Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Contact Ulcers

DEFINISI

Contact Ulcers adalah luka/koreng yang terasa nyeri pada selaput lendir yang membungkuskartilago (tulang rawan) tempat melekatnya pita suara.


PENYEBAB
Contact ulcers biasanya disebakan oleh penyalahgunaan suara (berbicara sekuat tenaga). Luka ini sering ditemukan pada penceramah (pendeta, mubalig), sales representative dan pengacara.

Contact ulcers juga bisa disebabkan oleh:
- rokok
- batuk menahun
- aliran balik asam dari lambung (refluks asam lambung).


GEJALA
Gejalanya berupa nyeri ringan ketika penderita berbicara atau menelan dan suara serak.


DIAGNOSA
Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejalanya. Untuk memastikan bahwa bukan merupakan keganasan, dilakukan pengambilan jaringan untuk diperiksa secara mikroskopis.


PENGOBATAN
Penderita diharuskan istirahat berbicara atau berbicara seperlunya, minimal selama 6 minggu. Untuk menghindari kekambuhan, penderita harus mengetahui batas-batas suaranya dan belajar menyesuaikan suaranya. Bisa dilakukan terapi suara. Jika hasil rontgen menunjukkan adanya refluks asam lambung, diberikan antasid atau obat anti-ulkus (misalnya penghambat histamin) dan penderita tidur dengan posisi kepala lebih tinggi.

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contact Ulcers"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner