Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Awas, Migrain Bisa Merusak Otak



Ilmuwan menemukan migrain bukan sakit kepala biasa. Penyakit ini bahkan bisa menyebabkan kerusakan otak.

Studi ini dilakukan kelompok riset di Belanda. Sejak 2004 mereka meneliti penderita migrain yang memiliki atau tidak memiliki masalah penglihatan (lampu berkedip dan penglihatan kabur) dibandingkan kelompok dengan usia, pekerjaan, jenis kelamin sama tapi tidak memiliki migrain.

Ketika mereka melakukan tes Magnetic Resonance Imaging (MRI) pada kelompok studi ini menemukan penderita migrain visual, sebenarnya memiliki luka kecil di otak yang mengontrol fungsi motorik (gerakan).

Luka pada otak ini kemungkinan besar disebabkan karena kurangnya oksigen. Bahkan, risiko kerusakan otak penderita migrain non-visual mengalami peningkatan. Selain itu, ilmuwan menemukan lebih banyak perempuan menderita migrain dibanding pria.

Peneliti memperkirakan sekitar 20 juta orang di Amerika Serikat (AS) menderita migrain. Jadi, banyak orang berisiko mengalami kerusakan otak. Jika serangan migrain terus berkepanjangan maka kerusakan yang ditimbulkan akan semakin besar.

Sayangnya, belum ditemukan bukti luka otak merugikan pasien atau tidak. Migrain disebabkan pengetatan spontan pembuluh darah di otak yang menciptakan kekurangan oksigen di wilayah otak tertentu.

Hal inilah yang menyebabkan rasa sakit. Bahkan, penelitian yang telah dilakukan belum cukup menjelaskan apa yang terjadi. Kemungkinan pemicunya adalah lingkungan (cahaya, kebisingan) atau kepekaan makanan (coklat) atau genetik (keturunan), namun masih sulit menentukan penyebab pastinya.

Studia ini juga menemukan penderita migrain cenderung terkena stroke. Otak penderita nampaknya sangat sensitif dan pada kasus berat, pasien harus minum obat secara teratur untuk mengontrol migrain supaya otak dapat berfungsi.

Penelitian juga menunjukkan penderita tak seharusnya berhenti berobat untuk memastikan migrain penderita mendapat perawatan. Saat ini, banyak obat yang dapat menghentikan dan mencegah migrain, tapi banyak orang tidak mau minum obat tiap hari.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Awas, Migrain Bisa Merusak Otak"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner