Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

CARA MENGHILANGKAN KARANG GIGI DENGAN CEPAT DAN ALAMI

http://mypotik.blogspot.com/2016/11/cara-menghilangkan-karang-gigi-dengan.html



Rajin Menggosok Gigi

Cara menghilangkan karang gigi bisa dilakukan dengan rajin menggosok gigi setiap hari. Rutin menyikat gigi memang memiliki banyak manfaat, baik bagi mulut ataupun gigi. Dengan rajin menggosok gigi, sisa-sisa makanan yang terselip di gigi akan mudah dibersihkan. Jadi, sisa-sisa makanan tersebut tak akan menumpuk pada gigi. Agar karang gigi menghilang, sebaiknya Anda menyikat gigi minimal 2 kali setiap hari. Anda juga bisa menyikat gigi Anda setelah Anda mengkonsumsi makanan. Cara menggosok gigi, Anda hanya perlu menyikat gigi dari atas ke bawah. Tak usah keras-keras, yang penting sisa-sisa makanan bisa terangkat dari gigi Anda.


Menggunakan Pasta Gigi Khusus


pasta gigi merupakan faktor yang menentukan juga dalam membersihkan karang gigi. Pilihlah pasta gigi yang tepat untuk membersihkan karang gigi seperti pasta gigi yang mengandung fluroid atau tartar control. Sebab kandungan zat tersebut sangat ampuh untuk menghilangkan karang gigi anda.

Flossing

Flossing merupakan salah satu alternatif juga untuk menghilangkan karang gigi anda. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa karang gigi juga bisa disebabkan oleh bakteri yang ada pada gigi dan mulut. Oleh karena itu dengan menggunakan flossing maka sisa-sisa makanan pada mulut anda serta bakteri pun akan secara menyeluruh dihilangkan.


Mengkonsumsi Apel

Cara menghilangkan karang gigi yang mungkin tak akan merepotkan Anda adalah memakan apel. Ya, buah apel ini memang banyak berguna bagi tubuh Anda. Jika biasanya Anda hanya tahu buah apel hanya untuk menu diet, kini Anda bisa menggunakannya untuk membersihkan karang gigi. Buah apel ini memiliki zat-zat yang bisa mengurangi karang gigi karena vitamin C yang terkandung ternyata dapat menumpas karang gigi. Jika Anda ingin menggunakan buah apel untuk menghilangkan karang pada gigi, Anda hanya perlu mengkonsumsinya secara rutin.


Mengkonsumsi Melon

Melon merupakan salah satu buah yang mengandung serat alami. Dengan mengonsumsi melon maka akan sangat baik untuk memproduksi air liur anda. Sehingga kebesihan mulut akan tetap terjaga.

Minum Air Putih

Cara menghilangkan karang gigi yang lebih sederhana adalah dengan mengkonsumsi air putih. Air putih memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Air putih bisa membantu melancarkan pencernaan. Air putih juga bisa membantu melancarkan metabolisme pada tubuh. Tentunya, air putih juga mampu membersihkan karang yang bersarang pada gigi. Caranya, Anda hanya perlu rutin mengkonsumsi air putih setiap hari, minimal 8 gelas sehari. Ketika Anda ingin menggunakannya sebagai pembersih karang gigi, Anda hanya perlu berkumur-kumur dengan menggunakan air putih.


Mengurangi Konsumsi Makanan yang Mengandung Gula dan Tepung

Cara menghilangkan karang gigi bisa Anda lakukan dengan mengurangi konsumsi makanan yang bisa menyebabkan karang gigi. Makanan yang biasanya cepat memicu plak pada gigi adalah makanan-makanan yang terbuat dari gula dan tepung. Kedua bahan makanan tersebut memang bisa memicu timbulkannya karang pada gigi. Apalagi jika Anda sangat malas membersihkan gigi Anda setelah mengkonsumsi makanan tersebut, tentu plak akan sangat cepat muncul dan menumpuk pada gigi. Maka dari itu, kurangi konsumsi makanan yang mengandung gula dan tepung mulai sekarang!


Memeriksakan Gigi Setiap 6 Bulan Sekali


Kebanyakan orang biasanya hanya mengunjungi dokter gigi ketika terjadi masalah pada giginya. Jarang sekali orang yang datang untuk berkonsultasi saat gigi dalam keadaan sehat. Itulah sebabnya, ketika plak gigi muncul, kebanyakan orang tak menyadari kemunculannya. Padahal, dokter telah menyarankan untuk pergi memeriksakan gigi setiap 6 bulan sekali. Hal tersebut perlu dilakukan agar saat gigi mengalami gangguan, dokter bisa dengan mudah mengatasinya. Atau, ketika plak gigi sudah mulai muncul, dokter gigi bisa dengan mudah membersihkannya.

baca juga tentang perawatan gigi lainnya:
READ MORE - Selengkapnya

CARA ALAMI DAN MUDAH MENGATASI GIGI NGILU

http://mypotik.blogspot.com/2016/11/cara-alami-dan-mudah-mengatasi-gigi.html




1 Gunakan minyak cengkeh

Minyak cengkeh merupakan cara mengobati sakit gigi ngilu yang paling efektif dan cepat untuk mengatasi rasa nyeri akibat gigi berlubang. Minyak cengkeh diketahui mengandung antioksidan dan dapat secara cepat membunuh kuman penyebab ngilu. Selain itu rasa minyak cengkeh yang tawar aman jika tertelan sehingga dapat dijadikan pertolongan pertama jika ngilu hebat menyerang gigi Anda. Cara alami mengobati sakit gigi ngilu ini patut dicoba karena sudah terbukti dan banyak digunakan oleh masyarakat tradisional.


2 Kompres dengan es balok
Jika rasa ngilu ini sudah membuat pipi sekitar rahang menjadi bengkak, Anda bisa meringankannya dengan menggunakan balok es. Balok es diketahui dapat membius secara alami sel saraf nyeri selama beberapa waktu. Balok es ini tentu dapat menjadi cara mengobati sakit gigi ngilu yang pertama Anda lakukan sendiri. Dengan menempelkan beberapa potongan es dibalut dengan handuk kemudian ditempel ke bagian luar gigi yang sakit. Cara ini dapat dibarengi dengan cara mengobati gigi ngilu yang lain untuk menyelesaikan rasa sakit sementara dialihkan oleh pembekuan saraf.


3 Ramuan bawang putih dan bawang merah
Penghilang rasa sakit gigi dapat ditempuh dengan mengunyah irisan bawang putih atau bawang merah. Hal ini dikarenakan kandungan minyak yang berupa enzim pembunuh kuman penyebab nyeri. Cara mengobati sakit ngilu gigi ini cukup efektif meskipun rasa anyir dari bawang putih atau bawang merah yang cukup kuat. Namun rasa anyir ini tentu tidak akan seberapa terhiraukan ketika rasa ngilu yang hebat menyerang Anda. Diketahui bahwa dengan mengunyah potongan bawang putih atau merah ditabur dengan sedikit garam selama 3 menit dapat membunuh seluruh kuman dalam mulut secara alami.


4 Kumur dengan air garam
Air garam terbukti dapat menjadi anti-bakteri yang efektif dan murah sehingga banyak diaplikasikan oleh masyarakat tradisional maupun modern saat ini. Namun cara mengobati sakit gigi ngilu ini tidak dilakukan serta-merta dengan menelan garam. Namun dengan mencampurkan satu sendok garam dengan air hangat yang kemudian digunakan serupa mouthwash atau obat kumur. Berkumurlah dengan air garam hangat selama beberapa menit kemudian muntahkan dan ulangi beberapa kali hingga rasa ngilunya berkurang.


5 Menghindari makanan tertentu

Menghindari sejumlah makanan yang terlalu panas, dingin dan manis dapat menjadi alternatif sebagai pengurang rasa ngilu hebat dan tiba-tiba yang sering terjadi pada gigi sensitif. Cara mengobati sakit gigi ngilu merupakan cara yang umum dan perlu diperhatikan atau dipatuhi oleh si penderita. Hal ini dilakukan agar rasa ngilu pada gigi tidak kambuh sewaktu-waktu dan mengganggu.

READ MORE - Selengkapnya

PENYEBAB DAN CARA MENGATASI GIGI GOYANG ORANG DEWASA

http://mypotik.blogspot.com/2016/11/penyebab-dan-cara-mengatasi-gigi-goyang.html

Goyangnya gigi sebenarnya juga terjadi pada gigi yang normal. Hal ini terjadi karena gigi tidak melekat erat pada tulang sehingga masih dapat bergerak. Meski demikian, gerakan ini sangat kecil dan tidak mengganggu bahkan tidak terasa oleh yang empunya gigi. Gigi dianggap goyang dan tidak normal jika sisi depannya teraba goyang saat gigi atas dan bawah digesekkan ke arah samping atau depan. Jika sudah begini, segera buat janji dengan dokter gigi agar tidak semakin goyah.


Penyebab gigi goyang pada orang dewasa ada bermacam-macam. Salah satunya adalah gangguan di jaringan sekitar gigi (periodontal). Malas membersihkan gigi, merokok, dan karang gigi menyebabkan sisa makanan yang terselip menumpuk dan menjadi tempat berkembang biaknya kuman serta menyebabkan infeksi pada gusi. Akibatnya, gigi serta jaringan dan tulang rahang di sekitar gigi mengalami peradangan. Jaringan gusi dan tulang pun menjadi rusak sehingga gigi menjadi goyah dan hilang pegangan. Kalau sudah begini, bukan hanya satu gigi yang dapat tanggal. Gigi-gigi di sekitarnya juga dapat ikut goyah secara berjamaah.


Pernah melihat petinju bergigi emas? Terlihat keren, ya? Padahal, gigi emas itu menggantikan gigi-gigi si petinju yang rontok saat bertanding. Ya, benturan atau trauma yang keras pada gigi dan daerah rahang dapat menyebabkan gigi menjadi goyang dan tanggal. Trauma ini termasuk juga trauma oklusal, yaitu trauma yang terjadi karena gesekan antara gigi atas dan gigi bawah. Misalnya, pada orang yang giginya sering beradu pada saat tidur atau orang yang susunan giginya tidak rata. Selain penyebab di atas, abses atau bisul serta adanya tumor di daerah sekitar gigi juga dapat menyebabkan gigi menjadi goyang.


Sudah rajin membersihkan gigi dan tidak terbentur, tapi gigi mudah goyang? Jika Anda menderita kencing manis, hal ini wajar terjadi. Pasalnya, diabetisi lebih mudah mengalami infeksi di daerah mulut yang berujung pada rusaknya jaringan periodontium. Inilah sebabnya mengapa banyak penderita diabetes yang mengalami gigi goyang.


Risiko Gigi Goyang

Siapa yang tidak kenal rendang? Rendang memang nikmat. Saking nikmatnya, masakan asli Sumatera Barat ini dinobatkan sebagai salah satu makanan terenak di seluruh dunia. Tapi kalau gigi goyang, makan rendang tentu bukannya nikmat, melainkan siksaan.

Tunggu dulu, ternyata tanggalnya gigi bukan satu-satunya hal yang perlu dikuatirkan si pemilik gigi goyang. Selain bergerak maju-mundur atau kiri-kanan, gigi yang goyang juga sering menimbulkan rasa sakit atau rasa risih saat mengunyah. Apalagi jika goyangnya gigi disertai dengan membengkaknya gusi dan pipi.

Dicabut Sayang

Serba salah rasanya jika punya gigi yang goyang. Mau dibuang sayang, tidak dibuang bikin malu atau bahkan nyeri. Akibatnya, banyak orang yang menahan-nahan untuk ke dokter gigi karena takut dianjurkan untuk membuang si gigi.

Jangan kuatir, ternyata cabut gigi bukan pilihan pertama dan utama pada kasus gigi goyang. Dokter gigi mungkin hanya membersihkan gusi secara seksama, memberikan obat, memasang pengaman agar gigi tidak ke mana-mana, melakukan perawatan ortodontik atau pilihan lain sesuai dengan penyebabnya.


Jika disebabkan oleh peradangan dan infeksi pada gusi, dokter mungkin hanya akan membersihkan gigi dan gusi. Tujuannya adalah untuk menyingkirkan kuman penyebab goyahnya gigi dan mengurangi derajat pergeseran gigi. Jika disebabkan oleh trauma oklusal, dokter dapat melakukan perawatan orthodontik agar tekanan pada permukaan gigi berkurang. Bagi orang yang gigi-giginya sering beradu pada malam hari, dapat diberikan pelindung gigi yang digunakan saat tidur.


Jika belum cukup, dokter mungkin akan menganjurkan pemasangan splint. Splinting adalah tindakan mengikat gigi yang goyang ke gigi yang kokoh di sebelahnya dengan menggunakan kawat splint. Tujuannya adalah untuk mencegah atau mengurangi derajat goyahnya gigi. Tindakan ini dianjurkan terutama pada gigi yang pergeserannya hanya sekitar 1 mm saja. Pemasangan splint dapat dilakukan dengan atau tanpa anestesi lokal, tergantung kondisi masing-masing pasien. Pertanyaannya, bagaimana jika goyang yang terjadi lebih dari 1 mm? Ternyata, splinting tetap dapat dilakukan. Hanya saja semakin jauh pergerakan gigi, efektivitasnya juga semakin berkurang.

Splint dapat dipasang secara permanen atau hanya sementara. Mula-mula, splint temporer dapat dipasang untuk mempermudah perawatan sambil menunggu apakah perawatan gigi dan gusi berhasil mengembalikan kekokohan gigi. Jika tidak berhasil, maka baru dilakukan pemasangan splint secara permanen. Namun, jika gigi sudah sangat goyang dan dapat bergerak ke segala arah, maka biasanya gigi sudah tak terselamatkan lagi dan terpaksa harus dicabut.


Tetap Harus Rajin Kontrol

Gigi boleh saja tidak goyang lagi. Namun, tidak berarti Anda boleh santai-santai dan melanjutkan kebiasaan buruk yang menyebabkan goyangnya gigi. Apalagi jika Anda juga menderita kencing manis. Perawatan gigi dan gusi tidak boleh dilupakan jika ingin gigi tetap utuh dan awet hingga kakek-nenek. Kebersihan mulut dan gigi tetap harus dijaga dengan rajin menyikat gigi, menggunakan benang gigi dan berkumur. Rokok juga harus dihindari dan jangan lupa untuk kontrol ke dokter gigi setiap enam bulan meski tidak ada keluhan.
READ MORE - Selengkapnya

Cara Alami Menguatkan Gigi Goyang

http://mypotik.blogspot.com/2016/11/cara-alami-menguatkan-gigi-goyang.html

Secara medis kondisi gigi goyang ini disebut sebagai periodontum. Gigi bergoyang terjadi karena jaringan fibrosa yang menghubungkan gigi dengan tulang menjadi lunak dan rapuh.


Cara Alami Menguatkan Gigi Goyang

Alat Pembersih Mulut yang Higienis

Untuk mencegah infeksi bakteri yang dapat menyebabkan gigi goyang, selalu gunakan alat pembersih mulut dan gigi yang steril. Lakukan dua kali sehari.


Lada Hitam dan Kunyit

Lada hitam dan kunyit membantu dalam menguatkan gusi dan mencegah gigi goyang. Buatlah pasta dari bubuk merica dan kunyit. Lalu pijatkan secara lembut pada gusi Anda. Diamkan selama 30 menit. Cara ini juga berkhasiat untuk meredakan radang gusi.


Garam dan Mustard Oil
Ramuan ini bemanfaat untuk memperkuat gusi. Campurkan satu sendok teh garam dengan sedikit minyak mustard, lalu oleskan pada gusi Anda dengan disertai pijatan lembut. Cara ini adalah salah satu pengobatan alami untuk memperkuat gigi longgar.


Amla
Buah amla kaya akan vitamin C yang baik untuk kesehatan gusi dan jaringan yang melekat pada gigi. Selain itu, Amla juga berguna untuk mencegah dan menyembuhkan gigi goyang. Caranya, berkumurlah beberapa saat menggunakan jus amla beberapa kali sehari.


Garam
Larutkan garam dalam segelas air dan bilas mulut Anda larutan tersebut. Tips ini sangat efektif membunuh semua infeksi dalam mulut karena garam memiliki sifat antiseptik. Tidak hanya itu, garam juga berkhasiat untuk memperkuat gusi dan mencegah gigi bergoyang.


Makanan Berkuah
Ketika mengalami gigi bergoyang, hindari mengkonsumsi makanan dengan tekstur yang keras. Usahakan untuk memilih makanan yang berkuah, seperti sayur bayam. Cara ini dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan pada gigi dan gusi.


Peppermint Oil
Minyak Peppermint membantu untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan gusi. Pijat gusi Anda secara lembut dengan minyak peppermint untuk mengobati gigi bergoyang. Selain aman, resep ini sangat efektif menyembuhkan infeksi mulut, termasuk gigi bergoyang.


Sayuran Hijau
Cara lain untuk mengobati gigi bergoyang secara alami yaitu dengan memperbanyak konsumsi sayuran hijau. Sayur mayur berkhasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga berguna untuk melawan infeksi.


Hindari Buah-Buahan Asam
Asupan buah-buahan asam secara berlebihan seperti lemon dapat merusak enamel gigi dan memperkuat akar gigi sehingga dapat mencegah dan menyembuhkan gigi goyang.


Minyak Cengkeh
Minyak cengkeh terbukti sangat mujarab dalam meredakan nyeri gigi dan radang gusi. Selain itu, minyak cengkeh juga bemanfaat untuk memperkuat gusi. Pijat gusi menggunakan minyak cengkeh untuk meredakan peradangan dan nyeri secara alami.


Probiotik
Probiotik meningkatkan pertumbuhan dan populasi bakteri baik di dalam usus. Pada gilirannya, bakteri baik tersebut membantu untuk melawan dengan infeksi yang disebabkan oleh bakteri berbahaya dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Adapun sumber probiotik yaitu yoghurt.


Hindari Pemutih Gigi
Pemutih gigi biasanya mengandung zat pemutih yang merusak enamel dan akar gigi. Bahkan, kandungan kimia di dalamnya juga melemahkan jaringan yang menempel gigi dengan tulang. Oleh karena itu, untuk mencegah gigi bergoyang, sebaiknya hindari pemakaian pasta atau obat pemutih gigi.

baca juga tentang perawatan gigi lainnya:

READ MORE - Selengkapnya

Apa Penyebab dan Tips Mengatasi Sudah Cukup Tidur Tapi Masih Mengantuk

http://mypotik.blogspot.com/2016/11/apa-penyebab-dan-tips-mengatasi-sudah.html

JANGAN SEPELE inilah beberapa penyebab dan  cara mengatasi sudah cukup tidur Tapi Masih Mengantuk

Rasa kantuk merupakan tanda yang diberikan tubuh agar orang beristirahat, yang biasanya datang di malam hari atau saat merasa lelah.  Namun kondisi tertentu dapat membuat orang selalu merasa ngantuk, bahkan di waktu kerja. Apa penyebabnya? berikut beberapa penyebab yang membuat orang selalu mengantuk sepanjang hari yang dikutip dari Webmd:



1. Anemia (kurang darah)
Anemia merupakan penyebab utama rasa kantuk sering datang. Kekurangan darah menyebabkan kurangnya zat besi, sel darah merah yang diperlukan untuk membawa oksigen ke jaringan dan organ tubuh pun berkurang, sehingga menyebabkan orang sering merasa ngantuk.


2. Hipotiroid (menurunnya produksi hormon tiroid)
Tiroid adalah kelenjar kecil di dasar leher, yang berfungsi mengontrol metabolisme dan kecepatan mengubah bahan bakar menjadi energi. Ketika kelenjar kurang aktif dan fungsi metabolisme terlalu lambat, orang bisa merasa badan lesu dan selalu mengantuk.


3. Diabetes
Glukosa adalah bahan bakar dari energi yang dilepaskan dalam sel-sel karena adanya oksigen. Orang dengan diabetes tipe-2 memiliki tingkat glukosa darah yang tinggi, karena tubuh tidak dapat menggunakan glukosa ini untuk menyediakan energi. Oleh karena itu, individu dengan diabetes tipe-2 mengeluh merasa lelah dan mengantuk sepanjang waktu. 


4. Dehidrasi
Kelelahan dan kantuk bisa merupakan tanda dehidrasi. Segeralah cukupi kebutuhan air dalam tubuh agar selalu merasa segar dan bersemangat.


5. Depresi
Depresi bukan hanyan gangguan emosi tetapi juga banyak berkontribusi untuk gejala fisik. Kelelahan, selalu mengantuk, sakit kepala dan kehilangan nafsu makan adalah salah satu gejala yang paling umum pada orang yang mengalami depresi.


6. Gangguan Tidur
Gangguan tidur seperti sleep apnea dan insomnia juga dapat menyebabkan perasaan kelelahan dan kantuk terus-menerus. Tidur digunakan untuk memfungsikan tubuh kembali, sel-sel tubuh memperbaiki dan meremajakan diri.

Sementara pada orang yang menderita kurang tidur karena insomnia, sleep apnea, maka sistem pernapasan akan terhambat sehingga sering menyebabkan kelelahan dan kantuk.


7. Penyakit Jantung
Ketika mudah merasa lelah dan mengantuk dalam melakukan kegiatan sehari-hari, sebaiknya Anda harus memastikan bahwa jantung Anda dalam keadaaan yang baik, karena selalu mengantuk bisa jadi pertanda awal penyakit jantung.


8. Sindrom Kelelahan Kronis
Lelah biasanya segera hilang saat dibawa istirahat. Tapi untuk sindrom kelelahan kronis (chronic fatigue syndrome), lelah tidak cepat hilang dan biasanya ditandai dengan kelesuan, mengantuk, lekas marah, nyeri otot dan dalam beberapa kasus terjadi hilangnya memori. 

baca juga postingan mypotik lainnya :

Tips dan Cara Mengatasi: Sudah Cukup Tidur Tapi Masih Mengantuk


1. Banyak mengkomsumsi Sayuran Hijau
Sebaiknya perbanyaklah konsumsi sayuran hijau seperti bayam, seledri, lubis, kembang kol, kankung, dan kentang manis. Karena dengan mengkonsumsi dayuran hijau ini, sahabat bisa mengtrol berat badan sahabat dan menaikkan jumlah darah dalam tubuh.


2. Banyak mengkomsumsi Kacang Almond
Kacang almond kaya akan zat besi yang dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh.


3. Banyak mengkomsumsi Buah
Selain mengkonsumsi sayuran hijau, bagi penderita anemia juga dianjurkan untuk mengkonsumsi buah-buah segar. Seperti aprikot, semangka, apel, anggur, kismis dan buah plum yang dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh kita.


4. Banyak minum Air Putih
Selain mengkonsumsi sayuran hijau dan buah kita juga diwajibkan minum air putih minimal 8 gelas/hri


5. Biasakan tidur lebih cepat
Sebaiknya kita tidur lebih awal, karena tidur terlarut larut membuat kita sulit bangun pagi


6. Pola makan
Sebuah pola makan yang buruk dapat membuat tubuh merasa lelah dan lesu. Makan makanan yang tidak sehat atau junk dapat menyebabkan tidur terlalu banyak. Oleh karena itu, makanlah makanan yang kaya nutrisi dan mencakup banyak buah-buahan segar dan sayuran dalam diet mereka dan mengurangi jumlah junk food dan makanan berminyak
READ MORE - Selengkapnya

BEBERAPA KHASIAT DAN MANFAAT VITAMIN K YANG PERLU DIKETAHUI


Beberapa khasiat vitamin K 

1. Mengendalikan Pembekuan Darah
Vitamin K terkenal sebagai vitamin yang berperan penting dalam mengatur pembekuan darah. Jika kulit luka atau pembuluh darah robek maka vitamin K secara otomatis mengatur pembekuan darah dengan membawa kalsium dari tubuh ke lokasi luka.


2. Mengurangi Resiko Nyeri Haid
Suplemen vitamin K disarankan untuk dikonsumsi oleh wanita yang biasa mengalami pendarahan menstruasi yang berlebihan, menstruasi tidak teratur, atau wanita yang sering mengalami nyeri had.


3. Menjaga Memperbaiki Jaringan Kulit
Vitamin K bermanfaat menjaga kesehatan jaringan kulit. Krim vitamin K digunakan untuk mempercepat pemulihan bekas luka pada jaringan kulit. Krim vitamin K biasa digunakan pada kulit pasien yang akan dioperasi maupun pada pasien yang telah menjalani operasi.


4. Menjaga Kesehatan Otak
Vitamin K juga diketahui bermanfaat dalam menjaga fungsi otak. Lapisan myelin yang membungkus syaraf memerlukan jenis lemak sphingolipid. Vitamin K diketahui berperan penting dalam sintesa sphingolipid.


5. Menjaga Kesehatan Tulang
Vitamin K mengendalikan pembentukan sel-sel tulang yang disebut osteoclast agar tidak berlebihan. Vitamin K juga berperan dalam pengaktifan osteocalcin yang berfungsi mengikat mineral kalsium dalam tulang.


6. Mencegah Pendarahan pada Bayi
Vitamin K dikenal sebagai vitamin yang bermanfaat untuk mencegah pendarahan pada bayi. Untuk mencegah pendarahan pada bayi, vitamin K dapat disuntikkan pada bayi atau dengan pemberian tetes vitamin K secara oral (melalui mulut).


7. Mencegah Kalsifikasi
Kalsifikasi adalah penimbunan kalsium pada jaringan tubuh tertentu. Kalsifikasi berbahaya jika terjadi pada jaringan tertentu misalnya pada pembuluh darah karena dapat nyebabkan penyakit kardiovaskular. Vitamin K membantu mencegah kalsifikasi dengan berperan pada proses karboksilasi. Proses karboksilasi menghasilkan matrix Gla protein (MGP) yang secara langsung mencegah calsium terbentuk pada jaringan.


8. Mengurangi Resiko Peradangan (Inflamasi)
Vitamin K berkhasiat mencegah radang/inflamasi. Hal ini terbukti dengan pemberian vitamin K pada pasien dapat mengurangi pelepasan glycoprotein interleukin-6 yang dikenal merupakan penanda inflamasi dalam tubuh.


9. Mengurangi Gejala Mual dan Muntah bagi Wanita Hamil
Wanita hamil yang mengalami muntah dan mual seringkali mengalami kekurangan (defisiensi) vitamin K. Mengkonsumsi vitamin K bagi wanita hamil dapat mengurangi gejala muntah dan mual.


10. Mengendalikan Kadar Glukosa Darah
Vitamin K berperan penting dalam pengendalian kadar glukosa darah. Pankreas yang memproduksi insulin, mengandung viamin K terbanyak nomor dua dalam tubuh kita. Gangguan fungsi pankreas adalah salah satu faktor resiko penyakit diabetes.

Beberapa bahan makanan yang diketahui banyak mengandung vitain K antara lain kacang buncis, asparagus, brokoli, timun, bunga kol, bawang perai, buah kiwi, tomat, dan lain sebagainya.

baca juga
READ MORE - Selengkapnya

APA DAN BAGAIMANA ITU PENYAKIT KARDIOVASKULAR

http://mypotik.blogspot.com/2016/11/apa-dan-bagaimana-itu-penyakit.html



Sistem Kardioaskular
Darah dari jantung mengalir melalui sisi sebelah kiri jantung yang kaya oksigen. Darah mengalir melalui pembuluh darah arteri lalu menuju pembuluh darah arteri yang paling kecil yang disebut pembuluh darah kapiler pada semua organ dan bagian tubuh.

Setelah darah mengantar oksigen dan nutrien ke seluruh tubuh dan mengambil limbah dari sel-sel tubuh, darah dialirkan kembali ke sisi kanan jantung melalui pembuluh darah vena. Sistem ini disebut sistem kardiovaskular. Secara harfiah “cardio” berarti jantung, sedangkan “vascular” berarti jaringan pembuluh arah.


Penyakit kardiovaskular adalah penyakit gangguan pada jantung dan pembuluh darah. Karena sistem kardiovaskular sangat vital, maka penyakit kardiovaskular sangat berbahaya bagi kesehatan. Ada banyak macam penyakit kardiovaskular, tetapi yang paling umum dan paling terkenal adalah penyakit jantung dan stroke. Dalam banyak kasus kelainan jantung baru terdeteksi saat terjadi serangan jantung. Berikut beberapa jenis penyakit kardiovaskular yang umum.

baca postingan tengan :
POLUSI UDARA SALAH SATU PENYEBAB PENYAKIT KARDIOVASKULAR


Penyakit Jantung Koroner (PJK)
Penyakit jantung koroner disebabkan karena penyempitan pembuluh darah yang mensuplai otot jantung. Pembuluh darah ini disebut pembuluh darah koroner. Aterosklerosis adalah penyebab paling umum dari penyakit jantung koroner. Aterosklerosis adalah pengerasan dan penyempitan pembuluh arteri koroner jantung oleh pembentukan plak (kerak) dan penyumbatan. Penyakit jantung koroner disebabkan faktor resiko seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, merokok, obesitas, diabetes, pola hidup sedentary (tidak aktif bergerak), usia tua, dan faktor keturunan.


Penyakit Jantung Bawaan
Penyakit jantung ini disebabkan kelainan jantung atau pembentukan struktur jantung tidak normal saat lahir. Hal ini terjadi bisa merupakan karena faktor keturunan atau karena faktor lain. Faktor resiko penyakit jantung bawaan antar lain ibu menggunakan narkoba, minum banyak alkohol, mengalami penyakit tertentu, atau ibu kurang gizi. Faktor-faktor resiko tersebut dapat menyebabkan bayi lahir cacat, salah satunya dapat menyebabkan bayi memiliki cacat jantung.


Stroke
Stroke (cerebrovascular accident, CVA) terjadi jika suplai darah ke otak terhambat. Hal ini dapat terjadi karena pembuluh darah di otak tersumbat atau pecah. Orang beresiko mengalami stroke adalah penderita darah tinggi, memiliki gangguan irama detak jantung, memiliki kolesterol tinggi, perokok, penderita diabetes dan orang lanjut usia.


Gagal Jantung Kongestif (Congestive Heart Failure)
Gagal jantung kongestif terjadi jika otot-otot jantung tidak mampu memompa darah ke pembuluh darah. Orang yang beresiko mengalami gagal jantung kongestif antara lain orang yang memiliki tekanan darah tinggi, gangguan irama detak jantung, serangan jantung, obesitas, dsb.


Penyakit Vaskular Periferal (Peripheral Vascular Disease)
Penyakit vascular peripheral (Peripheral vascular disease, PVD) atau penyakit arterial peripheral (peripheral arterial disease, PAD) mempengaruhi lengan dan kaki. Faktor resiko penyakit ini antara lain tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, merokok, obesitas, diabetes, tidak aktif bergerak, usia tua, dan faktor keturunan.


Penyakit Vena Dalam (Deep Vein Thrombosis)
Penyakit vena dalam (Deep Vein Thrombosis, DVT) adalah terjadinya gumpalan darah beku pada pembuluh vena kaki yang menyebabkan nyeri dan kaki tidak bisa digerakkan. Gumpalan darah beku ini dapat berpindah ke jantung dan paru-paru yang menyebabkan komplikasi yang membahayakan jiwa. Faktor resiko penyakit ini antara lain operasi pembedahan yang lama, trauma, obesitas, kanker, baru melahirkan, menggunakan alat kontrasepsi telan, terapi penggantian hormon, dsb.


Penyakit Jantung Rematik
Penyakit ini terjadi karena kerusakan otot jantung dan katup jantung akibat demam rematik (rheumatic fever). Demam rematik disebabkan infeksi bakteri streptococcal.


Penyakit Kardiovaskular Lain
Ada banyak jenis-jenis penyakit kardiovaskular lainnya, tetapi jarang terjadi seperti tumor pembuluh darah, aneurysm pada pembuluh darah otak, cardiomyopathy, penyakit katup jantung, pericarditis, aortic aneurysm, dsb.
sumber :http://olvista.com/
READ MORE - Selengkapnya

POLUSI UDARA SALAH SATU PENYEBAB PENYAKIT KARDIOVASKULAR

http://mypotik.blogspot.com/2016/11/polusi-udara-salah-satu-penyebab.html
Sumber gambar :dishubkomintel.acehprov.go.id
Dikutip dari BoldSky, peningkatan paparan polusi udara dapat menyebabkan kerusakan dan peradangan pembuluh darah di kalangan orang dewasa muda dan sehat dan dengan demikian meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan kematian penyakit terkait lainnya, kata para peneliti.

Baca postingan tentang : 


Studi ini mengungkapkan bagaimana polusi udara benar-benar mempengaruhi pembuluh darah meningkatkan risiko penyakit yang sebelumnya tidak diketahui.

Para peneliti menemukan bahwa paparan berkala untuk partikulat dikaitkan dengan beberapa perubahan abnormal dalam darah yang merupakan penanda untuk penyakit kardiovaskular.

Polusi udara naik, mereka menemukan mikro-partikel yang menunjukkan cedera dan kematian sel meningkat secara signifikan jumlahnya, tingkat protein yang menghambat pertumbuhan pembuluh darah meningkat, dan protein yang menunjukkan peradangan pembuluh darah juga menunjukkan peningkatan yang signifikan.

“Meskipun kita telah mengenal bahwa polusi udara dapat memicu serangan jantung atau stroke pada rentan individu yang berisiko tinggi, temuan itu juga dapat mempengaruhi bahkan individu yang tampaknya sehat menunjukkan tingkat peningkatan polusi udara menjadi perhatian kita semua, bukan hanya orang sakit atau orang tua, “kata Aruni Bhatnagar, Profesor dari University of Louisville di Kentucky, AS.

“Temuan ini menunjukkan bahwa hidup di lingkungan yang tercemar bisa mempromosikan pengembangan tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke lebih pervasively dan pada tahap awal dari yang diperkirakan sebelumnya,” tambah Bhatnagar.

Penyedia layanan kesehatan harus mempertimbangkan efek kardiovaskular dari polusi udara pada semua pasien, bukan hanya mereka yang sakit atau lanjut usia, para peneliti menyarankan.

Untuk penelitian ini, peneliti menganalisis komponen polusi udara yang dikenal sebagai partikel halus (PM2.5), potongan-potongan kecil dari polusi padat atau cair yang dipancarkan dari kendaraan bermotor, pabrik-pabrik, pembangkit listrik, kebakaran, dan asap rokok.

Hasil penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal Circulation Research.
READ MORE - Selengkapnya

CARA MEMASAK YANG BERESIKO MEMBAHAYAKAN KESEHATAN

http://mypotik.blogspot.com/2016/11/cara-memasak-yang-beresiko-membahayakan.html

Hanya saja dari hasil penelitian sejumlah pakar kesehatan cara memasak yang paling umum dilakukan ternyata punya risiko yang dapat membahayakan kesehatan. Dalam penelitian ditemukan bahwa cara memasak yang salah bisa mengoksidasi lemak, bahkan minyak saat dipanaskan bisa memproduksi senyawa dicarbonyls yang ternyata bisa memicu kanker. berikut ini :


Memasak dengan Suhu yang Sangat Panas

Memasak dengan menggunakan suhu yang terlalu panas ternyata bisa membahayakan kesehatan, karena cara memasak seperti ini bisa membuat lemak teroksidasi dan menyebabkan glutamate terbentuk dari luar daging saat daging rusak.


Memasak Dalam Waktu yang Lama

Ternyata waktu memasak adalah hal yang penting, memasak dalam waktu lama sampai mendidih akan mengubah sifat protein. Para pakar menjelaskan kalau memasak daging sampai berjam-jam lamanya bukanlah cara yang baik saat memasak daging.


Menggoreng dengan Banyak Minyak

Menggoreng makanan dengan menggunakan minyak panas yang banyak ternyata merupakan cara memasak paling buruk karena dapat membuat makanan justru menghasilkan banyak komponen racun sehingga dapat memicu kanker pada tubuh.
baca juga :
GEJALA-GEJALA KANKER PADA WANITA YANG SERING TERABAIKAN


Memasak Terlalu Lama (Slow Cooking)


Memasak dengan cara slow cooking juga disebut berbahaya, meski cara ini umum dilakukan karena alasan mudah tapi ternyata cara memasak seperti ini dapat memecah kolagen.


Memanggang Sampai Gosong

Ada kalanya semakin gosong atau hangus makanan maka rasanya makin gurih. Tapi ternyata cara memasak seperti ini juga berbahaya. Menurut penelitian bagian makanan yang berwarna hitam karena gosong justru bisa membentuk racun berbahaya di tubuh.


Memasak dengan Cara Barbekyu

Jika Anda sering mengadakan acara barbekyu di rumah sebaiknya sekarang mulai Anda hentikan, karena ternyata memanggang langsung di atas bara api jusrtu bisa membentuk PAH dan HCA yang bisa menyebabkan peradangan hingga kanker.


Menggunakan Microwave

Memasak dengan microwave juga berbahaya karena selain bisa mengubah protein microwave ternyata dapat menghasilkan gelombang mikro yang menyebabkan perubahan LDL, HDL dan sel darah putih.


Memasak Daging dengan Cara Dibakar

Daging yang dibakar bisa menghasilkan lemak yang teroksidasi, bahayanya saat lemak teroksidasi dan masuk ke tubuh maka dapat menyebabkan gangguan hormonal yang memicu tubuh yang kurang sensitif terhadap insulin. Selain itu membakar daging sampai gosong juga bisa merusak protein yang ternyata dapat memicu iritasi pada sistem kekebalan tubuh.
READ MORE - Selengkapnya

SEBUTIR TELUR SETIAP HARI TERNYATA AMPUH MENCEGAH STROKE

http://mypotik.blogspot.com/2016/11/sebutir-telur-setiap-hari-ternyata.html


Pastinya semua orang tahu jika penyakit stroke merupakan salah satu penyakit yang paling menakutkan. Stroke terjadi jika pasokan darah ke bagian otak “terputus” karena adanya penyumbatan atau karena pecahnya pembuluh darah yang menyebabkan sebagian sel-sel otak tidak berfungsi.

Hal tersebutlah yang membuat penderita stroke mengalami kejala yang tidak normal seperti cara bicaranya tidak jelas dan kacau bahkan ada pula yang tidak dapat berbicara sama sekali. Bagia mata dan mulut penderita stroke juga akan terlihat menurun dari posisi yang sebelumnya, selain itu lengan penderita juga bisa mengalami kelumpuhan dan tidak dapat digerakkan sama sekali. Bahkan beberapa penderita stroke mengalami kelumpuhan di kedua tangannya.

baca juga :

Penyakit stroke memang akan berdampak pada kelangsungan hidup penderitanya dalam berbagai aspek. Bahkan dampaknya bisa menimbulkan kerusakan yang meluas dan berlangsung dalam jangka waktu lama. Setiap penderita stroke butuh penanganan yang cepat dan tepat, begitu juga pada proses pemulihan. Setiap penderita stroke butuh proses rehabilitasi yang panjang dan sangat bergantung dengan gejala yang dialami penderita dan tingkat keparahannya. Sayangnya dari kebanyakan kasus semua penderita stroke tidak dapat pulih dengan baik seperti sebelumnya.

Mengerikan bukan? Untuk itu sejak dini kita sudah harus berupaya untuk melakukan tindak pencegahan terhadap penyakit stroke. Selain berolahraga kita juga wajib untuk memperhatikan asupan makanan yang kita konsumsi setiap hari.

Mungkin Anda selama ini cukup yakin jika mengkonsumsi teluar ayam setiap hari bisa meningkatkan risiko penyakit stroke. Selama ini telur ayam memang kerap kali disebut menjadi salah satu faktor penyebab stroke karena bagian kuningnya mengandung kolesterol jahat.

Tapi dari hasil penelitian terbaru tidak selamanya telur ayam bisa menyebabkan penyakit kolesterol sehingga memicu penyakit stroke. Bahkan kebalikannya mengkonsumsi dengan rutin sebutir telur ampuh cegah stroke, benarkah?

Menurut pakar peneliti yang berasal dari EpidStat Institute di Michigan, Amerika Serikat, Dominic Alexander, sebutir telur sebenarnya mengandung protein yang tinggi seperti vitamin A,D, E, zat antioksidan dan zeaxanthin. Zat antioksidan yang ada di dalam telur adalah zat yang mempu mengurangi stres oksidatif dan mengurangi peradangan yang menjadi salah satu penyebab stroke.

Dari hasil penelitiannya ia bersama tim-nya juga justru menemukan orang-orang yang mengkonsumsi sebutir telur setiap harinya justru mengalami penurunan risiko stroke hingga 12 persen.

Dari hasil tersebutlah Dominic berkesimpulan jika telur sebenarnya tidak berisiko terhadap penyakit stroke tapi justru dapat membantu mencegahnya. Hanya saja Dominic menyarankan agar setiap orang yang mengkonsumsi telur sebaiknya lebih memilih telur organik yang masih segar karena telur organik tidak mengandung bakteri dalam jumlah yang dapat membahayakan kesehatan.
READ MORE - Selengkapnya

GEJALA-GEJALA KANKER PADA WANITA YANG SERING TERABAIKAN


GEJALA-GEJALA KANKER YANG SERING TERABAIKAN


Beberapa jenis kanker dapat disembuhkan bila dideteksi secara dini. Sayangnya, seringkali gejala-gejala yang muncul terabaikan dan baru sadar ketika kanker sudah dalam stadium parah. Setidaknya ada beberapa gejala kanker pada wanita yang sering terabaikan :

1. Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan

Demam persisten (menetap), penurunan berat badan, lesu lebih dari 3-4 minggu mungkin menjadi tanda kanker. Penurunan berat badan yang signifikan selama beberapa bulan tanpa sebab yang jelas, bisa menjadi salah satu tanda peringatan utama kanker. Jenis kanker yang paling sering adalah kanker pankreas, perut, kerongkongan atau paru-paru.

2. Sariawan yang tak kunjung sembuh

Jika Anda memiliki sariawan atau plak putih di mulut yang tidak sembuh selama lebih dari 3 minggu, maka harus berkonsultasi dengan dokter. Ini mungkin berhubungan dengan iritasi konstan yang terjadi karena ketidakselarasan gigi dan juga gejala awal kanker.

3. Demam
Demam juga berhubungan dengan beberapa kanker. Hampir semua pasien dengan kanker akan mengalami demam pada beberapa waktu, terutama jika kanker atau pengobatannya mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.


baca juga :

4. Kembung, perubahan kebiasaan BAB, sakit perut, darah dalam tinja

Kondisi tersebut bisa jadi merupakan gejala kanker usus. Darah biasanya akan gelap tetapi dapat berwarna merah terang. Anda mungkin akan melihat perubahan pola buang air besar normal (seperti diare atau sembelit) tanpa alasan yang jelas. Juga mungkin memiliki perasaan tidak nyaman pada usus.

5. Batuk berkepanjangan

Ada kondisi medis yang dapat menyebabkan gejala di dada seperti batuk dan sesak napas (misalnya, infeksi dan radang). Tetapi dalam beberapa kasus, gejala ini mungkin merupakan tanda dari paru-paru kanker. Jika memiliki batuk atau merasa sesak napas selama lebih dari 2 minggu, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

6. Perubahan kulit

Perubahan warna kulit atau warna tahi lalat bisa menjadi gejala kanker. Kanker kulit dapat berkembang karena beberapa faktor risiko, terutama pada orang yang sering mengunyah tembakau, merokok, alkohol, luka kulit yang tidak kunjung sembuh.

7. Bintik-bintik putih di lidah

Kondisi ini juga dikenal sebagai leukoplakia, yang mungkin berkembang menjadi kanker rongga mulut. Leukoplakia merupakan area pra-kanker yang disebabkan oleh iritasi. Jika tidak diobati, leukoplakia bisa menjadi kanker mulut.


8. Perdarahan yang tidak biasa

Ini bisa terjadi pada kanker dini atau lanjut. Darah di sputum (dahak) dapat menjadi tanda kanker paru. Darah pada tinja bisa menjadi tanda kanker kolon atau kanker rektum. Kanker leher rahim atau endometrium (lapisan rahim) dapat menyebabkan perdarahan vagina abnormal.
Darah dalam urine mungkin merupakan tanda dari kanker kandung kemih atau kanker ginjal. Debit darah dari puting susu mungkin merupakan tanda kanker payudara.

9. Penebalan atau benjolan di payudara

Gejala ini dapat disebabkan oleh banyak alasan lain selain kanker dan dokter adalah orang terbaik untuk mengidentifikasi alasan setelah penyelidikan. Daripada menunggu gejala muncul ke permukaan, akan lebih baik memilih untuk pemeriksaan kesehatan secara berkala.

10. Gatal, pengerasan kulit atau perdarahan

Ini adalah tanda-tanda kurang umum tetapi tidak boleh diabaikan. Penting untuk menemui dokter jika Anda memiliki tanda yang tidak biasa pada kulit yang berlangsung lebih dari beberapa minggu.
sumber: detikhealth.com
READ MORE - Selengkapnya

KANDUNGAN TERBAIK PADA TELUR AYAM YANG HARUS DIKETAHUI

 


Selain lezat, telur ternyata juga menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan. Telur juga salah satu makanan favorit orang Indonesian yang merakyat . Dan sumber protein terbaik buat anak kost.


1. Telur menghilangkan jerawat


Caranya adalah facialkan putih telur untuk merawat jerawat yang sedang meradang sekaligus membuat kulit lebih lembut dan kencang.


2. Kesehatan Mata



Karotenoid yang ada di kuning telur, khususnya Karotenoid lutein danzeaxanthin, sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Zat ini berperan sebagai antioksidan untuk mata, melawan radikal bebas yang dapat merusak beberapa bagian pada retina sehingga dapat mempengaruhi kemampuan mata untuk fokus.


3. Menjaga berat badan agar tetap sehat



Telur adalah sumber terbaik dari protein lengkap yang mengandung semua asam amino esensial bagi tubuh manusia. Mereka membantu mengontrol tingkat di mana tubuh menyerap kalori. 

Ketika mengelola berat badan Anda, sebaiknya pilihlah makanan yang memberikan jumlah gizi yang maksimum dengan sesedikitnya jumlah kalori. Telur adalah nilai gizi yang besar bagi orang yang mencoba untuk menurunkan berat badan dan menjaga berat badan tetap sehat.

4. Telur menghilangkan ketombe


Dan ketombe sekalipun bisa diatasi dengan keampuhan telur. Aplikasikan telur pada kulit kepala, dan biarkan selama 30 menit. Bilas dengan air biasa, kemudian keramas hingga sisa telur hilang.


5. Telur membantu kesehatan rambut dan kuku



Selain bisa dipakai untuk menghilangkan ketombe seperti kami paparkan diatas, jika telur sering dikonsumsi. Telur juga membantu kesehatan rambut dan kuku dari dalam tubuh karena di dalam telur menandung sulfur yang tinggi, dan bermacam vitamin serta mineral. Mereka yang rajin mengkonsumsi secara teratur memiliki rambut yang tumbuh lebih cepat.


6. Baik untuk perkembangan Janin




Telur merupakan sumber kolin, nutrisi penting untuk perkembangan janin dan bayi. Ibu hamil yang mendapatkan cukup kolin dalam menu makanannya bisa membantu mengurangi risiko cacat lahir tertentu pada bayi, dan mendukung perkembangan otak dan memorinya.



Telur segar tidak berbau dan tidak berbunyi jika dikocok.


2. Untuk menyimpan telur, taruh ujung runcingnya diatas supaya kuning telur tetap ditengah.


3. Telur dari kulkas yang akan dipakai membuat kue harus didiamkan diluar sampai tidak dingin lagi.




4. Supaya kulit telur tidak pecah saat direbus, tambahkan sedikit garam diair rebusan.




5. Segera Simpan telur dalam Kulkas

Bakteri salmonela, yang berasal dari kotoran ayam, berkembang biak dengan cepat pada suhu ruangan. Oleh karena itu, pastikan telur yang Anda beli disimpan dalam suhu yang tepat saat dibeli dan segera simpan dalam kulkas.

6. Sebelum ditaruh di kulkas, cuci telur dalam air mengalir agar kotoran dan bakteri yang menempel tidak ikut mencemari makanan di kulkas.



7. Waktu penyimpanan terbaik untuk telur mentah maksimal adalah 3 sampai 5 minggu.



Telur ayam banyak sekali manfaatnya. Selain sumber protein telur juga diperkaya dengan vitamin D, vitamin B12, dan asam amino yang diperlukan untuk perkembangan anak dan pemulihan fisik pada orang dewasa. Kuning telur juga kaya akan nutrisi esensial yang penting bagi kesehatan tubuh, yakni kelancaran fungsi metabolisme tubuh.
READ MORE - Selengkapnya

CARA CARA PERAWATAN MATA AGAR SELALU SEHAT

http://mypotik.blogspot.com/2016/11/cara-cara-perawatan-mata-selalu-sehat.html

Dalam postingan kali ini adalah bagaimana CARA CARA MELAKUKAN PERAWATAN MATA AGAR SELALU SEHAT, apa-apa saja yang harus dilakukan untuk merawat mata dengan benar. Mata sangat rentan dan sensitive sekali, kita misalkan jika anda terlalu sering dan terlalu menggosok-gosok mata berlebihan, maka akan mendapat penyakit yang mungkin besar.
baca juga : 
PENYAKIT HORDEOLUM ATAU TIMBILEN




http://mypotik.blogspot.com/2016/11/cara-cara-perawatan-mata-selalu-sehat.html
CARA CARA PERAWATAN MATA SELALU SEHAT


Wortel

Memang sudah rahasia umum, wortel mampu menjaga kesehatan mata. Wortel terkandung betakaroten akan menjadi Vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.


Pakai Pelindung Mata
Saat berkendara, sinar matahari, berolahraga, dan aktivitas lainnya, cobalah untuk menjaga mata tetap aman dan terhindari dari debu, maka kami menyarankan untuk melindungi mata anda dari hal itu.

Istirahat Cukup
Sama seperti anggota tubuh yang lainnya, mata juga butuh istirahat yang cukup. Seperti menonton dan depan komputer berjam-jam sangatlah membuat mata cukup lelah, maka dengan itu selangkanlah waktu sedikit untuk mengistirahatkan mata sejenak dengan melihat objek yang jauh. Kenapa dengan objek yang jauh? karena dengan melihat objek yang jauh maka ruang lingkup mata akan terbuka dan lebih menenangkan. 

Telur
Memang telur sangat kaya akan Protein dan Vitamin. Telur juga memeliki Vitamin A yang tentunya sangat baik sekali untuk mata. Selain itu, kandungan Lutein dan Zeaxanthin yang ada di putih telur diketahui bisa mencegah penyakit katarak.

Periksa Mata
Jika mata anda terasa ada yang beda atau jika mata anda kemasukan benda-benda kecil, sebaiknya untuk memeriksa mata anda ke dokter.
READ MORE - Selengkapnya

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails