Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya

BERBAHAYAKAH MATA IKAN ATAU KLAVUS PADA KAKI

Mata ikan atau klavus, merupakan salah satu masalah pada kaki yang paling sering terjadi. Meski tidak berbahaya, namun timbulnya mata ikan bisa merusak penampilan dan mengakibatkan nyeri yang mengganggu.
Klavus adalah penebalan kulit yang timbul di permukaan atau samping jari kaki, akibat tekanan atau gesekan terus menerus. Sepatu yang ukurannya kurang pas biasanya menjadi penyebab timbulnya mata ikan dan kapalan pada kaki. Namun mata ikan juga bisa disebabkan karena kelainan saraf pembuluh darah akibat diabetes.


Sekalipun mata ikan mungkin terlihat jelek dan mengganggu penampilan, sebenarnya mata ikan tidak memerlukan perawatan khusus. Solusi yang mungkin dianjurkan untuk mengatasi mata ikan adalah mengurangi ketebalan kulit. Selain dengan mengoleskan krim asam salisilat, injeksi steroid juga bisa menghilangkan mata ikan. Jika belum hilang juga, dokter akan menyarankan pembedahan untuk mengiris dan menipiskannya.


Risiko terkena komplikasi akibat mata ikan pada pengidap diabetes kan lebih tinggi. Jika Anda pengidap diabetes, konsultasikan dulu pada dokter sebelum melakukan tindakan terhadap mata ikan karena sekalipun hanya luka kecil bisa berubah menjadi borok yang sulit disembuhkan.


Untuk mencegah terjadinya mata ikan, pakailah sepatu dengan bantalan telapak kaki yang baik dan pilih alas kaki yang ukurannya sesuai. Memilih alas kaki sebaiknya dilakukan siang hari, karena saat inilah kaki berada pada ukuran dan bentuk aslinya.




Sumber : Kompas

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Arsip

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails