Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

PAPARAN SINAR MATAHARI SIANG PEMICU PENUAAN DINI

PAPARAN SINAR MATAHARI SIANG PEMICU PENUAAN DINI

Sinar matahari yang dimaksud di sini adalah sinar matahari di siang hari, karena sinar matahari di waktu pagi memiliki sifat positif bagi kulit. Kebanyakan orang sering beraktivitas di luar ruangan sehingga mengurangi paparan dari sinar matahari bagi perempuan sesering mungkin dapat menjaga kecantikan kulit Anda.

Hal ini didasarkan pada penelitian yang dipublikasiakn di vivanews, paparan sinar matahari berlebihan merupakan salah satu penyebab terbesar yang membuat kesegaran kulit memudar. Menurut Dermatolog New York, dr Diane Berson, ini merupakan efek kumulatif yang singkat di mana kulit sering tidak dilindungi saat kita menghabiskan waktu di bawah sinar matahari sehingga memicu terjadinya penuaan dini pada kulit.

Pengaruh paparan sinar matahari terhadap kulit akan bertambah parah apabila dipengaruhi faktor genetika dan penurunan kadar hormon. Namun, ada perbedaan mendasar antara penuaan dini akibat sinar matahari dan faktor genetika serta hormon. Dr Berson menggambarkan perbedaan itu dengan dua area tubuh yang intim. Ia menyuruh kita untuk mebandingkan kulit dada dengan kulit di bagian payudara pada wanita. Dada terlihat kasar, berbintik-bintik dan bertekstur seperti kulit orang yang sudah berusia lanjut.

Namun, kata Berson, akibat paparan matahari, payudara yang biasanya lembut dan lentur akan kehilangan elastisitas. Penuaan juga bisa dilihat antara punggung atas dan daerah bokong. Matahari, lingkungan, polusi, ini semua dapat menyebabkan fungsi hormon terhambat dan bahkan dapat memiliki efek yang signifikan. Sehingga paparan radiasi matahari yang berlebih pada jam 9 pagi sampai jam 4 sore merupakan waktu yang buruk bagi kulit. Kalau ingin sehat dan berpangaruh positif maka sebaiknya nikmatilah sinar matahari pada jam sebelum 9 pagi dan sesudah jam 4 sore.

Sebagaimana kita ketahui, sinar matahari dibagi menjadi 2 yaitu sinar UV-A dan sinar UV-B. Sinar UV-A merupakan sinar matahari yang mempunyai panjang gelombang 315-400 nm dimana paling banyak mencapai bumi dengan perbandingan 100 kali UV-B. Segmen sinar ini masuk ke dalam dermis, menyebabkan kerusakan jaringan dermis sehingga proses penuaan menjadi dipercepat. Hal ini menyebabkan reaksi fotosensitivitas dan bersama UV-B berperan dalam proses keganasan kulit.

Sedangkan sinar UV-B merupakan sinar matahari yang mempunyai panjang gelombang antara 290-315 nm. Sinar ini merupakan sinar terkuat yang mencapai bumi. Kerusakan kulit yang ditimbulkan berada di bagian bawah epidermis berupa luka bakar (sunburn), kelainan pra-kanker dan keganasan. Jadi baik sinar UV-A maupun UV-B sama-sama memiliki dampak negatif bagi kulit manusia jika terpapar dalam waktu yang relatif lama. Apalagi jika sudah menjadi kebiasaan tanpa ditangkal dengan makanan-makanan antioksidan. Sebab dengan makanan-makanan anti oksidan, semua itu bisa ditangkal atau dilawan.
READ MORE - Selengkapnya

MANFAAT AIR PUTIH BAGI KECANTIKAN WAJAH

MANFAAT AIR PUTIH BAGI KECANTIKAN WAJAH

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa manfaat mengonsumsi air putih yang cukup bagi perawatan kecantikan alami.


Melembabkan kulit
Minum air putih sesuai dengan kebutuhan tubuh dapat mencegah terjadinya dehidrasi, sehingga mencegah terjadinya kulit kering dan menjaga kulit halus dan lembut. Hal ini merupakan salah satu syarat agar Anda terlihat cantik berseri sepanjang hari dengan terhindar dari kulit kering.


Mencegah keriput
Minum air putih yang cukup dapat membuat kulit bebas dari kerutan dengan cara mempertahankan elastisitas kulit. Kerutan kulit merupakan salah satu gangguan utama bagi kecantikan yang bisa dihilangkan dengan langkah praktis setiap hari: mengonsumsi air putih.


Mencegah penuaan dini
Air putih merupakan obat terbaik untuk menjaga kecantikan wajah agar tetap awet muda. Selain dapat melembabkan kulit dan mencegah keriput. Air putih juga dapat menjaga kulit agar tetap cantik dan bersinar.


Mengurangi jerawat
Air juga dapat membantu mengurangi jerawat di wajah. Cara praktisnya adalah dengan merendam kain di dalam air hangat kemudian digunakan untuk mengompres wajah. Kebiasaan ini akan membantu membuka pori-pori kulit dan dapat menghilangkan kotoran penyumbat pori-pori kulit yang dapat mengakibatkan timbulnya jerawat.


Membuat bibir indah
Bibir indah merupakan salah satu yang dapat memberikan kecantikan bagi Anda. Minum air putih dapat bermanfaat untuk menjaga bibir tetap indah dan lembut di mana air putih merupakan pelembab alami untuk bibir.


Terapi Kulit
Air putih berkhasiat untuk detoksifikasi dan mengencangkan kulit sehingga kecantikan wajah tetap terjaga secara alami. Caranya dengan mengompres wajah dengan air hangat dan air dingin secara bergantian.

READ MORE - Selengkapnya

CARA MENGETAHUI JENIS KULIT

CARA MENGETAHUI JENIS KULIT
Kenalilah terlebih dahulu jenis kulit wajah Anda sebelum melakukan perawatan. Sebab jika kita salah mengenali jenis kulit wajah bisa berakibat buruk bahkan kerusakan wajah karena salah memilih perawatan yang cocok untuk jenis kulit wajah. Dengan mengenali jenis kulit dan kondisi kulit wajah Anda adalah suatu langkah awal untuk dapat memilih perawatan dan produk kecantikan yang tepat untuk wajah Anda. Sehingga Anda dapat berhati-hati untuk memakai perawatan yang banyak di pasaran. Apalagi hal-hal yang tidak cocok dengan jenis kulit wajah Anda.

Mengetahui jenis kulit wajah adalah dasar untuk merawat kulit wajah Anda. Berikut adalah tabel yang bisa Anda jadikan acuan untuk mengetahui jenis kulit wajah Anda. Jika Anda belum puas, lebih baik untuk berkonsultasi dengan ahli kulit agar mengetahui produk yang terbaik sesuai kondisi kulit Anda.

Jenis Kulit/Masalah Kulit
Kering
Normal
Kombinasi
Berminyak
Kering vs Berminyak
Sangat kering di seluruh wajah
T-zone berminyak tapi pipi kering
T-zoner berminyak tapi pipi nyaman
Berminyak di seluruh wajah
Seberapa sering berjerawat
Jarang, 1-2 kali setahun
Kadang-kadang
Sering
Hampir setiap saat
Ukuran pori-pori
Sangat halus, hampir tidak terlihat
Kecil
Sedang
Besar
Garis senyum
Hampir di seluruh wajah
Di area mata dan bibir
Di area mata
Sedikit di area mata


Berikut ini merupakan keterangan yang lebih lengkapnya.


1). Kulit Normal
Jenis kulit ini merupakan jenis kulit yang paling diinginkan dan diimpi-impikan setiap orang. Bagaimana tandanya?. Jika ingin melihat apakah kulit Anda termasuk jenis kulit wajah yang normal atau tidak, Anda dapat mengetahui dari tanda-tandanya. Kulit normal ditandai dengan permukaan yang kulit lembut, sintal dan dengan ukuran pori-pori kecil. Jenis kulit normal biasanya memiliki elastisitas yang bagus, lembut dan padat saat disentuh. Selain itu, jika dilihat secara faktual, kulit wajah tampak halus, bercahaya dan tidak kusam dan berminyak meskipun tidak menggunakan kosmetik.


2). Kulit Berminyak
Kulit berminyak biasanya terjadi pada kebanyakan remaja yang melalui masa pubertas. Hal ini terjadi karena perubahan hormonal sehingga produktivitas minyak sangat tinggi. Bagaimana mengidentifikasi apakah kulit kita berminyak atau tidak?. Hal ini dapat dilihat dari tanda-tandanya. Biasanya tandanya adalah kulit terlihat berkilat dan berlapis tebal, dengan pori-pori yang besar dan terlihat jelas. Selain itu, secara faktual dapat dilihat ketika dalam keadaan tertentu wajah tiba-tiba mengeluarkan minyak atau ketika diusap pakai tangan terasa licin berminyak. Jenis kulit ini juga riskan menimbulkan jerawat. Sebab sewaktu minyak keluar dengan berlebih, akan lebih mudah timbul jerawat, blackheads, whiteheads dan yang lainnya.


3). Kulit Kering
Jika kulit Anda terasa mengeripik atau terasa ketat di wajah, Anda kemungkinan besar memiliki jenis kulit kering. Akan tetapi, jika biasanya kulit Anda normal, perubahan jadi kering ini dapat disebabkan karena kurang minum air, musim panas, udara dingin atau hal-hal yang berhubungan dengan faktor lingkungan. Berganti sabun juga dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kering. Sebab sabun secara umum lebih mudah membuat kulit menjadi kering.


Selain itu, penggunaan pelembab tertentu yang tidak cocok dengan kulit dan suasana lingkungan Anda juga dapat menyebabkan reaksi alergi dan memberikan pengaruh berbeda pada kulit. Maka jika Anda mengalami masalah seperti itu, sudah dapat dipastikan bahwa jenis kulit Anda merupakan kulit kering. Nah, untuk mengatasinya Anda dapat mengganti sabun dan pelembab Anda atau tidak berada pada suatu kondisi lingkungan yang dapat membuat kulit wajah menjadi kering.


4). Kulit Sensitif
Menandai kulit sensitif sangatlah mudah. Biasanya seseorang dengan kulit sensitif pasti mengalami banyak masalah dengan faktor lingkungan dari pada orang lainnya. Tandanya ialah, kulit akan lebih mudah terbakar bila terkena sinar matahari terlalu lama, sensitif dengan kosmetik dan mungkin juga terasa terbakar atau pedih saat terkena angin, dan pergantian musim yang ekstrem. Yang jelas kulit wajah Anda dapat berubah seketika jika terjadi faktor-faktor eksternal seperti di atas.


5). Kulit Kombinasi
Kulit kombinasi biasanya terletak pada bagian yang berbeda. Satu bagian berminyak, bagian lain kering. Hal ini disebut dengan istilah 'T-zone' di mana mengacu pada jenis kulit kombinasi baik itu terletak di bagian dahi, hidung dan dagu yang berminyak. Sedang pada bagian pipi dan area sekitar mata merupakan bagian yang biasanya kering. Jika jenis kulit wajah Anda mengalami tanda atau gejala yang demikian maka sudah dapat dipastikan bahwa kulit wajah Anda termasuk ke dalam jenis kulit kombinasi.

Dari semua yang dikemukakan di atas, maka Anda dapat menilai apa jenis kulit Anda jika melihat dari tanda-tanda yang telah disebutkan.
READ MORE - Selengkapnya

CARA ATASI MASALAH PADA JENIS KULIT

CARA ATASI MASALAH PADA JENIS KULIT

Atasi Masalah Pada Jenis Kulit Anda

  • Jika anda mempunyai jenis kulit yang kering, sebaiknya gunakan pelembab pada wajah setiap hari. Untuk waktu yang sangat bagus saat hendak memakai pelembab adalah ketika hendak beranjak tidur atau malam hari. Karena biasanya pada waktu itu, metabolisme kulit sedang bagus

  • Bila anda mempunyai jenis kulit yang lembab dan sering sekali berminyak, cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan cara membersihkan wajah secara teratur. Pagi hari dan sebelum beranjak tidur adalah waktu terbaik untuk mendapatkan hasil yang maksimal

  • Lalu bagaimana cara mengatasi jenis kulit wajah yang campuran alias lembab yang berkelebihan? Langkah terbaik untuk mengatasinya adalah dengan cara lebih teliti lagi sebelum mengatasinya. Karena pada masalah kulit ini tidak bisa semmbarangan mengambil jalan, karena memiliki komposisi yang berbeda dengan masalah jenis kulit lain.
  • Untuk mengatasi jenis kulit wajah yang sensitive sebaiknya gunakan kosmetik / produk yang di sarankan oleh dokter, atau anda juga bisa melakukanya sendiri dengan cara mengoleskan kosmetik di area sensitive seperti di bagian bawah pipi. Jika muncul bintik-bintik merah atau jerawat berarti anda mempunyai jenis kulit yang sangat sensitive. Jadi harus sedikit hati-hati untuk memilih kosmetik.
READ MORE - Selengkapnya

RAHASIA DIET PARA ARTIS KOREA

http://mypotik.blogspot.com/2015/11/rahasia-diet-para-artis-korea.html
RAHASIA DIET PARA ARTIS KOREA

Enzim Diet
Semenjak kesehatan menjadi salah satu julukan dari Korea, diet kontan saja menjadi sesuatu yang banyak dibicarakan bagi masyarakat yang sangat peduli pada kesehatan mereka. Sekarang, diet tidak hanya dilakukan untuk menjadi langsing, namun juga dilakukan untuk mendetoksifikasi tubuh.


Dengan enzim diet, yang didasari atas ide bagaimana enzim bekerja terhadap tubuh manusia. Hal ini lah yang melatari pembentukan B&F Enzyme House, milik Park Po (50 tahun), yang mengatakan bahwa metode diet ini pertama ditemukan sekitar 2 tahun lalu.


Menurut Park, produk enzim dan makanan kaya enzim yang banyak dihasilkan dari makanan yang difermentasi, diipercaya dapat menurunkan berat badan dengan memperbaiki metabolisme tubuh dan membantu kita untuk memberikan nutrisi yang lebih baik untuk tubuh.


Meskipun makanan menjadi metode diet yang paling banyak digembar-gemborkan (silahkan cari info-nya di internet, makanan apa saja yang merupakan produk enzim atau makanan yg menyandung enzim yg banyak), mandi enzim, juga populer di Jepang semenjak tahun 1960-an, hal ini menjadi populer karena dipercaya dapat menurunkan berat badan.


Bagaimana sistem kerjanya? Yaitu dengan mengubur seluruh tubuh (kecuali kepala) ke dalam sekam panas yang telah difermentasikan sekitar 15 menit, atau hingga berkeringat. Menurut Park, yang memperkenalkan perawatan mandi enzim ini sebagai program spa diet yang disediakan oleh perusahaannya, hal ini dapat membantu untuk menurunkan kadar lemak dalam tubuh dengan meningkatkan aktivitas enzim didalam tubuh manusia.


Ia mengatakan bahwa mandi enzim selama 15 menit ini menghasilkan keringat yang sama dengan olahraga karbo selama 2 jam –- benar-benar prospek diet yang menggairahkan bagi orang-orang yang tidak suka melakukan treadmill.


Olahraga Tinju
Ketika aktris Lee Si Young menjadi pembicaraan setelah memenangkan kompetisi tinju amatir di tahun ini, banyak diantara para wanita Korea yang terinspirasi untuk melakukan olehraga tinju juga sebagai strateginya untuk mendapatkan tubuh yang langsing.


“Saat ini para wanita mengambil kelas olahraga tinju sebagai bagian dari cara mereka berdiet,” ujar salah seorang pemilik tempat fitness dan personal training bernama A-Team, Kim Ji Hoon (33 tahun).


Kim sendiri adalah seorang pelatih personal dari beberapa selebritis terkenal dan juga mantan atlet tinju, yang kemudian membuka sebuah kelas olahraga tinju di seluruh cabang tempat fitness miliknya. Ia mengatakan bahwa olahraga adalah cara terbaik untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, tapi ia juga mengingatkan bahwa ada batasan untuk hal ini. Meskipun olahraga ini memang terbukti dapat membantu untuk mengurangi berat badan dan membentuk tubuh ideal anda, namun tinju tidak selalu berhasil untuk membentuk setiap bagian dari tubuh anda, yang mana diinginkan oleh kebanyakan para wanita Korea setelahnya.


Namun, dengan mendaratkan beberapa pukulan mungkin akan mengurangi stress anda bukan?


Design Tubuh
Ada kalanya diet menjadi hanya sebatas mencapai skala dan menjadikan tubuh anda agar sesuai standar tertulisnya saja. Namun kini tidak lagi, karena sekarang dalam melakukan diet anda seharusnya juga berkonsutasi dengan ahli gizi, ujar PR asisten manager Juvis, Yu Hyun Ju (30 tahun).


“Saat ini, orang-orang sangat terobsesi untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal dan indah. Sehingga mereka lebih memikirkan cara bagaimana untuk menurunkan berat badan mereka,” ujar Yu.


Semenjak salah seorang personel girl group, After School Uee dikenal dengan bentuk kakinya yang langsing dan jenjang dan selebritis pria seperti aktor “The Slave Hunters” Jang Hyuk dikenal dengan memiliki otot perut yang bagus yang terkenal dengan sebutan “chocolate abs”, menurunkan berat badan hanya menjadi sentuhan kecil dalam men-diet-kan ‘bongkahan es’.


Sekarang Seoulites (bahasa kerennya untuk masyarakat Korea) ingin program diet mereka dapat disesuaikan untuk mendapatkan abs yang seperti selebriti, kaki, pinggul dan bokong yang diinginkan.


Juvis, yang memiliki 21 outlet di Korea, merespon dengan mengenalkan program diet yang dibuat menurut pesanan di tahun 2009.


Area mana yang paling difokuskan klien?
“Tubuh bagian bawah,” kata pimpinan outlet Yeouido, Cho Yoon Kyun, 38 tahun. CEO A-Team Kim beserta timnya juga membantu klien mereka, termasuk member anggota girl group K-pop, Girls’ Generation dalam “mendesain” tubuh mereka.
Kim sampai memanggil pelatih privat “desainer tubuh” dan yakin kalau pelatih harus selaras dengan apa yang sedang hot di dunia fashion untuk mencari tahu bentuk tubuh apa yang sedang digemari.


Makanan Diet dengan Merk Selebritis
Setelah tersiar kabar bahwa makan dada ayam merupakan cara baik untuk kurus dan mengencangkan bokong, selebriti mulai menjual merek dada ayam sendiri. A-Team, merek diet/latihan privat yang dipimpin oleh pelatih selebriti, Kim Ji Hoon, mengeluarkan program diet 3 makanan untuk anggotanya tahun ini bekerja sama dengan layanan catering dan stylistmakanan Mom’s Waiting.


Pimpinan manager A-Team, Sim Jae Woo, 44 tahun, mengatakan bahwa mereknya berencana mengeluarkan toko berbeda yang akan mengantar makanan diet atau mengambil sendiri pesanannya.


Koyo Pelangsing
Gel dan krim pelangsing sudah ada lama sekali, namun koyo pelangsing — merek Korea Etude mengeluarkan versinya sendiri tahun lalu — adalah mode yang baru. Menambahkan merek mereka ke dalam barisan produk diet yang dapat dipakai tubuh, merek Italia Wildroses juga mengeluarkan satu set celana diet tahun 2010 yang ditujukan untuk menghilangkan selulit.


“Kurasa ini benar-benar berhasil karena ada terasa sedikit sensasi terbakarnya” ujar Lee Nayon, 24 tahun, seorang trainee selebriti yang suka menggunakan koyo selulit dan pelangsing. “Dan ini hebat karena kau tak melakukan apapun namun kau merasa produktif berdiet. Psikologi itu penting.”
Source : CNNGo- http://cantikjelitaku.blogspot.co.id/
READ MORE - Selengkapnya

EFEK BURUK SABUN BADAN JIKA DIGUNAKAN PADA WAJAH

EFEK BURUK SABUN BADAN JIKA DIGUNAKAN PADA WAJAH


Meskipun sabun wajah dengan sabun badan pada dasarnya berbahan sama, namun dari signifitasnya berbeda. Untuk itu sebaiknya tidak menggunakutan sabun  badan untuk wajah karena menimbulkan efek buruk.

Sabun wajah mengandung surfaktan untuk kulit yang lebih ringan dan lebih lembut daripada surfaktan pada sabun badan. Sabun mandi yang banyak di pasaran yang kita sebut sebagai sabun, sebenarnya adalah detergent, yaitu bahan yang digugunakan adalah Sodium Lauryl Sulfate (SLS). SLS itu berfungsi sebagai surfactant (surface active agent) atau agen pembersih. Karena bersifat pembersih, maka lemak-lemak yang berfungsi untuk melindungi kulit juga ikut larut, sehingga kulit menjadi kering dan akan mengakibatkan iritasi. Bahaya iritasi pada kulit wajah menjadi ancaman menakutkan bagi kaum perempuan.

Sabun mandi komersial pada umumnya mengandungi banyak bahan-bahan kimia seperti kandungan petroleum, synthetic chemical, dan petrochemical (chemicals harmful) yang dapat merusak kulit dan dapat bersifat karsinogenik (pemicu kanker). Sedangkan, sabun untuk muka mengandung berbagai macam minyak yang terbuat dari lemak hewan. Seperti pada sabun untuk kesehatan terdapat TCC (trichloro carbanilide) Hypo-allergenic blend untuk membersihkan lemak dan jerawat.

Oleh karenanya, Anda harus berhati-hati ketika mandi karena jangan sampai sabun badan digunakan untuk sabun wajah. Hal ini karena tingkat keasaman yang dihasilkan oleh sabun berbeda-beda sesuai dengan penggunaannya di bagian-bagian tubuh Anda. Yang membedakan sabun wajah dan sabun tubuh adalah kadar keasamannya, karena pH di kulit wajah dan kulit tubuh kita pun tidak sama. Kulit wajah memiliki pH 4,0-5,5 (sedikit lebih rendah daripada pH kulit tubuh).

Jika Anda sering menggunakan sabun mandi sebagai pembersih wajah, maka dapat membuat kulit wajah Anda menjadi kering, kusam bahkan iritasi. Sehingga membuat wajah terlihat kurang menarik. Pada prinsipnya membersihkan kulit dengan sabun adalah menghilangkan residu, kotoran atau minyak sehingga harus dilakukan dengan rutin dan dengan sabun yang memang sesuai, terutama pada wajah.


Jadi gunakanlah sabun khusus untuk wajah Anda agar tetap terjaga kecantikan wajahnya. Sabun khusus wajah ini sudah banyak kita jumpai di pasaran
READ MORE - Selengkapnya

CARA AMPUH BERSIHKAN PARU-PARU DARI ASAP ROKOK

CARA AMPUH BERSIHKAN PARU-PARU DARI ASAP ROKOK

Bagi Anda perokok aktif maupun perokok pasif, Anda dapat mencoba berbagai macam cara membersihkan paru-paru dari asap rokok berikut ini.


Cara ampuh membersihkan paru-paru dari asap rokok

Mengonsumsi antioksidan

Cara membersihkan asap rokok yang pertama adalah dengan mengonsumsi antoksidan. Sebuah penelitian menyatakan bahwa seseorang yang mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan contohnya buah apel lebih dari 5 buah dalam seminggu akan membuat kinerja paru-paru lebih baik dibandingkan seseorang yang tidak pernah mengonsumsi buah tersebut. Selain apel, Anda juga dapat memanfaatkan sayuran seperti kol, brokoli dan juga tauge. Kandungan antioksidan isothiocyanate pada sayuran tersebut sudah terbukti dapat menurunkan resiko seseorang terkena kanker paru-paru.

Jeruk nipis


Selain bermanfaar untuk kecantikan, air perasan jeruk nipis memiliki manfaat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh salah satunya yaitu untuk membersihkan zar kimia yang terkandung dalam rokok. Setelah dianalisis dengan menggunakanalat GC-MS, air perasan jeruk nipis yang Anda konsumsi dapat menurunkan zat kimia seperti nikotin hingga 70,65%. Tak hanya dapat menghilangkan zat kimia dalam tubuh, air jeruk nipis juga dapat membantu Anda untuk menghilangkan kecanduan rokok.

Mengonsumsi kedelai

Cara yang selanjutnya adalah dengan cara mengonsumsi kedelai. Menurut studi yang dilakukan oleh tim yang berasal dari Jepang yang meneliti lebih dari 300 pasien sesak napas dan 340 orang sehat dan normal menyatakan bahwa seseorang yang rutin mengonsumsi produk kedelai mampu menstabilkan kinerja paru-paru dan juga menurunkan resiko sesak napas pada pasien. Hal ini dikarenakan kedelai kaya akan flavonoid yang berperan sebagai anti-peradangan. Sehingga hal ini dapat melindungi paru-paru dari tembakau yang dapat menyebabkan kanker.

Minum air putih

Selain untuk melancarkan proses metabolisme tubuh, meningkatkan sistem imun tubuh dan juga menjaga tubuh agar tetap terhidrasi, air putih juga bermanfaat untuk mengeluarkan racun yang dihasilkan oleh rokok. Setiap orang disarankan minum air putih yaitu 8 gelas atau 2 liter dalam sehari. Dengan rutin minum air putih sesuai takaran, ini tak hanya mampu mengeluarkan racun saja, akan tetapi hal ini juga merupakan salah satu tips ampuh untuk berhenti merokok.
READ MORE - Selengkapnya

Manfaat Biji Alpukat Untuk Menangkal Penyakit




Dibandingkan dengan buahnya, biji alpukat kaya akan antioksidan dan serat yang tinggi. Sejumlah dokter juga membernarkan hal ini. untuk lebih jelasnya, berikut adalah manfaat biji alpukat untuk kesehatan tubuh.



Inilah manfaat biji alpukat untuk kesehatan
  • Kaya akan antioksidan
    • Biji alpukat kaya akan antioksidan. Sebuah studi yang dilakukan National University of Singapore pada tahun 2003 yang lalu melakukan penelitian terhadap biji mangga, biji asam, biji nangka dan juga biji alpukat. Diantara biji tersebut biji alpukatlah yang memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi. Jika dibandingkan dengan daging dan kulitnya, biji alpukat mengandung 70 persen antioksidan. Kandungan antioksidan yang tinggi pada biji alpukat, tentu saja dapat membuat biji yang satu ini dapat dimanfaatkan untuk menangkal segala macam penyakit.
  • Kaya akan potassium
    • kedua adalah biji aplukat kaya akan potassium. Potassium merupakan salah satu nutrisi yang sangat baik untuk menstabilkan tekanan darah dan juga dapat untuk menjaga kesehatan jantung. Sebuah artikel yang dirilis oleh California Avocado Society menyatakan bahwa biji alpukat kaya akan potassium. Akan tetapi kandungan potassium pada biji alpukat akan semakin berkurang seiring alpukat bertambah matang. Oleh karena itu untuk mendapatkan kadar potassium yang maksimal, pilihlah buah alpukat yang masih muda dan belum terlalu matang. Manfaat biji alpukat lainnya juga dapat membuat tulang lebih sehat.
  • Kaya akan serat larut
    • Selanjutnya biji alpukat juga kaya akan serat larut yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Menurut Dr. Tom Wu, N.M.D., seorang dokter peraih penghargaan dari PBB dan American Cancer Society, serat larut yang dikonsumsi secara rutin sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol buruk dan menjaga kesehatan jantung.

Cara memanfaatkan biji alpukat
  • Biji alpukat memiliki rasa yang sangat kuat, sehingga untuk memanfaatkannya campurkan biji alpukat dengan buah yang memiliki rasa yang dominan, seperti mangga, berry ataupun nanas. Cara paling umum adalah memanfaatkannya sebagai campuran smootihies. Caranya, belah biji alpukat menjadi beberapa bagian lalu haluskan dengan menggunakan blender. Setelah itu Anda bisa memasukkannya pada smoothies yang Anda buat dan blender kembali hingga rata. Selain itu, bji alpukat juga dapat dijadikan sebagai bumbu masakan. Caranya jemur biji alpukat hingga kering kemudian parut biji alpukat tersebut.

READ MORE - Selengkapnya

MENGENAL TEKNIK PENGELUPASAN KULIT

http://mypotik.blogspot.com/2015/11/mengenal-teknik-pengelupasan-kulit.html
MENGENAL TEKNIK PENGELUPASAN KULIT


Dokter dapat melakukan pengelupasan pada sebagian kulit ari (epidermis) pada kulit wajah yang berjerawat. Tindakan ini juga dinilai efektif untuk mencegah penyumbatan pori-pori kulit. Namun dapat menimbulkan risiko iritasi berupa kemerahan pada kulit.

Selain itu, peeling ini juga harus dilakukan oleh dokter secara hati-hati dan profesional. Hal ini karena jika salah atau tidak tepat akan menimbulkan efek samping yang justru dapat memperlambat proses penyembuhan. Oleh sebab itu, pengelupasan dapat dilakukan melalui beberapa cara. Menurut Shinta Ayu Dewi (2009), pengelupasan jerawat dapat dilakukan dengan empat metode.

Metode fisiko mekanik
Yang termasuk metode ini adalah pemakaian butiran scrub. Cara ini dinilai cara sederhana yang lumayan efektif untuk pengelupasan jerawat tipe komedo terbuka. Pemakaian mikro dermabrasi kristal dalam metode scrub dapat membantu menyedot komedo keluar. Untuk pemakaian yang bagus cukup dilakukan satu kali dalam sebulan untuk menghindari iritasi kulit.


Metode kimiawi
Zat kimia yang dapat digunakan dalam pengelupasan ialah asam dari ekstrak buah-buahan yang dinamakan AHA (alfa hidroxy acid) yang terdiri dari asam malat dari apel, asam tetrat dari buah anggur, dan asam glikolat dari ekstrak tebu.zat-zat aktif tersebut dapat digunakan untuk membantu dalam pengelupasan kulit ari.


Gejala dari pengelupasan biasanya kulit menjadi bersisik, kemudian warnanya menjadi merah muda, dan akhirnya mengkilat. Namun, untuk pengelupasan pada kulit wajah yang lebih tebal, gunakanlah TCA (trichlor acetic acid). Pemakaian larutan ini akan memberi efek yaitu kulit akan menjadi bersinar, berwarna merah segar, dan akan terasa halus. Pemakaian TCA ini dapat sangat efektif untuk menghilangkan bercak kecokelatan pada kulit wajah.


Metode bedah listrik atau EC (elektrocauterisasi)
Bedah ini dapat digunakan untuk menembus komedo yang tertutup atau berkonglomerasi. Menurut Shinta, pada usia di atas 40 tahun, beberapa komedo cenderung bermuara pada satu pori-pori, sehingga tampak sebagai bintil putih besar di kulit wajah. Kondisi ini dinamakan hiperplasi Sebasea.Maka dengan menggunakan bedah listrik (yaitu membakar atap bintil putih dengan sinar yang dihasilkan oleh elektroda listrik), akan menyebabkan isi komedo mencair. Sehingga dapat secara mudah untuk dijepit dan dikeluarkan.


Shinta juga menyarankan, setelah tindakan bedah listrik, kulit wajah hanya dapat dibilas dengan air matang untuk waktu 2-3 hari. Sesudah melalui tahap ini, jangan memakai rias wajah dan berkeramas terlebih dahulu, untuk menghindari proses iritasi dan infeksi kuman. Untuk mendapatkan pelayanan ini, Anda perlu berkonsultasi pada dokter spesialis kulit. Biaya untuk keperluan ini tidak terlalu mahal, culuk terjangkau, dan hampir terdapat di hampir semua rumah sakit dan tempat praktik dokter spesialis kulit.


Metode Bedah Laser
Seorang dokter dapat memakai sinar laser resurfacing untuk membantu memperbaiki parut bekas jerawat yang tampak buruk di wajah. Sinar laser ini dapat mengikis kulit wajah menjadi luka dangkal yang segera sembuh membentuk jaringan baru yang sehat. Namun, peralatan laser yang canggih membuat pelayanan ini cukup mahal dan hanya terdapat di beberapa rumah sakit saja.


Meski demikian, secara keseluruhan pengobatan secara medis harus memperhatikan hal-hal yang menjadi aturan atau tahapan. Sebab pengobatan tertentu biasanya memang sering mengalami kegagalan, mengapa?. Hal ini dikarenakan si pasien yang sedang berobat sering tidak sabar dan terlalu cepat untuk berhenti berobat.


Oleh karena itu pasien harus tetap berobat walaupun mula-mula kelihatannya tidak memberikan hasilnya. Jika terjadi kemajuan besar, janganlah untuk menghentikan pengobatan sebelum dokter menentukan waktunya untuk berhenti. Selain itu pengobatan sesungguhnya dapat dipercepat dengan melakukan tindakan chemical-peeling secara medis oleh dokter setiap 2-3 minggu dan disertai dengan pengolesan krim obat jerawat pada pagi dan malam setiap harinya.


Bagi Anda yang sedang menderita jerawat, diperbolehkan untuk facial di salon. Sebab facial merupakan tindakan perawatan kulit dengan cara pembersihan atau cleansing secara maksimal dan pemijatan pada kulit. Facial di salon dapat dilakukan setiap 2 minggu dengan catatan sebagai berikut.

  • Jangan melakukan “peeling cara salon”, yaitu dengan alat atau krim scrub.
  • Jangan menggunakan masker karena dapat mengakibatkan jerawat lama sembuhnya karena menghalangi obat yang sedang dipakai.
  • Khusus untuk jerawat komedo, papule, atau pustule boleh dikeluarkan asalkan tahu bagaimana cara mengeluarkan yang benar.
  • Cara pengeluarannya harus benar dan steril.
READ MORE - Selengkapnya

MAKANAN PANTANGAN BAGI ASAM URAT DAN KOLESTEROL

Banyak dokter yang menyarankan agar penderita asam urat juga memperhatikan asupan makanan agar kolesterol juga masih terjaga, pantangan asam urat dan kolesterol harus dihindari oleh penderita asam urat.

Berikut makanan yang merupakan pantangan bagi penderita asam urat:

– Jeroan : limpa, hati, otak, usus, paru dan ginjal.

– Daging : daging kuda, daging sapi dan daging kambing.

– Seafood : cumi-cumi, kepiting, sotong, ikan sarden, tiram, kerang, remis, ikan teri dan udang.

– Ekstrak daging : abon dan dendeng daging.

– Bebek : angsa dan kalkun.


– Makanan kaleng : kornet, sarden dan lain-lain.

– Sayuran : jamur kuping, daun pepaya, buncis, bayam, daun singkong, kembang kol dan asparagus.

– Makanan gorengan : semua makanan yang digoreng, baik dengan minyak ataupun dengan margarin.

– Kacang-kacangan : kacang tanah, melinjo, kacang hijau, kacang kedelai (termasuk tempe, tahu, tauco dan oncom).

– Lainnya : kaldu, keju, kuah daging, es krim, telur dan air kelapa.

Dengan menghindari pantangan asam urat dan kolesterol tersebut, Anda dapat mencegah timbulnya rasa sakit yang sangat menyiksa. Rasa sakit yang diakibatkan oleh asam urat dapat berupa rasa nyeri, panas, persendian bengkak dan kaku dan terasa seperti meradang.

Bagi Anda yang masih bingung seperti apakah rasa sakit yang diberikan oleh penyakit asam urat atau apakah Anda menderita asam urat atau tidak, berikut adalah gejala yang ditimbulkan penyakit asam urat:

– Sendi terasa ngilu, linu dan sering merasa kesemutan, bahkan jika parah bagian yang terkena asam urat akan memerah dan membengkak.

– Saat pagi hari bangun tidur dan juga malam hari sebelum tidur sendi akan terasa nyeri.

– Sering kali merasakan nyeri secara berulang kali.

– Sendi yang diserang yaitu sendi jari tangan, jari kaki, tumit, siku, dengkul dan juga pergelangan tangan.

– Jika asam urat sudah parah maka persendian akan terasa sakit yang tidak tertahankan saat akan digerakkan.

Penyakit asam urat memang banyak diderita oleh orang yang berumur 30 tahun keatas, walaupun tidak menutup kemungkinan juga menyerang orang yang berusia dibawah 30 tahun. Dari seluruh penderita asam urat, separuh darinya mengalami masalah dengan kolesterol atau mengalami kegemukan. Jangan biarkan asam urat menghantui hidup Anda
READ MORE - Selengkapnya

Gejala-gejala Penyakit Asam Urat Tinggi



Adanya nyeri sendi

Nyeri sendi karena penyakit asam urat yang sudah parah terjadi terutama pada sendi yang sering mendapat tekanan pada sekitar mata kaki, pangkal jempol kaki, dan tangan, tumit, siku dan bisa juga di sekitar pada daerah telinga. Biasanya gejala tersebut terjadi pada waktu pagi hari dan malam hari rasa nyeri kerap kali dapat disebabkan karena adanya penumpukan kadar asam urat di celah sendi dan dapat menimbulkan peradangan. Dan bila sudah terjad secara kronis makan akan menyebabkan kerusakan permanen pada daerah sekitar sendi tersebut.

Adanya batu ginjal

Batu ginjal bisa dapat berkembang pada orang yang menderita penyakit asam urat yang sudah parah dan biasannya terdapat kadar asam urat yang tinggi dan batu ginjal mungkin tidak dapat terdektesi sampai mereka terjebak ke dalam ureter yang dapat menyebabkan rasa sakit yang amat luar biasa menyakitkan dan keadaan ini dapat membuat seseorang akan sering buang air kecil, kencing darah, mual dan bahkann muntah. Gejala gejala yang terjadi dari batu ginjal adalah nyeri secara tiba-tiba dan intens dalam perut, panggul, dan daerah pangkal paha, yang cenderung akan datang secara terus-menerus. Namun gejala tambahan yang mencangkup kencing darah dan rasa nyeri pada saat buang air kecil.

Terjadinya gagal ginjal

Gagal ginjal adalah gejala yang paling parah yang terkait dengan penyakit asam urat yang sudah parah dan dengan kadar asam urat yang sangat tinggi. Dan dapat bermanifestasi menjadi kurang nya kencing, sesak napas, pembengkakan yang terjadi pada tungkai, kebingungan dan mengantuk, serta kelelahan atau rasa nyeri pada dada. Dan gagal ginjal dapat berkembang pada pasien dengan seseorang yang menderita leukemia, limfoma hodgkin dan limfoma non hodgkin karena kadar asam urat. Biasanya merupakan konsekuensi yang terjadi dari kemoterapi, yang akan dapat membunuh sel-sel ganas.

Adanya penyakit lain

Gejala terakhir pada penyakit asam urat yang sudah parah adalah adanya pennyakit lain, karena kadar asam urat yang tinggi akan terkait dengan hipertensi, penyakit diabetes (kencing manis) dan penyakit jantung, dan hal tersebut masih diteliti apakah mengurangi kadar asam urat akan dapat mengurangi kondisi tersebut.
READ MORE - Selengkapnya

GEJALA ORANG MENDERITA ASAM URAT



GEJALA ORANG MENDERITA ASAM URAT
• Sering merasakan nyeri mendadak pada sel – sel persendian.

• Terkadang sulit berjalan karena merasakan nyeri bahkan bengkak pada pergelangan kaki.

• Terganggunya fungsi dari jaringan sel pada pangkal ibu jari, pergelangan kaki, punggung kaki, siku, lutut, dan pergelangan tangan

• Merasakan nyeri yang luar biasa pada bagian punggung karena terjadi penimbunan lemak dalam darah di batu ginjal

• Rasa sakit atau nyeri makin lama makin terasa sakit dapat disertai rasa panas dan sakit jika digerakkan.

• Bila dipegang akan terasa sakit seperti ada benjolan, terkadang membuat penderitanya demam, lesu pada malam hari terasa badan kedinginan.

Gejala dan ciri asam urat diatas tergantung dari diagnosa berdasarkan kadar asam urat, kadar purin pada makanan, berat badan, usia, dll.
READ MORE - Selengkapnya

JENIS OBAT JERAWAT DARI DOKTER

http://mypotik.blogspot.com/2015/11/jenis-obat-jerawat-dari-dokter.html


Berikut ini adalah beberapa JENIS OBAT JERAWAT DARI DOKTER tersedia di apotek obat.

Obat Jerawat yang Mengandung Benzoil Peroksida (Benoxyl, Benzac, Clearasil)
Obat ini berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab jerawat, yang dianggap berperan dalam timbulnya jerawat. Bakteri tersebut adalah P. Acne. Selain itu, benzoil peroksida dapat menyebabkan pengeringan dan mengelupas dari kulit. Hal ini tentunya dapat membantu mencegah pori-pori menjadi tersumbat. Sebab sebagaimana kita ketahui, pori-pori tersumbat dapat berkembang menjadi jerawat.


Alpha-hidroxy acid
Obat ini juga dapat berfungsi untuk mengeringkan luka dan dapat membuat lapisan kulit teratas mengelupas. Sehingga dapat membantu mengangkat sel- kulit mati dan membuka pori-pori yang tersumbat. Bentuk obat ini bermacam-macam ada yang berbentuk moisturizer, cleanser, krim mata, dan sunscreens.


Salicylic acid (Clearasil, Propa pH, Stri-Dex)
Obat ini dapat membantu dalam mengeringkan luka di kulit wajah yang terkena jerawat dan menyebabkan lapisan kulit teratas mengelupas. Sehingga dapat membantu dalam pergantian kulit yang mati, membuka pori-pori yang tersumbat penyebab jerawat berlebih. Pengeringan dapat membantu mengurangi peradangan pada jerawat.


Antibiotik dapat mengobati jerawat paling yang tergolong inflamasi, yaitu jerawat papule dan pustule. Obat ini dapat bekerja dengan membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengurangi kemerahan serta bengkak jerawat yang sedang meradang. Antibiotik ini dapat dioleskan langsung pada kulit karena dapat berupa gel dan lotion, atau diminum jika berbentuk pil. Kita juga dapat mengombinasikan 2 obat secara bersama-sama karena dinilai sangat efektif dalam mengobati jerawat. Obat yang dapat digabungkan ialah antibiotik dan jenis benzoil peroksida. Hal ini dapat mencegah resistensi bakteri terhadap antibiotik.


Antibiotik biasanya dapat memberi efek samping jika dipakai melalui mulut jika dibanding dalam bentuk gel atau lotion. Hal ini karena obat antibiotik apabila diminum akan dapat berinteraksi dengan obat lain seperti pil KB. Sehingga memberi efek samping pada pengguna. Namun apabila Anda sedang menggunakan obat dalam bentuk gel atau lotion, hindarilah sengatan matahari secara langsung, sebab sengatan matahari dapat membuat kulit seperti terbakar pada beberapa orang. 

Berikut ini beberapa jenis obat antibiotik.


1). Retinoid
Obat-obatan ini terbuat dari vitamin A (retinoid) yang berguna dalam mengobati beberapa jenis lesi jerawat. Retinoid topikal efektif dalam perawatan jerawat yang meradang dapat juga digunakan untuk mengobati jenis jerawat komedo dan whiteheads.


2). Topical retinoid
Dapat dioleskan langsung pada kulit yang sedang terkena jerawat. Hal ini dapat membantu dalam membuka pori-pori yang tersumbat dengan menciptakan efek pengelupasan secara ringan. Pengeringan kulit dapat menjadi sering efek samping yang membantu penyembuhan. Sedangkan, oral retinoid dapat disandingkan untuk perawatan jerawat yang lebih besar seperti tipe nodular jerawat atau peradangan parah pada jerawat, yang tidak dapat ditangani oleh obat lain. Selain itu, jenis obat ini juga dapat membantu mengurangi produksi minyak oleh kelenjar minyak.


Bagi Anda yang ingin mengonsumsi obat ini haruslah berhati-hati karena memiliki efek samping yang serius. Di antaranya, pertama, dapat menyebabkan cacat lahir pada bayi bagi perempuan yang sedang hamil apabila sang ibu menggunakan obat ini. Kedua, obat ini juga dapat merangsang peningkatan lemak darah (trigliserida) dan kerusakan pada hati. Oleh sebab itu, dokter dapat merekomendasikan beberapa tes darah untuk memeriksa masalah ini misalnya apakah Anda tidak mengalami kehamilan atau efek lainnya.


Bagaimana penggunaannya?.
Obat ini juga dapat dikombinasikan dengan obat yang mengandung retinoid adapalene dan benzoil peroksida. Pada pasien yang lebih tua dan usia 12 tahun dapat digunakan sekali sehari. Rata-rata pada umumnya pengobatan jerawat dilakukan selama 1-3 minggu pertama pengobatan. Bila belum ada perubahan dapat dilakukan selama 1 bulan untuk melihat hasilnya. Hal ini dikarenakan proses pendorongan sumbatan jerawat dari dalam kulit ke permukaan kulit membutuhkan waktu sekitar 28 hari. Untuk kasus tertentu dibutuhkan pengobatan 3-4 bulan.


Injeksi KIL (Kenacourt Intra Lesion)
Seorang dokter dapat menyuntikkan antiradang pada jerawat dengan menggunakan KIL. Dengan suntikan tersebut jerawat yang besar dapat menjadi kempis, memudar dan akan hilang hanya dalam waktu yang biasanya terjadi adalah 1-2 hari. Penyuntikkan ini dapat memberi efek samping jika yang menyuntik belum ahli. Misalnya penyuntikkan terlalu dalam sehingga dapat mengenai pembuluh darah sehingga mengakibatkan menjadi bengkak besar. Lebih-lebih jika alat suntik dan tangan dokter tidak steril maka dapat mengakibatkan timbunan nanah.

Selain itu, obat yang diberikan terlalu kental atau banyak dosisnya, maka kulit akan menjadi amblas ke bawah dan warna kulitnya menjadi pucat. Namun hal ini hanya sementara sifatnya, jadi tidak perlu khawatir. 
READ MORE - Selengkapnya

PENANGANAN PENYAKIT ASAM URAT


Penanganan penyakit asam urat memiliki dua sasaran utama, yaitu meringankan gejalanya dan mencegah serangan terulang kembali.

Untuk mencegah kambuhnya serangan asam urat, Anda bisa melakukannya dengan memperbaiki pola hidup, seperti menurunkan berat badan bagi yang obesitas atau mengonsumsi obat-obatan penurun kadar asam urat, contohnya allopurinol.

Kombinasi obat-obatan dari dokter serta perilaku hidup sehat terbukti ampuh dalam menurunkan kadar asam urat dan melarutkan kristal-kristal penyebab penyakit tersebut. Banyak diantara mereka yang tidak lagi mengalami serangan asam urat di masa mendatang setelah menerapkan cara pengobatan ini.

Jumlah wanita yang terkena penyakit asam urat lebih sedikit dari pria. Hal tersebut tidak terlepas dari peran hormon estrogen pada wanita yang mampu menurunkan kadar asam urat dan memperlancar pembuangannya melalui ginjal. Namun keunggulan tersebut hanya berlaku pada wanita yang masih dalam periode subur saja. Setelah wanita mengalami menopause, kadar asam urat lebih mudah meningkat dan mereka pun menjadi rentan terhadap serangan. Kaum pria biasanya menderita gout setelah berumur 30 tahun, sedangkan bagi kaum wanita lebih besar risikonya setelah berumur 60 tahun.

Meski penyakit asam urat jarang menimbulkan komplikasi, tetap patut kita waspadai. Beberapa komplikasi yang mungkin terjadi diantaranya:
  • Munculnya benjolan keras yang disebut tofi di sekitar area yang mengalami radang. Benjolan ini bisa dirasakan di bawah kulit.
  • Kerusakan sendi permanen akibat radang yang terus berlangsung yang diperparah dengan pembentukan tofi di dalam sendi yang merusak tulang rawan dan tulang sendi itu sendiri. Kerusakan permanen ini biasanya terjadi pada kasus yang dibiarkan selama bertahun-tahun.
  • Batu ginjal yang disebabkan oleh pengendapan asam urat yang bercampur dengankalsium di dalam ginjal.
READ MORE - Selengkapnya

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails