Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Tanda Kesehatan Dilihat Dari Garis Putih Pada Kuku



Garis putih yang melintang sepanjang kuku dan tidak bergerak ketika kuku bertumbuh dinamakan garis Muehrcke. Penting untuk membedakan garis Muehrcke dengan garis Beau, yang juga memanjang secara horizontal di kuku. Pada garis Beau dapat dirasakan lekukan ketika meraba kuku. Sedangkan pada garis Muehrcke, kuku terasa mulus. Tanda yang lain adalah ketika garis putih ditekan, akan menghilang pada kuku dengan garis Muehrcke. Pada garis Beau garis putih tidak menghilang.

Garis Putih di Kuku: Kuku Muehrcke
Setelah membedakan garis Muehrcke dengan garis Beau, perlukah khawatir? Garis Muehrcke biasanya terlihat saat protein darah rendah. Penyebabnya bisa bervariasi dari penyakit ginjal, penyakit liver, sampai malnutrisi. Jika mempunyai tanda ini, segera periksa ke dokter untuk dicek kadar protein serum darah. Garis putih dari kuku Muehrcke juga bisa muncul setelah kemoterapi kanker.

Penyebab Lain Garis Putih di Kuku

Garis Putih pada kuku juga bisa disebabkan oleh trauma pada kuku. Tetapi, garis yang disebabkan trauma akan berbeda dari kuku Muehrcke. Kuku Muehrcke biasanya melintang seluruh kuku secara horizontal dari ujung ke ujung. Sedangkan garis trauma biasanya hanya ada di sebagian kuku dan di beberapa jari (bukan semua jari). Kadang, mendorong kutikula terlalu kasar juga bisa membentuk garis trauma.
Penyebab serius lain dari garis putih di kuku adalah kuku Mee yang melintang di seluruh kuku, seperti kuku Muehrcke. Perbedaannya adalah garisnya tidak hilang saat ditekan dan maju bersama dengan tumbuhnya kuku. Garis ini biasanya dilihat pada keracunan logam berat, terutama arsenik, meskipun bisa juga ada di kasus penyakit sistemik lain.

Garis Putih di Kuku: Kesimpulan?

Jika memiliki garis putih di kuku, pikirkan ke dokter untuk tes darah kecuali jika tahu penyebabnya hanya berasal dari trauma atau luka kuku. Kuku Mee dan Muehrcke merupakan tanda dari masalah kesehatan yang cukup serius. Jika memiliki garis putih di kuku, segera cari tahu penyebabnya.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Tanda Kesehatan Dilihat Dari Garis Putih Pada Kuku"

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner