Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Tanda Kesehatan Dilihat Dari Garis Putih Pada Kuku



Garis putih yang melintang sepanjang kuku dan tidak bergerak ketika kuku bertumbuh dinamakan garis Muehrcke. Penting untuk membedakan garis Muehrcke dengan garis Beau, yang juga memanjang secara horizontal di kuku. Pada garis Beau dapat dirasakan lekukan ketika meraba kuku. Sedangkan pada garis Muehrcke, kuku terasa mulus. Tanda yang lain adalah ketika garis putih ditekan, akan menghilang pada kuku dengan garis Muehrcke. Pada garis Beau garis putih tidak menghilang.

Garis Putih di Kuku: Kuku Muehrcke
Setelah membedakan garis Muehrcke dengan garis Beau, perlukah khawatir? Garis Muehrcke biasanya terlihat saat protein darah rendah. Penyebabnya bisa bervariasi dari penyakit ginjal, penyakit liver, sampai malnutrisi. Jika mempunyai tanda ini, segera periksa ke dokter untuk dicek kadar protein serum darah. Garis putih dari kuku Muehrcke juga bisa muncul setelah kemoterapi kanker.

Penyebab Lain Garis Putih di Kuku

Garis Putih pada kuku juga bisa disebabkan oleh trauma pada kuku. Tetapi, garis yang disebabkan trauma akan berbeda dari kuku Muehrcke. Kuku Muehrcke biasanya melintang seluruh kuku secara horizontal dari ujung ke ujung. Sedangkan garis trauma biasanya hanya ada di sebagian kuku dan di beberapa jari (bukan semua jari). Kadang, mendorong kutikula terlalu kasar juga bisa membentuk garis trauma.
Penyebab serius lain dari garis putih di kuku adalah kuku Mee yang melintang di seluruh kuku, seperti kuku Muehrcke. Perbedaannya adalah garisnya tidak hilang saat ditekan dan maju bersama dengan tumbuhnya kuku. Garis ini biasanya dilihat pada keracunan logam berat, terutama arsenik, meskipun bisa juga ada di kasus penyakit sistemik lain.

Garis Putih di Kuku: Kesimpulan?

Jika memiliki garis putih di kuku, pikirkan ke dokter untuk tes darah kecuali jika tahu penyebabnya hanya berasal dari trauma atau luka kuku. Kuku Mee dan Muehrcke merupakan tanda dari masalah kesehatan yang cukup serius. Jika memiliki garis putih di kuku, segera cari tahu penyebabnya.
READ MORE - Selengkapnya

PANDUAN TIPS MENGOBATI KUTIL

http://mypotik.blogspot.com/2015/04/panduan-tips-mengobati-kutil.html
PANDUAN TIPS MENGOBATI KUTIL
Kutil adalah penyakit yang disebabkan oleh vitus HPV atau human papilloma virus, kutil biasanya tumbuh ditangan atau dikaki,bisa juga terjadi pada pergelangan tangan. Bentuk kutil seperti benjolan yang tumbuh, tetapi didalamnya ada seperti akar-akar. Kutil memang sangat menyebalkan, apalagi tumbuh ditempat yang teranhg dan nampak pada orang-orang. Jadi kita mesti menghilangkan kutil ini agar agar lebih sehat dan tidak nampak kotor dan jorok.


Dalam kesempatan ini kita akan membahas cara menghilangkan kutil secara alami dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada disekeliling kita. Untuk lebih jelas langsung saja kita lihat apa saja bahan yang bagus digunakan untuk menghilangkan kutil ini.

  • Menggunakan Kapur sirih. Kapur sirih tidak hanya sebagai menu makan sirih orang tua saja, tetapi juga bermanfaat untuk menghalau kutil yang tumbuh. Caranya yaitu dengan mencampuri kapur sirih dengan sabun colek, kemudian cabut dulu kutilnya, setelah terbuka, oleskan kapur sirih bersama sabun ketempat kutil yang terbuka tadi. Lakukan dengan teratur, insya Allah akan segera sembuh.
  • Menggunakan cuka. Mengobati kutil dengan cuka sama saja caranya seperti mengobatinya dengan menggunakan kapur sirih, sebelum anda mengoleskan cuka potong dulu kutilnya atau cabut dulu kutilnya, setelahnitu baru ambil kapas dan celupkan dalam cuka, kemudian oleskan pada kutil yang telah anda potong tadi.
  • Mengobati kutil dengan bawang putih. Sebelum menggunakan obat ini pastikan dulu kutil anda telah anda korek atau anda cabut, kemudian oleskan bawang putih yang telah sebelumnya anda haluskan. Lakukan dengan rutin
  • Air Aki. Cara lain mengobati kutil yaitu dengan air aki, memang sangat pedih dan sakit, tetapi air aki ini ampuh mengobati kutil anda. Sebelum menggunakan air aki, potong dulu kutilnya, baru kemudian olesi air aki dengan menggunakan kapas.
  • Menggunakan daun dewa. Kutil juga bisa anda basmi dengan menggunaka daun dewa. Caranya yaitu ambil 7 lembar daun dewa dan tumbuk halus, kemudian olesi pada kutil yang anda potong.
  • Mengobati kutil dengan daun pisang. Mungkin ini adalah cara yang paling mudah dan tidak terasa pedih, untuk mengobati kutil anda bisa menggunakan daun pisang, caranya yaitu dengan memotong kecil-kecil daun pisang, kemudian tumbuk halus dan olesi pada kutil anda.
READ MORE - Selengkapnya

TIPS UNTUK KULIT BERPANU

http://mypotik.blogspot.com/2015/04/tips-untuk-kulit-berpanu.html


Panu dapat diderita oleh orang-orang dari berbagai warna kulit. Panu lebih mungkin terjadi pada remaja dan dewasa muda.

Tanda dan gejala panu

Pemutih asam dari ragi tumbuh menyebabkan area kulit menjadi warna yang berbeda dari kulit di sekitarnya. Tanda dan gejala infeksi khusus panu meliputi:

  • Kulit berwarna putih, merah muda, merah, atau coklat dan dapat terang atau lebih gelap daripada kulit di sekitarnya.
  • Bintik-bintik yang mungkin terjadi di manapun pada tubuh Anda, tetapi yang paling sering terlihat pada leher, dada, punggung, dan lengan.

Bintik-bintik mungkin hilang selama cuaca dingin dan lebih buruk selama cuaca hangat dan lembab. Bintik-bintik ini mungkin kering dan bersisik dan mungkin gatal atau sakit, meskipun hal ini tidak umum.

Pengobatan panu

Pengobatan panu terdiri dari krim, lotion, atau sampo yang diletakkan pada kulit. Pengobatan panu juga dapat mencakup obat-obatan yang diberikan sebagai pil. Jenis pengobatan tergantung pada ukuran, lokasi, dan ketebalan daerah yang terinfeksi.

Pilihan pengobatan termasuk:

Antijamur topikal
Produk-produk ini diaplikasikan langsung ke kulit Anda dan mungkin dalam bentuk salep, sampo, krim, busa, atau sabun. Mereka menjaga pertumbuhan ragi di bawah kontrol. Produk topikal anti-jamur yang mengandung bahan-bahan seperti seng, pyrithione, selenium sulfida, miconazole, clotrimazole, dan terbinafine. Tapi kadang-kadang resep obat dari dokter mungkin diperlukan.

Pil anti-jamur
Ini dapat digunakan untuk mengobati kasus yang lebih serius atau panu berulang. Atau dalam beberapa kasus dapat digunakan karena panu memberikan resolusi sederhana dan lebih cepat dari infeksi. Obat-obatan ini diberikan dengan resep dokter dan dapat memiliki efek samping. Jadi sangat penting untuk dipantau oleh dokter Anda saat menggunakan pil anti-jamur. Pengobatan biasanya menghilangkan infeksi jamur. Namun, perubahan warna kulit bisa memakan waktu hingga beberapa bulan untuk memulihkan.

Panu bisa berulang sangat umum terjadi karena ragi yang menyebabkan infeksi adalah jamur yang normal yang hidup di kulit. Pembersih obat dapat digunakan satu atau dua kali sebulan untuk membantu mencegah panu datang kembali. Anda mungkin perlu untuk menggunakan obat yang pernah digunakan jika infeksi panu kembali lagi, terutama jika Anda tinggal di daerah yang hangat dan lembab.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda mengatasi panu:

  • Hindari menggunakan produk kulit berminyak.
  • Kurangi paparan kulit terhadap sinar matahari. Paparan sinar matahari dapat memicu atau memperburuk keadaan, berwarna cokelat membuat ruam lebih terlihat.
  • Jika Anda harus pergi keluar di bawah sinar matahari, pertimbangkan untuk menggunakan krim kulit anti-jamur setiap hari selama beberapa hari sebelum terkena paparan sinar matahari.
  • Kenakan tabir surya setiap hari. Menggunakan formula tidak berminyak dengan faktor perlindungan matahari minimum (SPF) 30.
  • Jangan memakai pakaian ketat.
  • Kenakan kain berpori seperti kapas, untuk mengurangi keringat.
READ MORE - Selengkapnya

Tips Menjaga Kesehatan Mata di Depan Komputer

http://mypotik.blogspot.com/2015/04/tips-menjaga-kesehatan-mata-di-depan.html

Tips Menjaga Kesehatan Mata di Depan Komputer

Tak hanya mahasiswa saja yang berjam-jam di depan layar komputer. Para karyawan kantor sudah menjadi kebiasaan lama di depan layar komputer karena tuntutan pekerjaan. Bahkan bisa jadi lebih dari delapan jam karyawan mengerjakan pekerjaannya menggunakan komputer, apalagi jika ada lembur.

Kondisi seperti di atas membuat mata terus berakomodasi. Pada hal mata juga harus istirahat supaya tidak terus-terusan dipaksa bekerja. Sinar dari layar komputer tidak baik untuk mata jika terlalu lama.


1. Istirahat Beristirahatlah sejenak meskipun tugas menumpuk di depan Anda setelah beberapa jam di depan layar komputer. Ini adalah salah satu tips perawatan mata dianjurkan saat bekerja pada komputer untuk menghindari ketegangan mata.

2. Menggosokkan telapak tangan
Gosok telapak tangan Anda terhadap satu sama lain sampai Anda merasa hangat. Usapkan telapak tangan di mata Anda selama 60 detik. Ini akan membantu Anda bersantai setelah mata Anda lelah. Ulangi dua atau tiga kali sampai Anda merasa tenang.

3. Sesuaikan jarak mata
Menyesuaikan jarak layar layar ke mata sangat penting supaya mata tetap sehat. Jangan di depan layar komputer terlalu dekat dengan mata. Atur jarak mata 30 cm atau lebih ke layar komputer atau laptop Anda supaya mata lebih rileks.

4. Ikuti aturan 20-20-20
Latihan ini akan membantu Anda bersantai sambil bekerja selama berjam-jam di depan komputer. Berpaling dari layar komputer Anda setiap 20 menit dan menatap setiap objek yang jauh setidaknya 20 meter jauhnya selama setidaknya 20 detik.

5. Menjaga kontras
Pilih huruf gelap dan latar belakang cahaya pada layar pada saat Anda bekerja dengan komputer Anda. Ini adalah salah satu di antara tips perawatan mata yang paling praktis saat bekerja pada komputer.

6. Hindari silau
Sangat penting untuk bekerja dalam suasana di mana terdapat pengaturan cahaya yang tepat. Ruangan bekerja harus bercahaya cukup, namun cahaya tersebut tidak menyilaukan mata Anda. Cahaya yang membuat silau biasanya berasal dari lampu yang letaknya kurang tepat atau sinar dari luar ruangan seperti sinar matahari. Jika terdapat sinar matahari yang masuk ke ruangan Anda dan menyilaukan, sebaiknya tutup gorden jendela.

7. Kurangi kecerahan
Jangan bekerja dengan komputer yang tingkat kecerahan layarnya tinggi. Ini akan membuat mata Anda cepat lelah. Selain untuk menghemat baterai pada laptop, layar yang redup membuat mata menjadi nyaman meskipun bekerja berjam-jam.

8. Melihat warna hijau
Hijau dianggap sebagai warna terbaik untuk menjaga mata Anda rileks. Melihat keluar jendela di antara pekerjaan Anda. Jika Anda bekerja di ruangan yang langsung bisa melihat keluar, maka ini akan lebih baik. Lihatlah warna hijau daun dan pemandangan ke luar supaya mata beristirahat sejenak. Jika tempat kerja Anda tidak bisa langsung melihat ke luar jendela, maka ganti wallpaper komputer Anda dengan pemandangan alam dengan dominan warna hijau.

9. Sering berkedip
Salah satu tips perawatan mata yang paling efektif saat bekerja pada komputer adalah untuk mengedipkan mata Anda. Hal ini akan membantu menjaga kelembaban alami air mata di mata Anda dan menghindari kekeringan dan masalah lain yang terkait.

10. Pertimbangkan kacamata komputer
Kacamata komputer dibuat khusus untuk orang-orang yang bekerja di depan komputer. Jika Anda ingin tahu bagaimana untuk menghindari ketegangan mata Anda di depan layar komputer, maka ini akan membantu Anda mengurangi silau, meningkatkan kejelasan, dan mata Anda menjadi santai.
READ MORE - Selengkapnya

TANDA KANKER PAYUDARA PADA LAKI-LAKI

http://mypotik.blogspot.com/2015/04/tanda-kanker-payudara-pada-laki-laki.html
TANDA KANKER PAYUDARA PADA LAKI-LAKI
Kanker payudara adalah salah satu penyakit yang paling banyak dijumpai pada wanita. Penyakit ini juga dikaitkan dengan gen, sehingga jika ibu pernah menderita kanker payudara, maka anak perempuan juga bisa terkena. Penyakit ini bisa terjadi baik pada wanita yang masih pada usia subur maupun sudah menopouse.


Namun, ternyata kanker payudara juga bisa terjadi pada pria. risiko seumur hidup terkena kanker payudara adalah sekitar 1 dari 1.000 dan tidak seperti penyakit pada wanita, tetap stabil selama tiga dekade terakhir.

Menurut Webmd.com, sangat jarang bagi seorang pria di bawah usia 35 untuk mendapatkan kanker payudara. Kemungkinan seorang pria mengembangkan kanker payudara meningkat seiring usia. Sebagian besar kanker payudara laki-laki yang terdeteksi antara usia 60 hingga 70 tahun.

Faktor risiko lain kanker payudara laki-laki antara lain:

  • Riwayat keluarga kanker payudara pada seorang kerabat perempuan dekat.
  • Sejarah paparan radiasi dada.
  • Pembesaran abnormal payudara (ginekomastia) sebagai respon terhadap obat atau hormon perawatan, atau bahkan beberapa infeksi dan racun.
  • Sebuah kondisi genetik langka yang disebut sindrom Klinefelter.
  • Penyakit hati yang berat.
  • Penyakit testis seperti gondok orchites, cedera testis, atau testis tidak turun.
Berikut ini adalah beberapa tanda-tanda awal kanker payudara pada pria,

Massa menyakitkan atau benjolan
Tanda awal kanker payudara pada pria adalah pembentukan massa atau benjolan yang tidak menimbulkan rasa sakit. Massa umumnya terletak di bagian belakang dari puting atau daerah sekitar puting. Massa dapat dirasakan dengan tangan telanjang dan tidak menimbulkan rasa sakit. Ini juga merupakan gejala kanker payudara pada wanita. Gejala ini merupakan tanda utama kanker payudara pada pria. Jika Anda merasa massa atau benjolan di sekitar payudara Anda, Anda harus pergi ke dokter segera.

Perdarahan dari puting susu
Tanda awal lain dari kanker payudara pada laki-laki adalah keluarnya darah atau cairan putih sticku dari puting susu. Ini adalah tanda serius dari kanker payudara pada pria dan tidak boleh diabaikan. Perdarahan atau keluar cairan putih dari puting payudara adalah tanda parah kanker payudara pada pria dan wanita.

Kelemahan dan kelelahan
Sama seperti kanker yang lain, tanda-tanda awal kanker payudara pada pria termasuk kelemahan dan kelelahan pada tubuh. Sel-sel kanker berkembang biak dengan cepat menyebabkan tubuh merasa terlalu lemah. Tubuh kehilangan energi dan metabolisme tubuh terganggu. Kelelahan bisa serius dan menyebabkan dehidrasi tubuh. Ini adalah tanda awal dari kanker payudara pada pria maupun wanita.

Kehilangan berat badan dan nafsu makan
Gejala kanker payudara seperti kanker lainnya. Oleh karena itu pada tahap awal ada penurunan besar dan drastis dari berat badan. Tubuh tidak menyerap nutrisi dari makanan seefisien sebelumnya. Tubuh juga kehilangan kapasitas mencerna makanan dengan benar sehingga menyebabkan hilangnya nafsu makan. Penurunan berat badan yang drastis bisa menjadi tanda awal kanker payudara pada pria. Ini adalah masalah yang berat dan tidak boleh diabaikan.

Gangguan fungsi tubuh
Sering kali kanker payudara pada pria tidak terdeteksi dan sel-sel kanker menyebar dengan cepat di seluruh tubuh menyebabkan kanker pada organ lain. Fungsi tubuh juga mengurangi dan menyebabkan masalah dengan kesehatan dan kerja. Sel-sel kanker menyebar di organ seperti prostat dan hati. Ini adalah salah satu tanda yang paling parah dari kanker payudara pada pria. Hal ini seharusnya tidak harus dihindari untuk alasan apapun.
READ MORE - Selengkapnya

WASPADAI JIKA BERAT BADAN TURUN MENDADAK

http://mypotik.blogspot.com/2015/04/waspadai-jika-berat-badan-turun-mendadak.html
WASPADAI JIKA BERAT BADAN TURUN MENDADAK
Orang yang mempunyai berat badan lebih dan kemudian turun, maka kebanyakan diantara mereka akan senang. Harapannya ejekan yang selama ini dilontarkan padanya akan hilang dan orang akan mulai menyanjungnya. Namun, jangan terlalu senang dulu jika berat badan turun, apa lagi jika turunnya berat badan secara drastis. Hal ini bisa jadi ada sesuatu yang salah dengan tubuh. Bisa jadi ada suatu penyakit yang menghinggapi tubuh.


Jika Anda kehilangan 4,5 sampai 5 kg atau 5 persen dari berat badan normal Anda selama 6 sampai 12 bulan atau kurang, dan Anda tidak tahu alasannya, Anda mungkin akan mengalami masalah yang disebut penurunan berat badan mendadak.

Adalah penting untuk mengenali tanda-tanda peringatan. Semakin awal penyakit ini ditemukan, maka akan semakin cepat penyakit ini tertangani.

Jadi jika berat badan Anda turun secara drastis atau mendadak, maka jangan berbahagia dulu. Konsultasikan ke dokter apa yang telah terjadi sebenarnya pada diri Anda. Penurunan berat badan drastis apakah yang perlu kita waspadai? 

Berikut ini 10 penyebab kemungkinan penurunan berat badan mendadak yang wajib kita diwaspadai

1. Diabetes

Diabetes adalah gangguan metabolisme di mana Anda mungkin memiliki kadar glukosa darah tinggi (gula darah) baik karena insulin yang cukup tidak diproduksi dalam tubuh Anda atau karena tubuh Anda tidak merespon dengan baik terhadap insulin, atau bahkan keduanya.

Gejala: Sering buang air kecil, rasa haus yang berlebihan, kelaparan intens (diabetes tipe-2), penurunan berat badan yang signifikan dan tiba-tiba (terutama pada diabetes tipe-1) kelelahan, luka dan memar tidak cepat sembuh, mati rasa atau kesemutan di kaki dan tangan .

2. Depresi

Depresi merupakan gangguan mood karena perasaan sedih, kehilangan, marah, atau frustrasi yang mengganggu kehidupan sehari-hari selama beberapa minggu atau lebih lama.

Gejala: Tidak tidur atau tidur terlalu banyak, sulit berkonsentrasi, pikiran negatif, perasaan putus asa dan/atau ketidakberdayaan, mudah marah, bunuh diri, tiba-tiba signifikan dan penurunan berat badan.

3. Tiroid yang terlalu aktif

Kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroid yang mengatur metabolisme tubuh Anda, misalnya detak jantung Anda, seberapa cepat Anda membakar kalori, dan pencernaan. Kelenjar tiroid juga memproduksi hormon kalsitonin yang mengatur kadar kalsium dalam darah Anda. Ketika kelenjar tiroid menghasilkan terlalu banyak hormon tiroid (terlalu aktif), kondisi ini disebut hipertiroidisme.

Gejala: Palpitasi, detak jantung cepat dan tidak teratur, seperti luka bakar dan keringat berlebihan, penurunan berat badan mendadak, sesak napas, serangan panik, mata melotot, kelelahan, perubahan suasana hati, infertilitas atau penurunan libido. Namun, tidak semua orang memiliki semua gejala ini.

4. Tuberkulosis

Tuberkulosis (TB) adalah penyakit infeksi serius yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Ini terutama mempengaruhi paru-paru. Tuberkulosis juga dapat mempengaruhi ginjal, tulang belakang atau otak. Penyakit ini dapat diobati dengan mengkonsumsi antibiotik paling tidak 6 bulan tanpa henti.

Gejala: Batuk, kadang-kadang dengan sputum atau darah, sakit dada, kelelahan, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, demam dan berkeringat di malam hari.

5. Penyakit paru obstruktif kronik

Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) adalah sekelompok penyakit paru-paru yang menghalangi aliran udara dan membuat sulit bernapas. Aliran udara yang dapat diblokir oleh peradangan pada lapisan tabung bronkial yang membawa udara ke dan dari paru-paru, yang disebut bronkitis kronis. Ketika kantung udara di paru-paru secara bertahap hancur membuat sulit bernapas itu disebutemfisema.

Gejala: Gejala seringkali tidak muncul sampai kerusakan paru-paru yang signifikan telah terjadi. Gejala terutama mengi, sesak napas, sesak dada, infeksi pernafasan, bibir atau kuku menjadi biru, kelelahan dan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan pada tahap selanjutnya.

6. Penyakit Crohn

Penyakit Crohn adalah penyakit radang usus (IBD). Hal ini menyebabkan peradangan pada lapisan saluran pencernaan Anda, yang dapat menyebabkan sakit perut, diare berat dan bahkan kekurangan gizi.

Gejala: Diare, nyeri perut, kram, nafsu makan berkurang, penurunan berat badan, kelelahan, darah dalam tinja, dan bisul.

7. Penyakit Addison

Penyakit Addison adalah gangguan hormonal di mana kelenjar adrenal menghasilkan jumlah cukup hormon, kortisol dan dalam beberapa kasus, aldosteron. Hal ini dapat mempengaruhi semua kelompok usia dan bisa terjadi pada pria maupun wanita.

Gejala: Penurunan berat badan, kelelahan, tekanan darah rendah, dan kelemahan otot.

8. Kanker

Kanker adalah pertumbuhan tidak terkendali dari sel-sel abnormal di mana saja di tubuh. Kanker dapat dimulai pada kulit atau pada jaringan yang melapisi atau menutupi organ internal (karsinoma) atau di tulang, tulang rawan, lemak, otot, pembuluh darah, atau ikat atau mendukung jaringan lain (sarkoma), atau dalam darah membentuk jaringan seperti tulang sumsum (leukemia) atau sel-sel kekebalan (limfoma dan myeloma). Ketika kanker dimulai di otak dan sumsum tulang belakang itu disebut kanker sistem saraf pusat. Kadang-kadang sel-sel kanker melepaskan diri dari sel-sel asli dan menyerang organ atau jaringan lain, itu kemudian disebut metastasis.

Gejala: Tanda dan gejala bervariasi sesuai dengan jenis kanker. Beberapa gejala umum adalah tiba-tiba kehilangan berat badan, kelelahan otot yang tidak dapat dijelaskan atau nyeri sendi, berkeringat di malam hari, benjolan atau penebalan di bawah kulit (misalnya kanker payudara), perubahan kebiasaan usus atau kandung kemih (kanker usus), perubahan kulit atau perubahan dalam ukuran dan warna tahi lalat (kanker kulit), suara serak dan kesulitan menelan (kanker paru).

9. HIV/AIDS

Human Immunodeficiency Virus (HIV) adalah seperti virus lainnya, kecuali untuk satu perbedaan penting, sementara sistem kekebalan tubuh manusia dapat menghancurkan virus lainnya, tidak dapat flush virus ini. Sebaliknya, HIV merusak sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh Anda tidak dapat melawan infeksi dan penyakit lagi dan AIDS adalah tahap akhir dari infeksi HIV.

Gejala: infeksi HIV menunjukkan gejala demam, ruam, sakit tenggorokan, nyeri otot, pembengkakan kelenjar getah bening, ulkus di mulut dan kelelahan, tetapi ketika infeksi HIV berkembang menjadi AIDS, semua gejala ini yang menonjol. Selain itu ada penurunan berat badan mendadak akibat pemborosan, batuk dan sesak napas, diare kronis, dan penglihatan kabur dan terdistorsi.

10. Penyakit Parkinson

Penyakit Parkinson adalah gangguan progresif dari sistem saraf yang menyebabkan kekakuan pada tubuh dan wajah, atau memperlambat gerakan. Penyakit ini tidak dapat disembuhkan, tetapi obat-obatan dapat memperbaiki gejala-gejala.

Gejala: Gangguan postur dan keseimbangan, kehilangan gerakan otomatis seperti berkedip, tersenyum atau mengayunkan lengan saat berjalan, otot kaku, penurunan berbicara, dan penurunan berat badan mendadak
READ MORE - Selengkapnya

FAKTOR PENINGKAT TERKENA KANKER PAYUDARA

http://mypotik.blogspot.com/2015/04/faktor-peningkat-terkena-kanker-payudara.html
Sebelum terlanjur, sebaiknya Anda mengetahui tentang apa saja yang menjadi risiko wanita terkena kanker payudara. Yang jelas, pencegahan lebih baik dari pada pengobatan. 

Menurut beberapa sumber seperti dari ABC News,Daily Mail, Okezone bahwa risiko wanita terkena kanker payudara adalah sebagai berikut 


1. Usia
Risiko kanker payudara meningkat bergantung pada usia seorang wanita. Di AS, 1 dari 227 wanita berusia sekitar 30 tahun didiagnosis dengan kanker payudara, sementara untuk wanita berusia di atas 70 tahun jumlahnya meningkat menjadi 1 dari 26 wanita.

2. Riwayat kanker payudara
Seorang wanita lebih mungkin didiagnosis kanker payudara jika ia sudah pernah terkena penyakit tersebut sebelumnya. Sebab jika seorang wanita pernah terkena kanker di salah satu payudaranya, maka tinggi kemungkinannya kanker tersebut juga bisa menyebar ke payudaranya yang lain.

3. Riwayat keluarga
Risiko kanker payudara akan meningkat jika seorang wanita memiliki ibu, saudara wanita atau anak yang sebelumnya telah didiagnosis dengan penyakit ini. Risiko ini juga akan semakin meningkat jika jumlah anggota keluarga yang didiagnosis lebih dari 1 orang.

4. Mutasi genetik
Wanita dengan mutasi pada gen BRCA1 atau BRCA2 sekitar 5 kali lebih mungkin didiagnosis dengan kanker payudara. Namun meskipun demikian, kurang dari 1 persen dari wanita memiliki mutasi ini.

5. Memiliki jaringan payudara padat
Risiko kanker payudara pada seorang wanita akan meningkat jika ia memiliki jaringan payudara yang lebih padat.

6. Adanya perubahan payudara non-kanker
Perubahan payudara non-kanker seperti hiperplasia atipikal (peningkatan jaringan payudara abnormal), karsinoma duktal in situ (sel-sel abnormal pada lapidan payudara) dan lobular karsinoma in situ (sel-sel abnormal dalam kelenjar penghasil susu), diketahui meningkatkan risiko kanker payudara pada wanita.

7. Periode haid lebih awal
Wanita yang memiliki periode haid pertama kali pada usia di bawah 12 tahun memiliki risiko kanker payudara yang lebih tinggi.

8. Usia kehamilan
Risiko kanker payudara seorang wanita meningkat jika ia hamil pada usia di atas 30 tahun atau tidak memiliki anak sama sekali. Sebaliknya, risiko ini akan berkurang jika ia hamil dan memiliki anak pada usia sekitar 20 tahun.

9. Usia menopause
Wanita yang mengalami menopause setelah berusia 55 tahun memiliki risiko kanker payudara yang lebih tinggi.

10. Terapi hormon
Terapi hormon seperti mengonsumsi asupan estrogen dan progestin suplemen selama lebih dari 5 tahun dapat meningkatkan risiko kanker payudara pada seorang wanita.

11. Paparan radiasi di dada
Risiko kanker payudara seorang wanita akan meningkat jika ia sering terapi radiasi ke dada, terutama selama masa pubertas.

12. Kurang aktivitas fisik
Wanita yang tidak aktif secara fisik dapat meningkatkan risiko kanker payudara pada wanita, apa lagi jika wanita tersebut mempunyai berat badan berlebihan. Oleh sebab itu, biasakan untuk berolahraga teratur untuk membantu menurunkan risikonya.

13. Konsumsi alkohol
Mengkonsumsi minuman beralkohol lebih dari 1 gelas per hari akan meningkatkan risiko kanker payudara seorang wanita.

14. Konsumsi obat DES
Seorang wanita yang mengkonsumsi obat DES (diethylstilbestrol) selama kehamilan untuk mencegah keguguran dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

15. Aktivitas menyusui
Menyusui sangat bermanfaat tak hanya bagi bayi, tetapi juga bagi para ibu. Diketahui menyusui dapat menurunkan risiko seorang wanita untuk terkena kanker payudara.

16. Ras
Di Amerika Serikat, wanita berkulit putih memiliki jumlah penyandang kanker payudara tertinggi. Meskipun demikian, ras Afrika-Amerika justru lebih berisiko meninggal akibat kanker payudara karena lebih lama didiagnosis, sehingga pengobatannya pun terlambat.

17. Kerja shif malam
Sumber dari Daily Mail menyebutkan bahwa wanita yang bekerja shift malam selama 30 tahun dua kali lebih mungkin untuk risiko kanker payudara, menurut penelitian. Cahaya buatan di malam hari dapat menghambat produksi melatonin yang diproduksi oleh kelenjar pineal di otak antara pukul 08.00 dan 09.00. Melatonin ialah hormon yang menentukan siklus pengatur pola tidur dan membantu menekan tumor. Melatonin yang rendah pada orang terkena cahaya di malam hari menyebabkan over produksi hormon esterogen, sehingga memicu kanker.

18. Wanita obesitas
Sumber dari Okezone menyebutkan bahwa kadar lemak tubuh wanita dapat meningkatkan kadar estrogen dan risiko kanker payudara. Selain itu, wanita yang sudah menopause dan obesitas sangat berisiko untuk perkembangan sel-sel tumor pada payudara.

19. Penggunaan pil KB 
Sumber dari Livestrong menyebut The Mayo Clinic dan American Cancer Society menjelaskan bahwa penggunaan pil KB dapat meningkatkan wanita terkena risiko kanker payudara. Sementara itu, risiko ini akan menurun secara otomatis bila penggunaan pil KB berhenti.

20. Aborsi
Sumber dari Bold Sky menyebutkan bahwa aborsi meningkatkan risiko kanker payudara. Saat wanita hamil, produksi estrogen akan meningkat. Peningkatan estrogen ini akan memicu pertumbuhan payudara. Kemudian akan terjadi proses laktasi dan pembentukan susu. Jika wanita hamil melakukan aborsi saat perkembangan janin sudah dimulai, maka peningkatan risiko kanker akan makin tinggi
READ MORE - Selengkapnya

CARA MENCEGAH PENYAKIT KANKER SERVIKS

http://mypotik.blogspot.com/2015/04/cara-mencegah-penyakit-kanker-serviks.html


Meski menempati peringkat tertinggi di antara berbagai jenis penyakit kanker yang menyebabkan kematian, kanker serviks merupakan satu-satunya jenis kanker yang telah diketahui penyebabnya. Karena itu, upaya pencegahannya pun sangat mungkin dilakukan. Yaitu dengan cara :

  • tidak berhubungan intim dengan pasangan yang berganti-ganti
  • rajin melakukan pap smear setiap dua tahun sekali bagi yang sudah aktif secara seksual
  • dan melakukan vaksinasi HPV bagi yang belum pernah melakukan kontak secara seksual
  • dan tentunya memelihara kesehatan tubuh

Pencegahan, menurut Nasdaldy, dapat dilakukan dengan tiga strategi: primer, sekunder, dan tertier. Pencegahan primer diperlukan pada semua populasi yang memiliki risiko terkena kanker mulut rahim. Caranya, dengan memberikan penyuluhan. ”Bukan hanya medis, tapi bisa di sekolah-sekolah karena banyak yang tidak tahu dan tidak peduli,” tuturnya.

Pencegahan sekunder juga diperlukan pada orang yang tidak memiliki gejala. Ini agar angka kejadian dapat ditekan dan memungkinkan pengobatan sedini mungkin. Pengobatan lebih awal, selain biayanya sedikit, hasilnya pun lebih baik. Sedangkan pencegahan tertier dilakukan pada orang yang sudah terkena penyakit ini.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk pencegahan primer pada penderita serviks. Namun yang penting adalah menurunkan faktor risiko. Misalnya, menghilangkan perilaku seksual yang mengakibatkan terpapar dengan infeksi human papilloma virus (HPV). ”Perempuan lebih rentan terkena infeksi HPV,” ujarnya.

Tidak kalah pentingnya dengan faktor nutrisi. Menurut dokter spesialis ini orang dengan gizi yang bagus lebih mudah mencegah serangan penyakit ini. Harus diingat, tidak ada pantangan makanan bagi penderita kanker. Karena itu tidak benar pernyataan yang mengatakan bahwa penderita kanker tidak boleh makan daging. ”Itu mitos,” ucapnya.

Zat gizi, kata dia, sangat diperlukan untuk pencegahan penyakit ini. Makanan yang baik untuk dikonsumsi adalah caretenoids, vitamin A, retinoids, vitamin C, vitamin E, dan folat. Sayuran hijau tua dan kuning juga baik untuk meningkatkan gizi.

Selain menurunkan faktor risiko dan nutrisi, pencegahan primer juga perlu dengan vaksinasi. Imunisasi, kata Nasdaldy, dilakukan pada usia muda sebelum aktif melakukan hubungan seksual dan masih dalam tahap pengembangan.

Vaksin pencegahan bertujuan membentuk antibodi dan diberikan pada orang sehat. Vaksin pengobatan diberikan pada orang yang sudah terinfeksi HVP dan stimulasi sistem imunitas.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan, vaksin sebaiknya diberikan pertama kali dalam lima tahun setelah aktif berhubungan seksual atau usia 25 tahun sampai usia 65 tahun. Frekuensi vaksinasi, saran badan dunia itu, dilakukan 2 – 3 tahun sekali dengan catatan dua kali berturut-turut negatif.
READ MORE - Selengkapnya

GEJALA ATAU TANDA AWAL KANKER RAHIM

http://mypotik.blogspot.com/2015/04/gejala-atau-tanda-awal-kanker-rahim.html

Kanker Rahim ditemukan pada lapisan atau dinding rahim Anda. Ini adalah salah satu kanker yang paling umum di kalangan wanita. Sekitar 7.000 wanita didiagnosis dengan kanker ini setiap tahun.

Kanker ini menjadi lebih umum, ketika seorang wanita mencapai umur 50 tahun. Kanker ini pada dasarnya dimulai dari rahim, dan menyebar ke jaringan sekitarnya melalui aliran darah.

Secara umum, ada dua macam kanker rahim: endometrium dan Ulterian. Endometrium menjadi jenis yang paling umum dari kanker rahim, sedangkan Ulterian sebaliknya. Ada berbagai gejala atau tanda-tanda, yang dapat membuat Anda sadar bahwa Anda menderita kanker ini.

Wanita biasanya merasa bahwa, kanker ini ada menjelang usia senja. Meskipun benar, wanita dengan usia yang lebih muda dapat menderita kanker ini.

Berikut adalah beberapa gejala, Anda harus memeriksakan diri ke dokter:

1. Berat tubuh mendadak turun
Ketika Anda kehilangan 5 kilogram secara tiba-tiba dalam sebulan, tanpa berolahraga atau perubahan diet, itu adalah situasi di mana Anda perlu proaktif. Ini bisa menjadi gejala atau tanda kanker rahim. Jadi, kunjungi dokter untuk diperiksa. Itu lebih baik daripada Anda menyesal.

2. Merasa kenyang
Ada saat-saat ketika Anda cenderung merasa kenyang, bahkan ketika Anda belum makan. Ini adalah gejala kemungkinan kanker rahim. Jika Anda merasa kembung disertai nyeri panggul atau perut, maka Anda harus waspada. Apalagi jika itu terjadi lebih dari seminggu, Anda harus berkonsultasi dengan dokter.

3. Perubahan pada payudara
Ketika ada perubahan pada payudara Anda, maka Anda perlu mengetahuinya. Baik itu bentuknya, ukuran, atau teksturnya. Ada kalanya kulit di sekitar payudara Anda kaku, dan payudara Anda menjadi merah dengan ruam. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin mengalami peradangan di sepanjang payudara. Ini adalah salah satu dari beberapa gejala kanker rahim.

4. Perubahan menstruasi
Jika Anda ada dalam tahap premenopause, dan mendapatkan menstruasi, itu perlu diwaspadai. Karena hal ini tidak normal. Anda perlu memastikan bahwa tidak ada yang salah dengan rahim Anda. Dalam kasus menstruasi yang tidak teratur, Anda sebaiknya menemui dokter segera.

5. Perubahan kulit
Perubahan pada kulit biasanya diawali dengan pigmentasi, di mana kulit akan berubah warna, atau bisa saja ada pendarahan pada kulit Anda yang tidak normal, seperti berlebihan dan sulit sembuh.
READ MORE - Selengkapnya

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails