Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

BEBERAPA BERITA HEBOH TENTANG KESEHATAN DI TAHUN 2009

CERITA dari dunia medis tidak pernah ada habisnya dengan semakin beragamnya jenis penyakit serta perkembangan teknologi dunia kedokteran. Sepanjang 2009, ada beberapa kasus dan temuan kesehatan, mulai dari ibu yang melahirkan delapan bayi hingga temuan lemak cokelat yang dinyatakan bisa membakar lemak. Berikut 9 cerita kesehatan yang banyak menarik perhatian sepanjang 2009, seperti diuraikan situs webmd.

Octomom

Keputusan Nadya Suleman, 33, untuk mentransfer 6 embrio ke rahimnya saat dia telah mempunyai 6 bayi melalui proses in vitro fertilization (IVF) menjadi kontroversi. Banyak dokter dan bahkan ibunya, Angela Sulaiman, menyatakan keberatan. Tapi Nadia, yang tidak menikah dan tidak bekerja serta hidup dengan orangtuanya ini, merasa fit dan memilih meneruskan keputusannya. Kisah perempuan asal Kalifornia yang sukses melahirkan 8 bayi, karena 2 embrio (dari 6 embrio yang diimplan) terpisah, ini menjadi bahan perdebatan yang ramai di 2009.

Sedikit kemajuan vaksin AIDS

Dalam percobaan yang melibatkan 16,000 laki-laki dan perempuan Thailand, sebuah vaksin HIV hanya menunjukkan sedikit kemajuan dalam melindungi dari infeksi virus AIDS. Para peneliti berharap akan lebih sukses lagi dengan vaksin-vaksin lainnya.

Lemak cokelat untuk menurunkan berat badan

Anda bisa menurunkan 4.5 kilogram lemak setiap tahun tanpa berolahraga jika lemak cokelat di tubuh Anda diaktifkan. Peneliti terus mencari cara untuk membuat kandungan lemak cokelat di dalam tubuh semakin aktif.

Masalah acetaminophen

Berita mengenai acetaminophen, kandungan aktif di dalam tylenol, hangat dibicarakan tahun ini. Berita menyebutkan bahwa 56,000 kasus kunjungan ke ruang gawat darurat setiap tahun dipicu oleh penggunaan acetaminophen berlebih, sehingga badan pengawas obat dan makanan Amerika (FDA) menganjurkan pengurangan dosis untuk dewasa. Setiap orang dinyatakan mudah kelebihan acetaminophen karena banyak obat yang dijual di apotek dan obat flu, alergi, sakit kepala dan radang sendi yang diresepkan, mengandung acetaminophen.

Kontroversi mammogram

The U.S. Preventive Services Task Force menganjurkan screening rutin mammogram dimulai pada usia 50 untuk perempuan dengan risiko rata-rata. Anjuran ini membantah anjuran sebelumnya yang menyatakan screening dimulai di usia 40. Waktu mulai screening diundur karena kerugian seperti paparan radiasi, salah dignosis, penanganan berlebih dan kerugian psikologi dianggap lebih besar dibandingkan manfaatnya. Perubahan ini mendapat banyak kritikan dari kelompok medis lainnya.

Kematian selebritis akibat kanker

Aktris Farrah Fawcet meninggal di usia 62 akibat kanker anal (dubur). Aktris ini terkenal lewat serial TV Charlies's Angels. Kanker pankreas menjadi pemicu meninggalnya aktor Patrick Swayze di usia 57. Senator Ted Kennedy juga meninggal di usia 77 akibat kanker otak.

Kematian Michael Jackson akibat propofol

Keracunan propofol akut dinyatakan sebagai penyebab kematian raja pop Michael Jakson. Obat penenang tersebut diresepkan oleh dokter pribadi Michael untuk membantunya tidur. Kematian Michael dituduh sebagai pembunuhan, tetapi tuntutan pidananya belum diajukan.

Penarikan produk kacang yang mengandung salmonella

Di awal 2009, penyelidik kesehatan Minnesota menghubungkan infeksi salmonella misterius dengan produk kacang tanah. Setelah itu ditemukan bahwa semua produk, mulai dari es krim hingga makanan anjing, kemungkinan membawa kacang tanah yang telah terkontaminasi salmonella. Hasil hitungan menyebutkan 3,919 produk ditarik dari pasaran, menyebabkan 714 kasus penyakit di 46 negara bagian dan aling tidak menyebabkan 9 kematian.

Penyebaran virus flu babi

Cerita kesehatan paling top tahun ini dimulai pada 21 April lalu saat Centers for Disease Control (CDC) menyelidiki rangkaian virus flu baru pada manusia. Virus H1N1 ini dikhawatirkan akan menyebar cepat ke seluruh penjuru dunia.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BEBERAPA BERITA HEBOH TENTANG KESEHATAN DI TAHUN 2009"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner