Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya

Memilih Makanan Diet Sesuai Rasi Bintang (Zodiak)

Memilih Makanan Sesuai Rasi Bintang


Astrologi ternyata tidak hanya digunakan untuk mengetahui ramalan nasib, tapi juga menjadi panduan untuk menjaga kesehatan. Caranya, pilih makanan tertentu sesuai zodiakAnda.

Jika Anda ditanya, "Percayakah Anda pada zodiak?" Pasti yang ada dalam benak Anda adalah zodiak yang meramalkan nasib seperti peruntungan, rezeki, dan cinta. Tapi kali ini Anda akan diajak untuk memilih jenis makanan yang sesuai dengan zodiak Anda, karena ternyata zodiak juga bisa digunakan sebagai salah satu panduan untuk menjaga kesehatan, yaitu dengan menjalankan diet zodiak.

Zodiak dan kesehatan

Diet zodiak diperkenalkan oleh Jon Stevens, seorang ahli astrologi, dalam bukunya The Astrology Diet. Diet ini menggabungkan pengetahuan tentang nutrisi dan astrologi untuk menciptakan pola makan sehat yang disesuaikan dengan zodiak seseorang. Dengan memilih jenis makanan yang cocok dengan zodiak, tubuh Anda akan mencerna dan memanfaatkan nutrisi dari makanan tersebut dengan baik, sehingga kesehatan pun akan terjaga.

Prinsip utama diet zodiak adalah menentukan zodiak Anda yang tergantung pada tanggal dan bulan kelahiran Anda. Setiap zodiak menguasai bagian tubuh tertentu dan bagian tubuh itulah yang menentukan sifat dasar dan kelemahan fisik dan mental (rentan diserang penyakit). Dengan demikian bisa diketahui jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi dan yang patut dihindari agar tubuh terjaga kesehatannya.

Sesuai dengan kerentanan bagian tubuh, masing-masing zodiak membutuhkan mineral tertentu agar kesehatan tubuhnya terjaga.Defisiensi atau kekurangan mineral tersebut akan menyebabkan gangguan kesehatan. Berikut ini gambaran kesehatan, dan panduan untuk memilih dan menghindari jenis-jenis makanan tertentu untuk masing-masing zodiak.

CAPRICORN
(22 Desember-19 Januari)
Kesehatan: Capricorn menguasai tulang, sendi, lutut, dan gigi. Orang Capricorn terkenal keindahan struktur tulang-tulangnya, mereka memiliki postur tubuh yang baik. Tetapi justru bagian-bagian tubuh tersebut rentan terkena rematik, artritis, serta masalah pada tulang dan sendi. Kulit mereka sensitif dan kering, mudah menderita gangguan kulit.
Makanan yang disarankan: Mineral kalsium fosfat
 
berpengaruh terhadap kesehatan Capricorn, karena meningkatkan pembentukan tulang. Bila kekurangan, akan menyebabkan rakhitis, gangguan tulang belakang, kerusakan gigi, dan sakit pada sendi. Makanan yang kaya akan mineral ini adalah jeruk, lemon, seledri, kol, bayam, brokoli, jagung, kentang, almond, oats, dan beras merah. Diet tinggi protein dan kalsium merupakan keharusan agar tulang, kulit, dan gigi selalu dalam kondisi prima. Karena itu, dianjurkan mengkonsumsi salad mentah, buah segar, ikan, telur, roti whole wheat, serta susu atau yogurt yang divariasi setiap hari.

Makanan yang dihindari: Cokelat dan gula sintetis (refined sugar) sebaiknya dihindari karena akan berpengaruh buruk pada kulit.

AQUARIUS
(20 Januari-18 Februar)
Kesehatan: Aquarius menguasai sistem sirkulasi, betis, tulang kering, dan pergelangan kaki. Karena itu orang Aquarius cenderung kuat dan sehat, memiliki bentuk tungkai dan kaki yang indah, tapi rentan menderita pengerasan pembuluh darah, tekanan darah rendah, dan anemia.
Makanan yang disarankan: Orang Aquarius membutuhkan natrium klorida yang sebaiknya didapat dari alam seperti ikan laut, lobster, tuna,tiram, bayam, lobak, seledri, kol, lettuce, jagung, apel, pir, dan jeruk. Bukan dari garam dapur. Selain itu harus melaksanakan diet rendah lemak dan tinggi protein. Makanan yang dianjurkan adalah ayam, bit, brokoli, wortel, cabai, tomat, stroberi, nanas, delima, beras merah, dan yogurt.

Makanan yang dihindari: Kurangi konsumsi kopi karena bisa menyebabkan gelisah. Sebaiknya minum teh herbal untuk relaksasi.

PISCES
(19 Februari-20 Maret)
Kesehatan: Pisces menguasai tungkai sampai jari kaki dan selaput lendir. Karena itu orang Pisces banyak yang menjadi penari, selain memiliki selera dan penciuman yang hebat; namun mudah terserang influensa, gangguan sinus, dan oedema (penimbunan air di bagian tubuh tertentu). Mereka memiliki kepribadian sensitif dan emosional sehingga mudah terkena penyakit yang disebabkan kepribadiannya itu.
Makanan yang disarankan: Mineral yang mempengaruhi kesehatannya adalah besi. Kekurangan mineral besi akan menyebabkan anemia, inflamasi (peradangan), tekanan darah rendah, dan denyut jantung yang tidak teratur.Makanan yang kaya akan zat besi adalah hati, kuning telur, tiram, bit, bayam, bit, bawang bombay, lettuce, kismis, anggur, apel, dan jeruk.

Makanan yang dihindari: Kurangi konsumsi garam karena dapatmenyebabkan oedema. Selain itu, kurangi konsumsi kopi dan minuman beralkohol.

ARIES
(21 Maret-19 April)
Kesehatan: Aries menguasai daerah kepala dan wajah yang berhubungan dengan persepsi dan pikiran. Karena itu orang Aries berpikiran tajam dan pemikir yang hebat. Namun mudah mengalami sakit pada bagian kepala, seperti pusing dan migren.


Makanan yang disarankan: Sebagai orang yang sibuk, energik, dan aktif, orang Aries membutuhkan mineral yang mampumempertahankan kesehatan dan energinya, yaitu kalium fosfat. Kekurangan mineral ini dapat menyebabkan depresi. Sumber yang kaya kalium fosfat adalah tomat, kacang-kacangan, beras merah, bawang bombay, lettuce, kembang kol, mentimun, bayam, brokoli, pisang, dan labu. Termasuk susu untuk kesehatan gigi dan tulang.

Makanan yang dihindari: Garam dan minuman keras merupakan musuh utama orang Aries. Terlalu banyak mengkonsumsi garam akan berpengaruh buruk pada kesehatan arteri dan tulang; sedangkan minuman keras berpengaruh buruk terhadap ginjal. Minum saja banyak air putih.

TAURUS
(20 April-20 Mei)
Kesehatan: Taurus menguasai tenggorokan dan leher, termasuk pita suara, tonsil, dan langit-langit. Karena itu orang Taurus cenderung menyukai makanan dan malas berolahraga sehingga mudah gemuk. Penguasaan terhadap kelenjar tiroid juga memudahkannya menjadi gemuk. Akibatnya, mudah terkena flu, batuk, sakit tenggorokan, dan leher kaku.

Makanan yang disarankan: Mineral yang dibutuhkan tubuh orang Taurus adalah natrium sulfat yang berfungsi mengontrol jumlah air dalam tubuh. Sumbernya adalah asparagus, bit, kembang kol, bayam, mentimun, bawang bombay, labu, dan kacang tanah. Selain itu harus minum banyak air putih untuk menggelontor racun tubuh. Untuk menjaga fungsi kelenjar tiroid, disarankan menyantap makanan yang mengandung yodium alami seperti ikan dan makanan laut lainnya. Yang juga disarankan adalah telur, hati, kacang merah, buah-buahan segar, dan salad.

Makanan yang dihindari: Karbohidrat perlu dikurangi karena di dalam tubuh akan diubah menjadi lemak. Demikian juga hindari makanan tinggi lemak dan gula.

GEMINI
(21 Mei-20 Juni)
Kesehatan: Gemini menguasai daerah bahu, tangan, dan paru-paru. Orang Gemini mudah mengalami infeksi saluran pernapasan, bronkitis, dan asma. Gangguan pada sistem saraf mempengaruhi pikiran yang pada gilirannya berpengaruh terhadap kesehatan fisik.

Makanan yang disarankan: Mineral yang mempengaruhi kesehatan orang Gemini adalah kalium klorida. Defisiensi mineral ini menyebabkan penggumpalan darah dan gangguan sistem sirkulasi. Kalium klorida juga menjaga kesehatan paru-paru dan bronkhi. Makanan yang kaya kalium klorida adalah asparagus, kacang hijau, tomat, seledri, wortel, bayam, jeruk, dan beras.

Untuk menjaga kesehatan saraf disarankanmenyantap almond, ikan, kerang, anggur, apel, dan kismis. Lettuce dan kembang kol untuk kesehatan bronkhi. Sedangkan kalsium untuk kesehatan tulang, karena itu sebaiknya mengkonsumsi sayuran hijau, tahu, ikan, udang, teri, susu, keju danproduk susu lainnya.

Makanan yang dihindari: Kopi dan makanan stimulan lainnya dapat menimbulkan gangguan pada sistem saraf orang Gemini yang sensitif.

CANCER
(21 Juni-22 Juli)
Kesehatan: Cancer menguasai daerah dada dan perut yang menyimbolkan makanan dan keibuan. Ketegangan, kecemasan, dan stres emosional bisa menimbulkan penyakit pada orang Cancer. Cenderung mengalami gangguan pencernaan, seperti sakit maag, gastritis, infeksi usus dan empedu, serta kembung.

Makanan yang disarankan: Mineral kalsium fluorida akan membuat jaringan tubuhnya elastis dan sehat. Kekurangan mineral ini menyebabkan gangguan penglihatan, tulang punggung rapuh dan melengkung, serta kerusakan gigi dan gusi. Kurang kalsium menyebabkan gangguan pada kulit pada orang Cancer.

Karena itu selain mengkonsumsi sumber makanan kalsium fluorida seperti: kuning telur, yogurt, bit, ikan, dan tiram, juga harus menyantap pangan sumber kalsium seperti susu, keju, lettuce, dan tomat. Buah dan sayuran segar sebaiknya dikonsumsi setiap hari.

Makanan yang dihindari: Pati, gula, dan garam sebaiknya dihindari. Pati dan gula dapat menyebabkan konstipasi dan garam menyebabkan pembengkakan bagian tubuh.

Leo
(23 Juli-22 Agustus)
Kesehatan: Leo menguasai tulang belakang, punggung, dan jantung. Jantung diasosiasikan dengan emosi dan punggung dengan keberanian. Karena itu orang Leo biasanya menjadi atlet atau penari, berumur panjang dan memiliki kesehatan serta vitalitas yang baik. Meskipun demikian mereka cenderung mudah mengalami sakit punggung dan penyakit jantung di usia lanjut.

Makanan yang disarankan: Mineral yang mempengaruhi orang Leo adalah magnesium fosfat, yang berfungsi menjaga kelancaran aliran darah dan aktivitas enzim pencernaan. Pangan yang mengandung magnesium fosfat adalah almond, biji bunga matahari (kuaci), lemon, apel, kelapa, nasi, seafood, bit, asparagus, dan kuning telur.

Tingkatkan konsumsi makanan yang membantu pembentukan darah seperti daging sapi, hati, buah-buahan segar, salad, keju, susu, dan yogurt. Pangan sumber mineral besi seperti bayam, dan kismis juga disarankan untuk dikonsumsi. Jeruk dan pir bisa membantu mengurangi rasa tegang pada jantung.

Makanan yang dihindari: Disarankan mengurangi makanan tinggi lemak.

VIRGO
(23 Agustus-22 September)
Kesehatan: Virgo menguasai sistem saraf dan usus halus. Orang Virgo memiliki sistem pencernaan yang rewel dan biasanya menderita gangguan pencernaan, seperti kembung, sakit maag, dan infeksi usus. Mereka mudah stres dan khawatir terhadap kesehatannya. Pikiran negatif ini justru menimbulkan gangguan dan penyakit pada tubuh.

Makanan yang disarankan: Mineral yang dibutuhkan orang Virgo adalah kalium fosfat. Kekurangan mineral ini dalam tubuh akan menyebabkan kulit kering, rambut rontok, jerawat, eksim, kelelahan, dan konstipasi. Makanan yang mengandung kalium fosfat adalah sayuran hijau, roti whole wheat, oats, kacang almond, keju, jeruk, pisang, lemon, dan daging sapi tanpa lemak.

Disarankan menyantap makanan yang mudah dicerna seperti yogurt, beras merah, dan telur. Melon, apel, pir, pepaya, dan lemon juga disarankan untuk dikonsumsi. Khusus jus lemon akan melembutkan kulit dan memberantas ketombe. Gunakan madu sebagai pemanis dan minum teh herbal untuk meredakan gangguan pencernaan.

Makanan yang dihindari: Jauhi cokelat karena akan menyebabkan gangguan kulit dan pencernaan pada orang Virgo. Juga jauhi makanan pedas, berbumbu, dan gorengan.

LIBRA
(23 September-22 Oktober)
Kesehatan: Libra menguasai ginjal, pinggang, dan bokong. Karena itu wanita Libra memiliki tubuh bawah yang indah. Namun pinggang merupakan anggota tubuh yang paling rentan untuk sakit pinggang. Juga berisiko terkena gangguan ginjal dan kulit. Karena itu harus ada keseimbangan hidup agar tetap sehat.

Makanan yang disarankan: Natrium fosfat merupakan mineral yang mampu menyeimbangkan asam dan basa tubuh, selain menyingkirkan racun-racun tubuh dan sisa metabolisme. Makanan yang menjadi sumber natrium fosfat adalah stroberi, apel, kismis, kacang almond, asparagus, jagung, wortel, bayam, bit, lobak, tomat, gandum, beras merah, dan oats. Diet tinggi protein yang rendah lemak dan gula cocok untuk orang Libra. Dianjurkan untuk menyantap ikan, seafood, ayam, keju rendah lemak, yogurt, buah dan sayuran segar, dan roti whole wheat. Juga harus banyak minum air putih untuk menggelontor toksin tubuh dan melancarkan sistem sirkulasi tubuh.

Makanan yang dihindari: Orang Libra harus menjauhi minuman beralkohol dan berkarbonasi karena dapat mengganggu fungsi ginjalnya.

SCORPIO
(23 Oktober-21 November)
Kesehatan: Scorpio menguasai organ seksual, karena itu orang Scorpio berisiko menderita gangguan dan infeksi pada organ seksual dan saluran kencing. Juga rentan terhadap penyakit yang disebabkan stres emosional. Namun dikenal bertubuh sehat, menggairahkan, dan berbakat sebagai penyembuh.

Makanan yang disarankan: Kalsium sulfat adalah mineral yang dibutuhkan orang Scorpio. Kekurangan mineral ini akan menyebabkan influensa, infeksi sinus, gangguan kulit, dan infertilitas.

Makanan yang kaya akan mineral ini adalah asparagus, kembang kol, lobak, bawang Bombay, tomat, dan kelapa. Orang Scorpio juga butuh kalsium dari susu, keju, dan yogurt. Juga dianjurkan untuk menyantap makanan tinggi protein, buah dan sayuran segar, serta roti whole wheat. Makanan lainnya yang baik untuk orang Scorpio adalah ikan, seafood, salad, bit, almond, jeruk, apel, pisang, dan nanas.

Makanan yang dihindari: Orang Scorpio tidak boleh makan dalam porsi besar. Makan malam terdiri dari makanan ringan. Jauhi minuman beralkohol karena akan berakibat buruk pada penampilan dan kesehatan kulit. Minum air putih saja.

SAGITARIUS
(22 November-21 Desember)
Kesehatan: Sagitarius menguasai daerah paha, pangkal paha, dan hati. Orang Sagitarius harus rajin berolahraga karena akan mudah sakit jika tidak melaksanakannya. Meski ketika mudanya ramping, namun cenderung gemuk dengan meningkatnya usia, terutama wanitanya. Karena itu rentan terkena penyakit kronis pada bagian pangkal paha dan paha, dan berisiko terkena encok dan pincang di usia tua. Juga cenderung menderita hepatitis.

Makanan yang disarankan: Mineral yang dibutuhkan oleh orang Sagitarius adalah silika yang memperkuat sistem saraf, menyehatkan jaringan otak, melindungi kondisi mati rasa pada jari tungkai, dan kaki. Kekurangan mineral ini akan menyebabkan rambut tipis, kulit kering, dan gangguan gusi.

Makanan sumber silika adalah salad mentah, cabal hijau, stroberi, pir, apel, kentang, oats, dan kuning telur. Orang Sagitarius dianjurkan untuk menyantap makanan sumber protein, terutama ayam dan ikan, sayuran dan buah seperti bit, tomat, ceri, jeruk, lemon, telur, susu skim, yogurt, juga beras merah. Juga, harus banyak minum air.

Makanan yang dihindari: Jauhi makanan tinggi lemak, permen dan cokelat. Juga minuman beralkohol untuk menjaga kesehatan hati.

Percaya atau tidak, memilih makanan sesuai zodiak bisa menjadi alternatif Anda untuk menjaga kesehatan. Tertarik melaksanakan diet zodiak?

Majalah Nirmala

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Arsip

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails