Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

TAHAPAN PENGLIHATAN PADA BAYI BERDASARKAN UMUR


Penglihatan merupakan keterampilan yang dipelajari dari mulai bayi anda lahir. Dengan stimulasi yang tepat dapat membantu mengoptimalkan kemampuan penglihatan bayi. Sebelum anda memberikan stimulasi pada penglihatan bayi anda yang akan membantu dalam menggerakan bola mata, mengkordinasi kedua mata dan memfokuskan mata, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu informasi mengenai tahapan penglihatan bayi sesuai dengan usia bayi anda.

Sebelum belajar meraih benda, merangkak atau duduk bayi anda terlebih dahulu memperoleh informasi dari apa yang dilihatnya. Kemampuan ini sangat mengagumkan karena dengan cara ini bayi anda lebih mengenai warna-warni dan mengenali wajah orangtuanya.

Berikut adalah tahap penglihatan bayi sesuai usia :

Bayi Baru Lahir

Pada saat bayi lahir memiliki daya penglihatan yang belum sempurna. Meskipun demikian bayi lebih menyukai melihat visual wajah ibu. Kemampuan bayi yang baru lahir hanya dapat melihat orang dan objek dengan jarak pandang 19,6cm-29,4 cm. Meskipun demikian ini sudah dapat mengenali anda ketika memberikan ASI dengan mengenali wajah. Perkembangan selanjutnya pada usia 6 minggu yang mampu mengenali objek atau bendayang dapat berpindah dari arah kanan atau kirinya. Stimulasi penglihatan pada bayi sebenarnya sudah mampu anda lakukan semenjak di dalam kandungan . Anda dapat memberikan paparan cahaya untuk dapat membantu merangsang bayi anda. Setelah lahir anda dapat menstimulasi dengan cara memberikan ASI karena kandungannya yang dapat membantu penglihatan yang baik terutama jaringan saraf retina bayi.

Bayi  Usia 3-5 Bulan

Pada usia ini, bayi sudah dapat fokus dan melihat pergerakan benda atau objek yang bergerak di kanan kirinya. Memasuki usia 4 bulan bayi anda akan lebih sensitif terhadap cahaya. Pada usia 3 bulan deteksi cahaya seorang bayi hanya 10 kali lipat dari usia orang dewasa sehingga anda dapat meredupkan lampu sedikit lebih redup. Untuk melakukan stimulasinya anda dapat merangsang bayi anda dengan membuat kamar tidurnya penuh dengan warna ceria, dengan ini akan membantu dalam perkembangan penglihatan bayi anda. Jauhkan pula lampu malam sehingga dapat memberikan stimulasi optimal.

Bayi Usia 6-10 Bulan

Pada usia 6 bulan penglihatan bayi anda memasuki tahap sempurna dikarenakan kemampuannya dalam melihat dengan jelasdan akurat untuk mengikuti objek atau benda yang bergerak. Pada usia ini mengalami kontrol gerakan mata dan kordinasi. Untuk memberikan stimulasinya anda mengenalkan mainan bayi dengan beranekaragam warna dan juga mengenalkan buku cerita dan juga dapat anda ajak untuk menikmati pemandangan.

Bayi Usia 11-18 Bulan

Kemampuan bayi anda sudah lebih berkembang, bayi sudah dapat melihat benda yang bergerak dengan cepat. Baru pada usia 15 hingga 18 bulan kemampuannya dapat berkembang dengan baik sama dengan penglihatan orang dewasa. Stimulasi yang dilakukan adalah dengan merangsang perkembangan mata-tangan dan tubuh bayi dengan bermain di lantai dan dorong untuk menggapai objek. Tempatkan mainan favoritnya sehingga dia meraih dan mengingatnya sambil melatih kemampuan merangkaknya.
disarikan dari http://bidanku.com
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails