Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Info Tentang Penyakit Lupus


Penyakit Sistemic Lupus Erythemathosus (SLE) atau sering disebut lupus saja adalah penyakit di mana tubuh membentuk antibodi berlebihan, tetapi salah arah, yang kemudian akan menyerang jaringan tubuh sendiri. 

Akibatnya akan timbul gejala-gejala seperti kemerahan pada kulit wajah, nyeri sendi, demam, sariawan, rambut rontok, kerusakan ginjal, dan lain-lain. Penyebab timbulnya antibodi yang merusak tubuh sendiri itu diduga disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu faktor genetika (keturunan), lingkungan, dan hormonal.

Faktor genetika hanya merupakan salah satu faktor, berdasarkan kenyataan bahwa banyak dari saudara kembar identik yang menderita lupus, juga menderita penyakit yang sama, serta meningkatnya jumlah penderita lupus yang merupakan saudara dari orang dengan lupus (Odapus). 

Namun, kenyataan bahwa pada kembar identik pun kemungkinan saudara kembarnya menderita lupus hanya 60 persen membawa pada kesimpulan bahwa ada faktor lain yang dapat menjadi penyebab. Jadi, walaupun seseorang memiliki gen penyebab lupus, harus ada faktor lain yang menyebabkan gen itu bekerja dan menjadi penyakit. 

Untuk diketahui, ada lebih dari satu gen yang diduga berkaitan dengan lupus. Faktor yang diduga juga berperan adalah faktor lingkungan yaitu paparan sinar ultraviolet dari sinar matahari, stres, beberapa obat, dan virus.

Beberapa obat yang dapat mencetuskan lupus adalah klorpromazin (antipsikotik/obat penenang), isoniazid (obat TBC), metildopa (anti-hipertensi), hidralazin (diuretik yang sering digunakan dalam pengobatan hipertensi), dan prokainamid (obat jantung). Hormon juga diduga ikut berpengaruh berdasarkan fakta bahwa lupus sering terjadi pada wanita dewasa muda (selama masa reproduksi). 

Selain itu, penyakitnya juga sering memburuk selama kehamilan atau setelah melahirkan. Binatang percobaan yang disuntik oleh hormon-hormon wanita (estrogen) juga kemudian menampakkan gejala-gejala seperti lupus. 

Pertama, gen-gen penyebab lupus belum tentu akan dimiliki oleh keturunan Anda. Kedua, jika seseorang memiliki gen yang berkaitan dengan lupus, belum tentu kemudian akan menderita lupus karena masih dibutuhkan beberapa faktor lingkungan dan faktor lain yang mempengaruhi munculnya gejala lupus. 
Prof dr Zubairi Djoerban
READ MORE - Selengkapnya

Gejala umum dari Fibromyalgia (FMS)


Gejala umum dari fibromyalgia atau biasa yang disebut FMS (penyakit yang membuat penderitanya mengalami rasa sakit di sekujur tubuh) dan sindrom kelelahan kronis (ME/CFS) adalah sensitivitas tubuh terhadap dingin yang dapat membuat musim dingin menjadi sebuah pertempuran nyata. Dengan sedikit perencanaan, Anda dapat meringankan kondisi terburuk dari cuaca dingin.

Banyak peneliti percaya penyakit ini melibatkan sesuatu yang disebut Dysautonomia, yang berarti disregulasi dari sistem saraf otonom. Itulah yang mengendalikan homeostasis, menjaga hal-hal seperti detak jantung, pencernaan, dan suhu tubuh dalam parameter normal.

Dalam Dysautonomia, fungsi-fungsi otomatis bisa melenceng. Ketika kaki orang yang sehat dingin misalnya, sistem saraf otonom menendang agar terjadi reaksi, mengarahkan kembali aliran darah untuk menghangatkan daerah yang dingin. Selama situasi yang tidak ekstrim, tubuh harus mampu mengatasi pengaruh lingkungan. Dysautonomia membuat seseorang dengan FMS atau ME/CFS merasakan kaki dingin, namun tubuhnya tidak mampu beradaptasi dengan baik, sehingga kaki tetap dingin.

Bahkan ketika mengenakan kaus kaki tebal sekallipun tidak dapat membantu menghangatkan kaki. Nyatanya memang lingkungan memiliki dampak yang lebih besar pada tubuh. Pada beberapa orang, masalah ini mungkin cukup berat untuk dirasakan sendiri hal ini biasa disebut dengan sindrom Raynaud.

Apa itu sindrom Raynaud?
Ketika rasa sakit secara langsung membuat tubuh menjadi dingin tapi tidak ada kerusakan jaringan terjadi, itu disebut allodynia termal. Ketika dingin bertindak sebagai pemicu nyeri di sekujur tubuh dan terjadi pula di daerah yang tidak dingin, hal tersebut adalah proses FMS dan ME/CFS cenderung bekerja, dilansir dari laman Verywell.

Mencegah Masalah Kedinginan
Sejauh ini, belum ada pengobatan yang ditujukan untuk mengatur suhu dan mengurangi gejala yang berhubungan dengan dingin. Artinya penderita perlu menemukan cara untuk mengelola gejala-gejala tersebut. Cara terbaik adalah untuk mencegah diri dari paparan suhu yang terlalu dingin, seperti berikut ini.

  1. Menjaga kaki Anda tertutup selama cuaca dingin.
  2. Berpakaian hangat (namun, berpakaian terlalu hangat dapat memicu gejala sensitivitas panas).
  3. Minum minuman panas.
  4. Makan makanan panas seperti sup dan oatmeal.
  5. Segera pergi sebelum dingin datang.
  6. Panaskan mobil Anda sebelum Anda meninggalkan rumah, terutama dengan remote starter.
  7. Menjaga lingkungan Anda agar tetap hangat.
  8. Menggunakan selimut dan sandal.
REPUBLIKA.CO.ID, 
READ MORE - Selengkapnya

TIPS DIET DENGAN CUACA DINGIN



Berdasarkan penelitian terbaru yang dilakukan oleh Universitas California, terungkap bila cuaca dingin dapat membantu manusia untuk lebih cepat langsing. Tetapi jangan salah, cuaca dingin tidak akan mempercepat metabolisme Anda, lebih tepatnya memproduksi lemak baik.

Ya, di tubuh manusia sejatinya terdapat dua jenis lemak, yaitu lemak putih yang biasa dikenal dengan lemak jahat karena menimbulkan kegemukan dan lemak coklat atau lemak baik. Lemak coklat adalah lemak yang sering dibakar untuk mendapatkan panas tubuh.

Nah, pada orang yang langsing, jumlah lemak coklat tercatat lebih banyak dibanding pada mereka yang mengalami obesitas. Menariknya, cuaca dingin dapat meningkatkan produksi lemak coklat karena ikut meningkatkan produksi protein Zfp516.

Protein tersebut ternyata dapat merubah produksi lemak putih menjadi lemak coklat yang dapat dengan mudah dibakar tubuh. Hal ini tentu dapat membantu manusia menemukan cara terbaik untuk tetap langsing, mengingat proporsi lemak putih di tubuh manusia normal bisa mencapai 90 persen!

"Tercatat pekerja luar ruangan di Finlandia yang terpapar cuaca dingin mempunyai jumlah lemak coklat lebih banyak dari pekerja indoor, meskipun jumlahnya belum bisa menyaingi lemak putih," ungkap ilmuwan Universitas California, Daily Mail (09/01).

Penemuan ini kabarnya akan diaplikasikan untuk diet orang-orang yang mengalami obesitas dan diabetes. Salah satu caranya adalah lewat diet 'es'. Untuk melakukan diet ini, seseorang harus meminum air es di pagi hari, tidur di ruangan yang dingin (ber-AC), dan mandi dengan air yang dingin.
READ MORE - Selengkapnya

Bawang Putih di Pagi Hari



Dilansir Boldsky, bawang putih adalah antibiotik yang dapat menghilangkan banyak masalah kesehatan. Bumbu dapur ini dapat bekerja ketika dikonsumsi saat perut kosong. Bakteri dalam tubuh akan diatasi oleh kekuatan bawang putih. 

Bawang putih yang dikonsumsi saat perut kosong dapat mencegah gejala hipertensi. Bawang putih dapat meningkatkan sirkulasi darah dan juga membersihkan kandung kemih dan hati. Selain itu, bawang putih sangat cocok untuk dikonsumsi penderita diare. 

Bawang putih dapat merangsang nafsu makan dan meningkatkan pencernaan. Bawang putih juga dapat menangani tingkat stress dan dapat digunakan sebagai detoksifikasi. 

Namun, untuk orang yang memiliki masalah kesehatan seperti maag disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter sebelum mencoba obat tersebut. Selain itu untuk orang yang berada di bawah pengaruh obat disarankan untuk menghindari bawang putih karena dapat menyebabkan reaksi tertentu.
READ MORE - Selengkapnya

RAMUAN ALAMI MENGOBATI KISTA




RAMUAN ALAMI MENGOBATI KISTA
Agar seorang wanita terhindar dari penyakit kista ovarium maka penting untuk menjaga berat badan agar tetap ideal dan tidak gemuk khususnya pada daerah perut dengan cara rajin berolaharaga serta diet sehat yaitu mengurangi konsumsi daging. Jika Anda menderita penyakit kista ovarium maka perhatikan cara mengobati kista ovarium dengan ramuan tradisional berikut ini.

1. RAMUAN ALAMI MENGOBATI KISTA 1

Cara mengobati kista ovarium dengan ramuan tradisional yang pertama yaitu menggunakan mahkota dewa. Caranya : siapkan 30 gram daun mahkota dewa, 5 gram buah mahkota dewa kering dan 50 gram temu mangga. Campur semua bahan yang telah disiapkan dan rebus dengan 800 cc air. Rebus hingga menjadi 400 cc kemudian saring air rebusan tersebut. Minum secara teratur sebanyak 2 kali dalam sehari.

2. RAMUAN ALAMI MENGOBATI KISTA 2

Ramuan yang kedua adalah dengan bahan benalu teh. Caranya : ambil 60 gram benalu yang hidup pada pohon teh, campurkan dengan 30 gram rumput mutiara lalu rebus dengan 800 cc air. Setelah itu, saring air rebusan dan bagi masing-masing 200 cc. Minum secara teratur.

3. RAMUAN ALAMI MENGOBATI KISTA 3

Untuk ramuan tradisional yang ketiga menggunakan bahan dasar kunyit putih. Caranya : siapkan 10 gram kunyit putih kering, campur dengan tapak liman kering, temu putih dan pegagan kering masing-masing 10 gram serta tambahkan 30 gram cakar ayam yang masih segar. Rebus semua bahan yang telah disiapkan dengan 1 liter air. Rebus hingga air hanya tersisa setengahnya saja kemudian angkat lalu dinginkan dan saring. Minum 3 kali dalam sehari.

4. RAMUAN ALAMI MENGOBATI KISTA 4

Adapun ramuan yang ke empat untuk mengobati kista ovarium adalah dengan mencampurkan 30 gram rumput mutiara dan 5 gram daging buah mahkota dewa kering. Kemudian rebus semua bahan tersebut dengan 600 cc air hingga tersisa setengahnya saja. Minum air rebusan tersebut setelah disaring secara teratur dua kali dalam sehari.
READ MORE - Selengkapnya

CARA MENGOBATI MASUK ANGIN


CARA MENGOBATI MASUK ANGIN

Hampir semua orang pernah mengalami masuk angin. Karena masuk angin bisa menyerang siapa saja, tidak peduli apakah anak – anak, orang dewasa, bahkan bayipun sering mengalami masuk angin. 

Bagi sebagian orang masuk angin dianggap sebagai penyakit seperti penyakit – penyakit lainnnya. Padahal sebenarnya masuk angin bukanlah suatu penyakit, melainkan salah satu gejala seseorang menderita suatu penyakit, seperti penyakit flu, batuk, atau penyakit – penyakit lainnya. 

Meskipun demikian jangan pernah menganggap remeh masuk angin, karena masuk angin bisa jadi menjadi tanda atau sinyalir awal seseorang mengalami infeksi virus, yang jika tidak segera ditangani akan menjadi masalah serius, seperti terserang virus hepatitis atau mungkin demam berdarah serta penyakit berat lainnya.

Kekuatan seseorang dalam menghadapi serangan masuk angin sangat bergantung pada daya tahan tubuh seseorang. Jika seseorang mempunyai daya tahan tubuh kuat, maka tidak akan mudah terserang masuk angin. Sebaliknya, jika daya tahan tubuh seseorang itu lemah atau labil akan sangat mudah mengalami serangan masuk angin, meski secara fisik tubuhnya kelihatan kuat.

Faktor penyebab seseorang mengalami masuk angin sudah barang tentu angin itu sendiri. Ketidakseimbangan antara volume angin dengan ruang tubuh seseorang sangat menentukan efektifitas organ – organ tubuh dalam bekerja. Sehingga jika organ – organ tubuh tidak bisa bekerja secara maksimal, maka penyakit lain akan mudah datang. 


GEJALA – GEJALA TERKENA MASUK ANGIN


Meskipun bukan tergolong penyakit, namun masuk angin juga memiliki gejala – gejala atau tanda – tanda layaknya suatu penyakit, seperti tubuh mendadak mengalami kedinginan, perut terasa kembung, sering buang angin alias kentut, merasakan mual bahkan hingga muntah sesudah minum air putih pada waktu pagi, terkadang mengalami sakit kepala sebelah atau biasa disebut migrain, serta rasa ngilu pada beberapa tulang atau persendian.

Jika seorang penderita masuk angin juga mengalami tanda – tanda seperti tubuh mengeluarkan keringat berlebih disertai nyeri pada bagian dada, maka perlu hati – hati karena orang bilang, ia sedang terkena serangan angin duduk. Oleh sebab itu, jika seseorang mengalami gejala – gejala tersebut, maka bersegeralah untuk dibawa ke dokter agar segera mendapatkan pertolongan medis. 

Angin duduk yang biasa kita dengar, bukanlah sakit masuk angin biasa, melainkan disinyalir merupakan seragan jantung koroner akut. Penyakit ini sangat beresiko berujung pada kematian jika tidak segera mendapatkan perawatan medis. Bahkan penyakit ini membutuhkan waktu antara 15 hingga 30 menit untuk membawa seseorang pada kematian. 


CARA MENGOBATI MASUK ANGIN


Terjadinya masuk angin dikarenakan tubuh terserang angin atau udara dingin hingga mengakibatkan menciutnya (vasokonstriksi) pembuluh darah pada kulit, sehingga aliran darah tidak dapat memberikan suplai nutrisi yang cukup kepada jaringan tubuh dan mengakibatkan badan tidak enak (sakit).

Sebagai upaya mengatasi masuk angin, biasanya masyarakat kita sering memakai cara leluhur yaitu apa yang disebut dengan kerokan (kerikan) . Dengan cara kerokan (kerikan), maka aliran darah akan lebih baik dalam mensuplai nutrisi ke jaringan tubuh, karena teknik kerikan ini akan menyebabkan pembuluh darah tepi (vasodilatasi) melebar sehingga menjadikan aliran darah menjadi lebih baik. Jika aliran darah normal dalam mensuplai nutrisi ke jaringan tubuh, maka kondisi badanpun akan terasa enak atau nyaman.

Mengatasi masuk angin dengan cara kerokan (Kerikan) adalah cara paling mudah sekaligus paling hemat. Cara ini merupakan cara lama sejak ratusan tahun lalu, khususnya di kawasan negara Asia. Kerokan ala Vietnam dinamakan cao giodi, sedangkan kerokan ala China dinamakan gua sua. Adapun kerokan (kerikan) bagi masyarakat Kamboja disebut dengan istilah goh kyol. Media untuk mengerok bisa dengan menggunakan uang logam seperti pada masyarakat kita atau dengan lempengan besi berbentuk bulat atau bisa juga dengan menggunakan batu jade seperti pada masyarakat China. Atau mungkin bisa pula dengan menggunakan alat bantu lainnya sesuai tradisi masyarakat setempat.

Tanda (warna merah) di bagian tubuh setelah dikerok dipercaya sebagai bukti bahwa seseorang memang mengalami “sakit” masuk angin. Semakin tua warna merahnya, maka semakin parah pula masuk angin yang dideritanya. Kepercayaan seperti ini sebenarnya kurang tepat, karena warna merah pada bagian tubuh pasca kerokan sebenarnya disebabkan pecahnya pembuluh darah halus (kapiler) pada permukaan kulit sehingga mengakibatkan warna merah pada bagian tubuh sehabis dikerok. Hal ini juga akan berlaku pada orang sehat jika tubuhnya dikerok. 

Selain dengan cara dari luar, seseorang juga sangat dianjurkan untuk mengantisipasi sekaligus mengatasi serangan masuk angin dengan cara dari dalam. Yaitu dengan meningkatkan daya tahan tubuh dan sistem kekebalan tubuh. Caranya dengan melakukan olah raga rutin setiap hari atau paling tidak lima kali dalam sepekan kurang lebih 15 sampai 20 menit. Disamping itu juga harus memperhatikan asupan makanan seperti sayur – sayuran maupun buah – buahan atau makanan kaya vitamin dan mineral.
READ MORE - Selengkapnya

PENGOBATAN SINUSITIS ALAMI

PENGOBATAN SINUSITIS ALAMI

Pada asalnya, sinus berisikan udara, namun apabila sinus ini tersumbat dan terhalang oleh suatu cairan dikerenakan oleh virus, bakteri (ada lima nama bakteri penyebab sinusitis, diantaranya : Streptococcus pyogenes, Moraxella catarrhalis, Staphylococcus aureus, Streptococcus pneumonia, dan Haemophilus influenza) maupun jamur, maka bisa menyebabkan infeksi. Dan jika hal ini terjadi, maka inilah yang disebut dengan penyakit sinusitis. 

GEJALA – GEJALA MENDERITA SINUSITIS


Sebagian besar gejala – gejala (ciri – ciri) orang yang mengalami sinusitis memang mirip dengan orang yang menderita penyakit pilek atau flu. Hanya saja, biasanya orang yang menderita penyakit pilek atau flu biasanya berlangsung tidak begitu lama dan sedikit lebih mudah dalam penanganannya. Berbeda dengan penderita penyakit sinusitis, rata – rata mereka menderita penyakit ini dalam kurun waktu yang lama, bahkan sampai bertahun – tahun bagi penderita sinusitis akut. Secara umum penderita sinusitis mempuyai gejala gejala (tanda – tanda) sebagai berikut :

1. Hidung tersumbat, sebagaimana penderita flu pilek

2. Hidung mengeluarkan cairan secara terus – menerus berwarna hijau pekat

3. Pusing atau sakit kepala

4. Merasakan deman atau panas, 

5. Mengeluarkan bau tidak enak, saat bernafas

6. Mengalami batuk – batuk, lebih – lebih ketika pada malam hari

7. Merasakan sakit atau tekanan pada sekitar hidung, pipi, dahi dan mata

8. Indra penciumannya menjadi kurang tajam

Itulah tanda – tanda (ciri – ciri) orang yang mengalami sinusitis. Gejala – gejala tersebut bisa terjadi baik pada orang dewasa maupun pada anak – anak balita.

PENGOBATAN SINUSITIS TRADISIONAL

Untuk pengobatan, sebagai langkah pertama, biasakan untuk memeriksakan kondisi kesehatan anda ke dokter atau rumah sakit terdekat agar dapat diketahui dengan pasti

penyakit yang diderita sekaligus mendapatkan obat untuk penyembuhannya. Namun untuk usaha preventif bagi penderita sinusitis agar penyakitnya dapat sedikit mereda, bisa anda lakukan di rumah dengan cara :

- Banyak minum air, khususnya air hangat.

- Bisa pula dengan menghirup uap air hangat (panas) yang telah dicampuri dengan garam.

- Bisa pula dengan mengompres air hangat di sekitar pipi

Disamping itu, ada beberapa resep (ramuan) tradisional (herbal) alami yang bisa digunakan untuk mengobati dan mengatasi penyakit sinusitis. Berikut kami sajikan beberapa ramuan tersebut :


PENGOBATAN SINUSITIS TRADISIONAL

Bahan-bahannya adalah siapkan kunyit 1 cm, daun cemara 1 genggam, daun sirih 7 lembar dan 10 gelas air.

Cara membuat ramuannya yaitu terlebih dahulu kunyit diparut. sisihkan. Lalu campurkan parutan kunyit, daun cemara dan daun sirih dengan air kemudian direbus hingga mendidih. Biarkan airnya menjadi setengahnya. Angkat dan tuangkan air rebusan dalam wadah. Setelah itu, hirup uap dari air rebusan tadi. Lakukan sehari dua kali setiap pagi dan sore. Ulangi sampai penderita sinusitis sembuh.


PENGOBATAN SINUSITIS TRADISIONAL

Bahan-bahannya adalah sediakan daun sirih merah secukupnya.

Cara membuat ramuannya yaitu daun sirih merah dicuci bersih. lalu daun sirih merah ditumbuk sampai halus. Kemudian siapkan kapas bersih, balurkan tumbukan tadi diatas kapas tersebut, lalu kapas digulung tetapi ditengahnya masih ada lubangnya. Masukkan gulungan kapas ke dalam hidung, sebaikkanya dikerjakan sebelum tidur.


PENGOBATAN SINUSITIS TRADISIONAL

Bahan-bahannya adalah siapkan serai lima batang, jeruk nipis tiga buah, daun sirih tujuh lembar, cengkeh 17 biji, jahe dua cm.

Cara membuat ramuannya yaitu serai/sereh serta jahe dicuci bersih, dimemarkan. Kemudian kulit jeruk nipis dikupas, dibelah menjadi 4 bagian. Setelah itu bahan-bahan tersebut direbus dengan air enam gelas sampai air mendidih. Biarkan airnya tersisa setengahnya. Air rebusan diminum sehari tiga kali masing-masing setengah gelas. Sebaiknya diminum sesudah makan.


PENGOBATAN SINUSITIS TRADISIONAL

Bahan-bahannya adalah sediakan bawang putih lima siung, jahe sepuluh gram, lokio 60 gram dan air 600 ml.

Cara membuat ramuannya yaitu semua bahan dicuci bersih. lalu direbus hingga mendidih. Biarkan airnya tersisa setengahnya. Angkat serta air rebusan disaring. Air rebusan dikonsumsi dalam keadaan masih hangat sehari dua kali secara teratur.


PENGOBATAN SINUSITIS TRADISIONAL

Bahan-bahannya adalah siapkan daun sambiloto kering 12 gram dan air 4 gelas.

Cara membuat ramuannya yaitu daun sambiloto kering direbus sampai mendidih. Angkat dan disaring. Air rebusan diminum.


PENGOBATAN SINUSITIS TRADISIONAL

Bahan-bahannya adalah sediakan daun lidah buaya secukupnya.

Cara membuat ramuannya yaitu daun lidah buaya dikupas kulitnya. Lalu daging lidah buaya tersebut direbus hingga mendidih. Air rebusan dapat dikonsumsi. Selain itu, bisa juga untuk pemakaian luar yaitu dengan cara cairan dari lidah buaya diteteskan pada hidung.


PENGOBATAN SINUSITIS TRADISIONAL

Bahan-bahannya adalah siapkan serai/sereh 2-3 batang, gula aren secukupnya dan air 3 gelas.

Cara membuat ramuannya yaitu serai/sereh dicuci bersih. lalu serai/sereh dan gula aren direbus dengan air sampai mendidih. Air rebusan dapat dikonsumsi. Selain itu dapat juga dengan cara batang serai/sereh dimemarkan sampai menghasilkan cairan dari batang serai/sereh. Kemudian cairan serai tersebut diteteskan pada hidung, biarkan beberapa saat, lalu dikeluarkan pelan-pelan.


PENGOBATAN SINUSITIS TRADISIONAL

Bahan-bahannya adalah sediakan kunyit 3 cm, madu 1 sendok makan serta air 2 gelas.

Cara membuat ramuannya yaitu kunyit dicuci bersih. lalu kunyit dan madu direbus dengan air hingga mendidih. Angkat dan disaring. Minum air rebusan tersebut selagi masih hangat.
READ MORE - Selengkapnya

RAMUAN ALAMI MENGOBATI CACAR AIR

enyakit cacar air ini terjadi disebabkan oleh virus yang dinamakan varicella zoster. Penyakit ini tergolong penyakit yang sangat mudah menular, dan penularannya biasanya melalui udara (dalam ruangan) atau biasa disebut dengan istilah aerogen. Disamping itu, penularan bisa juga melalui kontak langsung dengan penderita melalui air liur atau terkena percikan cairan bening pada bintil (ruam) dari penderita penyakit cacar air. Efek dari penyakit ini biasanya akan meninggalkan belang atau cekungan di kulit yang sangat sulit dihilangkan (hal ini biasanya terjadi jika yang diserang adalah orang dewasa, 

GEJALA – GEJALA PENYAKIT CACAR AIR

Penyakit cacar air bisa menyerang siapa saja, entah itu berusia muda (anak – anak) maupun orang dewasa (orang tua). Ada anggapan sebagian orang bahwa orang yang pernah terkena penyakit cacar air biasanya akan menjadi kebal dan tidak akan pernah terserang penyakit ini lagi. Anggapan yang demikian itu tentu saja tidak sepenuhnya benar. Orang yang pernah merasakan sakit cacar air, ada kemungkinan bisa terkena penyakit ini lagi, jika daya tahan tubuh orang tersebut lemah, lebih – lebih lagi bagi mereka yang belum pernah mendapat suntikan vaksin (pencegah cacar air). 

Ada beberapa tanda atau ciri – ciri orang yang mulai terjangkit penyakit cacar air (varicella), yaitu ; pada awal mulanya orang tersebut akan merasakan suhu tubuh meningkat (demam), terkadang sedikit pilek, merasa mudah capai (lelah), lesu dan badan terasa lemah serta nafsu makan berkurang 

Gejala – gejala tersebut merupakan ciri khas dari serangan / infeksi virus. Dalam beberapa kejadian (untuk kasus penyakit yang lebih berat), biasanya disertai dengan sakit kepala (pusing) dan rasa nyeri pada bagian sendi. Setelah lebih kurang 24 jam, akan timbul bercak – bercak merah dikulit dimulai dari bagian perut, dada, atau bagian punggung kemudian mejalar ke bagian wajah dan anggota tubuh lainnya. 

Sesaat kemudian bercak merah akan membentuk seperti bintil (lenting) berisi cairan bening laksana embun. Ruam – ruam tersebut sedikit terasa gatal dan nyeri, sehingga terkadang tanpa disadari akan dengan mudah digaruk – garuk. Jika bintil – bintil itu dibiarkan saja, sebenarnya lama kelamaan bintil – bintil itu akan mengering dengan sendirinya, kemudian membentuk keropeng (krusta). Lalu, keropeng – keropeng itu akan mengelupas dan akan meninggalkan belang atau bercak yang sedikit lebih gelap. 

Pada akhirnya bercak bercak tersebut akan hilang dengan sendirinya dan tidak membekas lagi. Namun, lain lagi jika bintil – bintil itu pecah atau sengaja dipecah. Bintil (lentingan) yang pecah tadi akan segera membentuk keropeng yang lebih dalam lagi dan membutuhkan waktu lebih lama untuk mengering, sehingga memungkinkan terjadinya infeksi bakteri pada luka tersebut. Setelah luka tersebut kering, maka akan meninggalkan bekas luka yang cukup dalam dan sulit hilangnya, terutama jika penderintanya adalah orang tua (orang dewasa). 


TIPS – TIPS BAGI PENDERITA CACAR AIR


Ada beberapa tips yang harus diperhatikan bagi penderita cacar air, diantaranya adalah :
1. Banyak beristirahat untuk memulihkan stamina dan daya tahan tubuh.

2. Makan makanan yang bergizi seperti sayur – sayuran hijau serta buah – buahan.

3. Jangan coba – coba untuk memecah bintil – bintil cacar air, karena hal itu justru akan membuat lentingan yang lebih dalam serta akan meninggalkan bekas cacar yang sulit dihilangkan.

4. Penderita cacar air sebaiknya tetap mandi (membersihkan tubuh), namun jangan sampai menggosok handuk dengan keras agar bintil – bintil cacar air tidak pecah.

5. Jika merasakan panas / gatal pada penderita cacar air, maka janganlah digaruk, tetapi cukup diberi bedak (talek) yang mengandung menthol.

6. Sangat dianjurkan memberikan vaksin cacar air bagi anak dibawah usia 12 tahun (berikan pula vaksin ini untuk usia diatas 12 tahun, terutama bagi yang belum pernah terserang penyakit cacar air / tidak memiliki kekebalan tubuh terhadap cacar air), sedangkan untuk usia diatas 50 tahun, sebaiknya diberi vaksinasi ulang. (Catatan : bagi ibu hamil / yang berencana untuk hamil dalam waktu dekat, tidak diperbolehkan melakukan suntik vaksin ini karena akan berakibat buruk pada janin yang dikandungnya).

7. Bagi anak - anak penderita cacar air, sebaiknya dikarantina (dipisahkan) terlebih dahulu dari anak – anak lainnya agar penyakitnya tidak menular kemana - mana.

8. Meminta bantuan kepada orang lain yang mempunyai kekebalan terhadap penyakit ini untuk merawat penderita cacar air agar dirinya tidak tertular penyakitnya. (lakukan tes darah untuk mengetahui apakah anda mempunyai kekebalan terhadap penyakit cacar air / tidak)

9. Apabila harus merawat penderita cacar air sendiri (tidak minta bantuan orang lain), maka pastikan anda mencuci bersih tangan dan anggota tubuh anda lainnya yang digunakan untuk melakukan kontak langsung dengan penderita cacar air (varicella).


RAMUAN TRADISIONAL  MENGOBATI PENYAKIT CACAR AIR 


Sebelum kita menginjak pada pembahasan pengobatan, kami sarankan kepada anda untuk memeriksakan diri ke dokter atau unit layanan kesehatan lainnya untuk mengetahui dengan pasti penyakit yang anda derita sekaligus mendapatkan obat – obatan yang efektif. 

Setelah memastikan bahwa penyakit yang anda derita adalah penyakit cacar air, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pengobatan – pengobatan terhadap penyakit tersebut. Pengobatan bisa dilakukan dengan obat – obatan kimia atau pengobatan medis (sangat dianjurkan dengan resep dokter) atau bisa juga dengan pengobatan alternatif dari tumbuh – tumbuhan (tanaman) di sekitar kita. 

Berikut kami bagikan beberapa resep / jamu / ramuan tradisional (herbal) mengobati (mengatasi) penyakit cacar air (varicella). Inilah ramuan – ramuannya : 


a. RAMUAN ALAMI MENGOBATI CACAR AIR
Bahan-bahannya adalah sediakan asam jawa 15 gram, kencur 15 gram, 600 ml air untuk merebus.

Cara membuat ramuannya yaitu asam jawa dan kencur terlebih dahulu dicuci bersih. lalu direbus sampai mendidih, biarkan airnya menjadi separonya. Kemudian air disaring. Dikonsumsi sehari 2-3 kali.


b. RAMUAN ALAMI MENGOBATI CACAR AIR


Bahan-bahannya adalah siapkan daun jarak dan air secukupnya.

Cara membuat ramuannya yaitu daun jarak dicuci bersih. lalu daun jarak direbus dalam wadah panci hingga mendidih sampai daun jarak menjadi hancur. Setelah itu, air rebusan digunakan untuk mandi, sebaiknya air dalam keadaan hangat. Kerjakan secara rutin sehari dua kali.


c. RAMUAN ALAMI MENGOBATI CACAR AIR


Bahan-bahannya adalah sediakan kencur 25 gram, jahe 15 gram, asam jawa 15 gram, temulawak 30 gram serta air untuk merebus 600cc.

Cara membuat ramuannya yaitu semua bahan yang tersedia dicuci bersih. Kemudian bahan-bahan tersebut direbus hingga mendidih, biarkan airnya menjadi setengahnya. Setelah matang, air rebusan disaring. Diminum sehari 2-3 kali. 


d. RAMUAN ALAMI MENGOBATI CACAR AIR


Bahan-bahannya adalah siapkan jagung muda secukupnya.

Cara membuat ramuannya yaitu jagung muda dibersihkan. Lalu jagung muda diparut. Parutan jagung muda diusapkan pada area yang terkena cacar air. Kerjakan secara teratur.


f. RAMUAN ALAMI MENGOBATI CACAR AIR


Bahan-bahannya adalah sediakan mengkudu matang sebanyak dua buah.

Cara membuat ramuannya yaitu mengkudu dicuci terlebih dahulu. Kemudian mengkudu diparut atau diblender, lalu disaring untuk diambil airnya. Air tersebut diminum sehari 2-3 kali.


g. RAMUAN ALAMI MENGOBATI CACAR AIR


Bahan-bahannya adalah siapkan kunyit dan daun asam secukupnya.

Cara membuat ramuannya yaitu kunyit serta daun asam dicuci bersih. setelah itu, kedua bahan ditumbuk halus. Usapkan pada kulit yang terkena cacar air.


h. RAMUAN ALAMI MENGOBATI CACAR AIR


Bahan-bahannya adalah sediakan bawang merah 1 siung, daun sirih 3 helai, serai 1 batang, labu siam 1 buah, bangle 5 gram, jintan hitam (habatussauda), pinang 5 gram.

Cara membuat ramuannya yaitu bahan-bahan dicuci bersih. kemudian semua bahan ditumbuk sampai halus. Setelah itu, seduh dengan air matang, aduk rata lalu disaring. Diminum sehari tiga kali, masing-masing sebanyak 3 sendok makan. 


i. RAMUAN ALAMI MENGOBATI CACAR AIR


Bahan-bahannya adalah siapkan minyak kelapa, kunyit dan daging buah asam secukupnya.

Cara membuat ramuannya yaitu kunyit serta daging buah asam dihaluskan. Lalu campurkan sedikit minyak kelapa. Aduk rata. Kemudian campuran tersebut dipanaskan diatas kompor sebentar saja. Dinginkan. Gosokkan di area yang terkena cacar air secara merata.


j. RAMUAN ALAMI MENGOBATI CACAR AIR


Bahan-bahannya adalah sediakan kacang hijau secukupnya.

Cara membuat ramuannya yaitu kacang hijau dicuci bersih. setelah itu, kacang hijau direndam dalam air sampai kacang hijau mengembang. Kemudian kacang hijau ditumbuk hingga halus. Usapkan di area yang terkena cacar air.
READ MORE - Selengkapnya

Beberapa Hal Tentang Menstruasi


Menstruasi? Apa itu menstruasi? Menstruasi adalah proses ketika dinding endometrium mengalami proses pelepasan dengan cara keluarnya darah dari vagina. Dinding endometrium adalah dinding yang dimiliki oleh lapisan rahim. Para kaum hawa biasa menyebut gejala ini sebagai gejala “datang bulan”.

Selain itu, menstruasi adalah siklus tahunan yang biasa dialami oleh para wanita. Usia ketika wanita mengalami proses menstruasi juga bervariasi, namun biasanya anak perempuan sudah menstruasi mulai dari usia 10 tahun hingga 16 tahun. Namun dewasa ini, bisa saja jika anak-anak perempuan sudah mendapatkan menstruasi dalam usia yang lebih muda, mengapa hal ini bisa terjadi? Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor seperti faktor keturunan, faktor gizi yang didapatkan dari kedua orang tua, faktor hormon yang mengatur zat pertumbuhan dan keseimbangan, faktor psikologis, dan beberapa faktor pendukung lainnya.

Lalu apakah yang membuat seorang wanita dapat mengalami menstruasi? Untuk mengalami menstruasi, maka fungsi dari vagina, rahim, dan indung telur harus baik. Selain itu juga, hubungan antara ketiga fungsi tersebut dengan hipotalamus harus berjalan dengan sinergis. Hipotalamus adalah susunan yang dimiliki oleh syaraf pusat terhadap indung telur. Hubungan ini adalah sistem kerja hormon yang dimiliki oleh seorang wanita berjalan dengan baik, terutama hormon streroid yaitu hormon estrogen dan progesteron. Setiap wanita memiliki dua indung telur atau ovarium. Satu siklus menstruasi terjadi pada hari ke-14 secar periodik yaitu ketika satu sel telur matang dilepaskan dari indung telur. Ketika tidak ada pertemuan antara sel telur dengan sel sperma, maka pembuahan tidak terjadi. Apabila pembuahan tidak terjadi, maka sel telur tidak dibuahi dan dinding rahim yang sudah menebal akan meluruh hingga terjadilah proses menstruasi.

Biasanya seorang wanita akan mengalami menstruasi setiap bulannya, namun ada juga yang tidak mengalami setiap bulan. Hal ini terjadi karena beberapa faktor stress atau kelelahan karena pekerjaan. Namun jika seorang wanita tidak mengalami menstruasi selama 3-6 bulan, hendaknya untuk memeriksakan diri ke dokter karena adanya gangguan yang disebabkan oleh hormonal atau gangguan fungsi pada indung telur.
READ MORE - Selengkapnya

Gejala Penyakit Kista

Gejala Penyakit Kista

Kista merupakan pertumbuhan tumor jinak yang berkembang didalam indung telur akan tetapi kista juga bisa tumbuh didalam organ lainnya.Secara umum penyakit ini disebabkan oleh polusi udara dan debu yakni berupa dioksin dari asap pabrik dan pembakaran gas bermotor dapat menurunkan daya tahan tubuh manusia yang kemudian akan membantu tumbuhnya kista , namun itu baru secara umum karena masih banyak faktor lain yang dapat menyebabkan tumbuhnya penyakit tersebut.Selain itu faktor makanan juga memiliki pernanan besar dalam timbulnya penyakit kista ini.

Perlu diketahui bahwa Kista sangat besar mempengaruhi siklus haid perempuan karena system hormonal yang terganggu. Secara alami, hormone akan meregulasi pertumbuhan sel telur di ovarium.Sehingga tidak sedikit yang mengeluhkan penderita penyakit tersebut sulit untuk hamil dan apabila ingin hamil kista tersebut harus kempes/hilang dari indung telur.

Gejala Penyakit Kista :
  • Kram perut bawah atau nyeri panggul yang timbul tenggelam dan tiba-tiba menusuk Siklus haid tidak teratur,
  • Perut bawah sering terasa penuh atau tertekan,
  • Nyeri haid yang luar biasa, bahkan terasa hingga ke pinggang belakang,
  • Nyeri panggul setelah olahraga intensif atau senggama,
  • Sakit atau tekanan yang menyertai saat berkemih atau BAB,
  • Mual dan muntah,
Rasa nyeri atau keluarnya flek darah dari vagina

Jenis dan ukuran dari penyakit tersebut beragam dan cara penangananya pun berbeda karena tergantung jenis, ukuran dan juga pertumbuhan sel yang ada didalamnya.Namun antisipasi cepat dan tepat agar pertumbuhan sel tersebut agar tidak berkembang lagi
READ MORE - Selengkapnya

MENGENAL PENYAKIT HERNIA PADA BAYI


Penyakit Hernia Pada Anak Bayi
Penyakit hernia tidak hanya menyerang orang dewasa. Anak-anak atau bayi bisa juga terkena penyakit ini. Salah satunya adalah yang terjadi pada keponakan saya, seorang balita laki-laki usia belum genap dua tahun. Dari pemeriksaan dokter, diketahui bahwa si bayi terkena penyakit hernia.


Kasus hernia pada bayi dan anak mungkin tidak sebanyak kasus yang sama pada orang dewasa. Menurut sebuah penelitian 1 – 2 % dari bayi yang lahir terkena penyakit ini. Mungkin itu sebabnya kasus pada anak bayi jarang diperhatikan orang. Padahal karena satu dan lain hal, mungkin hernia pada anak harus lebih diwaspadai dibanding pada orang dewasa.

Ciri-ciri hernia pada anak bayi
Hernia pada bayi dan anak lebih sulit dideteksi gejala atau ciri-cirinya. Itu karena, berbeda dengan orang dewasa, bayi atau anak banyak yang belum bisa mengungkapkan rasa sakitnya atau menunjukkan disebelah mana ia sakit. Mereka biasanya hanya akan menangis. Sedangkan orang tua sering tidak tau kenapa si anak menangis. Apakah karena sakit, karena lapar ataukah karena udara kepanasan dan lain-lain.



HERNIA PADA BAYI B

Itulah yang awalnya terjadi pada bayi keponakan saya. Orang tuanya semula tidak tau bahwa si anak menderita penyakit tersebut. Yang mereka tau si anak sering rewel dan suka meringis. Hernia pada anak itu diketahui lantaran orang tuanya curiga dengan kelakuan si anak yang selalu mengejan keras jika hendak buang air besar (BAB). Si bayi kelihatan susah sekali setiap hendak BAB.


Mengejan dengan keras saat hendak BAB adalah salah satu ciri hernia. Orang tua bayi pun lantas curiga jika anaknya terkena tersebut. Dan kecurigaan orang tuanya terbukti setelah si anak dibawa ke dokter. Oleh dokter yang memeriksanya, anak itu disimpulkan terkena penyakit hernia dan dianjurkan untuk dioperasi.

Berhubung usianya yang masih sangat muda, orang tua bayi memutuskan menunda operasi sampai si bayi bisa ngomong atau berkomunikasi. Pertimbangannya, jika si anak sakit atau ada sesuatu yang tidak nyaman, maka dia bisa mengungkapkan rasa sakit atau rasa tidak nyaman-nya tersebut.



HERNIA PADA BAYI C


Operasi hernia
Setelah si anak berusia dua tahun lebih, operasi hernia pun dilaksanakan di RS Harapan Kita, Jakarta. Waktunya persis sehari sebelum Hari Raya Idul Fitri 1434 H. Walaupun operasi hernia sering disebut sebagai operasi kecil dan biaya operasinya pun tidak terlalu mahal, tapi berhubung pasiennya juga anak kecil maka orang tuanya tetap merasa was-was.

Di rumah sakit, proses operasi hernia nya sendiri berlangsung lancar. Pagi hari sekitar jam 09.00 masuk ruang operasi, 1 atau 2 jam kemudian keluar dari ruangan. Sore harinya si anak sudah boleh pulang. Sepanjang perjalanan pulang, anak itu bahkan tertidur pulas dan tidak rewel. Mungkin karena pengaruh obat bius yang masih bekerja. Setelah sampai rumah barulah tangisannya pecah.

Pasca operasi, biasanya bekas operasi harus dijaga. Tidak boleh terkena air untuk jangka waktu tertentu. Selain itu juga jangan digaruk. Kelakuan si anak harus benar-benar dijaga, jangan sampai tangannya menggaruk perban bekas operasi. Biasanya menjelang kering, luka atau tempat bekas operasi terasa gatal dan ingin digaruk.

Sekarang ini operasi hernia bisa dilakukan pada usia anak yang lebih dini. Hal itu karena ilmu kedokteran sekarang sudah semakin maju dan berkembang.Tapi tentu saja dengan tidak mengabaikan syarat-syarat keselamatan operasi.

Operasi hernia sebaiknya jangan ditunda terlalu lama, karena semakin ditunda maka resiko terjadinya komplikasi akan semakin besar dan akan membuat pasien semakin menderita.
Akhirnya, sekarang sudah sekitar setahun lebih pasca operasi hernia, alhamdulillah si anak tetap sehat wal afiat. Keluhan dan rengekan sudah jauh berkurang. Tempo hari saat saya berkunjung ke rumahnya, anak itu sedang berlari-lari bersama teman sebayanya
READ MORE - Selengkapnya

INFORMASI PENYAKIT HERNIA

Hernia atau turun berok adalah turunnya buah zakar seiring melemahnya otot dinding perut. Penyakit ini memang kebanyakan laki-laki terutama anak-anak. Nama hernia berasal dari bahasa latin, herniae, yaitu menonjolnya isi suatu rongga melalui jaringan ikat tipis yang lemah pada dinding rongga.


Hernia dapat disebabkan oleh tidak sempurnanya penutupan kanal-kanal saluran perpindahan organ saat masih dalam kandungan, sehingga saluran yang seharusnya menutup tersebut, tetap terbuka dan menjadi titik lemah di dinding perut. Misalnya pada anak laki-laki, testis yang semula berada di dalam perut, akan berpindan ke lokasi normalnya sebelum bayi lahir, melalui suatu saluran khusus. Jika saluran tersebut tidak tertutup setelah bayi lahir, maka bayi dapat menderita turun berok/hernia.

Macam-macam Penyakit Hernia
Berdasarkan terjadinya penyakit hernia, penyakit ini terbagi menjadi dua jenis yaitu:
  • Hernia bawaan atau disebut sebagai kongenital
  • Hernia yang didapat atau disebut sebagai akuisita
Sedangkan berdasarkan letaknya, penyakit hernia terbagi menjadi empat jenis yaitu:
  • Hernia diafragma adalah organ perut menonjol ke dalam rongga dada lewat satu lubang pada diafragma (sekat yang memberi batas pada rongga dada dan rongga perut).
  • Penyakit hernia inguinal
  • Penyakit hernia umbilical yakni benjol yang masuk lewat cincin umbilikus.
  • Hernia femoral yakni benjolan di lipat paha yang lewat melalui anulus femoralis.
Menurut sifatnya, penyakit hernia terbagi menjadi lima jenis yakni:
  • Reponibel yaitu jika isi hernia bisa keluar masuk.
  • Irreponibel yaitu jika isi kantong hernia tidak bisa dikembalikan ke dalam rongga.
  • Strangulata yaitu jika mendapati keluhan nyeri karena pembuluh darah yang terjepit.
  • Incarserata yaitu didapatinya tanda obstruktif, contohnya tidak bisa buang air besar, tidak bisa buang angin dan ada rasa nyeri.
  • Hernia akreta yaitu keluhan rasa nyeri tidak ada dan tidak ada tanda sumbatan usus karena perlekatan tersebut.
Gejala penyakit hernia
  • Timbul nyeri di daerah perut bagian bawah
  • Rasa sakit atau nyeri ini akan sangat terasa ketika ada tekanan di dalam perut seperti saat batuk, mengejan atau mengangkat beban yang berat
  • Muncul benjolan di daerah selangkangan atau daerah perut, benjolan ini akan meningkat ukurannya ketika berdiri atau tekanan perut meningkat
  • Pada beberapa kasus timbul tonjolan tanpa disertai dengan rasa sakit yang jika terus dibiarkan bisa membuat hernia masuk ke dalam skrotum
  • Terkadang muncul rasa sakit yang disertai dengan demam
  • Jika usus sudah terjebak atau terjepit dalam jangka waktu lama bisa mengalami kerusakan yang ditandai dengan mual dan muntah
  • Timbul nyeri yang selalu hadir diikuti dengan gejala gangguan pencernaan
Selama ini lebih dikenal sebagai penyakit pria, karena hanya kaum pria yang mempunyai bagian khusus dalam rongga perut untuk mendukung fungsi alat kelaminnya. Berdasarkan penyebab terjadinya, turun berok/hernia dapat dibedakan menjadi hernia bawaan (congenital) dan hernia dapatan (akuisita). Sedangkan menurut letaknya, hernia dibedakan menjadi hernia inguinal, umbilical, femoral, diafragma dan masih banyak lagi nama lainnya.

Turun Berok atau Hernia bukanlah penyakit turunan dan dapat terjadi pada semua umur baik tua maupun muda. Proses terjadinya hernia pada bayi berbeda dengan hernia pada orang dewasa yang biasanya pada bayi, lebih sering disebabkan oleh kurang sempurnanya procesus vaginalis untuk menutup seiring dengan turunnya testis atau buah zakar. Biasanya yang sering terkena hernia adalah bayi atau anak laki-laki. Pada orang dewasa, hernia terjadi karena adanya tekanan yang tinggi dalam rongga perut dan kelemahan otot dinding perut karena faktor usia.

Bagian hernia terdiri dari cincin, kantong, dan isi hernia itu sendiri. Isi hernia yaitu usus, ovarium, dan jaringan penyangga usus (omentum). Bila ada bagian yang lemah dari lapisan otot dinding perut, maka usus dapat keluar ke tempat yang tidak seharusnya, yakni bisa ke diafragma (batas antara perut dan dada), bisa di lipatan paha, atau di pusar. Umumnya hernia tidak menyebabkan nyeri. Namun, akan terasa nyeri bila isi hernia terjepit oleh cincin hernia. Infeksi akibat hernia menyebabkan penderita merasakan nyeri yang hebat, dan infeksi tersebut akhirnya menjalar dan meracuni seluruh tubuh.
READ MORE - Selengkapnya

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails