Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya

Jenis Lalapan yang Berkhasiat untuk Urusan Seks Pria dan Wanita


Lalapan merupakan menu tambahan ketika makan yang biasanya berupa sayuran mentah. Nah kali ini saya mau berbagi lalapan yang gak kalah seru rasanya namun juga berkhasiat dalam urusan seks.

Sobat pasti tau daun kemangi. Daun kemangi sangat populer di Indonesia, terutama di daerah Jawa barat sebagai lalapan pelengkap makan. Ternyata selain sebagai penguat aroma dalam makanan (contohnya pepes), kemangi juga memiliki khasiat yang serupa dengan efek obat sex VIAGRA

Khasiat untuk Pria:
Kemangi ini mengandung zat aktif sineol dan arginine, khasiatnya mampu mengatasi ejakulasi permatur, melebarkan pembuluh kapiler, memperkuat daya tahan sperma dan mencegah kemandulan pada pria. Kandungan Apigenin fenkhona dan eugenol dalam kemangi juga dapat mempermudah ereksi.

Khasiat bagi wanita:
Bagi wanita, kemangi sangat berguna. Seluruh bagian tanaman ini kaya akan senyawa anetol dan boron yang mampu merangsang hormon estrogen. Senyawa eugenol yang dimilikinya juga mampu membunuh jamur penyebab keputihan. Selain itu zat stigmaasterol dalam kemangi dapat merangsang pematangan sel telur. Tannin dan seng mengurangi sekresi cairan vagina. Ada lagi zat triptofan yang dapat menunda menopause.

Sumber:
http://i-herbal.blogspot.com
READ MORE - Selengkapnya

Bahaya Kurang Gizi Bagi Remaja

Ilustrasi | 

Remaja yang tak memperoleh cukup gizi yang biasa didapati pada buah-buahan dan ikan lebih rentan terhadap kondisi paru-paru yang di bawah normal, sakit asma, batuk dan sesak nafas, kata beberapa peneliti.

Mereka menemukan bahwa remaja dengan asupan buah dan terutama Vitamin C paling rendah memiliki paru-paru yang lebih lemah dibandingkan dengan remaja yang lain. Remaja yang mengkonsumsi kurang Vitamin E, yang terdapat pada minyak nabati dan kacang, lebih mungkin untuk terserang asma, kata Jane Burns dan rekannya di Harvard School of Public Health.

Berdasarkan temuan itu, Burns mengatakan dosis Vitamin C yang disarankan 85 miligram sehari, mungkin tak cukup bagi remaja untuk memiliki paru-paru yang sehat.

Banyak kajian telah menghubungkan kebiasaan makan yang tak sehat dengan gangguan paru-paru. Oleh karena itu Burna dan rekannya meneliti dan menguji 2.112 remaja kelas 12 dari Amerika Serikat dan Kanada.

Dalam untuk mengimbangi survei sebelumnya, mereka mendapati bahwa banyak remaja mengkonsumsi buah dan sayur dalam jumlah yang kurang dari yang disarankan, mereka melaporkan dalam studi mereka --yang disiarkan dalam jurnal "Chest". Hanya 11 persen remaja mengkonsumsi asupan vitamin sesuai dengan dasar harian.

Remaja yang mengkonsumsi kurang banyak buah dan lebih sedikit asam lemak omega-3 lebih mungkin untuk terserang asma dan gangguan pernafasan seperti tersengal-sengal.

Bahkan asam lemak omega-3 dalam jumlah sedang cukup melindungi, kata Burns dalam wawancara telefon, kendati ikan, sumber terbaik omega-3, sangat tak populer di kalangan remaja. Omega-3 juga didapati pada kenari serta sebagian sayur hijau.

Asam lemak omega-3 mungkin bekerja dengan menangkal rasa nyeri di dalam paru-paru. Kandungan anti-oksidan dalam Vitamin C dan E serta bahan lain yang ditemukan pada buah tampaknya melindungi sel-sel yang berjajar di saluran udara dari kerusakan radikal bebas, kata Burns.

Perokok yang lalai mengkonsumsi Vitamin C menghadapi resiko lebih besar untuk terserang batuk, nafas tersengal dan penumpukan dahak, kata Burns. Seperempat orang dewasa yang mereka teliti adalah perokok.

Lebih dari 40 persen remaja mengkonsumsi Vitamin C dalam dosis yang direkomendasikan - terutama dari minuman buah, kata para peneliti itu. "Saya tak menyarankan meminum minuman buah, tapi setidaknya mereka memperoleh Vitamin C dari sumber lain," kata Burns.

Para peneliti tersebut tak memasukkan faktor kemiskinan dan faktor lain yang seringkali membedakan orang yang mengkonsumsi makanan kurang sehat dan mungkin menjelaskan temuan mereka.

Burns menambahkan bahwa ada beberapa cara berbeda untuk memperoleh gizi yang diperlukan. "Saya kira asupan vitamin baik-baik saja. Saya kira penambahan Vitamin D pada jus jeruk cukup bagus. Saya memang menduga bahwa ada manfaat yang tak sepenuhnya kita pahami untuk menyantap seluruh makanan seperti buah dan sayur serta ikan," katanya

www.perempuan.com 
READ MORE - Selengkapnya

Susu Kedelai Menurunkan Kesuburan Pria


Banyak orang yang beralih ke susu kedelai karena alergi terhadap laktosa, yang merupakan karbohidrat utama dalam susu sapi. Tapi susu kedelai tak semuanya bermanfaat bagi tubuh. Menurut penelitian Jorge Chavarro, MD, Sc.D yang telah diterbitkan pada Human Reproduction tahun 2008 mengungkapkan bahwa asupan makanan tinggi kedelai, termasuk susu kedelai, dapat mengurangi konsentrasi sperma.

Susu kedelai mengandung fitoestrogen isoflavon, yakni zat dalam kedelai yang mirip dengan hormon estrogen dan dapat mempengaruhi keseimbangan hormon seks pada pria maupun wanita dan dapat mengurangi kesuburan pada pria.

Selain isoflavon, kedelai juga mengandung genisteindan daidzein, yang keduanya juga bertindak mirip estrogen dan dikenal sebagai fitoestrogen (estrogen yang diproduksi tanaman).

Kelebihan hormon estrogen pada pria secara nyata dapat menyebabkan pembesaran payudara (ginekomastia), melambat pertumbuhan rambut jenggot dan menghilangnya rambut di tangan dan kaki. Yang paling buruk, kelebihan estrogen dapat menyebakan gangguan ereksi.

Efek ini akan terasa lebih besar untuk pria yang kelebihan berat badan dan obesitas dibandingkan dengan pria kurus.
 Detik.com 
READ MORE - Selengkapnya

Gangguan Mata dapat diCegah dengan Kopi

Sebuah penelitian di Italia yang pernah dilansir dalam Journal of Neurology, Neurosurgery, and Psychiatry ternyata melihat adanya manfaat untuk menghindari gangguan pada mata. Penelitian tersebut mengambil subjek penelitian sebanyak 166 orang yang mengalami blepharospasm dan subjek para peminum kopi serta perokok.

Blepharospasm merupakan salah bentuk dystonia gangguan gerakan spontan dan kontraksi otot yang tidak berhenti. Artinya, suatu kondisi abnormal ketika tidak terkontrol dalam mengedipkan mata. Mereka yang mengalami kondisi seperti itu tidak akan bisa mengontrol kedutan pada kelopak mata. Bahkan, kasus yang ekstrem, tidak bisa berhenti sampai akhirnya tidak bisa melihat.

Berdasarkan penelitian tersebut, rutin minum satu atau dua gelas kopi sehari dapat mengurangi risiko kondisi seperti ini. Biasanya, kondisi tersebut dialami mereka yang berusia 50 sampai 70 tahun. Mereka yang terdiagnosis, mengalami keadaan awal blepharospasm dengan gejala, seperti kelopak mata berkontraksi tidak terkontrol sehingga menyebabkan mata berkedip terus-menerus.

Kondisi tersebut dapat menyebabkan gangguan kesehatan mata bahkan kebutaan. Selain itu, gejala yang biasa dialami meliputi iritasi mata yang membuat tidak nyaman, sensitif saat melihat, dan semakin sering mengedipkan mata. Profesor Giovanni Defazio dan koleganya dari Department of Neurological and Psychiatric Sciences University of Bari, Italia, mengatakan, penelitian terbaru ini juga menemukan bahwa merokok juga efektif melindungi dari kondisi ini.

Kemudian, peneliti membandingkan antara kebiasaan merokok dan minum kopi pada pasien dengan kondisi hemifacial spams (sejenis otot kejang yang biasa terjadi pada kelopak mata dan menyebar sampai ke seluruh otot pada bagian muka) dan orang yang mempunyai riwayat kesehatan seperti ini. Dalam penelitian terbaru ditemukan, tidak ada hubungan yang signifikan pada mereka yang merokok. Sementara itu, mereka yang minum kopi tidak ditemukan kondisi yang menyebabkan kondisi seperti itu.

Sebuah penelitian sebelumnya menyebutkan, merokok dapat melindungi dari blepharospasm, tapi peneliti tidak menemukan bukti serta tidak ada teori yang mendukung asumsi tersebut. Defazio melanjutkan, efek samping tersebut tergantung dari jumlah kopi yang diminum dan usia penderita pertama kali terdiagnosis blepharospasmserta mempunyai kebiasaan minum kopi selama 1,7 tahun dan menikmatinya setiap hari.

Penelitian ini juga semakin meningkatkan keraguan mengenai hubungan merokok dan blepharospasm, tapi semakin menguatkan efek perlindungan dari kopi. Profesor Defazio menegaskan, penemuan ini tidak ada hubungannya dengan kebiasaan merokok. Mereka yang mengalami blepharospasm disarankan meminum kopi sebagai faktor perlindungan. Berdasarkan penelitian terbaru, efek kopi dapat memberi perlindungan, tapi tetap menjaga jumlah kafein yang masuk, ujar Defazio.

Perempuan.com
READ MORE - Selengkapnya

BAHAYA YANG ADA PADA Deo Roll On



Berkeringat merupakan sesuatu yang wajar. Karena memang berkeringat diperlukan ketika proses homeostasis. Namun kadang berkeringat menjadi masalah jika berkeringat yang berlebihan. Untuk itulah deo roll on biasanya menjadi pilihan untuk mengendalikan keringat.

Deo Roll On merupakan produk yang fungsinya memang untuk mengendalikan keluarnya keringat. Namun tahukah kamu kalau penggunaan Deo Roll Ondapat menyebabkan kanker payudara? Terlebih ada juga yang menghubungkan dengan penyakit yang namanya Alzhaimer...hiiii

Senyawa kimi yang menjadi pemicu munculnya kanker payudara adalah Alumunium Klorohidrat(Alumunium Chlorohydrate). Alumunium Klorohidrat ini bekerja mengendalikan keringat dengan cara menutup atau menyempikan pori-pori. Ion alumunium klorohidrat ini akan bereaksi dengan ion-ion keringat dan menutupi pori-pori sehingga keringat tidak jadi dikeluarkan.

Alumunium Klorohidrat menjadi bahaya karena Alumunium Klorohidrat merupakan neurotoxic yang dapat terabsorbsi dalam jaringan. Akumulasi dari logam inilah yang menjadi salah satu penyebab kanker.

Penyebab kanker berikutnya adalah keringat kita sendiri. Sobat pasti tau bahwa keringat merupakan racun buangan dari hasil metabolisme yang harus dibuang. Bayangkan saja jika racun ini ditumpuk dalam tubuh maka apa yang akan terjadi. Secara ilmian keringat ini akan tertumpuk di pembuluh limpa yang ada dibahwah lengan. Makanya ini juga dapat menjadi pemicu munculnya kanker payudara.

READ MORE - Selengkapnya

Resiko Penyakit Karena Toilet Duduk



Membayangkan dudukan toilet di tempat umum yang sudah dipakai banyak orang sering menimbulkan kekhawatiran akan kebersihannya. Beberapa orang bahkan takut menggunakan toilet umum karena tak ingin terkena kuman dan virus penyebab penyakit menular seksual.

Menurut dr Sophia Yen, peneliti senior dari Lucile Packrad Children Hospital, kekhawatiran akan penularan infeksi menular seksual (IMS) dari dudukan toilet sebenarnya tidak beralasan. Ia menyebutkan, virus dan bakteri penyebab IMS tidak bisa hidup di luar tubuh dalam waktu lama, apalagi di suhu dingin dan permukaan keras seperti dudukan toilet.

"Lagi pula virus dan bakteri penyebab IMS tidak ada dalam urine. Karena itu, risiko tertular IMS dari penggunaan toilet umum sangat kecil, bahkan hampir tidak ada," katanya.

Ia menambahkan, yang perlu dikhawatirkan adalah penularan penyakit melalui kontak kulit dengan kulit atau kontak mulut. Ciuman misalnya. Aktivitas ini bisa menularkan herpes jika ada lesi atau luka terbuka di mulut.

IMS mayoritas terjadi karena hubungan seksual, baik melalui vagina atau anus. Ini karena virus dan bakteri biasanya berada dalam cairan tubuh, seperti darah, air mani, atau selaput lendir. Mata yang tersentuh tangan yang tercemar cairan yang terinfeksi juga bisa menyebabkan infeksi mata yang serius.

Penularan IMS juga bisa terjadi melalui proses persalinan saat bayi melewati jalan lahir yang sudah ada luka terbuka yang bisa menyebabkan kerusakan otak, kebutaan, dan kematian.

Untuk mencegah IMS, hentikan aktivitas seksual sampai penyakit atau luka benar-benar sembuh. Gunakan kondom selama melakukan hubungan seksual karena ini bisa menurunkan risiko terkena infeksi.
KompasHealth
READ MORE - Selengkapnya

Perlunya Mendeteksi Hidrosefalus Lebih Dini


Hidrosefalus atau akumulasi cairan di dalam otak yang menyebabkan kepala bayi membesar sebenarnya bisa dicegah dan dideteksi dengan cara sederhana, yakni melalui pengukuran lingkar kepala.

"Pada saat bayi kontrol tiap bulan, biasanya kita pantau lingkar kepala. Selain juga memantau berat badan tinggi badan," kata dr. Diah Pramita, SpA pada seminar Pentingnya Nutrisi yang Tepat Untuk Tumbuh Kembang Buah Hati, di Brawijaya Women & Clinic, Jumat, (29/4/2011).

Diah mengatakan mengukur kepala pada bayi, bisa dilakukan oleh siapa saja, asalkan tahu cara yang benar. Cara sederhana yang bisa dilakukan yakni dengan menggunakan meteran baju/kain.

"Jadi diukur mengelilingi lingkar kepala melewati kedua alis melingkari belakang kepala, cari belakang kepala yang paling menonjol. Lalu kita ukur, itu namanya lingkar kepala," jelasnya.

Ia menambahkan, lingkar kepala bayi akan bertambah sesuai dengan usianya. "Jadi kita plot digrafik lingkar kepala. Kalau dia mulai menyimpang, melebihi dari batas maksimal, kita harus curiga ada kelainan seperti hidrosefalus," tambahnya.

Bila sudah seperti itu, langkah langkah selanjutnya yang harus dilakukan ialah dengan melakukan pemeriksaan lengkap, seperti CT-Scan untuk memastikan apakah memang kelainan itu hidrosefalus atau ada penyebab lain.

"Jika kelainannya ringan, dokter akan menyedot cairan di otak bayi dan bayi bisa tumbuh dengan sehat. Bila hidrosefalusnya berat akan sulit untuk sembuh," kata Diah.

Penyebab bermacam

Penyebab hidrosefalus bermacam-macam. Namun yang paling sering ditemui adalah karena kelainan bawaan sejak lahir yang disebabkan infeksi toksoplasmosis. "Jika ada infeksi saat dikandungan biasanya bayinya lahir dengan hidrosefalus. Paling sering biasanya itu," imbuhnya.

Yang penting untuk diketahui hidrosefalus bukanlah penyakit turunan. Penyakit ini juga bisa dicegah dengan cara pemeriksaan secara rutin sebelum dan selama kehamilan. "Tes TORCH juga bisa jadi alternatif untuk mencegah bayi cacat," imbuh Diah.

"Jadi sebelum hamil si ibu harus sudah dipastikan bahwa dia sehat. Tidak ada infeksi-infeksi yang bisa menyebabkan kelainan bawaan. Kebanyakan para ibu memeriksa, kalau sudah hamil. Jadi sudah telat," bebernya.

Selain itu, hal yang tidak kalah penting adalah dengan menjaga asupan gizi. Kekurangan zat gizi tertentu atau komponen tertentu bisa berakibat kelainan pada bayi, termasuk kelainan otak.

Kompas.com
READ MORE - Selengkapnya

Manusia bukanlah Omnivora


sistem pencernaan dan kelenjar
Organ Pencernaan dan kelenjar | Inforedia.com 

Saya yakin anda senang makan dan anda harus makan. Tidak heran ketika anda sering mencari makanan, kalau boleh tahu makanan apa yang anda sukai?
Selama ini yang kita ketahui bahwa manusia merupakan golongan Omnivora yang memakan semua jenis makanan, yakni hewani dan nabati. Tapi apakah anda tahu bahawa sebenarnya kita bukan Omnivora melainkan Herbivora?
Winarni Budiarti dalam bukunya Makanan Sehatmenjelaskan bahwa manusia merupakan golongan herbivora yang seharusnya hanya makan makanan nabati. Alasan yang menjelaskan hal ini adalah :

1. Mulut dan Gigi
Bila kita melihat mulut manusia dan mulut anjing pasti langsung dapat membedakannya secara nyata. Manusia memiliki pembukaan yang lebih kecil dibandingkan anjing sehingga makanan yang dapat masuk dalam mulut dalam jumlah sangat terbatas.
Dr. W. S. Collen, dengan para ilmuan lainnya dari Rumah Sakit Maimonides, Brooklyne melaporkan bahwa manusia dibuat untuk memakan tumbuh-tumbuhan.
Struktur gigi seri hewan herbivora memiliki bentuk tajam, sedangkan gerahamnya mempunyai permukaan yang rata. Sedangkan Cornivora struktur giginya memiliki taring yang tajam, serta pinggir yang runcing untuk menggengam serta mengoyak daging. Gigi gerahamnya pun memiliki sisi dengan pinggiran tajam untuk mengiris daging. Sekarang coba lihat gigi anda. Apakah mirim cornivora atau herbivora?

2. Gerakan-gerakan Geraham
Menurut Dr. Hereward Carrington menyatakan bahwa hevan herbivora memiliki 3 macam gerakan geraham yaitu gerakan vertikal (atas-bawah), gerakan ke samping dan gerakan maju mundur, Sedangkan hewan cornivora hanya memiliki satu gerakan yaitu membuka dan menutup rahang. Bagaimana dengan gerakan geraham anda?

Penulis dibalik tulisan ini : Redy Joko Prasetyo | UKDW Yogyakarta
3. Usus
Usus yang dimiliki golongan herbivora adalah usus kecilnya yang sangat panjang dengan usus besarnya yang sangat licin dan panjang. Sedangkan usus pada cornivora agak pendek dan usus besarnya juga pendek dan lurus.

4. Cara Berkeringat
Dr. Philip Chen menyatakan bahwa herbivora mengeluarkan keringat melalui pori-pori kulit sedangkan cornivora menggunakan mulut. Bagaimana dengan anda?

Setelah anda tahu mengenai organ pencernaan anda, makanan apa yang akan anda makan? Apakah anda tetap makan daging? Ayo kurangi makan daging untuk menghindari Global Warming!

READ MORE - Selengkapnya

Kolam Renang Yang Kotor Rawan Penyebaran Penyakit

Sebelum menyeburkan diri dan berenang di kolam renang, sebaiknya berhati-hati memilih kolam renang. Meskipun diklaim bersih, seringkali kolam renang umum tak sebersih yang Anda bayangkan.

Menurut laporan pusat pengendali penyakit (CDC) Amerika Serikat, seperti dikutip dari Shine, satu dari delapan kolam renang publik ditutup karena tidak memenuhi syarat kesehatan. Kolam renang yang tidak melalui proses disinfeksi menjadi tempat berkembang biaknya kuman penyakit.

Data dari pemeriksaan 121.000 kolam di 13 negara bagian AS mengungkap, 17,2 persen kolam renang anak tidak memenuhi standar kesehatan. Kolam renang hotel yang sering dikunjungi orang dewasa maupun anak-anak, 15,3 persen diantaranya menyebarkan kuman penyakit.

Penyakit yang paling banyak diderita akibat kontaminasi kolam tercemar adalah diare, yang disebabkan bakteri E Coli dan Giardia. Bakteri ini bisa berakibat serius bahkan fatal. Wanita hamil dan anak-anak sangat rentan terkena kuman penyakit dari air tercemar. Bahaya lain air kolam yang tidak disinfeksi antara lain, menyebabkan luka, serta infeksi kulit, telinga dan mata.

Sumber:
http://id.news.yahoo.com
READ MORE - Selengkapnya

Penyakit Sampar Hitam atau Black Death



Jika seseorang terkena penyakit ini, ia hanya tinggal menghitung hari menuju hari terakhirnya di dunia ini dengan penuh kesakitan dan penderitaan. Penderitaan seperti muntah darah, mengigau, menderita radang di bawah kulit, keluar bisul dan benjolan – benjolan sebesar telur, penderitaan itu akan terus menemani hingga ajal menjemput.

Itulah kengerian penderitaan orang yang menderita penyakit sampar hitam. Dinamakan sampar hitam karena bercak-bercak hitam yang terdapat di kulit penderita pada awal kejangkitannya. Penyakit sampar hitam ini pun menjadi epidemi di tahun 1347 – 1351 di Eropa dan daerah lainnya dan menewaskan kurang lebih 75 juta jiwa penduduk dunia, termasuk sepertiga hingga dua pertiga populasi Eropa dan peristiwa dikenal dengan nama “The Black Death”.

Sungguh mengerikan, dalam tahun-tahun kelam tersebut dapat ditemukan dengan sangat mudah jenazah-jenazah korban sampar hitam, bau amis busuk pun tercium dimana-mana. Seperti di jalan-jalan terbuka, jenazah-jenazah membusuk tergeletak begitu saja tanpa ada yang mau menguburkan karena takut tertular. Penderita sampar hitam pun merasakan sakit bersama dengan ribuan orang juga tertular tanpa adanya obat yang bisa mengobati, dan mati tanpa pendamping dan pemakaman yang layak.

Jika terkena penyakit ini, dapat dipastikan pasien akan meninggal dalam waktu dekat, bahkan saking berbahayanya penyakit ini, para penderita penyakit sampar hitam dijadikan “peluru” untuk dilemparkan ke arah musuh dengan menggunakan ketapel (terjadi di Asia). Sungguh tindakan yang tidak manusiawi…

Mengapa wabah sampar hitam ini dapat diderita oleh manusia ? Penyakit ini diyakini disebabkan oleh tikus yang membawa bakteri Yersinia pestis. Tikus pembawa bencana ini diyakini terangkut oleh kapal Italia yang bersiap pulang ke negerinya. Pada bulan April 1348, Firenze dilanda wabah sampar hitam mulai melanda Eropa. Kemudian pada tahun itu juga Italia bagian lain dan Perancis menyusul. Giliran Inggris pada tahun 1349, sedangkan Jerman dan Skandinavia pada tahun 1350.

Sumber : http://joyhomework.wordpress.com
READ MORE - Selengkapnya

PENYAKIT EPILEPSI DAN GEJALANYA


Medicafarma | Gejala epilepsi

Epilepsi merupakan sslah satu penyakit dengan serangan berkala yang disebabkan oleh lepas muatan listrik neuron kortikal secara berlebihan. Epilepsi adalah suatu penyakit yang ditandai dengan kecenderungan untuk mengalami kejang berulang. 2% dari penduduk dewasa pernah mengalami kejang.

Penyebab
Ditinjau dari penyebab epilepsi dapat dibagi menjadi 2 golongan yaitu :
  1. epilepsi primer atau epilepsi idiopatik yang hingga kini tidak ditemukan penyebabnya
  2. epilepsi sekunder yaitu yang penyebabnya diketahui.
Pada epilepsi primer tidak ditemukan kelainan pada jaringan otak. Diduga terdapat kelainan atau gangguan keseimbangan zat kimiawi dalam sel-sel saraf pada area jaringan otak yang abnormal.
Epilepsi sekunder berarti bahwa gejala yang timbul ialah sekunder, atau akibat dari adanya kelainan pada jaringan otak.Kelainan ini dapat disebabkan karena dibawa sejak lahir atau adanya jaringan parut sebagai akibat kerusakan otak pada waktu lahir atau pada masa perkembangan anak.
Penyebab spesifik dari epilepsi sebagai berikut :
  1. kelainan yang terjadi selama perkembangan janin/kehamilan ibu, seperti ibu menelan obat-obat tertentu yang dapat merusak otak janin, menglami infeksi, minum alcohol, atau mengalami cidera.
  2. kelainan yang terjadi pada saat kelahiran, seperti kurang oksigen yang mengalir ke otak (hipoksia), kerusakan karena tindakan.
  3. cidera kepala yang dapat menyebabkan kerusakan pada otak
  4. tumor otak merupakan penyebab epilepsy yang tidak umum terutama pada anak-anak.
  5. penyumbatan pembuluh darah otak atau kelainan pembuluh darah otak
  6. radang atau infeksi pada otak dan selaput otak
  7. penyakit keturunan seperti fenilketonuria (FKU), sclerosis tuberose dan neurofibromatosis dapat menyebabkan kejang-kejang yang berulang.
  8. kecerendungan timbulnya epilepsy yang diturunkan. Hal ini disebabkan karena ambang rangsang serangan yang lebih rendah dari normal diturunkan pada anak.

Gejala
Kejang parsial simplek
dimulai dengan muatan listrik di bagian otak tertentu dan muatan ini tetap terbatas di daerah tersebut. Penderita mengalami sensasi, gerakan atau kelainan psikis yang abnormal, tergantung kepada daerah otak yang terkena.Jika terjadi di bagian otak yang mengendalikan gerakan otot lengan kanan, maka lengan kanan akan bergoyang dan mengalami sentakan; jika terjadi padalobus temporalis anterior sebelah dalam, maka penderita akan mencium bau yang sangat menyenangkan atau sangat tidak menyenangkan. Pada penderita yang mengalami kelainan psikis bisa mengalami d?j? vu (merasa pernah mengalami keadaan sekarang dimasa yang lalu).

Kejang Jacksonian
gejalanya dimulai pada satu bagian tubuh tertentu (misalnya tangan atau kaki) dan kemudian menjalar ke anggota gerak, sejalan dengan penyebaran aktivitas listrik di otak. 

Kejang parsial (psikomotor) kompleks
dimulai dengan hilangnya kontak penderita dengan lingkungan sekitarnya selama 1-2 menit. Penderita menjadi goyah, menggerakkan lengan dan tungkainya dengan cara yang aneh dan tanpa tujuan, mengeluarkan suara-suara yang tak berarti, tidak mampu memahami apa yang orang lain katakan dan menolak bantuan.
Kebingungan berlangsung selama beberapa menit, dan diikuti dengan penyembuhan total.

Kejang konvulsif (kejang tonik-klonikgrand mal)
biasanya dimulai dengan kelainan muatan listrik pada daerah otak yang terbatas. Muatan listrik ini segera menyebar ke daerah otak lainnya dan menyebabkan seluruh daerah mengalami kelainan fungsi.

Epilepsi primer generalisata
ditandai dengan muatan listrik abnormal di daerah otak yang luas, yang sejak awal menyebabkan penyebaran kelainan fungsi. Pada kedua jenis epilepsi ini terjadi kejang sebagai reaksi tubuh terhadap muatan yang abnormal. Pada kejang konvulsif, terjadi penurunan kesadaran sementara, kejang otot yang hebat dan sentakan-sentakan di seluruh tubuh, kepala berpaling ke satu sisi, gigi dikatupkan kuat-kuat dan hilangnya pengendalian kandung kemih. Sesudahnya penderita bisa mengalami sakit kepala, linglung sementara dan merasa sangat lelah. Biasanya penderita tidak dapat mengingat apa yang terjadi selama kejang.

Kejang petit mal
dimulai pada masa kanak-kanak, biasanya sebelum usia 5 tahun. Tidak terjadi kejang dan gejala dramatis lainnya dari grand mal. Penderita hanya menatap, kelopak matanya bergetar atau otot wajahnya berkedut-kedut selama 10-30 detik. Penderita tidak memberikan respon terhadap sekitarnya tetapi tidak terjatuh, pingsan maupun menyentak-nyentak.

Status epileptikus
merupakan kejang yang paling serius, dimana kejang terjadi terus menerus, tidak berhenti. Kontraksi otot sangat kuat, tidak mampu bernafas sebagaimana mestinya dan muatan listrik di dalam otaknya menyebar luas. Jika tidak segera ditangani, bisa terjadi kerusakan jantung dan otak yang menetap dan penderita bisa meninggal.

Sumber :
http://medicafarma.blogspot.com/2009/02/epilepsi.ht
READ MORE - Selengkapnya

Kenapa Penis Bisa Bengkok?

Pria yang memiliki bentuk penis bengkok atau disebut dengan penyakit Peyronie, seringkali merasa rendah diri, minder dan takut tidak bisa menjalani kehidupan seksual secara normal.

Kenapa penis bisa bengkok dan bagaimana mengatasinya?

Penyakit Peyronie ditandai oleh plak atau benjolan keras, yang terbentuk pada jaringan ereksi penis. Plak sering terbentuk karena suatu peradangan yang dapat berkembang menjadi jaringan fibrosa.

Penyakit Peyronie pertama kali dijelaskan pada tahun 1743 oleh seorang ahli bedah Perancis, Francois de la Peyronie. Penyakit ini diklasifikasikan sebagai bentuk impotensi tetapi hal itu tidak selalu benar

Pada kondisi normal, ereksi penis biasanya lurus seperti panah. Tapi pada penderita Peyronie, penis bisa melengkung tajam ke arah kiri, kanan, atas atau bawah, bahkan menjadi lebih pendek, sehingga membuat hubungan seksual tidak mungkin terjadi.

Meskipun penyebab penyakit Peyronie tidak diketahui pasti, beberapa dokter berteori bahwa kelengkungan terjadi akibat adanya trauma pada penis. Adanya gesekan secara tidak langsung yang menyebabkan cedera atau pendarahan ringan.

Nah, selama masa penyembuhan dari cedera itu, faktor pertumbuhan tertentu mengalami peningkatan susunan yang menyebabkan sejumlah jaringan parut abnormal atau plak terbentuk. Plak pada penyakit Peyronie ini adalah jinak atau non-kanker.

Secara umum, ketika penyembuhan dalam kurun waktu satu tahun atau lebih, plak tidak melampaui fase awal peradangan. Namun, ketika penyakit berlangsung selama bertahun-tahun, plak sering menjadi keras membentuk jaringan fibrosa dan deposit kalsium pun dapat terbentuk.


Biasanya pada saat ereksi, jaringan elastis pada penis mengembang dan memanjang secara simetris, mengakibatkan ereksi lurus.

Seperti dilansir dari malehealthcenter, pada penyakit Peyronie, jaringan elastis tunica digantikan oleh jaringan parut (plak). Karena plak tidak bersifat elastis tapi agak keras, menyebabkan tidak terjadi peregangan pada saat ereksi.

Penyakit ini diawali dengan benjolan kecil atau penyempitan pada batang penis bawah kulit, yang berkembang membentuk deposit datar yang kadang-kadang lebih besar dari diameter dolar logam (sekitar 7 cm).


Plak ini menyerang dan menggantikan penutup elastis penis dengan bahan yang tidak fleksibel. Ketika seorang pria dengan Peyronie mengalami ereksi, plak tidak mengembang sehingga penis melengkung atau bengkok.

Sepertiga laki-laki dengan Peyronie merasa rasa sakit pada saat ereksi, dan beberapa lainnya menjadi impoten. Dalam beberapa kasus, kepala penis tidak terisi darah.

Karena peradangan pada awalnya dikaitkan dengan jaringan parut, mengakibatkan ketidaknyamanan dengan ereksi dan distensi. Banyak pasien mengeluh tidak hanya karena kelengkungan ereksi, tetapi juga karena berkurangnya panjang dan ketebalan penis. Ini semua karena berkurangnya jaringan elastis dan distensi yang dihasilkan.

Kebanyakan pasien dengan penyakit Peyronie dapat terus berfungsi secara seksual dengan lengkungan di penis. Hanya beberapa pasien dengan distorsi yang lebih besar, tidak dapat memiliki hubungan seksual yang memuaskan.

Penelitian menunjukkan bahwa beberapa pria dengan penyakit Peyronie kehilangan kemampuan untuk menjebak darah di penis atau impotensi. Hal ini bisa terjadi, meskipun sulit membedakan antara orang yang memiliki masalah di penis dan orang yang kehilangan ereksi sekunder karena kecemasan dan stres.

Penyakit Peyronie adalah penyakit yang sangat umum. Kebanyakan usia paruh baya, meskipun ada pasien muda usia 20-an tahun dan ada beberapa pria usia 80-an tahun yang masih aktif secara seksual mengeluhkan penyakit ini.


Penis yang melengkung ini dapat diluruskan. Tujuan sebenarnya adalah untuk menjaga atau mengembalikan fungsi seksual pria. Yakinlah, sama sekali tidak ada hubungan antara penyakit Peyronie dan kanker, atau penyakit lainnya.

Pasien penis bengkok direkomendasikan minum vitamin E tiga kali per hari. Vitamin E dapat meningkatkan penyembuhan dan mencegah jaringan parut. Selain itu, ada juga Advil atau Aleve untuk efek anti-inflamasi.

Untuk pria dengan rasa sakit yang signifikan pada saat ereksi, obat bernama colchicine dapat digunakan. Sebelum memulai pengobatan ini, pasien harus memiliki memeriksa jumlah darah putih untuk memastikan bahwa tidak ada perubahan dengan pengobatan ini.

Umumnya, tidak diperlukan pembedahan pada penyakit Peyronie. Dan tidak direkomendasikan memberikan suntikan steroid ke dalam plak, karena ini sama sekali tidak membantu.

Ketika proses penyakit berhenti, biasanya ada beberapa sisa distorsi dari penis, tetapi sebagian besar pasien dapat berfungsi secara seksual. Namun, jika ada cukup distorsi dari penis, sebaiknya menghindari hubungan seksual dan pembedahan dimungkinkan untuk dilakukan.

Sumber berita : 
http://www.pria-perkasa.com
READ MORE - Selengkapnya

Pelajaran Satu Juta Dolar = motivasi

Seorang sopir taxi telah mengajarkan pada saya bagaimana memenuhi harapan dan
kepuasan pelanggan. Sebuah pelajaran berharga satu juta Dollar. Mungkin anda harus
mengeluarkan ribuan Dollar untuk membayar seorang pembicara profesional dalam
sebuah seminar atau pelatihan motivasi bagi karyawan perusahaan. Tapi kali ini saya
hanya cukup mengeluarkan ongkos taxi seharga 12 Dollar saja.

Ceritanya begini: Suatu hari saya terbang ke Dallas untuk menemui seorang klien. Waktu
itu sangat sempit, karena saya harus segera kembali ke airport.

Saya menyetop sebuah taxi. Begitu tiba, dengan segera sopir taxi membuka pintu mobil
untuk saya, dan memastikan bahwa saya telah duduk dengan nyaman di dalamnya.

Begitu ia duduk di belakang kemudi, ia menunjuk sebuah koran Wall Street Journal yang
terlipat rapi di samping saya untuk dibaca. Lalu ia menawarkan beberapa kaset, dan
menanyakan jenis musik apa yang saya sukai. “Wow,” saya cukup terperanjat dengan
pelayanan yang diberikannya. Saya menoleh ke sekeliling. Jangan-jangan ada program
“Candid Camera” yang ingin menjebak dan mengolok-olok saya. Dengan penuh
penasaran saya memberanikan bertanya pada sopir taxi itu, “Wah, kelihatannya anda
sangat senang sekali dengan pekerjaan anda ini. Tentu anda punya cerita yang panjang
mengenai pekerjaan anda ini”

“Anda salah,” jawabnya, “Dulu saya bekerja di Corporate America. Tetapi saya merasa
lelah karena berapa pun kerasnya usaha untuk menjadi yang terbaik dalam perusahaan
itu, ternyata tidak pernah memuaskan hati saya. Kemudian saya memutuskan untuk
menemukan sebuah ceruk dalam kehidupan saya dimana saya bisa merasa bangga dan
puas karena mampu menjadi diri saya yang terbaik.”

“Saya tahu,” lanjutnya, “Saya takkan pernah bisa menjadi seorang ilmuwan roket, tetapi
saya suka sekali mengendarai mobil dan memberikan pelayanan pada orang lain. Saya
ingin merasa bahwa saya telah melakukan pekerjaan yang terbaik setiap harinya. Lalu,
saya merenungi apa yang jadi kelebihan diri saya, dan wham.. saya menjadi seorang sopir
taxi.”

“Satu hal yang saya yakini, supaya saya meraih keberhasilan dalam usaha saya ini, saya
hanya perlu memenuhi kebutuhan penumpang saya. Tetapi agar bisnis saya ini menjadi
luar biasa, saya harus melebihi harapan penumpang saya. Tentu saja saya ingin meraih
hasil yang luar biasa, ketimbang yang biasa-biasa saja.”

Waw, sebuah pelajaran nyata yang luar biasa. Menurut anda, apakah saya memberinya tip
besar atas pelayanan yang diberikannya? Anda salah! Dia adalah kerugian bagi Corporate
America, tetapi teman perjalanan yang baik.
READ MORE - Selengkapnya

11 Bagian Tubuh yang Berakibat Fatal Terkena Pukulan

1. PERUT

Sekilas, secara umum perut adalah bagian yang aman. Tapi jangan salah sangka bila perut terpukul juga berakibat fatal. Karena di dalam perut ada lambung. Bila lambung terluka otomatis pencernaan kita akan terganggu dan bila terpukul kuat-kuat bisa menyebabkan muntah darah.

2. PUNGGUNG

Di dalam punggung ada sumsum tulang belakang sebagai saraf. Bila dipukul kuat-kuat bukan hanya muntah darah tetapi bisa juga terputusnya tulang belakang. Bisa diobati dengan cara operasi.

3. DADA


Dada adalah bagian yang paling sering dipukul. Didalam dada terdapat paru-paru. Didalam dada juga terdapat tulang rusuk untuk melindungi paru-paru.Akan sangat berbahaya bila paru-paru tersebut rusak, pernapasan akan terganggu dan bisa menyebabkan kematian.

4. DAGU


Pasti anda bertanya-tanya kenapa dagu disebut bagian vital bila dipukul? Agan bisa coba sendiri, sakit rasanya bila dipukul dibagian dagu. Itu karena dagu tersambung oleh rahang. Bila dipukul kuat-kuat bisa menyebabkan tergesernya rahang.

5. HIDUNG

Hidung terdiri dari tulang rawan. Bila dipukul akan sangat rawan untuk berdarah, dan bila sudah rusak akan mengganggu pernapasan.

6. TELINGA

Telinga juga terdiri dari tulang rawan. Apa yang akan terjadi bila telinga dipukul??? Bila telinga terpukul akan menyebabkan cairan didalam telinga bergoyang dan membuat pusing dan akhirnya pingsan.

7. MATA

Ini cara yang AJIB untuk melumpuhkan lawan cuma 2 serangan + gk makan waktu banyak. Mata adalah indra penglihatan satu-satunya kita. Bila mata dipukul kuat-kuat, mata akan rusak dan bahkan bisa buta. Coba bayangkan, dicolok saja sakit apalagi dipukul.

8. KEPALA

kepala kita berguna melindungi OTAK. Jangan sesekali coba2 pukul kepala (kecuali terdesak), karena kepala adalah sistem saraf pusat dan bila terbentur, bisa menyebabkan gagar otak. Dan bila udah bener-bener parah, korban / lawan akan mati seketika.

9. BELAKANG LEHER
Dibelakang leher terdapat sistem saraf tulang belakang. Bila sistem saraf itu putus, kita tidak bisa melakukan apa2 lagi alias kaku.

10.ALAT KELAMIN

Not available
Kalian pasti sudah tahu, ini bagian vital yang paling parah bila terpukul. Sebagai contoh alat kelamin pria. Bila salah satu buah pelir itu pecah, akan mengakibatkan mandul.

11.JAKUN

Jangan sekali-kali pukul bagian ini, kecuali dalam keadaan terdesak. Coba agan tekan dikit saja jakun / leher anda. Akan terasa sakit. Apalagi dipukul kuat-kuat bisa menyebabkan rusaknya sistem pernafasan, pencernaan dan pita suara akan rusak dan korban pun bisa mati.


sumber :http://www.kaskus.us
READ MORE - Selengkapnya

Nikotin Hanya Butuh Waktu 7 Detik Berjalan dari Paru-paru ke Otak


Nikotin merupakan salah satu zat yang dilepaskan ketika seseorang merokok. Ternyata waktu yang dibutuhkan oleh nikotin untuk berjalan dari paru-paru ke otak hanya selama 7 detik saja.

Salah satu obat yang paling banyak disalahgunakan penggunaannya adalah nikotin, yaitu bisa berasal dari merokok atau mengunyah tembakau. Selain itu nikotin juga termasuk salah satu zat yang paling adiktif dibandingkan dengan obat-obatan lain.

Seperti dikutip dari BBCNews, Rabu (8/12/2010) perjalanan nikotin dari paru-paru ke otak terbilang sangat cepat yaitu hanya 7 detik saja. Setelah sampai di otak nikotin akan merangsang pelepasan dopamin, yaitu suatu neurotransmitter penting yang terlibat dalam suasana hati (mood), selera makan dan fungsi otak lainnya.

Ketika seseorang merokok, maka nikotin akan masuk dan mulai menumpuk di dalam tubuh. Lama kelamaan seseorang akan terbiasa dengan nikotin dan jika ia tidak mendapatkan jumlah yang sama maka tubuh akan meminta lebih. Dan biasanya jumlah nikotin yang masuk akan semakin besar atau meningkat.

Pengguna nikotin bisa dengan cepat menjadi ketergantungan, karena hanya dibutuhkan sedikit rokok untuk bisa membuat seseorang memiliki kecanduan. Jika seseorang tiba-tiba berhenti merokok, maka ia akan mengalami efek balikan (withdrawal effect) seperti cemas dan perubahan suasana hati.

Salah satu hal yang tak bisa dipungkiri adalah kecanduan nikotin biasanya dimulai sejak seseorang mencoba-coba atau bereksperimen dengan rokok selama setahun. Dalam banyak kasus kondisi ini terkadang sudah dimulai sejak seseorang masih bersekolah atau berusia 13-14 tahun.

Sebagai obat murni, nikotin hanya memiliki sedikit efek buruk bagi kesehatan fisik seseorang. Tapi zat-zat kimia lain yang terdapat di dalam rokok dan bergabung dengan nikotin inilah yang bisa menimbulkan banyak kerusakan bagi tubuh. Karena ketika sebuah rokok dibakar dan dihisap, maka ada ratusan senyawa kimia yang dihasilkan dan berisiko besar terhadap kesehatan.

Nikotin awalnya ditemukan oleh duta besar Prancis, Jean Nicot pada pertengahan abad XIV. Saat itu masyarakat mempercayai nikotin sebagai obat. Setengah abad kemudian baru diketahui bahaya dari nikotin bagi tubuh, namun hanya beberapa orang saja yang mampu berkata tidak terhadap nikotin.

READ MORE - Selengkapnya

Ingin Implantasi Payudara, Ekstra Waspadalah!

Foto: mashedreport

WASHINGTON - Bagi sebagian wanita perfeksionis, keindahan payudara menjadi sesuatu yang sangat penting. Mulai dengan cara alamiah hingga medis ditempuh wanita agar bentuk dan ukuran payudaranya sesuai keinginan. Salah satunya dengan melakukan implantasi.

Sebuah penelitian mengimbau kepada perempuan untuk berhati-hati karena implantasi payudara hanya memiliki rasa aman sementara. "Hal tersebut tidak dapat berlangsung seumur hidup dan dapat menyebabkan masalah dikemudian hari," kata Lembaga Obat Amerika serikat atau US Food and Drug Administration seperti dilansir straitstimes., Kamis (23/6/2011).

Perangkat implantasi payudara tidak dapat digunakan seumur hidup. "Semakin lama wanita menggunakan silikon gel, semakin besar juga kemungkinan akan mengalami komplikasi".

FDA memang menyetujui penjualan implantasi payudara silikon pada November 2006 untuk wanita yang berumur 22 tahun ke atas. Namun dalam pedoman keselamatan yang diperbaharui memperingatkan 1 dari 5 payudara wanita yang menggunakan implantasi akan meningkat seukuran cangkir dan diimbau melakukan rekonstrksi dengan menjalani operasi lain 10 tahun kemudian.

"Hal yang sering terjadi ialah komplikasi yaitu pengerasan jaringan payudara di sekitar implan. Ini akan menyebabkan implan pecah, terjadi pengerutan, bentuk payudara yang tidak asimetris, menimbulkan luka, nyeri dan infeksi," jelas FDA secara rinci.

"Bagi pasien yang menerima implan untuk direkonstruksi, maka akan melakukan operasi pengangkatan implantasi satu sampai dua kali setelah 10 tahun pemasangannya".

Terkait penelitian tersebut, Indonesia baru saja dihebohkan dengan operasi payudara yang dilakukan terhadap pembobol dana nasabah citibank, Melinda Dee. Inong Melinda menggunakan silikon untuk mempersar ukuran payudaranya.

Karena perawatan yang tidak taratur, silikon tersebut membuat infeksi pada payudara Melinda dan dokter memutuskan untuk mengangkatnya.

Apa yang dilakukan Melinda merupakan salah satu dari banyaknya wanita yang memasang implan payudara dan harus melakukan rekontruksi segera demi keselamatanya.

Ini menegaskan perlunya pemeriksaan awal setelah melakukan implan, agar tidak menunjukkan adanya risiko kanker atau masalah reproduksi terkait dengan Implantasi payudara
http://techno.okezone.com
READ MORE - Selengkapnya

Hindari Serangan Gigi Sensitif sejak Dini


APAKAH Anda penderita gigi sensitif? Jika ya, sebaiknya lakukan pencegahan sejak awal sehingga tidak berimbas buruk pada kesehatan mulut.
 
Godaan untuk makan hidangan yang terlalu panas dan dingin atau makanan yang mengandung tingkat keasaman tinggi memang selalu muncul. Dahaga kerongkongan dan kelaparan perut memang tak bisa ditampik begitu saja. Sayangnya ketika Anda mengonsumsi secara terus-menerus bisa memicu timbulnya gigi sensitif. Survei yang dilakukan Pepsodent bekerja sama dengan Synovate dan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjajaran tahun 2009 menemukan bahwa 65 persen orang Indonesia memiliki gigi sensitif.
 
Penelitian memperlihatkan bahwa 83 persen responden dengan rentang usia 15-64 tahun tersebut memberikan jawaban bahwa gangguan gigi sensitif dialami ketika mengonsumsi makanan/minuman dingin, mengonsumsi makanan/minuman asam sebesar 29 persen, 26 persen mengalami gangguan gigi sensitif ketika mengonsumsi makanan/minuman manis, 10 persen ketika mengonsumsi makanan/minuman panas, 16 persen akibat udara dingin dan 12 persen ketika menyikat gigi.
 
Sayangnya, pengetahuan mengenai gangguan gigi sensitif masyarakat masih rendah. Sebagian masyarakat tidak mengetahui penyebabnya sehingga mereka tidak melakukan upaya pencegahan. Penyebab lainnya, mereka pun tidak melakukan upaya preventif dengan menyikat gigi menggunakan pasta gigi sensitif untuk meminimalisir rasa ngilu tersebut. Justru sebagian responden mengabaikan rasa sakit gigi sensitif dan tidak memiliki kesadaran untuk segera memeriksakan gangguan tersebut ke dokter gigi.
 
Hal tersebut kemudian menggugah PT Unilever Indonesia meluncurkan produk Pepsodent Sensitive Expert yang mengandung hydroxyapatite di mana dapat bekerja optimal mengurangi rasa ngilu di gigi sensitif.
 
"Produk ini baru saja diluncurkan ke pasar sekitar dua minggu lalu. Rasanya yang ‘fresh’ dan sedikit mintpada pasta gigi berwarna pink tersebut tentu sangat sesuai untuk mereka yang memiliki gigi sensitif," ujar drg Ratu Mirah Afifah selaku Professional Relationship Manager Oral Care PT Unilever Indonesia kepada okezone usai acara “Simposium Hydroxyapatite:A Breakthrough Technology for Challenging Dentine Hypersensitivity” di Hotel Mulia Senayan, Jakarta, Kamis (23/6/2011).
 
Gangguan gigi sensitif biasanya disebabkan oleh dentin (lapisan kuning yang berada di bawah email untuk melindungi bagian dalam syaraf gigi) yang terbuka sehingga rangsangan panas dan dingin dapat langsung menuju syaraf melalui saluran dentin yang terbuka tersebut. Ketika sensasi panas dan dingin mencapai jaringan syaraf gigi, maka rasa “ngilu” dan sakit pun timbul.
 
Pepsodent Sensitive Expert dengan kandungan HAP mineral terbukti mampu melawan rasa “ngilu” yang dihadirkan dari gigi sensitif tersebut. Pasalnya, mineral HAP memiliki kandungan mineral yang sama dengan email gigi. Berdasarkan test laboratorium membuktikan bahwa mineral HAP yang diberikan pada dentin yang terbuka mampu menghambat sensasi panas dan dingin untuk menyentuh jaringan syaraf gigi.
 
"Anda dapat menggunakannya secara rutin minimal dua kali sehari. Meskipun gangguan gigi sensitif sudah tidak menyerang, Anda tetap dapat menggunakannya sebagai tindakan preventif. Apalagi kandungan pasta gigi tersebut mengandung pula potassium citrate yang secara cepat mampu membebaskan gigi dari rasa sakit dan memblok sensasi panas dan dingin sebelum menyentuh saraf serta zinc yang ampuh menguatkan dan menyehatkan gusi dan fluoride untuk mencegah gigi keropos," saran Fred Schafer, seorang peneliti senior di Global Research & Development Oral Care Unilever dan saat ini mengepalai Clinical Evaluation Programme of Unilever Oral Care.

READ MORE - Selengkapnya

Cara Tepat Tangani Sakit Kepala

Tepat tangani sakit kepala. (Foto: Getty Images)
SAKIT kepala sering tampak sederhana karena umumnya merupakan gejala penyakit ringan. Sakit kepala pada anak-anak adalah umum dan biasanya tidak serius.

Meski begitu, sakit kepala tak bisa disepelekan, apalagi kalau sampai menyerang anak. Seperti orang dewasa, si kecil juga dapat terkena migrain, sakit kepala kronis harian atau sakit kepala karena stres meskipun gejalanya mungkin berbeda. Pada beberapa kasus, sakit kepala pada anak-anak juga karena infeksi, stres tingkat tinggi, gelisah, atau trauma ringan pada kepala.

Bahkan, sebuah survei menyebutkan, sakit kepala pada anak juga terjadi sesering sakit kepala pada orang dewasa. Itulah sebabnya, penting untuk memberi perhatian untuk gejala sakit kepala pada anak. Disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter jika sakit kepalanya memburuk atau sering terjadi. 

Sakit kepala pada anak-anak biasanya bisa karena gaya hidup dan apa kegiatan yang dilakukan di rumah. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah riwayat kesehatan keluarga.

Biasanya penyakit yang terdapat pada generasi sebelumnya diturunkan ke generasi berikutnya dan seterusnya. Jadi, terdapat kemungkinan seorang anak terserang sakit kepala karena faktor hereditas. Hal ini terutama terjadi pada anak perempuan karena mayoritas orang yang menderita sakit kepala adalah perempuan.

Alasan lain timbulnya sakit kepala pada anak adalah akibat cedera di kepala.Jika seorang anak pernah mengalami cedera, sebaiknya bawalah anak tersebut ke dokter terdekat untuk berkonsultasi.

Ini sangat penting agar si buah hati mendapatkan perawatan yang sesuai. Sering kali tidak mengindahkan pengobatan atau berkonsultasi dengan dokter setelah anak mengalami cedera kepala sehingga membuat sakit kepala si anak bertambah parah. Selain faktor keturunan dan akibat cedera, sakit kepala pada anak juga bisa karena lingkungan dan alergi. Terkadang perubahan lingkungan dapat mengakibatkan sakit kepala.

Perubahan ini bisa berupa perubahan cuaca, cahaya, bau, dehidrasi, kurang tidur, dan suara yang terlampau keras. Penyakit yang dalam bahasa kedokteran disebut juga dengan cephalgia ini memiliki jenis yang paling banyak. Adapun yang paling sering dialami masyarakat saat ini adalah sakit kepala karena tegang atau karena adanya kontraksi otot (tension headache) dengan angka kejadian sebesar 78 persen dibandingkan jenis yang lain.

Anakanak juga sering mengalami sakit kepala jenis tegang ini. Sakit kepala ini sering dihubung-hubungkan dengan jangka waktu peningkatan stres yang umumnya dialami warga yang tinggal di perkotaan. Beban pekerjaan yang menumpuk, persaingan, dan masalah pribadi yang tak kunjung selesai bisa membuat seseorang menjadi stres dan depresi yang pada akhirnya memicu sakit kepala tipe ini. Mereka yang berisiko mengalami stres umumnya orang dengan pola hidup yang kurang baik.

Misalnya yang memiliki kesibukan yang padat, tidak pandai mengatur waktu,jarang olahraga, kurang tidur, dan sering mengonsumsi makanan cepat saji. Untuk anak-anak, stres karena tugas-tugas sekolah atau masalah keluarga juga dapat menjadi alasan timbulnya sakit kepala pada anak.Hormon stres dapat mengubah level kimia tertentu dalam otak sehingga menimbulkan sakit kepala.

Karena itu, luangkanlah waktu bersama anak untuk berdiskusi tentang masalah yang dihadapinya sehari-hari. Namun, faktor-faktor emosional bukanlah satusatunya pemicu sakit kepala karena tegang ini. 

Posisi tubuh tertentu yang menyebabkan kontraksi otot-otot kepala dan leher seperti memegang buku sewaktu membaca atau posisi yang tidak benar saat berbicara di telepon yang dilakukan bersamaan dengan kegiatankegiatan yang membutuhkan peningkatan mata dalam jangka waktu yang lama, juga dapat menimbulkan sakit kepala karena tegang.

Rasa sakit yang timbul karena ketegangan ini, biasanya menetap dan dirasakan di dahi, daerah pelipis, dan di belakang leher. Orang-orang selalu menggambarkan sakit kepala karena tegang ini seperti terikat perban sangat ketat yang melilit di kepala mereka.

Meskipun sakit kepala karena tegang ini dapat berlangsung lama, biasanya sakit ini akan menghilang setelah masa stres berlalu. Walaupun penyebab pasti dari sakit kepala karena tegang ini belum diketahui, banyak para ilmuwan percaya bahwa penyebab utama dari rasa sakit tersebut adalah karena ketegangan otot yang terus-menerus.

Penelitian lain menunjukkan bahwa berkurangnya aliran darah mungkin berperan pada rasa sakit tersebut. Penanganan sederhana dapat Anda lakukan di rumah.Mintalah anak untuk berbaring di ruangan yang sejuk dan gelap, serta berilah anak obat sakit kepala semacam parasetamol. 

Bila Anda membawa anak mengunjungi dokter, dokter umumnya akan menanyakan tentang riwayat penyakitnya itu untuk membantu dia dalam menentukan jenis penyakit dan perawatan yang dibutuhkan.

Karena itu, ingat-ingatlah hal-hal penting yang berkaitan dengan keluhan sakit kepala anak Anda. Pertanyaan yang sering diajukan, antara lain tentang beratnya dan kekerapan keluhan sakit kepala anak Anda, begitu pula tentang pola keluhan sakit kepalanya. 

“Nyeri kepala dan segala keluhan nyeri lain, sebetulnya cuma gejala dari suatu penyakit. Cukup banyak penyakit dengan gejala nyeri kepala. Kesalahan sering terjadi karena yang sering kali diobati rasa nyerinya dan bukan penyakit yang menimbulkan rasa nyerinya,” kata penulis dan praktisi kesehatan yang juga dokter umum lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta, Dr Handrawan Nadesul, dalam salah satu artikelnya. 

Selain tipe tegang, ada juga jenis sakit kepala lain, yaitu migrain.Gejalanya biasanya merasa berat di satu atau kedua sisi kepala dan selalu disertai dengan beberapa gejala lainnya.

Gejala-gejala lain tersebut, seperti mual dan muntah, sangat peka terhadap cahaya, gangguan penglihatan, pusing, demam, dan panas dingin. Mekanisme yang menyebabkan migrain hingga saat ini belum diketahui secara jelas.
READ MORE - Selengkapnya

Inilah Efek Tidur Dengan Ayunan


Baby Swing


Kondisi tubuh yang diayun ketika tengah berbaring, ternyata mampu menghadirkan gelombang otak dan mempercepat proses menuju tidur pulas. Hal ini dibuktikan oleh hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Current Biology yang terbit pada 21 Juni.

Peneliti dari University of Geneva dalam penelitiannya merekruit 12 pria. Setiap relawan datang ke lab sebanyak dua kali untuk tidur siang selama 45 menit di atas tempat tidur yang digantung. Pada kedatangan pertama, tempat tidur tidak diayun, namun pada kedatangan yang kedua tempat tidur baru diayun. Saat relawan tidur, aktivitas otak dimonitor dengan menggunakan EEG.

Peneliti mendapati hasil, bahwa seluruh relawan akan lebih cepat tertidur dan tidur lebih dalam ketika ranjang diayun. Ketika tempat tidur tidak bergerak, relawan menghabiskan separuh waktu tidur mereka di dalam fase tidur ringan, dikenal dengan fase N1. Ketika tempat tidur diayun, fase N1 hanya 30 persen dari seluruh waktu tidur. Fase tidur yang lebih dalam, fase N2, meningkat 10 persen saat tempat tidur diayun, dari 50 persen saat tempat tidur statis menjadi 60 persen.


Swing Seat


Tempat tidur yang diayun juga mampu mengubah pola aktivitas otak yang disebut sleep spindle, aktivitas rentetan energi yang muncul selama setengah detik selama fase N2. DAn ketika tempat tidur bergerak, relawan memiliki jumlah sleep spindle yang lebih banyak. Sleep spindle dikenal membantu memblok suara saat seseorang tidur dan berhubungan dengan penyegaran tubuh saat orang terbangun.

Hingga saat ini, ilmuwan belum dapat memastikan efek ayunan pada saat tidur di malam hari. Penelitian selanjutnya akan difokuskan untuk mempelajari efek tidur sambil diayun pada penderita insomnia.

sumber: Pengajar+
READ MORE - Selengkapnya

Perlu Atau Tidak Membersihkan Telinga

Kebiasaan mengorek-ngorek telinga lazim kita jumpai, baik dengan menggunakan batang korek api, tisu, lidi kapas khusus, cotton bud atau bahkan benda-benda kecil yang terbuat dari logam.

Apapun ceritanya, mengorek kuping itu dianggap kegiatan yang sangat mengasyikkan. Namun perlu diiingat bahwa mengorek kuping dengan cara yang tidak benar akan sangat berbahaya dan bisa berakibat fatal, apapun jenis bahan yang digunakan. 

Parahnya lagi, masih banyak di antara kita yang memiliki kebiasaan mengorek-ngorek liang telinga dengan jari berkuku tajam. Tanpa disadari, akibat gesekan kuku jari tersebut dengan dinding saluran telinga luar akan menjadi peradangan yang tidak bisa dianggap sepele. Jika cukup berat maka akan menimbulkan semacam bisul atau jenis penyakit lainnya. 

Pada dasarnya, bentuk telinga dirancang untuk mengantisipasi masuknya kotoran. Liang telinga yang bersudut membuat kotoran, seperti debu atau serangga, sulit menembus bagian yang lebih dalam. Di mana tugas menghalau kotoran, bisa berupa minyak maupun kotoran kering, juga dilakukan oleh kelenjar rambut yang terdapat di bagian depan setelah liang telinga. Di sini juga diproduksi getah telinga yang bernama serumen yang lebih kita kenal sebagai tai telinga atau getah. Tai telinga inilah yang akan menangkap kotoran dan dengan sendirinya membersihkannya. 

Lantas, perlukah serumen dibersihkan dan bagaimana cara membersihkan kotoran kuping dengan benar dan aman? Membersihkan serumen secara terus-menerus apalagi sampai dihilangkan seluruhnya justru akan merugikan. Pada prinsipnya, telinga akan membersihkan dirinya sendiri. Biasanya serumen akan terbentuk sedikit demi sedikit, kemudian akan keluar sendiri pada waktu mengunyah dengan membawa serta berbagai kontaminan yang terperangkap bersamanya. Setelah sampai di luar lubang telinga, serumen akan hilang menguap oleh panas. Namun, kondisinya mungkin berbeda pada setiap orang, bergantung pada banyaknya produksi serumen. 

Dokter berpendapat, dalam keadaan serumen yang sangat berlebihan sekalipun penggunaan lidi kapas atau cotton bud atau yang sejenisnya tidak dapat dibenarkan. Kalaupun menggunakannya, itu hanya terbatas untuk membersihkan bagian luar lubang telinga, bukan untuk mengoreknya. Namun akan lebih baik bila melakukan kunjungan rutin ke klinik THT untuk membersihkan telinga, dari pada membersihkannya sendiri. 

Dia mengatakan, banyak orang sering salah kaprah menyangka tai kuping sebagai kotoran. Padahal fungsinya sangat penting untuk membersihkan kotoran yang masuk. Karena secara alamiah, kotoran yang masuk akan kering dan keluar sendiri. Dengan begitu Tai kuping tidak perlu dibuang, kecuali jika menggumpal dan menyumbat liang telinga sehingga menghalangi masuknya gelombang suara ke telinga dalam. Apalagi dalam kadar normal, tahi telinga hanya menutupi permukaan dinding telinga. Jika dibersihkan, getah akan diproduksi lagi, begitu seterusnya. Maka sebaiknya telinga tidak perlu dibersihkan dengan cara dikorek, apalagi sampai ke telinga dalam. Cukup bersihkan bagian luar saja, yaitu daun dan muara liang telinga. 

Dengan mengorek telinga, kita justru mendorong serumen ke celah sempit pada bagian dalam telinga, tempat di mana seharusnya serumen tidak terbentuk. Akibatnya serumen akan terjebak dan terakumulasi hingga akhirnya menyebabkan sumbatan pada lubang telinga. Sumbatan tersebut akan menghalangi hantaran gelombang suara ke gendang telinga, sehingga pendengaran akan terasa berkurang. Selain itu, gejala akibat sumbatan serumen dapat pula berupa rasa nyeri pada telinga. 

Mengorek telinga juga bisa mengakibatkan perbenturan, sebab telinga bentuknya bersudut. Perbenturan ini akan mengakibatkan pembengkakan atau perdarahan. Di mana, pengorekan yang terlalu keras atau dalam bisa mengakibatkan trauma, ditambah dinding telinga akan mudah berdarah. Masih ada lagi, mengorek telinga juga bisa membuat kolaps bahkan kematian. 

Untuk mengeluarkan kotoran telinga, Dokter menganjurkan untuk tidak menggunakan cotton bud atau korek kuping untuk membersihkan telinga. Soalnya kita tidak tahu daerah mana saja yang boleh dibersihkan. Bila dilakukan dengan cara sembrono, bisa jadi gendang telinga akan terluka dan mengakibatkan ketulian atau rusaknya pendengaran secara permanen. 

“Untuk mengeluarkan kotoran telinga, dokter biasanya mengunakan pengait atau sendok serumen atau cerumen spoon yang terbuat dari logam. Bila kotoran telinga lunak, akan diisap dengan pompa vakum atau dengan menyemprotkan air hangat ke dalam liang telinga. Bila tidak berhasil karena kotoran keras, dokter akan meminta pasien meneteskan obat tetes selama beberapa hari untuk memudahkan pengambilan kotoran tersebut. Tapi biasanya dokter akan meneteskan sekitar tiga puluh persen H202 dan membiarkannya selama lima belas menit atau setengah jam. setelah itu barulah kotoran disedot pakai saction atau alat sedot,” ujarnya. 

Kalau tindakan membersihkan liang telinga yang tidak benar terjadi, maka akan mengakibatkan penyumbatan. Bahkan dapat mengakibatkan bagian tengah liang telinga menyempit dan luka sehingga timbul rasa nyeri dan infeksi. Hal ini dapat terjadi, sekalipun hanya karena gesekan cotton bud, luka pada kulit liang telinga yang terjadi pada saat kotoran tersebut bergerak. Dan hal terburuknya bila benda yang digunakan masuk terlalu dalam dan tertinggal, sehingga menembus atau merobek gendang telinga yang berfungsi menerima getaran gelombang suara. 

Karena itu, lanjutnya memberi saran, membersihkan telinga tidak perlu dilakukan. Bila kotoran terasa penuh dan banyak, sebaiknya minta bantuan dokter spesialis dan usahakan tidak membersihkan sendiri. Pasalnya, selain kita tidak tahu seberapa dalam mengorek liang telinga, mungkin kotoran justru akan semakin terdorong ke dalam. 

“Kalaupun telinga terasa gatal, sebaiknya dibiarkan saja. Karena gatal pada telinga tidak berarti telinga kita kotor. Bila telinga terasa gatal adalah hal yang wajar. Kalau kotoran sudah terlanjur atau telah mengeras di dekat gendang telinga, segera periksa ke dokter ahli THT. Biasanya dokter akan memberikan obat tetes telinga atau karbol gliserin 10 persen untuk memecahkan kotoran tersebut. Setelah itu kotoran yang sudah pecah disemprot atau dikorek keluar. Sementara infeksi yang barangkali timbul lantaran iritasi kotoran itu diatasi dengan memberikan obat antibiotika,” terangnya.

Sumber: Nugum
READ MORE - Selengkapnya

Arsip

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails