Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

KONDISI YANG DAPAT MENJADI GEJALA KRAM PERUT ATAU KRAM USUS

http://mypotik.blogspot.com/2017/07/kondisi-yang-dapat-menjadi-gejala-kram.html


Hampir semua orang pastinya pernah mengalami rasa sakit pada perut. Walaupun umumnya kondisi ini tidak terlalu berbahaya, akan tetapi terdapat beberapa orang yang mengalami rasa sakit yang parah pada perutnya yang terjadi secara tiba-tiba dan terpusat pada satu titik terntentu. Biasanya kondisi ini sering disebut dengan kram perut atau kram usus.

Walaupun umumnya kram perut akan sembuh dengan sendirinya, akan tetapi rasa sakit tersebut terasa sangat menyiksa. Maka dari itu, melakukan penanganan sejak dini memang sangat diperlukan. Terdapat beberapa kondisi serius yang mana dapat menjadi penyebab kram perut, beberapa diantaranya yaitu :

Radang usus buntu.
Usus buntu adalah kantong yang mirip jari serta terhubung dengan usus besar. Biasanya peradangan yang terjadi pada usus buntu ini dapat membuat penderitanya mengalami rasa sakit pada berut bagian kanan bawah.

Tukak peptik.
Adanya luka pada usus halus atau dinding perut adalah suatu kondisi yang disebut dengan tukak peptik. Luka ini terbentuk dari erosi pada lapisan dinding yang terjadi secara perlahan-lahan. Jika kondisi ini tidak segera ditangani, maka ada kemungkinan akan menyebabkan terjadinya pendarahan. Pada akhirnya, akan menyebabkan terkikisnya seluruh lapisan dinding dimana tukak berada dan terbentuklah lubang pada saluran pencernaan.

Divertikulitis.
Divertikulitis adalah suatu kondisi ketika divertikulum atau kantong-kantong kecil pada dinding usus besar mengalami peradangan. Selain mengalami sakit perut yang tidak tertahankan, biasanya kondisi ini juga menyebabkan penderitanya mengalami diare, kembung, demam, dan mual.

Batu empedu.
Batu empedu adalah batuan yang terbentuk dari kelosterol yang tertimbun dalam cairan empedu. Kondisi ini terjadi karena adanya ketidakseimbangan antara kolestrol dan senyawa kimia dalam cairan tersebut.

Selain itu, terdapat juga beberapa kondisi kesehatan lainnya yang mana dapat menyebabkan terjadinya sakit atau kram perut yang sering kambuh atau pun kronis ( dalam jangka waktu lama ). Beberapa diantaranya yaitu, konstipasi, mensturasi, sakit maag, infeksi saluran kemih, penyakit crohn dan juga sindrom iritasi usus.

Penanganan sedini mungkin merupakan suatu langkah tepat yang perlu untuk dilakukan supaya kondisi ini tidak menjadi semakin parah dan kronis.

loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails