Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

KANDUNGAN GIZI PADA IKAN YANG BAIK UNTUK KESEHATAN

KANDUNGAN GIZI PADA IKAN
YANG BAIK UNTUK KESEHATAN
Menjaga kesehatan dimulai dengan perilaku hidup sehat seperti mengatur pola makan sehat, yaitu dengan makanan yang sehat dan bergizi. Salah satunya ikan, ikan merupakan salah satu makanan yang memiliki banyak kandungan gizi yang sangat baik untuk kesehatan.

  • Ikan merupakan mahluk air yang berdarah dingin dan bernapas dengan insang, harus diketahui ikan memiliki kandungan gizi yang kaya dan bermanfaat bagi kesehatan. Menurut beberapa sumber ada beberapa kandungan gizi yang dimiliki ikan, diantaranya:
  • Memiliki kandungan omega 3, omega 3 berfungsi sangat baik dalam proses perkembangan otak, fungsi syaraf dan penglihatan.
  • Mengandung serat protein
  • Vitamin A dalam minyak hati ikan, vitamin ini membantu mencegah kebutaan
  • Vitamin D pada daging ikan dan miyak hati ikan untuk membantu pertumbuhan tulang
  • Vitamin B6 untuk membantu metabolisme asam amino dan mencegah anemia dan kerusakan syaraf.
  • Vitamin B12 untuk membantu pembentukan sel darah merah, membantu metabolisme lemak, dan melindungi jantung juga kerusakan syaraf
  • Zat Besi
  • Yodium untuk mencegah penyakit gondok dan hambatan pertumbuhan anak
  • Selenium membantu tubuh untuk melindungi dari radikal bebas
  • Seng membantu kerja enzim dan hormon
  • Fluor sangat baik untuk menguatkan gigi

Setelah mengetahui kandungan gizi pada ikan, dibawah ini ada beberapa manfaat mengonsumsi ikan lainnya, diantaranya:
  • Menyuburkan ASI
    • Ikan memiliki kandungan vitamin B yang dikenal dengan nama riboflavin, B12, B1, B6 dan D. Vitamin tersebut sangat baik untuk ibu menyusui.
  • Mengurangi Risiko Kebutaan
    • Ikan mengandung omega 3, omega 3 berfungsi untuk menekan risiko seseorang yang mengalami gangguan penglihatan. Terutama bagi lansia, sangat baik sekali mengonsumsi ikan
  • Mengurangi Risiko Kanker payudara
    • Ikan mengandung asam lemak omega 3 tinggi yang dipercaya meningkatkan prognosis kanker payudara. Saya tekankan konsumsilah ikan salmon, cod, dan sarden.
  • Meningkatkan Daya Ingat
    • Ikan mengandung asam lemak omega 3 yang didalamnya memiliki kandungan DHA, yang dipercaya berperan dalam pembentukan neuron baru di otak. Asam lemak omega 3 juga menurunkan produksi zat penghambat daya ingat didalam otak.
  • Solusi Sehat Untuk Diet
    • Bagi temen-temen yang lagi melakukan diet, cobalah mengonsumsi ikan karena menurut penelitian yang dilakukan di University of Georgia, ikan yang memiliki kandungan DHA dapat mengurangi penumpukan lemak didalam tubuh. Saya sarankan ikan yang dikonsumsi bukan ikan goreng.
READ MORE - Selengkapnya

KHASIAT LENGKUAS BAGI KESEHATAN

Lengkuas merupakan salah satu jenis bumbu dapur yang mudah dijumpai di Indonesia. Dalam kajian ilmiah, lengkuas dikenal dengan nama latin Alpinna Galanga. Jika didasarkan pada ciri fisiknya, lengkuas hampir serupa dengan jahe dan juga kunyit. Meski demikian, kita bisa dengan mudah membedakannya dengan cara menghirup baunya. Lengkuas ini tumbuh subur di wilayah tropis seperti Indonesia. Karena itu jangan heran jika ibu-ibu suka menanamnya di pekarangan rumah. Selain dimanfaatkan sebagai bumbu masakan, ternyata manfaat lengkuas untuk kesehatan manusia juga cukup beragam. 

Bagian tanaman lengkuas yang dimanfaatkan adalah rimpangnya. Pada akar rimpang ini, tersembunyi sejumlah senyawa penting antara lain minyak atsiri yang terdiri atas galangol, methyl-cinnamae, galangin dan sineol. Senyawa lainnya adalah kamfer, seskuiterpen, kadien, resin, heksabidrokadalen hidrat, amilum dan masih banyak lagi lainnya. Kompleksnya senyawa yang tersimpan di dalam rimpang lengkuas ini menjadikan ia sebagai salah satu herba obat yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. 

Khasiat dan manfaat lengkuas bagi kesehatan antara lain: 

  • Lengkuas mampu mencegah dan mengobati tumor. Senyawa transkoniferil disasetat di dalam lengkuas diketahui mampu menghambat kerja enzim xanthin yang merupakan salah satu pemicu tumor.
  • Lengkuas bersifat anti-inflamasi, dengan demikian ia ampuh meredakan radang. Manfaat lengkuas ini terkait kandungan galangin, dan karioferidanya.
  • Lengkuas ampuh mengobati penyakit rheumatoid arthritis.
  • Lengkuas bisa meredakan gelaja kurang nyaman akibat luka yang terdapat di dalam perut.
  • Jika Anda mabuk laut, kunyahlah lengkuas dan permasalahan Anda tersebut akan teratasi.
  • Dengan menggunakan lengkuas di dalam masakan Anda, secara tidak langsung Anda telah mengkonsumsi obat alami untuk melancarkan peredaran darah serta menangkal radikal bebas dari dalam.
  • Manfaat lengkuas lainnya adalah meredakan diare. Cukup dengan beberapa kunyahan lengkuas, diare akan hilang dalam beberapa waktu.
  • Lengkuas bisa menyembuhkan rematik dan juga sakit limfa.
  • Jika Anda cermat, terkadang dalam produk penambah nafsu makan selalu dicantumkan lengkuas atau Alpinna Galanga sebagai salah satu bahan baku. Memang, salah satu manfaat lengkuas adalah untuk membantu merangsang nafsu makan. Jadi jika anak atau anggota keluarga Anda lainnya mengalami kondisi kurang nafsu makan, tak ada salahnya meracik lengkuas menjadi minuman hangat untuk mereka.
READ MORE - Selengkapnya

GIZI YANG ADA PADA WORTEL

Kandungan Gizi Wortel
Wortel (Daucus carota L.) merupakan tumbuhan jenis sayuran umbi yang umumnya berwarna jingga kekuningan atau kuning kemerahan dengan tekstur yang menyerupai kayu. Tanaman wortel memiliki batang yang pendek, dan akar tunggang yang bentuk dan fungsinya akan berubah menjadi umbi bulat dan memanjang. Kulit umbi wortel sangat tipis, bila dimakan dalam kondisi mentah terasa renyah dan agak manis.Tanaman ini menyimpan cadangan makanan di dalam umbinya, sehingga bagian yang dapat dimakan dari wortel adalah bagian umbi atau akarnya. Wortel dapat ditanam sepanjang tahun dan menjadi sayuran penting yang paling banyak ditanam di berbagai tempat di lahan pertanian. Disamping itu, sayuran ini banyak disukai masyarakat karena harganya yang relatif lebih murah, mempunyai rasa yang enak dan mudah untuk diolah baik dalam bentuk makanan maupun minuman dengan dibuat jus. Awalnya kegunaan wortel hanyalah sebagai obat, tetapi dalam perkembangannya wortel telah menjadi sayuran utama dan umumnya dikenal karena kandungan gizi wortel yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Salah satu kandungan gizi wortel yang penting tersebut adalah α- dan β-karotennya. Kedua jenis karoten tersebut penting dalam memenuhi gizi manusia yaitu sebagai provitamin A. Provitamin A atau karotenoid banyak terdapat pada sayuran yang berwarna kuning atau orange, seperti wortel. Beberapa jenis karotenoid memang mempunyai aktivitas pro-vitamin A, namunβ-karoten merupakan karotenoid yang mempunyai keaktifan paling tinggi di antara jenis-jenis karotenoid lainnya dalam membentuk vitamin A di dalam tubuh.Karoten juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Penelitian terbaru menyebutkan bahwa dalam konsentrasi tinggi, karoten dapat mencegah atau menghambat pertumbuhan sel-sel kanker, karena sifat antioksidannya yang melawan kerja destruktif sel-sel kanker tersebut. Karoten juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kesehatan mata. Oleh sebab itu, kandungan karoten dalam wortel sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Selain itu kandungan gizi wortel yang penting lainnya adalah mineral (terutama kalsium dan fosfor), pektin, serat, vitamin C, vitamin B dan minyak atsiri yang baik untuk kesehatan tubuh. pektin dalama wortel sangat baik untuk menurunkan kolesterol darah. Pada wortel juga terdapat serat yang tinggi bermanfaat untuk mencegah terjadinya konstipasi pada saluran pencernaan. Sedangkan kandungan minyak atsiri wortel terdapat pada kantong minyak yaitu di dalam ruang antarsel perisikel pada umbi wortel, yang berperan dalam menyebabkan bau dan aroma yang khas dari wortel. Selain itu, wortel yang memiliki akar tunggang menyimpan sukrosa dan jenis gula lainnya dalam jumlah yang cukup banyak. Jenis-jenis gula yang terdapat pada wortel terdiri darimaltosa, glukosa, sukrosa, dan fruktosa. Namun, kandungan gula dan juga asam amino pada wortel tergantung dari jenis atau varietas wortel, lingkungan, pertaniannya dan penyimpanannya.
READ MORE - Selengkapnya

CARA MEMBUAT JAMU KULIT ASAM

Warisan leluhur seolah tak habis-habisnya diceritakan. Salah satu yang terbaik dari dunia pengobatan tradisional yang juga merupakan warisan leluhur kita adalah jamu. Minuman menyehatkan ini diracik dari berbagai herba obat yang tumbuh subur di kawasan tropis Indonesia. Jamu ini terdiri atas beberapa varian yang disesuaikann dengan peruntukannya. Salah satu yang terbaik dan wajib Anda coba (utamanya para wanita) adalah jamu kunyit asam. Jamu nikmat yang satu ini diketahui memiliki sejumlah khasiat antara lain melangsingkan tubuh, membantu kelancaran haid, mengatasi luka di dalam lambung, membersihkan organ kewanitaan, dan juga sebagai anti-inflamasi. Mencermati sejumlah khasiat tersebut, tentu baik bagi Anda untuk mengkonsumsi jamu kunyit asam terlebih jamu ini sangat mudah dibuat. Berikut kami sajikan cara membuat jamu kunyit asam yang mudah untuk Anda praktekkan. 

Bahan-bahan! 

Adapun bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan jamu kunyit asam antara lain: 

  • Asam jawa sebanyak 250 gram.
  • Kunyit sebanyak 250 gram.
  • Gula jawa sebanyak 50 gram
  • Air matang sebanyak 1 liter.
  • Sedikit garam
Setelah semua bahan-bahan yang diperlukan tersedia, saatnya Anda memulai pembuatan jamu kunyit asam. Berikut cara membuat jamu kunyit asam yang kami rangkum langkah demi langkah: 

  • Pertama, cuci bersih kunyit dengan air mengalir. Selanjutnya kupas kulitnya dan kembali cuci bersih. Kemudian haluskan, jauh lebih baik jika Anda tumbuh ketimbang diblender. Proses penghalusan dengan jalan ditumbuk akan memaksimalkan sari kunyit yang keluar.
  • Setelah kunyit halus, saringlah dan simpan airnya di dalam wadah untuk kemudian dicampur dengan air dan direbus dengan api sedang.
  • Setelah air kunyit tersebut panas, masukkan gula jawa, asam jawa, dan juga garam. Aduk hingga mendidih. Angkat dan dinginkan.
  • Bisa dinikmati dalam keadaan hangat ataupun dingin, semua tergantung selera Anda
READ MORE - Selengkapnya

MANFAAT MASKER KENTANG UNTUK KECANTIKAN KULIT

http://mypotik.blogspot.com/2014/12/manfaat-masker-kentang-untuk-kecantikan.html


Lazimnya umbi kentang hanya digunakan sebagai bahan makanan alternatif yang mengandung banyak sekali .karbohidrat, vitamin K, vitamin A, beta-karoten dan nutrisi penting lainnya. Tapi pernahkah Anda membayangkan bahwa kentang juga memiliki beragam manfaat bagi kecantikan kulit? Percaya atau tidak, masker kentang dikenal karena mampu meremajakan kulit, berkhasiat untuk menghilangkan kerutan di wajah serta mampu mengatasi beragam gangguan kulit lainnya.

Dalam posting kali ini kami akan mencoba mengulas tentang bagaimana Anda dapat menggunakan kentang untuk mencegah dan menyembuhkan jerawat dengan cara membuat masker kentang. Berikut ini petunjuk lengkap tentang pembuatan masker kentang sendiri di rumah :

Langkah-langkah cara membuat masker kentang :

  • Siapkan satu buah kentang berukuran besar kemudian kupas dan potong kecil-kecil.
  • Masukkan potongan kentang tersebut ke dalam food processor dan haluskan kentang hingga menjadi pasta kentang. 
  • Ambil 2 sendok makan pasta kentang dan masukkan ke dalam mangkuk kaca. 
  • Tambahkan 1 sendok makan madu dan 1 sendok teh jojoba oil. 
  • Terakhir tambahkan 1 sendok teh air jeruk nipis segar di dalamnya.
  • Campurka bahan-bahan tersebut hingga merata.
  • Masker kentang siap untuk digunakan.

Cara menggunakan masker kentang :

Cuci wajah Anda dengan air hangat dan oleskan masker kentang pada wajah Anda secara merata. Gunakan jari tangan untuk meratakan masker tersebut dan pastikan menjauhkan masker tersebut dari mata. Berikan pijatan lembut pada wajah Anda, tetapi jika Anda memiliki jerawat sebisa mungkin untuk tidak menekan daerah jerawat atau sekitarnya. Setelah rata biarkan masker menempel pada wajah selama 20 menit. Setelah 20 menit cuci wajah dengan air hangat.

Dengan penggunaan rutin tiga kali seminggu, perawatan menggunakan masker kentang ini akan menyehatkan, melembabkan, membuka pori-pori kulit dan menghilangkan semua sel kulit mati, racun dan bakteri dari kulit. Pengobatan ini juga berguna untuk menyamarkan noda dan bintik-bintik hitam di wajah Anda. Anda akan merasa lega dengan masalah jerawat Anda akan teratasi dalam beberapa hari. Selamat mencoba!
READ MORE - Selengkapnya

GIZI PADA TANAMAN TEBU YANG BAIK UNTUK KESEHATAN

Manfaat Tebu untuk Kesehatan
Mencegah Stroke
Dengan mengonsumsi air tebu secara teratur dapat membantu menjaga metabolisme tubuh akibat kekurangan cairan karena kegiatan yang kita lakukan, sehingga bisa membantu menghindari stroke.

Menguatkan Gusi dan Gigi
Cairan yang ada di buah tebu dapat membuat gusi dan juga gigi anda menjadi kuat, caranya dengan meminum air tebu murni yang sudah dicampir air jeruk nipis dan juga garam.

Mengobati Mimisan
Potonglah bagian tebu yang paling ujung setelah itu rebus dengan air secukupnya, campurkan garam dan juga gula jawa. Jika sudah mendingin saring airnya dan minumlah.

Ambil sekitar tiga helai daun tebu, rebuslah hingga mendidih dan minumlah apabila anda rebusan tersebut sudah mendingin, lakukan secara rutin yaitu tiga kali sehari.

Melawan Kanker Payudara
Kandungan yang berada pada buah tebu merupakan sifat alkali yang dapat membantu untuk mengatasi kanker payudara dan juga prostat dengan cara mengonsumsi secara periodik air tebu murni.

Baik Untuk Penderita Diabetes
Tebu itu sehat bagi penderita diabetes karena mengandung gula alami. Ini adalah alternatif yang lebih baik untuk gula mentah atau pemanis buatan. Jadi, jika Anda dalam program diet penurunan berat badan atau diabetes, minumlah jus tebu. Manfaat jus ini juga mampu menjaga kadar glukosa darah seimbang.

Menyembuhkan Pilek dan Sakit Tenggorokan
Jika Anda berpikir jus tebu bisa berbahaya untuk sakit tenggorokan atau pilek, maka Anda salah. Air tebu justru membantu menyembuhkan radang tenggorokan, pilek dan flu.

Meredakan jantung Berdebar
Caranya : Rebus 3 genggam akar tebu hitam dengan 2 gelas air sampai tersisa setengahnya. Setelah dingin saring dan minum 2 kali sehari.

Meredakan Panas Tubuh
Caranya : Minum air perasan tebu hitam secukupnya, air tebu hitam dapat membantu menurunkan suhu badan kita.

Caranya : Peras 5 ruas tebu hitam dan minum airnya.

Mengobati penyakit kuning
Jus tebu adalah obat alami untuk menyembuhkan penyakit kuning. Jaundice adalah pigmentasi kuning pada kulit dan membran yang disebabkan oleh adanya billirubin dalam darah. Hati yang kurang berfungsi dan saluran empedu yang terblokir adalah penyebab penyakit kuning. Untuk mempercepat pemulihan, minumlah dua gelas jus tebu segar dengan campuran jeruk nipis dan garam.

Obat Infeksi
Beberapa infeksi seperti dysuira, infeksi saluran kemih, penyakit menular seksual dan peradangan pada perut (saluran pencernaan) atau jantung dapat disembuhkan dengan segelas jus tebu.

Obat Batu ginjal
Ini adalah salah satu khasiat yang paling efektif dari jus tebu. Batu ginjal biasanya terbentuk karena dehidrasi dan minum air putih yang banyak bisa membantu memecah batu di ginjal. Minum banyak cairan dan jus tebu juga ampuh memecah batu atau melarutkannya.

Dehidrasi
Banyak orang tidak cukup minum air dan menderita dehidrasi. Untuk mempertahankan air dalam tubuh, minumlah jus tebu. Bahkan selama musim panas, Anda dapat mendinginkan panas tubuh dengan meminum segelas tebu secara teratur.
READ MORE - Selengkapnya

GIZI PADA TANAMAN BAYAM

Seperti yang kita ketahui tanaman bayam sudah sangat Femiliar sekali dengan Masyarakat Indonesia Khususnya, Biasanya bayam di Jadikan sayur, di tumis atau di Bening juga sering, dan yang paling unik adalah di buat Keripik Daun Bayam.



Tanaman Bayam memiliki Nama Latin Amaranthus dab Berasal dari Amerika Tropik akan tetapi pada perkembangannya kini tumbuhan bayam sudah tersebar ke seluruh belahan belahan Dunia. bayam sangat di kenal karena merupakan suber zat Besi yang peting sekali untuk tubuh Manusia.

Nah berikut ini Kandungan Gizi yang terdapat Pada 100 g Bayam :

  • Energi : 36 kal
  • Protein : 3,5 g
  • Lemak : 0,5 g
  • Karbohidrat :6,5 g
  • Serat : 0,8g
  • Kalsium : 267mg
  • Fosfor : 67mg
  • Besi : 3,9mg
  • Vitamin A : 6.090 IU
  • Vitamin B1 : 0,08mg
  • Vitamin C : 80mg
  • Air : 86,9g
Berikut Manfaat Bayam Untuk Tubuh


Melawan Sel Kanker
Vitamin A dan C serta serat, asam folat dan 13 flavonoid dalam bayam sangat bermanfaat dalam memerangi sel kanker. Sebuah penelitian menunjukkan, kandungan tersebut pada bayam menurunkan risiko kanker sebesar 34% terutama pada kanker payudara, kanker rahim, kanker prostat, kanker kulit dan kanker perut.

Sumber Anti-inflamasi
Bayam mengandung sifat alkalinitas yang tinggi sehingga membuat sayur ini pilihan yang sempurna bagi penderita penyakit inflamasi, seperti rheumatoid arthritis dan osteoarthritis.

Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular
Bayam merupakan sumber folat yang baik, yang dapat mengurangi homosistein, asam amino yang ditemukan dalam darah. Tingginya tingkat homosistein dalam darah menyebabkan tingginya risiko penyakit jantung. Bayam juga mengandung choline dan inositol, yang membantu mencegah pengerasan pembuluh darah.

Menurunkan tekanan darah tinggi
Bayam kaya akan kalium dan rendah sodium. Tingkat mineral yang seimbang ini sangat bermanfaat bagi pasien dengan tekanan darah tinggi. Selain itu, folat dalam bayam juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan melemaskan pembuluh darah, dengan demikian mempertahankan kelancaran aliran darah.

Mencegah Osteoporosis
Secangkir daun bayam segar memenuhi 200% kebutukan nilai harian akan vitamin K. Vitamin ini amat penting dalam pencegahan keropos tulang. Selain itu, mineral lainnya seperti magnesium, seng, tembaga dan fosfor dalam bayam juga membantu penguatan tulang.

Mencegah Diabetes
Bayam sangat berguna bagi orang yang menderita diabetes juga. Magnesium ditemukan dalam bayam membantu untuk mencegah komplikasi yang terjadi setelah diabetes. Konsumsi rutin bayam membantu menstabilkan gula darah dan mencegah dari berfluktuasi terlalu banyak.

Mencegah Anemia
Bayam adalah sumber zat besi yang diperlukan dalam mencegah anemia. Zat besi membantu meregenerasi atau memperbanyak sel darah merah, yang membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh.

Meningkatkan kualitas penglihatan
Bayam merupakan sumber lutein, karotenoid yang dikenal membantu melindungi mata terhadap katarak. Bayam juga kaya akan vitamin A, yang membuatnya sangat bermanfaat untuk penglihatan.

Mengobati Pendarahan Gusi
Campuran bayam dan jus wortel sangat membantu dalam mengobati gusi berdarah yang disebabkan oleh kekurangan vitamin C dan asupan terlalu banyak gula halus.
SUMBER : POPEYE
READ MORE - Selengkapnya

Karbohidrat Sederhana dan Karbohidrat Kompleks

Apa Itu Karbohidrat Sederhana?
Pengertian karbohidrat sederhana adalah karbohidrat yang terdiri dari satu atau dua molekul gula. Karbohidrat sederhana adalah sumber energi yang cepat diolah tubuh. Struktur kimia molekulnya lebih sederhana membuat karbohidrat sederhana lebih cepat dicerna tubuh. Karena lebih cepat dicerna tubuh, karbohidrat sederhana dapat meningkatkan kadar glukosa darah seseorang dengan cepat beberapa saat setelah dikonsumsi.

Dua Kategori Karbohidrat Sederhana
Ada dua kategori karbohidrat sederhana yaitu monosakarida dan disakarida. Monosakarida adalah karbohidrat yang hanya terdiri dari satu molekul gula seperti glukosa, fruktosa, dan galaktosa. Disakarida adalah karbohidrat yang terdiri dari dua monosakarida yang berikatan secara kimia seperti sukrosa, maltosa, dan laktosa.

Makanan Sumber Karbohidrat Sederhana
Contoh makanan yang mengandung karbohidrat sederhana antara lain gula pasir, gula merah, sirup jagung, madu, sirup maple, molasses, selai, jelly, soft drink, permen, produk gandum putih, cake, yogurt, susu, cokelat, buah, jus buah, biskuit, dsb.

Apa Itu Karbohidrat Kompleks?
Pengertian karbohidrat kompleks adalah karbohidrat yang struktur kimianya terdiri dari tiga molekul gula atau lebih yang biasanya saling terikat dalam suatu rantai molekul. Gula ini lebih kaya serat, vitamin, dan mineral. Karena molekulnya lebih kompleks, karbohidrat kompleks membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna tubuh. Karena membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna tubuh maka karbohidrat kompleks menyebabkan kenaikan glukosa darah seseorang dengan lebih lambat beberapa saat setelah dikonsumsi jika dibandingkan dengan efek mengkonsumsi karbohidrat sederhana.

Dua Kategori Karbohidrat Kompleks
Karbohidrat kompleks dibagi menjadi dua kategori yaitu oligosakarida dan polisakarida. Oligosakarida terdiri dari monosakarida-monosakarida dalam jumlah kecil yang tidak lebih dari 10. Oligosakarida berperan penting dalam penyerapan mineral-mineral tertentu dan pembentukan asam-asam lemak. Polisakarida seringkali terdiri dari monosakarida dan disakarida dalam jumlah besar. Contoh poliskarida adalah selulosa, dekstrin, glikogen dan starch.

Makanan Sumber Karbohidrat Kompleks
Contoh makanan yang mengandung karbohidrat kompleks antara lain pisang, beras cokelat, lentil, oats, kentang, jagung, ubi jalar, kacang polong, labu, apel, asparagus, brokoli, kol, wortel, terong, timun, strawberry, tomat, dsb
READ MORE - Selengkapnya

MAKANAN PENAMBAH IMUN TUBUH

Tiram

Benarkah tiram mengandung zat yang merangsang birahi, atau meningkatkan kekebalan tubuh? Mungkin keduanya benar. Tiram mengandung mineral seng (zinc). Penelitian menunjukkan, asupan seng yang rendah berkaitan dengan infertilitas pria. 

Selain itu, kandungan mineral seng dalam tiram memiliki efek antivirus. Meski penelitian belum dapat menjelaskan prosesnya, mineral seng terbukti berperan besar dalam sistem imun, termasuk dalam penyembuhan luka. 

Semangka


Selain mengandung banyak cairan menyegarkan, semangka yang telah matang juga memiliki kandungan antioksidan dan glutathione yang tinggi. Glutathione dikenal dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga dapat memerangi infeksi. Glutathione sendiri ditemukan dalam daging buah semangka yang merah.

Kubis/Kol

Selain semangka, kubis juga merupakan salah satu sumber glutathione yang berguna memperkuat sistem kekebalan. Kubis mudah ditemukan di setiap musim dan harganya murah. Cobalah menambahkan beberapa jenis kubis (putih, merah, china) pada sup dan minuman untuk meningkatkan nilai gizi dan sumber antioksidan dalam makanan Anda.

Kacang Almond





Tahukah Anda, bila mengalami stres, maka hal itu sama artinya dengan menurunkan kekebalan tubuh? Cobalah segenggam almond untuk mengatasinya. Anda disarankan mengonsumsi ¼ cangkir almond karena dalam takaran tersebut sudah mengandung 50 persen dari jumlah vitamin E yang dibutuhkan tubuh untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan. Almond juga mengandung riboflavin dan niacin, vitamin B yang dapat membantu Anda bangkit kembali dari dampak stres.

Yoghurt
Secangkir yoghurt setiap hari dapat menghindari tubuh Anda dari kedinginan. Carilah label yoghurt yang menuliskan “bakteri hidup dan kultur aktif”. Beberapa peneliti percaya bahwa yoghurt dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. Selain itu, studi terbaru tentang vitamin D terbaru telah menemukan hubungan antara kadar vitamin D rendah dan meningkatnya risiko kedinginan dan terkena flu.

Bawang Putih
Bawang putih mengandung sejumlah antioksidan yang berguna dalam sistem kekebalan tubuh untuk melawan H pylori, bakteri yang menyebabkan bisul dan kanker perut. Tip memasaknya adalah kupas bawang putih, potong, dan biarkan 15 hingga 20 menit sebelum dimasak untuk mengaktifkan enzim yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh.

Bayam
Bayam dikenal sebagai makanan super karena kaya nutrisi. Hal ini karena bayam mengandung folat yang membantu tubuh Anda memproduksi sel baru dan memperbaiki DNA. Bayam juga mengandung serat, antioksidan, seperti vitamin C, dan banyak lagi. Nutrisi bayam paling banyak didapat saat bayam dimakan mentah atau dimasak sebentar.
READ MORE - Selengkapnya

KEGUNAAN MINERAL SENG BAGI TUBUH

Postingan berikut adalah tentang manfaat mineral seng yang telah banyak diketahui.Seng atau zinc adalah salah satu mineral yang dipelukan oleh tubuh kita. Kekurang mineral seng dalam tubuh dapat menyebabkan gangguan kesehatan berupa gejala-gejala seperti luka yang lama sembuh, pertumbuhan tubuh yang lambat, gangguan mental, diare, rambut rontok, dan kehilangan nafsu makan. Mineral seng banyak terkandung dalam berbagai jenis makanan seperti kerang, daging, ayam, kacang-kacangan, biji-bijian, bulir utuh, dan produk susu. Apa manfaat mineral seng bagi tubuh kita? 

Meningkatkan Imunitas Tubuh
Mineral seng diketahui turut membantu menjaga kekebalan tubuh. Menambah asupan mineral seng bermanfaat mengobati demam dan gejala-gejala demam. Mineral seng juga bermanfaat membantu mempercepat penyembuhan luka.

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan
Mineral seng bermanfaat menjaga kesehatan sistem pencernaan. Meningkatkan asupan mineral seng dapat membantu mengurangi gejala diare.Diare adalah salah satu gejala defisiensi mineral seng. 

Menangkal Radikal Bebas
Seng adalah salah satu mineral yang memiliki khasiat antioksidan yang menangkal reaktivitas radikal bebas dan mencegah kerusakan sel akibat stress oksidatif.

Membantu Mengendalikan Glukosa Darah
seng juga diketahui membantu mengendalikan aktivitas insulin. Insulin adalah hormon yang mengendalikan kadar glukosa darah. Mencukupi kebutuhan mineral seng dapat mengurangi resiko diabetes.

Membantu Fungsi Hormon Thyroxine 
Thyroxine adalah hormon yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid (kelenjar gondok) yang penting bagi metabolisma tubuh. Seng membantu mengubah hormon thyroxin menjadi triiodothyronine.

Menyuburkan Rambut
Mineral seng dikenal sebagai salah satu nutrisi rambut dan telah banyak digunakan dalam berbagai produk shampoo dan produk perawatan rambut lainnya. Salah satu gejala defisiensi mineral seng adalah rambut rontok.

Menjaga Sensitivitas Indera Perasa dan Indera Penciuman
Kekurangan mineral seng dapat mngurangi sensitivitas indera perasa (indera pengecap) dan indera penciuman. Hal ini dapat mengurangi selera makan seseorang. 

Menjaga Kesehatan Kulit
Mineral seng bermanfaat membantu menjaga kesehatan kulit. Mineral seng diperlukan dalam produksi kolagen, suatu jaringan penghubung yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perbaikan kulit. Mineral seng diketahui dapat membantu mengobati beberapa gangguan kulit seperti eksim (eczema), psoriasis, ketombe, ruam popok (diaper rush), luka, dan kulit terbakar.
READ MORE - Selengkapnya

KEGUNAAN Vitamin B2 (Riboflavin) BAGI TUBUH


Vitamin B2 vital bagi kesehatan, karena jika tubuh kita kekurangan vitamin ini maka dapat menimbulkan gejala-gejala seperti masalah pencernaan, masalah fungsi syaraf, masalah kulit, dan masalah penelihatan. Apa peran vitamin B2 dalam tubuh kita? Beberapa manfaat riboflavin atau vitamin B2 antara lain sbb.

>>>Membantu Tubuh Menghasilkan Energi
Proses mencerna makanan dan mengubahnya menjadi energi di dalam tubuh untuk mempertahankan hidup disebut metabolisma. Vitamin B2 diketahui berperan penting dalam membantu metabolisma karbohidrat, protein dan lemak. Karbohidrat, protein dan lemak adalah nutrien yang mengandung energi.

>>>Melindungi Syaraf 
Vitamin B2 diperlukan oleh sistem syaraf untuk menjaga fungsi syaraf tetap normal. Kekurangan vitamin B2 dalam tubuh dapat menimbulkan gejala gangguan fungsi syaraf. Vitamin B2 telah dimanfaatkan dalam perawatan penyakit Alzheimer, multiple sclerosis, kecemasan dan epilepsi. 

>>>Menjaga Kesehatan Usus
Vitamin B2 diketahui bermanfaat bagi kesehatan saluran pencernaan karena vitamin B2 berperan melindungi lapisan mukosa usus sehingga mengurangi resiko gangguan pencernaan. Timbulnya masalah pencernaan bisa jadi merupakan gejala dari defisiensi vitamin B2.

>>>Membantu Produksi Sel Darah Merah
Vitamin B2 juga diperlukan dalam produksi sel-sel darah merah. Sel-sel darah merah berperan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh tubuh sehingga menjamin fungsi organ agar tetap bekerja normal. 

>>>Membantu Pertumbuhan Jaringan 
Anak usia pertumbuhan harus mendapatkan asupan vitamin B2 yang cukup. Vitamin B2 sangat diperlukan dalam membangun jaringan tubuh terutama jaringan kulit, jaringan penghubung, membran mukosa, mata, dan syaraf. 

>>>Menjaga Kesehatan Mata
Vitamin B2 berguna menjaga kesehatan mata. Kekurangan vitamin B2 bisa mengakibatkan berkurangnya pengelihatan karena terganggunya sensitivitas mata terhadap cahaya.

>>>Menjaga Kesehatan Kulit, Rambut dan Kuku
Vitamin B2 juga bermanfaat menjaga kesehatan kulit, rambut dan kuku. Kekurangan asupan vitamin B2 bisa mengakibatkan timbulnya gejala dermatitis, rambut berminyak, kepala berketombe, dan kuku rusak.
READ MORE - Selengkapnya

MANFAAT LIKOPEN PADA TUBUH MANUSIA

Likopen atau lycopene adalah pigmen karotenoid, yaitu fitokimia yang terdapat dalam buah atau sayuran. Likopen adalah karotenoid yang paling umum di dalam tubuh manusia. Likopen dikenal memiliki khasiat antioksidan kuat. Antioksidan sangat penting untuk menjaga kesehatan jaringan dan organ karena berfungsi sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh. Kelebihan radikal bebas dari sisa metabolisma dapat menyebabkan kerusakan sel yang berpotensi menimbulkan berbagai penyakit dan gangguan kesehatan.

Likopen banyak terdapat dalam sayuran dan buah yang berwarna cerah seperti merah, kuning, atau oranye. Contoh makanan yang banyak mengandung likopen adalah tomat, semangka, jambu biji, anggur pink, dan pepaya. Makan makanan tersebut dapat memenuhi asupan likopen dalam tubuh. Selain dari bahan makanan alami, anda juga dapat memperoleh asupan likopen dari suplemen vitamin yang mengandung likopen.

Likopen memiliki sifat antioksidan sehingga sangat bermanfaat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan bertindak sebagai penangkal radikal bebas yang dapat menyerang dan merusak sel-sel tubuh. Likopen memiliki kemampuan mencegah kanker terutama kanker perut, kanker kolon, kanker paru-paru, kanker kulit, kanker prostat, kanker serviks, dan kanker payudara. Likopen bermanfaat bagi kesehatan kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah) karena berpotensi mencegah aterosklerosis dan penyakit jantung. Likopen juga bermanfaat mengurangi inflamasi, menjaga kesehatan mata, dan menjaga kesehatan kulit. Likopen dikenal ampuh mencegah kerusakan kulit akibat sinar UV (ultraviolet) dari cahaya matahari dan telah digunakan pada beberapa produk perawatan kulit.
READ MORE - Selengkapnya

MAKANAN SUMBER PROTEIN TINGGI

Dan berikut ini mypotik pilihkan 20 makanan yang mengandung sumber protein tinggi:

1. Telur

Telur merupakan sumber protein dengan kandungan nutrisi terlengkap dibandingkan makanan sumber protein lainnya. Sebutir telur rebus mengandung tujuh gram protein dengan hanya dua gram lemak jenuh. Untuk menghindari lemak jenuh, gunakan putih telur dan buang kuningnya. Studi-studi menemukan, orang-orang yang makan telur dan roti panggang untuk sarapan bisa kenyang lebih lama dan mengonsumsi lebih sedikit kalori sepanjang hari. Telur memang mengandung sejumlah kolesterol. Tapi, lusinan studi telah menunjukkan bahwa lemak jenuh (bukan kolesterol dari makanan) yang meningkatkan kadar kolesterol darah.

2. Tenderloin ayam (White Meat)

Masing-masing tenderloin mempunyai berat sekitar satu setengah hingga dua ons, sehingga memudahkan Anda mengontrol porsi. Dua tenderloin hampir setara dengan satu takar ukuran tiga ons. Tenderloin mudah dibumbui dan bisa digunakan dalam kebab atau ditumis dengan makanan lainnya.

3. Dada ayam (White Meat)

Potongan daging rendah lemak merupakan pilihan makan siang rendah kolesterol yang sehat. Makanan ini bisa menjadi pilihan jika Anda hendak makan daging yang rendah lemak jenuh.

4. Sirloin (Daging Sapi)

Daging sirloin adalah daging yang berasal dari bagian belakang sapi. Daging ini bekerja lebih berat daripada pada bagian lain, umumnya dipakai untuk membuat steak sehingga agak lebih keras dibandingkan yang lain. Sirloin memiliki kelebihan dalam ukuran, yaitu bisa dipotong lebih besar daripada bagian sapi lainnya yang lebih lembut. Selain itu Sirloin ini hampir tidak mengandung lemak. Harga Sirloin umumnya lebih murah dibandingkan daging steak lainnya.

5. Ikan Segar

Tentunya kita semua sudah tahu kalau ikan merupakan makanan tinggi protein. Namun, berbeda dengan daging, kita tidak perlu kuatir akan kandungan lemak pada ikan. Beberapa jenis ikan, seperti gindara memiliki kadar lemak yang sangat rendah. Ikan lainnya seperti salmon dan tuna memiliki kandungan lemak yang cukup banyak, namun jangan kuatir karena lemak yang terkandung di dalamnya merupakan lemak baik Omega 3.

6. Udang

udang kaya akan kalsium dan protein, dan termasuk dalam kategori sumber protein hewani. Nilai protein pada udang dikategorikan complete protein karena kadar asam amino yang tinggi, berprofil lengkap dan sekitar 85-95 persennya mudah dicerna tubuh. 100 gr udang mentah mengandung 20,3gr protein atau cukup untuk memenuhi kebutuhan protein harian sebanyak 41 %.

7. Susu Murni

Susu berfungsi sebagai salah satu sumber protein yang paling baik dan kaya protein berkualitas.Jumlah protein susu murni memang tak terlalu besar, namun kualitas protein yang disediakan bagi tubuh sangat menakjubkan. Protein dalam susu mengandung semua asam amino esensial yang diperlukan tubuh.

8. Keong Mas

Menurut Dr Ir Sulistiono, MSc, Ketua Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor (IPB) (harian Pelita, Jum’at,13/4), keong mas diketahui mengandung asam omega 3, 6 dan 9. Dari hasil uji proksimat, kandungan protein pada keong mas terbukti tinggi, yaitu berkisar antara 16 hingga 50 persen. Di beberapa daerah, keong mas diolah menjadi berbagai jenis masakan seperti sate, pepes, sambal keong, hingga kecap keong.

9. Kacang Kedelai

Selain kaya protein, kacang kedelai juga rendah lemak dan mengandung phytochemical seperti isoflavon, asam phytc dan saponin. Kandungan ini baik untuk mengurangi potensi terkena penyakit jantung, osteoporosis dan kanker. Kedelai mengandung 29 gram protein per cangkirnya.

10. Tahu

Tahu yang kaya nutrisi, terutama protein bisa diolah menjadi berbagai kreasi masakan. Bisa dikonsumsi bersama salad, dikukus, digoreng ataupun panggang. Selain bergizi, tahu juga mudah menyatu dengan bumbu dan makanan lain sehingga Anda tidak akan bosan memakannya.

11. Yoghurt

Yoghurt mengandung kalsium tinggi dan protein. Biasakan untuk mengonsumsi yoghurt setiap hari. Bisa dikonsumsi langsung, dicampur buah, smoothies, atau bisa jadi tambahan untuk sup dan kari.

12. Kacang Almond

Kacang gurih ini rendah karbohidrat, tinggi kalsium dan protein. Selain itu, almond juga mengandung serat alami, dapat dikonsumsi mentah atau bahan penambah rasa pada makanan lain.

13. Kacang Polong

Jenis kacang-kacangan seperti kacang polong, buncis atau kacang panjang mengandung serat dan protein tinggi. Satu cangkir kacang-kacangan mengandung 12-15 gram protein.

14. Brokoli

Brokoli mengandung 5 gram protein dalam satu cangkir, juga serat, karbohidrat, vitamin dan mineral sehingga digolongkan sebagai sayur dengan nutrisi lengkap. Anda bisa menjadikannya salah satu pilihan bahan masakan sehari-hari.

15. Tempe

Bahan makanan dari fermentasi kedelai ini cukup enak dan lezat. Kaya akan protein nabati, dan bisa diolah menjadi makanan apa saja.

16. Keju

Semua jenis keju adalah sumber protein yang baik. Cobalah keju cheddar atau mozzarella yang dicampur ke dalam salad, pasta, sandwich atau sup. Satu hal yang harus diperhatikan, terutama bagi Anda yang sedang diet, keju mengandung lemak. Sehingga batasi konsumsi Anda tak lebih dari 1 ons per hari.

17. Bayam

Dalam satu cangkir bayam terkandung 3 gram protein. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara dikukus, rebus atau cah. Pastikan Anda tidak terlalu lama memasaknya, agar rasa tidak berubah dan nutrisinya tetap terjamin. Sedikit ide untuk mengolah bayam; kukus sebentar lalu bumbui dengan merica hitam dan sedikit minyak zaitun.

18. Gandum

Biji-bijian atau grains, seperti misalnya gandum, memang lebih banyak dikenal sebagai sumber karbohidrat. Namun, tahukah Anda kalau biji-bijian juga mengandung protein? Pada gandum, kandungan protein bisa mencapai sekitar 9%. Surprising fact, yes? Namun demikian, konsumsi grains sebaiknya dibatasi, terutama bagi Anda yang sedang menjalani diet rendah karbo.

19. Ikan Teri

Mungkin Anda akan terkejut dengan fakta ini. Yes, makanan yang sering kali disepelekan ini (sering mendapatkan predikat “makanan rakyat”) ternyata tinggi kandungan proteinnya. Walaupun ukurannya kecil, ternyata kandungan proteinnya mencapai 10%. Selain protein, Anda juga bisa mendapatkan kalsium dari konsumsi ikan teri. Kecil-kecil cabe rawit!

20. Sushi

Sushi adalah makanan Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk berupa makanan laut, daging, sayuran mentah atau yang sudah dimasak. Sushi mengandung protein dan serat yang pada umumnya rendah kalori dan lemak.
READ MORE - Selengkapnya

KEGUNAAN MINERAL BAGI TUBUH

Postingan mypotik berikut ini adalah tentang macam-macam mineral yang penting dan fungsinya di dalam tubuh Anda.

1. Kalsium (Ca)

Kalsium adalah salah satu mineral penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi Anda. Kalsium juga berperan penting untuk proses kontraksi dan relaksasi otot, pembekuan darah, dan sistem imunitas. Konsumsi 2 gelas susu perhari sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium Anda.
Buah dan sayuran yang mengandung Kalsium : sayuran berdaun hijau, seperti kangkung, daun singkong, bayam, daun pepaya, daun kacang panjang, dan brokoli.

2. Fosfor (P) 

Fosforus juga bertanggung jawab terhadap proses mineralisasi tulang dan gigi. Selain itu, fosforus juga mengatur keseimbangan pH darah Anda. Kekurangan mineral ini menyebabkan otot Anda terasa lebih lemah sedangkan jika terlalu berlebih, menyebabkan terjadi nya proses kalsifikasi (pengerasan) pada organ-organ tubuh yang tidak seharusnya seperti ginjal. Daging, ikan, unggas, telur dan susu merupakan sumber fosforus yang utama.

3. Natrium atau sodium (Na)

Fungsi utama natrium yaitu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, serta menjaga dan mengatur tekanan osmotik agar cairan tidak keluar dari darah dan masuk ke dalam sel. Dalam menjaga keseimbangan cairan tubuh, natrium bekerja sama dengan kalium. Natrium juga berperan dalam transmisi sara, kontraksi otot, absorpsi glukosa, dan sebagai alat angkut zat-zat gizi melalui membran sel.

4. Kalium atau Potasium (K)

Bersama-sama dengan natrium, kalium memegang peranan penting dalam pemeliharaan keseimbangan cairan dan eletrolit serta keseimbangan asam-basa di dalam tubuh. Kalium juga berperan dalam transmisi saraf dan rekasasi otot serta sebagai katalisator dalam banyak reaksi biologik, terutama dalam metabolisme energi, sintesis glikogen, dan protein.
Buah dan sayuran yang mengandung Kalium : jeruk, semangka, pisang, sayuran hijau, tomat,kentang, kacang polong, dan wortel.

5. Sulfur (S)

Fungsi sulfur antara lain membantu menjaga keseimbangan oksigen untuk fungsi otak. Selain itu sulfur bersama-sama dengan vitamin B kompleks membantu memperlancar metabolisme dalam tubuh dan membantu melawan infeksi akibat bakteri.
Buah dan sayuran yang mengandung Sulfur : kacang-kacangan, bawang putih, bawang bombay, dan kubis-kubisan.

6. Kromium (Cr)

Kromium dibutuhkan dalam metabolisme karbohidrat dan lemak. Bersama-sama dengan insulin, kromium berfungsi untuk memudahkan masuknya glukosa ke dalam sel.
Buah dan sayuran yang mengandung Kromium : kentang, cabai hijau, apel, pisang, bayam, wortel, dan jeruk.

7. Zat besi (Fe)

Zat besi berperan dalam pusat pengaturan molekul hemoglobin sel-sel darah merah. Hemaglobin bertanggung jawab dalam pendistribusian oksigen dari paru-paru ke keseluruh jaringan tubuh. Zat besi juga berperan dalam metabolisme energi, termasuk sintesis DNA oleh beberapa enzim, serta dalam sistem kekebalan tubuh.
Buah dan sayuran yang mengandung Zat besi : sayuran hijau seperti bayam, kangkung, daun singkong, dan daun pepaya.

8. Yodium (I)

Fungsi yodium adalah untuk pertumbuhan normal; membakar kelebihan lemak tubuh; serta menjaga kesehatan rambut, kuku, kulit, dan gigi.
Buah dan sayuran yang mengandung Yodium : bawang merah atau tanaman lain yang ditanam di daerah dekat pantai.

9. Magnesium (Mg)

Magnesium memegang peranan penting sebagai kofaktor berbagai enzim dalam tubuh. Magensium bertindak sebagai katalisator dalam reaksi-reaksi biologi di dalam tubuh, termasuk reaksi yang berkaitan dengan metabolisme energi, karbohodrat, lemak, protein, dan asam nukleat. Selait itu, magnesium juga berperan dalam sintesis degradasi, dan stabilitas banan gen DNA.
Buah dan sayuran yang mengandung Magnesium : sayuran hijau, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

10. Mangan (Mn)

Mangan berperan sebagai kofaktur berbagai enzim yang membantu bermacam proses metabolisme. Enzim yang berkaitan dengan mangan berperan dalam sintesis ureum, pembentukan jaringan ikat dan tulang, serta mencegah peroksidasi lemak oleh radikal bebas. Mangan juga berperan dalam pengontrolan gula darah, metabolisme energi, fungsi hormon tiroid, fungsi otak, dan untuk pengontrolan neurotransmiter.
Buah dan sayuran yang mengandung Mangan : kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, bit, dan gandum.

11. Molibdenum (Mo)

Molibdenum bekerja sebagai kofaktor berbagai enzim, mengkatalis reaksi oksidasi-reduksi, penawar racun alkholm metabolisme sulfur, dan mencegah anemia.
Buah dan sayuran yang mengandung Molibdenum : kembang kol, kacang polong, bayam, bawang putih, jagung, kentang, bawang bombay, kacang tanah, semangka, wortel, dan kubis.

12. Selenium (Se)

Selenium bekerja sama denga vitamin E berberan sebagai antioksidan dalam sistem enzim. Di samping, selenium juga berperan mencegah terjadinya serangan radikal bebas, melindungi membran dari kerusakan oksidatif, membantu reaksi oksigen dan hodrogen pada tahap akhir rantai metabolisme, serta membantu sintesi immunoglobulin sebagai kekebalan tubuh.
Buah dan sayuran yang mengandung Selenium : bawang, tomat, brokoli, kubis dan gandum.

13. Seng (Zn)

Seng berperan dalam proses kekebalan tubuh, memelihara kesehatan mata, menghambat virus, mengurangi risiko kanker, menjaga kesehatan organ vital laki-laki, dan mempercepat proses penyembuhan luka.
Buah dan sayuran yang mengandung Seng : kacang-kacangan, biji-bijian, legum, dan gandum. 

14. Boron (Bo)

Boron mempunyai efek positif terhadap pencegahan osteoprosis dan osteoartritis dengan cara meningkatkan penggunaan kalsium dan magnesium. Fungsi boron tersebut bersifat sinergis dengan vitamin D dalam memperkuat tulang. Boron juga diduga dapat membantu memelihara fungsi sarat. Selain itu, boron juga mempunyai mekanisme kerja yang berhubungan dengan fungsi membran sel sarat serta terbukti memiliki aktivitas anti-inflamasi (antiperadangan). Aktivitasnya sangat signitifkan, terutama untuk pencegahan penyakit pradangan, seperti rematoid, artritis, dan asama.
Buah dan sayuran yang mengandung Boron : jamur, kacang-kacangan dan asparagus.
READ MORE - Selengkapnya

KEGUNAAN MINERAL MANGAN BAGI TUBUH

Postingan mypotik berikut ini adalah tentang beberapa kegunaan mineral mangan bagi kesehatan tubuh.


Memperkuat Tulang
Mineral mangan bermanfaat membantu pertumbuhan tulang yang sehat dan padat. Sebagian besar mangan di dalam tuibuh kita terdapat dalam struktur tulang.


Melindungi Sel terhadap Kerusakan Radikal Bebas
Radikal bebas yang berlebihan di dalam tubuh sangat reaktif dan dapat menyerang sel-sel tubuh dan menyebabkan kerusakan radikal bebas. Mineral mangan diketahui memiliki sifat antioksidan yang dapat menangkal reaktivitas radikal bebas di dalam tubuh.


Membantu Aktivasi Enzim
Sebagian nutrisi memerlukan peran enzim-enzim tertentu agar dapat digunakan oleh tubuh kita. Tubuh kita menggunakan mineral mangan sebagai aktivator enzim-enzim yang membantu penggunaan beberapa nutrisi penting seperti thiamin, biotin, kolin, dan asam askorbat.


Membantu Metabolisma
Salah satu peran penting mineral mangan bagi tubuh kita adalah membantu metabolisma vitamin E dan vitamin B1. Mineral mangan juga membantu mengaktifkan sejumlah enzim yang terlibat dalam metabolisma karbohidrat, asam amino, dan kolesterol.


Mengendalikan Kadar Glukosa Darah
Mencukupi kebutuhan asupan mineral mangan dari makanan alami bermanfaat membantu mempertahankan kadar glukosa darah yang normal karena mineral mangan turut membantu tubuh mengendalikan kadar glukosa darah.


Menjaga Kesehatan Syaraf
Tubuh kita membutuhkan mineral mangan untuk membantu menjaga kesehatan sistem syaraf. Mineral mangan diketahui berperan membantu fungsi koordinasi antara otak, syaraf, dan otot.


Membantu Fungsi Kelenjar Tiroid
Mineral mangan juga bermanfaat menjaga kesehatan kelenjar tiroid (kelenjar gondok). Mineral mangan diketahui turut berperan dalam membantu fungsi kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid adalah kelenjar yang memproduksi hormon tiroksin yang dikenal sangat penting bagi metabolima tubuh.

Contoh makanan yang banyak mengandung mineral mangan antara lain beras cokelat, nanas, cengkeh, kayu manis, anggur, strawberry, kunyit, bawang putih, terong, biji labu, tempe, kedelai, ubi jalar, asparagus, dan tomat.
READ MORE - Selengkapnya

KUMPULAN RAMUAN OBATI SAKIT GIGI

Postingan myotik berikut ini adalah tentang ramuan tradisional untuk mengobati sakit gigi

Bawang putih

Berdasarkan buku Jude’s Herbal Home Remedies yang ditulis oleh Jude C. Todd, bawang putih dapat menyembuhkan sakit gigi atau gigi berlubang karena mengandung senyawa antiseptik. Ambil satu siung bawang putih dan letakkan di gigi. Lakukan selama 5 menit, kemudian keluarkan bawang putih dan bilas mulut dengan air hangat.

Daun Cengkeh

Cengkeh merupakan rempah yang menjadi bahan dalam pembuatan rokok. Namun, daun cengkeh ternyata memiliki khasiat untuk mengobati sakit gigi. Caranya, cuci beberapa helai daun cengkih, seduh dengan air mendidih, kemudian dilumatkan. Peras dengan kain. Basahi kapas dengan cairannya, jejalkan ke lubang gigi yang sakit.

Minyak cengkih

Sebuah penelitian pada Journal of Dentistry tahun 2006 menemukan, minyak cengkih juga bisa meringankan sakit gigi.

Berikan 2 – 3 tetes minyak cengkih ke kapas kemudian gosokkan pada gigi. Jika menggunakan cengkih, basahi dulu dengan air liur atau kunyah-kunyah sebelum dimasukkan pada gigi.

Teh Hangat

Dalam buku Prescription for Herbal Healing yang ditulis oleh Phyllis A. Balch, dikatakan teh dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi. Teh panas membantu menghilangkan bakteri di mulut dan mengurangi rasa sakit sementara. Tempatkan kantong teh pada gusi untuk membantu menghentikan peradangan. Sebaiknya jangan dicampur gula dalam teh hangat.

Cabe rawit

Kecil-kecil cabe rawit adalah ungkapan untuk menggambarkan sesuatu yang kecil namun memiliki banyak kelebihan. Dalam hal mengatasi sakit gigi, ini bukan sekedar ungkapan. Cabe rawit mengandung senyawa capsaicin yang berfungsi sebagai pereda rasa sakit. Larutkan cabe ke dalam air panas, celupkan kapas, peras sedikit dan letakkan di gigi.

Getah Jarak

Tanaman jarak memang memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia. Selain minyak buah jarak yang sekarang sedang diupayakan sebagai bahan bakar alternatif, getah dari pohon jarak ini ternyata berkhasiat mengobati sakit gigi berlubang. Caranya gampang, hanya dengan meneteskan getah jarak pada gigi yang berlubang. Atau bisa juga dengan mengambil getah jarak menggunakan kapas, kemudian masukkan kapas pada gigi yang berlubang.

Akar Kangkung

Siapa sangka sayuran yang bisa bikin ngantuk jika dikonsumsi terlalu banyak ini bisa juga dijadikan sebagai obat untuk mengatasi sakit gigi. Caranya: Sediakan segenggam akar kangkung, 1/2 sdt cuka, direbus dengan 1 gelas air. Gunakan air rebusannya untuk berkumur.

Akar Meniran

Selama ini kita mengenal meniran sebagai tanaman herbal untuk mengobati penyakit ginjal, gangguan saluran kencing, hepatitis dan disentri. Namun ternyata akar meniran juga berkhasiat untuk mengobati gigi yang sakit. Caranya: Cuci bersih akar meniran, lalu kunyah-kunyah pada gigi yang sakit.

Sereh

Sereh (bukan sirih) dikenal juga dengan nama serai. Biasa digunakan sebagai bumbu dapur terutama untuk pepes agar menambah aroma. Caranya: Rebus 40 g sereh segar dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Gunakan ramuan ini untuk berkumur.

Es batu

Menggunakan es batu dikenal untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan pada gigi dan gusi. Masukkan es batu dalam kantong kain atau ke area sakit dan biarkan selama 5 – 10 menit. Lakukan ini sebanyak 2 kali sehari, tapi bila kondisi tidak membaik, segera hubungi dokter.
READ MORE - Selengkapnya

MANFAAT AIR KELAPA MUDA BAGI KESEHATAN WANITA HAMIL



Zat yang terkandung dalam air kelapa sangat bermanfaat untuk ibu hamil, karena zat yang terdapat pada air kelapa dapat menyehatkan bayi setelah lahir. Untuk manfaat air kelapa muda pada umumnya yaitu sebagai berikut :


MANFAAT AIR KELAPA MUDA SECARA UMUM
  • MENINGKATKAN SIRKULASI DARAH 
  • MENINGKATKAN PH CAIRAN TUBUH
  • MEMBANTU KENDALIKAN DIABETES
  • TIDAK MENGANDUNG LEMAK DAN KOLESTROL
  • MENGURANGI TEKANAN DARAH PADA JANTUNG
  • MENGURANGI JERAWAT
Sedangkan manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil diantaranya :

Air kelapa merupakan minuman atau cairan yang mengandung kalium, klorida, magnesium sodium. Ibu hamil sangat membutuhkan air hingga 2 kali lipat dari manusia dalam keadaan normal. Jika saat hamil mengalami dehidrasi dapat menyebabkan masalah pada kesehatan seperti sakit kepala, kram dan lain sebagainya.

Air kelapa  dapat membantu melawan penyakit dikarenakan air kelapa mengandung asam laurat. Asam laurat didalam kelapa berfungsi sebagai anti jamur, antivirus dan anti bakteri. Maka dari itu kesehatan ibu hamil dapat terjaga.

Air kelapa  meningkatkan pencernaan pada orang dewasa dan anak-anak. Air kelapa membantu meningkatkan kecepatan dalam proses pencernaan dan sangat baik untuk ibu hamil.

Air kelapa  sangat baik dalam meningkatkan kolestrol dalam tubuh.

Air kelapa  sangat manjur dalam menghilangkan zat racun dalam tubuh manusia dan sangat umum terjadi pada ibu hamil. Untuk itu air kelapa berfungsi sebagai diuretik yang alami dan steril.
READ MORE - Selengkapnya

CIRI-CIRI DAN GEJALA PENYAKIT TIPES

Penyakit tipes biasanya terjadi dikarenakan kurangnya menjaga kebersihan, seperti tidak mencuci tangan sebelum makan, meminum air mentah langsung dari kran atau air minum yang belum dimasak dll sehingga membuat bakteri Salmonella dapat masuk ke dalam tubuh yang menyebabkan terjadinya penyakit tipes.


http://mypotik.blogspot.com/2014/12/ciri-ciri-dan-gejala-penyakit-tipes.html


  • Biasanya ditandai demam tinggi sampai 39 derajat sampai 40 derajat celcius pada waktu malam namun pada pagi dan siang hari demam menurun dan kembali demam tinggi menjelang malam hari, demam biasanya terjadi sekitar 3 minggu.
  • Hilangnya nafsu makan sehingga badan menjadi lemas.
  • Menurunnya berat badan.
  • Tenggorokan mengalami peradangan, bibir pecah dan kering.
  • Mulut mengalami bau tak sedap
  • Lidah terasa pahit dan pada bagian tengah berwarna putih sedangkan bagian pinggir berwarna merah.
  • Otot terasa nyeri
  • Sakit kepala berat
  • Tubuh menggigil
  • Tekanan darah menurun
  • Diare namun ada beberapa kasus yang mengalami sulit BAB.
  • Perut terasa sakit akibat pembengkakan limfa dan hati.
  • Mual dan muntah-muntah.
  • Timbul bercak merah kecil di sekitar perut dan dada.
  • Terjadi gangguan kesadaran atau bahkan pingsan jika sudah mengalami kondisi yang parah.
  • Jika penyakit tipes tidak cepat ditangani dapat mengakibatkan terjadinya kebocoran di bagian usus dan ini sangat berbahaya bagi keselamatan bahkan dapat mengakibatkan kematian.


  • Periksakan ke dokter sebelum penyakit tipes ini semakin parah agar bisa dilakukan pencegahan dan pengobatan dan banyak beristirahat.
  • Obat-obatan yang biasa digunakan untuk penderita tipes diantaranya antibiotik, analgesic dan jika diperlukan akan menggunakan cairan infus.
  • Mengkonsumsi makanan yang lunak dan mudah dicerna seperti bubur dan pantang makanan pedas ataupun asam.
  • Pengobatan alami bisa menggunakan rebusan labu atau ceme tanpa kulit kemudian di blender, lalu minumlah secara rutin setiap hari.
  • Pengobatan dengan rebusan cacing tanah yang sudah dibersihkan dan dibuang isinya, jika anda merasa geli atau jijik bisa membeli yang udah dikemas dalam kapsul yang bisa anda dapatkan di apotik atau toko obat cina.
READ MORE - Selengkapnya

CIRI, GEJALA, PENYEBAB DAN TIPS ATASI ASAM URAT

Kadar asam urat normal pada wanita adalah berkisar antara 2,6 sampai 6 mg/dl sedangkan untuk pria kadar asam urat normal berkisar antara 3,5 sampai 7 mg/dl, untuk mengetahui berapa kadar asam urat anda bisa periksakan di klinik atau laboratorium.



http://mypotik.blogspot.com/2014/12/ciri-gejala-penyebab-dan-tips-atasi.html
CIRI, GEJALA, PENYEBAB DAN TIPS ATASI ASAM URAT

Beberapa gejala asam urat yang biasa dialami oleh penderita penyakit asam urat:

  • Pada waktu pagi yaitu pada saat bangun tidur dan pada waktu malam hari biasanya persendian terasa nyeri.
  • Rasa nyeri pada sendi biasanya terjadi berulang kali.
  • Tanda yang ditimbulkan seperti rasa nyeri di persendian, linu, ngilu, kesemutan, membengkak dan meradang berwarna kemerahan.
  • Nyeri di persendian biasanya terjadi di bagian seperti jari tangan, jari kaki, pergelangan tangan, siku, tumit dan dengkul.
  • Untuk kasus yang lebih parah persendian akan mengalami sakit saat mengalami pergerakan.
  • Untuk penderita seperti gejala diatas sebaiknya memeriksakan di laboratorium untuk hasil yang lebih akurat.

Makanan penyebab asam urat dan pantangan bagi penderita asam urat:

  • Makanan jeroan: hati, otak, babat, ginjal, limpa, usus,dan paru.
  • Daging: daging sapi, daging kuda dan daging kambing.
  • Ekstrak daging: dendeng dan abon.
  • Seafood: kepiting, cumi-cumi, kerang, sotong, remis, ikan sarden, ikan teri, tiram, udang.
  • Bebek: kalkun dan angsa.
  • Makanan kaleng: sarden, kornet sapi dll.
  • Buah-buahan: nanas dan durian.
  • Sayuran: bayam, buncis, kembang kol, jamur kuping, daun pepaya, daun singkong, kangkung dan asparagus.
  • Kacang-kacangan: kacang tanah, tauge, kacang hijau, melinjo, emping, kacang kedelai termasuk kedelai olahan seperti tempe,susu kedelai, oncom dan tauco.
  • Makanan gorengan, makanan yang dimasak dengan mentega atau margarin, makanan bersantan.
  • Makanan yang mengandung lemak dan protein tinggi.
  • Keju, kaldu, kuah daging yang kental, es krim, air kelapa dan telur.

Beberapa cara mengobati asam urat yaitu:

  • Hindarilah makanan yang dapat memicu terbentuknya asam urat seperti makanan jeroan, makanan laut, makanan kaleng, telur, kuah daging kental dan kaldu.
  • Hindari buah-buahan seperti: nanas, alpukat, durian dan air kelapa.
  • Hindari makanan seperti melinjo, emping, bayam, kangkung, asparagus, buncis, daun singkong, daun jambu mete dan kembang kol.
  • Hindari kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang tanah, kacang kedelai beserta kedelai olahan seperti tempe susu kedelai, tauco, oncom dan tauge.
  • Makanlah buah-buahan dan sayuran seperti belimbing wuluh, buah naga, jahe, sawi putih, sawi hijau, tomat dan serai yang bermanfaat untuk mengobati asam urat.
  • Untuk orang yang gemuk dianjurkan untuk menurunkan berat badan karena biasanya asam urat cepat naik sedangkan pengeluarannya kurang.
  • Banyak minum air putih karena dapat membantu mengeluarkan zat purin di dalam tubuh.
  • Hindari minuman yang mengandung alkohol.

Tips bagi penderita asam urat:

  • Banyak mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, strawberry, pepaya.
  • Buah-buahan dan sayuran yang dapat membantu mengobati asam urat seperti buah naga, belimbing wuluh, sawi putih, sawi hijau, tomat, jahe dll.
  • Makanlah makanan yang banyak mengandung potasium seperti pisang, yughurt dan kentang.
  • Banyaklah mengkonsumsi karbohidrat kompleks seperti roti, singkong, ubi dan nasi.
  • Mengurangi mengkonsumsi permen, gula, sirup, arum manis, gulali.
  • Untuk orang gemuk sebaiknya menurunkan berat badan
  • Hindari minum obat aspirin
  • Hindari bekerja terlalu keras
  • Olahraga secara cukup.
  • Minum air putih 8 gelas sehari.
READ MORE - Selengkapnya

MAKANAN DIET SEHAT ALAMI

Melengkapi artikel mypotik sebelumnya tentang MAKANAN DIET PENGGANTI NASI maka dibawah ini juga ada beberapa menu makanan diet sehat alami yang bisa anda konsumsi yang bisa juga anda jadikan makanan diet pengganti nasi.



http://mypotik.blogspot.com/2014/12/makanan-diet-sehat-alami.html



Memberikan bit kedalam daftar menu makanan diet anda merupakan pilihan yang sangat sehat. Sayuran ini sekecil ruby, sayuran akar yang mempunyai dua nutrisi mutlak yang dapat dengan mudah menurunkan kandungan homosistein darah, folat serta betaine. Homosistein ​adalah penyebab rusaknya arteri, dan untuk selanjutnya akan mengakibatkan penyakit jantung. Dengan menyertakan bit didalam makanan anda, maka anda mengurangi kemungkinan serta mengangkat isu-isu tersebut. Tikus laboratorium sudah dapat dibuktikan mempunyai kekuatan untuk melawan kanker bila mereka mengkonsumsi bit secara teratur. Terlebih lagi bila bit di makan dalam kondisi mentah, maka akan memberikan manfaat gizi yang sangat besar. Coba robek serta asinkan didalam minyak zaitun serta jus lemon lantas campur dengan salad. 




Biasanya kita cuma mengkonsumsi kayu manis sesudah dipakai pada gulungan lezat makanan yang disiram gula. Namun rempah-rempah ini bukan sekedar lezat, tapi juga dapat menolong untuk mengurangi gula darah serta bahaya masalah jantung. Menurut USDA, seseorang yang mengkonsumsi 2 gram kayu manis secara teratur dan terus menerus maka dapat menurunkan kolesterol serta kandungan gula darah dalam tubuh. Kayu manis memiliki kandungan polimer methylhydroxychalcone yang dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Anda bisa menaburkan kayu manis pada sereal, oatmeal atau kopi sebagai menu makanan diet sehat alami. 




Goji berry sudah dipakai oleh orang-orang tibet dalam kurun waktu yang cukup lama. Sebuah penelitian membuktikan bahwa buah berry mempunyai kandungan antioksidan tambahan didalamnya dibanding dengan sebagian buah-buahan yang lain. Penelitian medis juga sudah menunjukkan bahwa alat bantu berry dapat mengurangi produksi insulin, yang disebut risiko serius untuk pasien diabetes. Tambahkan buah sehat ini kedalam program diet sehat alami anda dengan mengkonsumsi-nya pada waktu sarapan.




Menu makanan yang satu ini sudah cukup popular di negara eropa serta asia, nutrisi utama yang dapat membantu mengurangi bahaya perkembangan kanker. Sayuran ini dapat melawan radikal bebas sesaat produksi upping membatasi rusaknya enzim. Cobalah makanan diet sehat alami ini dengan menaruhnya di burger atau sandwich anda. Sebagai jalan lain, anda dapat menambahkan apel serta wortel sebagai salad
READ MORE - Selengkapnya

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails