Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

7 Jenis Gangguan Tidur



SEBAGIAN orang sering mengalami kesulitan tidur nyenyak. Berikut adalah beragam gangguan tidur yang patut Anda waspadai, seperti yang dikutip dari Healthmeup.com : 


1. Delayed Sleep Phase Disorder : ditandai dengan kesulitan tidur pada malam hari, sehingga menyebabkan penderita sulit sekali untuk bangun pagi. Kebanyakan orang menganggap ini merupakan hal yang normal dan biasa, namun dalam sisi medis, hal tersebut harus ditangani secara serius jika berlangsung setiap hari. 

2. Insomnia : merupakan kesulitan seseorang untuk tidur, terutama di malam hari. Hal tersebut terjadi karena faktor gaya hidup seperti stres, perubahan mood, atau penurunan konsentrasi. 

3. Sleep Apnea : biasanya gangguan ini terjadi apabila seseorang mengalami kesulitan bernapas saat tidur. Hal tersebut berawal dari tertutupnya saluran pernapasan, sehingga udara tidak sampai ke paru-paru. Jika gangguan ini berlanjut, penderita akan merasa mudah ngantuk sepanjang hari. 

4. Narcolepsy : merupakan gangguan neurologis yang disebabkan kurangnya hyporcetin, sebuah zat dalam otak yang mengatur jadwal tidur dan terbangun. Narcolepsy akan membuat seseorang dapat tidur di manapun dan dalam kondisi apapun tanpa tanda-tanda mengantuk terlebih dahulu. 

5. Restless Legs Syndrome : sebuah gangguan tidur berupa ketidaknyamanan dalam tidur. Penderita kerap menggerakkan kakinya karena merasa sesuatu yang tidak nyaman pada bagian tersebut, seperti gatal dengan intensitas gerakan yang berbeda-beda. 

6. Periodic Limb Movement Disorder : penderita biasanya sering melakukan gerakan spontan saat tidur tanpa sadar. 

7. Sleep Walking : gangguan ini merupakan kondisi yang paling parah saat tidur. Penderita sleep walking biasanya melakukan aktivitas lain seperti berjalan, keluar rumah, dan lainnya. Namun para penderita tidak menyadari apa yang telah mereka lakukan saat tidur.

loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails