Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Manusia bukanlah Omnivora


sistem pencernaan dan kelenjar
Organ Pencernaan dan kelenjar | Inforedia.com 

Saya yakin anda senang makan dan anda harus makan. Tidak heran ketika anda sering mencari makanan, kalau boleh tahu makanan apa yang anda sukai?
Selama ini yang kita ketahui bahwa manusia merupakan golongan Omnivora yang memakan semua jenis makanan, yakni hewani dan nabati. Tapi apakah anda tahu bahawa sebenarnya kita bukan Omnivora melainkan Herbivora?
Winarni Budiarti dalam bukunya Makanan Sehatmenjelaskan bahwa manusia merupakan golongan herbivora yang seharusnya hanya makan makanan nabati. Alasan yang menjelaskan hal ini adalah :

1. Mulut dan Gigi
Bila kita melihat mulut manusia dan mulut anjing pasti langsung dapat membedakannya secara nyata. Manusia memiliki pembukaan yang lebih kecil dibandingkan anjing sehingga makanan yang dapat masuk dalam mulut dalam jumlah sangat terbatas.
Dr. W. S. Collen, dengan para ilmuan lainnya dari Rumah Sakit Maimonides, Brooklyne melaporkan bahwa manusia dibuat untuk memakan tumbuh-tumbuhan.
Struktur gigi seri hewan herbivora memiliki bentuk tajam, sedangkan gerahamnya mempunyai permukaan yang rata. Sedangkan Cornivora struktur giginya memiliki taring yang tajam, serta pinggir yang runcing untuk menggengam serta mengoyak daging. Gigi gerahamnya pun memiliki sisi dengan pinggiran tajam untuk mengiris daging. Sekarang coba lihat gigi anda. Apakah mirim cornivora atau herbivora?

2. Gerakan-gerakan Geraham
Menurut Dr. Hereward Carrington menyatakan bahwa hevan herbivora memiliki 3 macam gerakan geraham yaitu gerakan vertikal (atas-bawah), gerakan ke samping dan gerakan maju mundur, Sedangkan hewan cornivora hanya memiliki satu gerakan yaitu membuka dan menutup rahang. Bagaimana dengan gerakan geraham anda?

Penulis dibalik tulisan ini : Redy Joko Prasetyo | UKDW Yogyakarta
3. Usus
Usus yang dimiliki golongan herbivora adalah usus kecilnya yang sangat panjang dengan usus besarnya yang sangat licin dan panjang. Sedangkan usus pada cornivora agak pendek dan usus besarnya juga pendek dan lurus.

4. Cara Berkeringat
Dr. Philip Chen menyatakan bahwa herbivora mengeluarkan keringat melalui pori-pori kulit sedangkan cornivora menggunakan mulut. Bagaimana dengan anda?

Setelah anda tahu mengenai organ pencernaan anda, makanan apa yang akan anda makan? Apakah anda tetap makan daging? Ayo kurangi makan daging untuk menghindari Global Warming!

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manusia bukanlah Omnivora"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner