Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

BAHAN ALAMI UNTUK MEMUTIHKAN KULIT

BAHAN ALAMI UNTUK MEMUTIHKAN KULIT
Cara memutihkan kulit tubuh secara alami merupakan hal yang sangat diminati oleh wanita Indonesia. Pasalnya, metode seperti ini dijamin akan memberikan hasil yang terlihat lebih natural, tentu akan sangat berbeda jauh dengan polesan make up.

Wanita Indonesia memang sangat mendambakan kulit yang putih bersih. Ada begitu banyak cara yang siap mereka tempuh, mulai dari menggunakan sabun pemutih, lotion, penggunaan obat-obatan tertentu, atau untuk tingkat yang lebih ekstrim melakukan suntik pemutih.

Perawatan instan bukan hanya memiliki harga yang relatif mahal, namun juga resiko yang ditimbulkannya sangat besar akibat kandungan bahan-bahan kimia di dalam produk tersebut. Padahal, kulit yang putih bersih masih bisa Kamu dapatkan dengan melakukan cara-cara yang alami.

Berikut ini adalah bahan-bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk memutihkan kulit tubuh. Bahan-bahan ini cukup murah dan bisa ditemui di pasaran.

Yogurt

Kamu bisa memanfaatkan yogurt untuk mendapatkan kulit wajah, tangan, dan juga kaki yang lebih putih dari sebelumnya.

Selain bisa memutihkan, yogurt juga mampu menjaga tingkat kelembapan kulit. Agar bisa mendapatkan manfaatnya, jadikanlah yogurt sebagai masker.

elain itu, Kamu bisa juga menambahkan madu, lalu terapkan pada bagian kulit Kamu secara merata dan diamkan sekitar 10 menit. Setelah Kamu merasakan kulit yang terasa kencang, bersihkan dengan air dingin.

Tomat

Tomat bisa juga digunakan untuk memutihkan kulit dikarenakan kandungan vitamin C nya yang sangat tinggi.

Caranya dengan menghaluskan tomat terlebh dahulu, lalu tambahkan air lemon dan air mawar secukupnya.

Aduk semua bahan ini hingga rata, lalu oleskanlah pada bagan wajah dan leher Kamu. Setelah 15 menit, bersihkan dengan menggunakan air dingin.

Jeruk Nipis

Tidak berbeda dengan tomat, jeruk nipis juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga bisa dimanfaatkan untuk memutihkan kulit.

Kandungan vitamin C bekerja sebagai agen pencerah alami sehingga kulit Kamu akan mengalami tingkat kecerahan yang bertahap dan terlihat sangat alami. Caranya cukup dengan mengoleskan air perasan jeruk nipis pada wajah Kamu, lalu biarkan hingga kering dan bilas setelah beberapa saat.

Mungkin saat penggunaan pertama kali Kamu akan merasakan perih, namun hal ini masih wajar karena sebagai indikator bahwa kandungan jeruk nipis ini sedang bekerja pada kulit Kamu.

Apabila Kamu menggunakan perawatan ini secara rutin, maka rasa perihnya akan berangsur-angsur berkurang dan kulit yang putih pun akan segera Kamu dapatkan.

Alpukat

Cara memutihkan kulit tubuh secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan buah alpukat yang sudah terbukti efektif dalam mengatasi kulit belang.

Cara penggunaanya cukup dengan menghaluskan buah alpukat lalu oleskan pada kulit Kamu yang mengalami belang. Diamkan selama beberapa saat, lalu cuci bersih.

Putih Telur

Campurkan putih telur dengan air jeruk nipis dan kocok hingga merata, lalu panaskan. Tunggu hingga ramuan tersebut terlihat lebih padat dan biarkan suhunya menurun.

Setelah dingin, gunakanlah krim ini sebagai bahan lulur setiap kali Kamu hendak mandi. Diamkan selama 15 menit, lalu lanjutkan dengan mandi agar sisa-sisa krim tersebut bisa hilang dengan sempurna.

Bengkoang

Bengkoang memiliki kandungan vitamin dan kalsium yang secara medis terbukti bisa memutihkan kulit tubuh. Caranya dengan memarut bengkoang terlebih dahulu, lalu balurkanlah pada seluruh tubuh Kamu.

Tunggu hingga kering, lalu bilas bersih. Selain bisa memutihkan kulit, zat-zat di dalam bengkoang ini juga mampu menciptakan efek dingin pada kulit. Hal ini sangat bermanfaat jika suhu di luar ruangan sedang tinggi dan Kamu hendak melakukan aktivitas di luar.
READ MORE - Selengkapnya

CARA ALAMI MENGOBATI SAKIT KEPALA

CARA ALAMI MENGOBATI SAKIT KEPALA

Jika sakit kepala menyerang, biasanya orang-orang memilih untuk tidur atau langsung membeli obat sakit kepala guna meringankan gejala yang terjadi.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi sakit kepala, salah satunya yaitu dengan minum obat pereda nyeri. Namun ada juga beberapa cara alternatif yang bisa dilakukan untuk mengatasi sakit kepala tanpa obat.

Cara Alami Mengatasi Sakit Kepala

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk meredakan atau bahkan mengobati sakit kepala dengan cara alami tradisional.

Pijat

Pijat bisa menjadi solusi alternatif mengatasi sakit kepala tanpa obat. Sebab, penggunaan obat yang berlebihan dan terlalu sering juga tidak baik.

Anda dapat melakukanlah pemijatan pada area kepala, pelipis, punggung dan bahu dengan lembut. Cara ini dapat meringankan sakit kepala yang Anda derita. Jika dalam beberapa saat sakit kepala kambuh lagi, lakukan pemijatan ulang.

Pemijatan untuk meringankan sakit kepala akan lebih efektif bila dilakukan oleh ahli karena mereka tau bagian mana yang harus dipijat agar sakit kepala dapat segera reda.

Terapi panas dingin

Terapi panas dingin aman dilakukan untuk mengusir rasa sakit kepala. Bahkan Ibu hamil juga boleh melakukannya. Caranya yaitu dengan mengambil beberapa es batu dan taruh di dalam kain, kemudian tempelkan pada bagian leher dan pelipis. Terapi panas dingin ini dapat mengurangi ketegangan yang menyebabkan sakit kepala.

Minum banyak air

Begitu banyak manfaat yang bisa kita dapat dari minum air putih. Selain dapat menetralisir racun di dalam tubuh, minum banyak air putih juga merupakan tindakan yang tepat guna meringankan sakit kepala. Akan lebih baik lagi jika Anda minum air putih dalam keadaan hangat karena dapat mencegah sakit berlanjut seperti demam.

Cara Mencegah Sakit Kepala


Sekarang, bagaimana kita mencegah sakit kepala? Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda coba untuk terhindar dari sakit kepala yang mengganggu.

Porsi tidur yang tepat

Kurang tidur merupakan hal yang dapat menyebabkan sakit kepala. Sebab, tubuh dan pikiran akan kelelahan sehingga memicu timbulnya sakit kepala. Demikian juga terlalu banyak tidur. Tidur berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan sehingga menyebabkan sakit kepala.

Jika Anda ingin terhindar dari sakit kepala, pastikan porsi tidur Anda cukup. Tidak kurang dan tidak berlebihan.

Hindari konsumsi zat berbahaya

Hati-hati mengonsumsi makanan karena sekarang terdapat makanan yang mengandung zat berbahaya seperti karsinogen. Zat berbahaya ini merupakan racun yang sangat berbahaya bagi tubuh.

Makanan alami dan segar yang kita oleh sendiri pastinya akan lebih baik dan aman untuk dikonsumsi. Jika Anda mengonsumsi makanan sehat, tentunya gejala sakit kepala juga dapat diminimalisir.

Kurangi stres

Stres merupakan pemicu sakit kepala yang paling banyak terjadi. Jika Anda mengalami masalah atau tekanan dalam pekerjaan, sebaiknya lakukan olahraga untuk meredam dan menghindari stres.
READ MORE - Selengkapnya

CARA ALAMI MENGOBATI KUTU AIR


CARA ALAMI MENGOBATI KUTU AIR
Kutu air merupakan masalah kulit yang sering dijumpai. Kutu air sendiri disebabkan oleh jamur parasit yang biasa menyerang kulit terutama pada bagian kaki. Biasanya orang yang terkena kutu air akan mengalami gatal-gatal, terutama pada sela-sela jari kaki.

Orang yang sering mandi di kolam renang atau pemandian umum rawan terkena kutu air karena tempat tersebut kurang terjaga kebersihannya.

Selain itu, terjadinya kutu air di kaki juga bisa disebabkan karena kurang menjaga kebersihan. Misalnya sepatu dan kaus kaki yang kotor dan lembab dapat menjadi pemicu timbulnya kutu air dan menyebabkan bau tidak sedap.

Jika jamur penyebab kutu air berkembang, kaki akan terasa perih dan gatal. Jika dibiarkan maka kulit akan terluka dan mengelupas. Namun sebaiknya Anda jangan khawatir, dengan bahan alami yang mudah ditemukan kutu air juga bisa disembuhkan.

Minyak kelapa

Minyak kelapa mampu menghambat tumbuhnya jamur di kulit, termasuk jamur panu dan jamur penyebab kutu air. Oleh karena itu, minyak kelapa ampuh mengatasi kutu air yang tumbuh di kaki. Selain itu, minyak kelapa juga dapat digunakan untuk perawatan kulit sehingga melembabkan kulit secara alami.

Cuka apel

Akibat tumbuhnya jamur pada kaki menyebabkan pH kulit menjadi tidak seimbang. Agar pH kulit menjadi normal, obat kutu air yang bisa digunakan yaitu cuka apel.

Rendam kaki yang terkena kutu air pada larutan cuka apel kurang lebih 20 menit. Lakukan cara ini teratur setiap hari sampai kutu ir di kaki sembuh.

Air garam

Air garam merupakan obat alami kutu air yang paling sederhana dan mudah ditemukan. Garam memiliki sifat anti jamur sehingga ampuh mengobati kutu air. Rendam kaki selama kurang lebih 15 menit pada air hangat yang telah ditaburi garam. Jika dilakukan secara rutin, cara ini efektif mengatasi kutu air di kaki.

Daun Teh

Teh yang umumnya dijadikan minuman, ternyata juga memiliki zat yang ampuh memberantas kutu air. Kandungan asam tannic pada teh mampu membasmi jamur yang tumbuh di kulit sehingga kutu air dapat reda.

Cara penggunaannya yaitu dengan menyeduh teh secukupnya dengan air yang mendidih. Setelah mulai hangat, gunakan untuk merendam kaki kurang lebih selama 30 menit. Lakukan secara teratur agar kutu air segera hilang.
READ MORE - Selengkapnya

MENGATASI DAN MENCEGAH DEMAM KEJANG PADA ANAK

MENGATASI DAN MENCEGAH DEMAM KEJANG PADA ANAK
Biasanya kejang atau step terjadi pada anak yang daya tahan tubuhnya menurun. Ketika daya tahan tubuh si anak menurun maka akan rentan terserang penyakit. Ketika terserang penyakit maka sistem imun pada tubuh anak akan melakukan perlawanan dan mengakibatkan suhu tubuh menjadi meningkat. 

Toleransi tiap anak pada meningkatnya suhu tubuh berbeda-beda, tapi kebanyakan pada range 38-40 derajat Celcius. Bila melewati batas toleransinya maka anak akan mengalami kejang. Saat suhu tubuh meningkat maka oksigen akan mudah menguap. Hal ini akan membuat anak mengalami kesulitan dalam bernafas sehingga asupan oksigen ke otak terhambat. Dengan minimnya oksigen ke otak inilah yang membuat otak bekerja tidak sempurna sehingga mengalami konslet atau kejang. Berikut ini beberapa penyakit yang dapat menyebabkan kejang-kejang pada anak.

1. Pilek
2. Radang Tenggorokan
3. Diare
4. Muntaber
5. Keturunan


Ciri-ciri Kejang Pada Anak


1. Bola mata melihat ke atas kening.
2. Kedua tangan dan kaki menjadi kaku dan disertai gerakan kejut.
3. Gigi antara rahang bawah dan atas terkatup.
4. Kadang-kadang disertai dengan muntah dan nafas terhenti sejenak.
5. Apabila sudah parah biasanya disertai dengan tidak sadarkan diri.
6. Kejang yang terjadi biasanya hanya selama 5 menit, namun jika terjadi lebih lama dari 15 menit maka sudah termasuk membahayakan sebab dapat menyebabkan kerusakan pada otak.


Cara Mengatasi Kejang-kejang Pada Anak


1. Jangan Panik, pindahkan anak ke tempat yang aman seperti kasur dan lantai dan jauh dari benda-benda yang berbahaya.

2. Segera longgarkan pakaiannya dan lepas semua yang menghambat saluran pernafasan sang anak.

3. Miringkan tubuhnya karena umumnya akan mengeluarkan air liur dari mulut yang diakibatkan produksi air liur berlebih sebab syaraf yang mengatur kelenjar air liur tidak terkontrol lagi. Hal ini bertujuan agar cairan langsung keluar sehingga tidak menggenang di mulut dan menghambat saluran pernafasan.

4. Kompres dengan kain yang telah direndam dengan air hangat dan hindari menggunakan air dingin apalagi air es sebab dapat menyebabkan benturan karena perbedaan suhu yang signifikan dan tentunya ini tidak baik. 

5. Jangan memasukkan apapun ke dalam mulut sang anak selama kejang berlangsung termasuk memberinya obat-obatan. 

6. Gunakan obat penghilang kejang yang disarankan oleh dokter. Obat ini diberikan kepada anak melalui anus. Obat penghilang kejang yang beredar di pasaran adalah Stesolid. 

7. Segera bawa anak ke rumah sakit terdekat. Hal ini bertujuan agar otak tidak terlalu lama tidak mendapat oksigen karena dapat mengganggu otak sang anak.


Pencegahan Kejang-kejang Pada Anak


Kejang-kejang pada anak merupakan hal yang tidak baik sebab dapat merusak sel otak pada anak. Oleh karena itu kita harus melakukan pencegahan sebab jika anak sekali mengalami kejang maka ada kemungkinan akan terulang kembali.

1. Segera beri obat penurun panas jika anak terasa mulai mengalami demam. Perbandingan obat yang bisa anda berikan adalah 10 miligram per 1 kg berat anak. Sebagai acuan, satu sendok takar sirup adalah 100 miligram.

2. Segera kompres menggunakan air hangat, jangan air dingin. Insya Allah panas anak akan menurun.

3. Hal yang paling penting adalah menjaga agar suhu badan anak tidak melebihi 37.5 derajat Celcius, sebab jika telah mencapai 38 derajat atau lebih maka kemungkinan besar bisa terjadi kejang. Jadi harus sang anak harus selalu dalam pengawasan anda.

4. Agar penanganannya lebih profesional sebaiknya periksakan anak anda ke dokter.
READ MORE - Selengkapnya

CARA ALAMI OBATI ASAM LAMBUNG


Adanya penyakit maag disebabkan karena luka atau peradangan di lambung. Luka tersebut menimbulkan rasa sakit dan mual yang dapat membuat penderitanya tersiksa.


Sakit maag sendiri bisa disebabkan karena banyak faktor, misalnya akibat pengaruh mikroorganisme, terlalu banyak mengonsumsi alkohol, stres dan pola makan yang tidak teratur.

Cara mengobati maag bisa saja dengan berbagai obat yang dijual di pasaran. Akan tetapi, dalam jangkan panjang penggunaan obat justru dapat mengakibatkan ketergantungan. Jadi, akan lebih baik jika kita mengobati maag dengan bahan alami karena lebih aman dan tanpa efek samping.

Bahan-bahan tersebut juga cenderung lebih mudah ditemukan di sekitar kita dan murah sehingga tidak memerlukan biaya yang mahal.




Berikut adalah tiga bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengobati penyakit maag. Bahan ini tidak sulit didabat, apabila Anda tertarik, bahan ini juga mudah ditanam.


Sudah sejak lama jika kunyit dikenal khasiatnya untuk kesehatan, salah satu manfaatnya yaitu untuk mengobati maag.

Cara pengolahannya mudah, pertama ambil beberapa ruas kunyit, kemudian cuci sampai bersih dan kupas kulit arinya. Parut kunyit yang telah bersih dan peras airnya, minumlah air perasan tersebut secara rutin tiap pagi dan sore hari.

Selain cara tersebut, untuk mengobati maag dengan kunyit yaitu dengan merebus kunyit yang telah dipotong-potong. Minum air rebusan kunyit setiap pagi dan sore hari.

Jika dilakukan secara rutin, cara ini efektif untuk meringangkan sakit maag.


Pisang yang enak rasanya ini ternyata juga berkhasiat untuk mengobati maag. Buah pisang memiliki sifat anti bakteri yang dapat menghambat tumbuhnya bakteri penyebab sakit maag.

Pisang juga dapat menurunkan kadar asam lambung sehingga cocok dikonsumsi oleh penderita maag. Makanlah buah pisang yang sudah matang sekitar dua atau tiga buah setiap hari untuk mengobati sakit maag yang Anda derita.


Bawang memang memiliki aroma yang tak sedap. Namun bawang putih merupakan bumbu masak yang mampu membuat masakan semakin lezat. Selain itu, ternyata bawang putih juga bisa mengobati maag secara alami.

Bawang putih memiliki beberapa kandungan yang mampu menjaga pencernaan. Cara penggunaannya yaitu dengan memarut beberapa siung bawang putih kemudian dicampur dengan satu gelas air hangat untuk diminum.

Agar sakit maag yang diderita cepat sembuh, sebaiknya lakukan cara ini secara rutin.
READ MORE - Selengkapnya

CARA ALAMI MENGOBATI BISUL

Jika anda terkena bisul biasanya akan berasa nyeri dan susah melakukan aktivitas. Bahkan jika munculnya bisul ada di muka bisa-bisa tidak hanya rasa sakit, tetapi juga rasa malu dan kurang percaya diri yang kita dapatkan. Untuk itu ada baiknya anda segera mengobati bisul tersebut. Untuk itu silahkan anda baca beberapa cara mengobati bisul berikut ini.


Menggunakan Daun Bayam
Untuk mengobati bisul, kita bisa menggunakan daun bayam. Daun bayam dipercaya dapat mengobati bisul.
Caranya:
  • Petiklah 1-2 lembar daun bayam yang masih segar.
  • Cucilah hingga bersih dengan air mengalir.
  • Tumbuklah atau lumatlah daun bayam, bisa menggunakan telapak tangan hingga lumat.
  • Tambahkan sedikit garam.
  • Tempelkan Pada bagian tubuh yang terkena bisul, tapi jangan sampai menutupi mata bisul.
  • Daun bayam dan garam akan memberikan efek dingin pada bisul yang berasa panas dan berdenyut-denyut.
  • Lakukan cara ini beberapa kali sehari hingga bisul anda sembuh.

Menggunakan Daun Cabe
Untuk mengobati bisul, kita bisa menggunakan daun cabe, hal ini dikarenakan daun cabe dipercaya dapat mengobati bisul.
Caranya:
  • Petiklah segenggam daun Cabe
  • Cucilah hingga bersih menggunakan air mengalir.
  • Tumbuklah daun cabe hingga halus.
  • Kemudian campurlah dengan 1 sendok teh minyak kelapa, aduk hingga tercampur rata.
  • Selanjutnya oleskan pada bagian tubuh anda yang terkena bisul, tetapi jangan sampai menutupi mata bisul.
  • Diamkan hingga ramuan mengering dengan sendirinya.
  • Lakukan cara ini beberapa kali sehari hingga bisul anda pecah dengan sendirinya.

Menggunakan Bawang Putih
Selain dapat mengobati sakit gigi, kita juga bisa memanfaatkan bawang putih untuk mengobati bisul.
Caranya:
  • Siapkan Beberapa siung bawang putih.
  • Parutlah hingga halus, atau bisa juga ditumbuk hingga lumat.
  • Tempelkan atau oleskan pada bagian tubuh yang terkena bisul, tapi jangan sampai menutupi mata bisul.
  • Efek dari pengobatan ini agak sedikit panas, tapi dengan begitu akan memperlancar peredaran darah di sekitar bisul sehingga membuat bisul cepat naik dan pecah alias cepat matang.
  • Lakukan cara ini beberapa kali sehari hingga bisul anda pecah dengan sendirinya.

Daun Sirih
Selain dapat mengusir nyamuk, daun sirih juga sangat bermanfaat untuk mengobati bisul, tapi hanya untuk bisul yang mulai pecah.
Caranya:
  • Petiklah beberapa lembar daun sirih.
  • Cucilah hingga bersih.
  • Rebus hingga mendidih.
  • Dinginkan air rebusan hingga menjadi hangat, kemudikan seka kan ke bisul yang sudah mulai pecah.
  • Anti biotik yang terkandung pada daun sirih akan membasmi bakteri yang ada pada nanah dari bisul.
READ MORE - Selengkapnya

RAMUAN ALAMI MENGOBATI DIARE

Sebelum adanya obat-obat praktis seperti obat kimia, orang-orang terdahulu ternyata mengobati sakit diare dengan berbagai ramuan tradisional seperti kunyit, beras, teh pahit, atau garam.

Kunyit dan beras ketan


Kunyit

Kunyit dan beras merupakan ramuan alami yang bisa mengobati diare. Cara pembuatannya yaitu, sangrai (goreng tanpa minyak) beras ketan sebanyak 100gram. Lalu, bakar 1 jari kunyit sampai hangus. Kemudian tumbuk kedua bahan tersebut sampai halus dan seduh dengan air panas.

Aturan pakainya yaitu satu sendok makan untuk sekali seduh. Minum ramuan ini 3 kali dalam sehari untuk mengobati diare. Sebaiknya lakukan secara rutin sampai diare yang Anda derita benar-benar sembuh.

Cuka apel

Cuka apel berbeda dengan cuka lainnya. Cuka apel bermanfaat untuk mengobati diare. Caranya yaitu dengan mengonsumsi dua sendok teh cuka apel untuk mengobati diare secara cepat.

Anda tidak perlu repot membuat cuka apel, sudah banyak tersedia berbagai jenis cuka apel yang bisa Anda beli di pasaran.

Teh pahit

Teh tanpa gula atau teh pahit bisa membantu meringankan diare Anda. Teh pahit manjur mengobati diare karena zat yang terdapat pada teh mampu mencegah tinja menjadi cair. Meskipun tidak boleh menambahkan gula, Anda dapat menambahkan madu jika Anda tidak menyukai rasa pahitnya.

Ramuan kunyit
Kunyit merupakan obat tradisional yang mampu mengatasi berbagai keluhan penyakit. Salah satunya yaitu diare. Cara penggunaannya yaitu, parut dan rebus kunyit bersama dua gelas air. Biarkan mendidih hingga airnya menyusut hanya tinggal satu gelas. Selagi masih hangat, minumlah air rebusan kunyit tersebut untuk mengobati diare.

Larutan garam atau oralit

Oralit atau larutan garam merupakan obat diare yang sudah banyak dikenal dan terbukti ampuh. Oralit atau larutan garam elektrolit ini efektif untuk mencegah frekuensi buang air besar yang terlalu sering dan tidak wajar.
READ MORE - Selengkapnya

CARA ALAMI MENGOBATI MATA SAKIT

Meskipun tidak tergolong sakit berbahaya namun sakit mata ini cukup mengganggu aktivitas. Belum lagi menurunnya kepercayaan diri akibat salah satu mata kita bengkak dan berwarna merah. Selain itu rasanya yang cukup perih dan berair saya rasa akan mengganggu penglihatan kita.

Sakit mata yang menular ini biasanya disebabkan oleh virus dan kuman yang masuk ke mata kita sehingga terjadi infeksi. tanda-tanda awalnya biasanya kita akan merasakan pedih dan gatal pada mata, kemudian mata pun akan mulai membengkak sampai merasa sulit untuk membuka mata saat bangun tidur di pagi hari yang diakibatkan penumpukan kotoran pada kelopak mata.

Nah sobat sekalian, saya rasa sakit mata ini cukup mengganggu aktivitas kita. Untuk itu bagi sobat yang sedang mengalami sakit mata, berikut ini saya mempunyai tips untuk mengobati sakit mata. Sedangkan bagi teman-teman yang belum merasakannya, sebaiknya artikel ini di simpan saja untuk jaga-jaga. Baiklah langsung saja, untukmengobati sakit mata silahkan sobat pakai cara mengobati sakit mataberikut ini. 


Cara Mengobati Sakit Mata


1. Cucilah muka anda dengan air bersih hingga mata anda terbebas dari kotoran dan debu.

2. Kemudian keringkan menggunakan handuk bersih.

3. Siapkan 1 siung bawang putih yang sudah di kupas bersih.

4. Potonglah sedikit bagian ujung bawang putih. Ini bertujuan untuk mengeluarkan kandungan bawang putih.

5. Gosokkan secara perlahan sejajar akar bulu mata seperti saat anda menggunakan eye liner.

6. Lakukan hanya pada kelopak bagian bawah saja, karena kandungan bawang putih yang menguap dari kelopak bagian bawah akan langsung mengenai mata.

7. Tunggulah beberapa saat hingga terasa perih, mengeluarkan air mata, geli, bahkan gatal hingga membuat seolah-olah kepala bergoyang.

8. Biarkan saja, jangan langsung di cuci, bahkan lakukan penggosokan sampai beberapa kali lagi. 

9. Agar tidak mengganggu pekerjaan, sebaiknya lakukan treatment ini sesaat sebelum tidur.
READ MORE - Selengkapnya

TIPS MENURUNKAN DEMAM TINGGI PADA ANAK

Panas tinggi pada anak terkadang dianggap biasa oleh ibu-ibu, terutama ibu-ibu muda yang baru memiliki satu orang anak. Namun bagi ibu-ibu yang sudah berpengalaman saya yakin tidak akan menganggap remeh panas tinggi pada anak, sebab dapat mengakibatkan kejang-kejang atau yang kita biasa kita kenal dengan istilah step.

Namun juga sebaliknya, bagi para ibu sebaiknya tidak usah panik ketika anak anda mengalami panas tinggi. Yang perlu anda lakukan hanya mengawasi dan selalu mengontrol panas badan anak anda jangan sampai melewati ambang batas daya tahan sang anak yaitu sekitar 38 derajat Celcius. Untuk menurunkan panas tinggi pada anak bisa anda coba melalui cara berikut ini.

Selama ini cara untuk menurunkan panas tinggi pada anak adalah dengan cara mengompresnya menggunakan air dingin. Bahkan lebih ekstrim lagi pada saat panik kita akan menggunakan air es untuk mengompres sang anak agar pans tingginya cepat turun. Namun ternyata cara yang kita gunakan itu kurang efektif dan dapat berdampak buruk bagi sang anak karena dapat menyebabkan kontraksi pada otaknya.

Jika kita menggunakan air dingin atau air es untuk menurunkan panas tinggi sang anak, maka otak sang anak akan terkejut dalam merespon hal tersebut karena adanya perubahan suhu yang terlalu drastis. Selain itu pendinginan secara singkat tersebut hanya berefek pada bagian kulit luar saja sedangkan bagian dalam tidak akibatnya tidak lama kemudian suhu panas anak akan meningkat kembali.

Sedangkan cara yang efektifnya adalah menggunakan air hangat untuk mengompres anak yang mengalami panas tinggi. Secara teori dalam cuaca dingin biasanya tubuh kita akan lebih hangat sebagai bentuk pertahanan diri, sedangkan sebaliknya dalam cuaca panas maka tubuh kita akan menurunkan suhunya sebagai bentuk pertahanan. Oleh karena itu untuk menurunkan panas tinggi pada anak bisa kita atasi dengan memanipulasi pembacaan otak melalui cuaca buatan menggunakan air hangat. 
READ MORE - Selengkapnya

PANDUAN TIPS MENGATASI KESEMUTAN


Kesemutan pada tangan terjadi karena adanya hambatan pada aliran darah yang mengalir ke syaraf-syaraf pada tangan. Biasanya terjadi atau kita alami saat kita sedang tidur karena kita tidak menyadari saat kita menghimpit atau menindih tangan terlalu lama. Bisa juga terjadi saat kita menonton TV sambil tiduran miring dan menopang kepala kita dengan tangan dalam waktu yang cukup lama.

Cara Mengatasinya

1. Posisikan tangan anda pada posisi yang nyaman.

2. Jika kesemutan terjadi pada tangan kiri maka jentiklah dengan sekuat tenaga jempol kaki kanan anda.

3. Jika terjadi kesemutan pada tangan kanan maka jentiklah dengan sekuat tenaga jempol kaki kiri anda.

4. Dengan cara ini kesemutan yang anda rasakan seperti rasa tertusuk-tusuk apa lagi saat posisi tangan dipindahkan akan hilang, yang tertinggal hanyalah rasa kebas dan itu rasanya tidak menyiksa.

5. Cukup diamkan sampai aliran darah normal kembali dan rasa kebasnya berangsur menghilang.

Kesemutan Pada Kaki

Kesemutan pada kaki biasanya terjadi saat kita duduk bersila terlalu lama, atau juga bisa terjadi saat kita duduk dalam posisi yang salah terlalu lama sehingga pembuluh darah terhimpit dan menyebabkan terhambatnya aliran darah ke syaraf pada kaki.

Cara Mengatasinya:

1. Posisikan kaki pada posisi yang nyaman.

2. Jika kesemutan terjadi pada kaki kanan maka jentiklah sekuat tenaga jempol tangan kiri anda.

3. Jika kaki yang kesemutan adalah kaki kiri anda maka jentiklah sekuat tenaga jempol tangan kanan anda.

4. Setelah melakukan hal itu insya Allah rasa kesemutan seperti tertusuk-tusuk jarumnya akan hilang dan hanya tertinggal rasa kebas.

5. Diamkan beberapa saat sampai aliran darah kembali normal dan rasa kebas pun akan berangsur menghilang.

Namun untuk kesemutan biasa yang disebabkan karena gangguan fungsi pada syaraf bisa diatasi dengan mengkonsumsi vitamin seperti vitamin B1, B6 dan B12. Vitamin-vitamin tersebut akan membantu memperbaiki fungsi-fungsi syaraf dan membantu melancarkan metabolisme tubuh.
READ MORE - Selengkapnya

PENGOBATAN BINTITAN PADA MATA


Bintitan dalam bahasa medisnya adalah hordeolum. Penyebab bintitan adalah disebabkan oleh infeksi atau peradangan pada kelenjar di tepi kelopak mata bagian atas maupun bagian bawah sehingga menimbulkan benjolan. Infeksi ini biasanya disebabkan oleh kelenjar tepi kelopak mata kita diserang oleh bakteri Stafilokokus.

Gejala awal dari mata bintitan biasanya adalah terasa adanya benjolan pada kelopak mata berwarna kemerahan. Selanjutnya akan disertai pembengkakan kelopak mata. Mata akan terasa nyeri terutama saat sedang menunduk. Selain itu juga akan muncul rasa gatal pada kelopak mata.

Yang lebih parah lagi adalah munculnya mitos yang beredar di masyarakat bahwa bintitan adalah akibat kita mengintip seseorang. Tidak tahu dari mana asalnya mitos tersebut tapi cukup membuat kita terhakimi sebagai seorang pengintip akibatnya akan berdampak pada menurunnya rasa percaya diri sehingga enggan bepergian keluar.

Dengan dampaknya yang seperti ini tentu membuat bintitan dapat mengganggu aktifitas dan kerja kita. Nah untuk itu bagi sobat yang menderita mata bintitan, sobat tidak perlu khawatir sebab bisa di obati. Untuk mengobati mata bintitan, sobat bisa mencoba cara mengobati mata bintitan berikut ini. 


Cara Mengobati Mata Bintitan


Kompres Mata Anda
Untuk mengobati mata bintitan, bisa anda lakukan dengan mengompres mata anda yang sakit. Hal ini bertujuan untuk mengempeskan dan menghilangkan bengkak pada mata anda akibat bintitan.

Caranya:
1. Siapkanlah handuk bersih dan air hangat.
2. Rendamlah handuk pada air hangat kemudian peras.
3. Kompreslah mata anda yang bintitan menggunakan handuk yang telah anda peras tadi.
4. Lakukan pengompresan selama kurang lebih selama 15 menit.
5. Lakukan cara ini secara rutin, insya Allah 1-2 hari bintitan anda akan mengempes. 

Bawang Putih
Selain dapat dimanfaatkan untuk mengobati sakit gigi dan mengobati bisul, bawang putih juga sangat bermanfaat untuk mengobati mata bintitan.

Caranya:
1. Siapkan satu siung bawang putih.
2. Kemudian irislah bawang putih tersebut atau bisa juga dengan di tumbuk hingga halus.
3. Oleskanlah ke bagian mata anda yang mengalami bintitan.

Obat Tetes Mata
Kenapa cara ini dimasukkan, padahal termasuk obat? melihat bentuknya yang seperti air jernih membuat terlihat alami dan saya memutuskan untuk memasukkan cara ini. Untuk mengobati bintitan anda juga bisa menggunakan obat tetes mata.

Caranya:
1. Teteskanlah obat tetes mata hanya saat mata merasa gatal dan disertai nyeri pada pinggir kelopak mata.
2. Jangan terlalu banyak meneteskannya dan jangan terlalu sering karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan mata.
3. Lakukan treatment ini 2-3 kali sehari.
READ MORE - Selengkapnya

MANFAAT BUAH SALAK BAGI KESEHATAN




Dalam bahasa latin, salak disebut sallaka edulis, sedangkan di Amerika dan Eropa buah ini disebut snake fruit karena bentuk kulit yang menyerupai sisik ular. Menurut beberapa survei, salak yang tumbuh hanya di daerah tropis memang tidak setenar apel, jeruk, atau pisang karena masih banyak yang belum tahu manfaat yang terkandung pada buah salak untuk kesehatan tubuh.
Apa saja kandungan gizi di dalamnya?
  • 368 kk energi
  • 0,8 gr protein
  • 90,3 gr karbohidrat
  • 0,4 gr lemak
  • 38 mg kalsium
  • 31 mg fosfor
  • 3,9 mg zat besi
  • 8,4 gr vitamin C
  • serat
  • beberapa gram vitamin B dan mineral
Sekarang, apa saja manfaat salak untuk kesehatan tubuh?
· 1. Meningkatkan sistem imun
Kandungan vitamin C pada salak meningkatkan kekebalan tubuh terhadap virus penyakit.

· 2. Menjaga kesehatan mata
Menurut beberapa hasil penelitian, salak mengandung betakarotin lima kali lebih banyak dari wortel, tomat, mangga dan semangka. Jadi jika Anda tidak menyukai wortel, bisa menggunakan salak sebagai buah alternatif memenuhi kebutuhan kesehatan mata.

· 3. Mencegah pertumbuhan kanker
Buah ini juga kaya antioksidan yang dapat mencegah tumbuh-kembang sel kanker penyebab kanker.

· 4. Mengobati diare
Salak mengandung tanin yang telah banyak dikenal sebagai bahan pengobatan pada diare.

· 5. Kaya serat
Mitos mengatakan bahwa mengonsumsi terlalu banyak akan membuat buang air besar menjadi susah. Padahal, kulit ari buah salak mengandung serat yang dibutuhkan tubuh, yang justru memperlancar pencernaan. Jadi usahakan kulit ari buah salak jangan sampai terbuang.

· 6. Membantu proses diet
Kandungan karbohidrat yang cukup tinggi mampu untuk menahan lapar ketika sedang menjalankan program diet.

· 7. Meningkatkan kecerdasan otak
Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa buah ini mampu meningkatkan kinerja otak dengan membawa kandungan pottasium dan pektin, yang dapat menutrisi beberapa syaraf serta mampu memperlancar dan mengendalikan peredaran darah menuju otak.
Tetapi, sayangnya salak tidak diperuntukkan bagi penderita maag dan tifus karena beberapa kandungannya tidak baik untuk pasien. Namun terlepas dari hal itu, Anda bisa mengonsumsi salak kapan saja. Bahkan, akan lebih nikmat lagi jika dibuat sebagai asinan atau kripik salak untuk camilan sehari-hari.
Begitu banyak manfaat buah salak yang dapat membawa kebaikan bagi kesehatan tubuh. Jadi kini, salak bisa menjadi alternatif buah untuk keseharian Anda, bukan
READ MORE - Selengkapnya

Pengobatan Penyakit dari Akar, Daun Karet Kebo


Pohon Karet kebo (Ficus elastica)



Karet kebo termasuk dalam Familia Moraceae. Pohon ini mempunyai tinggi 8 – 40 m dan mempunyai akar udara yang menggantung menuju tanah dan mempunyai getah berwarna putih. Karet kebo berasal dari India.

Karet kebo dapat ditemukan tumbuh liar atau dipelihara sebagai tanaman hias di taman-taman atau ditanam dalam pot dan dapat ditemukan sampai 500 m di atas permukaan air laut.

Daunnya merupakan daun tunggal yang duduk tersebar, bertangkai cukup panjang, dan mempunyai helaian daun yang tebal, keras, serta licin mengkilap seperti kulit. Bentuk daunnya memanjang atau elips dan mempunyai pangkal tumpul dengan ujung meruncing yang permukaan atasnya berwarna hijau tua mengkilap dan permukaan bawahnya berwarna lebih muda dan buram. Karet kebo mempunyai panjang daun 8 – 38 cm dan lebarnya 4 – 20 cm dengan pucuk daun di ujung tangkai bergulung diselubungi seludang tipis berwarna merah.

Bunganya terletak di ketiak daun dan berbentuk elips memanjang serta licin. Buahnya berwarna kuning kehijauan dengan panjang 1 – 1,5 cm. Tanaman ini berasal dari tanaman piphit atau dapat diperbanyak dengan stek. Getah pohon ini dapat dimanfaatkan untuk bahan baku industri yang disebut karet India.

Karet kebo mempunyai rasa pedas dan netral yang berfungsi melancarkan peredaran darah dan menghilangkan sakit (analgetik). Getahnya mengandung latex.

Bagian akar dari tanaman ini dapat digunakan untuk pengobatan yang dapat mengobati beberapa penyakit antara lain :


-Berhenti haid dalam usia masa subur (Amenorrhoe sekunder)

-Sakit maag, bisul.

Pengobatan menggunakan tanaman ini untuk pemakaian dalam dapat dilakukan dengan cara merebus 30 – 50 gr akar karet kebo dan menggunakan air rebusannya untuk diminum. Sedangkan untuk pemakaian luar dapat dilakukan dengan cara menggiling akar secukupnya sampai halus kemudian dibubuhkan ke tempat yang sakit.






A. Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis
Karet kebo memiliki rasa pedas dan bersifat netral. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam karet kebo di antaranya getah berupa senyawa karet (lateks). Efek farmakologis yang dimiliki oleh karet kebo di antaranya melancarkan peredaran darah dan menghilangkan sakit (analgetik).

B. Perbanyakan dan Perawatan Tumbuhan
Perbanyakan karet kebo dapat dilakukan dengan setek batang. Karet kebo dirawat dengan disiram air yang cukup, dijaga kelembapan tanahnya, dan dipupuk dengan pupuk organik.

C. Baglan Tumbuhan yang Digunakan dan Pemanfaatannya
Bagian akar karet kebo dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

1. Bisul
Cuci akar secukupnya sampai bersih, lalu giling halus. Tambahkan sedikit air dan aduk hingga menjadi bubur, lalu bubuhkan di tempat yang sakit.

2. Berhenti haid pada usia subur (amenorrhoea sekunder) 
Cuci bersih 40 g akar karet kebo, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan dua kali sehari masing-masing 1 gelas.

3. Maag
Cuci bersih 35 g akar karet kebo, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan dua kali sehari masing-masing 1 gelas.

4. Rematik sendi
Cud bersih 30—50 g akar karet kebo, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan dua kali sehari masing-masing 1 gelas.B. Kandungan Kimia dan Efek FarmakologisKaret kebo memiliki rasa pedas dan bersifat netral. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam karet kebo di antaranya getah berupa senyawa karet (lateks). Efek farmakologis yang dimiliki oleh karet kebo di antaranya melancarkan peredaran darah dan menghilangkan sakit (analgetik).

C. Perbanyakan dan Perawatan Tumbuhan
Perbanyakan karet kebo dapat dilakukan dengan setek batang. Karet kebo dirawat dengan disiram air yang cukup, dijaga kelembapan tanahnya, dan dipupuk dengan pupuk organik.

D. Baglan Tumbuhan yang Digunakan dan Pemanfaatannya
Bagian akar karet kebo dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

1. Bisul
Cuci akar secukupnya sampai bersih, lalu giling halus. Tambahkan sedikit air dan aduk hingga menjadi bubur, lalu bubuhkan di tempat yang sakit.

2. Berhenti haid pada usia subur (amenorrhoea sekunder) 
Cuci bersih 40 g akar karet kebo, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan dua kali sehari masing-masing 1 gelas.

3. Maag
Cuci bersih 35 g akar karet kebo, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan dua kali sehari masing-masing 1 gelas.

4. Rematik sendi
Cud bersih 30—50 g akar karet kebo, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan dua kali sehari masing-masing 1 gelas.
Update:
Membaca postingan di Tipspetani : Daun Karet Kebo sudah Banyak Digunakan sebagai Obat Stroke Ringan yang manjur.

READ MORE - Selengkapnya

Tips Mengobati Kuku Cantengan



Penyebab dan Cara Mengobati Kuku Cantengan, Cantengan atauparonychia adalah sebuah infeksi yang mempengaruhi bagian kulit sekitar kuku, baik itu bagian jari kuku pada tangan atau bagian jari kuku pada kaki. Kuku yang terkena cantengan biasanya masuk kedalam dan menusuk kedalam daging dan sering terjadi pada jempol kaki atau ibu jari kaki dan jari tangan. Gangguan kuku cantengan ini sering kali dialami oleh banyak orang baik anak-anak, dewasa, hingga orang tua. Penyakit yang cukup umum ini mungkin terlihat sederhana, namun jika dibiarkan saja dapat menjadi sebuah biters, sehingga muncul penyakit kuku kronis yang tentunya cukup mengganggu aktivitas Anda. Gejala yang timbul dari cantengan cukup banyak, namun yang pasti Anda yang mengalaminya akan merasakan rasa nyeri, linu dan perih yang cukup parah. Selain itu, terkadang muncul pula pendarahan dan peradangan.

Apa penyebab cantengan kuku terjadi? Ada banyak penyebab mengapa Anda bisa mengalami kuku cantengan. Diantara yang paling umum adalah karena terjadinya cedera pada bagian sekitar kuku dan ini biasanya hasil dari pemaksaan, tertimpa sesuatu, memakai sepatu yang terlalu sempit, menendang sesuatu dengan keras, tumbuhnya jamur pada kuku, gigitan ataupun kliping. Ketika terjadi cidera, maka kulit pada sisi-sisi kuku tersebut mengalami infeksi. Nantinya infeksi tersebut dapat diperparah oleh jamur ataupun bakteri, bahkan terkadang jamur dan bakteri bekerjasama untuk menginfeksi kulit kuku Anda tersebut. Pada keadaan yang cukup parah, cantengan mengeluarkan nanah dan bagian kuku mengeluarkan aroma atau bau yang cukup menyengat.

Bagaimana Cara Mengobati Terjadinya Kuku Cantengan?

Untuk mengatasi masalah ini, Anda harus melakukan beberapa penanggulangan dini. Namun jika cantengan sudah mengalami peningkatan yang cukup parah, misalnya saja kemerahan, pembengkakan dan penyebaran luka luar, maka hal tersebut adalah indikasi bahwa infeksi meningkat menjadi lebih serius dan parah. Oleh sebab itu, penanggulangannya harus didasari oleh konsultasi dokter agar segera mendapatkan pengobatan yang tepat sehingga cantengan bisa cepat berangsur sembuh, namun biasanya dokter akan menganjurkan untuk cabut kuku. Meskipun begitu, Ada beberapa cara yang mungkin ampuh dan bisa Anda lakukan untuk mengobati cantengan pada bagian kuku Anda tanpa dilakukan pencabutan atau operasi. Dibawah ini dijelaskan beberapa cara mengobati kuku cantengan ini !

1.) Perlindungan
Cara mengobati cantengan atau paronychia yang pertama adalah melakukan perlindungan terhadap luka tersebut. Ketika ingin menyentuh daerah yang sakit, Anda harus menggunakan sarung tangan yang dapat bekerja dengan air maupun bahan-bahan kimia. Selanjutnya Anda dapat menerapkan krim penghalang atau barrier creams untuk menjaga kelembapan daerah yang luka selagi melakukan penyembuhan kutikula.

2.) Garam dan air hangat
Anda dapat merendam jari ataupun kuku yang terkena cantengan menggunakan air panas yang dicampurkan dengan beberapa sendok garam. Lakukan cara ini selama 15 menit dan diulang selama dua hingga tiga kali setiap hari. Dengan cara ini, nantinya air garam hangat tersebut akan membuat rasa sakit mereda, sekaligus mengecilkan pembengkakan yang mungkin terjadi. Selain itu, air garam juga dipercaya dapat menghilangkan lecet serta nanah akibat cantengan.

3.) Minyak zaitun dan minyak pohon teh
Minyak zaitun sudah diteliti sejak lama mengandung banyak sekali manfaat bagi manusia. Salah satunya adalah sifat anti-bakteri, dimana minyak esensial ini mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab infeksi pada cantengan, sekaligus mencegah penyebarannya. Sedangkan minyak pohon teh berfungsi sebagai anti jamur, anti-septik sekaligus anti-bakteri yang secara efektif mampu mencegah serta menanggulangi infeksi akibat organisme mikro.

Penerapan minyak-minyak ini mudah saja, Anda hanya perlu mencampurkan minyak zaitun dengan minyak pohon teh pada jumlah yang sama. Setelah itu aduk hingga benar-benar tercampur. Lanjutkan dengan merendamkan kuku jari yang terkena cantengan pada wadah berisi ramuan tersebut. Lakukan cara ini sembari dipijat semampunya selama 15 menit.

4.) Cuka sari apel
Cara mengatasi cantengan selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan cuka sari apel sebagai penghambat infeksi. Anda hanya perlu mencampurkan air panas dengan cuka sari apel pada takaran yang sama. Setelah itu gunakan air tersebut untuk merendam kuku yang terkena infeksi selama 30 menit, hingga larutan cuka apel benar-benar terserap.

5.) Lemon
Kuku cantengan juga bisa diobat dengan lemon. Cara penggunaannya pun cukup mudah, yaitu dengan mengikat lemon yang telah diiris tipis pada bagiaan kuku yang cantengan dengan menggunakan perban dan diamkan. Lemon memikiki sifat asam yang mampu membantu dalam menyembuhkan infeksi yang terjadi.

6.) Hidrogen peroksida
Selain menggunakan beberapa bahan dapur, Anda juga dapat menggunakan zat hidrogen peroksida untuk menyembuhkan cantengan. Biasanya zat ini digunakan di rumah sakit sebagai anti-septik untuk membunuh bakteri penyebab luka dingin, gigitan serangga dan jerawat. Anda hanya perlu menerapkan hidrogen peroksida kepada daerah yang terinfeksi, sehingga nantinya luka menjadi lebih steril dari berbagai kotoran, termasuk nanah.

7.) Pergi ke dokter
Tidak semua cara menyembuhkan cantengan di atas dapat mengobati penyakit Anda tersebut dengan baik. Oleh sebab itu, dalam beberapa keadaan, Anda membutuhkan perawatan medis atau sekedar konsultasi dari seorang dokter. Terlebih jika cantengan yang Anda derita dibarengi dengan beberapa keadaan, seperti Anda memiliki diabetes, terjadi akumulasi nanah di dekat kuku, munculdemam, kemerahan di dekat kuku dan mulai menyebar ke jari, nyeri ataupun terjadi pembengkakan yang berlangsung selama tujuh hari atau lebih.

Terkadang Kita tidak terlalu memikirkan mengenai penyakit yang satu ini. Biasanya yang kita lakukan hanyalah mendiamkannya saja dan berharap sakit tersebut hilang dengan sendirinya. Oleh sebab itu, artikel mengenai penyebab dan cara mengobati kuku cantengan di atas semoga dapat membuka mata Anda bahwa penyakit kecil tidak boleh diremehkan dan harus segera dilakukan langkah pengobatan agar cantengan bisa cepat sembuh.

Selain pengobatan, ketika Anda sembuh dari masalah cantengan ini sebaiknya Anda selalu rutin menjaga dan membiasakan diri menjaga kebersihan kaki yaitu dengan merawat kuku dan rajin untuk membersihkan bagian kaki. Cantengan tidak hanya disebabkan oleh jamur namun juga bakteri. Biasanya bakteri yang memicu munculnya cantengan ini yaitu Staphylolebcoccus aureus, yang pada khususnya muncul pada cantengan yang akut. Jika sudah terkena cantengan apalagi cantengan yang sudah lama dan belum sembuh juga sebaiknya Anda memeriksakan diri kepada dokter untuk dilakukan cara terbaik penyembuhan cantengan tersebut. Biasanya dokter memberikan antibiotik apabila cantengan terlanjut terkena infeksi.
http://hariansehat.com/
READ MORE - Selengkapnya

MANFAAT DAUN SURUHAN UNTUK PENGOBATAN

Tanaman herba kecil ini punya nama Suruhan nama ini digunakan mengacu pada bentuk tanaman yang mirip dengan sirih (suruh) sehingga dikatakan sebagai suruhan (mirip sirih). Nama lain dari suruhan adalah tumpang air, katumpangan ayer dan seladaan. 

Suruhan merupakan tanaman liar yang biasa tumbuh di tempat-tempat lembab seperti di bawah tembok pagar rumah, atau biasa juga didapatkan di daerah pegunungan yang berhawa sejuk. Suruhan sendiri mempunyai nama Peperomia pellucida, dan masih berkerabat dengan sirih (piperaceae). 


Tanaman ini cukup mudah dikenali, tinggi sekitar 10-15 cm dan bisa mencapai 30 cm, batang lunak berair mengkilat, daun mirip daun sirip lunak dan mengkilap juga. Pada ujung batang biasa tumbuh bunga majemuk seperti bunga sirih. 
Berdasarkan hasil riset, diketahui bahwa batang dan daun suruhan mempunyai kandungan alkaloid, tanin, kalsium oksalat, lemak, dan minyak asiri.

Asam Urat:
  • Caranya: 5 gram daun dan batang suruhan dicuci bersih, tambahkan dua gelas air, lalu direbus dengan api kecil hingga tersisa satu gelas air. Minum saat pagi dan malam.
Abses, bisul, jerawat, dan radang kulit : Dua pohon tanaman segar ukuran kecil ( tinggi o 7-10 cm tinggi ) dicuci bersih. Rebus tanaman dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Minum airnya sekaligus 1 gelas selagi hangat. Lakukan pengobatan sehari 2 x dengan dosis yang sama. Sisa air ramuan sebaiknya dibuang. Buat ramuan segar lagi untuk setiap kali akan minum ramuan yang berikutnya.
Luka bakar dan terpukul : Ambil tanaman segar secukupnya. Cuci bersih, lalu lumatkan tanaman, Tempelkan ramuan dibagian tubuh yang sakit.
Penyakit ginjal : Cuci bersih tanaman segar berukuran kecil ( tinggi 7 – 10 cm tinggi ). Rebus tanaman dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Minum airnya sekaligus selagi hangat. Lakukan pengobatan sehari 2 x, masing- masing 1 gelas. Sisa air ramuan sebaiknya dibuang. Buat ramuan segar lagi untuk setiap kali akan minum ramuan yang berikutnya.

Sakit perut : Tumbuk halus herba segar yang telah dicuci bersih. Peras hasil tumbukan, lalu minum air perasan itu.
READ MORE - Selengkapnya

PENGOBATAN ALTERNATIF DARI REBUSAN KULIT SALAK


Buah salak atau nama ilmiahnya Salacca zalacca merupakan tanaman palem-paleman yang mudah didapatkan. Kulit buah salak ini mirip sekali dengan kulit ular makanya nama internasionalnya adalah snake fruit atau buah ular. Kulit salak yang selama ini dibuang begitu saja ternyata sangat bermanfaat bagi penderita diabetes atau penyakit gula. 

Kulit salak mengandung unsur kimia yang berguna bagi kesehatan. Unsur kimia dalam kulit buah salak tersebut bekerja secara bersamaan pada tubuh pasien untuk menyembuhkan penyakit. Unsur aktif yang terkandung di dalam kulit salak yang berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit diabetes adalah:

  1. Ferulic Acid dan Proline; senyawa yang mendorong terbetuknya kolagen dan elastin (dua unsure penting untuk memulihkan jaringan).
  2. Cinnamic acid derivatives; senyawa yang mendorong regenerasi sel epitel
  3. Zat zat diatas berperan penting dalam proses perbaikan pancreas pada penderita diabetes tipe I.
  4. Arginin; senyawa yang menstimulir pembelahan sel dan memperkuat biosintesa protein. Zat Bee Health Products & Bee Health Propolis ini sangat bermanfaat untuk normalisasi sel-sel tubuh agar responsive pada insulin, zat ini sangat dibutuhkan oleh penderita diabetes tipe II
  5. Pterostilbene; senyawa ini merupakan zat anti diabetes dan berperan langsung dalam menurunkan kadar gula darah.

Cara penggunaan kulit salak sebagai obat diabetes :

1. Ambil kulit salak dari 4 – 6 buah salak, cuci bersih.
2. Masukkan ke dalam kuali tanah tambahkan 1 liter air.
3. Rebus menggunakan api kecil sekali, sampai mendidih airnya.
4. Saring dan minum airnya.

catatan : Kulit salak yang sudah direbus tidak bisa dipergunakan kembali. Sehari minum 1 liter air rebusan kulit salak. Lakukan sampai 2 minggu secara terus menerus, dan gula darah akan menjadi normal, dan selain itu tekanan darah akan stabil.
READ MORE - Selengkapnya

PENGOBATAN UBAN DARI DAUN RAMBUTAN



Buah rambutan yang nama ilmiahnya adalah Nephelium lappaceum, tentunya sangat akrab dengan masyarakat di indonesia, ada banyak jenis rambutan dari Aceh rapiah, binjia dll. Disamping buahnya yang enak dan bermanfaat, ternyata daun rambutan juga banyak menyimpan khasiat, salah satunya untuk menghitamkan rambut beruban. 

Rambut ubanan saat ini tidak hanya terjadi ada orang tua saja, orang muda bahkan anak-anak pun sudah banyak yang rambutnya beruban. Uban ini terjadi karena banyak faktor bisa karena faktor genetik, makanan, gaya hidup atau akibat stress.

Rambut yang berwarna hitam berubah menjadi putih terjadi karena adanya perubahan warna dari pigmen dari rambut itu sendiri.
Berdasarkan kajian penelitian, daun rambutan mempunyai kandungan kimia berupa polifenol, saponin dan tannin, dan hormon. Hormon dan zat-zat tersebut terbukti sangat mujarab untuk mengembalikan warna melanin atau warna pigmen rambut yang telah mati dan menjaga kesehatan kulit kepala, sehingga selain rambut kita jadi hitam juga rambut akan tumbuh subur, kuat dan tidak mudah rontok. 

Cara membuat ramuan penghitam rambut dari daun rambutan sangatlah mudah.
  1. Siapkan daun rambutan segar, cuci dengan air sampai bersih.
  2. Daun rambutan yang sudah dicuci tadi ditumbuk sampai halus, kemudian ditambah air secukpnya lalu diperas menggunakan kain atau saringan. 
  3. Air perasan daun rambutan tadi, diusapkan secara merata ke semua bagian rambut diamkan selama kurang lebih 15-30 menit agar meresap.
  4. Lakukan hal ini secara teratur satu hari sekali sebelum mandi, niscaya rambut Anda akan semakin hitam dan sehat.
READ MORE - Selengkapnya

MANFAAT KULIT BUAH SEMANGKA UNTUK KECANTIKAN DAN KESEHATAN


Buah dari tumbuhan merambat ini kabarnya pertama kali ditemukan di wilayah gurun Afrika Selatan. Ia sesungguhnya masih berkerabat dengan melon, labu dan juga mentimun. Di Indonesia sendiri, keberadaan buah semangka ini cukup melimpah. Jika Anda berkunjung ke pasar tradisional, Anda denga mudah bisa menjumpai buah ini dijual bebas dengan harga miring. Iya, meski berasal dari Afrika, tetapi buah dengan rasa manis yang khas ini juga bisa tumbuh subur di tanah Indonesia. Anda penggemar semangka? Tahukah Anda bahwa kulit buah semangka sama pentingnya dengan bagian daging buah? Istimewanya, khasiat kulit semangka ini justru melampaui daging buahnya! Apa saja? Silahkan simak uraian kami berikut ini.

Khasiat Semangka Untuk Kesehatan

Adapun khasiat kulit semangka untuk kesehatan manusia, antara lain adalah: 
  • Kandungan senyawa asam amino sutrulin dan juga arginin pada kulit semangka ampuh mendorong proses pembentukan urea pada organ hati. Sebagai imbasnya, sistem ekskresi di ginjal Anda akan jauh lebih lencar. Ginjal sendiri merupakan organ yang berfungsi mengeluarkan racun. Dengan demikian, mengkonsumsi kulit semangka akan membantu Anda mendetox tubuh Anda.
  • Kulit semangka kaya akan kalium. Senyawa ini sangat berguna dalam hal melancarkan peredaran darah yang menuju jantung dan pembuluh darah. Jadi, konsumsi kulit semangka ini sangat baik bagi meraka yang menderita penyakit jantung pun darah tinggi.
  • Penyakit lain yang bisa disembuhkan dengan kulit semangka adalah sulit buang air kecil, sakit dropsy atau gembur-gembur, sulit buang air besar, radang ginjal, mencegah pelebaran pembuluh darah atau vasodilatasi, menghalau infeksi di kandung kemih, mengeluarkan cacing di usus, mencegah anemia dan masih banyak lagi lainnya.


Khasiat Semangka Untuk Kecantikan Wanita

Adapun khasiat kulit semangka bagi kecantikan Anda antara lain sebagai berikut: 
Kadar Likopen pada kulit semangka mampu melindungi Anda dari efek buruk radikal bebas yang merangsang penuaan dini pada kulit Anda.
Masker kulit semangka bisa membuat wajah Anda terlihat lebih segar dan meringkas pori-pori.
Jika digunakan secara rutin dan teratur, masker daari kulit semangka kabarnya bisa menyamarkan flek hitam yang ada di wajah.
Kandungan vitamin pada kulit semangka bisa membantu kulit wajah Anda pulih setelah ditumbuhi jerawat.
READ MORE - Selengkapnya

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails