Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya

PENCEGAHAN DAN PENGOBATAN PENYAKIT KELAMIN CHLAMYDIA


Chlamydia adalah penyakit kelamin yang banyak terjadi disebabkan oleh bakteri chlamydia trachomatis. Biasanya tidak terdapat gejala apa-apa, walaupun begitu tetap ada gejala-gejala ringan, seperti nanah atau keputihan pada penis maupun vagina dan adanya rasa sakit setiap kali buang air kecil. Ini merupakan infeksi yang terjadi pada uretra (laki-laki) dan serviks (mulut rahim) pada perempuan. Sebagai informasi, chlamydia merupakan salah satu penyakit menular seksual yang paling umum dijumpai dan dikenal sebagai penyebab utama penyakit peradangan pada pelvis (panggul), sehingga menyebabkan infertilitas (kemandulan) pada perempuan. Bahaya kan? Jenis tertentu dari bakteri ini hanya menginfeksi serviks dan uretra, sementara jenis lainnnya dapat menyebabkan penyakit mata.

Gejala-gejala

Gejala dapat timbul dalam waktu kira-kira 3 minggu, namun gejalanya mungkin sangat ringan dan kadang luput dari perhatian. Laki-laki yang merasakan gejala saat terinfeksi penyakit ini akan mengeluarkan cairan seperti susu dari saluran kencingnya disertai rasa sakit saat buang air kecil. Sedangkan perempuan yang terinfeksi chlamydia mungkin juga akan mengalami rasa tidak nyaman saat berkemih, sebagai pertanda nyata penyakit ini mulai berkembang. Sayangnya, perempuan kadang tak menyadari terkena penyakit berbahaya ini karena dapat muncul tanpa gejala nyata. Dalam kasus ini, penularan berulang dapat terus terjadi. Chlamydia juga akan meningkatkan keluarnya kotoran dari vagina, bahkan muncul darah segar di antara siklus haid. Pendarahan yang terjadi ini bisa menjadi indikasi bahwa infeksi sudah menyebar ke uterus (rahim).

Infeksi chlamydia yang terjadi di anus dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada penderita dan sebagai imbasnya anus mengeluarkan kotoran yang abnormal. Jika tak terdeteksi dan tak diobati hal ini menyebabkan komplikasi serius pada penderita. Infeksi chlamydia yang berkelanjutan bisa menginfeksic appendix (usus halus), jantung dan hati. Risiko lainnya pada laki-laki adalah chlamydia dapat menginfeksi epididymis, yang berpotensi menyebabkan kemandulan.

Media Penularan

Bakteri Chlamydia trachomatis merupakan penyebab chlamydia. Bakteri ini hanya dapat bertahan di sel-sel hidup, yang kemudian akan dibunuhnya. Pertukaran cairan tubuh (sperma misalnya) berpotensi menjadi sarana penyebaran penyakit ini.

Pengobatan

Dapat disembuhkan dengan penggunaan antibiotik tetrasiklin, yang diresepkan dokter untuk dipakai dalam 7 hari dan pengobatan terhadap kedua pasangan.

Pencegahan

Khusus perempuan hamil yang terinfeksi chlamydia dapat diobati dengan erythromycin. Saat terinfeksi penyakit ini sebaiknya tidak melakukan hubungan seksual, atau gunakan kondom untuk mencegah penularan berulang.

sumber: doktersehat.com

Artikel Terkait

10 komentar:

  1. Bagus banget ni informasinya....
    Saya mau nanyak ni,stelah bruhubungan sex ad benjolan tp benjolan itu hilang,stelah itu sring kluar cairan dan di saat buang air kecil rasnya skit banget dan panas,tapi ga kluar nanah,rasa skit di lubang kcingnya
    Itu termasuk penyakit klamin apa ya.....???
    Truus gimna ya cara mngobati nya,.....???
    Sya lg minum atibiotik saya beli di apotik itu dapat membantu penyembuhan penyakit saya atau tidak.....???
    Tolong di bls ya.... Tmksih

    BalasHapus
  2. ^^herpes, minum acyclovir (DOSIS tanya sama dokter apotekernya), penyakitmu abadi mas bro alias ga bisa disembuhkan tuntas

    BalasHapus
  3. Tanya: setelah berhubungan intim (bkn pertama kali, dan dgn pasangan yg sama), vagina mengeluarkan darah (gak banyak sih..), pdhl tdk sedang haid.
    Kira2 itu kenapa ya..? Trus hrs bgm?
    Makasih..

    BalasHapus
  4. Vagina mengeluarkan darah saat berhubungan intim padahal tidak sedang haid mungkin disebabkan karena darah haid anda belum tuntas, ataupun adanya suatu luka akibat hubungan sex tersebut
    disarankan jika Anda mengalami keluhan2 lain agar anda periksa ke dokter kandungan untuk mencari penyebabnya.

    BalasHapus
  5. Tanya dok: kemaluan saya seperti mengecil,disekitar buah jakar sering gatal dan didalam batang kemaluan saya ada rasa yg tidak enak,gatal seperti ada yg bergerak gerak dan terkadang nyeri,jika buang air tidak keluar nanah dan tidak sakit.saya sudah berobat kedokter specialis kulit dan kelamin,diberi obat KETOCONAZOLE 200 mg dan obat salep tp belum sembuh juga.
    *sakit apa saya dok ?
    *apa obatnya dan cara pengobatanya ?
    *terima kasih*

    BalasHapus
  6. Tanya ni mas, di alat kelamin dan skrotum saya ada tumbuh benjolan kecil seperti lubang pori dan sangat banyak sekali,
    apakah nama penyakit kelamin saya?
    bgaimana mengobati nya?

    Mohon di jawab mas, plisss
    Trims

    Maaf saya tidak mencantumkan nama, karna saya malu

    BalasHapus
  7. tanya dok,pacar saya mantan psk tapi sudah lama berhenti dan kami sering hubungan badan tapi nggak pernah ada keluhan sakit pada kemaluan saya,tapi kira2 minggu yang lalu penis saya terasa agak sakit dan rada panas persis di belakang kepala penis tapi di dalam sepertinya pada saluran kencing.setelah saya pencet ujungnya ada sedikit keluar cairan agak putih dan saya beli obat CEFIXIME 100mg = 10 kapsul dan minum 2x sehari sampai habis
    skarang kalau bangun pagi kalau saya pencet agak keras pas baru bangun tidur cairan putih masih keluat sedikit
    kira2 apa obat yang harus saya minum dok? dan apajenis penyakitnya? mohon penjelasan dok..

    sbelumnya trimakash

    BalasHapus
  8. tanya...saya mengalami gangguan seperti wacana diatas...mhn petunjuk untuk pemakaian obat antibiotik erythromycin itu sehari berapa kali yah????

    BalasHapus
  9. obatnya apa klo penis mengeluarkan cairan putih????

    BalasHapus
  10. Terimakasih Infonya
    sangat bermanfaat dok..
    Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
    :)

    BalasHapus

Arsip

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails