengalami konstipasi atau sulit buang air besar bilamana frekuensi buang air besar kurang dari 3 kali per minggu, dengan kondisi tinja (feses) yang keras sehingga harus lebih me-ngeden dan bayi atau anak sering menangis kesakitan untuk mengeluarkan tinja saat buang air besar (BAB). Biasanya hal ini terjadi pada bayi yang berusia diatas 1 tahun. 

Andaikata pun terjadi pada bayi pada usia kurang dari 1 tahun, lebih disebabkan kurangnya konsumsi air minum, banyak mengkonsumsi susu formula, atau orang tua memaksakan bayi untuk mengkonsumsi makanan dengan tekstur lebih padat sebelum waktunya (usia kurang dari 1 tahun). 

Sembelit merupakan kelainan yang terjadi pada saluran pencernaan dan karena berbagai faktor penyebab, seperti :
  • Kurang konsumsi air minum menyebabkan saluran pencernaan terganggu
  • Pola makan yang tidak sehat yakni kurangnya konsumsi makanan mengandung serat
  • Pemberian susu formula yang kurang tepat dengan kadar keenceran yang tidak pas
  • Pemberian makanan tambahan, dengan tekstur agak kental atau padat padahal usus bayi belum terbiasa mencerna makanan dengan tekstur seperti itu
  • Hirschprung yakni kelainan syaraf pada usus besar bagian bawah, mulai anus hingga usus di atasnya, sehingga usus tidak mampu melakukan gerakan peristaltik (meremas), yang berakibat penyumbatan kotoran pada usus.
  • Menghadapi masalah sulit buang air besar atau sembelit terutama pada bayi, seringkali membuat resah dan panik para orang tua. Namun anda tidak perlu khawatir, mudah-mudahan informasi berikut ini bisa membantu Anda mengatasi kesulitan buang air besar pada bayi dan anak anda. Yuk, simak 11 Tips ampuh mengatasi susah buang air besar pada bayi dan anak berikut ini :
  • Berikan makanan yang mengandung serat yakni dengan memberikan buah-buahan seperti papaya, atau jus buah alami (buah di blender) dan berikan sayuran setiap harinya (misalnya sayuran yang di sup).
  • Jika bayi anda masih mengkonsumsi ASI, pastikan anda sebagai ibunya mengkonsumsi cukup serat seperti sayuran dan buahan setiap hari
  • Berikan kacang merah (dibuat sup kacang merah) sebagai sayuran atau bisa dengan memberikan makanan agar-agar yang mengandung serat
  • Mandikan bayi Anda dengan air hangat agar tubuhnya menjadi rileks sehingga bisa melancarkan buang air besarnya
  • Berikan air minum (air putih) setiap hari minimal 0.5-0.8 liter (pemberian minum dilakukan secara bertahap sedikit-sedikit namun sering), cara mudahnya anda sediakan saja botol air mineral sesuai ukuran setiap air dan usahakan agar bayi atau anak anda menghabiskannya setiap hari
  • Jika bayi atau anak anda mengkonsumsi susu formula, coba diencerkan susunya (jumlah air lebih banyak dibanding susu). Jika ini tidak juga menyelesaikan masalah sulit buang besar pada bayi anda, segera ganti susu formulanya dengan yang lain atau ganti dengan susu soya (susu kedelai)
  • Berikan tepung sagu (nama latinnya Metroxylon Sago Rottb) yang biasa dikonsumsi masyarakat di Indonesia Timur sebagai bahan makanan. Sagu mengandung serat yang bisa menjaga mikroflora usus. Penyajian sagu bisa dibuatkan berupa bubur dari tepung sagu yang dimasak, seperti bubur mutiara yang biasanya terbuat dari sari pati sagu yang berbentuk bola-bola kecil dan lebih nikmat dimakan bersama gula jawa ditambah sedikit santan.
  • Jika anda repot menyediakan sagu dalam bentuk bubur, bisa anda coba melarutkan 3 - 5 sendok makan tepung sagu dalam segelas air hangat, campurkan gula jawa dan garam sebagai penyedap alami dan berikan kepada bayi atau anak anda dengan frekuensi 3 x sehari dan waktu penyajian ½ jam sebelum waktu makan bayi atau anak anda.
  • Selain untuk mengatasi susah buang air besar, sagu juga bermanfaat sebagai obat untuk penyakit lain seperti maag, kanker usus, disentri, dan berbagai penyakit lainnya yang berhubungan dengan saluran pencernaan.
  • Jangan anda coba-coba memberikan bayi Anda obat pencahar tanpa resep dokter, karena salah-salah justru akan menimbulkan iritasi pada anus bayi atau anak anda.
  • Jika tips diatas tidak juga membuahkan hasil, segera bawa bayi atau anak Anda ke dokter untuk berkonsultasi masalah sembelit atau konstipasi ini. Dokter akan mendiagnosa dan mencari tahu penyebab serta akan memberikan penanganan medis yang tepat untuk bayi atau anak anda. Dokter biasanya akan memberikan resep obat-obatan untuk melicinkan jalan kotoran di bagian pencernaan (usus) sehingga bisa membantu memperlancar buang air besar.
READ MORE - Selengkapnya

Jamu Tradisional Penambah Nafsu Makan




Jika Anda sedang dalam program menggemukkan badan atau menambah berat badan, tentu informasi ini menjadi informasi yang cukup penting untuk Anda karena berikut ini telah tersedia info kesehatan mengenai cara alami menambah nafsu makan dengan jamu tradisional.

1. Daun Kenikir
  • Bahan: Daun kenikir segar sebanyak 100 gram.
  • Cara pengobatan: Daun kenikir segar dicuci bersih, kemudian dimakan sebagai lalapan mentah.

2. Kesumba keling dan madu
  • Bahan: 1/2 genggam daun kesumba keling, 1 sendok makan madu, air sebanyak 3 gelas.
  • Cara pengobatan: Daun kesumba keling dicuci bersih lalu direbus dalam 3 gelas air hingga tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin, airnya disaring dan dibagi untuk 3 kali minum bersama dengan madu.

3.Temulawak
  • Bahan: 30 gram rimpang temulawak, 1 sendok teh gula aren, dan 3 sendok makan air bersih.
  • Cara pengobatan: Parut rimpang temulawak hingga halus, kemudian tambahkan air 3 sendok makan. Peras parutan rimpang temulawak tersebut kemudian saring airnya. Tambahkan gula aren pada air perasan tersebut dan minum sekaligus. Lakukan pengobatan ini tiga kali sehari.

  • Bahan: Tiga helai daun brotowali, Dua jari batang brotowali yang sudah dipotong kecil-kecil, Dua gelas air.
  • Cara pengobatan: Cucilah daun dan batang brotowali sampai bersih. Masukkan dalam wadah (lebih baik dari tanah liat). Kemudian masukkan dua gelas air dan rebus dalam keadaan tertutup sampai tinggal setengahnya. Kalau sudah dingin, saring air rebusan. Minum sekali sehari satu gelas, lakukan selama beberapa hari.

5. Rimpang Temu Putih
  • Bahan: 25 gram rimpang temu putih dan air bersih 2 gelas.
  • Cara pengobatan: Tumbuk rimpang temu putih hingga halus, kemudian tambahkan 2 gelas air. Saring dan minum airnya dua kali sehari.
  • Bahan: Satu helai daun pepaya, Garam dapur secukupnya, Setengah gelas air matang
  • Cara pengobatan: Setelah dicuci bersih, lumatkan daun pepaya lalu tambahkan air dan garam. Setelah itu, peraslah sampai keluar airnya. Air perasan diminum sekaligus. Lebih baik minumlah pada pagi hari. Meramunya juga pada pagi hari. Lakukan hal ini selama beberapa hari.
READ MORE - Selengkapnya

PENGOBATAN ALAMI MENGATASI BISULAN

 cara mengobati bisul
 Pengobatan bisul ini dikhususkan untuk bisul yang ukurannya masih kecil atau baru tumbuh, tujuannya untuk membantu mempercepat penyembuhan infeksi dan mencegah penyebaran.

Kompres hangat
Cara menghilangkan bisul yang pertama adalah mengompres hangat bisul. Langkah-langkahnya diawali dengan merendam waslap pada air hangat, kemudian di peras airnya (masih meninggalkan kehangatan di waslap), setelah itu tempelkan waslap hangat pada kulit yang terkena bisul selama 15 menit.


Lakukan cara menghilangkan bisul ini minimal dua kali dalam sehari agar bisul cepat matang, mengurangi rasa nyeri dan proses pemulihan pun menjadi cepat.

Jangan menekan bisul sendiri
Ketika bisul mulai tumbuh, jangan Anda tekan atau dipencet sendiri karena akan memicu penyebaran infeksi bakteri ke daerah lain yang berujung pada tumbuhnya bisul baru.

Mencegah kontaminasi
Menurut situs Mediskus.com, melakukan pencegahan kontaminasi pada bisul juga dikaitkan dengan cara menghilangkan bisul yang efektif.


Pastikan bahwa tangan Anda dicuci bersih pakai sabun antiseptik sehabis mengobati bisul dengan cara diatas. Jangan lupa juga untuk mencuci pakaian yang Anda kenakan dan handuk untuk mengompres bisul. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah bisul timbul lagi pada daerah yang sama, terutama bagi seorang yang sering mengalami bisul berulang.

Obat Bisul Tradisional
Indonesia adalah negeri yang subur, banyak tanaman bekhasiat obat yang bisa Anda manfaatkan untuk mengobati bisul. Berikut ini beberapa tumbuhan obat yang mampu mengatasi bisul secara efektif.

Bunga Matahari

  • Petik bunga matahari dan ambil biji wijen secukupnya.
  • Sangrai bunga matahari hingga berubah menjadi kecoklatan kemudian bubuh halus.
  • Tuang minyak wijen pada bunga matahari yang telah halus tadi, setelah itu aduk rata sampai berubah jadi adonan.
  • Aplikasikan adonan tersebut dengan cara menempelkannya langsung pada bisul.

Daun anyang-anyang muda

  • Siapkan daun anyang-anyang muda seperlunya.
  • Tumbuk halus semua daun, jika benar-benar halus barulah ditempelkan pada area bisul hingga bagian tengah (menutupi bisul).

Daun asam jawa

  • Sediakan daun asam jawa dan kunyit secukupnya.
  • Tumbuk bahan hingga halus, setelah jadi krim langsung balurkan pada bisul secara merata.

Herba bandotan

  • Ambil tanaman herba bandotan segar secukupnya.
  • Lumatkan hingga hancur, setelah itu tempelkan pada kulit yang tertempel bisul kecil hingga meradang.
  • Terakhir, balut bisul menggunakan kain perban atau kasa.

Garam

  • Siapkan nasi basi, garam, dan tanaman herba bandotan secukupnya.
  • Cuci bersih tanaman herba bandotan, jika sudah ditumbuk bersama nasi basi dan juga garam.
  • Tempelkan hasil tumbukan bahan tersebut pada daerah bisul yang nyeri.

Herba bandotan kering

  • Siapkan 10 - 15 gram herba bandotan yang kering dan juga 3 gelas air.
  • Rebus tanaman tersebut dalam panci berisikan 3 gelas air, tunggu beberapa saat hingga airnya tersisa 1 gelas.
  • Tinggal beberapa saat hingga mendingin, lalu minum langsung sampai habis.
  • Rutin melakukan pengobatan ini satu kali sehari hingga bisul hilang.

Daun bayam

  • Sediakan daun bayam duri segar dan madu murni secukupnya.
  • Cuci bersih daun bayam duri, kemudian giling sampai halus. Gunakan daun bayam duri yang telah digiling pada bisul dengan cara membalurkannya.
  • Tambahkan sedikit madu di sekeliling bisul, kemudian balut pakai kasa (ganti pembalut 2 kali sehari).

Daun belimbing manis

  • Ambil daun belimbing manis segar dan cucian air beras secukupnya.
  • Giling halus daun belimbing manis, kemudian campurkan air cucian beras, aduk hingga jadi bubur.
  • Tutupi bisul pakai bahan yang telah jadi bubur tadi, kemudian dibalut seperti biasa menggunakan kain.

Daun cipluka

  • Ambil daun ciplukan sebanyak 1/2 genggaman.
  • Cuci hingga bersih, lalu tumbuk sampai halus. Olesi hasil tumbukan daun ciplukan pada bisul dan area disekitarnya.
  • Cari kain untuk membalut obat bisul tadi, ganti pembalut dua kali sehari.

Daun sendok

  • Siapkan 1 genggam daun sendok dan 1/2 genggam daun sirih.
  • Lumat serta remas kedua bahan, jika sudah hancur langsung di tebarkan pada bisul.
  • Lakukan rutin sehari 2 kali sampai bisul dipastikan menghilang.

Daun gandarusa

  • Ambil bahan berupa 1 genggam daun gandarusa, 1 sloki arak, dan 1 sendok makan cuka.
  • Giling daun gandarusa segar ataupun kering hingga halus, kemudian aduk menggunakan arak dan cuka.
  • Obat ini digunakan untuk mengompres bisul.

Daun iler

  • Petik 10 lembar daun iler dan air secukupnya.
  • Cuci daun iler menggunakan air hingga bersih, kemudian lumatkan hingga halus.
  • Tambahkan air bersih seperlunya, aduk hingga berbentuk adonan.
  • Tutupi bisul pakai adonan tersebut lalu dibalut pakai kain.
  • Ganti balutan 2 - 3 kali dalam sehari.


  • Ambil tanaman jombang secukupnya dan 1 sloki arak.
  • Cuci bersih tanaman jombang, kemudian ditumbuk sampai halus. 
  • Peras hasil tumbukan hingga mengeluarkan 1 sloki air.
  • Campurkan air perasan tanaman jombang dengan arak, kemudian minum untuk mengeluarkan keringat.


  • Sediakan akar pohon karet kebo secukupnya.
  • Giling akar karet kebo hingga halus, kemudian tempel pada bagian bisul yang sakit.


  • Siapkan 10 lembar daun kembang pukul empat dan air garam.
  • Cuci daun kembang pukul empat, kemudian ditumbuk halus.
  • Campurkan pada air garam, lalu tempelkan obat bisul pada area sekeliling dan tutupi juga bisulnya.
  • Balut pakai kain dan ganti sehari 2 kali.


  • Ambil bunga kembang telang berwarna biru dan gula jawa seperlunya.
  • Hancurkan bunga kembang telang dengan cara melumat atau menumbuk sampai benar-benar halus, lalu tambahkan gula jawa. 
  • Tumbuk lagi, jika sudah hancur balurkan pada bisul dan area sekelilingnya agar bakteri tidak menyebar.


  • Siapkan tanaman krokot sebanyak 1 sendok makan dan segelas air panas.
  • Keringkan tanaman krokot secukupnya, lalu seduh dalam segelas air panas.
  • Minum airnya sama seperti minum teh sehari 3 kali sampai bisul mengempes dan hilang.
READ MORE - Selengkapnya

BISUL DAN GEJALANYA

Penjelasan Bisul

Bisul adalah benjolan lancip pada kulit di bagian tertentu yang tumbuh di dalam kulit, nyeri jika disentuh atau didiamkan, berwarna merah meradang, dan berisi nanah akibat infeksi bakteri yang masuk melalui pori-pori kemudian menyerang akar rambut (folikel rambut).

Gejala Bisul
Gejala timbulnya bisul bisa dilihat dari prosesnya mulai dari warna kulit berubah kemerahan, seiring waktu menjadi benjolan kecil yang terasa sakit jika disentuh, dan menjadi besar yang mana rasa sakitnya pun bertambah pula karena didalamnya terdapat nanah, hingga berakhir pada bisul matang yang akan pecah membuat nanah menjadi keluar dan mengalir.

Penyebab Bisul
Berdasarkan penjelasan tadi, bisul disebabkan oleh infeksi bakteri sehingga menciptakan nanah dalam benjolan. Bakteri yang lebih sering menginfeksi adalahStaphylococcus aureus, yaitu semacam bakteri yang dominan hinggap pada kulit dan dalam hidung. 

Cara Menghilangkan Bisul
Semestinya bisul akan hilang dengan mandiri seiring berjalannya waktu dan sistem kekebalan tubuh memerangi bakteri yang menginfeksi bisul. Tetapi jika bisul tumbuh di daerah yang sangat rentan terkena benturan seperti di pantat, bagian lengan bawah, dan beberapa titik lain membuat seseorang jadi tidak nyaman dalam beraktifitas.
READ MORE - Selengkapnya

Info Tentang Infeksi Vagina (Vulvovaginitis)


Apakah vulvovaginitis?
Jika putri Anda mengeluh sakit atau menggaruk kemaluannya, dia mungkin menderita vulvovaginitis, yaitu peradangan pada daerah vulva dan vagina. Hal ini merupakan masalah ginekologi yang paling umum pada wanita.

Meskipun infeksi vagina sering dikaitkan dengan aktivitas seksual, anak perempuan yang belum mencapai pubertas sangat rentan terhadap vulvovaginitis untuk alasan yang tidak berhubungan sama sekali dengan masalah seks.

Karena putri Anda belum memiliki rambut kemaluan atau lemak di daerah kemaluan sebagai perlindungan terhadap infeksi – pakaian, bahan kimia, sabun, dan obat-obatan dengan mudah dapat mengiritasi kulit daerah kemaluan. Bahkan benda asing yang tertinggal di situ – seperti sisa kertas toilet – dapat menyebabkan peradangan.

Tidak seperti wanita dewasa, putri Anda belum memiliki cukup hormon estrogen untuk melindungi saluran vagina, dan pH vaginanya tinggi, menciptakan lingkungan yang subur bagi bakteri untuk tumbuh. Putri Anda juga mungkin belum dapat mencuci/ membersihkan daerah kemaluannya dari depan ke belakang. (lihat arah panah pada gambar).

Apa gejala dari vulvovaginitis?
Pada mulanya Anda mungkin melihat putri Anda menggaruk atau menggosok daerah selangkangannya, duduk atau berjalan dengan cara yang tidak nyaman. Selanjutnya putri Anda akan mengeluhkan nyeri di daerah kemaluan. Ketika Anda memeriksanya, daerah kemaluan akan tampak merah dan mungkin bengkak.

Seringkali, meskipun tidak selalu, Anda akan melihat keluarnya cairan berwarna kuning, hijau atau kecoklatan dari daerah vagina. Cairan tersebut biasanya memiliki bau yang tidak enak. Putri Anda mungkin mengeluh nyeri waktu buang air kecil. Hal ini disebabkan oleh air seni yang menyentuh daerah yang teriritasi/terinfeksi - meskipun hal ini sering disalahartikan sebagai tanda infeksi saluran kemih. Jika anak Anda memiliki gejala-gejala tersebut, periksakan segera ke dokter anak.

Apa yang menyebabkan vulvovaginitis?
Ada banyak hal yang dapat menyebabkan vulvovaginitis, berikut ini adalah beberapa penyebab utamanya :

Ketidakseimbangan bakteri. Dalam keadaan normal, di daerah vagina hidup banyak bakteri yang tidak membahayakan tubuh. Vulvovaginitis terjadi ketika terdapat ketidakseimbangan bakteri tersebut. Alasan pasti dari pertumbuhan bakteri yang berlebih ini tidak selalu diketahui, meskipun kadang-kadang keseimbangan tersebut terganggu akibat pemakaian antibiotik, atau dengan adanya bakteri baru – disebabkan karena menyentuh kemaluan dengan tangan yang kotor.

Hygiene/ Kebersihan. Secara anatomi, pada wanita jarak antara vagina dan anus sangatlah dekat , dan juga diperparah dengan cara membersihkan/mencuci daerah kemaluan yang salah. Hal ini menyebabkan kuman E. coli dan bakteri lain dari saluran pencernaan dapat dengan mudah masuk ke lubang kemaluan.

Posisi saat buang air kecil. Seperti pada kebanyakan anak, putri Anda mungkin buang air kecil dengan lutut yang rapat (tidak terbuka lebar). Hal ini meningkatkan kemungkinan air seni akan naik ke vaginanya dan menyebabkan infeksi.

Cacing kremi. Infeksi parasit ini sering terjadi pada anak. Cacing kremi biasanya bertelur di sekitar anus, jika putri Anda memiliki cacing kremi, maka cacing tersebut akan menyebabkan rasa gatal dan iritasi dan akan menyebar ke daerah kemaluan.

Benda asing. Sisa kertas toilet atau benda lainnya dapat ditemukan dalam kemaluan putri Anda, menyebabkan bau dan keluarnya cairan, bahkan dapat berdarah.

Iritasi eksternal. Kadang-kadang pada cuaca yang panas dan penggunaan pakaian/celana yang ketat dapat menyebabkan peradangan pada kulit kemaluan. Gelembung mandi dan sabun yang keras juga dapat menyebabkan kemerahan dan rasa gatal.

Jamur Candida. Walaupun infeksi jamur adalah gangguan umum untuk wanita dewasa, infeksi ini biasanya tidak menggangu gadis yang belum masuk masa pubertas. Jamur ini menyebabkan cairan dari kemaluan berwarna kuning keputihan seperti keju.

Pelecehan seksual. Jika hasil pemeriksaan laboratorium putri Anda positif untuk penyakit menular seksual: trichomoniasis, chlamydia, dan gonorrhea – maka ia perlu dievaluasi untuk kasus pelecehan seksual.

Bagaimana vulvovaginitis didiagnosis dan diobati?
Pertama, dokter akan berbicara dengan Anda dan putri Anda tentang gejala dansetiap penyakit baru atau obat yang telah digunakan, tentang bagaimana putri Anda mandi dan jenis pakaian apa yang dia suka pakai, dan tentang bagaimana dia mencuci/ membersihkan daerah kemaluan.

Selanjutnya dokter akan memeriksa daerah sebelah luar kemaluan putri Anda. Pemeriksaan ini tidak akan menyakiti atau mengganggu secara fisik. Jika ada cairan yang keluar, dokter akan mengambil sampel usapan pada vagina untuk selanjutnya diperiksakan ke laboratorium. Selanjutnya dokter Anda akan mengobati infeksi vulvovaginitis ini sesuai dengan penyebabnya.

Cara untuk meringankan rasa sakitnya, dengan mandi air hangat sering (tanpa menggunakan sabun pada daerah kemaluan). Perlu juga dibiasakan cara mencuci/membersihkan daerah kemaluan dari depan ke belakang ; mengenakan pakaian katun longgar untuk memungkinkan udara masuk dan menjaga kemaluan tidak lembab/basah .

Bagaimana cara pencegahan vulvovaginitis ?
  • Jaga daerah kemaluan sebersih mungkin dengan memastikan ia mencuci/ membersihkan kemaluan dari depan ke belakang setelah menggunakan toilet. Ajari putri Anda untuk kencing dengan kedua lutut terbuka (tidak merapat), yang akan mencegah air seni naik ke daerah vaginanya.
  • Kurangi aktivitas yang terlalu banyak memberikan tekanan langsung pada daerah kemaluan, misalnya: bersepeda, menunggang kuda, dsb.
  • Hindari berendam di air panas. Jangan berenang di kolam dengan chlorin yang terlalu tinggi. Setelah berenang atau saat pakaian/celana basah – segera ganti dengan yang kering.
  • Bila putri Anda terlalu gemuk (obesitas), maka perlu untuk menurunkan berat badannya sampai mencapai berat badan ideal. Kegemukan membuat daerah kemaluan tertutup dan menjadi lebih basah/lembab – yang meningkatkan kemungkinan terjadinya iritasi/infeksi.
  • Hindari mandi gelembung dan sabun yang keras, juga hindari antiseptik dan sampo pada daerah kemaluan putri Anda. Bilas dengan baik setelah mandi. Jika putri Anda sering mendapatkanvulvovaginitis, coba beralihlah menggunakan shower.
  • Lihat bahwa putri Anda benar-benar kering (termasuk daerah kemaluan) setelah mandi, sebelum dia berpakaian.
  • Aturan berpakaian yang baik : Jangan gunakan jeans ketat, celana nilon, piyama dengan kaki dijahit, atau pakaian lain yang mengganggu sirkulasi udara. Lebih banyak gunakan katun yang longgar. Batasi waktu penggunaan baju ketat, celana ketat, dan pakaian mandi/berenang dari nilon. Cuci pakaian dalamnya dengan deterjen ringan dan tidak menggunakan aditif pengering seperti pelembut kain.
dr Sony Prabowo, Sp.A
READ MORE - Selengkapnya

Alergi Gatal Terhadap Perhiasan Dan Logam

Pada orang-orang tertentu dapat terjadi kelainan kulit setelah memakai perhiasan tertentu misalnya anting-anting, kalung, jam tangan dan sebagainya. Kemungkinan penyebabnya adalah nikel yang banyak terdapat dalam benda-benda logam antara lain jam tangan, perhiasan, jepitan rambut, penggulung rambut, gunting, cincin, mata uang, kepala ikat pinggang, bingkai kaca, mata dan sebagainya. 

Di Amerika diperkirakan kepekaan terhadap nikel ini mencakup ± 10% dari penduduk dan terdapat lebih banyak pada wanita dari pada pria dengan perbandingan 2 : 1. Hal ini disebabkan oleh karena wanita lebih banyak memakai perhiasan dibandingkan dengan pria.

Keringat dapat memperhebat dermatitis oleh nikel ini, gejala berupa rasa gatal dan mencucuk dapat timbul 15-20 menit setelah bersentuhan dengan kulit dan gejala-gejala kulit dapat timbul dalam waktu satu jam. Apabila tidak berkeringat, pasien yang sama dapat memakai perhiasan yang mengandung nikel ini untuk beberapa jam tanpa adanya gejala.

Diagnosis dermatitis oleh nikel ini amat mudah oleh karena ia timbul pada tempat kulit berkontak dengan logam tersebut. Apabila kontak dihilangkan maka gejala pada kulit akan sembuh dalam beberapa hari. Di samping itu untuk memperkuat diagnosis dapat dilakukan uji tempel. Untuk mendeteksi apakah suatu perhiasan berisi nikel dapat dilakukan tes dengan dimetil-glioksim. 

Di samping itu jika seorang yang peka terhadap nikel tetap ingin memakai perhiasannya tersebut, disarankan untuk melapisi perhiasan tersebut dengan cat kuku yang berwana netral atau menyemprotkan dengan bahan yang berisi kortikosteroid dan mengharuskan pasien agar memakainya dalam keadaan sekitar yang sejuk untuk menghindari keringat.
READ MORE - Selengkapnya

ALERGI SABUN ATAU ALERGI DETERGEN


Alergi tidak hanya terjadi ketika bersentuhan langsung dengan deterjen saat mencuci, tetapi juga ketika memakai pakaian yang dicuci menggunakan deterjenpenyebab alergi. Penyebab utama alergi deterjen adalah bahan kimia yang terkandung di dalamnya yang bertindak sebagai iritan pada kulit.

Umumnya, jenis bahan kimia yang bertanggung jawab memicu alergi meliputi pewarna, pewangi, dan agen pemutih. Residu bahan kimia tersebut tetap berada dalam kain setelah dicuci dan menyebabkan reaksi alergi pada kulit. Orang-orang yang memiliki kulit sangat sensitif berada pada risiko lebih tinggi mengalami jenis alergi ini.


Alergi / Iritasi Kulit Terhadap Sabun Dan Detergen

Reaksi kulit terhadap pemakaian sabun dan detergen dapat terjadi berdasarkaniritasi kulit akibat pemakaian yang berlebihan. Terjadinya iritasi kulit oleh pemakaian sabun kemungkinan disebabkan oleh sifat alkalis sabun disertai dengan daya menghapus minyak dari kulit dan sifat iritasi dari asam lemak. 

Dapat juga terjadi kelainan kulit oleh karena alergi terhadap bahan-bahan yang terdapat di dalam sabun seperti pewangi, zat warna, bahan-bahan antimikroba dan sebagainya. 

Pernah dilaporkan terjadinya depigmentasi kulit oleh pemakaian sabun yang mengandung fenol. Sabun sebagai iritan utama dapat merupakan faktor yang memperlambat penyembuhan dari eksema pada tangan. Untuk menghindari reaksi iritasi ini, kurangi pemakaian sabun. Obat.
READ MORE - Selengkapnya

BERBAGAI PENYAKIT KULIT PADA MANUSIA

Berbagai Penyakit Kulit
Jenis-jenis penyakit kulit ini bisa disebabkan oleh berbagai penyebab. Salah satu penyebab yang cukup populer adalah jamur dan bakteri. Saat penyakit kulit menyerang, sering membuat penderitanya minder dan rendah diri. Penampilan yang tampak aneh dan kemungkinan menularnya berbagai penyakit kulit membuat penderitanya sering dihindari oleh orang-orang di sekitarnya.

jenis-jenis penyakit kulit yang sering menyerang manusia:

1. Cacar air.
Penyebab dari terjadinya penyakit kulit ini adalah virus. Saat penyakit ini menyerang, tubuh akan mengalami demam diawal. Setelah itu, di permukaan tubuh akan muncul bintik-bintik merah yang akan cepat menyebar.

Cacar Air
Bintik-bintik ini berisi cairan dan harap diperhatikan bahwa jangan pernah menggaruk bintik-bintik ini karena nantinya akan meninggalkan bekas setelah sembuh. Setelah beberapa hari, bintik-bintik yang berair ini akan mengering dan perlahan-lahan hilang satu per satu. Untuk mempercepat proses penyembuhan, banyak istirahat dan konsumsi makanan bervitamin terutama buah-buahan. 

2. Campak.

Campak
Tak berbeda jauh dengan saudaranya cacar, penyakit ini juga disebabkan oleh virus. Saat seseorang menderita campak, dia harus berhati-hati karena penyakit ini dapat menular dengan mudahnya. Gejala penyakit ini diawali dengan demam dan batuk. Setelah itu, akan muncul bercak-bercak merah di kulit. Untuk proses penyembuhannya, pasien harus beristirahat dan meningkatkan konsumsi makanan dengan gizi tinggi. 


3. Eksim. 
Ada beragam jenis-jenis penyakit kulit eksim ini, yaitu Dermatitis kontak, Dermatitis Atopik, Eksim stasis dan Eksim Numular. Penyakit ini menyerang kulit pada bagian-bagian tubuh tertentu. Saat penyakit menyerang, kulit akan menjadi merah, kering dan terkadang bersisik.

Eksim
Penyakit ini bisa membuat kulit menjadi kering dan pecah-pecah. Untuk mengatasinya, kulit harus diolesi salep pelembab agar tidak terlalu kering. Penyakit ini juga sangat sensitif dengan kondisi cuaca. Makanan juga bisa menjadi penyebab terjadinya eksim.

4. Panu.
Penyebab penyakit ini adalah jamur. Pada bagian yang terkena panu, biasanya berwarna agak keputihan. Di tempat-tempat inilah jamur tumbuh pada kulit. Kulit di tempat yang terkena panu ini akan terasa gatal

Panu

Masih banyak jenis-jenis penyakit kulit yang bisa menjangkiti manusia. Hidup bersih merupakan salah satu usaha untuk menghindari berbagai jenis penyakit kulit ini. Saat terjadi masalah pada kulit, segeralah berkonsultasi dengan dokter spesialis supaya penyakit kulit tidak menyebar ke seluruh tubuh.


5. Borok
Mereka yang menderita diabetes biasanya memiliki luka atau borok pada tubuhnya. Biasanya, luka tersebut tidak mudah disembuhkan.


Borok
Sebuah Asosiasi Kesehatan di Amerika Serikat menyarankan beberapa cara untuk mengobati dan mencegah terjadinya infeksi pada luka atau borok di kaki penderita diabetes, diantaranya;

1. Berusaha untuk mengurangi tekanan pada daerah luka
2. Membersihkan kulit mati disekitar luka
3. Menjaga daerah luka tetap bersih dan menggunakan obat jika diperlukan
4. Menjaga tingkat kadar gula darah
5. Jangan berjalan tanpa alas kaki


6. Koreng
Pengetahuan dahulu menyatakan bahwa ‘scab’ atau bekas luka yang mengering atau ‘koreng’ merupakan penghalang alami untuk mencegah hilangnya kelembaban. ‘scab’ juga mencegah sel-sel baru untuk berkolonisasi di area luka. Ketika ‘scab’ tersebut mulai berubah bentuk, sel epidermis harus masuk ke lapisan dermis yang paling dalam sebelum melakukan proliferasi, karena disanalah daerah yang lembab sehingga sel dapat hidup. Dan dari proses itu kita dapat mengetahui bahwa dalam lingkungan kering, luka akan memulih dari dalam ke luar. Sedangkan, bila kita dapat mengoptimalkan lingkungan yang lembab pada luka, proses penyembuhan akan berlangsung dari daerah pinggir/sekitar dan dari dalam secara serempak.


Koreng

7. Akibat Racun TOMCAT
Tomcat serangga yang sulit di kenali karena berukuran relatif kecil sekitar 1 cm ini mempunyai jenis yang paling banyak seperti "Paederus". Habitat dari serangga ini adalah di persawahan, taman kota, maupun hutan. Masyarakat sekitar sering menyebutnya semut kayap ataupun semut kanai. 

Cairan hemolimf yang terdapat di dalam badan kecuali sayap pada sejenis kumbang ini mengandung toksin yang paling berbisa di dunia. Toksin ini dikenali sebagai "pederin" {C24 H43 O9 N). Mempunyai tahap keracunan 12x lebih tinggi daripada venom ular tedung. Bahkan Tomcat yang sudah dikeringkan selama 8 tahun masih mempunyai ketoksinannya.

Serangga Tomcat

Efek Racun Tomcat
Serangga ini memiliki cairan dan jika terkena kulit manusia dapat membuat bengkak ataupun melepuh dan bisa menyerupai herpes dan di bagian tengahnya bernanah. 

8. Luka Bakar
Luka bakar merupakan jenis luka, kerusakan jaringan atau kehilangan jaringan yang diakibatkan sumber panas ataupun suhu dingin yang tinggi, sumber listrik, bahan kimiawi, cahaya, radiasi dan friksi. Jenis luka dapat beraneka ragam dan memiliki penanganan yang berbeda tergantung jenis jaringan yang terkena luka bakar, tingkat keparahan, dan komplikasi yang terjadi akibat luka tersebut. Luka bakar dapat merusak jaringan otot, tulang, pembuluh darah dan jaringan epidermal yang mengakibatkan kerusakan yang berada di tempat yang lebih dalam dari akhir sistem persarafan. Seorang korban luka bakar dapat mengalami berbagai macam komplikasi yang fatal termasuk diantaranya kondisi shock, infeksi, ketidak seimbangan elektrolit (inbalance elektrolit) dan masalah distress pernapasan. Selain komplikasi yang berbentuk fisik, luka bakar dapat juga menyebabkan distress emosional (trauma) dan psikologisyang berat dikarenakan cacat akibat luka bakar dan bekas luka (scar).

Luka Bakar
9. Luka Khitan
Yang Perlu Diperhatikan Setelah Dikhitan, apabila terjadi hal-hal sebagai berikut:

Pendarahan: keadaan ini dapat terjadi akibat kemaluan (penis) anak dalam keadaan ereksi (tegang) dan apabila pendarahan hanya merembes pada balutan verband maka hal ini tak perlu dikhawatirkan.

Alergi obat-obatan: adapun gejala dan tanda-tanda alergi suatu obat adalah gatal-gatal dan merah-merah pada kulit, bila alerginya berat bisa disertai kesulitan dalam bernafas (sesak nafas). Keadaan alergi obat dapat pula terjadi pada daerah luka khitan di mana penis anak terlihat membengkak.

Infeksi: luka khitan merupakan luka kecil, sehingga kemungkinan untuk terjadi infeksi sangat minimal terlebih bila lukanya masih berbalut verband. Adapun tanda dan gejala infeksi yaitu adanya panas badan tanpa gejala lain (batuk dan pilek), luka khitan bernanah dan berbau.

Tidak bisa kencing: keadaan ini biasanya terjadi karena anak merasa takut bila luka khitannya terkena air kencing. Verband yang terkena air kencing tidak perlu dikhawatirkan, jadi untuk mengatasi hal tersebut di atas anak dicoba dipaksa untuk buang air kencing.

Kepala penis atau verband terlihat kotor: keadaan ini terjadi akibat dari salah satu proses penyembuhan luka jadi tidak perlu dikhawatirkan selama luka khitan masih terbalut verband.

Perumpamaan gambar penis
READ MORE - Selengkapnya

PENGOBATAN PENYAKIT KULIT EKSIM

Bagaimana cara mengatasi penyakit eksim .

Mengenal Penyakit Kulit Eksim

Apa saja penyebab seseorang menderita penyakit kulit eksim? apakah karena tertular orang lain?Berikut ini adalah beberapa penyebab dari penyakit kulir eksim tersebut :
  • Kurang menjaga kebersihan, baik diri sendiri maupun lingkungan yang menjadi salah satu penyebab kulit eksim.
  • Keturunan.
  • Kulit terlalu kering.

Gejala Dan Tanda-Tanda Penyakit Kulit Eksim
  • Apa saja gejala atau tanda-tanda seseorang terkena penyakit kulit eksim?
  • Kulit merah dan gatal-gatal dalam jangka waktu yang lama.
  • Kadang disertai nanah.
  • Rasa panas tidak karuan.
  • Kulit mengeras dan kadang bersisik.

Cara Pencegahan Dan Pengobatan :
  • Setelah mengetahui penyakit kulit eksim seperti apa disertai dengan tanda-tandanya, maka berikutnya adalah cara pencegahan dan pengobatannya.
  • Menjaga kebersihan diri dan lingkungan.
  • Selalu rajin mengkonsumsi vitamin C dan E agar kulit tidak kering.
  • Bila sudah terlanjur memiliki penyakit kulit eksim, maka obati dengan bedak gatal secara rutin.
READ MORE - Selengkapnya

PENYAKIT BATU GINJAL

Batu ginjal terbentuk dari mineral dan asam garam. Batu ginjal dapat disebabkan oleh berbagai hal. Pada skenario yang umum, batu ginjal terbentuk ketika urin berkonsentrasi, mineral mengkristal dan menggumpal.
Sakit batu ginjal biasanya dimulai pada sisi tubuh atau punggung, di bawah pinggul serta bergerak ke perut bagian bawah dan pangkal paha. Rasa nyeri berubah seiring dengan pergerakan batu ginjal pada saluran urin. 

Batu ginjal biasanya tidak menyebabkan kerusakan permanen. Pengobatan rasa sakit dan minum banyak air merupakan bagian dari pengobatan yang sering dibutuhkan. Bagaimanapun, pengobatan dapat membantu mencegah terbentuknya batu ginjal pada mereka dengan peningkatan risiko.

Gejala Penyakit Batu Ginjal
Batu ginjal dapat ataupun tidak menyebabkan tanda dan gejala sampai batu tersebut bergerak di dalam ureter –pipa yang menghubungkan ginjal dan kandung kemih. Pada satu titik, tanda dan gejala yang dapat terjadi adalah:

  • Nyeri yang parah pada sisi tubuh atau punggung, di bawah pinggul
  • Nyeri yang menyebar ke bagian bawah tubuh dan pangkal paha
  • Nyeri pada saat buang air kecil
  • Urin berwarna pink, merah atau coklat
  • Mual dan muntah
  • Sering buang air kecil
  • Demam dan menggigil saat infeksi terjadi

Penyebab dan Faktor Risiko
1. Penyebab

Batu ginjal sering tidak terdefinisikan dengan satu penyebab. Beberapa faktor yang sering berkombinasi, membuat kondisi dimana seseorang rentan mengalami batu ginjal.

Batu ginjal terbentuk ketika komponen urin –cairan dan berbagai mineral dan asam- hilang keseimbangan. Ketika hal ini terjadi, urin anda terdapat lebih banyak zat yang mengkristal, seperti kalsium, oxalate dan uric acid, daripada cairan. Pada saat yang sama, pada urin anda terdapat zat yang mengkristal dan menggumpal sehingga terbentuk batu ginjal. Hal ini membuat kondisi dimana batu ginjal lebih mungkin terbentuk.

2. Faktor risiko

Faktor risiko yang dapat meningkatkan batu ginjal terjadi antara lain:

  • Memiliki seseorang dalam keluarga dengan kasus batu ginjal
  • Mereka yang berusia 40 tahun keatas, meskipun batu ginjal dapat terjadi pada usia berapapun
  • Laki-laki lebih cenderung mengalami batu ginjal
  • Dehidrasi
  • Makanan tertentu yang tinggi protein, tinggi sodium dan gula dapat meningkatkan risiko beberapa jenis batu ginjal
  • Obesitas
  • Memiliki penyakit atau operasi pada saluran pencernaan
  • Kondisi medis lain, antara lain renal tubular acidosis, cystinuria, hyperparathyroidism dan infeksi saluran urin tertentu

Jenis-jenis batu ginjal dan cara pencegahan

Jenis-Jenis Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal memiliki beberapa jenis berdasarkan sumber pembentuknya. 

1. Batu kalsium

Banyak batu ginjal adalah batu kalsium yang biasanya berbentuk kalsium oxalate. Kadar oxalate yang tinggi dapat ditemukan pada beberapa buah dan sayuran, kacang dan coklat. Hati anda juga menghasilkan oxalate. Makanan, vitamin D dosis tinggi, operasi saluran pencernaan dan beberapa kelainan metabolisme dapat meningkatkan konsentrasi kalsium atau oxalate pada urin. Batu kalsium juga dapat terjadi dalam bentuk kalsium fosfat.

2. Batu struvite

Batu struvite terbentuk sebagai respon terhadap infeksi, seperti infeksi saluran urin. Batu struvite dapat berkembang dengan cepat dan menjadi cukup besar.

3. Batu uric acid

Ini terbentuk pada mereka yang mengalami dehidrasi, mereka yang makan makanan tinggi protein dan mereka yang memiliki encok. Faktor genetik tertentu dan kelainan pada jaringan penghasil darah juga dapat membuat anda cenderung mengalami batu uric acid.

4. Batu cystine

Batu ginjal jenis ini memiliki kasus yang sedikit. Batu ini terbentuk pada mereka yang memiliki kelainan secara turun temurun yang menyebabkan ginjal menghasilkan asam amino (cystinuria) tertentu dalam jumlah banyak.

5. Batu lainnya

Kasus batu ginjal langka lainnya juga dapat terjadi.

Mengetahui jenis batu ginjal yang anda alami dapat membantu anda mengerti apa yang menyebabkan batu ginjal terbentuk dan dapat memberikan petunjuk apa yang dapat anda lakukan untuk mengurangi risiko mengalami batu ginjal.


Pencegahan Penyakit Batu Ginjal
  • Penyakit batu ginjal bisa dicegah dengan membiasakan diri mempraktekkan pola hidup sehat. Lebih jelasnya seperti :

Perubahan gaya hidup:
  • Minum cukup air setiap hari
  • Makan lebih sedikit makanan kaya oxalate, seperti bayam, ubi, teh, cokelat dan produk kedelai
  • Memilih makanan yang rendah garam dan protein hewani
  • Makan makanan kaya kalsium, akan tetapi membatasi penggunaan suplemen kalsium
READ MORE - Selengkapnya

PENYAKIT PERADANGAN PANKREAS


Radang pankreas atau pankreatitis merupakan dan peradangan pankreas yang terjadi secara tiba-tiba. Kerusakan pada pankreas bisa menyebabkan enzim yang ada pada pankreas keluar masuk dan masuk ke aliran darah atau rongga perut, sehingga akan menyebabkan iritasi dan peradangan dari selaput rongga perut atau organ lainnya. Namun pada fakta yang lebih lanjut menerangkan jika hormon yang dihasilkan pankreas terutama hormon insulin cenderung tidak terpengaruhi.

Radang pankreas ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya :
  • Batu empedu
  • Kadar lemak darah yang tinggi, terutama trigliserida
  • Kerusakan pankreas karena luka tusuk atau luka tembus
  • Kerusakan pankreas karena pembedahan atau endoskopi
  • Pankreatitis bawaan
  • Berkurangnya aliran darah ke pankreas
  • Alkoholisme
  • Obat-obatan, seperti furosemide dan azathioprine

Gejala radang pankreas
  • nyeri pada perut yang tembus ke belakang, nyeri tambah parah saat makan
  • Mual dan muntah
  • Demam
  • Kulit berwarna kuning (jaundice)
  • Penurunan berat badan
READ MORE - Selengkapnya

Menurunkan Darah Tinggi / Hipertensi Dengan Ketumbar


Berikut manfaat lain dari ketumbar :

Manfaat dari tumbuhan ini sudah banyak dirasakan di berbagai negara. Ketumbar biasanya digunakan pelancar pencernaan, peluruh kentut (carminative), peluruh ASI (lactago), dan penambah nafsu makan (stomachica). Namanya berbeda-beda di berbagai negara juga di berbagai daerah di Indonesia.

Manfaat yang diambil dari ketumbar adalah dari daun, biji, dan buah. Dari semua bagian itu terdapat kandungan berupa sabinene, myrcene, a-terpinene, ocimene, linalool, geraniol, dekanal, desilaldehida, trantridecen, asam petroselinat, asam oktadasenat, d-mannite, skopoletin, p-simena, kamfena, dan felandren.

Khasiatnya tak sebatas pelancar pencernaan saja. Ketumbar juga berguna untuk meredakan pusing, muntah-muntah, influenza, wasir, radang lambung dan radang payudara, campak, masuk angin, tekanan darah tinggi, dan lemah syahwat.

Penggunaan ketumbar bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti ditumbuk halus dan direbus, baik untuk pengobatan luar, maupun dalam.

Untuk pengobatan luar biasanya dihaluskan dan dijadikan adonan dengan dicampur air dan bahan lainnya. Lalu adonan itu ditempelkan pada bagian yang sakit. Cara ini dilakukan untuk perut kembung (ditambah katuk, bawang merah, dan buah pinang), sakit kepala (ditambah buah pinang, daun sirih, mangle, dan pacar jawa), serta radang payudara.

Sementara, untuk pengobatan dalam biasanya ketumbar direbus. Setelah direbus dan ditambah beberapa bahan lain, air rebusannya disaring lalu diminum secara rutin. Cara ini digunakan untuk pengobatan tekanan darah tinggi (ditambah seledri), influenza (ditambah jahe, daun bawang putih, dan madu), batuk (ditambah kayu manis, kumis kucing, dan gula aren), memperbanyak ASI, muntah-muntah, radang lambung, keracunan jamur, dan lainnya.

Cara lainnya adalah dengan menyangrai biji ketumbar, ditumbuk halus, lalu diseduh dengan air (wasir). Ada pula dengan menghaluskan ketumbar dan bahan lainnya, ditambah air, disaring lalu diminum (lemah syahwat). Untuk mengatasi batuk, ketumbar, jahe, dan buah pir di tim, lalu dimakan. Cara untuk mengatasi haid tak lancar beda lagi. Caranya adalah dengan menghaluskan ketumbar dan bahan lain, direbus, lalu disaring.
READ MORE - Selengkapnya

Penyebab utama kerusakan hati / liver

Penyebab utama kerusakan hati/liver adalah : 
  • Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang.
  • Tidak buang air besar pada pagi hari. 
  • Pola makan yang terlalu berlebihan 
  • Tidak makan pagi. 
  • Terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan. 
  • Terlalu banyak mengkonsumsi bahan pengawet, zat tambahan, zat pewarna, pemanis buatan. 
  • Penggunaan minyak goreng yang tidak sehat. Masakan yang digoreng harus dimakan habis saat itu juga, jangan disimpan. 
  • Mengkonsumsi masakan mentah atau dimasak matang 3-5 bagian.

Kita harus melakukan pencegahan dengan tanpa mengeluarkan biaya tambahan. Cukup atur gaya hidup dan pola makan sehari-hari. 

Perawatan dari pola makan dan kondisi waktu sangat diperlukan agar tubuh kita dapat melakukan penyerapan dan pembuangan zat-zat yang tidak berguna sesuai dengan “jadwalnya “.. 

Karena :

Jam 21.00 – 23.00 adalah pembuangan zat-zat tidak berguna/beracun( de-toxin) dibagian system antibody (kelenjar getah bening). 

Jam 23.00 – 01.00 adalah saat proses de-toxin dibagian hati, harus berlangsung dalam kondisi tidur pulas. 


Dini hari 01.00 - 03.00 adalah proses de-toxin dibagian empedu, juga berlangsung dalam kondisi tidur pulas.


Jam 03.00 – 05.00 adalah de-toxin dibagian paru-paru, sebab itu akan terjadi batuk yang hebat bagi penderita batuk selama durasi waktu ini. 


Jam 05.00 – 07.00 adalah de-toxin di bagian usus besar, harus buang air besar.


Jam 07.00 – 09.00 adalah waktu penyerapan gizi makanan bagi usus kecil, harus makan pagi. 

Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang akan mengacaukan proses pembuangan zat-zat yang tidak berguna. Selain itu, dari tengah malam hingga pukul 4 dini hari adalah waktu bagi sumsum tulang belakang untuk memproduksi darah. Sebab itulah, Tidurlah Nyenyak dan Jangan Begadang.
READ MORE - Selengkapnya

TERAPI MENGHILANGKAN BATU EMPEDU TANPA OPERASI


Gejala adanya batu empedu biasanya adalah perasaan penuh di perut (’nek, busung) sehabis makan. Rasanya kurang tuntas mencernakan makanan. Dalam kondisi parah ada tambahan rasa nyeri pada ginjal. Bila anda menduga ada batu pada empedu anda, cobalah cara yang dianjurkan oleh Dr Chiu-Nan untuk menghilangkannya secara alamiah. Pengobatan ini juga dapat dipakai bila ada keluhan gangguan hati, karena hati dan kandung empedu saling berkaitan.

Tata-cara pengobatannya adalah sebagai berikut: 

1. Selama lima hari berturut-turut minumlah empat (4) gelas sari buah apel segar setiap hari, atau makanlah empat atau lima buah apel segar, tergantung selera anda. Apel berkhasiat melembutkan batu empedu. Selama masa ini anda boleh makan seperti biasa.

2. Pada hari keenam jangan makan malam. Jam 6 sore, telanlah satu sendok teh “Epsom salt” (magnesium sulfat, garam Inggris??) dengan segelas air hangat. Jam 8 malam, lakukan hal yang sama. Magnesium sulfat berkhasiat membuka pembuluh-pembuluh kandung empedu. Jam 10 malam, campurkan setengah cangkir minyak zaitun (atau minyak wijen) dengan setengah cangkir sari jeruk segar. Aduklah hingga rata sebelum diminum. Minyaknya melumasi batu2 untuk melancarkan keluarnya batu empedu.

3.. Keesokan hari Anda akan menemukan batu-batu berwarna kehijauan dalam limbah air besar anda. “Batu-batu ini biasanya mengambang,” menurut Dr Chiu-Nan. Cobalah hitung jumlahnya. Ada yang jumlahnya 40, 50 sampai 100 batu. Banyak sekali. Tanpa gejala apapun Anda mungkin memiliki ratusan batu yang berhasil dikeluarkan melalui metoda ini, walaupun mungkin tidak semuanya keluar. Baik sekali apabila kita sekali-kali membersihkan kandung empedu kita. 

Estimasi biaya pengobatannya adalah sebagai berikut: 

1. Jenis Apel sebenarnya sama, cuma saya seneng yang manis. Jadi saya makan Apel RRC yang sering diskon kalau di supermarket harga diskon per 100 gram 800-1000 (biasaya 1600)

2.. Minum/makan apel selama 1 hari 4 (rata2) lima juga boleh.. 

3.. Sebelumnya saya minum Jus asli apel. Cuma butuh waktu untuk membuatnya. Akhirnya selama 5 hari saya makan apel segar dari kulkas, kulitnya saya buang. Karena apel sekarang banyak yang dikasih lapisan lilin dan terkontaminasi oleh pestisida. Lalu saya potong kecil dan dimasukkan ke kulkas, jadi saat kita mau makan, apelnya masih seger dan dingin. 

4. Garam Inggris beli di apotik harga Rp 2.500,-. 

5. Minyak Zaitun kalau kita ke Supermarket namanya Olive Oil, harga 25-30 ribu satu botol. Di Apotek juga ada. Gunakanlah Jeruk agar kita tidak muntah saat minum Minyak Zaitun. Aduk aduk yang rata, karena minyak dan jeruk tidak bersatu atau Berat Jenisnya beda.

dengan cara ini, batu empedunya mudah-mudahan bisa keluar tanpa harus operasi. 
READ MORE - Selengkapnya

JADWAL DAN MENU MAKAN SUKU MAYO

JADWAL DAN MENU MAKAN SUKU MAYO


Menu dan Jadwal Makan Diet Mayo yang Sehat

 

  • Dalam satu harinya anda disarankan untuk mengkonsumsi air putih sebanyak 2 liter, atau kira – kira 8 gelas dalam seiap harinya. Air putihnyapun tidak boleh mengandung es, atau terlalu dingin. Anda dapat memimun air putih setiap jamnya.
  • Jika hendak mengkonsumsi daging, goreng daging bistik dengan menggunakan Danish butter atau minyak jagung/ batter unsalted (tawar).
  • Rebus seikat bayam dalam sebuah wajan, air yang akan digunakan untuk merebus jangan dikasih garam. Untuk waktu merebusnyapun jangan terlalu lama. Jangan lupa juga untuk makan selada mentah.
  • Untuk waktu makan malam yang terakhir adalah pukul 18.00. setelahnya anda tidak boleh makan. Pada saat diet, ada baiknya anda tinggal dirumah saja, karena pada saat diet mayo ini anda akan banyak mengalami buang air kecil atau kencing.
  • Jangan terlalu khawatir jika pada saat diet mayo ini anda sangat jarang sekali melakukan buang air besar (BAB). Karena pada saat diet mayo ini, seluruh makanan akan diserap oleh tubuh.

  • Jadwal menu diet mayo
Jadwal menu hari pertama dan kedelapan
Untuk hari pertama ini ada baiknya pada saat sarapan anda seduh secangkir teh manis atau kopi manis. Untuk makan siangnya disarankan untuk mengkonsumsi 2 telur rebus, seikat bayam, satu buah tomat, dan 2 buah kentang rebus. Pada saat makan malam, konsumsi 150 gram daging bakar, selada, sesendok makan minyak salad. 

  • Jadwal menu hari kedua dan kesembilan
Untuk sarapan pagi sama dengan hari pertama dan kedelapan. Untuk makan siang anda lebih disarankan untuk mengkonsumsi sepotong daging bakar, buah segar, selada dan sesendok makan minyak salad. Sementara untuk makan malam anda bisa memakan 250 gram ayam kukus, sebuah pisang, dan segelas yogurt.

  • Jadwal menu hari ketiga dan kesepuluh
Sarapan pagi sama dengan menu hari sebelumnya, yaitu secangkir teh manis atau kopi manis. Hanya saja ditambah sepotong roti bakar. Daun seledri kukus, sebuah tomat dan buah segar pada saat makan siang. Makan malamnya 2 telur rebus, 2 iris ayam rebus, dan selada.

  • Jadwal menu hari keempat dan kesebelas
Menu makan paginya sama dengan hari ketiga. Untuk makan siang, sebutir telur rebus, satu wortel parut, dan 60 gram keju. Sementara sekaleng buah – buahan, selada, dan segelas yogurt untuk makan malam.

  • Jadwal menu hari kelima dan keduabelas
Satu buah waortel besar yang sudah diparut atau dijus dan lemon untuk sarapan anda. Sementara untuk siang hari lebih disarankan sepotong ikan bakar atau pepes. Sedangkan untuk malam harinya adalah sepotong daging bakar, selada, dan seledri kukus.

  • Jadwal menu hari keenam dan ketigabelas
Sarapan pagi dengan secangkir teh manis atau kopi manis, dan sepotong roti bakar. Makan siang dengan dada ayam rebus, selada, lemon dan satu sendok makan minyak salad. Untuk malam harinya, konsumsi 2 telur rebus dan wortel parut atau jus.

  • Jadwal menu hari ketujuh
Untuk hari yang ketujuh ini sarapan pagi dengan secangkir teh tanpa gula. Makan siang dengan sepotong daging bakar dan buah segar. Sedangkan untuk makan malam, dihari ketujuh ini anda disarankan untuk berpuasa namun boleh minum air putih.
dikutip dari : http://inkesehatan.blogspot.com/
READ MORE - Selengkapnya

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails