Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya

CARA MENGHILANGKAN UBAN DENGAN AIR SANTAN

Ada 2 macam pigmen rambut, yaitu :
1.Pigmen eomelanin..Pigmen eomelanin biasanya terdapat pada orang-orang berkulit berwarna, seperti Asia, Arab, India dan sebagainya. "Pigmennya berwarna gelap, hitam. Jadi, rambut dan kulitnya pun berwarna gelap."
2.Pigmen feomelanin..Pigmen ini terdapat pada orang-orang kulit putih. "Pigmennya berwarna kuning. Tapi, bukan berarti mereka tidak punya pigmen eomelanin. Mereka tetap punya, tapi prosentasinya sedikit.
Orang Asia juga punya pigmen feomelanin, meski tidak banyak. Kan tidak semua orang Asia berkulit dan berambut hitam."Di kepala, banyak sekali akar rambut. Nah, ada sebagian yang memang tidak bisa memperoduksi pigmen. Misalnya pada kasus albinism (albio) dan vitiligo. Albino adalah orang yang tidak mempunyai pigmen dan seluruh kulit dan rambutnya putih, sementara vitiligo hanya sebagian yang putih. "Ini juga faktor genetik dan nggak bisa disembuhkan."Jika kadar pigmennya kurang, rambut pun akan semakin pirang dan kemudian putih, beruban.
Biasanya, uban muncul pada orang tua, karena produksi melaninnya memang sudah mulai berkurang. Metabolisme untuk memproduksi pigmen sudah mulai lambat atau bahkan tidak ada lagi.Ada orang yang sudah tua tapi belum beruban atau hanya muncul sedikit, tapi ada pula yang masih muda tapi rambutnya sudah ubanan semua. Ini juga karena faktor genetik. Jika belum banyak uban meski sudah tua, berarti metabolisme pembentukan pigmennya memang bisa bertahan lama.
Hal - hal yang memicu terjadinya uban, antara lain :
  • Faktor Genetik
  • Penyakit imunologi anemia pernisiosa, yakni jenis kekurangan darah yang sering menyebabkan rambut beruban•- Adanya kelainan metabolisme, misalnya gangguan tiroid atau kurang gizi. Kurang gizi bisa membuat jumlah enzim pembetuk pigmen berkurang,•- Pemakain zat kimia, misalnya cat rambut
  • Pemakaian jenis sampo yang banyak mengandung sulfur yang tinggiSecara medis, uban juga tidak bisa diobati. Jika penyebabnya faktor genetik, yang bisa dilakukan hanyalah mencat rambut. "Sebaiknya jangan mencabut uban, karena justru akan mengurangi jumlah helai rambut".
Ada beberapa cara untuk mengatasi uban, antara lain :
1. Pengecatan rambut, tentu, cat rambut memiliki efek samping. Berdasarkan bahannya, cat rambut dibagi dua, yakni : cat rambut dari bahan kimia, Cat rambut dari zat kimia selama ini disebut-sebut bisa menyebabkan kanker darah. Meskipun sebetulnya belum bisa dibuktikan secara pasti. Yang pasti, cat rambut bisa memicu eksim kontak (dermatitis kontak). "Timbul rasa gatal, biasanya dari kepala, terus ke muka dan bisa pula badan. Bahkan, pada bentuk yang agak hebat, timbul urtikaria (bengkak biduran), yang cepat menjalar. Begitu pakai, langsung bengkak biduran di kulit kepala, sampai akhirnya bengkak pada saluran pernapasan yang bisa berakibat fatal." Sementara kalau eksim, tipenya lambat. "Sekarang kena cat rambut, besoknya baru gatal-gatal."Disarankan sebelum memakai cat rambut sebaiknya dicoba dulu di belakang telinga. "Oleskan dan biarkan selama 24 jam. Kalau tidak ada timbul rasa gatal atau pembengkakan, berarti cocok.- cat rambut dari tumbuh-tumbuhan (hena)Jenis kedua adalah cat rambut dari tumbuhan, yang biasa disebut hena. "Ini lebih aman, karena mengandung substansi organik dari tumbuh-tumbuhan alam. Efek sampingnya tidak terlalu banyak. Hena ini juga mengisi bagian dalam rambut. Sementara cat rambut kimiawi, hanya melapisi bagian luar rambut, tidak bisa meresap ke dalam rambut.
"Ada 2 jenis cat rambut yaitu :
  • Semi permanent, bersifat sementara sehingga dicuci beberapa kali juga akan hilang.
  • Permanen, bersifat abadi ( tahan lama ) tetapi tetap harus diulang setiap sekitar 3-4 minggu.
Mengecat rambut dapat dilakukan kapan saja, asal kualitas rambut diperhatikan. Misalnya kalau rambut terlalu kering, sebaiknya pakai kondisioner (pelembab). Juga, harus mengetahui perawatan pencuci rambut. Misalnya, gunakan sampo yang tidak terlalu alkalis (terlalu berbusa), sehingga malah membuat rambut jadi terlalu kering. Tapi kalau sudah ada tanda-tanda rambut porous (rapuh), pengecatan harus dihentikan, tunggu sampai rambut baru tumbuh.2. Pengobatan secara tradisional, pakailah air santan kelapa, kelapa parutnya juga diambil dicampur dengan santan, tambahkan air nanas, air jeruk nipis. Pakailah untuk keramas 2x seminggu. Hasil perasan bisa dipakai berkali-kali.

Artikel Terkait

14 komentar:

  1. Jadi air santan buat apa donk ???
    atau untuk buat sop buntut aja yach !!!

    BalasHapus
  2. Air santannya digunakan untuk pengobatan tradisionalnya mas AnthoenDonk, Mas bisa baca pada akhir artikel yang di BOLD

    BalasHapus
  3. ini berapa kali sehari dosisnya bos? terus itu air nanas? nanas yang diparut terus diambil airnya...air nanas hasil masakan..kayak bikin selai nanas?? komposisi jumlah bahannya gak jelas tuh bos?

    BalasHapus
  4. santanya perlu dicoba agar uban gak tumbuh banyak, makasih infonya.

    BalasHapus
  5. fokus judul sama isinya kurang sesuai...bisa lebih dijelaskan secara detail nggak min mengenai komposisi air santan, air nanas, dsbgnya itu...sy ingin mencoba

    BalasHapus
  6. Untuk lebih jelasnya seputar Artikel CARA MENGHILANGKAN UBAN DENGAN AIR SANTAN adalah :

    Campur santan dari setengah butir kelapa, satu gelas jus buah nanas, perasan jeruk nipis, dan satu setengah gelas air kelapa. Aduk secara merata. Gunakan campuran ini untuk mencuci rambut setiap lima hari sekali. Bersihkan dengan sampo setiap kali melakukannya. trims :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Responnya bagus juga. Sebenarnya di masyarakat, melumuri kelapa juga sudah ada, tapi kalo pake nanas dan jeruk, saya baru dengar. Terus kalo pake minyak goreng atau minyak zaitun bisa tidak ya? Makasih

      Hapus
  7. Hasiat air santan itu sendiri untuk apa min ? Untuk mengurangi uban atau hanya untuk pencegahan ?

    BalasHapus
  8. mungkin utk mengembalikan pigmen2 yg mati...

    BalasHapus
  9. Alternatif lain Mencegah, Menghilangkan dan Mengatasi Uban di
    http://menghilangkan-uban.blogspot.com/

    BalasHapus
  10. Terimakasih admin Info yang Menarik

    untuk admin ijin sekalian promosi ya
    Cek di google dengan key " bisnis online terbaik di indonesia" menduduki peringkat rank 1 dan saya search dengan key " milyarder club bisnis penipu " tidak ditemukan statement apapun bisnis ini emang keren www.milyarderclub.com/nabeel

    BalasHapus
  11. kalau di cabut muncul2 terus ya?
    kalau pake alami emang kita ebih berani coba biasanya. makasih

    BalasHapus

Arsip

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails