Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

CARA TRADISIONAL OBATI GONDONGAN


Penyakit gondongan itu bukan saja menyerang pada manusia pada hewanpun suka terserang gondongan, pada ayam, kambing, bahkan pada anjing, penyakit ini biasanya adanya pembengkakan pada pipi paling bawah atau pada bagian leher yang atas.

Gejala Penyakit Gondongan:
Pada tahap awal penyakit gondongan ini 1 atau 2 hari pertama sipenderita pnyakit ini adanya demam dengan suhu yang tinggi, Suhu badan sampai 38,5-40 derajat celcius. Dan kepala terasa sakit serta otot-otot terasa nyeri, sampai nafsumakanpun hilang, rahang terasa nyeri ketika mengunyah makanan, serta terasa kaku sampai-sampai kadang sulit untuk membuka mulutpun.


Sepengalaman kami cara mengobati penyakit gondongan ini ada dua cara dengan memakai bahan alami seperti berikut di bawah ini:

Bulao:
Bulao yang biasa di pake membersihkan pakainyan, mampu menghilangkan pengakit gondongan, Caranya: ambil bubuk bulao dan diseduh dengan memakai air hangat, lalu oleskan pada bagian yang terkena penyakit gondongan, lakukan cara ini selama pengobatan sampai penyakit itu hilang, 

Nasi Hangat:
Cara yang kedua yaitu dengan memakai nasi hangat, Caranya: ambil sekepal nasi yang masih hangat lalu di kepal-kepal, kemudian dioles-oles ke bagian kulit yang terkena penyakit gondongan, kalau sudah dioleskan kemudian nasi itu di kasih sama anjing, biasanya penyakitnya itu akan pindah ke anjing kalau di kasihnya sama ayam akan pindah kea yam, tapi kami tidak tau apakah cara seperti ini termasuk jahil sama binatang atau nggak! Cuman orang tua dulu sering melakukannya seperti itu, memang biasanya penyakit gondongan yang dimanusianya sembuh mengempes tapi binatang yang memakan nasinyaitu jadi terkena penyakit gondongan.
READ MORE - Selengkapnya

CARA ALAMI MUDAH UNTUK HILANGKAN KETOMBE


Sebenarnya cara menghilangkan ketombe itu tidak sesulit yang anda bayangkan asal anda ada kemauan atau anda bisa memperhatikan tips-tips kesehatan rambut agar supaya rambut anda sehat dan terbebas dari masalah ketombe.

Yang Akan Digunakan Untuk Cara Menghilangkan Ketombe :

Jeruk Nipis:

Pertama anda bisa cari jeruk nipis di kebun atau pun bisa anda beli di pasar tidak susah ko mencarinya, Bisa anda ambil 4-5 buah jeruk nipis cuci dulu setelah di cuci bersih belah jeruk nipis tersebut menggunakan pisau, Kemudia ambil mangku atau wadah lalu peras jeruk nipis tersebut, Setelah beres semuanya dip eras, Sekarang sudah siap air perasan jeruk nipis untuk di basuhkan ke seluruh permukaan kulit kepala anda hingga merata, setelah merata diamkan sekitar 5 atau 10 menit, bilaslah dengan air, cara seperti ini bisa anda ulang setiap hari hingga ketombenya hilang.


Kangkung:
Kangkung bukan saja enak untuk kita santap,kangkung juga bisa di gunakan untuk cara menghilangkan ketombe, Ambil seikat kangkung yang masih segar dan kira-kira 2 gelas air kemudian rebus kangkung tersebut memakai air yang 2 gelas tadi, Hingga mendidih sehingga air rebusannya itu menjadi sekitar 1 gelas, diamkan dulu nunggu airnya dingin kemudian basuhkan air rebusan kangkung tersebut sampai merata ke kulit kepala anda diamkan sekitar 20 menit dan cucilah rambut anda menggunakan sampo.


Kuning Telur:
Kuning telur juga bisa kita pakai untuk menghilangkan ketombe, Caranya ambil dua telur cukup yang kuningnya saja kemudian kocok kuning telur tersebut hingga mengeluarkan busah, Setelah itu oleskan kuning telur tadi ke kulit kepala anda sampai merata diamkan sekitar 30-40 menit lalu cucilah rambut anda dengan memakai sampo supaya bau telurya itu hilang.


Santan Kelapa:
Ambil santan kelapa,dari kelapa yang sudah di parut dulu lalu di kasih air terus di perasnya jadilah santan kelap, seterusnya anda bikin jus nana satu gelas kemudian ambil jeruk lemon di belah lalu dip eras airnya, bahan-bahan yang tadi santan,jus nanas dan air jeruk lemon satukan dalam satu wadah setelah itu lalu bilaskan kekulit kepala anda sampai merata sambil di pijit-pijit diamkan sekitar 10-15 menit lalu di cuci pakai sampo, lakukan hal seperti ini seminggu sekali.


Cuka Sari Apel:
Pertama-tama anda cuci dulu rambut anda menggunakan sampo, Ambil tiga sendok makan cuka sari apel campur dengan setengah gelas air lalu bilaskan ke rambut anda sehingga meresap ke kulit kepala diamkan 10 menit lalu bersikan dengan air.


Obat Kumur-Kumur:
Jika ketombe di kepala anda sudah parah,anda boleh mencoba dengan obat kumur-kumur, Secara obat kumur-kumur mengandung alcohol ini efektif untuk membasmi bakteri serta jamur dan ketombe di kulit kepala anda, Caranya cuci dulu rambut anda seperti biasa lalu bilas dengan obat kumur-kumur tadi yang mengandung alcohol diamkan dulu beberapa menit lalu bersikan lagi dengan air bersih.

Faktor dari beberapa makana juga bisa jadi pemicu munculnya ketombe di kepala kita,adalah:

  • Makanan yang terlalu pedas, Bayak orang yang bilang kalau kita makan tanpa sambel akan terasa hampa, tak ada rasanya, Tetapi apakah anda menyadarinya bahwa makan yang mengandung rasa pedas itu bisa menjadi penyebab timbulnya ketombe di kepala anda, coba bisa anda rasaka apabila kita sudah makan makan yang rasaya pedas kulit kepala kita akan terasa gatal, Bener nggak?
  • Peroduk susu, Suatu makan yang dipeoduk dari susu seperti es cream, keju, coklat dan susu murni makanan ini walaupun rasaya nikmat di lidah anda tapi bisa menjadi salah satu penyebab munculnya ketombe.
  • Makanan yang terlalu panas juga bisa menjadi pemicu munculnya ketombe di kepala kita, Padahal kebanyakan orang kalu menyantap makan itu suka yang masi agak panas, Tetapi makan yang masih agak panas itu bisa menimbulkan penyakit seperti ketombe,dan kalau di tips kesehatan gigi juga nggak boleh makan makan yang masih agak panas karena bisa merusak kesehatan gigi.
  • Makanan yang berminyak ini juga bisa menjadi timbulnya ketombe, Padahal banyak orang yang hobi dengan gorengan apalagi di temani dengan segelas kopi atau segelas susu hangat di pagi hari, tetapi makan yang berminyak ini salah satu makan yang bisa mengundang datangnya ketombe.
  • Pemakaian produk yang salah juga ini adalah salah satu penyebab, Seperti anda sering bergonta ganti sabun pencuci rambut seperti sampo ini bisa jadi timbulnya ketombe.
READ MORE - Selengkapnya

MANFAAT DAUN KEMANGI UNTUK PASANGAN SUAMI ISTRI



Daun kemangi sangat populer di Indonesia, terutama di daerah Jawa Barat sebagai lalapan pelengkap makan. Ternyata selain sebagai penguat aroma dalam makanan (contohnya pepes), kemangi juga memiliki khasiat yang serupa dengan efek obat sex VIAGRA -

Khasiat untuk Pria:
Kemangi ini mengandung zat aktif sineol dan arginine, khasiatnya mampu mengatasi ejakulasi permatur, melebarkan pembuluh kapiler, memperkuat daya tahan sperma dan mencegah kemandulan pada pria. Kandungan Apigenin fenkhona dan eugenol dalam kemangi juga dapat mempermudah ereksi.

Khasiat bagi wanita:
Bagi wanita, kemangi sangat berguna. Seluruh bagian tanaman ini kaya akan senyawa anetol dan boron yang mampu merangsang hormon estrogen. Senyawa eugenol yang dimilikinya juga mampu membunuh jamur penyebab keputihan. Selain itu zat stigmaasterol dalam kemangi dapat merangsang pematangan sel telur. Tannin dan seng mengurangi sekresi cairan vagina. Ada lagi zat triptofan yang dapat menunda menopause.
READ MORE - Selengkapnya

JENIS PENYAKIT YANG DAPAT DISEMBUHKAN BUAH SIRSAK



Sirsak (Annona muricata) termasuk dalam famili Annonaceae. Sirsak berupa tumbuhan atau potion yang berbatang utama berukuran kecil dan rendah. Daunnya berbentuk bulat telur agak tebal dan pada permukaan bagian atas yang halus berwarna hijau tua sedang pada bagian bawahnya mempunyai warna lebih muda. Tumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat. Tetapi untuk memperoleh hasil buah yang banyak dan besar-besar, maka yang paling balk ditanam di daerah yang tanahnya cukup mengandung air. Di Indonesia, sirsak tumbuh dengan baik pada daerah yang mempunyai ketinggian kurang dari 1000 meter di atas permukaan laut. Nama Sirsak itu sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Belanda Zuurzak yang kuranglebih berarti kantung yang asam. Buah Sirsak yang sudah masak lebih berasa asam daripada manis. Pengembangbiakan sirsak yang paling baik adalah melalui okulasi dan akan menghasilkan buah pada usia 4 tahunan setelah ditanam.

Penyakit Yang Dapat Diobati :

Ambeien
Bahan: buah sirsak yang sudah masak;
Cara membuat: diperas untuk diambil airnya sebanyak 1 gelas;
Cara menggunakan : diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

Sakit Kandung Air Seni
Bahan: buah sirsak setengah masak, gula dan garam secukupnya;
Cara membuat: semua bahan tersebut dimasak dibuat kolak;
Cara menggunakan : dimakan biasa, dan dilakukan secara rutin setiap hari selama 1 minggu berturut-turut.

Bayi Mencret
Bahan: buah-sirsak yang sudah masak;
Cara membuat: buah sirsak diperas dan disaring untuk diambil airnya;
Cara menggunakan : diminumkan pada bayi yang mencret sebanyak 2-3 sendok makan.

Anyang-anyangen (sering kecing tetapi sedikit dan terasa sakit)
Bahan: sirsak setengah masak dan gula pasir secukupnya;
Cara membuat: sirsak dikupas dan direbus dengan gula bersama-sama dengan air sebanyak 2

gelas; Cara menggunakan : disaring dan diminum.

Sakit Pinggang
Bahan: 20 lembar daun sirsak;
Cara membuat: direbus dengan 5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal3 gelas;
Cara menggunakan : diminum 1 kali sehari 3/4 gelas.

Bisul
Bahan: daun sirsak yang masih muda secukupnya;
Cara membuat: ditumbuk halus dan ditambah 1/2 sendok air, diaduk sampai merata;
Cara menggunakan : ditempelkan pada bagian bisul.

Komposisi :
Sirsak (Annona muricata) pada setiap 100 gramnya mengandung nilai kalori sebanyak 65 kalori, protein 1 gram, lemak 0,3 gram, hidrat arang 16,3 gram, kalsium 14 miligram, fosfor 27 miligram, besi 0,6 miligram, vitamin A 10 SI, vitamin B, 0,07 miligram, vitamin C 20 miligram dan zat air 81,7 persen. Di samping itu, pada bagian daun clan batangnya mengandung unsur senyawa tanin, fitosterol, ca-oksalat clan alakaloid murisine.

READ MORE - Selengkapnya

PENGOBATAN ALAMI DARI DAUN SAGA



Sariawan (stomatitis apthosa) adalah radang yang terjadi di daerah mukosa mulut, biasanya berupa bercak putih kekuningan dengan permukaan yang agak cekung. Jumlahnya bisa satu atau lebih. Yang diserang sariawan biasanya daerah mukosa pipi bagian dalam, bibir bagian dalam, lidah, gusi serta langit-langit dalam rongga mulut. Sariawan adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh jamur pada mulut dan saluran kerongkongan.Beberapa faktor pemicunya, antara lain menurunnya sistem kekebalan (imun) tubuh, alergi yang disebabkan oleh kopi, cokelat, keju, kacang-kacangan, buah jeruk, dan kentang. Selain itu, sariawan juga bisa diakibatkan oleh stres, virus (bakteri), luka pada mulut (tergores, tergigit atau lainnya), kurang nutrisi dan kesalahan penggunaan obat-obatan.

Salah satu jenis tanaman (obat herbal) yang bermanfaat untuk mengobati atau mencegah sariawan adalah daun saga (Abrus precatorius L). Daun saga, bagi masyarakat Indonesia, dikenal dengan banyak nama. Masyarakat Jawa menyebutnya saga telik/manis, di Aceh dinamakan thaga, saga areuy. Disebut juga saga leutik (Sunda), walipopo (Gorontalo), piling-piling (Bali), seugeu (Gayo), ailalu pacar (Ambon), saga buncik, saga ketek (Minangkabau), dan kaca (Bugis).

Daun saga termasuk jenis tumbuhan perdu dengan pokok batang berukuran kecil dan merambat pada inang membelit-beli ke arah kiri. Tumbuhan itu banyak tumbuh secara liar di hutan-hutan, ladang-ladang atau sengaja dipelihara di pekarangan.Tanaman itu sangat majemuk, berbentuk bulat telur serta berukuran kecil-kecil. Tampilannya menyerupai daun tamarindus indica dengan bersirip ganjil dan memiliki rasa agak manis (biasa disebut saga manis). Saga juga memiliki buah polong berisi biji-biji yang berwarna merah dengan titik hitam mengilat dan licin. Sedangkan, bunganya berwarna ungu muda dengan bentuk menyerupai kupu-kupu, dalam dukungan tandan bunga.

"Daun saga berkhasiat untuk mengobati sariawan,” jelas Prof Dr Sumali Wiryowidagdo, Aptk, Kepala Pusat Studi Obat Bahan Alami Universitas Indonesia.

Selain itu, saga juga digunakan sebagai antiparasit, antiradang, meredakan batuk dan panas dalam, serta berguna pula untuk melancarkan peredaran darah. Dari sejumlah penelitian yang dilakukan, saga mengandung abruslactone A, methyl abrusgenate, abrusgenic acid, dan vitamin C. Selain itu, tanaman ini mengandung kadar glycyrhizin (glisirisin).

Cara penggunaan daun saga untuk pengobatan 
Untuk mengusir sariawan, daun saga biasanya dipasangkan dengan daun sirih. Tujuannya supaya daya gempur terhadap sariawan semakin kuat. Walau demikian, daun saga saja juga diperbolehkan.

Untuk mengobati sariawan, daun saga bisa dikunyah secara langsung. Apalagi, rasanya juga manis. Karena rasanya itu, daun saga disebut juga dengan daun manis. Daun saga mengandung senyawa kimia antara 30-100 kali gula. Selain dengan dikunyah, daun saga bisa juga dibuat ramuan untuk berkumur-kumur. Caranya, beberapa lembar daun saga dibersihkan dengan menggunakan air, lalu dijemur selama beberapa menit agar kelihatan agak layu. Setelah dibersihkan, daun saga bisa dikunyah langsung sampai halus, lalu kumur-kumur.

Cara lainnya, ambillah sekitar 10 gram daun saga segar yang telah dicuci bersih, kemudian rebus dengan setengah liter air (atau sekitar dua gelas) hingga matang. Kemudian ambil daun saga setelah air rebusan tersisa setengahnya. Bisa juga ditambahkan kayu manis, daun sirih, gula batu atau madu secukupnya. Air rebusan inilah yang digunakan untuk berkumur-kumur selama beberapa saat. Air rebusan itu bisa disaring, kemudian diminum juga bisa.
READ MORE - Selengkapnya

JENIS PENYAKIT YANG DISEMBUHKAN TERIPANG


Pola hidup yang tidak teratur. Selalu mengenyampingkan olahraga, waktu tidur berkurang, dan menyantap semua makanan tanpa pandang bulu. Pola hidup seperti itulah yang dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan. Kadar gula darah dalam tubuh dan tekanan darah dapat meningkat, sehingga dapat terkena penyakit Diabetes mellitus. Tekanan darah yang tinggi dapat menyebabkan penyumbatan darah ke otak (stroke iskemik). Stroke iskemik menyebabkan suatu jaringan mati karena 80% aliran darah tersumbat.


Berdasarkan hasil penelitian diberbagai Universitas di seluruh dunia, ditemukan bahwa teripang/gamat emas sangat berkhasiat sebagai obat serbaguna dan antiseptik tradisional.

Teripang/gamat kaya akan grow factor sehingga dapat memperbaiki sel-sel rusak. Kandungan protein hingga 82% dan asam lemak essensial mujarab memperkuat sel hati untuk mengeluarkan antibiotik. Karena itu juga teripang/gamat kerap disebut Imunomodulator. Lantaran kandungan kologen yang tinggi, teripang atau gamat ampuh melakukan regenerasi sel secara singkat. Penyakit degeneratif yaitu penyakit yang ditandai dengan penurunan fungsi organ yang diakibatkan adanya kerusakan sel-sel jaringan yang luas, dengan kemampuan yang dimiliki teripang/gamat untuk memacu regenerasi sel yang tinggi maka teripang/gamat dapat berfungsi mencegah dan membantu mempercepat penyembuhan berbagai macam penyakit.

Penelitian mengungkapkan, teripang/gamat pada konsentrasi 50 mikrogram menggumpalkan dan menghadang sel kanker. oleh sebab itu pengidap kanker banyak yang berharap pada
teripang/gamat.Selain itu, kandungan protein tinggi pada teripang/gamat yang mencapai 82%, baik diberikan pada penderita diabetes. Protein tinggi berperan meregenerasi sel beta pankreas yang memproduksi insulin. Hasilnya Produksi insulin meningkat.

Banyak sekali manfaat teripang/gamat dalam menyembuhkan berbagai penyakit seperti :

* Stroke
* Asma
* Jantung Koroner
* Kencing Manis & Luka Gangren
* Kanker (Tumor)
* Gagal Ginjal
* Chirosis Hepatis
* Asam Urat
* Rhematik
* Wasir
* Esteoporosis (Pengeroposan Tulang)
* Alergi Saluran Pernafasan (Bersin, Filek, Sinusitis, Asma)
* Alergi Kulit (Aksim, Gatal)
* Darah Tinggi
* Darah Rendah
* Kolesterol
* Penyempitan Pembuluh Darah
* Penurunan Fungsi Liver
* Rambut Rontok
* Pembesaran Prostat
* Dll.

Gamat penyelamat yang Mujarab
Khasiat hewan laut filum Echinodermata itu telah dikenal berbagai bangsa di dunia sejak lama. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), teripang memiliki kandungan gizi lengkap. Antara lain 9 jenis karbohidrat, 59 jenis asam lemak, 19 jenis asam amino, 25 komponen vitamin, 10 jenis mineral, dan 5 jenis sterol. Semua bersatu-padu membangun kekebalan tubuh dan memperbaiki sel-sel yang rusak.

Kemampuan regenerasi sel teripang cepat, makanya bisa mengobati berbagai penyakit. Dalam tubuh manusia regenerasi sel tetap berlangsung. Sel-sel pankreas yang rusak pada pengidap diabetes diperbaharui oleh antioksidan teripang. Kesembuhan penyakit gula juga berkat kehadiran mineral kromium pemacu kinerja insulin. Mineral ini berkerja dengan cara menyerap glukosa yang berlebih dalam darah dan menyedot glukosa masuk jaringan darah lebih cepat.

Zury Azreen bin Azizul Rahman dari Sekolah Ilmu Kesehatan Malaysia menemukan, teripang memiliki efek sedatif dan analgesik penurun tekanan darah pengidap hipertensi. Selama ini obat-obatan kimia penenang dan penahan rasa sakit berefek merusak saluran pernapasan, ginjal, dan hati.

Di lain tempat, Subhuti Dharmananda, PhD dari Institut Pengobatan Tradisional Portland, Amerika Serikat mengungkap teripang mengandung asam lemak metiltetradekanoik penghambat kinerja enzim lipoksigenase. Enzim itu memacu kerusakan saluran pernapasan penyebab asma. Menurutnya, kandungan nutrisi lengkap menyebabkan ginseng dasar laut itu menjadi suplemen mujarab. Oleh karena itu, bukan tak mungkin gamat menjadi tumpuan p
READ MORE - Selengkapnya

TANAMAN PACAR CINA UNTUK PENGHILANG BAU BADAN ALAMI



Pacar Cina (Aglaia sp) termasuk dalam jenis tanaman obat. Tanaman obat didefinisikan sebagai tanaman yang daun, batang, buah, bunga, dan akarnya memiliki khasiat sebagai obat atau digunakan sebagai bahan mentah dalam pembuatan obat modern maupun obat-obatan tradisional. 

Pacar cina sering ditanam di kebun dan pekarangan sebagai tanaman hias atau tumbuh liar di ladang-ladang yang cukup mendapat sinar matahari. Daerah penyebaran tanaman ini meliputi India, China bagian selatan, Asia Tenggara, Australia bagian utara, dan kepulauan di Samudra Pasifik. 

Di Indonesia tumbuhan yang disebut sebagai pacar cina ini tumbuh di Pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Bali, dan Flores. 

Banyak manfaat dari tanaman pacar cina bagi kesehatan, diantaranya : 

Bunganya sering digunakan untuk mengharumkan teh atau pakaian. Tinggi tanaman ini sekitar 2 - 6 meter, batangnya berkayu, bercabang banyak, dan tangkainya berbintik-bintik kelenjar berwarna hitam. 

Daunnya bersifat majemuk dan menyirip ganjil yang tumbuh berselang-seling dengan anak daun 3 - 5 buah. Anak daun ini bertangkai pendek, berbentuk bundar dengan panjang 3-6 sentimeter (cm), dan lebar 1 - 3,5 m. 

Ujung dan pangkal daun meruncing dan permukaannya licin mengilap terutama daun muda. Bagian yang dimanfaatkan biasanya bunga, daun, batang, dan ranting. Bagian bunganya berkhasiat untuk mengatasi beragam gangguan kesehatan. Sebut saja perut kembung, batuk, dan pusing. Adapun daunnya berkhasiat untuk mengobati luka memar, bisul, gangguan menstruasi, bau badan, dan diare. 

Untuk pengobatan luar, bagian tanaman tersebut digiling halus lalu dibubuhkan ke tempat yang sakit. Cara membuat obat herbal dari tanaman ini mudah saja. Daun atau bunga direbus, lalu saripatinya diminum. Contohnya untuk mengatasi gangguan menstruasi. Ambil daun pacar cina segar sebanyak satu genggam. 

Setelah itu daun dicuci dan direbus dengan dua gelas air matang. Barulah air rebusannya diminum dua kali sehari. Untuk mengatasi gangguan bau badan ambil daun pacar cina segar sebanyak 10 gram dan daun sirih sebanyak tujuh lembar. Cucilah kedua daun tersebut, lalu direbus dengan air secukupnya. Setelah dingin, air rebusan ini disaring kemudian diminum sehari 2 kali, masing-masing pada pagi dan sore hari. 

Disamping bermanfaat sebagai obat herbal, tanaman Aglaia sp juga kerap digunakan sebagai bahan pestisida nabati. Dari beberapa laporan menyatakan bahwa efektivitas pestisida nabati setara dengan kemapuan pestisida kimia sintetis. 

Yang mampu menekan intensitas serangan hama hingga 80 persen. Aglaia sp mengandung bahan aktif azadirachtin (limonoid) dan ricologoid yang mampu membunuh hama pengganggu tanaman. Senyawa aktif dari tanaman itu mampu menghambat perkembangan dan reproduksi berbagai macam serangga, misalnya wereng dan ulat.
READ MORE - Selengkapnya

KHASIAT BELIMBING UNTUK PENYAKIT KOLESTROL


Buah belimbing merupakan buah yang unik, karena di dalam buah belimbing terdapat berbagai macam rasa, manis dan asam campur jadi satu..wuih segerrr...menurut sejarah penyebarannya, buah belimbing berasal dari Malaysia dan sekarang sudah menyebar di daerah tropis di Asia dan dunia termasuk di Indonesia. Banyak manfaat yang terkandung di dalam buah belimbing. Buah belimbing bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan juga kecantikan.


Pada umumnya belimbing yang ada di masyarakat ada dua jenis utama, yaitu:
  • Pertama, Belimbing Manis atau Averrhoa Carambola bentuknya besar, kurang lebih sekepal tangan orang dewasa. Memiliki bentuk yang bergelombang mirip bintang dan bewarna kuning kehijauan. Tak heran banyak orang menyabutnya sebagai Star Fruits ( Buah Bintang ). Rasanay beraneka ragam , bila sudah masak, rasanya akan menjadi manis dengan sedikit rasa masam.

  • Jenis kedua adalah Avverhoa blimbi atau yang biasa disebut belimbing wuluh atau belimbing sayur. Kenapa dinamakan belimbing sayur ? Soalnya buah belimbing jenis ini kerap ditemukan pada masakan seperti sayur asam atau masakan padang. Bentuk buahnya jauh lebih kecil dari belimbing manis. Belimbing sayur umumnya berbentuk tak lebih dari jari-jari orang dewasa, berwarna hijau muda dan memiliki rasa yang asam namun menyegarkan.

Manfaat Belimbing
Rasa buah belimbing manis memang manis dan menyegarkan. Selain itu, buah yang dalam bahasa Inggris disebut Buah Bintang ( Star Fruit ) ini sarat gizi. Kandungan vitamin A dan C yang dikandungnya merupakan antioksidan yang ampuh melawan radikal bebas , meningkatkan daya tahan tubuh.

Di dalam belimbing manis juga kaya pektin. Pektinnya mampu menjerat kolesterol , mencegah hepatitis atau penyakit pengerasan hati, dan asam empedu yang terdapat dalam usus dan membantu pembuangannya. Dan seratnya bermanfaat memperlancar proses pencernaan. Boleh dikata, buah ini adalah buah favorit para pediet yang ingin tetep langsing.

Buah belimbing matang yang terkenal dengan rasa manis ini berkhasiat untuk meredakan berbagai macam penyakit, seperti diabetes, kolesterol, batuk, radang tenggorokan dan demam. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi juga dipercaya sebagai obat kanker.
Bunga buah belimbing yang berwarna keunguan dipercaya berkhasiat untuk mengobati penyakit malaria.
Daunnya yang rimbun berkhasiat untuk mengobati sakit maag, melancarkan air seni, hipertensi dan penyakit bisul.

Bahkan akar tanaman belimbing dapat mengobati penyakit rematik. Manfaat yang bisa kita peroleh, selain untuk kesehatan, enak dikonsumsi sebagai buah segar dan dapat juga dimanfaatkan sebagai tanaman pekarangan.

Jus Belimbing Penyegar Tubuh
Habis pulang kerja rasanya tubuh capek banget, apalagi kalau bete . Nah, biar seger cobain dech resep

Jus Belimbing Penyegar Tubuh.
Caranya :
  • blender 2 buah belimbing berukuran besar yang sudah dikupas dan dibuang bijinya bersama 100 ml sari buah jeruk manis, gula, es batu plus sedikit susu kental manis rasa apa saja, biar lebih mantab.
  • blender seluruh bahan hingga halus dan sajikan saat hari panas.
READ MORE - Selengkapnya

CARA MEMANDIKAN BAYI SESUAI ATURAN


  • Memandikan bayi memang tidak gampang apa lagi kalau bayinya tidak bisa diam atau gerak-gerak sana sisni, tapi kalau kita sudah biasa akan terasa mudah dan senang, Berikut di bawah ini langkah-langkah sewaktu kita memandikan bayi.
Alat-Alat Cara Memandikan Bayi Untuk Keperluannya
  • Anda harus sudah memiliki bak air khusus untuk memandikan bayi
  • Masak air dulu kira-kita cukup untuk memendikan bayi
  • Isi dulu baknya dengan air yang sudah di masak tadi terus campur dengan air dingin, pastikan suhunya pas untuk kulit bayi, jangan terlalu panas dan jangan pula terlalu dingin.
  • Buka dengan perlahan bedong atau bungkus bayi itu, siapakan alas di pinggang, pertama letakan bayinya di pinggang kita yang sudah di kasih alas kain.
  • Usap dulu dengan air mukanya, dan bersihin kedua matanya, serta bersihin juga hidungnya, dan juga telinganya, untuk membersihkan matanya anda bisa memakai kapas, dengan pelan-pelan.
  • Ajak bicara juga sang bayi itu dengan tutur sapa yang lembut, serta penuh kasih saying, agar supaya sewaktu di mandiin tidak rewel atau tidak nangis.
  • Basuh kepalanya secara perlahan, awas jangan sampe ada air yang masuk ke telinganya atau ke lobang hidungnya.
  • Sesudah membersihkan bagian wajah dan kepala, baru di rebahkan di dalam bak irnya, sambil di sangke dengan tangan anda, sambil di basuh seluruh badannya.
  • Pakekanlah sabun yang berbahan lembut pada kulit bayi, dan juga sampo dengan sampo khusus buat bayi, banyak di toko-toko peralatan bayi yang menjual sabun dan sampo khusus bayi.
  • Sesudah di sabunin basuh lagi dengan air sambil di bersihkan lekuk-lekuk tubuh serta lipatan yang ada di tubuhnya jangan lupa di bersihkan, Bagian kelaminnya juga bersihkan dengan hatiti dan perlahan, bagian pantat atau duburnya, bersikan juga jangan sampai ada kotoran,
  • Jangan lupa bagian lehernya juga bersihkan di pas lipatan-lipatannya, lihat bagian telinganya pastikan nggak ada sabun atau busah sampo yang masuk ke dalam, lipatan kaki juga jangan terlewatkan.
  • Setelah beres memandikannya bungkus dengan handuk yang lembut, khusus buat bayi, bersihkan jangan sampe ada air yang tersisa di tubuhnya, di bagian pantatnya bersihkan juga dengan handuk
READ MORE - Selengkapnya

CARA PENGOBATAN ALAMI TUMIT PECAH PECAH



Mempuyai tumit kaki pecah-pecah dan kering itu selain mengurangi ke pedean kita tidak enak juga di sentuhnya kasar seperti parud, Sering timbul rasa sakit terkadang mengeluarkan darah juga dari sela-sela pecahannya, Pengalaman kami sewaktu kulit kaki kami pecah-pecah kalau lagi tidur jengkel banget, Karena pada nyangkut kena selimut.Seperti itu jangan di biarkan begitu saja harus secepatnya di obati, Cara mengobati kulit kaki yang pecah-pecah ini sebenar nya bayak caraya, Kami akan menuliskan beberapa cara saja dari sekian banyak caranya dengan memakai obat-obatan teradisional alami.

Obat Tradisional Untuk Kaki Pecah-Pecah Adalah Memakai Minyak Jaitun
Ambil lah minyak jaitun secukupnya lalu nyalakan kompor dan ambilah panic panaskan minyak jaitun tersebut, mau pake penggorengan juga nggak apa-apa sampai mendidih, Kalau sudah mendidih matikan kompornya dan biarka dulu minyaknya sampe hangat-hangat kuku.

Langkah selanjutnya bersikan kaki anda yang mau di obtain itu, Atau di cuci dulu itu lebih baik lalu di lap dulu pake handuk hilangkan air di kaki yang bekas di cucinya dan pastikan bener-bener kering, Siap untuk di oleskan obat teradisional untuk kaki pecah-pecah nyaitu minyak jaitunnya sampe merata di kaki anda yang pecah-pecah itu, Sesudah merata di olesi minyak jaitun , Bungkus kaki anda dengan pelastik lalu bungkus pake sarung kaki, Biarkan hingga beberapa jam, Lakukan hal seperti itu secara rutin apalagi kalu pecah-pecah nya udah parah. Itu adalah cara yang pertama obat teradisional untuk kaki pecah-pecah.

Obat Tradisional Untuk Kaki Pecah-Pecah Menggunakan Getah Pepaya

Ambilah satu buah papaya muda yang masih baru di petik dari pohonnya lalu di potong-potong tipis sehingga getah papaya itu keluar, Seperti biasa kaki yang mau di obatinnya dalam keadaan bersih dan kering, Langkah berikutnya oleskan getah papaya itu ke tumit kaki yang pecah-pecah itu sehingga merata.

Ingat getah papaya itu jangan sampe mengenai kulit selain kulit telapak kaki dan telapak tangan, Karena biasana akan menimbulkan gatel kalau mengenai kulit selain telapak tangan atau telapak kaki.

Setelah getah pepaya di oleskan merata diamkan hingga 15 menit lamanya, Sesudah itu cucilah kaki anda sampai bersih.

Getah papaya ini bisa juga untuk melembutkan telapak tangan, agar terasa lembut di saat bersalaman atau bersentuhan tangan sama orang

  • Ambil kemiri secukupnya yang sudah di kupas kulitnya
  • Cara Pemakaiannya: Pertama bakardulu kemiri tersebut hingga gosong, Terus tumbuk kemiri yang sudah di bakar tadi sampai halus, Sehingga mengeluarkan minyak, Selanjutnya oleskan kemiri tadi ke tumit kaki yang pecah-pecah sehingga merata, Jangan lupa sebelum di olesin kemiri tadi kakinya di bersihin dulu.
  • Lakukan hal seperti ini secara rutin 2-3 kali dalam seminggu, Sehingga tumit kaki anda bener-bener sembuh, Itulah Obat Tradisional Untuk Kaki Pecah-Pecah yang bisa kami tulis dengan sepengalaman kami, Jangan salah kemiri juga bagus untuk kesehatan rambut.
  • Yang paling umum ada masalah kulit, Disebabkan kulit yang kering.
  • Berdiri atau berjalan terlalu lama di atas lantai yang keras dan kasar tanpa alas kaki atau sepatu.
  • Keadaan medis, seperti penderita psoriasis dan eksim, Atau diabetes itu juga bisa jadi factor terjadinya tumit kaki pecah pecah.
  • Mengenakan sepatu yang bagian belakangnya terbuka, itu bisa mengakibatkan tumpuan pada tumit kaki tertekan sehingga melebar ke samping.
  • Cara berjalan seseorang juga berpengaruh terjadinya tumit kaki pecah.
  • Kulit yang sensitif, Penggunaan deterjen dengan bahan aktif yang tinggi itu juga bisa berakibat pecah pecah pada tumit kaki, dikarenakan panas pada kulit, Itu bisa berakibat parah bahkan bisa kena seluruh telapak kaki.
READ MORE - Selengkapnya

TANAMAN GANDARUSA UNTUK PENGOBATAN ALAMI


Tanaman gandarusa merupakan tumbuhan semak, yang pada umumnya ditanam sebagai pasar hidup atau tumbuh liar di hutan, tanggul sungai atau dipelihara sebagai tanaman obat. Di Jawa tumbuh pada ketinggian 1 - 500 m di atas permukaan laut. Tumbuh tegak, tinggi dapat mencapai 2 m, percabangan banyak, dimulai dari dekat pangkal batang. Cabang-cabang yang masih muda berwarna ungu gelap, dan bila sudah tua warnanya menjadi coklat mengkilat. Daun letak berhadapan, berupa daun tunggal yang bentuknya lanset dengan panjang 5-20 cm, lebar 1 - 3,5 cm, tepi rata, ujung daun meruncing, pangkal berbentuk biji bertangkai pendek antara 5 - 7,5 mm, warna daun hijau gelap. Bunga kecil berwama putih atau dadu yang tersusun dalam rangkaian berupa malai/bulir yang menguncup, berambut menyebar dan keluar dari ketiak daun atau ujung tangkai. Buahnya berbentuk bulat panjang. Selain yang berbatang hitam (lebih populer) ada juga yang berbatang hijau.


Nama Lokal dari Tanaman gandarusa :
Handarusa (Sunda), Gandarusa, tetean, trus (jawa),; Ghandharusa (Madura), Gandarisa (Bima), Puli (Ternate).; Besi-besi (Aceh), gandarusa (Melayu).; Bo gu dan (China).;

Penyakit Yang Dapat Diobati :
Luka terpukul (memar), Tulang patah, Reumatik, Bisul; Borok, Koreng;

Pemanfaatan :
BAGIAN YANG DIPAKAI: Daun segar atau kering.

KEGUNAAN:
1. Luka terpukul (memar), tulang patah (fracture).
2. Reumatik persendian.
3. Bisul, borok, koreng.

PEMAKAIAN: 15 - 30 gr, direbus atau ditumbuk kemudian diperas dan diminum airnya. Kulit pohon dipakai untuk merangsang muntah, daun dapat digunakan untuk membunuh serangga.

PEMAKAIAN LUAR: Tanaman segar dilumatkan, tempelkan ketempat
yang sakit.Tanaman segar direbus, airnya untuk cuci.

CARA PEMAKAIAN:
1. Tulang patah, bisul:
Yang segar dilumatkan atau yang kering dihaluskan, diaduk dengan
arak, cuka secukupnya, untuk kompres. Tulang yang patah sudah
dalam posisi yang benar dan terfiksasi.

2. Memar, keseleo, reumatik:
15 - 30 gr kering atau 30 - 60 gr gandarusa segar direbus minum
airnya.

3. Memar:
Daun gandarusa diolesi minyak, layukan di atas api. Tempelkan ke
tempat sakit.

CATATAN :
Di India dan Asia Tenggara, dipakai sebagai penurun panas, merangsang muntah, anti reumatik, pengobatan sakit kepala, kelumpuhan otot wajah, eczema, sakit mata dan telinga.

PERHATIAN : Wanita hamil dilarang memakai tanaman ini.

Komposisi :
SIFAT KIMIAWI DAN EFEK FARMAKOLOGIS: Rasa pedas, sedikit asam, netral. Melancarkan peredaran darah (Circulation promoting, stag-nant blood dispelling), antireumatik. KANDUNGAN KIMIA: Justicin, minyak atsiri, kalium dan alkaloid yang agak beracun.
READ MORE - Selengkapnya

PENGOBATAN ALAMI DARI TUMBUHAN SARANG SEMUT



Ternyata di dalam hutan Papua yang eksotis terdapat berbagai macam tumbuhan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah tumbuhan Sarang semut. Selain terkenal dengan tanaman yang sebelumnya telah eksis di dalam dunia kesehatan yaitu buah merah yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit ternyata tumbuhan sarang semut pun mempunyai khasiat yang tidak kalah dari buah merah. Tumbuhan ini memiliki banyak kemampuan dalam menyembuhkan penyakit, mulai dari penyakit ringan sampai berat, seperti wasir, tukak lambung, mimisan, sampai ke tumor, kanker, jantung dan asam urat. Bahkan tumbuhan epifit ini mampu memperlancar ASI, memulihkan kondisi tubuh setelah bersalin, menaikkan gairah seksual, mengobati maag dan TBC. Banyak yang heran mengapa tumbuhan ini begitu berkhasiat, bagaimana cara kerjanya dan apa yang terkandung di dalamnya. 

Sarang semut yang kita bahas bukanlah sarang yang dibuat oleh semut yang membentuk lubang-lubang di tanah atau tempat-tempat lain, namun ini adalah tumbuhan epifit (menempel pada tumbuhan lain yg lebih besar tetapi bukan parasit) yang batangnya menggelembung besar dimana di dalamnya banyak terdapat ruang atau rongga kecil yang dihuni semut. 

Tumbuhan sarang semut (myrmecodia jack) banyak tumbuh di Malaysia, Filipina, Kamboja, Sumatra, Kalimantan, Jawa, Papua, Papua Nugini, Cape York sampai ke Kepulauan Solomon. Di Papua populasi sarang semut sangat banyak karena daerahnya sebagian besar adalah dataran tinggi, tempat yang tepat bagi tumbuhan sarang semut untuk berkembang biak, yaitu di atas 600 mdpl (meter di atas permukaan laut). Satu tumbuhan sarang semut selalu dihuni oleh satu jenis semut. Tercatat, ada 26 jenis tumbuhan sarang semut. Dan tumbuhan sarang semut yang dipakai untuk pengobatan adalah spesies myrmecodia pendens. Jenis ini banyak tumbuh di daerah Wamena, Papua. 

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Dr. Ir. M. Ahkam Subroto M.App.Sc., seorang peneliti yang setia meneliti tumbuhan sarang semut untuk kesehatan manusia, tumbuhan ajaib ini memiliki kandungan senyawa kimia dari golongan flavonoid dan tanin. Banyak peneliti lain juga telah mendapati adanya kandungan kimia tersebut. Zat-zat tersebut dibutuhkan tanaman ini untuk menjadi bagian dari sistem pertahanan dirinya terhadap serangan dari luar. 

Flavonoid adalah jenis senyawa bahan alam yang merupakan bagian dari senyawa fenolik, yang banyak membentuk pigmen tumbuhan. Bagi tubuh manusia, flavonoid adalah zat yang dibutuhkan untuk diet kesehatan. Tubuh membutuhkan flavonoid sebagai antioksidan yang sangat berguna mencegah kanker. Dengan adanya flavonoid di dalam tubuh, banyak struktur sel terlindungi. Bila dipadukan dengan vitamin C, flavonoid bermanfaat untuk meningkatkan kinerja vitamin C, mencegah keropos tulang, berfungsi sebagai antibiotik dan antiinflamasi. 

Flavonoid juga terbukti dapat mengganggu efektivitas mikroorganisme, sehingga dapat dijadikan sebagai antivirus, seperti virus HIV (penyebab penyakit AIDS) dan herpes. Flavonoid juga dapat mencegah dan mengobati asma, katarak, diabetes, encok (rematik), migren, wasir, dan radang jaringan ikat penyangga akar gigi, serta sebagai pencegah dan mengobati kanker. 

Karena itu, tumbuhan sarang semut memiliki kemampuan untuk mengobati berbagai jenis kanker atau tumor, tuberkulosis, serta encok (rematik) karena tumbuhan ini mengandung flavonoid. Selain itu, tumbuhan sarang semut mengandung zat lain, yaitu tanin. 

Tanin biasa dipakai untuk menyamak kulit. Tanin juga bisa berfungsi untuk mengobati diare, menghentikan pendarahan, mengobati wasir dan mimisan. Karena mengandung tanin, tumbuhan sarang semut terbukti dapat mengobati wasir dan mimisan.

Selain itu, tumbuhan epifit ini juga mengandung antioksidan tokoferol (vitamin E) dan beberapa mineral lain seperti kalsium, natrium, kalium, seng, besi, fosfor dan magnesium. Manfaat kalsium bagi tubuh sangat besar, karena kalsium dapat membantu kinerja jantung, denyut saraf, dan membantu proses pembekuan darah. Zat besi bermanfaat untuk membentuk hemoglobin, mengirim oksigen ke semua bagian tubuh dan memicu produksi enzim. Fosfor berguna untuk menyerap kalsium dan memproduksi tenaga. 

Natrium berperan menjaga keseimbangan elektrolit, volume cairan tubuh dan impuls saraf. Kalium adalah zat dibutuhkan untuk membantu ritme kerja jantung, impuls saraf dan keseimbangan asam basa. Keberadaan seng berguna untuk sintesis protein, fungsi seksual, penyimpan insulin, metabolisme karbohidrat dan menyembuhkan luka. Lalu magnesium bermanfaat untuk membuat tulang, hati, dan otot, berfungsi baik. 

Tidak heran, karena memiliki segudang mineral, tumbuhan sarang semut memiliki kemampuan untuk membantu mengatasai berbagai macam penyakit, yaitu: 
- Penyakit atau gangguan jantung 
- Berbagai jenis kanker dan tumor 
- TBC 
- Wasir 
- Mimisan 
- Ginjal 
- Maag 
- Keputihan 
- Melancarkan peredaran darah 
- Migren 
- Prostat 
- Encok (rematik) 
- Asam urat 
- Membantu memulihkan kesegaran tubuh 
- Meningkatkan gairah seksual
READ MORE - Selengkapnya

BUAH SALAK YANG TIDAK BOLEH DISEPELEKAN



Menurut dr. Hendrawan Nadesul, perawatan mata seyogyianya sudah dimulai sejak kecil. Bahkan sejak masih dalam kandungan. Bagaimana ibu sewaktu hamil mencegah infeksi toxoplasmosis agar bayi yang dikandung tidak cacat pertumbuhan retina bola matanya.

Sudahkah kita menerapkan kebiasaan membaca dengan baik dan benar? Ingat pelajaran waktu sekolah dasar, kita diminta ibu/bapak guru membaca dengan jarak sepenggaris dari buku yang kita baca dengan penerangan 60 watt dari arah belakang atau samping.

Vitamin yang digunakan memelihara dan menjaga kesehatan mata adalah vitamin A. saat kita sekolah guru-guru kita selalu menganjurkan banyak makan wortel untuk memenuhi kebutuhan vitamin A.

Sedangkan dr. Pericone menganjurkan untuk menghindari wortel dalam diet untuk bebas kerut karena menurut dia banyaknya makanan yang tinggi kandungan vitamin A (seperti karoten) dapat menimbulkan respon peradangan sebagai akibat kandungan gula yang tinggi. Nach bagi yang berkacamata saat sedang berusaha mengurangi kerut alias usaha awet muda ya sebaiknya mengganti wortel dengan jus salak….

Mengkonsumsi banyak wortel sebagai sumber vitamin A terbanyak, atau menambah ekstra minum vitamin A tidaklah menyembuhkan rabun jauh. Ketajaman mata tidak terkoreksi dengan pemberian vitamin A. 
Vitamin A pada mata hanya menambah ketajaman dalam melihat terang dan gelap (rabun senja). Dr. Hendrawan juga mengatakan bahwa letak gangguan kelainan rabun jauh bukanlah di retina tetapi di garis sumbu mata yang memendek, sehingga obatnya adalah kacamata., pemakaian kacamata bisa dihilangkan karena minusnya masih sedikit (1/4), mungkin kalau sudah terlanjur banyak, kacamata adalah obatnya.

sebagaimana ditulis dalam tabloid gaya hidup sehat menyatakan bahwa kandungan betakaroten dalam 100 gram salak kurang lebih 5,5kali lebih banyak dibanding mangga, 3kali dibandingkan jambu biji dan 5 kali semangka merah.
Negeri kita tercinta menyediakan ragam buah yang menggoda untuk dicampur dengan salak. sekarang ini banyak orang membiasakan diri membuat jus dengan 5 jenis buah untuk memenuhi kebutuhan 5 porsi buah per hari.

Untuk mengurangi kekhawatiran tidak atau kesulitan BAB, jangan lupa untuk memakan atau membuat jus salak dengan kulit arinya. Tidak menguliti salak sampai bersih, karena kulit ari ini yang dipercaya bisa mengatasi kesulitan BAB jika memakan banyak buah salak atau minum banyak jus salak.

READ MORE - Selengkapnya

ANEKA MACAM PINGSAN DAN PERTOLONGANNYA

ANEKA MACAM PINGSAN DAN PERTOLONGANNYA


Menurut Kartono, Muhammad.P3K


Pingsan jenis ini biasanya dijumpai pada orang – orang yang berdiri berbaris di terik matahari, atau orang – orang yang pergi tanpa makan pagi terlebih dahulu, atau pada orang – orang tua yang berdiri sesudah berbaring lama di tempat tidur. Orang yang cenderung untuk pingsan macam inilah orang yang anemia (kurang darah), lelah, takut, atau tidak tahan melihat darah.

Tindakan pertolongannya :

Baringkan penderita di tempat yang teduh dan datar. Kalau mungkin dengan kepala diletakkan agak lebih rendah. Buka baju bagian atas, serta pakaian lain yang menekan leher. Bila penderita muntah, letakkan kepalanya dalam kedudukan miring untuk mencegah muntahan terselak ke paru – paru. Kompres kepalanya dengan air dingin (jangan disiramkan seperti yang terlihat dalam adegan film). Kalau ada hembuskan amoniak di depan lubang hidungnya.


Pingsan jenis ini terjadi pada orang – orang sehat yang bekerja di tempat – tempat yang sangat panas. Biasanya penderita mula – mula merasa jantung berdebar – debar, mual, muntah, sakit kepala dan pingsan. Keringat yang bercucuran pada orang pingsan di udara yang sangat panas merupakan gejala petunjuk adanya pingsan jenis ini.

Tindakan pertolongannya :

Baringkan penderita di tempat yang teduh, dan perlakukan seperti hal – hal tersebut saat pingsan biasa. Beri penderita minum air garam (0,1persen : 1 gram untuk satu liter air). Air garam tersebut diminumkan dalam keadaan dingin. Tindakan ini tentu saja dilakukan setelah penderita sadar kembali.

  •  Pingsan karena sengatan terik (heat stroke)

Pingsan jenis ini merupakan keadaan yang lebih parah dar iheat exhaustion. Sengatan panas terjadi karena bekerja di udara panas dalam jangka waktu yang lama, sehingga kelenjar keringat menjadi lemah dan tidak mampu mengeluarkan keringat lagi. Akibatnya panas yang mengenai tubuh tidak ditahan oleh adanya penguapan keringat.

Gejala sengatan panas biasanya didahului oleh keringat yang mendadak menghilang. Penderita kemudian merasa udara di sekitarnya seolah – olah mendadak menjadi sangat panas. Selain itu ia merasa lemah, sakit kepala, tidak dapat berjalan tegap dan tetap, mengigau dan pingsan. Keringatnya tidak keluar lagi sehingga kulit menjadi kering. Suhu badan meningkat sampai 40-41 derajat celcius. Mukanya memerah dan pernafasannya cepat.

Dinginkan tubuh penderita dengan membawanya ke tempat yang teduh, banyak angin (kalau perlu pakai kipas angin) dan kompres badannya dengan air es atau dingin. Usahakan penderita tidak menggigil, dengan jalan memijit – mijit kaki dan tangannya. Setelah suhu badannya menurun 38 derajat celcius, hentikan pengompresan dan kirim penderita ke rumah sakit. Penderita memerlukan perawatan di rumah sakit, karena penyembuhannya dapat memakan waktu lebih dari 1 hari.


Penderita penyakit kencing manis dapat pingsan karena :

a) Penggunaan insulin yang berlebihan

b) Kadar zat keton dalam darah sangat tinggi.

Oleh karena itu sebaiknya para penderita kencing manis selalu membawa keterangan diri yang menyatakan bahwa ia menderita penyakit itu. Dan apabila ia mendapat suntikan insulin, perlu pula disebutkan dosis dan jenis insulin yang diberikan. Sehingga apabila pingsan di jalan, para penolong dapat segera menduga sebabnya.

Gejala – gejala :

Pingsan karena :

  •  Kelebihan zat keton

Nampak sangat sakit, kulit kering dan kemerahan. Merasa haus tidak merasa lapar, nafas bau aseton, dan nafas dalam dan cepat.

  •  Kelebihan insulin

Nampak lemah, lembab dan pucat. Tidak haus dan sangat lapar. Biasanya nafas tidak bau aseton, pernafasannya biasa saja.

Tindakan pertolongannya :

* Pada pingsan karena kelebihan insulin, penderita ditolong seperti pada pingsan biasa. Berikan minum gula atau air jeruk yang manis, apabila sudah mulai sadar. Bila belum sadar, air gula dapat diberikan lewat dubur.

* Pada pingsan karena kelebihan zat keton, penderita harus segera dikirim ke rumah sakit, sambil diselimuti badannya.

Apabila ragu – ragu apakah karena insulin atau karena zat keton, berikan pertolongan dengan segelas air gula. Untuk hal yang pertama tindakan ini akan menolong, sedang untuk hal yang kedua tidak berbahaya. Tetapi sesudah itu segera penderita dikirim ke rumah sakit.


Tindakan – tindakan pokok yang penting adalah :

a) Cari racun yang telah mengenainya, misalnya dari botol bekasnya atau sisa yang masih ada. Pertolongan selanjutnya akan bergantung pada jenis racun yang mengenai

b) Bersihkan saluran nafas penderita dari kotoran, lendir atau muntahan

c) Jangan memberikan pernafasan buatan dengan cara mulut ke mulut. Apabila pernafasan buatan diperlukan, berikan dengan cara lainnya.

d) Apabila racun tidak dapat dikenali, sementara berikan norit (larutan arang batok kelapa di dalam air), putih telur dan air sebanyak – banyaknya untuk melunakkan racun.

  •   Pingsan karena mabuk minuman keras

Tindakan pertolongan :

Usahakan agar muntah. Pembilasan lambung dengan larutan soda kue (1 sendok teh dalam segelas air), setiap satu jam. Kopi pekat diminumkan atau dimasukkan lewat dubur. Pernafasan buatan dan selimuti tubuh penderita.

  •  Pingsan karena perdarahan otak

Pingsan jeni ini biasanya terjadi pada penderita tekanan darah tinggi. Gejalanya datang secara mendadak. Penderita merasa sakit kepala, mual, kadang – kadang muntah dan pingsan. Setelah sadar ia akan mengalami gangguan pada beberapa bagian tubuhnya. Misalnya : sulit berbicara, kelumpuhan separuh badan.

Tindakan pertolongan :

Penderita harus segera dikirim ke rumah sakit. Apabila masih sadar, dapat diberi aspirin atau sejenisnya untuk mengurangi rasa sakit kepalanya.


Kesedihan yang mendalam dapat mengakibatkan orang yang labil emosinya menjadi pingsan.

Tindakan pertolongannya :

Seperti pada pingsan biasa. Kalau perlu, dokter akan memberinya obat penenang.

  •  Pingsan karena cedera kepala

Tindakan pertolongan :

Bersihkan mulut dan saluran nafasnya dari kotoran, lender ataupun muntahan. Baringkan penderita dengan kepala menghadap ke samping, yaitu untuk memudahkan aliran – aliran zat – zat yang dimuntahkan. Penderita tidak boleh terlalu sering diangkat. Hentikan pendarahannya, bila ada. Dalam mengusung penderita, perlakukanlah seperti pada penderita patah tulang leher. Penderita yang sudah sadar, harus tetap berbaring dan dicegahj agar tidak gelisah. Kirim penderita ke rumah sakit untuk pemeriksaan yang lebih teliti.

  •  Pingsan karena tidak tahan terhadap obat suntik

Tindakan pertolongan :

Baringkan penderita dengan kepala rendah dari bagian tubuh lainnya, terkecuali jika ternyata karena gegar otak atau patah tulang kepala. Tariklah lidah penderita keluar, dan bersihkan mulut dan hidupnya dari sumbatan. Selimuti tubuhnya. Hentikan perdarahannya, bila ada. Apabila ada tulang yang patah, pasanglah bidai sebelum penderita diusung ke rumah sakit.


Apabila tidak ada tanda – tanda terjadi shock, ditolong seperti pada pingsan biasa. Untuk mengurangi rasa sakit, kalau perlu dapat diberi obat pelawan sakit.


Orang dapat pingsan setelah mengalami perdarahan. Karena ia tidak tahan melihat darah, atau karena terjadi shock. Apabila tidak ada tanda shock, dapat ditolong dengan tindakan pada pingsan biasa. Jangan lupa untuk menghentikan perdarahannya.
READ MORE - Selengkapnya

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails