Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Menyusui Kurangi Risiko Pradiabetes

MENYUSUI tidak hanya bagus untuk kesehatan dan kecukupan nutrisi bayi tetapi juga melindungi ibu dari penyakit diabetes dalam kehidupan selanjutnya. Studi terbaru yang dipublikasikan di jurnal Diabetes menyebutkan, menyusui selama sebulan bisa mengurangi risiko pradiabetes hingga setengahnya. Pradiabetes merupakan suatu kondisi yang bisa memicu diabetes dan penyakit jantung.

Studi yang berlangsung selama 20 tahun ini menemukan, para ibu yang menyusui memiliki kadar lemak dan glukosa darah yang lebih sehat dibandingkan mereka yang menyusui bayi dengan botol.

Dalam studi ini, para peneliti melibatkan 704 perempuan yang sedang menunggu kelahiran anak pertama. Para peneliti melihat perkembangan sindorm metabolik (kondisi pradiabetes) selama 20 tahun setelah mereka melahirkan.

Hasil studi menunjukkan, menyusui bisa mengurangi risiko diabetes antara 39 dan 56 persen bergantung pada lamanya menyususi. Perempuan yang mengalami diabetes gestasional (memiliki glukosa darah tinggi selama kehamilan), bahkan mendapat perlindungan yang lebih besar di usia selanjutnya, dengan pengurangan risiko diabetes antara 44 dan 86 persen.

"Masih belum jelas bagaimana menyusui mengurangi risiko diabetes," tutur Dr Erica Gunderson dari Kaiser Permanente care organisation di California, seperti dikutip situs dailymail. Menurut dia, efek ini tidak disebabkan oleh perbedaan penambahan berat badan, aktivitas fisik atau pola hidup sehat
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menyusui Kurangi Risiko Pradiabetes"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner