Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya

KANDUNGAN GIZI PADA IKAN YANG BAIK UNTUK KESEHATAN

KANDUNGAN GIZI PADA IKAN
YANG BAIK UNTUK KESEHATAN
Menjaga kesehatan dimulai dengan perilaku hidup sehat seperti mengatur pola makan sehat, yaitu dengan makanan yang sehat dan bergizi. Salah satunya ikan, ikan merupakan salah satu makanan yang memiliki banyak kandungan gizi yang sangat baik untuk kesehatan.

  • Ikan merupakan mahluk air yang berdarah dingin dan bernapas dengan insang, harus diketahui ikan memiliki kandungan gizi yang kaya dan bermanfaat bagi kesehatan. Menurut beberapa sumber ada beberapa kandungan gizi yang dimiliki ikan, diantaranya:
  • Memiliki kandungan omega 3, omega 3 berfungsi sangat baik dalam proses perkembangan otak, fungsi syaraf dan penglihatan.
  • Mengandung serat protein
  • Vitamin A dalam minyak hati ikan, vitamin ini membantu mencegah kebutaan
  • Vitamin D pada daging ikan dan miyak hati ikan untuk membantu pertumbuhan tulang
  • Vitamin B6 untuk membantu metabolisme asam amino dan mencegah anemia dan kerusakan syaraf.
  • Vitamin B12 untuk membantu pembentukan sel darah merah, membantu metabolisme lemak, dan melindungi jantung juga kerusakan syaraf
  • Zat Besi
  • Yodium untuk mencegah penyakit gondok dan hambatan pertumbuhan anak
  • Selenium membantu tubuh untuk melindungi dari radikal bebas
  • Seng membantu kerja enzim dan hormon
  • Fluor sangat baik untuk menguatkan gigi

Setelah mengetahui kandungan gizi pada ikan, dibawah ini ada beberapa manfaat mengonsumsi ikan lainnya, diantaranya:
  • Menyuburkan ASI
    • Ikan memiliki kandungan vitamin B yang dikenal dengan nama riboflavin, B12, B1, B6 dan D. Vitamin tersebut sangat baik untuk ibu menyusui.
  • Mengurangi Risiko Kebutaan
    • Ikan mengandung omega 3, omega 3 berfungsi untuk menekan risiko seseorang yang mengalami gangguan penglihatan. Terutama bagi lansia, sangat baik sekali mengonsumsi ikan
  • Mengurangi Risiko Kanker payudara
    • Ikan mengandung asam lemak omega 3 tinggi yang dipercaya meningkatkan prognosis kanker payudara. Saya tekankan konsumsilah ikan salmon, cod, dan sarden.
  • Meningkatkan Daya Ingat
    • Ikan mengandung asam lemak omega 3 yang didalamnya memiliki kandungan DHA, yang dipercaya berperan dalam pembentukan neuron baru di otak. Asam lemak omega 3 juga menurunkan produksi zat penghambat daya ingat didalam otak.
  • Solusi Sehat Untuk Diet
    • Bagi temen-temen yang lagi melakukan diet, cobalah mengonsumsi ikan karena menurut penelitian yang dilakukan di University of Georgia, ikan yang memiliki kandungan DHA dapat mengurangi penumpukan lemak didalam tubuh. Saya sarankan ikan yang dikonsumsi bukan ikan goreng.
READ MORE - Selengkapnya

KHASIAT LENGKUAS BAGI KESEHATAN

Lengkuas merupakan salah satu jenis bumbu dapur yang mudah dijumpai di Indonesia. Dalam kajian ilmiah, lengkuas dikenal dengan nama latin Alpinna Galanga. Jika didasarkan pada ciri fisiknya, lengkuas hampir serupa dengan jahe dan juga kunyit. Meski demikian, kita bisa dengan mudah membedakannya dengan cara menghirup baunya. Lengkuas ini tumbuh subur di wilayah tropis seperti Indonesia. Karena itu jangan heran jika ibu-ibu suka menanamnya di pekarangan rumah. Selain dimanfaatkan sebagai bumbu masakan, ternyata manfaat lengkuas untuk kesehatan manusia juga cukup beragam. 

Bagian tanaman lengkuas yang dimanfaatkan adalah rimpangnya. Pada akar rimpang ini, tersembunyi sejumlah senyawa penting antara lain minyak atsiri yang terdiri atas galangol, methyl-cinnamae, galangin dan sineol. Senyawa lainnya adalah kamfer, seskuiterpen, kadien, resin, heksabidrokadalen hidrat, amilum dan masih banyak lagi lainnya. Kompleksnya senyawa yang tersimpan di dalam rimpang lengkuas ini menjadikan ia sebagai salah satu herba obat yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. 

Khasiat dan manfaat lengkuas bagi kesehatan antara lain: 

  • Lengkuas mampu mencegah dan mengobati tumor. Senyawa transkoniferil disasetat di dalam lengkuas diketahui mampu menghambat kerja enzim xanthin yang merupakan salah satu pemicu tumor.
  • Lengkuas bersifat anti-inflamasi, dengan demikian ia ampuh meredakan radang. Manfaat lengkuas ini terkait kandungan galangin, dan karioferidanya.
  • Lengkuas ampuh mengobati penyakit rheumatoid arthritis.
  • Lengkuas bisa meredakan gelaja kurang nyaman akibat luka yang terdapat di dalam perut.
  • Jika Anda mabuk laut, kunyahlah lengkuas dan permasalahan Anda tersebut akan teratasi.
  • Dengan menggunakan lengkuas di dalam masakan Anda, secara tidak langsung Anda telah mengkonsumsi obat alami untuk melancarkan peredaran darah serta menangkal radikal bebas dari dalam.
  • Manfaat lengkuas lainnya adalah meredakan diare. Cukup dengan beberapa kunyahan lengkuas, diare akan hilang dalam beberapa waktu.
  • Lengkuas bisa menyembuhkan rematik dan juga sakit limfa.
  • Jika Anda cermat, terkadang dalam produk penambah nafsu makan selalu dicantumkan lengkuas atau Alpinna Galanga sebagai salah satu bahan baku. Memang, salah satu manfaat lengkuas adalah untuk membantu merangsang nafsu makan. Jadi jika anak atau anggota keluarga Anda lainnya mengalami kondisi kurang nafsu makan, tak ada salahnya meracik lengkuas menjadi minuman hangat untuk mereka.
READ MORE - Selengkapnya

GIZI YANG ADA PADA WORTEL

Kandungan Gizi Wortel
Wortel (Daucus carota L.) merupakan tumbuhan jenis sayuran umbi yang umumnya berwarna jingga kekuningan atau kuning kemerahan dengan tekstur yang menyerupai kayu. Tanaman wortel memiliki batang yang pendek, dan akar tunggang yang bentuk dan fungsinya akan berubah menjadi umbi bulat dan memanjang. Kulit umbi wortel sangat tipis, bila dimakan dalam kondisi mentah terasa renyah dan agak manis.Tanaman ini menyimpan cadangan makanan di dalam umbinya, sehingga bagian yang dapat dimakan dari wortel adalah bagian umbi atau akarnya. Wortel dapat ditanam sepanjang tahun dan menjadi sayuran penting yang paling banyak ditanam di berbagai tempat di lahan pertanian. Disamping itu, sayuran ini banyak disukai masyarakat karena harganya yang relatif lebih murah, mempunyai rasa yang enak dan mudah untuk diolah baik dalam bentuk makanan maupun minuman dengan dibuat jus. Awalnya kegunaan wortel hanyalah sebagai obat, tetapi dalam perkembangannya wortel telah menjadi sayuran utama dan umumnya dikenal karena kandungan gizi wortel yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Salah satu kandungan gizi wortel yang penting tersebut adalah α- dan β-karotennya. Kedua jenis karoten tersebut penting dalam memenuhi gizi manusia yaitu sebagai provitamin A. Provitamin A atau karotenoid banyak terdapat pada sayuran yang berwarna kuning atau orange, seperti wortel. Beberapa jenis karotenoid memang mempunyai aktivitas pro-vitamin A, namunβ-karoten merupakan karotenoid yang mempunyai keaktifan paling tinggi di antara jenis-jenis karotenoid lainnya dalam membentuk vitamin A di dalam tubuh.Karoten juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Penelitian terbaru menyebutkan bahwa dalam konsentrasi tinggi, karoten dapat mencegah atau menghambat pertumbuhan sel-sel kanker, karena sifat antioksidannya yang melawan kerja destruktif sel-sel kanker tersebut. Karoten juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kesehatan mata. Oleh sebab itu, kandungan karoten dalam wortel sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Selain itu kandungan gizi wortel yang penting lainnya adalah mineral (terutama kalsium dan fosfor), pektin, serat, vitamin C, vitamin B dan minyak atsiri yang baik untuk kesehatan tubuh. pektin dalama wortel sangat baik untuk menurunkan kolesterol darah. Pada wortel juga terdapat serat yang tinggi bermanfaat untuk mencegah terjadinya konstipasi pada saluran pencernaan. Sedangkan kandungan minyak atsiri wortel terdapat pada kantong minyak yaitu di dalam ruang antarsel perisikel pada umbi wortel, yang berperan dalam menyebabkan bau dan aroma yang khas dari wortel. Selain itu, wortel yang memiliki akar tunggang menyimpan sukrosa dan jenis gula lainnya dalam jumlah yang cukup banyak. Jenis-jenis gula yang terdapat pada wortel terdiri darimaltosa, glukosa, sukrosa, dan fruktosa. Namun, kandungan gula dan juga asam amino pada wortel tergantung dari jenis atau varietas wortel, lingkungan, pertaniannya dan penyimpanannya.
READ MORE - Selengkapnya

CARA MEMBUAT JAMU KULIT ASAM

Warisan leluhur seolah tak habis-habisnya diceritakan. Salah satu yang terbaik dari dunia pengobatan tradisional yang juga merupakan warisan leluhur kita adalah jamu. Minuman menyehatkan ini diracik dari berbagai herba obat yang tumbuh subur di kawasan tropis Indonesia. Jamu ini terdiri atas beberapa varian yang disesuaikann dengan peruntukannya. Salah satu yang terbaik dan wajib Anda coba (utamanya para wanita) adalah jamu kunyit asam. Jamu nikmat yang satu ini diketahui memiliki sejumlah khasiat antara lain melangsingkan tubuh, membantu kelancaran haid, mengatasi luka di dalam lambung, membersihkan organ kewanitaan, dan juga sebagai anti-inflamasi. Mencermati sejumlah khasiat tersebut, tentu baik bagi Anda untuk mengkonsumsi jamu kunyit asam terlebih jamu ini sangat mudah dibuat. Berikut kami sajikan cara membuat jamu kunyit asam yang mudah untuk Anda praktekkan. 

Bahan-bahan! 

Adapun bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan jamu kunyit asam antara lain: 

  • Asam jawa sebanyak 250 gram.
  • Kunyit sebanyak 250 gram.
  • Gula jawa sebanyak 50 gram
  • Air matang sebanyak 1 liter.
  • Sedikit garam
Setelah semua bahan-bahan yang diperlukan tersedia, saatnya Anda memulai pembuatan jamu kunyit asam. Berikut cara membuat jamu kunyit asam yang kami rangkum langkah demi langkah: 

  • Pertama, cuci bersih kunyit dengan air mengalir. Selanjutnya kupas kulitnya dan kembali cuci bersih. Kemudian haluskan, jauh lebih baik jika Anda tumbuh ketimbang diblender. Proses penghalusan dengan jalan ditumbuk akan memaksimalkan sari kunyit yang keluar.
  • Setelah kunyit halus, saringlah dan simpan airnya di dalam wadah untuk kemudian dicampur dengan air dan direbus dengan api sedang.
  • Setelah air kunyit tersebut panas, masukkan gula jawa, asam jawa, dan juga garam. Aduk hingga mendidih. Angkat dan dinginkan.
  • Bisa dinikmati dalam keadaan hangat ataupun dingin, semua tergantung selera Anda
READ MORE - Selengkapnya

Arsip

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails