Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya

MEMANFAATKAN BUAH PISANG UNTUK PENGOBATAN

Buah Pisang ...Buang Ajaib
Buah Pisang tidak hanya sebagai buah biasa, ternyata berdasarkan penelitian buah ini merupakan buah ajaib. Wah pasti tidak semua orang tahu bahwa ada banyak manfaat apabila Anda mengkomsumsinya setiap hari, Ingin tahu bagaimanakah buah ajaib ini dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit :
Pisang mengandung tiga jenis gula alami – sukrosa, fruktosa, dan glukosa – serta serat yang konon memegang peran utama dalam menambah energi. Hasil penelitian membuktikan bahwa energi yang dihasilkan oleh dua buah pisang ukuran sedang sama dengan energi yang dikeluarkan seseorang ketika melakukan penelitian selama 90 menit. Jika dibandingkan dengan apel, pisang memiliki protein empat kali lebih banyak, karbohidrat dua kali lebih tinggi, kadar fosfor empat kali lebih tinggi, kadar vitamin A dan zat besi lima kali lebih tinggi, serta kadar vitamin dan mineral lainnya dua kali lebih banyak. Selain itu pisang pun ditengarai mampu memperbaiki keadaan fisik, pikiran, serta emosi seseorang. Ingin tahu lebih banyak, jangan lewatkan tulisan singkat di bawah ini.

Anemia
Pisang mengandung zat besi yang cukup tinggi sehingga dapat memicu tubuh memproduksi hemoglobin lebih tinggi.

Tekanan Darah
Pisang sebagai buah-buahan khas tropik yang mengandung potasium tinggi sehingga sangat cocok bagi orang dengan tekanan darah tinggi yang harus melakukan diet rendah garam namun tetap membutuhkan potasium. Bahkan akhir-akhir ini Badan Pengawasan Obat dan Makanan, Amerika Serikat (US Food and Drug Administration) mengizinkan para petani pisang untuk mengiklankan bahwa pisang memiliki kemampuan mengobati bagi pasien tekanan darah tinggi.

Daya Nalar
Dalam sebuah percobaan, 200 siswa SMU mengakui bahwa kemampuan berpikir dan daya tangkap mereka semakin baik ketika mengonsumsi pisang pada pagi hari di waktu sarapan. Penelitian membuktikan bahwa potasium yang ada dalam buah-buahan dapat membuat seseorang menjadi lebih awas dan waspada sehingga lebih mudah berkonsentrasi.

Pencernaan
Karena mengandung serat yang tinggi pisang dapat menekan produksi asam lambung – terutama yang terserang radang lambung – sehingga tidak menyebabkan nyeri lambung. Para pakarpun menyetujui bahwa pisang merupakan satu-satunya buah yang kandungan asam dan seratnya tidak membahayakan para penderita tukak lambung. Sebaliknya pisang akan menetralisir asam lambung dan melapisi lambung yang luka.

Depresi
Hasil penelitian terhadap para penderita depresi membuktikan bahwa para penderita mengalami pengurangan tingkat depresi setelah mengonsumsi pisang. Ini disebabkan karena pisang mengandung protein trypotophan, sejenis protein yang dapat diubah oleh tubuh menjadi enzim serotonin yang mampu membuat seseorang menjadi lebih santai, lebih tenang, dan lebih bahagia. Selain itu pisang pun sangat baik bagi orang yang sedang stres.. Potasium dalam pisang mampu membuat detak jantung lebih stabil sehingga oksigen yang dipasok ke otak tetap stabil. Ketika seseorang stres kadar potasiumnya berkurang akibat metabolisme yang meninggi. Untuk menormalkan kembali cukup dengan makan pisang sebagai obat alami.

Terbakar
Jika Anda terlalu lama melakukan kegiatan di luar ruang dan suhu tubuh mengalami kenaikan akibat sorotan sinar matahari, coba untuk makan pisang karena pisang mampu mengurangi suhu tubuh akibat kandungan antacid.

Mual di Pagi Hari
Bagi ibu hamil yang sering mual di pagi hari tak ada salahnya untuk memakan pisang sebagai camilan. Kandungan gula alami yang tinggi dapat mempertahankan kadar gula yang tetap dalam darah sehingga mengurangi rasa mual.

Gigitan Nyamuk
Jika Anda tidak memiliki balsam ketika digigit nyamuk atau serangga lainnya oleskan bagian dalam kulit pisang pada bagian yang radang/gatal. Kandungan enzim pada bagian dalam kulit pisang mampu mengurangi rasa gatal dan nyeri akibat iritasi gigitan serangga.

Baik Bagi Saraf
Pisang mengandung vitamin B dengan kadar tinggi yang sangat berguna bagi sistem saraf tubuh.

Pra Menstruasi
Lupakan pil penghilang rasa sakit. Ganti dengan pisang yang mengandung vitamin B 6. Pisang dengan kadar B 6 yang tinggi mampu mengatur kadar gula dalam darah sehingga mampu mengontrol suasana hati akibat gejolak hormon di saat sebelum menstruasi.

Baik Bagi Pecandu Rokok
Pisang pun sangat baik bagi para pecandu rokok karena mengandung vitamin C, A, B 6, B 12, potasium, dan magnesium. Semua vitamin dan mineral tersebut membantu tubuh untuk memperbaiki sel-sel tubuh akibat nikotin lebih cepat.

Serangan Stroke
Menurut tulisan yang diterbitkan pada “The New England Journal of Medicine” : Mengonsumsi pisang setiap hari secara teratur mampu memperkecil kadar kematian akibat serangan stroke sampai 40 %.,
kiriman: Roospono, SUBUD Jaksel, suksesman@yahoo.comAlamat e-mail ini telah diblok oleh spam bots, Anda membutuhkan Javascript untuk melihatnya )
Perkembangan TI pengaruhi Dunia Medis
PERKEMBANGAN teknologi informasi terjadi di segala bidang, termasuk dunia kesehatan. Banyak alat medis canggih hadir, misalnya CT scan terbaru yang sudah mampu menampilkan gambar tiga dimensi dan berwarna.

Situs internet yang membahas masalah-masalah kesehatan sekarang juga mudah ditemui. Catatan kesehatan seorang pasien juga mulai bisa diakses dari rumah sakit di tempat lain secara online.

CT scan memang dirancang untuk pendeteksian penyakit secara dini. Keunggulannya adalah cara pengoperasian yang mudah dan segera dirasakan oleh dokter yang bertugas atau juga pasien. Dokter hanya perlu menekan tombol-tombol kendali. Pasien sendiri tidak akan merasakan sakit selama pendeteksian karena hanya tinggal perlu berbaring selama mesin bekerja.

Mempelajari hasil scanning juga menjadi jauh lebih mudah. Lewat komputer, bisa terlihat jelas kondisi organ-organ tubuh dari berbagai sudut karena CT scan mendeteksi secara tiga dimensi. Gambar yang ditampilkan juga dengan mudah bisa diperbesar secara langsung. Dokter, misalnya, dapat mendeteksi kelenjar di leher pasien dengan cara menempelkan alat pendeteksi di leher pasien.

Lalu dokter dan pasien secara langsung dapat melihat hasil scan di layar komputer. Kondisi lain yang bisa diperiksa, misalnya, kadar lemak, kondisi pembuluh darah, dan sejenisnya. Jika diinginkan, hasil akhirnya juga bisa dicetak untuk keperluan pasien.



Sumber : www.idionline.com
READ MORE - Selengkapnya

TERTAWA MERUPAKAN OBAT YANG AMPUH

ANDA barangkali sudah sering mendengar orang mengatakan bahwa tertawa itu sehat. Ternyata ungkapan yang entah dari mana asalnya itu ada benarnya.

Betapa tidak, sebuah penelitian belum lama ini menunjukkan bahwa tertawa dapat membantu penderita diabetes meningkatkan kadar kolesterol mereka dan menurunkan resiko penyakit pembuluh darah dan jantung.

Menurut Lee Berk dari Loma Linda University, yang memimpin studi itu, "Pilihan gaya hidup memiliki dampak menyolok dalam kesehatan dan penyakit. Dan ini semua adalah pilihan yang kami dan pasien lakukan sebagai tindakan pencegahan dan pengobatan".

Para peneliti membagi 20 pasien diabetes yang beresiko tinggi. Semuanya juga menderita darah tinggi dan hyperlipidemia (faktor resiko bagi penyakit pembuluh darah dan jantung), menjadi dua kelompok. Kedua kelompok tersebut diberikan obat diabetes standard.

Kelompok L diberi waktu 30 menit untuk menikmati humor yang mereka pilih, sementara Kelompok C, kelompok pemantau, tidak. Proses itu berlangsung selama satu tahun pengobatan.

RENDAH

Sekitar dua bulan proses pengobatan, semua pasien di kelompok tertawa (Kelompok L) memiliki tingkat hormon epinephrine dan norepinephrine yang lebih rendah, keduanya dipandang sebagai penyebab stres. Stres diketahui sangat mematikan.

Setelah 12 bulan, kolesterol HDL (kolesterol baik) telah naik 26 persen pada Kelompok L tapi hanya 3 persen di dalam Kelompok C. Dalam pengukuran lain, protein C reaktif, penanda radang dan penyakit pembuluh darah serta jantung, turun 66 persen di dalam kelompok tertawa tapi hanya 26 persen pada kelompok pemantau.

"Dokter terbaik mengerti bahwa ada pengaruh psikologis hakiki yang ditimbulkan oleh emosi positif seperti gelak tawa dengan riang-gembira, optimisme dan harapan," kata Berk.

Kendati demikian, Berk mengatakan tawa tentu saja dapat menjadi obat yang bagus dan sama berharganya dengan obat diabetes. Begitupun penelitian lebih lanjut masih diperlukan guna memastikan apa maksud dari semua hasil itu.
READ MORE - Selengkapnya

PENYAKIT NYERI ATAU SAKIT KEPALA JIKA GAIRAH SEX MENINGKAT

Deskripsi
Aktivitas seksual--khususnya orgasme--dapat memicu sakit kepala. Ada sebagian dari penderita bahkan akan merasa nyeri di kepala dan leher yang terjadi saat gairah seksual mereka meningkat. Yang lebih parah ada penderita yang tiba-tiba merasa sakit kepala sebelum atau selama orgasme.

Probabilitasnya, 1 di antara 100 orang dapat terserang penyakit ini. Perlu diketahui, laki-laki lebih berpotensi mengalami penyakit ini. Meski nampaknya sepele, penyakit ini menjadi tanda penyakit yang lebih serius yakni masalah pembuluh darah di otak.

Penyebabnya kemungkinan berkaitan dengan respons terhadap meningkatnya tekanan darah akibat gairah seksual yang menyebabkan pembuluh darah otak melebar.

Gejala
Jenis yang paling umum tidak memberikan gejala dan terjadi dalam beberapa detik setelah orgasme. Jenis yang lain, sakit kepala ikut memuncak bersamaan dengan gairah seksual yang meningkat.

Perawatan
Dalam banyak kasus, sakit kepala seksual muncul sekali dan tidak kambuh lagi. Sakit kepala itu muncul dan berakhir sangat cepat. Perawatan terbaik adalah dengan menunda aktivitas seksual sampai benar-benar rasa sakit kepala itu hilang.

Sumber: medlineplus
READ MORE - Selengkapnya

PENYAKIT KELAINAN GENETIK YANG MENGHAMBAT PERKEMBANGAN NORMAL ATAU DISEBUT JUGA NOONAN SYNDROME

Deskripsi
Noonan Syndrome adalah kelainan genetik yang menghambat perkembangan normal di berbagai bagian tubuh. Seorang anak dapat terserang sindrom Noonan dalam berbagai cara: karakteristik wajah yang tidak biasa, perawakan pendek, cacat jantung, masalah-masalah fisik lainnya, dan terkadang keterbelakangan mental.

Sindrom Noonan disebabkan oleh mutasi genetik dan diperoleh bila seorang anak mewarisi salinan gen yang terkena dampak dari orangtua. Dapat juga terjadi sebagai mutasi spontan pada anak, yang berarti tidak ada sejarah keluarga yang terlibat.

Gejala
Wajah anak merupakan salah satu kunci fitur klinis yang mengarah ke diagnosis sindrom Noonan. Fitur ini berubah, tergantung pada usia anak:
  • Awal masa kanak-kanak. Seorang bayi kurang dari 1 bulan nampak telinga rendah, bibir atas, leher pendek dan di bagian belakang kepala garis rambut rendah.
  • Masa kanak-kanak. Anak memiliki mata menonjol dengan kemiringan ke bawah dan hidung lebar dan bulat.
  • Masa kanak-kanak. Ada sering kurangnya ekspresi wajah.
  • Remaja. Sebuah wajah remaja biasanya lebar , fitur wajah menjadi lebih tajam dan mata kurang menonjol, leher memanjang.
  • Dewasa. Ketika seorang anak dengan sindrom Noonan mencapai usia dewasa, kulit keriput dan tampak transparan.

Perawatan
Tidak ada pengobatan khusus untuk sindrom Noonan. Manajemen berfokus pada pengendalian gejala penyakit dan komplikasi. Hormon pertumbuhan dapat digunakan untuk mengobati perawakan pendek pada beberapa orang yang memiliki sindrom Noonan.

Perawatan dari gejala dan komplikasi yang terjadi dengan sindrom Noonan tergantung pada jenis dan tingkat keparahan mereka. Banyak dari masalah-masalah kesehatan dan fisik yang terkait dengan penyakit ini diperlakukan persis seperti mereka yang normal. Pendekatan perawatan untuk menangani berbagai aspek dari sindrom Noonan mencakup: perawatan jantung, memperlakukan tingkat pertumbuhan rendah, mengatasi ketidampauan belajar, perawatan penglihatan, dapengobatan untuk pendarahan dan emmar, pengobatan untuk masalah limfatrik, perawatan alat kelamin dan masalah saluran kemih.

Sumber: medlineplus dan mayoclinic.

READ MORE - Selengkapnya

PENGENALAN PENYAKIT KANKER VULVA

Deskripsi
Labia, lubang vagina, lubang uretra, dan klitoris termasuk pada bagian vulva, bagian terluar dari vagina. Kanker Vulva, menyerang pada bagian tersebut. Kanker ini biasanya menyerang wanita yang telah menapause, tidak haid lagi. Oleh karena itu, kanker ini banyak diidap perempuan berusia lebih dari 50 tahun.

Meski penyebab pasti dari kanker ini belum diketahui, ada beberapa faktor yang memungkinkan seseorang mengidap penyakit ini. Kutil kelamin, pernah menderita kanker leher rahim, sifilis, diabetes, obesitas, tekanan darah tinggi, berhubungan seksusal di usia dini, berganti-ganti pasangan, merokok, infeksi HIV, peradangan vulva menahun menjaid beberapa faktor yang memungkinkan seorang wanita mengidap kanker ini.

Gejala
Gejala-gejala dari kanker vulva bisa diketahui dengan cukup mudah. Jika di vagina ada benjolan, dan ada penebalan kulit, kemungkinan besar wanita tersebut mengidap kanker vulva. Gejala lain, nyeri ketika berkemih (kencing), dan terasa nyeri saat berhubungan seksual.

Pengobatan
Meski penyakit ini berpotensi menyebabkan kematian, kanker vulva bisa dicegah dengan menghindari semua faktor resiko yang memungkinkan timbulnya penyakit ini. Pencegahan lain berupa pemeriksaan secepat mungkin jika menemukan gejala-gejala penyakit ini.
READ MORE - Selengkapnya

Jangan Biarkan Anak Tumbuh Tanpa Kalsium

Ahli kesehatan anak dan gizi menyatakan seharusnya para orang tua tidak membiarkan buah hati mereka tumbuh dengan kekurangan asupan kalsium karena bisa menyebabkan perkembangan anak menjadi tidak optimal.

"Jika asupan kalsium pada tubuh anak berkurang, maka akan mempengaruhi proses tumbuh kembang si anak," ujar dr Rifan Fauzie SpA dalam diskusi berjudul "Bersama Moo Active, Jadikan Ibu Sahabat Anak Aktif" di Jakarta, Jumat.

Dia menjelaskan, jika pemenuhan asupan kalsium terganggu maka muncul gejala awal pada anak seperti lesu, lemah, berkeringat, mengalami gangguan tidur, pembentukan tulang tidak normal hingga tulang anak menjadi keropos.

Pertumbuhan tulang pada tubuh anak menjadi amat sensitif dan bergantung kepada kalsium di dalam tubuh karena sekitar 99 persen kandungan kalsium berada pada tulang. Kalsium juga berperan dalam proses pertumbuhan gigi, kemudian proses pembekuan darah, fungsi kerja otot-otot tubuh termasuk otot jantung, metabolisme sel tubuh dan sebagainya.

Jika anak kekurangan asupan kalsium maka jangan memperoleh kalsium dengan cara suntikan atau infus karena bisa menyebabkan kejang dan keram otot serta gangguan pada bagian otak, namun jika berlebihan maka secara alami tubuh yang akan menetralisir.

Asupan kalsium sebaiknya diperoleh secara alami dari nabati dengan mengkonsumsi sayuran daun hijau, biji-bijian, kacang-kacangan serta dari hewan seperti daging, telur, susu dan produk susu seperti yougurt, keju, es krim dan lain-lain.

"Untuk mendapatkan asupan kalsium sebaiknya diperoleh dengan cara yang alami dan bersumber dari nabati serta hewani. Dengan begitu perkembangan anak baik di kota atau pun desa bisa tumbuh secara optimal," jelas dia
READ MORE - Selengkapnya

Swine Influenza / Virus Influenza A Baru (H1n1) atau Virus Flu Babi

SWINE influenza atau Flu babi belakangan ini begitu melekat di telinga kita dalam beberapa bulan terakhir ini.

Wabah flu ini terjadi pertama sekali di daerah Meksiko sehingga pemerintah negeri itu menggalakkan penggunaan masker untuk menghindari penyebaran virus dengan cepat. Pemerintah Meksiko juga mengimbau untuk tidak berada di antara kerumunan orang banyak serta tidak berdekatan dengan orang lain yang sakit. Saat ini swine influenza telah menular lebih dari 100 negara di dunia dengan 55.867 kasus dan jumlah kematian 238 orang (WHO 24 juni 2009).

WHO telah menetapkan bahwa tingkat pandemi telah mencapai pandemi level 6 dengan berarti virus ini telah menyebabkan terjadinya wabah pada tingkat komunitas pada dua atau lebih negara pada satu regional WHO dan ditambah minimal satu negara terinfeksi pada regional WHO yang berbeda.

Pandemi yang sama pernah terjadi pada negara Spanyol pada tahun 1918, yang dikenal sebagai Spanish Flu. Subtipe Spanish Flu ini sama seperti Swine Flu yaitu H1N1. Spanish Flu mengakibatkan kematian sekitar 21 juta orang dan virusnya ditemukan berasal dari babi. Supaya kita lebih mengenal virus influenza ini alangkah baiknya kita mengetahui tentang virus influenza. Virus influenza ini menempati rangking pertama untuk penyakit infeksi.

Virus influenza terbagi atas 3 berdasarkan tipenya yaitu influenza A, B dan C, famili Orthomyxoviridae dengan rantai tunggal RNA. Influenza A dan B paling banyak menginfeksi terutama manusia. Untuk membunuh virus influenza harus berada pada temperatur panas (75 - 100° C) dan penggunaan beberapa bahan-bahan kimia untuk membersihkan kedua tangan seperti detergent (sabun), klorine, hydrogen peroksida, iodophor (antiseptik) dan alkohol.

Influenza A merupakan infeksi zoonosis yang berasal dari babi, burung dan kuda. Tipe dari virus ini dibagi berdasarkan protein-proteinnya contohnya influenza A (H3N2) dengan Hemaglutinin 3 dan Neuramidase 2, yang paling sering menyebabkan infeksi ke manusia jenis H1N1, H3N2 dan H5N1 (avian influenza).

Swine Flu mengakibatkan kematian sekitar 0.5 persen dibandingkan dengan avian influenza yang mengakibatkan kematian sekitar 80 persen. Penularannya pada H1N1 antar manusia sudah terbukti dibandingkan dengan avian influenza hanya terbatas antara burung ke manusia. Avian influenza kemungkinan juga dapat menyerang babi, namun demikian karena avian influenza sangat mudah bermutasi, mungkin saja sangat membahayakan, tetapi masih belum dilaporkan terdapat kematian pada babi.

Komplikasi pada virus influenza baik H1N1 atau H5N1 yaitu radang paru-paru (pneumonia) sehingga dapat mengakibatkan penderita mengalami gagal napas dan akhirnya terjadi kematian, sehingga harus dilakukan pencegahan supaya hal ini tidak terjadi dengan langkah-langkah yang tepat.

Swine Flu merupakan penyakit respirasi yang disebabkan oleh virus influenza A H1N1 yang dapat ditularkan melalui binatang, terutama babi dan terdapat penularan antar manusia. Musim yang sering ditemukan yaitu musim semi dan musim dingin. Masa inkubasi sekitar 3-5 hari.

Kasus Swine Flu sudah masuk ke Indonesia, pertama sekali dilaporkan di Bali dan di Jakarta. Di Medan juga sekitar 11 orang kasus suspek Swine Flu dilakukan observasi secara ketat, diketahui bahwa mereka berlibur selama beberapa hari diarea terjangkit ( Thailand ) dan kontak dengan penderita konfirmasi swine flu ketika mereka menggunakan transportasi udara dari perjalanan Bangkok menuju ke Kuala Lumpur. Dinas peternakan propinsi tingkat I melaporkan belum ditemukan infeksi Swine Flu diantara babi, juga dapat dipastikan bahwa kasus suspek swine flu di Indonesia berasal dari kasus impor.

Gejala secara umum sangat mirip dengan influenza (influenza like illness) dengan tanda-tanda klinis sebagai berikut:
• Demam, batuk, pilek, lesu, letih, nyeri tenggorokan
• Napas cepat atau sesak napas
• Mungkin disertai mual, muntah dan diare.

Cara penularan dapat melalui kontak langsung dari babi yang mengalami infeksi H1N1 atau kontak langsung dari penderita yang telah konfirmasi swine flu. Kapan kita sebutkan penderita suspek atau sudah konfirmasi H1N1 maka di kategorikan kasus influenza A H1N1 ini dibagi dalam 3 kasus yaitu :
  1. Suspek
    Seseorang dengan gejala infeksi pernapasan akut (demam > 38°C) mulai dari yang ringan (influenza like illness) sampai dengan pneumonia, ditambah salah satu keadaan dibawah ini: Dalam 7 hari sebelum sakit, pernah kontak dengan kasus konfirmasi swine influenza (H1N1)/ Flu Meksiko. Dalam 7 hari sebelum sakit pernah berkunjung ke area yang terdapat satu atau lebih konfirmasi swine influenza.
  2. Probable
    Seseorang dengan gejala di atas disertai dengan hasil pemeriksaan laboratorium positif terhadap influenza A tetapi tidak diketahui subtypenya dengan menggunakan reagensia influenza musiman.
    Seseorang yang meninggal karena penyakit infeksi saluran pernapasan akut yang tidak diketahui penyebabnya dan berhubungan secara epidemiologi (kontak dalam 7 hari sebelum onset) dengan kasus probable atau konfirmasi.
  3. Konfirmasi
    Seseorang dengan gejala di atas sudah dikonfirmasi laboratorium swine influenza dengan pemeriksaan satu atau lebih test di bawah ini : Real Time RT PCR, Kultur virus, Peningkatan 4 kali antibodi spesifik swine influenza dengan netralisasi tes.
WHO mengklasifikasikan gejala klinis berdasarkan kasus ringan dijumpai flu like illness yaitu batuk, pilek, demam, lesu, letih, mual, nyeri tenggorokan, muntah dan diare. Kondisi berat yang dijumpai terdapat infeksi bakteri yang berat jika penderita mengalami sesak napas, susah bernapas, batuk darah, pusing secara tiba-tiba, bingung, nyeri dada dan nyeri daerah perut, kejang, muntah yang terus-menerus sebaiknya segera masuk ke rumah sakit sehingga dilakukan perawatan dan penatalaksanaan selanjutnya.

Pada anak-anak yang harus diperhatikan jika dijumpai gejala-gejala : sesak napas, kurang minum, kurang berinteraksi, gejala flu kemudian demam dan batuk semakin memberat, demam disertai kemerah-merahan pada tubuhnya, harus segera dilakukan perawatan lebih intensif di rumah sakit.

Pencegahan

Pencegahan dilakukan jika anda mengalami batuk dan bersin harus menutupi hidung dan mulut dengan tisu, kemudian tisu jangan dibuang tempat sembarangan. Jika anda menutupi hidung dan mulut menggunakan kedua tangan anda harus segera mencuci kedua tangan anda dengan sabun atau desinfektan misalnya alkohol.

Menghindar jika di lingkungan sekitar anda ada yang sakit dan jika anda sakit sebaiknya tinggal di rumah sementara sehingga melakukan pencegahan tidak tertular dengan lingkungan sekitarnya.
Mencuci kedua tangan akan membantu anda dalam melindungi dari kuman. Hindarkan menyentuh kedua mata anda, hidung dan mulut oleh karena kuman pada umumnya terjadi akibat kontaminasi ketika kita menyentuh sesuatu.

Hal ini pasti terlintas di pikiran anda, apakah dengan memakan babi dapat menular kepada anda? Tidak, swine flu tidak menular jika anda memakan babi atau produk babi. Istirahat yang cukup, melakukan aktivitas fisik, hindari stress, konsumsi nutrisi yang baik dan minum air yang banyak. Hindari sementara melakukan perjalanan ke daerah yang terjangkit Swine Flu.

Meski konotasi kata-kata pandemi menyeramkan tetapi itu tidak menunjukkan kadar bahaya suatu penyakit dan istilah pandemi itu hanya menunjukkan peta wilayah penyebaran penyakit. Himbauan kepada masyarakat agar jangan panik menghadapi pandemi swine flu ini, oleh karena jika anda mengalami gejala-gejala seperti influenza (flu like illness) bukan berarti anda kemungkinan menderita swine flu tetapi jika anda baru saja pulang berlibur dari area terjangkit swine flu ini maka dapat dikategorikan sebagai sangkaan (suspek) swine influenza.



*** analisa/Oleh : Prof.dr. Luhur Soeroso Sp.P(K) & dr. Noni Soeroso, Sp.P
READ MORE - Selengkapnya

PENYAKIT MALARIA DAN CARA MENCEGAHNYA

Ciri-ciri Plasmodium

Dengan hasil penelitian dari Alphonse Laverans seorang sarjana Perancis, maka perkiraan yang mengenai malaria lambat laun mulai sirna. Pada mulanya orang mengira penyakit malaria itu dikarenakan oleh keadaan udara buruk dan malaria itupun diambil dari pengerian tersebut yaitu dari kata Mala dan Aria.
Plasmodium termasuk kedalam kelas Sporozoa, kelas sporozoa ini mempunyai ciri-ciri bersel satu ( berukuran mikroskopis ) dan berkembangbiak dengan perantaraan spora-spora, dari anggota kelas sporozoa ini mempunyai sifat yang sama yaitu :
  1. hidup sebagai parasit
  2. tidak mempunyai alat untuk bergerak.
  3. Pembiakan dengan pembentukan spora.
  4. Tidak ada Vakuola kontraktil
Bila dilihat dari ordonya, maka plasmodium ini termasuk kedalam Haemosporodia yang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
  1. mempunyai spora yang hidup didalam darah
  2. jaringan parenkim pada burung dan mamalia.
  3. Tidak membuat spora yang resisten.

Menurut Norman D. Levine ( 1990 : 83 ), anggota plasmodium ini serupa dengan coccidia klasik, tetapi perbedaannya mereka memasuki eritrosit, bukan memasuki sel usus. Mereka menghasilkan sejumlah mikrogamet yang tidak banyak (biasanya dengan flagella tunggal bukan sejumlsh besar mikrogamet dengan 2/3 flagella. Merozoit mempunyai seluruh organel dari kelompok apikal, kecuali homoid, tetapi 24-26 mikrotubulus sub pelikuler dan 2 roptri, generasi merozoit terdapat dalam jumlah yang terhitung besarnya.

Plamodium berparasit bukanlah pada organ-organ tubuh, seperti tangan, kaki, telinga dan organ lainnya, tetapi plasmodium ini berparasit pada darah manusia ( eritrosit ), plasmodium ini mempunyai ukuran tubuh yang lebih kurang 5ų (mikron), reproduksi yang dilakukannya bisa terjadi secara generatif dan juga bisa dilakukan secara vegetatif. Secara vegetatif / aseksual plasmodium berkembangbiak dengan sporulasi dan terjadi pada insekta.

Perkembangan fase sporogoni hampir selalu terjadi pada tubuh nyamuk, tetapi pada beberapa kadal, ditularkan oleh lalat pasir. Genus Plasmodium dapat dikelompokkan menjadi 11 sub genus dan beberapa sub spesies terdapat dalam kelompok-kelompok ini, lebih dari 100 spesies plasmodium hidup sebagai parasit pada vertebrata, terutama mamalia dan aves ( burung ).
( Elmer R. Noble dan Glenn A. Noble, 1989 : 198 )

Plasmodium ini bukan hanya menyerang hewan pada daerah tertentu saja seperti hanya didaerah sedang saja, di daerah panas saja, ataupun didaerah dingin saja, tetapi plasmodium ini menyerang orang di semua daerah baik daerah panas, daerah sedang maupun daerah dingin. Dari hasil penelitian Plasmodium sp yang menyerang orang-orang didaerah subtropis dan derah sedang atau daerah dingin ternyata bersifat fatal daripada jika menyerang orang-orang dari daerah tropik.

Keparasitan Plasmodium bukan hanya pada sebagian dari hidupnya, seperti hanya pada waktu mudanya saja, atau pada waktu dewasanya saja yang parasit tetapi plasmodium ini berparasit pada inang selama hidupnya sebagai parasit.

Bila kita mengadakan pemeriksaan terhadap plasmodium ini yaitu dengan cara mengambil darah orang yang terkena penyakit malaria, maka terlihat plasmodium ini berbentuk cincin didalam eritrosit ( sel darah merah ) dan dipinggir cincin terlihat inti. Bentuk cincin adalah bentuk malaria muda, tetapi kalau sudah dewasa bentuknya berubah menjadi bundar dengan inti terdapat didalamnya. Kalau lebih tua lagi akan menjadi bentuk membagi diri, jika telah cukup umurnya akan pecah menjadi beberapa bagian peristiwa ini dinamakan dengan sporulasi. Dengan pecahnya bentuk membagi diri, eritrosit turut pecah dan akan tersebar racun-racun kuman dalam peredaran darah.

Sesudah terjadi sporulasi, bagian-bagian kecil ini dinamakan merozoit yang masuk kedalam eritrosit baru, didalam eritrosit baru merozoit berbentuk cincin lagi, proses seperti ini dinamakan siklus berjenis. Bentuk dewasa dari plasmodium, ada yang berubah manjadi :

  • Mikrogamet, jenis jantan dengan inti besar tetapi badan kecil.
  • Makrogamet, yaitu jenis betina, bentuk hampir semua bundar akan tetapi sedikit lebih besar atau intinya besar.
    ( Syamsunir Adam, 1992 : 67-68 )
Plasmodium dapat digolongkan kedalam endoparasit dimana terdapat dalam sel darah merah dalam saluran darah tetapi stadium-stadium tertentu hidup diluar saluran darah yang tersebut dengan stadium ekstraeritrositer, tetapi masih dalam sel-sel jaringan tubuh. Kita mungkin mengira hanya kita yang dirugian oleh plasmodium ini, yaitu dengan perantaraan nyamuk sehingga menyebabkan penyakit malaria, tetapi ternyata nyamuk pun bisa ikut terkena serangan dari plasmodium ini, Seperti yang dikemukakan oleh Mukayat D. Brotowidjoyo (1987), bentuk aseksual terdapat sebagai parasit dalam eritrosit manusia dan burung, bentuk seksual terdapat dalam tubuh nyamuk Anopheles sp, bentuk seksual itupun hidup sebagai parasit, dan nyamuk dapat mati karena serangan dari plasmodium.

Plasmodium juga disebut parasit stasioner primer, disebut begitu karena plasmodium selama hidupnya selalu berada dalam tubuh inang. Pada waktu sporulasi suhu badan penderita malaria meninggi dan menderita malaria bisa terjadi kekurangan darah, hal ini disebabkan oleh karena plasmodium menyerang dan merusak butir-butir darah merah, karena itulah maka penderita penyakit malaria kekurangan darah.

Macam-Macam plasmodium
Plasmodium yang menyebabkan penyakit malaria pada manusia, yaitu :
  1. Plasmodium vivax, menyebabkan penyakit malaria tertiana, merupakan penyebab kira-kira 43% kasus malaria pada manusia.
  2. Plasmodium malariae, menyebabkan penyakit malaria quartana, menyebabkan kira-kira 7% malaria didunia.
  3. Plasmodium falciparum, menyebabkan penyakit malaria tropik, merupakan malaria yang paling patogenik dan seringkali berakibat fatal.
Antara spesies-spesies plasmodium tersebut ada perbedaan morfologi dan interval waktu yang dipergunakan didalam siklus schizogoni yang berlangsung. Plasmodium tidak hanya terbatas pada jenis diatas, karena masih banyak jenis plasmodium yang lain tetapi hanya menyerang hewan lain selain manusia,
seperti : Plasmodium brasilianum, yang terdapat pada kera, Plasmodium knowlesei, Plasmodium gallinarium dan masih banyak lagi.

Nyamuk Anopheles
Anopheles adalah salah satu dari 3 jenis nyamuk yang ada, dua diantaranya yaitu nyamuk jenis culex dan aedes
Menurut Maskoeri Jasin ( 1992 : 230 )ciri-ciri umum nyamuk yaitu:
  • mempunyai tubuh yang langsing.
  • proboscis panjang, pada hewan betina menusuk
  • sayap mempunyai rumbai sisik.
  • larva mempunyai kepala besar.
  • abdomen panjang
  • bernapas dengan siphon dan hidup pada berbagai air.
  • hewan betina dewasa mengisap darah aves (burung), mamalia termasuk juga manusia.
  • jumlah sangat besar dan menyebarkan beberapa jenis penyakit.
Dari keterangan diatas dapat kita ketahui bahwa nyamuk yang menghisap darah manusia adalah nyamuk dengan jenis betina, karena yang jantan pada umumnya hanya menghisap cairan-cairan yang terdapat pada tubuhan saja, dari keterangan diatas juga telah disebutkan bahwa nyamuk ini mempunyai jumlah yang sangat besar sehingga menyebabkan penyakit yang juga luas dampaknya.

Menurut Elmer R. Noble dan Glenn A.noble (1989 :748), ciri-ciri Anopheles yaitu :
  • telur dengan pengapung dan diletakkan diair.
  • larva istirahat sejajar dengan permukaan air.
  • pupa : – lebih banyak bagian badan yang bersinggungan dengan permukaan air.
    - corong udara pendek dan melebar.
    - Spin kecil disamping abdomen.
    - Segmen-segmen basal abdomen menempel erat dengan kepala dan toraks.
  • dewasa
    1) Jantan : Palpus membesar diujung seperti pemukul.
    2) Betina : sayapnya bisa bercak-bercak, palpus panjang, skutelum bulat telur.
  • Posisi istirahat, tegak lurus dengan membentuk sudut 45o.

Dari penjelasan sebelumnya telah diketahui bahwa jenis nyamuk Anopheles mempunyai jumlah yang tergolong besar. Keadaan ini ditambah lagi dengan kemampuan Anopheles pergi sampai sejauh 1 mil dari tempat semula, dengan begitu jenis nyamuk ini menyebarkan penyakit malaria ke orang lain dengan jumlah yang tidak sedikit. Seperti yang dikemukakan oleh Elmer R. Noble dan Glenn A. Noble ( 1989 : 198 ) diantara penyakit pada manusia, malaria merupakan salah satu penyakit yang tersebar luas, paling dikenal dan paling banyak menimbulkan kematian.

Siklus hidup dari penyakit malaria ini adalah sebagai berikut : nyamuk anopheles betina yang mengandung bibit penyakit, menyerang manusia yang sehat, segera sporozoit memasuki sel-sel parenkim limpa, bentuk seperti amoeba yang disebut dengan trophozoit memasuki sel-sel darah dan mengadakan pembelahan, tiap trophozoit berubah menjadi schizon, mengadakan pembelahan berubah menjadi 6 – 36 anak yang disebut dengan merozoit.

Pembelahan thropozoit menjadi merozoit terjadi didalam eritrosit ( sel darah merah). Pada sel darah merah yang mengandung merozoit pecah hingga merozoit menyebar dalam plasma darah setelah lebih kurang 10 hari jumlah parasit cukup banyak, malah pada saat merozoit lepas dari sebuah sel eritrosit yang sudah pecah akan menimbulkan demam pada penderita (hospes), hal ini dikarenakan tersebarnya toksin yang disebarkan oleh Plasmodium malariae. Terjadinya tergantung pada jenis plasmodiumnya. Seperti Plasmodium vivax, yang menyebabkan penyakit malaria tertiana, dengan demam 48 jam sekali, Plasmodium malariae dengan demam 72 jam sekali. Dan Plasmodium falciparum yang menyebabkan malaria tropika dengan demam satu kali sehari ( tidak menentu ).

Setelah schizogony beberapa merozoit menjadi gametocyt, tetapi gamet tersebut tidak akan mengalami perubahan selama dalam tubuh manusia, akan tetapi bila gamet tersebut terhisap oleh nyamuk Anopheles dan masuk kedalam perut, gametocyt akan berubah sebagian menjadi microgamet, 2 gametocyt yang berbeda jenis akan mengadakan peleburan menjadi zigot, selanjutnya didalam tubuh menjadi ookinet yang menembus dinding pencernaan, masuk dalam rongga tubuh, dalam pertumbuhan selanjutnya ookinet menjadi oocyst, biasanya seekor nyamuk betina mengandung 50 – 500 oocyst. Dalam 6 – 7 hari oocyst membelah diri, sporogony menjadi seribu sporozoit dan selanjutnya dalam kelenjar ludah menunggu pemindahan masuk ketubuh manusia lain. ( Maskoeri Jasin, 1992 : 75 ).

Berbagai tindakan yang dapat dilakukan agar terhindar dari bahaya penyakit malaria, yaitu :
  • pada larva : yaitu dengan cara menyingkirkan / memodifikasi habitat-habitat larva, juga melakukan pemberantasan habitat larva dengan insektisida.
  • Pada dewasa : pencegahan dapat dilakukan dengan cara menggunakan pakaian pelindung, penggunaan kelambu, penggunaan lotion penolak nyamuk serta penggunaan insektisida.
Semoga referensi ini bermanfaat.
READ MORE - Selengkapnya

MENCEGAH DAN MENYEMBUHKAN PENYAKIT ASMA

Asma adalah satu penyakit turunan. Jika orang tuanya atau kakek-neneknya asma, kemungkinan seseorang bisa mendapat penyakit asma. Gejala penyakit Asma adalah orang sukar bernapas hingga berbunyi (mengi/bengek) karena saluran pernafasannya menyempit akibat lendir yang disebabkan alergi.

Sekitar 7% penduduk dunia (300 juta jiwa) menderita penyakit asma. Di AS, 4.000 orang tewas setiap tahun karena asma.

Asma adalah penyakit menahun/kronis. Menurut ilmu kedokteran Modern tidak bisa disembuhkan. Namun gejalanya bisa dikurangi.

Penderita Asma juga harus menghindari faktor alergi yang bisa menyebabkan asma seperti debu, kapuk, bedak, udara dingin, dan sebagainya. Tertawa atau kecemasan yang berlebihan juga harus dihindari. Faktor alergi tersebut mungkin berbeda-beda untuk tiap orang.

Jika anda belum pernah berolahraga, mulailah secara bertahap agar tidak kaget/pegal. Jangan lari pagi langsung 3 km. Tapi mulai saja dengan 200 meter. Besoknya baru ditambah 100 meter, dst. Awali dengan pemanasan jalan kaki sekitar 5 menit, baru lari pagi. Kalau mengangkat besi juga begitu. Meski anda sanggup mengangkat 30 kg, mulailah dengan 20% dulu yaitu 6 kg saja dengan pengulangan 10 x dan jumlah set 3-5 x. Kemudian naikkan secara bertahap sebanyak 2 kg.

Memang orang sering beranggapan bahwa penderita Asma tidak boleh capek. Ini separuh benar. Biasanya yang membuat asma kambuh itu adalah gerakan dengan nafas yang tidak beraturan seperti bermain, bekerja keras, lari cepat, sepak bola, dan sebagainya.

Selain berolahraga, anda juga harus mengenal zat-zat yang bisa menimbulkan alergi sehingga hidung anda jadi ingusan yang akhirnya nanti merambat ke tenggorokan anda. Saya mencoba menghindari debu, bedak, dan juga kapuk. Untuk itu bantal dan tempat tidur saya menggunakan busa/dakron.
Udara dingin juga bisa menimbulkan asma. Untuk mengatasinya, saya biasanya berolahraga. Tapi jika si kecil anda begitu, bisa dioleskan balsam Vicks atau Transbulmin. Beri dia pakaian yang tebal/selimut. Hindari juga tempat yang lembab. Saat udara dingin, matikan AC, jika perlu ventilasi udara ditutup sebagian. Jika masih dingin juga bisa pakai bohlam pijar 100 watt agar ruang menjadi hangat.

sumber : infoindonesia.com
Olahragawan Berprestasi Penderita Asma
http://medicastore.com/asma
Yang juga ditetapkan sebagai perenang terbaik adalah Sari Yulianti Saad, 14 tahun, dalam KU II. Putri ke-3 Ir. Saad yang baru duduk di kelas II SMP Negeri 40 Jakarta, ini menumbangkan rekor 200 m gaya dada atas nama Anita Saparjiman yang sudah bertahan 7 tahun. Waktunya 2:54,17, sedang rekor lama 2:56,28. Ia juga menumbangkan nomor 100 m gaya dada atas namanya sendiri. Rekor lama 1:2092 diperbaiki menjadi 1:20,53.
Berenang adalah olahraga satu-satunya buat Sari. Umur 4 tahun ia masuk klub Tirta Kencana Jakarta. Itu pun bukan karena hobi. Kakaknya, Fifi yang waktu itu berumur 6 tahun sakit asma. Oleh dokter dianjurkan berenang agar asmanya tak kambuh. Sejak itu, putri keluarga Saad diajak ke kolam semua. Yang menonjol ternyata Sari.

http://majalah.tempointeraktif.com/id/arsip/1982/08/21/OR/mbm.19820821.OR47236.id.html
Berenang, dari Olah Raga Hingga Terapi
Sebagian orang tua lainnya, mengirim anaknya ke kolam renang sebagai terapi bagi penyakit asma yang diderita buah hati. Untuk terapi asma ini, dr. Ina Rosalina, Sp.A.K. , M.H.Kes. menegaskan, berenang memang bisa membantu penderita tetapi bukan mengobati. “Lebih untuk membantu mencegah asma kambuh,” kata Ina.
Menurut Ina, karena daya tahan tubuh meningkat, kemungkinan kambuh asma menjadi berkurang. “Berenang bagus untuk penderita asma, karena mampu memperkuat otot-otot organ penapasan yaitu paru-paru,” tutur Ina.
Asma, beberapa kesalahan anggapan

Setelah gabung dengan klub Asma dan sering diskusi dengan dokter-dokter di klub Asma RS Persahabatan, ada beberapa sikapku yang berubah dalam menjalani hidup bersama asma.
Saya sendiri mengalami serangan asma mulai kelas 1 SMP. Saat pembentukan unit drum Band di sekolah, pelatih drum band melarang siswa dengan penyakit tertentu untuk ikut latihan. Di antaranya penyakit asma. Saya sengaja tidak mengaku asma saat mendaftar. Sebagian justru karena keinginan untuk membuktikan bahwa penderita asma sanggup untuk beraktivitas berat. Karier drum band saya justru membuktikan bahwa bahkan saat memegang Bass Drum yang paling gede dengan aktivitas atraksi yang sedemikian berat saya tidak pernah mengalami serangan asma.

Tahukah anda, bahwa Johnny Weismuller si pemeran Tarzan (versi klasik) dan Jungle Jim yang mantan juara renang di Olympiade adalah penderita asma. Demikian juga kampiun Olympiade renang Amerika lainnya, Mark Spitz. Atau juga Wanita (saya lupa namanya) pemegang rekor ketinggian untuk pendakian gunung Himalaya dari Indonesia. Atau pak Basofi Sudirman yang setamat AKABRI pernah diterjunkan di belantara Papua. Kesimpulannya, asalkan tahu dan melaksanakan kiat manajemen pengendaliannya, penderita asma tidak perlu takut untuk beraktivitas fisik yang berat.
http://jromadhan.multiply.com/journal/item/43/Asma_beberapa_kesalahan_anggapan_
Prestasi Ganda Jessica di Kolam Renang
KETEKUNAN Jessica P. Laurens ‘bermain air’ di kolam renang ternyata tidak hanya berhasil melenyapkan penyakit asma yang dideritanya, tetapi juga berujung pada prestasi. Sejumlah medali emas dari berbagai kejuaraan renang diraihnya dengan gemilang. Semua itu, membuat putri pasangan Jemmy Laurens dan Maria Suryanto ini makin terpacu menorehkan prestasi demi prestasi lagi.

‘’Awalnya saya tidak punya keinginan menjadi seorang perenang. Waktu itu saya menderita asma, dan teman-teman menganjurkan agar ikut latihan renang untuk menyembuhkan penyakit yang saya derita. Dan itu terbukti. Dalam kurun waktu 2 tahun, asma saya hilang,’’ ujar dara berparas manis ini.
http://profilesmakassar.blogspot.com/2008/10/prestasi-ganda-jessica-di-kolam-renang.html
Athletes With AsthmaFormer NFL star Jerome Bettis has battled asthma since he was 15.
Even with asthma, Kaitlin Sandeno set world records in swimming
.

Jerome BettisThe way Jerome “The Bus” Bettis used to effortlessly plow through defenses, you would never know he had asthma. The Bus ended up having a storybook 12-year NFL career, which including six Pro Bowls and a Super Bowl championship in 2006. Jerome was diagnosed with asthma when he was 15 years old. Bettis admits that he was concerned that he would no longer play sports, but his parents encouraged him to keep playing football but also listen to the doctors. Bettis maintained an effective asthma program throughout high school, but admits to being lazy about it after that. That almost cost him his life, as he had a serious asthma attack during an NFL game in 1997. After that scare, Bettis started taking his ailment more seriously and now serves as an advocate for handing asthma responsibly. He is part of the Asthma All-Stars Program – which encourages people to live lives with asthma without limits. It also teaches people to work with a doctor to create an asthma action plan.Jerome Says…“A lot of times, asthmatics don’t understand control. They may think their condition is not that bad. But asthma is so unpredictable. …I’m urging people with asthma to confer with their doctors to get a game plan.”Kaitlin SandenoKaitlin Sandeno is one of the best swimmers on the planet. She was part of the U.S. 800-meter freestyle relay team that won gold and set a world record at the 2004 Olympic Games in Athens. At those Olympics, she also won a silver and bronze medal in individual events. The 25-year-old California native, first discovered she had asthma as a 12-year-old. But with hard work and good medical care, Kaitlin is a world class athlete. She is currently a spokeswoman for asthma awareness and the perfect role model for young athletes with the medical condition.Kaitlin Says…“Nobody’s really educated about asthma and I’m really glad I can help spread awareness. It’s great to be able to tell people, ‘I’m an Olympic athlete and I can still pursue an athletic career.’ I really enjoy talking about it and doing on-camera interviews, because that’s something I want to do after my swim career.”Other Athletes With Asthma# Jackie Joyner-Kersee – Legendary female track athlete who won six medals throughout her Olympic career.# Dennis Rodman – One of the greatest rebounders in NBA history. Rodman also won six NBA championships.# Amy Van Dyken – A six-time Olympic gold medal winner in swimming. She has graced the cover of Sports Illustrated, Time and USA Today.
http://www.kidzworld.com/article/12999-athletes-with-asthma
READ MORE - Selengkapnya

JENIS-JENIS DAN GAMBAR NYAMUK YANG SERING DIJUMPAI DI RUMAH

Hampir semua orang tua yang mempunyai anak balita, terlebih bayi, pasti menginginkan rumahnya terbebas dari nyamuk. Sayangnya, tamu tak diundang ini tidak siang maupun malam selalu saja berkunjung ke rumah kita. Terlebih bila di rumah banyak terdapat pepohonan rimbun dan tempat air tergenang.

Menurut Soeroto Atmosoedjono, analisis bakteriologi lulusan Eijkman Institute, yang telah bergelut meneliti nyamuk lebih dari 60 tahun. “Nyamuk mengisap darah orang atau binatang untuk kelangsungan hidupnya. Selain untuk makan, bagi yang betina juga untuk dapat memproduksi telur. Oleh karena itu nyamuk betina mencari makan dengan cara menggigit, sementara nyamuk pejantan bisa mendapatkan zat-zat makanan dari alam, semisal dari sari-sari bunga.”

Menurut peneliti yang pernah mendapat beberapa penghargaan dari dalam dan luar negeri ini, 2-3 hari setelah menggigit, nyamuk akan bertelur. Lalu beberapa hari kemudian telur-telur itu akan menetas di air menjadi jentik-jentik halus. Dari jentik lalu berkembang menjadi kepompong, sampai akhirnya menjadi nyamuk melalui proses metamorfosis

ANEKA NYAMUK
Inilah beberapa jenis nyamuk yang bisa ditemukan di sekitar rumah.

* Nyamuk Anopheles


Sering orang mengenalnya sebagai salah satu jenis nyamuk yang menyebabkan penyakit malaria. “Nyamuk malaria banyak terdapat di rawa-rawa, saluran-saluran air, dan permukaan air yang terekspos sinar matahari. Ia bertelur di permukaan air.”

  1. Nyamuk ini hinggap dengan posisi menukik atau membentuk sudut. Sering hinggap di dinding rumah atau kandang. Warnanya bermacam-macam, ada yang hitam, ada pula yang kakinya berbercak-bercak putih. Waktu menggigit biasanya dilakukan malam hari.
  2. Banyak jenis nyamuk Anopheles yang bisa menyebabkan penyakit malaria. Ada Anopheles sundaicus yang banyak terdapat di air payau, seperti di Kepulauan Seribu. Nyamuk ini berkembang biak di lingkungan yang banyak ditumbuhi ganggang. Ia akan meletakkan telurnya di ganggang hijau yang banyak reniknya, sehingga begitu menetas, jentiknya langsung mendapat makanan renik yang hidup di antara ganggang tersebut.
  3. Ada lagi Anopheles maculatus dan Anopheles balabacensis yang banyak terdapat di perbukitan, seperti di Bukit Manoreh, Yogyakarta. Biasanya nyamuk ini bertelur di mata air, di air rembesan, atau di sungai yang tak deras airnya, seperti di antara bebatuan sungai. Ada lagi Anopheles aconitus yang banyak hidup di daerah pesawahan atau saluran-saluran air yang ada rumputnya. Selain yang sudah disebutkan, masih banyak lagi jenis Anopheles lainnya. Menurut Soeroto ada sekitar 70 jenis nyamuk ini.
  4. Penyakit malaria yang ditimbulkan pun jenisnya bermacam-macam, tergantung jenis parasitnya. Semisal, ada malaria falsiparum, vivak, ovale, dan malariae. Selain itu, nyamuk Anopheles bisa juga menyebabkan penyakit kaki gajah.

    * Nyamuk Aedes aegypti


Nyamuk inilah yang menyebabkan penyakit demam berdarah. Pada tubuhnya tampak bercak hitam-putih. Bila dilihat dengan kaca pembesar, di sisi kanan-kiri punggungnya tampak gambar dua buah arit berwarna putih. Paling sering hinggap di baju-baju yang menggantung dan berada di tempat-tempat gelap, seperti di bawah tempat tidur. Selain juga suka bertelur di air yang bersih, seperti di tempayan, bak mandi, vas bunga, dan lainnya. Ia bertelur dan menetas di dinding bejana air. Telur atau jentik nyamuknya bisa bertahan selama 2-3 bulan.

Nyamuk ini menggigit di pagi dan sore hari, antara pukul 08.00 – 12.00 dan 15.00 – 17.00. Bila nyamuk ini sudah menggigit orang atau binatang, pada hari ketiga nyamuk tersebut akan bertelur, dan dua hari kemudian menetas. Setelah 8 hari, jentik tersebut sudah jadi nyamuk. Selama itu, 2 hari sekali nyamuk bertelur, sehingga si betina akan mencari darah lagi. Jadi, kalau nyamuk itu menggigit seorang penderita demam berdarah, maka kurang lebih dalam 10 hari nyamuk tersebut sudah infektif atau mengandung virus demam berdarah. Bila menggigit orang, virusnya akan masuk ke tubuh orang yang digigit. Virus demam berdarah akan ada selama nyamuk itu hidup. Karena setiap 2 hari sekali dia menggigit, maka virusnya bisa masuk ke orang lain lagi. Demikian terus penyebarannya.

Menurut Soeroto, paling jauh nyamuk ini terbang dalam radius kurang lebih 50-100 meter ke kanan-kiri sekitar rumah. Jadi telur nyamuk demam berdarah bisa berada sekitar itu. “Oleh karena itu, bila sudah ada kasus demam berdarah di sekitar rumah kita, segeralah dilakukan pengasapan. Maksudnya, untuk membunuh nyamuk yang mengandung virus/nyamuk yang infektif, supaya tak ada penularan demam berdarah.”

* Nyamuk Aedes albopictus


Spesies ini juga bisa menularkan demam berdarah. Nyamuk ini biasanya banyak terdapat di kebun atau di halaman rumah. Cirinya hampir sama dengan Aedes aegypti, yaitu bercak-bercak putih di badan. Bila dilihat dengan kaca pembesar tampak di median punggungnya ada garis putih.

Waktu menggigitnya pun sama dengan Aedes aegypti, yaitu di pagi dan sore hari. Bertelurnya di air tergenang, misalnya pada kaleng-kaleng bekas yang menampung air hujan di halaman rumah. Pada musim penghujan, nyamuk ini banyak terdapat di kebun atau halaman rumah karena di situ terdapat banyak tempat yang terisi air.

* Nyamuk Culex fatiqans

Nyamuk rumah ini menggigit di malam hari. Hinggapnya di mana saja, entah itu di pakaian yang tergantung maupun di dinding rumah. Warna nyamuknya bermacam-macam, ada yang hitam, ada juga yang cokelat. Telurnya mengelompok, seperti membentuk rakit. Jentiknya menggantung di air. Ciri nyamuk ini, saat hinggap posisi tubuhnya tidak menukik tapi mendatar.
Ia lebih banyak ditemui di air keruh atau tempat yang banyak mengandung material organik atau bahan makanan, seperti di got.

Nyamuk ini bisa menjadi perantara penyakit kaki gajah atau filariasis. Penyakit ini penyebabnya adalah cacing Wuchereria bancrofti yang berada dalam darah seorang penderita. Bila nyamuk mengisap darah penderita yang mengandung bibit filariasis, maka cacing dari penderita tersebut bisa terbawa dan ditularkan pada orang lain lewat gigitannya.

BEBERAPA HAL YANG HARUS KAMU KETAHUI TENTANG NYAMUK

  1. Nyamuk itu sebenarnya enggak gigit tapi menghisap.
  2. Jenis nyamuk itu ada lebih dari 2500 jenis. Kebanyakan bergerak aktif pada waktu dini dan malam hari.Tapi ada juga jenis nyamuk yang menghisap ditengah hari.
  3. Bukan Cuma manusia aja yang suka tempat gelap, tapi nyamuk juga suka tempat gelap,seperti dipohon, rumput”an.
  4. Nyamuk lebih suka menghisap darah manusia yang memakai baju warna terang daripada yang warnanya gelap.
  5. Bukan Cuma manusia juga yang punya selera, tapi nyamuk juga. Ada nyamk yang suka darah manusia, kerbau, burung, kura-kura dsb
  6. Nyamuk bisa “kawin” di udara dalam 15 detik ini udah termasuk pedekate.
  7. Nyamuk jantan adalah pemakan sayuran alias vegetarian. Kenapa nyamuk betina enggak?? Soalnya dalam darah itu terdapat protein yang mereka butuhkan untuk menghasilkan telur.
  8. Nyamuk mendeteksi manusia lewat helaan nafas kita, terutama waktu kita tidur dan olahraga.
  9. Nyamuk juga merupakan salah satu distributor penyakit buat manusia. Contoh : malaria.
  10. Goresan dikulit akibat gigitan nyamuk merupakan reaksi alergi terhadap liur nyamuk yang disuntikkan ke tubuh kita guna mencegah pembekuan darah.
PENYEBAB NYAMUK MEMILIH KORBANNYA
Nyamuk menyerang manusia yang tubuhnya menghasilkan kelebihan asam-asam tertentu, seperti asam urat. Unsur ini dapat merangsang sensor pembau pada nyamuk, menggerakkan mereka untuk mendarat dan mencurigai calon korban-korbannya. Nyamuk dapat “mencium” bau makan malamnya dari jarak yang luar biasa, yakni 50 meter.

Selain itu gas karbondioksida juga menarik bagi nyamuk, bahkan dari jarak yang jauh, demikian penjelasan Conlon. Nyamuk lebih menyukai orang dewasa dibanding anak-anak karena kecenderungan gas karbon dioksida yang dihasilkan lebih banyak. Wanita-wanita hamil juga beresiko lebih tinggi, karena sebab yang sama. Gerakan dan suhu panas tubuh juga menarik bagi nyamuk.

Oleh sebab itu, jika anda ingin menghindari serangan gencar nyamuk pada malam hari, hindari kegiatan yang menimbulkan banyak gerakan, nafas terengah-engah sehingga menghembuskan banyak gas karbon dioksida, dan jangan berkeringat karena asam laktat dalam keringat merupakan daya tarik kuat bagi nyamuk untuk menggigit anda.
READ MORE - Selengkapnya

MENGENAL PENYAKIT GANGGUAN KEPRIBADIAN PASIF-AGRESIF

Deskripsi
Gangguan Kepribadian Pasif-Agresif kondisi kroni di mana seseorang tampaknya secara aktif sesuai dengan keinginan dan kebutuhan orang lain, tetapi sebenarnya secara pasif melawan mereka. Dalam proses, orang menjadi semakin bermusuhan dan marah. Psikiater tidak lagi mengenali kondisi ini sebagai diagnosis resmi. Namun, gejala tersebut bermasalah dengan banyak orang dan mungkin pelu bantuan perhatian profesional.

Gejala
Orang dengan kelainan ini membenci tanggung jawab yang ditunjukkan melalui perilaku mereka, daripada oleh secara terbuka mengungkapkan perasaan mereka. Mereka sering menggunakan penundaan, inefisiensi, dan lupa untuk menghindari melakukan apa yang mereka perlu lakukan atau telah diberitahu oleh orang lain untuk melakukannya.

Beberapa gejala umum yang pasif-agresif gangguan kepribadian meliputi:
* Cemberut
* Menghindari tanggung jawab dengan mengklaim kelupaan
* Sengaja melakukan pemborosan
* Menyalahkan orang lain
* Mengeluh
* Merasa dendam
* Memiliki otoritas takut
* Memendam kemarahan atau permusuhan
* Menunda
* Menolak saran orang lain

Seseorang dengan gangguan ini mungkin muncul untuk memenuhi keinginan orang lain dan bahkan mungkin antusias untuk menunjukkan keinginan mereka. Namun, mereka:
  • Melakukan tindakan yang diminta terlalu terlambat untuk membantu
  • Melakukan tindakan tak berguna
  • Melakukan sabotase untuk menunjukkan kemarahan bahwa mereka tidak bisa mengungkapkan dengan kata-kata

Perawatan
Konseling dapat membantu orang mengidentifikasi dan mengubah perilaku.

Sumber: medlineplus dan UMM.

READ MORE - Selengkapnya

BAGAIMANA CARA MENGOBATI PENYAKIT DIABETES

Jakarta, Diabetes adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti karena sekali terkena diabetes akan menanggungnya seumur hidup. Penderita diabetes harus selalu tergantung dengan obatnya. Tapi benarkah diabetes tak bisa disembuhkan?

Selama ini orang selalu menganggap penyakit diabetes tidak bisa disembuhkan. Tapi ternyata seorang penderita diabetes bisa tidak mengonsumsi obat, asalkan pola makannya benar, rajin olahraga dan memeriksakan kadar gula darahnya.

Diabetes bisa dibilang sebagai penyakit silent killer. Penyakit ini memang tidak mematikan, tapi komplikasi yang ditimbulkan dari diabetes bisa membuat seseorang menjadi meninggal. Karena komplikasi yang ditimbulkan bisa ke semua organ, seperti kaki, otak, mata, saraf dan organ lainnya.

"Satu juta orang di seluruh dunia menjalani operasi amputasi karena diabetes, 5 persen kebutaan akibat diabetes, sebagian besar pasien cuci darah akibat diabetes dan juga komplikasi lain seperti katarak atau jantung," ujar dr. Sandra Utami Widiastuti, SpPD dalam acara forum media online dengan Siloam Hospital di Plaza Senayan, Jakarta, Kamis (10/12/2009).

Diabetes itu sendiri terbagi menjadi 4 tipe yaitu:
  1. Tipe 1: bisa menyerang anak kecil atau anak muda. Ini diakibatkan tubuh tidak bisa memproduksi insulin sama sekali atau jumlahnya sedikit.
  2. Tipe 2: biasanya menyerang orang yang lebih dewasa. Dalam tubuhnya insulin bisa diproduksi tapi cara kerjanya tidak efektif.
  3. Tipe gestasional: tekanan gula darah tinggi yang terjadi saat ibu sedang hamil, tapi akan normal kembali ketika sudah melahirkan.
  4. Tipe lainnya: terjadi akibat infeksi di pankreas, ada tumor atau zat kimia yang bisa menghancurkan insulin.

Namun, yang paling umum didengar masyarakat adalah tipe 1 dan tipe 2. Untuk tipe 1 pengobatannya harus dengan menyuntikkan insulin, sedangkan untuk tipe 2 biasanya melalui obat oral yang dikombinasikan dengan pola makan sehat serta olahraga. "Sebenarnya 60 persen dari penderita diabetes tipe 2 ini bisa dicegah," ujar dokter yang berpraktek di Siloam Hospital Kebon Jeruk Jakarta ini.

Sampai saat ini diabetes memang belum bisa disembuhkan, tapi penderita diabetes bisa tidak mengonsumsi obat asalkan memiliki pola makan yang benar dan sehat, rajin melakukan olahraga seperti jogging, sepeda atau berenang serta hal yang paling penting adalah gula darahnya terkontrol dengan baik.

"Karena pola makan yang benar dan rajin olahraga sudah jadi satu paket dalam perawatan untuk diabetes," ujar dokter cantik berkacamata ini. Selain itu, harus rajin melakukan tes gula darah. Karenanya bagi penderita diabetes sebaiknya memiliki alat tes gula darah pribadi.

Dengan melakukan perawatan yang baik dan benar, maka kemungkinan terjadinya komplikasi dari penyakit diabetes ini menjadi sangat kecil. Edukasi mengenai berbagai hal yang berhubungan dengan diabetes seperti berapa kalori yang dibutuhkan dalam sehari atau bagaimana memotong kuku yang benar agar tidak menimbulkan luka, bisa membuat penderita diabetes beraktivitas seperti biasanya.

Banyak orang yang tidak menyadari apabila dirinya mengidap penyakit diabetes, tapi ada gejala penting yang bisa menjadi petunjuk awal dari penyakit diabetes yaitu, sering buang air kecil, banyak minum, banyak makan tapi berat badan justru menurun. Sedangkan gejala lainnya yang bisa diperhatikan adalah gampang infeksi atau terkena jamur, gampang capek, keputihan serta sering kesemutan.

Untuk itu sebaiknya periksakan kadar gula darah jika berusia 40 tahun ke atas, saat hamil pernah mengalami tekanan gula darah tinggi, ada anggota keluarga seperti orangtua atau saudara kandung yang terkena diabetes, mengalami obesitas, kadar kolesterol baik (HDL) rendah atau dalam pemeriksaan sebelumnya didapati kadar gula darah agak tinggi.

READ MORE - Selengkapnya

PENYAKIT ANAL GATAL

Deskripsi
Anal Gatal merujuk pada gatal yang terletak di anus atau pada kulit di sekitar anus. Gatal sering kali terjadi dan disertai dengan dorongan yang kuat untuk menggaruk. Anal gatal membuat malu dan tidak nyaman penderita. Anal gatal adalah masalah umum yang banyak diderita orang.

Anal gatal memiliki banyak penyebab. Sebagian besar kasus gatal-gatal anus disebabkan oleh masalah yang tak berbahaya. Banyak faktor yang dapat menyebabkan gatal-gatal pada anus, antara lain meliputi:
* Kelembaban
* Lecet akibat pakaian
* Tekanan duduk
* Kulit kering
* Iritasi Kimiawi
* Iritasi makanan
* Obat-obatan
* Wasir
* Infeksi penyakit menular seksual
* Cacing kremi
* Masalah kuli di sekitar dubur
* Infeksi jamur
* Luka di anus.
* Tumor anal

Gejala
Anal gatal berkaitan dengan gejala lain yang serupa di dalam dan di sekitar anus, termasuk:
* Sensasi panas
* Nyeri atau sakit

Perawatan
Perawatan anal gatal tergantung pada penyebab. Salah satu perawatan diri yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan pola makan sehat dan pengobatan infeksi.

Sumber: mayoclinic.
READ MORE - Selengkapnya

Penyakit Aneh, Kecanduan Seks Saat Tidur Nyenyak

Almelo, Bella Floor, seorang perempuan berusia 32 tahun menderita penyakit aneh kecanduan seks saat sedang tidur nyenyak. Bella selalu melakukan hubungan seksual ketika sedang tidur dan tidak mampu mengingat kejadiannya saat terbangun.

Perilakunya membuat takut kekasihnya yang merasa selalu dipermalukan ketika tidur malam bersamanya. Kekasihnya, Justin (47 tahun) adalah seorang pekerja konstruksi, yang tidak dapat menerima perlakuan seks Bella, tanpa Bella sendiri tahu apa yang telah dilakukannya. Justin pun akhirnya putus hubungan dengan Bella.

Bella perempuan asal Almelo, Belanda ini menuliskan pengalamannya dalam situsnya yang menceritakan bagaimana 6 tahun lalu tak ada satu pun dokter yang mampu mendiagnosa perilakunya.

Belakangan Bella ternyata divonis mengidap seksomnia atau Sexual Behaviour in Sleep (SBS) yaitu melakukan seks dalam kondisi tertidur.

Beberapa orang yang menderita SBS bahkan sudah masuk dalam tahap kecanduan. Dan bagi pasangannya, hal itu sangat mengganggu, memalukan dan bisa memicu masalah yang serius.

Seperti dilansir FoxNews, Kamis (10/12/2009), awalnya Bella menduga dirinya tidak dapat mengontrol perilakunya, namun kejadian itu hampir tiap malam dilakukannya yang membuat kekasihnya sangat marah.

Bella telah pergi berobat ke banyak dokter dan psikolog yang umumnya mereka pun tidak bisa melakukan apa-apa karena belum pernah mendengar ada kasus seperti ini.

Dokter hanya menawarkan obat-obatan, selain melakukan hipnoterapi, konsultasi seks dan melakukan scan otak untuk menghentikan penyakit seksomnia itu.

Menurut Bella, obat-obat yang diberikan hanya membantu sementara namun dia mengaku tidak mau sepanjang hidupnya bergantung pada obat-obat tersebut.

Dalam International Classification of Sleep Disorders (ICSD-2), SBS dikategorikan sebagai penyakit tidur terbaru oleh para praktisi obat-obatan tidur dan membutuhkan diagnosa khusus.

Seseorang yang menderita SBS biasanya mengetahui kebiasaannya itu dari pasangan tidurnya. Terkadang banyak diantara mereka yang tidak percaya bahwa kebiasaan itu bisa terjadi pada dirinya.

Inilah yang biasanya menjadi pangkal konflik pada pasangan karena si penderita tidak terima dan merasa malu mengakui atau menerima kenyataan tersebut. Hingga kini belum ada obat ampuh yang bisa menyembuhkan penyakit ini.

DetikHealth.com
READ MORE - Selengkapnya

BAGAIMANA RESIKO MEROKOK WANITA HAMIL

Risiko merokok pada ibu hamil antara lain: Risiko terjadi keguguran lebih besar pada perempuan perokok dibanding mereka yang tidak merokok; Asap rokok juga dapat memperlambat kenaikan berat badan ibu saat hamil sehingga ibu akan mudah terserang infeksi; Lebih sering ditemukan melahirkan bayi prematur; Air Susu Ibu (ASI) yang dihasilkan menjadi kurang berkualitas sehingga dapat menghambat pertumbuhan si anak; Dapat meningkatkan kelainan letak plasenta seperti misalnya:
  • plasenta terletak di muka jalan persalinan /menutup jalan lahir, selain itu plasenta bisa menjadi sangat mudah terlepas sehingga bisa berakibat jelek pada ibu dan anak
  • dapat meningkatkan KPD (ketuban pecah dini) dengan akibat memperlambat jalannya persalinan
  • sering sampai harus dilakukan sectio caessar untuk bisa menolong si anak dari persalinan
  • belum lagi risiko bahaya lain yaitu ibu bisa juga terkena penyakit seperti kanker paru-paru yang mempercepat kematian, padahal sang bayi masih sangat membutuhkan ibunya.


Risiko pada janin:

  • Asap rokok dapat menghambat kenaikan berat badan bayi sehingga berakibat janin mudah terserang penyakit infeksi
  • dapat meningkatkan kelainan bawaan pada bayi yang dikandung
  • dapat menurunkan kecerdasan pada si bayi
  • bayi bisa lahir sebelum waktunya/prematur

Setelah mempelajari banyaknya bahaya yang dapat ditimbulkan akibat merokok baik kepada ibu yang hamil maupun kepada janin yang dikandung maka alangkah bijaksananya bila Anda segera menghentikan kebiasaan merokok tersebut dan mulai mempersiapkan kesehatan diri sendiri serta dapat menghargai anugerah TUHAN bagi Anda dan suami yang dititipkan dalam rahim Anda. Apalagi tidak semua perempuan perokok bisa seberuntung Anda.

Memang tidak mudah bagi seorang pecandu rokok untuk mendadak berhenti, tapi Anda perlu berusaha kuat dengan memiliki niat yang sungguh-sungguh. Mungkin Anda dapat berkonsultasi dengan dokter atau psikolog Anda, dan terutama berdoa mohon pertolongan Tuhan untuk berhenti dari kebiasaan buruk yang sangat merugikan ini. Sehingga anda boleh berharap memiliki keturunan yang sehat, juga supaya Anda mempunyai tenaga yang cukup untuk melahirkan nanti, kalau bisa tidak harus mengalami kesulitan selama hamil maupun persalinan.

sumber : dr. Stephanie Pangau, MPH

READ MORE - Selengkapnya

MENCEGAH NEURAL TUBE DEFECTS DENGAN VITAMIN B-9

NEURAL tube defects (NT-D) adalah cacat lahir akibat tidak sempurnanya pertumbuhan dan perkembangan sistem tabung saraf pada masa janin.

Cacat lahir ini dapat berupa tidak terbentuknya tulang tengkorak atau bahkan tidak menutupnya saraf tulang belakang. Masa kritis terjadinya NTD adalah pada hari ke-21 sampai dengan hari ke-27 kehamilan. Terdapat tiga jenis NTD, yaitu anencephaly, encephalocele, dan spina bifida. Anencephaly ditandai oleh tidak tertutupnya secara sempurna otak bayi oleh tulang tengkorak.

Kebanyakan kasus anencephaly berakhir dengan kematian beberapa jam setelah bayi dilahirkan. Encephalocele terjadi akibat adanya lubang pada tengkorak bayi yang melaluinya jaringan otak menonjol keluar.

Meskipun kebanyakan bayi yang menderita encephalocele meninggal segera setelah lahir atau mengalami keterbelakangan mental yang parah, dalam beberapa kasus, pembedahan untuk menutup lubang tengkorak dapat menyelamatkan nyawa bayi. Spina bifida adalah bentuk NTD yang paling lazim. Spina bifida terjadi akibat tidak menutupnya tulang belakang secara sempurna pada bulan pertama perkembangan janin.

Diperkirakan satu dari setiap 1.000 kelahiran mengalami NTD dalam berbagai bentuk. Setiap tahun terjadi 300.000-400.000 kasus NTD di seluruh dunia. Faktor penyebab NTD adalah genetik, lingkungan, atau interaksi genetik-lingkungan. Rendahnya asupan gizi pada masa perikonsepsi, berperan pada terjadinya NTD.

Masa Kritis

Pertumbuhan dan perkembangan sistem saraf janin dimulai pada awal minggu ketiga kehamilan dan terus berlangsung sampai bayi siap dilahirkan. Pada minggu ketiga sudah mulai terbentuk cikal-bakal sistem saraf. Pada minggu keempat terbentuk gelembung-gelembung otak, yang merupakan cikal-bakal otak, yang sudah dapat dibedakan menjadi tiga bagian utama, yaitu proensefalon, mesensefalon, dan rombensefalon.

Pada minggu ini pula saraf-saraf spinal, yang akan menjadi saraf tulang belakang, sudah mengalami penebalan.
Secara umum, gangguan morfologis terjadi pada kurun waktu awal minggu ketiga sampai akhir minggu ketujuh masa hamil. Khusus untuk perkembangan sistem saraf pusat, masa kritis adalah rentang waktu antara awal minggu ketiga sampai hari pertama atau kedua minggu keenam masa hamil.

Vitamin B9 (asam folat dan folat) adalah vitamin yang larut dalam air dan termasuk kelompok vitamin B. Asam folat, bentuk yang paling stabil, banyak ditemukan pada produk vitamin suplemen dan pangan yang diperkaya vitamin. Secara alami, vitamin B9 terdapat dalam bentuk folat dalam beras, gandum, telur, buah, sayuran, atau daging.

Vitamin B berperan untuk memecah karbohidrat kompleks menjadi gula sederhana untuk digunakan sebagai sumber energi. Bersama vitamin B12 dan vitamin C, vitamin B9 berperan dalam proses metabolisme protein. Proses ini penting untuk pembentukan sel, termasuk sel darah merah dan putih, pembedaan dan pertumbuhan sel, dan pembentukan asam deoksinukleat (DNA, deoxynucleic acid) dan asam ribonukleat (RNA, ribonucleic acid). Vitamin B9 bertindak sebagai koenzim pada proses sintesa DNA dari prekur-sornya.

Vitamin B9, bersama-sama dengan vitamin B6 dan B12, juga berperan pada pembentukan asam amino metionin dan sistein dari homosistein. Proses ini dapat menjaga kadar homosistein da-lam darah tetap normal.

Kadar homosistein darah yang tinggi berkaitan dengan pening-katan risiko penyakit degeneratif (penyakit jantung dan osteoporosis). Kekurangan vitamin B9 dapat terjadi karena berbagai sebab. Kurangnya asupan pangan yang mengandung vitamin B9 adalah penyebab utama kekurangan vitamin B9. Selain itu, gangguan penyerapan dalam usus (misalnya, karena konsumsi alkohol yang tinggi) dapat mengurangi suplai vitamin B9. Pembelahan sel yang terjadi dengan cepat pada masa hamil akan mening-katkan kebutuhan vitamin B9.

Cara yang paling baik untuk memenuhi kecukupan vitamin B9 adalah mengonsumsi makanan yang beraneka ragam secara seimbang. Pada keadaan tertentu, misalnya sedang hamil atau menderita penyakit kanker, diperlukan suplemen vitamin B9. Menurut Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi (WKNPG, 1998), kecukupan gizi vitamin B9 untuk ibu hamil adalah sebanyak 300 mg per hari.

Sebanyak 95 persen bayi yang menderita NTD dilahirkan oleh oleh ibu yang tidak memiliki riyawat penyakit ini. Hal ini membuktikan bahwa faktor lingkungan (misalnya gizi) sangat berperan pada terjadinya NTD. Beberapa hasil penelitian telah membuktikan peranan vitamin B9 dalam mencegah NTD. Pada tahun 1987 Yates dan para koleganya menemukan bahwa ibu-ibu yanag melahirkan bayi yang menderita NTD memiliki taraf vitamin B9 pada sel darah merah yang rendah.

Pada tahun 1981, Laurence dan kawan-kawan, melalui suatu studi pemberian suplemen vitamin B9 kepada ibu hamil yang pernah melahirkan bayi NTD di South Wales, me-nunjukkan bahwa pemberian vitamin B9 sebanyak 4000 mg per hari dapat mengurangi kasus NTD sebesar 50 persen.

Beberapa studi di Amerika Serikat menunjukkan bahwa pemberian suplemen vitamin B9 sebanyak 400 mg pada masa perikonsepsi dapat mengurangi risiko NTD sebesar 50 persen atau lebih. Pada tahun 1991, US Medical Research Council mem-publikasikan hasil penelitian pemberian suplemen vitamin B9 kepada ibu hamil yang memiliki riwayat NTD. Penelitian itu me-mbuktikan bahwa pemberian vitamin B9 megadosis (4000 mg/hari) dapat mengurangi kejadian NTD sebesar 70 persen. Pene-litian di Inggris juga menunjukkan bahwa pemberian suplemen vitamin B9 kepada ibu hamil yang pernah melahirkan bayi NTD dapat menurunkan kasus NTD sebesar 70 persen.

Atas dasar hasil penelitian tersebut, The American Academy of Pediatrics mendukung rekomendasi US Public Health Service kepada ibu hamil untuk mengonsumsi 400 mg vitamin B9 per hari. Khusus untuk ibu hamil yang memiliki riwayat NTD, mereka disarankan untuk me-ngonsumsi 4000 mg per hari pada masa perikonsepsi, tentunya dengan petunjuk dokter atau ahli gizi.

analisa/Dr. Albiner Siagian, M.Si
READ MORE - Selengkapnya

PENGENALAN PENYAKIT ANEMIA

Apa itu anemia?

Anemia adalah suatu kondisi tubuh kekurangan kandungan Hemoglobin (sel darah merah) dalam darah. Hemoglobin adalah pigmen yang membuat sel darah berwarna merah. Hemoglobin ini bertugas membawa oksigen dari paru-paru ke otak dan ke seluruh organ serta jaringan tubuh. Seperti kita ketahui bersama, oksigen merupakan bagian terpenting dari metabolisme tubuh untuk menghasilkan energi.

Hemoglobin juga berfungsi membawa karbondioksida hasil metabolisme dari jaringan tubuh ke paru-paru untuk selanjutnya dikeluarkan saat bernafas. Saat kadar hemoglobin rendah maka jumlah sel darah merah pun akan rendah akibatnya transportasi oksigen akan terganggu dan jaringan tubuh orang yang anemia akan mengalami kekurangan oksigen guna menghasilkan energi.

Berdasarkan standar resmi WHO, seseorang dikatakan menderita anemia apabila kadar hemoglobinnya kurang dari 13 gram/dl untuk pria dan kurang dari 12 gram/dl untuk wanita. Anemia dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

1. Ringan
Anemia disebut ringan jika kandungan Hb berada diantara 10-12 gram/dl. Gejalanya berupa badan sering merasa lemah, cepat lelah, letih, kurang energi, nafsu makan berkurang, gampang mengantuk dan mata berkunang-kunang bila bangkit berdiri dari duduk.

2. Sedang
Anemia dikatakan sedang jika kandungan Hb berada pada kisaran 8-10 gram/dl. Pada tingkatan ini penderita biasanya mudah terinfeksi penyakit, stamina tubuh menurun dan detak jantung lebih cepat. Ciri paling umumnya adalah wajah, selaput lendir kelopak mata bagian bawah sebelah dalam, bibir, dan kuku tampak pucat atau tidak merah.

3. Berat
Anemia diklasifikasikan berat apabila kadar Hb berada di bawah 7 gram/dl. Pada keadaan ini fungsi sel sudah terganggu, penderita akan mengalami gangguan sesak nafas dan penderita harus memperoleh transfusi darah.

Apa Penyebab Anemia?

Terjadinya penurunan kadar Hb atau yang lazim disebut anemia disebabkan oleh adanya perdarahan misalnya pada kecelakaan, menstruasi, melahirkan ataupun perdarahan saat hamil. Selain itu beberapa gangguan sistem tubuh juga dapat menjadi penyebab anemia, diantaranya luka di lambung yang menyebabkan penyerapan sari-sari makanan menjadi terganggu sehingga tubuh kekurangan gizi terutama zat besi, vitamin B12 dan asam folat yang merupakan pembentuk sel darah merah.

Selain itu, gangguan produksi sel darah di sumsum tulang atau adanya kelainan di sumsum tulang sehingga tidak dapat memproduksi sel darah juga dapat menjadi penyebab kekurangan darah yang biasa disebut anemia aplastik. Tetapi, bila anemia terjadi akibat kekurangan zat besi, vitamin B12 dan asam folat disebut anemia defisiensi. Kurangnya hormon eritropoetin, suatu hormon yang merangsang pematangan sel darah merah dapat menjadi pemicu terjadinya anemia.

Selain itu, anemia juga dapat disebabkan faktor genetik yaitu adanya suatu antibodi tertentu di dalam tubuh yang menghancurkan sel darah merah sehingga terjadi anemia yang disebut anemia hemolitik.

Bagaimana Mengatasinya?

Anemia sering dianggap sebagai hal yang biasa. Padahal, jika kondisi ini dibiarkan bisa menjadi gangguan kesehatan yang lebih serius. Berdasarkan penyebabnya, anemia bukanlah suatu penyakit, tapi pertanda adanya penyakit tertentu. Untuk mengetahui apakah anemia yang diderita seseorang adalah gejala dari penyakit tertentu atau hanya kekurangan zat gizi tertentu, maka pemeriksaan haruslah dilakukan. Anemia biasanya dapat dideteksi dengan pemeriksaan darah lengkap di laboratorium.

Pemeriksaan darah lengkap adalah pemeriksaan yang dilakukan pada darah manusia dengan menghitung seluruh komponen pembentuk darah. Komponen pembentuk darah antara lain: sel darah merah (RBC), hematokrit, hemoglobin, sel darah putih (WBC), komponen sel darah putih dan trombosit/platelet. Terjadinya anemia dideteksi dengan menggunakan komponen sel darah merah, hematokrit dan hemoglobin.

Sel darah merah (RBC) merupakan komponen darah yang terbanyak dalam satu mililiter darah. Setiap orang memiliki jutaan bahkan miliaran sel darah merah dalam tubuhnya. Penghitungan sel darah merah digunakan untuk menentukan apakah kadar sel darah merah rendah (anemia) atau tinggi (polisitemia). Pada penghitungan sel darah merah, akan dinilai jumlah dan ukuran dari sel darah merah. Bentuk sel darah merah pun dilihat di bawah mikroskop. Informasi mengenai jumlah, ukuran dan bentuk sel darah merah akan digunakan untuk mendiagnosa jenis anemia yang diderita berikut kemungkinan penyebabnya.

Nilai hematokrit merupakan cara yang paling sering digunakan untuk menentukan apakah jumlah sel darah merah terlalu tinggi, terlalu rendah atau normal. Hematokrit merupakan ukuran yang menentukan seberapa banyak jumlah sel darah merah dalam satu mililiter darah. Perhitungan hematokrit dapat dilakukan dengan mengambil sampel darah pada jari tangan atau diambil langsung pada vena yang terletak pada lengan.

Selain dengan memeriksakan darah, upaya pencegahan tetap harus dilakukan agar anemia tidak muncul kembali. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan dalam upaya mencegah terjadinya anemia, diantaranya:
  1. Makanlah makanan dengan kandungan tinggi asam folat dan B12 seperti ikan, susu, daging, kacang polong, sayur berwarna hijau tua, jeruk, dan sereal.
  2. Makanlah makanan yang bergizi seimbang
  3. Pada wanita hamil, sebaiknya diberikan suplemen asam folat
  4. Hindari paparan berlebihan terhadap bahan bakar (bensin), insektisida, zat kimia, dan zat toksik lainnya
  5. Hindari konsumsi alkohol
  6. Berhenti merokok

Bila hal-hal tersebut di atas dilaksanakan, mudah-mudahan anemia dapat terhindar.

READ MORE - Selengkapnya

25 KEUNTUNGAN JIKA ANDA TIDAK MEROKOK

Jika selama ini ancaman kesehatan dan kerugian akibat merokok tidak mempan membuat seseorang berhenti merokok, bagaimana jika membeberkan semua keuntungan yang bisa didapatkan jika tidak merokok? Berikut ini adalah 25 keuntungan jika Anda tidak menghisap rokok.

Seperti dikutip dari Health, Rabu (6/1/2010), peneliti dari Peninsula Medical School, Inggris menyebutkan banyak keuntungan yang akan didapatkan seandainya tidak merokok, diantaranya 25 keuntungan berikut.

1. Anda bisa menghemat, tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membeli rokok dan bisa membeli barang-barang lain yang diinginkan.

2. Anda akan menghirup lebih sedikit bakteri menghisap rokok sama dengan menghirup bakteri yang bisa membuat sakit.

3. Anda bisa lebih pintar karena terhindar dari kecanduan zat kimia rokok yang bisa merusak otak.

4. Anda akan memiliki gaya bercinta dan kemampuan seksual yang lebih baik karena aliran darah dan sirkulasinya yang lebih baik dan bersih.

5. Anda akan tidur lebih nyenyak dan lebih baik karena nikotin adalah zat yang bisa mengganggu produksi hormon tidur.

6. Anda bisa punya tulang yang lebih sehat dan kuat karena kepadatan mineral tulang tidak akan tercuri dan berkurang akibat rokok.

7. Anda akan terhindar dari penyakit psoriaris karena studi terkini menyebutkan ada hubungannya antara perokok dengan penyakit kulit psoriaris.

8. Anda akan merasa lebih hangat dan tidak kedinginan karena sirkulasi darah akan berjalan dengan lancar dan menghangatkan tubuh.

9. Anda yang memiliki penyakit AIDS tidak akan mengalami proses kemunduran daya tahan tubuh yang lebih cepat.
Anda akan terhindar dari semua penyakit kronis yang disebabkan rokok, terutama penyakit jantung yang punya risiko 4 kali lipat.

10. Anda bisa terhindar dari meninggal dunia karena tumor otak karena asap rokok yang masuk ke paru-paru bisa menyebar cepat ke dalam pembuluh darah di otak.

11. Anda bisa memiliki gigi yang lebih bersih dan sehat karena zat kimia dalam rokok tidak masuk lagi ke mulut dan tidak akan merusak gigi.

12. Anda akan memiliki keriput yang lebih sedikit karena rokok bisa merusak jaringan dan elastisitas kulit setelah 10 tahun.

13. Anda akan memiliki indera penciuman yang lebih baik dan mengonsumsi makanan dengan lebih nikmat.

14. Anda bisa punya rambut yang lebih kuat dan tidak akan cepat mengalami kebotakan.

15. Anda akan menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat dan produktif karena jarang sakit.

16. Anda akan terhindar dari stres karena tekanan keluarga dan orang-orang yang ingin Anda berhenti merokok.

17. Anda terhindar dari batuk dan bronkitis yang mengganggu.

18. Anda akan menyelamatkan bayi dan anak-anak yang tidak berdosa dari gangguan asap rokok.

19. Anda akan memiliki sperma yang lebih banyak dan sehat karena risiko sperma cacat akibat bahan kimia rokok akan berkurang.

20. Anda akan lebih dicintai pasangan, menjadi pencium yang baik dan kemungkinan dicampakkan berkurang karena kebanyakan wanita tidak suka bau asap rokok.

21. Anda akan menjadi contoh dan figur yang baik untuk teman yang ingin berhenti merokok.

22. Anda bisa bernafas lebih panjang karena karbonmonoksida dari rokok tidak akan masuk ke dalam darah dan membatasi jumlah oksigen untuk bernafas.

23. Anda bisa punya kemungkinan untuk hamil lebih besar karena terhindar dari kanker ovarium atau rusaknya sel-sel telur dan fungsi reproduktif wanita.

24. Anda punya risiko melahirkan anak cacat yang lebih rendah karena zat kimia dalam rokok bisa menyebabkan mutasi gen yang diturunkan pada anak.

25. Anda akan memiliki umur yang lebih panjang karena setiap satu batang rokok yang dihisap bisa mengurangi 11 menit kesempatan hidup.

Dan tentunya masih banyak lagi keuntungan dari tidak merokok.


(Sumber detik.com)
READ MORE - Selengkapnya

APAKAH PENYEBAB INFERTILASI PADA PRIA

Definisi infertilitas menurut WHO adalah tidak terjadinya kehamilan pada pasangan yang telah berhubungan intim tanpa menggunakan kontrasepsi secara teratur minimal 1-2 tahun. Menurut data demografis dunia, 12,5 % pasangan usia subur mengalami kesulitan mendapatkan anak.

Infertilitas terutama lebih banyak terjadi di kota-kota besar karena gaya hidup yang penuh stres, emosional dan kerja keras serta pola makan yang tidak seimbang. Infertilitas dapat terjadi dari sisi pria, wanita, kedua-duanya, maupun pasangan. Disebut infertilitas pasangan bila terjadi penolakan sperma suami oleh istri sehingga sperma tidak dapat bertemu dengan sel telur. Hal ini biasanya disebabkan oleh ketidaksesuaian antigen/antibodi pasangan tersebut.

Dari sisi pria, penyebab infertilitas yang paling umum terjadi adalah:

1. Bentuk dan gerakan sperma yang tidak sempurna
Sperma harus berbentuk sempurna serta dapat bergerak cepat dan akurat menuju ke telur agar dapat terjadi pembuahan. Bila bentuk dan struktur (morfologi) sperma tidak normal atau gerakannya (motilitas) tidak sempurna sperma tidak dapat mencapai atau menembus sel telur.

2. Konsentrasi sperma rendah
Konsentrasi sperma yang normal adalah 20 juta sperma/ml semen atau lebih. Bila 10 juta/ml atau kurang maka menujukkan konsentrasi yang rendah (kurang subur). Hitungan 40 juta sperma/ml atau lebih berarti sangat subur. Jarang sekali ada pria yang sama sekali tidak memproduksi sperma. Kurangnya konsentrasi sperma ini dapat disebabkan oleh testis yang kepanasan (misalnya karena selalu memakai celana ketat), terlalu sering berejakulasi (hiperseks), merokok, alkohol dan kelelahan.

3. Tidak ada semen
Semen adalah cairan yang mengantarkan sperma dari penis menuju vagina. Bila tidak ada semen maka sperma tidak terangkut (tidak ada ejakulasi). Kondisi ini biasanya disebabkan penyakit atau kecelakaan yang memengaruhi tulang belakang.

4. Varikosel (varicocele)
Varikosel adalah varises atau pelebaran pembuluh darah vena yang berhubungan dengan testis. Sebagaimana diketahui, testis adalah tempat produksi dan penyimpanan sperma. Varises yang disebabkan kerusakan pada sistem katup pembuluh darah tersebut membuat pembuluh darah melebar dan mengumpulkan darah. Akibatnya, fungsi testis memproduksi dan menyalurkan sperma terganggu.

5. Testis tidak turun
Testis gagal turun adalah kelainan bawaan sejak lahir, terjadi saat salah satu atau kedua buah pelir tetap berada di perut dan tidak turun ke kantong scrotum. Karena suhu yang lebih tinggi dibandingkan suhu pada scrotum, produksi sperma mungkin terganggu.

6. Kekurangan hormon testosteron
Kekurangan hormon ini dapat mempengaruhi kemampuan testis dalam memproduksi sperma.

7. Kelainan genetik
Dalam kelainan genetik yang disebut sindroma Klinefelter, seorang pria memiliki dua kromosom X dan satu kromosom Y, bukannya satu X dan satu Y. Hal ini menyebabkan pertumbuhan abnormal pada testis sehingga sedikit atau sama sekali tidak memproduksi sperma.

8. Infeksi
Infeksi dapat memengaruhi motilitas sperma untuk sementara. Penyakit menular seksual seperti klamidia dan gonore sering menyebabkan infertilitas karena menyebabkan skar yang memblokir jalannya sperma.

9. Masalah seksual
Masalah seksual dapat menyebabkan infertilitas, misalnya disfungsi ereksi, ejakulasi prematur, sakit saat berhubungan (disparunia). Demikian juga dengan penggunaan minyak atau pelumas tertentu yang bersifat toksik terhadap sperma.

10. Ejakulasi balik
Hal ini terjadi ketika semen yang dikeluarkan justru berbalik masuk ke kantung kemih, bukannya keluar melalui penis saat terjadi ejakulasi. Ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkannya, di antaranya adalah diabetes, pembedahan di kemih, prostat atau uretra, dan pengaruh obat-obatan tertentu.

11. Sumbatan di epididimis atau saluran ejakulasi
Beberapa pria terlahir dengan sumbatan di daerah testis yang berisi sperma (epididimis) atau saluran ejakulasi. Beberapa pria tidak memiliki pembuluh yang membawa sperma dari testis ke lubang penis.

12. Lubang kencing yang salah tempat (Hypo-epispadia)
Kelainan bawaan ini terjadi saat lubang kencing berada di bagian bawah penis. Bila tidak dioperasi maka sperma dapat kesulitan mencapai serviks.

13. Antibodi pembunuh sperma
Antibodi yang membunuh atau melemahkan sperma biasanya terjadi setelah pria menjalani vasektomi. Keberadaan antibodi ini menyulitkannya mendapatkan anak kembali saat vasektomi dicabut.

14. Cystic fibrosis
Cystic fibrosis adalah penyakit bawaan yang menyebabkan masalah dalam sistem pernafasan dan pencernaan. Beberapa pria penderita penyakit ini tidak dapat mengeluarkan sperma dari testis mereka, meskipun sperma tersedia dalam jumlah yang cukup.

15. Kanker Testis
Kanker testis berpengaruh langsung terhadap kemampuan testis memproduksi dan menyimpan sperma. Penyakit ini paling sering terjadi pada pria usia 18 dan 32 tahun.
READ MORE - Selengkapnya

KENALI KELAINAN JANTUNG BAWAAN PADA ANAK

Anda mungkin akan sangat cemas bila mengetahui anak Anda memiliki kelainan jantung bawaan. Sebenarnya tidak perlu terlalu cemas. Kelainan jantung bawaan adalah hal yang cukup umum terjadi dan kini– berkat kemajuan ilmu dan teknologi kedokteran– banyak yang dapat disembuhkan dengan pembedahan, kateterisasi dan obat-obatan.

Pertumbuhan Jantung
Jantung manusia mulai membentuk struktur kantong tunggal pada minggu keempat kehamilan. Pada minggu kedelapan, kantong ini secara bertahap membesar. Sekat jantung (septum) tumbuh untuk memisahkan serambi (atrial) dan bilik (ventricular) jantung di sisi kanan dan sisi kiri. Empat katup jantung terbentuk untuk mengatur aliran darah dari rongga-rongga jantung menuju paru dan tubuh.

Saat bayi masih di kandungan, aliran oksigen dan karbondioksida berlangsung melalui plasenta sehingga kelainan jantung pada saat itu tidak akan membawa masalah bagi bayi. Setelah bayi lahir dan tali plasenta dipotong, akan terlihat bila ada masalah pada jantung anak. Tanda pertama kelainan jantung adalah suara bising (murmur). Dokter dapat mengetahuinya lewat stetoskop. Namun, untuk memastikan penyebab bising tersebut, diperlukan rontgen jantung, EKG dan pemeriksaan penunjang lainnya. Tanda lainnya antara lain berupa detak jantung tidak normal (tachycardia), nafas pendek, kesulitan menyusui (karena nafas yang pendek) dan gangguan pertumbuhan dan kulit yang membiru (cyanotic).

Jenis-jenis Kelainan Jantung
Kelainan jantung bawaan sangat beragam jenisnya. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Sekat Bilik Jantung Berlubang (Ventracular Septal Defect/VSD)
VSD adalah kelainan jantung berupa lubang pada sekat antarbilik jantung yang menyebabkan kebocoran aliran darah pada bilik kiri dan kanan jantung. Kebocoran ini membuat sebagian darah kaya oksigen kembali ke paru-paru sehingga menghalangi darah rendah oksigen memasuki paru-paru. Bila lubangnya kecil, VSD tidak memberikan masalah berarti. Bila besar, bayi dapat mengalami gagal jantung.

VSD adalah kelainan jantung bawaan yang paling sering terjadi (30% kasus). Gejala utama dari kelainan ini adalah kesulitan menyusui dan gangguan pertumbuhan, nafas pendek dan mudah lelah. Bayi dengan VSD besar cepat tidur setelah kurang menyusui, bangun dan menangis sebentar karena lapar, mencoba menyusu lagi tetapi cepat kelelahan, tertidur lagi, dan seterusnya.

2. Penyempitan Katup Paru (Pulmonary Stenosis/PS)
PS adalah penyempitan katup paru yang berfungsi mengatur aliran darah rendah oksigen dari bilik kanan jantung ke paru-paru. Dengan penyempitan ini, bilik kanan harus bekerja keras memompa darah sehingga makin lama makin membesar (hipertrofi). PS adalah kelainan jantung paling umum kedua, terjadi pada 10% kasus.

3. Sekat Serambi Jantung Berlubang (Atrial Septal Defect/ASD)
ASD adalah lubang di antara dua serambi jantung. Lubang ini menimbulkan masalah yang sama dengan VSD, yaitu mengalirkan darah kaya oksigen kembali ke paru-paru. ASD terjadi pada 5-7% kasus dan lebih banyak terjadi pada bayi perempuan dibandingkan bayi laki-laki.

Banyak penderita ASD yang baru terdiagnosis setelah dewasa. Bila demikian, dampaknya mungkin sudah sangat merusak berupa penyakit paru, risiko stroke tinggi dan usia harapan hidup yang rendah.

4. Tetralogi Fallot (Tetralogy of Falot/TOF)
TOF adalah komplikasi kelainan jantung bawaan yang khas, dan melibatkan empat kondisi:

  • Sekat bilik jantung berlubang (VSD)
  • Penyempitan katup paru (PS)
  • Bilik kanan jantung membesar (hipertrofi)
  • Akar aorta tepat berada di atas lubang VSD

Lubang VSD biasanya besar dan darah mengalir dari bilik kanan melalui lubang ini menuju bilik kiri. Hal ini terjadi karena adanya hambatan pada katup paru. Setelah masuk ke bilik kiri, darah yang rendah oksigen itu dipompa ke aorta dan mengalir ke seluruh tubuh. Itulah sebabnya bayi penderita TOF memiliki kulit yang membiru karena kekurangan oksigen.

Penyebab
Penyebab kelainan jantung bawaan tidak diketahui. Riset menunjukkan bahwa orang tua yang memiliki kelainan jantung lebih berisiko memiliki anak yang berkelainan jantung pula.

Kelainan juga dapat disebabkan gangguan perkembangan jantung pada janin karena infeksi seperti rubella dan toksoplasma, obat-obatan, alkohol dan zat-zat beracun yang dikonsumsi ibunya. Kelainan gen seperti sindrom Down dan Turner juga berkorelasi dengan kelainan jantung bawaan.

Penanganan
VSD dan ASD dengan lubang kecil mungkin akan menutup sendiri seiring pertumbuhan anak. Kelainan jantung yang tidak dapat sembuh sendiri dapat dikoreksi dengan satu kali atau beberapa kali operasi. Prosedur operasi dapat berupa bedah jantung terbuka atau dengan angioplasty/valvuloplasty memakai balon untuk menghilangkan hambatan pembuluh darah atau katup jantung. Pada prosedur ini, ahli jantung memasukkan kateter (pipa plastik tipis dengan balon di ujungnya) ke dalam pembuluh darah. Balon lalu ditiup untuk melebarkan pembuluh yang menyempit atau katup jantung. Dengan prosedur lain yang disebut transcather device occlusion (TDO), lubang tidak normal di sekat jantung dapat ditutup tanpa pembedahan.

READ MORE - Selengkapnya

GEJALA SERTA PENANGANAN YANG TEPAT UNTUK STROKE RINGAN

Stroke ringan atau yang dikenal secara medis sebagai transient ischemic attack (TIA) terjadi ketika asupan oksigen ke bagian tertentu dari otak terhalang sebentar, lalu kembali normal. Halangan tersebut biasanya disebabkan oleh penyempitan arteri otak karena aterosklerosis atau gumpalan darah kecil yang terbawa masuk dari tempat lain dalam tubuh dan menyumbat arteri otak. Kebanyakan stroke ringan hanya berlangsung kurang dari sepuluh menit dengan gejala yang bersifat temporer. Bila berlanjut dalam 24 jam atau lebih maka dikategorikan sebagai stroke biasa.

Gejala Stroke Ringan
Gejala stroke ringan mirip dengan stroke biasa. Berikut adalah beberapa gejala stroke ringan, tergantung bagian mana dari sistem peredaran darah dan otak Anda yang terkena:

  • Masalah penglihatan di salah satu atau kedua mata, termasuk penglihatan ganda dan kebutaan sementara
  • Pusing, bingung dan lemah
  • Kesulitan berbicara, termasuk berbicara dengan intonasi kacau
  • Tidak dapat berjalan (ataxia).
  • Kehilangan ingatan atau kesadaran secara tiba-tiba
  • Kesulitan koordinasi tangan dan lengan
  • Lemah atau lumpuh di satu sisi tubuh

Diagnosis
Bila Anda mengalami gejala di atas, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter. Stroke ringan adalah ancaman sekaligus peluang bagi Anda. Disebut ancaman karena sebagai peringatan adanya risiko stroke berat di masa mendatang. Disebut peluang karena Anda memiliki peluang mencegahnya.

Selain memeriksa gejala, dokter akan menanyakan riwayat kesehatan Anda, termasuk bila Anda memiliki risiko stroke karena tekanan darah tinggi, diabetes, kolesterol tinggi, merokok dan penyakit jantung tertentu. Pemeriksaan fisik biasanya dilakukan antara lain dengan memeriksa sirkulasi darah di leher Anda di mana terdapat banyak pembuluh arteri yang memasok otak. Bunyi turbulensi di stetoskop mengindikasikan aliran darah melalui arteri yang menyempit.

Untuk memastikan penyebab stroke ringan, dokter Anda mungkin meminta dilakukan pemeriksaan CT (computed tomography) atau MRI (magnetic resonance imaging) pada otak Anda. Pemeriksaan lain atas kondisi jantung dan sirkulasi darah dengan menggunakan Doppler, MRA (magnetic resonance angiography) atau rontgen jantung juga mungkin dilakukan.

Penanganan

Bila Anda telah terkena stroke ringan, dokter akan memberikan obat-obatan pencegah penggumpalan darah untuk mengurangi risiko berulangnya stroke, yaitu anti-koagulan dan anti-platelet. Aspirin adalah jenis obat yang paling banyak diberikan pada pasien pasca stroke.

Bila pembuluh arteri di leher Anda mengalami penyempitan berarti, pembedahan atau stent arteri carotid mungkin dilakukan untuk mengoreksinya.

READ MORE - Selengkapnya

Arsip

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails