Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

CARA PENGOBATAN KULIT YANG BERNANAH


Luka bernanah merupakan luka yang telah terinfeksi dan menjadi parah karena tidak segera diobati. Luka kecil seperti tersayat atau tergores benda tajam akan menjadi bernanah jika tak segera diobati atau mengkonsumsi makanan yang dapat menyebabkan luka makin parah seperti udang, daging ayam dan lain sebagainya.

Luka bernanah akan terasa sakit, pegal dan tidak nyaman, selain itu memiliki luka yang bernanah akan membuat kita menjadi tidak percaya diri juga terlihat menjijikan. Oleh sebab itu masalah luka bernanah harus segera di obati akan tidak semakin parah. Keluarnya nanah sendiri merupakan akibat sel darah putih yang mati karena infeksi bakteri.

Untuk mengobati luka yang telah bernanah, baiknya anda pergi ke dokter. Hal ini dikarenakan luka yang telah mengeluarkan nanah merupakan luka yang telah terinfeksi. Namun luka bernanah juga bisa disembuhkan diumah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Ada beberapa bahan alami yang bisa membantu menyembuhkan luka bernanah hingga cepat kering. Berikut beberapa cara alami untuk mengobati luka bernanah agar cepat kering.

1. Bubuk kopi
Bubuk kopi hitam memiliki kemampuan untuk mengobati berbagai macam luka seperti luka terbakar, luka tergores, terjatuh, bahkan koreng yang telah terinfeksi hingga keluar nanah. Bubuk kopi memiliki sifat anti bakteri yang kuat yang mampu membunuh bakteri Methicillin resistant starhyloccocus aureus yang umumnya terdapat pada luka bernanah. Cara menggunakannya yaitu anda taburkan bubuk kopi hitam ada luka anda sehingga semua luka tertutup, biarkan jangan sampai terkena aira. Ingat kopi yang anda gunakan adalah bubuk kopi murni bukan kopi sasetan yang biasa dibeli di tokok. Namun jika anda merasa alergi terhadap bubuk kopi, baiknya anda hentikan mengobati dengan bubuk kopi tersebut.


2. Menggunakan garam dan air hangat
Cara berikutnya yaitu menggunakan air garam yang hangat. Seperti yang kita ketahui, air garam memiliki kemampuan luar biasa dalam menyembuhkan luka. Tak heran jika banyak orang yang menyembuhkan luka dengan cara mandi di laut. Untuk menggunakan air garam sebagai obat peyembuh luka bernanah cukup mudah. Caranya yaitu campurkan garam dengan air hangat hingga larut. Lalu bersihkan luka yang bernanah tersebut dengan larutan garam tersebut secara perlahan. Lakukan 3 kali dalm sehari untuk membuat luka cepat kering.


3. Kunyit
Cara berikutnya yaitu dengan menggunakan kunyit. Kunyit mengandung antibiotik yang bermanfaat untuk membuat luka cepat mengering dan cepat sembuh. Caranya yaitu anda parut kunyit dan peras lalu ambil airnya. Kemudian anda oleskan air kunyit pada luka yang bernanah setelah luka anda bersihkan terlebih dulu dengan air garam hangat. Lakukan secara rutin agar luka cepat sembuh dan kering.


4. Minyak kayu putih
Siapa yang tidak mengenal minyak kay putih. Minyak kayu putih merupakan obat herbal yang biasa di gunakan untuk mengobati masuk angin. Selain itu minyak kayu putih juga baik sekali untuk mengobati pengakit luar seperti luka, gatal, alergi, gigitan serangga hingga luka bernanah. Minyak kayu putih mengandung analgesik yang meredakan nyeri dan desinfektan alami yang mampu mengobati infeksi. Caranya yaitu anda bersihkan luka anda dan oleskan sedikit minyak kayu putih pada luka, hentikan jika luka terasa panas.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails