Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Menurunkan Tekanan Darah dengan Berenang



RENANG merupakan salah satu jenis olahraga yang menyenangkan. Bukan hanya membuat tubuh menjadi sehat dan bugar, ternyata renang juga memiliki manfaat lain yaitu untuk menurunkan tekanan darah. 


Dalam penelitian yang dikutip dari Wall Street Journal, dikatakan bahwa berenang dapat mengurangi tekanan darah dan menaikkan kesehatan pembuluh arteri pada orang dewasa. 
Penelitian tersebut dilakukan dengan merangkul 43 relawan Texas yang berusia 50-80 tahun yang dibagi ke dalam dua kelompok. 

Kedua kelompok tersebut diberikan latihan renang selama 12 minggu sebagai terapi. Dalam kelompok pertama diberikan latihan renang selama 15-45 menit selama 3-4 hari setiap minggu. Sedangkan untuk kelompok lainnya hanya mendapatkan latihan peregangan dan juga relaksasi. 

Dari hasil penelitian disebutkan, tekanan darah sistolik pada kelompok pertama mengalami penurunan sebanyak 7 persen. Selain itu pembuluh arteri mereka juga menunjukan tanda-tanda lebih elastis dan responsif terhadap perubahan aliran darah. Sedangkan pada kelompok kedua, hasil menunjukkan tidak adanya perubahan tekanan darah secara signifikan.

loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails