Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

ANEKA KHASIAT DAN MANFAAT JERUK NIPIS

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan


Berikut ini manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh:

1. Meningkatkan kemampuan imun saat cuaca ekstrim
Musim dingin adalah waktu yang paling rentan membuat tubuh terserang penyakit seperti dingin dan batuk. Vitamin C di dalam jeruk nipis bisa menjadi solusi tepat untuk membantu Anda terjaga dari serangan penyakit musiman, kandungan antioksidan berupa flavonoid akan membantu menumpas virus agar tubuh kembali fit di cuaca ekstrim.

2. Menyeimbangkan pH Balance tubuh
pH adalah ukuran keseimbangan asam dan basa di dala tubuh, kondisi basa (alkali) menunjukkan tubuh dalam kondisi sehat atau positif sedangkan asam atau acid menunjukkan tubuh dalam kondisi kurang sehat atau negatif.

Normalnya, tubuh yang seimbang membutuhkan 80% alkali dan sisanya yakni 20% asam (acid) agar tetap stabil di segala cuaca. Namun, kebanyakan kita malah terbalik dalam pemenuhannya. Banyak makanan yang justru memicu peningkatan asam seperti nasi, es krim, cendol, daging, kopi, gula, dan roti yang banyak kita konsumsi.

Sementara makanan (sayur atau buah) yang membangun keseimbangan dengan memberi alkali seperti jeruk nipis malah kita jauhi atau jarang dikonsumsi. Mungkin Anda bingung kenapa jeruk nipis termasuk makanan beralkali. Alasannya, meski rasanya asam, jeruk nipis mengandung acid citric yang bagus untuk dikonsumsi karena memberikan alkali cukup yang nantinya akan menyeimbangkan jumlah asam dalam tubuh.

3. Memperbaiki kesalahan saluran cerna
Penyakit ringan yang berhubungan dengan sistem pencernaan seperti sembelit dan diare dapat diatasi dengan cara mengonsumsi air perasan jeruk nipis hangat. Kebiasaan ini akan membuat usus bergerak dengan baik untuk melancarkan buang air besar dan menjaganya tetap stabil.

4. Melarutkan asam urat
Jeruk nipis mampu melarutkan asam urat secara alami sehingga sering disebut sebagai obat asam urat herbal. Kehadiran asam sitrat-lah yang berkontribusi di sini. Jika Anda bermasalah dengan asam urat, setiap pagi dan sore hari minumlah segelas air perasan jeruk nipis untuk memperoleh manfaat dari jeruk nipis bagi kesehatan.

Selain asam urat, jus atau air perasan jeruk nipis secara bersamaan juga efektif melakukan aktivitas detoksifikasi. Semua racun berbahaya yang terakulumasi di dalam tubuh akan dikeluarkan, alhasil tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

5. Mengobati masalah lambung seperti maag
Di Amerika, banyak dokter yang menganjurkan penderita maag untuk melakukan pengobatan herbal ringan dengan konsumsi jeruk lemon sebagaiobat komplementer maag yang banyak membuktikan hasil baik dari segerombol penderita.

Untuk membuat ramuan ini, Anda bisa lihat tahap-tahapannya berikut:

  • Siapkan sebutir buah jeruk lemon.
  • Peras jeruknya dan campurkan air perasannya dengan sedikit air putih.
  • Minum campuran ini sebelum makan.
  • Setelah minum ramuan penyembuh maag alami ini, Anda dianjurkan untuk makan tak lama sesudahnya.

6. Meningkatkan daya penglihatan
Kandungan antioksidan berupa vitamin C di dalam jeruk nipis mempunyai khasiat sebagai pelindung mata dari kerusakan, degenerasi, dan penuaan. Sedangkan flavonoid-nya memberi perlindungan terhadap mata dari iritasi dan infeksi. Fungsi lain dari jeruk nipis adalah obat sakit kepala akibat ketegangan mata, caranya dengan meminum air perasan jeruk. 

7. Mencegah kanker
Jeruk nipis merupakan agen anti kanker yang dapat menurunkan risiko sebagian jenis kanker seperti leukimia, lambung, dan usus besar. Kemampuan dalam menumpas sel kanker tersebut ada karena kandungan liminoid dalam jeruk nipis yang juga berperan ketika menangkal radikal bebas dari dalam tubuh seperti aktivitas teh hijau.

8. Membunuh cacing dalam usus
Usus yang dijadikan hunian oleh cacing akan bermasalah. Anda bisa membunuh sekaligus mengeluarkan cacing dengan cara membiarkannya berkelahi dengan campuran air jeruk nipis dan air kelapa muda. Dalam sehari Anda bisa mengonsumsi 3 kali pada jeda waktu yang sama dari pagi hingga malam.

9. Membunuh bakteri
Manfaat jeruk nipis selain membunuh cacing adalah membasmi bakteri yang memengaruhi kondisi kesehatan seseorang. Jenis penyakit yang bakteri penyebabnya mampu diatasi oleh jeruk nipis adalah malaria, kolera, tipes, dan difteri. 

10. Menguatkan pembuluh darah
Sebagai buah yang kaya akan vitamin C membuat jeruk nipis memiliki daya desinfektan dan anti-toksin yang kuat terhadap racun mikroba. Vitamin C juga membantu memperkuat pembuluh darah agar tidak mudah rapuh atau patah sehingga menyebabkan pendarahan kecil.

Apabila kulit Anda tergores pisau dengan luka yang kecil, segera sembuhkan dengan mengusapkan daging buah jeruk nipis pada permukaan kulit yang terkena mata pisau selama beberapa menit. Secara bertahap semua kandungan dalam jeruk nipis akan bekerja sama untuk membersihkan luka akibat pisau. Pengobatan ini juga berlaku untuk kudis, hanya saja Anda membutuhkan bantuan bawang putih untuk melengkapi.

11. Membantu pengobatan hipertensi
Sebagai penyuplai kalium sudah pasti akan memberikan dampak positif pada tubuh, seperti misalnya menurunkan tekanan darah penderita hipertensi. Buah ini secara langsung juga menampilkan keahliannya dalam mengurus penyakit kardiovaskulas dengan mengaktifkan sirkulasi darah, serta penyakit diabetes.

12. Menyehatkan ginjal
Pernah Anda mendengar bahwa banyak minum akan menyehatkan ginjal?

Secara umum mungkin benar, tetapi tidak semua jenis minuman cocok untuk membuat ginjal sehat. Para pakar sudah memberi rekomendasi minuman yang terbukti secara empiris menyehatkan serta mengobati permasalahan terkait dengan organ ginjal.

Salah satunya yakni air perasan jeruk nipis. Asam sitrat dalam jeruk nipis dapat mencegah proses pengikatan mineral lain yang dilakukan oleh kalsium. Jika dibiarkan terjadi, maka akan timbul dampak buruk seperti terbentuknya batu ginjal.

Pada suatu kasus di salah satu RS yang berada di Amerika Serikat, banyak pasien batu ginjal yang dilarikan ke ruang gawat darurat. Satu dari 10 orang menderita batu ginjal yang kronis. Dokter memberinya saran untuk membiasakan minum air perasan lemon atau jeruk nipis setidaknya tiga kali.

13. Menurunkan berat badan
Manfaat jeruk nipis untuk diet (menurunkan berat badan) sudah terbukti sejak lama. Pemerhati diet sering menyarankan penggiat diet agar mengawali hari dengan minum secangkir air jeruk nipis hangat. Kandungan serat pangannya dapat membantu menurunkan berat badan.

14. Cocok dikonsumsi oleh ibu hamil dan wanita menopause
Dua masa yang pasti dialami oleh wanita tersebut terkadang membuat banyak wanita lebih fokus pada kondisi kesehatannya. Berbagai nutrisi memang diperlukan ketika hamil dan menopause. Anda bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi berupa kalsium dan folat dengan konsumsi jeruk nipis segar yang setidaknya menyimpan 22 mg kalsium dan 5 mikrogram folat.


15. Mengobati batuk
Salah satu obat batuk yang praktis dan mudah dibuat adalah jeruk nipis yang dicampurkan dengan beberapa bahan alami lain. Banyak versi obat batuk dari jeruk nipis, Anda bisa memilih yang dirasa suka dan benar-benar mampu menyembuhkan batuk yang Anda alami. 

Salah satu resepnya adalah menyiapkan bahan berupa air perasan dari satu buah jeruk nipis, sesendok madu, dan sedikit garam. Campur semua dalam sendok hingga garam larut, saring, minum ramuan 2-3 kali sehari. Jika tidak ingin repot Anda cukup mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan kecap.

16. Meredakan infeksi pada tenggorokan
Terjadinya infeksi pada saluran tenggorokan atau istilah penyakitnya adalah radang tenggorokan membuat nafsu makan berkurang karena untuk menelan makanan terasa tidak nyaman. Jika dibiarkan pasti akan menimbulkan masalah lain.

Anda hanya butuh ramuan herbal untuk menyembuhkannya, misalnya dengan menggunakan ramuan herbal dari jeruk nipis. Pertama-tama, peras 3 buah jeruk nipis, kemudian campur dalam setengah gelas air panas, tuangkan sesendok madu dan aduk sampai rata. Gunakan ramuan untuk berkumur selama 3 menit sebanyak 3 kali dalam sehari.

17. Menurunkan panas demam akibat malaria
Manfaat jeruk nipis untuk obat panas atau demam akibat malaria. Pertama, siapkan 3 lembar daun jeruk nipis, daun kendala, dan 5 lembar daun prasman. Rebus semua daun pada 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Tunggu dingin, saring airnya, bagi menjadi dua untuk diminum pada pagi dan sore hari.

18. Mengencerkan dahak di tenggorokan
Ambil 2 buah jeruk nipis segar, potong, peras, dan tampung air di dalam gelas. Larutkan sedikit garam, aduk hingga rata. Minum sebelum makan. Jika ingin diberi perasa manis, Anda bisa menuangkan sesendok madu setelah melarutkan garam.

19. Mampu mengobati sakit gigi
Giling akar kecubung hitam dan legetan warak hingga terkumpul masing-masing satu sendok makan, setelah itu campur dengan air jeruk nipis. Tambahkan 3/4 larutan garam ke dalam ramuan tersebut, aduk hingga tercampur. Setelah itu, saring ramuan dan gunakan airnya untuk berkumur beberapa menit. Dalam sehari lakukan 4-6 kali.

20. Mengobati amandel secara alami
Manfaat jeruk nipis untuk mengobati amandel. Sediakan 3 buah jeruk nipis, ambil kulitnya, cuci bersih, potong-potong, kemudian rebus dalam 2 gelas air sampai tersisa 3/4 nya. Saring dan gunakan airnya untuk berkumur beberapa menit sebanyak 3-4 kali dalam sehari.

21. Membantu mengurangi kebiasaan merokok
Isap seiris demi seiris jeruk nipis, kemudian minum air putih. Lakukan kebiasaan ini beberapa kali sehari secara rutin tiap hari hingga Anda sadar bahwa keinginan untuk membakar tembakau sudah berkurang, bahkan hilang.

22. Mengobati bagian tubuh yang terkilir
Buat minyak urut dari jeruk nipis untuk mengobati bagian tubuh yang cedera atau terkilir. Caranya, belah tiga buah jeruk nipis matang yang menyimpan banyak air. Setelah itu, masukkan ke dalam poci yang sudah diisi 1/2 cangkir air panas, tutup poci, biarkan proses penyeduhan berlangsung beberapa saat. Pada tempat yang sama, tambahkan 2 sendok makan minyak kayu putih dan minyak gandapura. Gunakan ramuan untuk memijat atau mengurut bagian yang terkilir. Sehabis dipjat, minumlah 3/4 gelas air kelapa hijau muda. Lakukan 3 kali sehari.

23. Mengurangi bau badan

Buatlah ramuan untuk mengurangi bau badan dari buah jeruk nipis. Caranya, potong satu buah jeruk nipis berukuran besar menjadi dua bagian, oleskan kapur sirih tipis-tipis pada kedua irisan jeruk. Oleskan ke lempitan kulit seperti ketiak dan leher bawah setelah mandi. Diamkan 5 menit sebelum dibilas, lakukan tiap pagi dan sore hari.

23. Mengobati gangguan otak
Penyakit semacam vertigo dan parkinson, dimana secara kasar keduanya dapat didefinisikan sebagai halusinasi seseorang yang mengira bahwa terjadi hal aneh di sekitarnya, seperti ada yang berbicara di sampingnya yang pada faktanya tidak ada dan ruangan bergerak atau terasa berputar.

Kedua penyakit tersebut merupakan gangguan neurologis atau penyakit yang menyerang sistem saraf. Kondisi ini akan membuat seseorang bertingkah aneh, karena itu harus segera diobati. Mulailah dengan pengobatan berstatus ringan seperti memanfaatkan jeruk nipis.

Ambil segenggam jeruk nipis, remas-remas atau lumatkan. Tambahkan dengan sesendok air jeruk nipis, gosokkan remasan daun pada pelipis, dahi, tengkuk atau leher belakang hingga ramuan habis sebanyak 2 kali sehari.

24. Mengatasi menstruasi yang tidak teratur
Manfaat jeruk nipis untuk mengobati haid tidak teratur. Ambil satu buah jeruk nipis, peras dan pastikan bahwa terkumpul tiga sendok air jeruk nipis. Campurkan semua air perasan dengan sesendok madu dan seduh dalam2 gelas air panas, aduk rata. Minum selagi hangat. Lakukan pengobatan 3 kali sehari.

25. Mengurangi rasa capek atau letih pada beberapa titik tubuh
Buat ramuan dari 1/3 daun jeruk nipis, daun sambiloto, daun ketepeng cina, 10 lembar daun sirih, 2 jari akar kepayang, akar pepaya, 3 jari akar kelor, dan 10 buah cabai rawit. Tumbuk semua bahan hingga halus, rendam dalam 1 liter alkohol selama 7 hari. Peras airnya dan simpan dalam botol. Gunakan ramuan ini untuk menggosok atau mengurut bagian tubuh yang capek pasca bekerja.

27. Mengembalikan kebugaran tubuh
Minum sebutir kuning telur ayam kampung, air perasan satu buah jeruk nipis, dan sedikit irisan gula merah sebanyak satu kali dalam seminggu agar stamina tubuh terisi kembali.

28. Merelaksasi otot yang tegang
Iris jeruk nipis tipis-tipis, peras tiap irisan, dan tambahkan sedikit air biasa pada air perasan jeruk. Gunakan untuk menggosok bagian tubuh yang ototnya tegang atau terasa pegal. 

29. Terhindar dari penyakit jantung
Kandungan serat pangan yang juga dapat membantu penderita diabetes dengan menjaga kadar gula darah ternyata memberi reaksi ganda berupa penurunan tekanan darah dan mengurangi kolesterol LDL (kolesterol jahat) di dalam tubuh. Dengan begitu, maka penyakit jantung dan stroke akan menjauh dari Anda.

30. Menyembuhkan infeksi pada sistem kemih
Kalium dalam jeruk nipis bertindak sebagai agen pelepas racun dan endapan yang memiliki peluang tersimpan dalam kandung kemih. Hal ini akan mengganggu proses berkemih karena terjadinya penyumbatan urin pada saluran kemih. Jeruk nipis akan membantu pembersihan endapan zat pada kandung kemih.

31. Mengobati ambeien
Manfaat jeruk nipis untuk mengobati ambeien. Caranya, siapkan 10 gram akar pohon jeruk nipis, bersihkan kotoran yang menempel menggunakan air, kemudian rebus dalam 1 liter air selama 30 menit. Saring airnya, dan minum selagi hangat 3 kali sehari.

32. Mengatasi anyang-anyangan
Anyang-anyangan awal mula berasal dari Jawa sebutannya, merupakan kondisi di mana timbul keinginan untuk buang air kecil dengan frekuensi sering, tetapi air seni yang keluar tidaklah banyak sehingga tidak tuntas dan menyebabkan rasa ingin terus buang air kecil. Anyang-anyangan merupakan salah satu gejala infeksi saluran kemih yang bisa diobati dengan jeruk nipis.

Langkah pengobatannya: Peras dua buah jeruk nipis yang sudah dicuci, kemudian tambahkan gula batu secukupnya pada air perasan, keduanya Anda campur ke dalam 1 gelas air panas. Aduk dan minum hangat sehari sekali sampai masalah tuntas.

33. Mengontrol kadar gula darah
Diabetes membuat setiap penderita harus waspada terhadap makanan dan minuman yang hendak dikonsumsi. Tidak memperhatikan kandungan gula pada apa yang dikonsumsi bisa menimbulkan risiko serius bagi penderita diabetes.

Jeruk nipis merupakan buah ideal yang dianggap oleh American Diabetes Associtaion mampu mengatur penyerapan gula tubuh ke sistem sirkulasi darah, serta mengurangi terjadinya peningkatan kadar gula darah. Jeruk nipis memiliki indeks glikemik rendah yang tidak menyebabkan peningkatan kadar glukosa diluar efek serat larut yang dikandungnya.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah


34. Mengurangi jumlah produksi keringat
Manfaat jeruk nipis untuk mengatasi kulit wajah berminyak. Kulit wajah adalah bagian paling rentan terhadap masalah kulit, karena itu sangat penting untuk memberi perawatan ekstra yang aman pada wajah jika ingin terhindar dari problem kecantikan seperti jerawat, komedo, dan teman-temannya.

Kulit berminyak terjadi akibat pori-pori kulit terbuka lebar sehingga produksi minyak menjadi berlebihan. Anda bisa merasakan dampak negatif dalam waktu singkat jika sadar bahwa kulit wajah berminyak. Jika tidak ingin menikmati hadiah buruk dari minyak berlebih pada wajah, segera atasi dengan mengoleskan jeruk nipis pada wajah secara rutin.

Berikut cara membuat masker wajah dari jeruk nipis:
  • Ambil satu buah jeruk nipis, cuci bersih, potong jadi dua bagian.
  • Gosokkan bagian dalam kulit jeruk nipis pada wajah yang sudah dibersihkan secara merata. Apabila terdapat luka pada wajah, jangan dioleskan.
  • Diamkan selama 10 menti hingga air terserap ke dalam pori-pori kulit, bilas dengan air bersih.
  • Dalam sesaat Anda akan merasakan wajah yang bebas minyak dalam waktu lama.

35. Meminimalisir jumlah jerawat dan memudarkan bekasnya
Anda bisa mendapatkan wajah yang bebas jerawat dengan menerapkan perawatan yang sama seperti mengatasi kulit berminyak. Hanya saja bagian yang digunakan adalah air perasan jeruk nipis. Oleskan air jeruk menggunakan cotton bud pada jerawat dan bekasnya, diamkan 30 menit hingga mengering sebelum dibilas.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa memadukan jeruk nipis dengan madu secukupnya. Kedua bahan ini kontribusinya di bidang kecantikan, terutama merawat kulit sudah banyak dibuktikan oleh para pakar kecantikan di seluruh dunia. Anda bisa menggabungkan keduanya sebelum dioles pada wajah.

36. Mengencangkan dan mencerahkan kulit wajah
Semua orang pasti mengidamkan wajah yang bersih, kencang, dan cerah layaknya putri keraton. Pasalnya, wajah yang bersih tanpa noda bisa menjadi modal untuk menuai kesuksesan di dunia bekerja. Namun yang menjadi permasalahan adalah untuk mewujudkan mimpi ini tidaklah mudah, butuh keseriusan dalam menjalani perawatan dengan masker jeruk nipis.

37. Membuat kulit tampak awet muda
Usapkan air perasan jeruk nipis pada wajah untuk mengurangi tampilan kulit yang semakin menua seiring bertambahnya usia. Jangan lupa untuk diimbangi dengan perbanyak minum air putih agar tekstur kulit tetap lembut dan kenyal layaknya wanita usia 20-an.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Rambut



38. Mengurangi kerontokan rambut
Rambut rontok adalah masalah normal yang pasti dihadapi oleh banyak remaja, yang membedakan adalah jumlah rambut yang rontok. Apabila mencapai puluhan helai perhari, hal tersebut menandakan adanya masalah pada kesehatan rambut. 

Anda bisa memulai pengobatan rambut rontok dengan menggunakan air hasil perasan jeruk nipis secara teratur. Oleskan secara merata dan Anda biarkan semalaman (dibiarkan sambil tidur). Ketika pagi hari, Anda bilas hingga bersih dengan air. Lakukan terus sampai rambut rontok berkurang.

39. Melebatkan rambut
Rambut tipis akan terlihat seperti setengah botak, tentu penampilan akan terganggu dan rasa percaya diri akan memudar. Anda tidak perlu khawatir jika masalahnya hanya rambut tipis akibat jumlah rambut yang sedikit. Problem ini bisa Anda atasi dengan cara melebatkan atau menyuburkan rambut dengan bantuan jeruk nipis.

Caranya seperti berikut:
  • Sediakan 1 buah jeruk nipis, belah dua, peras dan ambil airnya.
  • Bakar merang padi secukupnya sampai menjadi abu.
  • Rendam abu merang pada air secukupnya selama semalaman, kemudian saring.
  • Setelah itu, padukan air rendaman abu merang dengan air jeruk nipis, kemudian basuh kulit kepala sembari dipijat.
  • Lakukan setiap hari hingga terlihat perubahan.

Jika memang Anda bermasalah dengan rambut tipis atau kebotakan, lebih baik beli produk penumbuh rambut terpercaya. Atau jika punya uang lebih, lakukan transplantasi rambut karena hasilnya lebh cepat dan lebih bagus.

40. Menghilangkan ketombe
Ketombe adalah bercak putih yang berada pada rambut yang dihasilkan dari pengelupasan kulit mati berlebihan di kulit kepala. Sel kulit mati yang terkelupas ini berwarna putih dalam jumlah banyak, kehadirannya sangat mengganggu penampilan dan membuat seseorang tidak nyaman karena timbul rasa gatal yang serupa dengan masalah kutu.

Untuk menghilangkan ketombe Anda bisa mencoba manfaat jeruk nipis. Seperti perawatan jeruk nipis lainnya, gunakan air jeruk nipis secara langsung ke kulit kepala, diamkan selama 30 menit, terakhir dibilas dengan shampo dan air. Lakukan tiga kali dalam seminggu.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet
Diet adalah metode penurunan berat badan yang difokuskan untuk mengurangi kadar lemak yang terdeposit dalam tubuh. Berbagai teknik diet bisa dicoba oleh pelakunya sesuai rekomendasi pakar yang tepercaya. 

Secara umum, agar diet yang dijalani susah payah membuahkan hasil. Hanya ada dua cara sederhana, pertama rutin melakukan olahraga dan memperbaiki atau merubah pola makan juga jenis makanan yang dikonsumsi.

Jeruk nipis tergolong ke dalam makanan untuk diet yang secara efektif mempromosikan vitamin C, potassium, dan asam folat untuk membantu mengurangi lemak dalam tubuh. Cara mengambil khasiat jeruk nipis untuk diet Anda bisa memulainya dengan minum segelas air putih dingin yang dicampur dengan air perasan jeruk nipis dan 2 sendok teh madu. Minumlah pagi hari saat perut masih kosong setiap hari.

Meskipun banyak sekali manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh, kulit wajah, rambut, dan diet, secara bersamaan juga terdapat efek samping dari konsumsi jeruk nipis berlebihan yang merugikan tubuh. Singkatnya, berikut 10 bahaya jeruk nipis apabila dikonsumsi berlebihan atau sengaja dikonsumsi oleh penderita suatu penyakit yang mana mempunyai pantangan makanan berupa jeruk nipis.

Efek Samping Jeruk Nipis Bagi Tubuh

  • Sakit perut. Konsumsi jeruk nipis berlebihan dalam sehari dapat menyebabkan sakit perut karena kondisi perut yang asam dalam waktu lama sehingga menyebabkan selaput lendir pada saluran pecernaan mengalami iritasi.
  • Sering buang air kecil. Pengobatan dengan minum perasan jeruk nipis akan membuat Anda lebih sering mondar-mandir ke kamar mandi untuk buang air kecil, ini merupakan efek samping terlalu banyak konsumsi buah jeruk nipis.
  • Sakit kepala dan migren. Sebuah penelitian telah menemukan penyebab umum dari sakit kepala dan migren, yakni senyawa asam amino bernama tyramine yang tersimpan dalam jeruk nipis. Kandungan ini akan meningkatkan aliran darah ke otak secara spontal sehingga timbul gejala seperti migren akut atau sakit kepala kronis.
  • Kulit terbakar. Berlebihan melakukan perawatan kulit dengan jeruk nipis atau lemon akan membuat kulit mudah terbakar, karena itu batasi penggunaannya.
  • Peningkatan kadar zat besi. Terlalu banyak konsumsi jeruk nipis akan mendorong sistem pencernaan untuk menyerap zat besi melebihi batas normal. Kelebihan zat besi dari jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh dapat menyebabkan gangguan seperti hemokromatosis.
READ MORE - Selengkapnya

MENGUNGKAP MANFAAT KULIT PISANG


Mengobati gigitan serangga. 
Kulti pisang akhir-akhir ini banyak yang telah mengungkap berbagai macam manfaat kulit pisang dan salah satunya adalah kemampuannya dalam mengobati atau meringankan efek dari gigitan serangga. Mengoleskan kulit pisang pada bagian yang digigit serangga dapat mengurangi pembengkakan. 

Membantu menghilangkan kutil. 
Manfaat Kulit pisang dapat digunakan untuk menghilangkan kutil dan memperbaiki tekstur kulit. Selain itu kulit pisang juga sangat efektif dalam mengatasi kulit kering sehingga membuatnya terlihat lebih lembab alami. 

Mengatasi iritasi dan juga memar pada kulit. 
Kulit pisang merupakan sumber antioksidan dan juga mineral penting yang bekerja dalam membantu pemulihan kulit saat terjadi iritasi ataupun memar. 

Membantu menghilangkan jerawat. 
Kulit pisang juga dapat dijadikan sebagai obat jerawat alami, mengusapkan kulit pisang pada bagian kulit yang berjerawat diyakini menjadi cara ampuh untuk membuat anda terbebas dari jerawat. 

Menjaga kesehatan kulit. 
Kulit pisang mengandung berbagai macam nutrisi penting dan diantaranya adalah kalium, menggunakan kulit pisang dibagian kulit wajah akan membuatnya tampak kencang dan sehat. Penerapan kulit pisang pada wajah juga dapat menyingkirkan keriput dan membuat anda tampak lebih muda. 

Mengobati sakit kepala. 
Kulit pisang diketahui dapat mengobati sakit kepala dengan cara yang cukup sederhana. Tidak ada salahnya bagi anda yang menderita sakit kepala untuk mencoba pengobatan dengan kulit pisang ini. cara penggunannya adalah: Tumbuk beberapa kulit pisang hingga halus, kemudian letakkan pada bagian dahi untuk menyembuhkan sakit kepala. 

Memutihkan gigi. 
Selain buah strawberry ternyata kulit pisang juga dapat membantu anda mendapatkan gigi yang putih bersih, menerapkan kulit pisang pada gigi anda tidak akan menggantikan fungsi sikat gigi, akan tetapi cara tersebut mungkin dapat membantu anda mendapatkan gigi yang putih dan juga sehat. 

Mengobati gigitan nyamuk. 
Saat digigit nyamuk biasanya kebanyakan orang akan langsung menggaruk pada bagian yang digigit nyamuk tersebut, menggaruk pada kulit akan menyebbakan iritasi ringan dan juga memerah. Mungkin hal ini tidak menjadi masalah bagi orang dewasa akan tetapi pada bayi yang baru lahir tentunya kondisi ini akan memicu iritasi pada kulit, nah untuk itu anda dapat menggunakan manfaat dari kulit pisang untuk mengatasi gigitan nyamuk tersebut. 

Sebagai semir sepatu alami. 
Manfaat kulit pisang bukan hanya terbatas pada tubuh anda, kulit pisang dapat anda jadikan sebagai penyemir sepatu alami yang akan membuat sepatu anda tampak mengkilat. Selain sepatu beberapa benda yang terbuat dari logam juga bisa anda bersihkan dengan kulit pisang. 

Menghilangkan kerutan di wajah. 
Kulit pisang berfungsi sebagai bahan perawatan kecantikan alami yang murah sekaligus memiliki banyak manfaat. Kulit pisang membantu mempertahankan kelembaban kulit anda sehingga mencegahnya dari kerutan.
READ MORE - Selengkapnya

GEJALA DAN PENGOBATAN SAKIT TIPES

Penyakit tipes ini cukup berbahaya karena akan mengakibatkan kematian. Jika tidak diobati, sekitar 10% sampai 16 % orang yang menderita penyakit tipes ini akan mati. Hal tersebut bisa turun menjadi kurang dari 1 % jika orang yang terkena penyakit tipes tersebut melakukan pengobatan sejak dini. Mengetahuigejala penyakit tipes sejak awal dan segera melakukan penanganan merupakan cara untuk mencegah akibat buruk yang bisa ditimbulkan dari penyakit tersebut. Penyakit tipes sangat menular, penyebabnya adalah baksil yang bersarang serta melukai usus halus.


Gejala penyakit tipes ini biasanya bisa dirasakan pada minggu pertama dengan gejala umum seperti demam biasa, pusing, lesu serta hilangnya nafsu makan. Selanjutnya jika tidak segera diobati akan meningkat lebih perah, karena usus yang terserang mengakibatkan luka, semakin hari akan semakin meluas, hingga besar kemungkinan luka akan menembus dinding usus, jika penyakit tipes sudah masuk dlaam tahap ini maka besar kemungkinan akan mengakibatkan kematian.

Gejala umum penyakit tipes ini diantaranya seperti

  • Sembelit
  • Batuk
  • Sakit kepala
  • Kehilangan nafsu makan
  • Sakit perut
  • Sakit tenggorokan

Gejala penyakit tipes yang lebih jarang meliputi 

  1. Pendarahan dari dubur
  2. Igauan
  3. Diare
  4. Bintik-bintik merah muda pada dada dan perut

Cara perawatan penyakit tipes

Penderita penyakit tipes harus benar-benar istirahat total dan tidak boleh turun dari tempat tidur apalagi melakukan aktifitas berat. Karena penyakit tipes ini cepat menular maka usahakan alat makannya disendirikan. Penderita penyakit tipes harus benar-benar dijaga karena jika panasnya mulai naik kadang-kadang sering mengigau bahkan seperti hendak berlari.


Cara pengobatan penyakit tipes

Jika gejala penyakit tipes ini bisa diketahui sejak dini maka bisa dilakukan dengan pengobatan tradisional dengan cara: siapkan Sebuah labu air kemudian parut serta peras airnya lalu saring kemudian minum dengan madu asli dengan takaran sehari tiga kali ½ gelas.

Pengobatan penyakit tipes juga bisa dilakukan dengan 30 lembra daun kaki kuda + bidara upas sebesar 1 jari ditambah 3 helai daun sirih segar. Semua bahan tersebut ditimbuk menjadi satu, kemudian kemudain rebus hingga airnya tersisa satu gelas. Saring dan biarkan hingga dingin setelah itu bisa dibubuhi sedikit gula batu setelah itu bisa diminum dengan aturan sbb: Sehari dua kali ½ gelas, selanjutnya bisa diminum dengan dibubuhi 1 sendok makan madu asli sehari dua kali 1 gelas.

Cara tersebut di atas hanya bisa dilakukan jika gejala penyakit tipes bisa diketahui sejak dini, akan tetapi jika penyakit tipes sudah mulai terlambat maka tetntunya harus mendapatkan perawatan dari dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih.
READ MORE - Selengkapnya

TIPS UNTUK PEROKOK UNTUK MEMBERSIHKAN PARU-PARU

Cara membersihkan paru-paru dari asap rokok

Meskipun anda sudah berhenti merokok akan tetapi ada beberapa masalah kesehatan yang masih ditimbulkan atau racun yang masih tersisa di paru-paru anda. Berikut beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk membersihkan paru-paru dari nikotin dan asap rokok:


Berhenti merokok
Hal pertama yang harus anda lakukan untuk membersihkan paru-paru anda dari asap rokok adalah dengan berhenti merokok. karena tidak ada gunanya jika anda mengkonsumsi produk herbal ataupun mencoba berbagai macam cara untuk membersihkan paru-paru anda tapi anda tetap membiasakan kebiasaan buruk ini. 

Cabai rawit. 
Merupakan makanan yang dapat meningkatkan fungsi paru-paru yang sehat karena mengandung gamma tokoferol, yang merupakan jenis vitamin E yang diyakini mampu mengurangi risiko kanker paru-paru yang disebabkan oleh asap rokok.

Jus wortel. 
Segelas jus wortel sebelum mengkonsumsi makanan berat dapat menjadi cara yang efektif untuk membersihkan paru-paru dari. Wortel mengandung vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata, yang juga membantu untuk membersihkan sistem pernapasan . 

Teh herbal. 
Minum secangkir teh pencahar herbal sebelum tidur dalam tiga hari pertama dapat membantu proses pembersihan tubuh dari racun asap rokok. Kegunaan teh ini juga dapat menghilangkan racun dari usus, yang dapat menyebabkan sembelit. Apa hubungan ini dengan paru-paru? racun yang di buang dari paru-paru akan menuju ke usus, disinilah peran teh untuk membantu usus untuk mendorong keluar racun tersebut. 

Olahraga dengan teratur. 
Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang sangat positif untuk menjaga kesehatan fisik dan mental anda. Manfaat olahraga sangat banyak sekali untuk kesehatan terutama untuk paru-paru anda, Olahraga juga menjadi salah satu cara yang efektif untuk membersihkan paru-paru dari asap rokok. Olahraga seperti renang merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat baik untuk kesehatan pernapasan anda. 

Menggunakan obat herbal. 
Obat herbal dapat digunakan untuk membersihkan paru-paru dari asap rokok. Anda dapat memilih berbagai macam produk herbal yang dapat membantu mengelurkan racun dan lendir pada paru-paru, selain itu produk herbal juga relatif lebih aman kerena memiliki efek samping yang lebih sedikit dan mungkin juga tidak memiliki efek samping sama sekali. 

Mengkonsumsi sayuran. 
Mengkonsumsi makanan sehat terutama yang organik merupakan salah satu cara untuk memulai hidup sehat dan mencegah dari berbagai macam penyakit. Untuk itu salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mengeluarkan racun dari paru-paru anda akibat asap rokok adalah dengan cara banyak mengkonsumsi sayuran segar. 

Minum lebih banyak air putih. 
Air dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh termasuk juga nikotin yang berda di tubuh anda. Nikotin dapat dibersihkan dengan mudah dari tubuh jika anda minum setidaknya 2,3 liter air perhari. Jadi untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan juga paru-paru yang terbebas dari racun asap rokok anda dapat mengkonsumsi banyak air putih.
READ MORE - Selengkapnya

KHASIAT DAN MANFAAT TEMULAWAK

Khasiat Temulawak
Jika Anda ingin menjelajah lebih jauh mengenai tanaman ini, banyak penduduk kerajaan yang menggunakan temulawak sebagai jamu dan obat. Rimpang temu lawak memiliki sifat farmakologi seperti mencegah penyakit hati (hepatoprotektor), mencegah peradangan (anti inflamasi), menurunkan jumlah kolesterol berlebih, pencahar (laxative), peluruh kencing (diuretik), dan pereda nyeri pada sendi.


Khasiat lain dari segenggam rimpang temulawak yaitu meningkatkan nafsu makan (sangat tepat untuk anak berusia 7 tahun ke atas), memperbaiki produksi ASI pada ibu menyusui, dan membersihkan kotoran yang ikut mengalir dalam darah. Karena menyimpan karbohidrat komplek, pati temulawak sering diolah menjadi bubur bergizi yang diberikan untuk bayi dan orang-orang yang mengalami gangguan pencernaan.


Selain itu, di dalam temulawak terdapat linelool, geraniol, yang merupakan hasil produksi dari minyak atsiri golongan fenol yang memiliki daya repellan terhadap nyamuk Aedes aegypti, sehingga racun tersebut dapat digunakan untuk mengusir nyamuk yang mengganggu jam tidur Anda.


Manfaat Temulwak

Khasiat dan manfaat temulawak berikut ini tentu tidak lepas dari kemampuan zat seperti pati, protein, abu, serat, kerkumin, minyak atsiri, phelandren, kamfer, turmoerol, borneol, sineal, dan xanthorrizol yang terdapat di dalamnya.

1. Penghancur batu empedu
Kolagoga merupakan zat yang juga tersimpan dalam tanaman ini, salah satu fungsinya sebagai obat peluruh atau penghancur batu empedu. Faktor pencetusnya adalah hiperkolesterolemia, penyumbatan dan radang pada saluran empedu.

Pasien dianjurkan melakukan pengobatan dari tumbuhan yang mengandung zat kolagoga ini disertai dengan menjalani diet kolesterol tingkat lanjut selama 3 atau 4 bulan setelah batu empedu hancur atau larut.

2. Perangsang nafsu makan
Tidak terkondisikannya nafsu makan dapat memancing berbagai penyakit. Untuk mengembalikan nafsu makan diperlukan langkah yang kiranya dapat merangsang atau memperbaiki keinginan makan.


Temulawak mengandung sifat karminativum yang mana secara pra klinis maupun klinis mempunyai kemampuan dalam hal meningkatkan nafsu makan. Sementara cara pemakaian itu sendiri dapat Anda lihat dari panduan berikut.

Siapkan 25 gr rimpang temulawak, 10 gr asam jawa dan sedikit gula merah.
Rebus ke dalam 600 cc air sampai air tersisa 300 cc, terakhir saring dan minum sampai habis.

3. Pelihara saluran cerna
Dari hasil uji secara pra klinik ditemukan adanya serbuk rimpang yang mempunyai peranan di dalam cairan lambung sehingga memberikan efek positif terhadap usus halus, yaitu mengurangi kontraksi yang terjadi serta membantu proses metabolisme tubuh.


Cara penggunaan bisa Anda ikuti sbb:

  • Sediakan 8 gram koneng gede segar.
  • Rebus dalam air yang cukup bersuhu 90 derajat selama 15 menit.
  • Tuang air rebusan sembari disaring ke dalam gelas.
  • Minum ramuan tersebut 2 - 3 kali dalam sehari di sela jam makan.

4. Mengatasi radang sendi
Temulawak bersifat anti-inflamasi berkat kandungan kurkumin yang tertanam di dalamnya. Jumlah zat kimia tersebut setara dengan 100 mg fenilbutazon, yaitu zat yang biasa digunakan untuk mengurangi nyeri dan radang sendi.

Mekanismenya yaitu melalui penghambatan migrasi yang dilakukan sel-sel leukosit ke daerah radang atau melalui penghambatan pembentukan serta transportasi mediator radang yang bernama prostagladin. Berlangsungnya proses tersebut secara klinis ditemukan adanya perbaikan pada penderita radang sendi.

5. Menurunkan lemak dalam darah
Komponen yang diperkirakan mempunyai peran untuk menurunkan lemak dalam darah dari tanaman rimpang ini adalah kurkuminoid. Di samping itu para peneliti juga menemukan kemampuan dari ekstrak temulawak dan fraksi kurkuminoidnya dalam menurunkan kolesterol jahat, trigliserida dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

6. Memelihara kondisi kesehatan
Zat berupa kurkumin berguna sebagai antioksidan yang mempunyai kemampuan dalam menangkal radikal bebas oksigen seperti anion superoksid, serta menepis radikal hidroksil yang membantu memelihara kondisi kesehatan tubuh.

Anda bisa minum air rebusan ekstrak temulawak kering sehari 3 kali dengan takaran tiap minum sebanyak 250 - 500 mg.

7. Mengobati jerawat
Belum diketahui secara pasti bahwa temulawak berkontribusi dalam membunuh bakteri penyebab jerawat ataupun hal lain. Tetapi khasiatnya untuk mengobati jerawat telah banyak membantu sebagia orang.

READ MORE - Selengkapnya

BUAH MARKISA YANG BERMANFAAT BAGI KESEHATAN

http://tipspetani.blogspot.com/2015/10/pemeliharaan-tanaman-markisa.html
BUAH MARKISA YANG BERMANFAAT BAGI KESEHATAN
Sumber vitamin C. 
Buah markisa merupakan salah satu buah dengan kandungan vitamin C yang sangat baik. Mengkonsumsi buah markisa telah memenuhi sekitar 50 persen dari kebutuhan vitamin C harian anda. 

Sumber antioksidan. 
Buah markisa merupakan buah dengan tinggi kandungan antioksidan yang cukup ampuh melawan berbagai macam penyakit seperti kanker dan peradangan. 

Menjaga kesehatan pencernaan. 
Buah markisa bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam masalah pencernaan seperti sembelit. buah ini juga merupakan obat yang sangat baik untuk pengobatan hyperacidity, lambung dan ulkus duodenum. 

Kaya akan Beta karoten. 
Kandungan betkaroten dalam buah markisa dapat mendorong perkembangan tulang dan gigi, perbaikan jaringan tubuh, mengurangi risiko arthritis, penyakit Parkinson dan depresi. 

Kaya akan kandungan zat besi. 
Markisa merupakan salah satu makanan yang mengandung zat besi cukup tinggi. Dalam 1 cangkir buah markisa mengandung sekitar 4 mg zat besi. 

Mengandung folat. 
buah markisa diketahui merupakan salah satu dari makanan yang mengandung asam folat cukup baik, asam folat berfungsi untuk menjaga kesehatan mental dan otak, serta dapat mencegah terjadinya cacat pada bayi selama masa kehamilan sang ibu. Selain itu, asam folat juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan sirkulasi. 

Membantu menstabilkan berat badan. 
Buah markisa dapat membantu dalam menurunkan berat badan karena mengandung rendah kalori, sodium dan lemak. Walaupun rendah kalori dan juga lemak Buah markisa juga kaya akan karbohidrat dan gula alami yang dapat secara cepat meningkatkan stamina anda setelah lelah beraktifitas. 

Mengandung tinggi serat
Buah markisa sumber serat yang sangat baik. Dalam 100 g buah amrkisa mengandung 10,4 g atau 27 % serat . Serat sangat dibutuhkan untuk diet dan membantu menurunkan kolesterol dalam darah. Selain itu serat dalam buah markisa juga dapat membantu melindungi selaput lendir usus dengan cara mengurangi paparan zat-zat beracun di dalam usus besar serta mengikat bahan kimia yang merupakan penyebab terjadinya kanker di usus besar. 

Mengandung tinggi kalium.
Buah markisa sangat kaya akan kalium . Dalam 100 g buah markisa mengandung sekitar 348 mg kalium. Kalium merupakan komponen yang sangat penting untuk membantu mengatur detak jantung dan kestabilan tekanan darah. 

Baik bagi penderita asma. buah markisa nutrisi yang dapat meringankan serangan asma. Selain karena buah ini mengandung vitamin C, markisa juga memiliki efek memblokir histamin yang menyebabkan gejala penyakit asma.
READ MORE - Selengkapnya

JENIS MAKANAN UNTUK PENAMBAH DARAH

Daging kambing. 
Daging kambing merupakan makanan penambah darah yang umum kita ketahui bersama. Daging kambing mengandung sejumlah nutrisi penting seperti zat besi, protein dan juga mineral penting lainnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita 

Daging bebek. 
Senada dengan daging kambing bebek juga merupakan makanan penambah darah yang sudah sangat terkenal, bagi anda penderita anemia dan membutuhkan tambahaan darah cobalah makan daging bebek secara teratur. 

Sayur bayam. 
Bayam merupakan sumber zat besi yang cukup baik, zat besi sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan sel darah merah, jadi dengan anda mengkonsumsi makanan yang tinggi kandungan zat besi seperti bayam akan dapat menambah darah anda dengan cepat. 

Telur. 
makanan yang satu ini memang sudah terkenal sejak dulu memiliki banyak nutrisi penting yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, telur mengandung tinggi protein, kalsium, vitamin dan juga zat besi sehingga sangat baik untuk makanan yang dapat membantu menambah darah. 

Hati hewan. 
Hati merupakan makanan penambah darah paling efektif, hal tersebut dikarenakan hati memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi,mengkonsumsi hati secara cepat akan membantu anda memenuhi kebutuhan zat besi yang merupakan nutrisi penting penambah darah. 

Susu
Ada banyak manfaat yang akan kita dapatkan saat mengkonsumsi susu, susu adalah makanan super yang yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Mengkonsumsi susu secara rutin akan membantu anda untuk memperkecil resiko terkena anemia atau kekurangan darah. 

Coklat hitam. 
Manfaat Coklat khususnya yang berwarna hitam merupakan sumber antioksidan yang sangat kuat, bukan hanya antioksidan, coklat juga kaya akan kandungan zat besi. dalam 100 gram coklat memenuhi sekitar 35 % dari kebutuhan zat besi harian anda. 

Beras merah. 
Beras merah dianggap sebagai makanan yang sangat baik untuk kesehatan. Beras merah menagandung serat alami yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan, dan membantu membersihkan tubuh dari racun. Kandungan zat besi yang tinggi dalam beras merah juga sangat efektif untuk menambah darah. 

Kentang. 
Kentang merupakan salah satu pilihan terbaik sebagai makanan sumber zat besi untuk para vegetarian. Selain zat besi yang dapat menambah darah anda, kentang juga memiliki kandungan vitamin C yang akan lebih mudah bagi tubuh anda untuk menyerap zat besi yang dibutuhkan. 

Brokoli
Selain kaya akan kandungan protein nabati brokoli juga mengandung zat besi yang cukup ampuh untuk membantu anda menambah darah dengan cepat. Seperti halnya kentang brokoli juga memiliki kandungan vitamin C yang dapat menangkal radikal bebeas dan memperkuat sisitem imun anda. 

Kubis
Bagi para vegetarian tidak usah khawatir jika ingin memenuhi kebutuhan zat besi harian anda, ada banyak sayur yang bisa anda konsumsi sebagai makanan penambah darah yang baik dan bebas lemak seperti kubis. Makanan ini bisa anda sajikan dalam bentuk mentah sebagai lalapan atau juga bisa membuatnya sebagai sayur. 

Gandum. 
Gandum kaya akan kandungan serat yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan anda, gandum mengandung tinggi zat besi yang berfungsi untuk mengatasi anemia karena akan menambah darah anda dengan cepat. Selain itu gandum juga rendah gula sehingga baik dikonsumsi bagi para penderita diabetes. 

Kerang. 
Kerang sangat tinggi akan kandungan zat besinya. Tiga ons kerang yang sudahdimasak, atau sekitar sembilan kerang kecil, mengandung sekitar 24 miligram zat besi. Hal tersebut lah yang membuat kerang sangat efektif dijadikan sebagai makanan penambah darah. selian itu Kerang juga merupakan sumber yang baik dari fosfor, kalium, seng, tembaga, mangandan selenium. 

Buah strawberry. 
buah seperti strawberry mengandung zat besi yang sangat baik, walaupun mengkonsumsi buah yang satu ini tidak akan dengan cepat menambah darah, akan tetapi buah dan sayru dapat dijadikan sebagai makanan tambahan untuk membantu anda mendapatkan vitamin dan juga antioksidan. Buah selain dapat menambah darah juga lebih rendah lemak dan tinggi serat yang tentunya kombinsi tersebut menjadikan buah-buahan memliki kelebihan tersenidiri dibandingkan dengan daging dalam perannya menjadi makanan penambah darah. 

Kedelai
Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan zat besi pada kedelai rebus mencapai 58,22 ppm, sedangkan kedelai yang sudah difermentasi 1 hari sekitar 25,53 ppm dan tempe 62.84 ppm. Dengan jumlah tersbeut tentunya akan menempatkan kedelai sebagai makanan penambah darah yang cukup efektif. Baca juga 11 manfaat susu kedelai

Telur ikan
Walaupun telur ikan cukup sulit didapat dan harganya juga mahal untuk jenis telur ikan tertentu akan tetapi sangat sepadan dengan kandungan nutrisi yang dimilikinya. Dalam satu sendok makan telur ikan menyediakan sekitar 4 gram protein, dan 1 gram karbohidrat. Selain kedua nutiris tersbeut telur ikan juga mengandung salah satu mineral yang berfungsi untuk menambah darah yaitu zat besi. Seseorang yang kurang mendapatkan asupan zat besi yang cukup akan beresiko menderita anemia dengan gejala seperti pusing dan cepat lelah. 

Dada ayam. 
Bagi anda yang ingin menambah darah dengan cepat makanan yang bisa anda coba adalah dada ayam, kenapa harus dada ayam? Hal Ini dikarenakan kandungan gizi dalam dada ayam jauh lebih tinggi dibandingkan dengan bagian ayam yang lainnya. Bagian dada ayam juga mengandung asam lemak omega 3 dan 6 yang masing-masing sebesar 60 mg dan 500 mg.

Kismis
Kismis merupakan buah dengan kandungan zat besi yang cukup tinggi 1/2 gelas kismis mengandung sekitar 1,6 miligram zat besi ( 9 % DV ). Mengkonsumsi kismis secara rutin akan membantu anda mengatasi masalah kurang darah anda.

Kacang-kacangan. 
Jenis Kacang merupakan makanan penambah darah selanjutnya, makanan yang satu ini sangat cocok dijadikan camilan karena merupakan makanan ringan. Jenis kacang-kacangan juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang anda karena mengandung tinggi Vitamin D. 

Ikan Salmon. 
Salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk menambah darah adalah vitamin B12, Vitamin ini memiliki peran yang sangat penting di dalam tubuh kita. Vitamin B12 berfungsi untuk pembelahan sel, pembentukan sel darah, dan menjaga sistem saraf dan sel-sel sehat tubuh yang sehat. Vitamin B12 juga sangat diperlukan dalam proses pembentukan DNA.
READ MORE - Selengkapnya

Jenis Makanan Yang Mempunyai Protein Tinggi

Jenis Makanan Yang Mempunyai Protein Tinggi

Ayam tanpa kulit. 
Daging ayam kaya akan kandungan protein hewani, dalam 3 ons menyediakan 27 gram protein. Selain ayam Kalkun juga merupakan sumber protein yang sangat baik. Untuk penyajiannya usahakan tidak digoreng karena akan mengandung banyak lemak. Anda bisa membuatnya menjadi sup dengan ditambah sayur-sayuran segar. 

Telur. Protein dalam telur memiliki kualitas yang sangat tinggi karena asam amino esensial yang dimilikinya hampir ideal untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda. Satu telur berukuran besar mengandung sekitar 6.3 gram protein hewani, 3.6 gram protein dalam putih dan 2.7 gram protein dalam kuning telur. Bagi anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi sebaiknya memilih putih telur karena bebas lemak dan bebas kolesterol. Sedangkan Kuning telur mengandung lemak jenuh dan kolesterol oleh sebab itu mengkonsumsi telur terutama kuning telur tidak boleh berlebihan. Walapun kuning telur mengandung kolesterol tetapi juga menyediakan zat besi dan vitamin D yang sangat baik untuk tulang. 

Susu. Secangkir susu skim menyediakan 8 gram protein. Selain protein susu juga menyediakan kalsium yang cukup tinggi. kalsium merupakan jenis mineral penting untuk mempertahankan kepadatan tulang. And dapat menyajikan segelas susu untuk sarapan dengan ditambahkan keju rendah lemak dengan biji bunga matahari dan buah stroberi untuk camilan sehat yang tinggi protein. 

Ikan laut. Berbagai jenis Ikan menyediakan protein hewani yang berkualitas tinggi. Satu porsi 3 ons ikan tuna mengandung 22 gram protein, sedangkan ikan salmon mengandung 19 gram protein dalam 3 ons. Jenis Ikan laut umumnya mengandung asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan jantung, selain itu ikan memiliki kandungan lemak dan kolesterol lebih rendah jika dibandingkan dengan daging sapi ataupun daging kambing. 

Kepiting. Di dunia ada sekitar 5.000 spesies kepiting yang dikonsumsi oleh manusia. Kepiting memang terkenal memiliki kandungan protein yang cukup tinggi sehingga sangat baik dikonsumsi bagi anak yang dalam masa pertumbuhan. Kepiting merupakan makanan sumber vitamin dan mineral penting, rendah lemak dan memiliki sedikit kalori. Kepiting juga mengandung asam lemak esensial termasuk zat besi, seng, kalium, magnesium kalsium dan fosfor. Walaupun kepiting mengandung banyak nutrisi penting akan tetapi anda juga harus berhatai-hati dalam mengkonsumsi makanan yang satu ini karena mengandung kolesterol yang cukup tinggi. 

Belalang. Makanan yang satu ini bagi sebagian orang mungkin dianggap kurang lazim untuk dikonsumsi dan mungkin juga dihindari oleh beberapa orang, perlu anda ketahui bahwa belalang merupakan salah satu makanan sumber protein yang cukup tinggi. Seperti diungkapkan pakar ilmu gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Profesor Ahmad Sulaiman, belalang merupakan hewan yang memiliki beragam jenis kandungan nutrisi penting seperti protein, vitamin, asam lemak esensial dan mineral. Karena kandungan proteinnya yang tinggi itu pula lah yang membuat anda harus berhati-hati dalam mengkonsumsinya karena bagi sebagian orang yang alergi biasanya akan mengalami gatal-gatal. 

Tahu. Makanan yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita, tahu merupakan makanan khas indonesia yang hampir selalu ada di menu sehari-hari kita. Tahu merupakan salah satu makanan yang mengandung protein cukup baik per 4 ons tahu mengandung sekitar 10 gram protein. Harganya yang murah juga menjadikan tahu sebagai makanan alternatif pengganti protein hewani. 

Jamur. Makanan yang satu ini memang sudah mulai populer di masyarakat indonesia. Selain rasanya yang lezat jamur diketahui juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Jamur mengandung aneka mineral penting seperti besi, selenium, kalium, fosfor, riboflavin, asam pantotenat, tembaga, dan seng. Selain itu jamur juga rendah kalori sehingga sangat baik bagi anda yang ingin menurunkan berat badan. Anda dapat mengolahnya menjadi berbagai macam makanan seperti sup jamur atau tumis jamur. 

Ikan lele. Ikan yang satu ini merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang mengandung tinggi protein. Dalam satu porsi ikan lele, mengandung setidaknya 15,6 gram protein yang dapat memenuhi kebutuhan asam amino yang dibutuhkan tubuh Anda. 

Kacang almound. kacang almound menjadi penutup daftar makanan yang mengandung protein, kacang almound diketahui memiliki kandungan protein yang tidak kalah dari jenis makanan lainnya, dalam 100 gram kacang almound mengandung 22 gram protein. Selain itu almond juga mengandung lemak sehat yang baik untuk jantung.

Buah Apel dapat dikonsumsi baik dalam keadaan mentah ataupun dimasak. 2 buah apel berukuran sedang menagndung sekitar 0,60 gram protein. dan jika didiris menghasilkan 0,30 gram protein. 

Buah Manggis. Buah yang memiliki warna ungu ini mengandung 0,5 gram protein per 100 gram. 1 cangkir buah manggis mengandung sekitar 0,89 protein. 

Jeruk keprok. Jeruk keprok juga salah satu buah yang kaya akan kandungan proteinnya. 1 buah jeruk berukuran besar menagndung 1 gram protein. 

Buah pisang. Buah Pisang adalah salah satu buah yang memiliki manfaat yang cukup banyak untuk kesehatan. Buah pisang mengandung 4 gram protein per 100 gram. 

Blueberry . Blueberry selain mengandung protein tinggi juga kaya akan vitamin dan mineral.Blueberry tersedia dalam beberapa bentuk seperti kaleng, manis, tawar, mentah dan sirup. 1 mangkuk blueberry mengandung 1.10 gram protein. 

Buncis. Buncis dan kacang-kacangan merupakan salah satu makanan yang kaya akan kandugan protein dan dianggap sumber protein terbaik untuk vegetarian. Kacang-kacangan termasuk kacang polong, lentil dan kacang-kacangan seperti Pinto, garbanzo, putih, ginjal dan kacang kedelai, semuanya dikemas dengan protein. selain protein Kacang juga kaya akan kandungan sarat. 

Buah Jambu mengandung 3 gram protein. Selain protein buah jambu juga mengandung kalsiumdan jumlah tinggi vitamin C. 

Buah Alpukat. Buah yang satu ini salah satu makanan yang paling bergizi dan mengandung jumlah tinggi protein. Buah alpukat menyediakan 5 gram protein per 8 ons. 

Asparagus. Sayuran hijau ini sangat fleksibel dan dapat direbus, dipanggang, dikukus ataupun digoreng. Asparagus juga merupakan makanan yang padat nutrisi. Setengah cangkir asparagus mengandung 2 gram protein. 

Kembang kol. Mengandung 3gm protein per porsi. Kembang kol juga merupakan sumber yang baik dari vitamin K yang bermanfaat sebagai anti-inflamasi yang dalam tubuh. Selain itu Kembang kol juga kaya akan serat dan bermanfaat untuk saluran pencernaan. 

Buah kurma. Buah yang berasal dari daerah Arab ini adalah buah manis dan lezat yang kaya akan kandungan gula alami. Buah Kurma merupakan sumber yang sangat baik dari protein. dalam 100 gram buah kurma memberikan Anda 2,50 gram protein. 

Brokoli. Brokoli diketahui mengandung rendah lemak, tinggi protein dan mengandung nutrisi penting seperti Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C zat besi dan serat makanan. ½ cangkir brokoli memberikan sekitar 2 gram protein. 

Kecambah. Kecambah mengandung vitamin, mineral, serat dan protein. Kecambah juga mengandung beberapa senyawa organik yang memiliki sifat anti-kanker. 

Jagung manis. Per porsi jagung manis mengandung 3 mg protein. Jagung manis merupakan sumber antioksidan dan mengandung jumlah yang cukup Vitamin B kompleks seperti tiamin, niasin, folat, pantotenat dan asam.
READ MORE - Selengkapnya

JENIS MAKANAN DAPAT MENJADI PENYEBAB KEGUGURAN



JENIS MAKANAN DAPAT MENJADI PENYEBAB KEGUGURAN

Kepiting.
 kepiting sebenarnya memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, kepiting juga mengandung kalsium yang membantu menguatkan tulang dan gigi, kepiting juga merupakan salah satu makanan favorit banyak wanita hamil ketika musim panas tiba. walaupun kepiting mengadung banyak nutrisi ada baiknya saat anda hamil harus berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan yang satu ini, setidaknya anda harus menghindari makan kepiting untuk 3 bulan pertama saat masa kehamilan. Hal tersebut dikarenakan kepiting dapat menyebabkan rahim menyusut, yang menyebabkan pendarahan genital atau bahkan keguguran. 

Buah delima. 
Sesekali mengkonsumsi satu gelas jus buah delima mungkin tidak akan menyebabkan keguguran. Namun, mengkonsumsi buah ini secara berlebihan dapat memicu kontraksi pada rahim, yang berpotensi menyebabkan keguguran. Yang paling berbahaya dari buah delima sebenarnya adalah bijinya. Jadi saat hamil usahakan untuk tidak menelan biji delima dan konsumsilah buah ini hanya dalam jumlah sedang saja. 

Ikan.
 Ikan merupakan makanan yang mengandung tinggi protein dan vitamin tetapi sebaiknya anda menghindari ikan saat masa kehamilan terutama ikan kaleng karena mengandung bahan pengawet seperti garam dan bahan kimia yang dapat meningkatkan tekanan darah wanita hamil dan juga menyebabkan retensi air. Selain itu Hindari juga ikan yang yang sudah tercemar dari sungai, danau ataupun dari laut. 

Pepaya muda.
 Buah Pepaya muda sangat berbahaya untuk mengembangkan embrio, karena senyawanya memicu kontraksi rahim yang kuat sehingga dapat memicu keguguran pada wanita hamil. Sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan yang melibatkan tikus telah menemukan bahwa sejumlah besar pepaya dapat meningkatkan risiko keguguran, akan tetapi masih belum ditemukan apakah pepaya matang juga memiliki efek yang buruk juga untuk wanita hamil. 

Nanas.
 Makanan yang harus anda waspadai saat masa kehamilan yang berikutnya adalah nanas, buah yang satu ini mengandung enzim protease bromelain yang secara kimiawi mirip dengan papain yang terdapat dalam buah pepaya . Karena itu, buah nanas juga kemungkinan memiliki efek yang sama dengan pepaya. Saat anda dalam masa kehamilan usahakan untuk tidak makan buah nanas dalam jumlah yang berlebihan, terutama pada tahap awal kehamilan. The National Institutes of Health eksplisit juga menganjurkan wanita hamil untuk menghindari suplemen yang mengandung enzim nanas. 

Daging dan telur.
 Hati-hati saat makan daging atau telur dalam keadaan mentah atau setengah matang pada masa kehamilan karena akan memicu keguguran. Tapi itu juga bukan berarti anda boleh mengkonsumsinya secara berlebihan dalam keadaan matang, Mengkonsusmi jumlah yang besar makanan seperti daging dan telur mungkin dapat menyebabkan keguguran. 

Keju
Selain daging dan telur makanan yang harus dihindari pada masa kehamilan adalah keju lembut terutama yang dibuat dengan susu yang tidak dipasteurisasi dapat berbahaya selama kehamilan dan dapat mengakibatkan keguguran. Jadi saat masa kehamilan ada baiknya anda menghindari juga berbagai macam makanan yang terbuat dari keju. 

Kura-kura. 
Seperti halnya kepiting kura-kura juga disinyalir dapat mengakibatkan keguguran.Sebenarnya kura-kura memiliki manfaat juga untuk kesehatan diantaranya baik untuk ginjal, mampu mengangkat tumor, dan membersihkan pembuluh darah. tapi bagi anda yang dalam masa kehamilan usahakan untuk tidak mengkonsumsi hewan yang satu ini karena kura-kura diketahui dapat menyebabkan keguguran bahkan memiliki resiko yang lebih tinggi dibandingkan dengan daging. 

Kelengkeng
Buah yang satu ini memiliki rasa yang lezat dan bau yang harum. Namun, kelengkeng adalah salah satu makanan yang tidak diperbolehkan dikonsumsi untuk wanita hamil.Hal tersebut dikarena saat hamil, wanita sering merasa panas dari dalam dan sembelit. Makan banyak kelengkeng akan mengakibatkan perasaan panas, nyeri perut bagian bawah, atau bahkan merusak janin, yang menyebabkan keguguran. 

Hati hewan.
 Hati hewan dapat membahayakan ibu hamil karena saat hewan tersebut memiliki racun di dalam tubuhnya. Selain itu, hati juga memiliki kandungan kolesterol dan vitamin A. Ibu hamil juga disarankan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A secara berlebihan karena dapat memicu keguguran.
READ MORE - Selengkapnya

BERBAGAI MANFAAT KUNYIT

Menurut Journal of American Chemical Society, kunyit mengandung berbagai macam antioksidan, antivirus, antibakteri, antijamur, antikarsinogenik, antimutagenik dan anti-inflamasi. Kunyit juga mengandung beberapa nutrisi seperti, sarat protein, serat, niasin, vitamin C, Vitamin E, Vitamin K, natrium, kalium, kalsium, tembaga, besi, magnesium dan seng. Karena kandungan nutrisinya tersebut, yang membuat kunyit memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan sering digunakan untuk pengobtana dari berbagai macam penyakit.

Berikut daftar khasiat dan manfaat kunyit untuk kesehatan
Antioksidan. Bahan aktif yang terdapat dalam kunyit adalah curcumin, yang dikenal sebagai antioksidan yang sangat kuat . 

Menjaga Kesehatan Jantung. Kunyit mampu mengurangi risiko pembekuan darah dan mencegah dari penumpukan plak di arteri, yang membantu dalam melawan stroke dan masalah pembekuan terkait lainnya. Penelitian telah menunjukkan bahwa kunyit bermanfaat untuk mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik , yang keduanya berperan dalam menjaga kesehatan jantung. 

Memperlambat proses Alzheimer ( penyakit menurunnya daya ingat ). Para peneliti mempelajari efek kurkumin yang terdapat dalam kunyit memiliki manfaat untuk memperlambat proses alzheimer. Orang-orang di India yang berusia 70 tahun lebih, memiliki tingkat lebih rendah untuk mengidap penyakit Alzheimer dibandingakan dengan orang yang berusia sama di Amerika Serikat. Banyak yang mengagnggap hal tersebut dikarenakan tingginya asupan kari India, yang dibuat dengan kunyit. 

Menjaga kesehatan hati. Manfaat sehat dari kunyit sangat banyak, bahkan dalam sebuah penelitian pada tahun 2007 pada tikus, telah menemukan bahwa kurkumin pada kunyit mampu melindungi dari kerusakan hati. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kunyit dapat membantu menekan produksi protein tertentu yang dapat mencegah peradangan. 

Mencegah Diabetes. Penelitian pada tikus telah menunjukkan bahwa kunyit dapat membantu menjaga kestabilan gula darah serta mengurangi risiko diabetes tipe 2. Dalam studi yang dilakukan pada tahun 2008 lalu, para ilmuwan juga menemukan bahwa kunyit dapat membantu peradangan yang berkaitan dengan obesitas. 

Mencegah kolesterol. kolesterol merupakan salah satu penyebab timbulnya berbagai macam masalah kesehatan, akan tetapi taukah anda bahwa kunyit memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol ? Penelitian telah membuktikan bahwa menggunakan kunyit sebagai bumbu dalam makanan dapat menurunkan kadar kolesterol. 

Memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kunyit mengandung lipopolisakarida, yang ber-manfaat untuk merangsang sistem kekebalan tubuh. Yang berfungsi sebagai antibakteri, antivirus dan antijamur yang juga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Lemahnya sistem kekebalan tubuh dapat memicu berbagai masalah kesehatan seperti pilek, flu dan batuk. Jika anda mengalami flu dan batuk anda bisa menggunkan kunyit sebagai obat tradisional, dengan cara mencampur satu sendok teh bubuk kunyit dengan segelas susu hangat. 

Membantu penyembuhan luka. Kunyit merupakan salah satu antiseptik dan antibakteri alami yang dapat membantu penyembuhan luka. Jika Anda mengalami luka bakar, anda dapat menggunakan kunyit dengan cara menaburkan kunyit pada daerah yang terkena luka bakar untuk mempercepat proses penyembuhan. Selain itu Kunyit juga bermanfaat dalam membantu memperbaiki kerusakan yang terjadi pada kulit. 

Menstabilkan berat badan. Bubuk kunyit memiliki manfaat untuk membantu dalam menjagakestabilan berat badan. Sebuah zat yang terdapat dalam kunyit dapat membantu meningkatkanaliran empedu, zat tersebut juga ber-manfaat dalam pemecahan lemak makanan. Bagi yang ingin menurunkan berat badan atau mencegah obesitas bisa menggunakan satu sendok teh bubukkunyit pada makanan. 

Sebagai antibiotik alami. Kunyit merupakan antibiotik dan antiseptik alami yang secara historis telah digunakan sebagai salep herbal untuk mengobati segala macam luka kecil, goresan, atau penyakit kulit lainnya. Minyak esensial dari Kunyit merupakan antibiotik topikal yang sangat kuatyang dapat membantu mencegah infeksi dan sepsis pada luka. Selain itu penyakit kulit seperti jerawat, psoriasis, dan eksim juga bisa diobati dengan ramuan kunyit. kunyit juga bermanfaat untuk membantu menghentikan rasa sakit dan bengkak yang diakibatkan oleh luka serta membantu penyembuhan jaringan kulit yang rusak.
READ MORE - Selengkapnya

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails