Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Mengenal Penyakit KOLESTEROL


Kolesterol sebenarnya merupakan salah satu komponen lemak. Seperti kita ketahui, lemak merupakan salah satu zat gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh kita disamping zat gizi lain seperti karbohidrat, protein, vitamin dan mineral.


Lemak merupakan salah satu sumber energi yang memberikan kalori paling tinggi. Disamping sebagai salah satu sumber energi, sebenarnya lemak atau khususnya kolesterol memang merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita terutama untuk membentuk dinding sel-sel dalam tubuh. Kolesterol juga merupakan bahan dasar pembentukan hormon-hormon steroid. Tetapi bila kolesterol dalam tubuh berlebih akan tertimbun didalam dinding pembuluh darah dan menimbulkan suatu kondisi yang disebut aterosklerosis yaitu penyempitan atau pengerasan pembuluh darah. Kondisi ini merupakan cikal bakal terjadinya penyakit jantung dan stroke.


Kolesterol yang kita butuhkan tersebut, secara normal diproduksi sendiri oleh tubuh dalam jumlah yang tepat. Tetapi ia bisa meningkat jumlahnya karena makanan ekstern yang berasal dari lemak hewani, telur dan yang disebut sebagai makanan sampah (junkfood).


Apa yang terjadi dalam tubuh ?

Unsur-unsur lemak dalam darah terdiri atas kolesterol, trigliserida, fosfolipid dan asam lemak bebas. Hanya seperempat dari kolesterol yang terkandung dalam darah berasal langsung dari saluran pencernaan yang diserap dari makanan, sisanya merupakan hasil produksi tubuh sendiri oleh sel-sel hati.


Lemak yang terdapat dalam makanan akan diuraikan menjadi kolesterol, trigliserida, fosfolipid dan asam lemak bebas pada saat dicerna dalam usus. Keempat unsur lemak ini akan diserap dari usus dan masuk kedalam darah. Kolesterol dan unsur lemak lain tidak larut dalam darah. Agar dapat diangkut dalam aliran darah, kolesterol bersama dengan lemak-lemak lain (trigliserida dan fosfolipid) harus berikatan dengan protein untuk membentuk senyawa yang larut dan disebut dengan lipoprotein


Kilomikron merupakan liprotein yang mengangkut lemak menuju ke hati. Dalam hati, ikatan lemak tersebut akan diuraikan sehingga terbentuk kembali keempat unsur lemak tersebut, dan asam lemak yang terbentuk akan dipakai sebagai sumber energi atau bila jumlahnya berlebih akan disimpan dalam jaringan lemak. Bila asupan kolesterol tidak mencukupi, sel hati akan memproduksinya. Dari hati, kolesterol diangkut oleh lipoprotein yang bernama LDL ( Low Density Lipoprotein ) untuk dibawa ke sel-sel tubuh yang memerlukan termasuk ke sel otot jantung, otak dan lain-lain agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya.


Kelebihan kolesterol akan diangkut kembali oleh lipoprotein yang disebut HDL ( High Density Lipoprotein ) untuk dibawa kehati yang selanjutnya akan diuraikan lalu dibuang ke dalam kandung empedu sebagai asam ( cairan ) empedu.


LDL mengandung lebih banyak lemak daripada LDL sehingga ia akan mengambang di dlam darah. Protein utama yang membentuk LDL adalah Apo-B (apolipoprotein-B). LDL dianggap sebagai lemak yang “jahat” karena dapat menyebabkan penempelan kolesterol di dinding pembuluh darah. Sebaliknya HDL disebut sebagai lemak yang baik karena dalam operasinya ia membersihkan kelebihan kolesterol dari dinding pembuluh darah dengan mengangkutnya kembali ke hati. Protein utama yang membentuk HDL adalah Apo-A (apolipoprotein). HDL ini mempunyai kandungan lemak lebih sedikit dan mempunyai kepadatan tinggi atau lebih berat.


Bagaimana kolesterol menyebabkan sumbatan pada pembuluh darah?

Kolesterol yang berlebihan dalam darah akan mudah melekat pada dinding sebelah dalam pembuluh darah. Selanjutnya, LDL akan menembus dinding pembuluh darah melalui lapisan sel endotel, masuk ke lapisan dinding pembuluh darah yang lebih dalam yaitu intima. Makin kecil ukuran LDL atau makin tinggi kepadatannya makin mudah pula LDL tersebut menyusup ke dalam Iintima. LDL demikian disebut LDL kecil padat.


LDL yang telah menyusup ke dalam intima akan mengalami oksidasi tahap pertama sehingga terbentuk LDL yang teroksidasi. LDL-teroksidasi akan memacu terbentuknya zat yang dapat melekatkan dan menarik monosit (salah satu jenis sel darah putih) menembus lapisan endotel dan masuk ke dalam intimadisamping itu LDL-teroksidasi juga menghasilkan zat yang dapat mengubah monosit yang telah masuk ke dalam intima menjadi makrofag.


Sementara itu LDL-teroksidasi akan mengalami oksidasi tahap kedua menjadi LDL yang teroksidasi sempurna yang dapat mengubah makrofag menjadi sel busa. Sel busa yang terbentuk akan saling berikatan membentuk gumpalan yang makin lama makin besar sehingga membentuk benjolan yang mengakibatkan penyempitan lumen pembuluh darah


Keadaan ini akan semakin memburuk karena LDL akan teroksidasi sempurna juga merangsang sel-sel otot pada lapisan pembuluh darah yang lebih dalam (media) untuk masuk ke lapisan intima dan kemudian akan membelah-belah diri sehingga jumlahnya semakin banyak.


Uraian tersebut diatas menunjukan bahwa terjadinya sumbatan pada pembuluh darah tidak semudah yang kita bayangkan. Kadar kolesterol yang tinggi perlu diwaspadai karena merupakan cikal bakal proses penyumbatan pembuluh darah, terlebih lagi bila yang meninggi adalah kadar kolesterol LDL, yang kita kenal sebagai lemak “jahat”. Kalau kita lihat mekanisme pembentukan sumbatan pembuluh darah diatas, LDL semakin berbahaya bila mempunyai ukuran kecil dengan kepadatan tinggi atau yang kita kenal sebagai LDL-kecil-padat.




READ MORE - Selengkapnya

GAMBAR TAHAPAN OPERASI UBAH JENIS KELAMIN

Operasi Mengubah Jenis Kelamin


Kulit Penis dan Skrotum Dikupas

Testis Di Potong


Menanggalkan sebagain kulit Skortum


Memendekkan Uretra


Jaringan Erektil di Potong


Saraf Penis dipisahkan


Saraf harus dipertahankan untuk memungkinkan terjadinya Orgasme


Sekarang, operasi pemisahan sudah lengkap


Rongga Vagina dibentuk

Sisa penis dipotong

Sisa penis dan jaringan di masukkan kedalam

Pembentukan alur vagina

Stent dimasukkan untuk mengatasi penyempitan kembali

Zat khusus di semprotkan

Menyambung kulit skrotum dengan kulit perut

Terahir, pembentukan labia dan Klitoris




Beautiful Human made….


Dikutip dari: www.sexchange.us
READ MORE - Selengkapnya

PENYAKIT INSOMNIA ATAU SUSAH TIDUR

Sulit tidur atau lebih dikenal dengan insomnia merupakan hal wajar yang dialami oleh sebagian orang karena terjadi gangguan dalam fungsi otak. Stres, cemas oleh keadaan lingkungan tempat dia tinggal dan bekerja, bisa menjadi pemicu insomnia.

Mereka yang mengalami insomnia dapat melewatkan waktu selama berjam-jam sepanjang malam tanpa mampu tidur. Ini sangat menyiksa dan mengganggu kinerja tubuh si penderita. Tak jarang tubuhnya sangat lunglai, pucat, dan kurang bersemangat.

Obat-obatan tertentu memang bisa menenangkan pikiran si penderita, namun pemakaiannnya harus benar-benar diawasi dan hanya pada waktu dibutuhkan.

A. Penyebab Insomnia
  1. Pemakaian obat-obatan terlarang bisa menyebabkan seseorang mengalami insomnia
  2. Pengobatan medis yang salah juga dapat mengakibatkan insomnia
  3. Perubahan jam kerja yang makin ketat
  4. Kondisi lingkungan yang miskin
  5. Depresi
  6. Stres
  7. Tubuh sedang sakit
  8. Diet yang terlalu memaksa
  9. Jet lag
  10. Kebisingan yang memekakkan telinga
  11. Ranjang tidur yang terlalu empuk
  12. Problem psikologi
  13. Dan penyebab-penyebab lain

B. Tipe-tipe Insomnia

Meskipun efek insomnia dialami sebagian besar dalam tempo yang singkat, beberapa orang baru menyadari setelah insomnia yang mereka derita parah. Oleh sebab itu diperlukan informasi tentang insomnia secara detail.

Berikut tipe insomnia:

1. Transient insomnia

Durasi insomnia ini hanya satu atau beberapa hari. Biasanya disebabkan oleh stres baru, situasi dramatis yang mengguncang hidup si penderita

Jika Anda mengalami insomnia sekilas, hanya beberapa hari, dipastikan Anda mengalami jenis insomnia ini.

Kafein, rokok, dan obat-obatan tertentu dapat mengurangi insomnia jenis ini. Tapi usahakan untuk menghindarinya karena menimbulkan kecanduan.

2. Short term insomnia

Jenis insomnia ini agak lama durasinya diibandingkan jenis yang pertama. Antara 1 hingga 3 minggu.

Untuk kaum perempuan, insomnia ini sering dialami ketika ada perubahan hormonal di dalam tubuh mereka. Selama menstruasi, hormon progesteron mengalami penurunan sehingga efek insomnia jenis ini akan timbul.

Insomnia ini juga dialami oleh mereka yang berada di pekerjaan yang menekan.Terlalu terang ruang tidur Anda juga bisa menyebabkan short term insomnia. Hal ini dikarenakan hormon melatonin yang dihasilkan oleh otak bagian tengah mengalami gangguan

3. Chronic insomnia

Jika Anda mengalami kesulitan tidur setiap hari dalam satu bulan atau lebih, bisa dipastikan Anda mengalami jenis insomnia kronis. Seluruh kegiatan dan pekerjaan Anda akan serta merta terganggu. Kesehatan si penderita juga akan turun drastis

4. Primary chronic insomnia

Insomnia ini terjadi ketika gejala yang ditunjukkan tidak sesuai dengan kondisi fisik dan mental penderita5. Secondary chronic insomnia
Kondisi ini dialami oleh mereka yang mengalami depresi dan kelaianan gangguan emosional dan fisik.

Dari data penelitian, 10% dari orang dewasa berpotensi mengalami insomnia jenis ini.

C. Beberapa anjuran agar dapat tidur:

  1. Lakukan kesibukan sepanjang hari atau olahraga ringan siang dan sore hari
  2. Jangan minum kopi atau teh kental, terutama pada sore hari dan malam hari.
  3. Usahakan makan malam harus kenyang agar badan cukup rileks untuk beristirahat
  4. Minumlah segelas susu hangat atau susu campur madu sebelum tidur
  5. Mandi dengan air hangat sebelum tidur dan jangan tidur siang
  6. Jika Anda tetap tidak dapat tidur, cobalah meminum antihistamin seperti promethazine atau dimenhydrinate setengah jam sebelum tidur. Obat-obatan ini kurang menyebabkan ketagihan dibandingkan obat lain yang lebih keras
    Bangun dan baca buku dan dengarkan musik yang bersifat menenangkan.

D. Untuk mengobati Insomnia:

  1. Akupuntur
  2. Ini untuk menetralisir racun yang ada di dalam tubuh sehingga aliran darah menjadi lancar.
  3. Olahraga (Renang dan Yoga)
  4. Semua olahraga pada prinsipnya sama, yakni memperlancar sistem metabolisme tubuh. Namun renang dan yoga layak menjadi pilihan karena seluruh otot tubuh bergerak secara maksimal.
  5. Obat-obatan Medis
  6. Harap menggunakan obat dengan pengawasan dokter.
READ MORE - Selengkapnya

INFEKSI JAMUR KULIT ATAU TINEA


Kulit berjamur adalah penyakit yang identik dengan ‘jorok’. Namun sebenarnya, kulit berjamur belum tentu diakibatkan oleh hidup yang jorok. Ada berbagai macam infeksi jamur di kulit, namun kali ini kita akan membahas mengenai infeksi jamur yang disebabkan oleh Tinea, yang dapat menyerang bukan hanya kulit, tetapi juga kuku.

Tinea adalah salah satu infeksi jamur yang paling sering menyerang masyarakat. Tinea memiliki ciri khas dengan adanya keluhan kulit yang menyerupai adanya cacing di bawah kulit, namun sebenarnya tidak ada cacing di bawah kulit. Gambaran infeksi Tinea di kulit adalah seperti cincin kemerahan & meradang yang di tengah cincin tersebut ada kulit yang terlihat sehat. Infeksi tinea juga biasanya disertai rasa gatal, terutama saat berkeringat.

Seseorang dapat terkena infeksi Tinea di kulitnya dikarenakan tertular karena bersentuhan dengan orang lain yang sudah terlebih dahulu terinfeksi Tinea, atau menyentuh permukaan suatu benda yang lembab (tempat hidup favorit jamur) di tempat umum (misalnya WC umum). Seseorang juga dapat tertular dari binatang peliharaan mereka, seperti anjing, kucing, atau ternak.

Tinea dapat menyerang banyak bagian tubuh, dari mulai kulit kepala, pundak, dada, perut, lengan, tangan, selangkangan, sela-sela jari kaki, sampai kuku tangan & kaki. Ada ciri khas untuk infeksi Tinea di kulit kepala, yaitu hilangnya rambut di kulit yang terinfeksi.

Untuk mengetahui kepastian terkena infeksi Tinea, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter, karena banyak penyakit kulit lain yang menyerupai infeksi Tinea, sehingga pengobatannya juga berbeda.Pengobatan untuk infeksi Tinea dapat berupa obat yang dioleskan di tempat yang terinfeksi ataupun pengobatan yang harus diminum, terutama pada infeksi Tinea yang luas.

Pengobatan untuk infeksi Tinea adalah pengobatan yang tidak singkat, dimulai dari 2 minggu sampai berbulan-bulan untuk infeksi yang luas/berat. Sering kali infeksi ini kambuh karena pengobatan yang tidak tuntas, dikarenakan orang yang terinfeksi tinea biasanya menghentikan pengobatan ketika rasa gatal mulai hilang.

Untuk mencegah terinfeksi Tinea, yang harus dilakukan adalah menjaga kulit tetap bersih & kering.

Selain itu, hal-hal berikut dapat dilakukan untuk mencegah infeksi Tinea:
  • Gunakan pakaian & pakaian dalam yang menyerap keringat
  • Hindari penggunaan pakaian yang berlapis-lapis atau tebal, terutama di daerah tropis/panas
  • Jangan gunakan pakaian & alas kaki yang basah
  • Keringkan tubuh setiap kali setelah mandi atau terkena air
  • Ganti pakaian dalam & kaus kaki setiap hari
  • Gunakan alas kaki di tempat umum
  • Jangan saling meminjam pakaian & sepatu dengan orang lain
  • Obati hewan peliharaan yang terkena infeksi kulit


sumber : konsulsehat.com

READ MORE - Selengkapnya

BAGAIMANA MENJAGA KESEHATAN

Sehat dan kesehatan itu sebenarnya mudah, simple dan yang penting gratis. Tapi sebagai manusia, banyak hambatan untuk menjalankannya dan sering mengabaikan yang gratis-gratis itu. Tips klikgratis.com kali ini adalah hidup sehat secara gratis. Tak perlu obat tak perlu suntik.
Ayo ayo silakan dibaca dan dipraktikkan :-) Artikel yang kami dapatkan dari Edrward Forrer ini menerangkan kesehatan merupakan langkah awal untuk dapat melakukan aktivitas demi mencapai segala yang kita cita - citakan. Untuk itu kami ingin berbagi tips dengan Anda, bagaimana cara menjaga agar tubuh agar tetap sehat, berikut tipsnya.. semoga bermanfaat:
1. Berolahraga
Keuntungan yang didapat dari latihan dan aktivitas fisik:
  • Mengurangi resiko dari kematian dini
  • Mengurangi resiko dari terkena serangan jantung atau meninggal karena serangan jantung
  • Mengurangi kolesterol tinggi atau resiko terkena tekanan darah tinggi
  • Mengurangi kolesterol tinggi atau resiko dari terkena kolesterol tinggi
  • Mengurangi resiko dari terkena kanker usus dan payudara
  • Mengurangi resiko dari terkena diabetes
  • Mengurangi atau menjaga berat badan
  • Membangun dan menjaga otot, tulang, dan sendi
  • Mengurangi depresi dan ketakutan
  • Mengembangkan jiwa yang baik secara psikologikal
  • Peningkatan prestasi kerja, olahraga, dan hiburan
2. Memakan makanan sehat
Jika anda ingin untuk tetap sehat dan hidup lebih lama, anda harus memakan makanan diet yang sehat. Rutinitas dari memakan makanan yang sehat akan membantu anda melawan masalah-masalah kesehatan dan memperbaiki cara dari tubuh anda berfungsi. Hal ini akan membantu anda untuk merasa lebih baik dengan diri anda sendiri.
Sangat mudah untuk jatuh ke dalam jebakan dari membeli makanan setiap malam karena anda tidak mempunyai waktu atau energi yang cukup untuk memasak sesuatu yang sehat. Anda harus melakukan di hari rutinitas anda untuk memakan buah segar atau sayuran, dengan contoh: Apel, Pisang, Stroberi, Nanas, Bluberi, Anggur, Wortel, Kentang, Kacang-kacangan, Brokoli, dll Daftar ini akan terus berlanjut dan anda akan menemukan bahwa masih ada banyak buah dan sayuran yang dapat anda nikmati. Cobalah dan dapatkan sesuatu yang baru.
Keuntungan dari memakan makanan sehat
Energi: Diet yang sehat akan menyediakan energi lebih banyak untuk anda, membuat anda merasa lebih baik, dan dapat membantu anda mengatasikesetresan.
Mencegah Penyakit: Memakan makanan sehat dapat membantu untuk melindungi anda dari kanker, erangan jantung, diabetes, dan masalah dengan tekanan darah. Anda juga dapat menguatkan system kekebalan tubuh anda.
Menjaga Berat Badan: Memakan makanan sehat dapat membantu anda mengurangi beberapa dari jumlah berat badan anda dan akan mengurangi lemak tak penting yang masuk dalam tubuh.
Kulit yang Sehat: Semua orang khususnya wanita menginginkan hal ini!! Seperti yang sering dikatakan – “Sebuah apel sehari dapat menjauhkan dokter darimu”. Anda harus memastikan bahwa anda memakan buah dan sayuran setiap hari dan setidaknya 5 porsi.
Pastikan bahwa anda memakan makanan diet yang seimbang dan sesekali (sekali sebulan) memakan makanan yang berlemak atau fastfood tidak akan membuat anda sakit – asal tidak dilakukan setiap hari. Keuntungan dari memakan makanan yang sehat secara terus menerus akan meningkatkan cara hidup anda secara drastis.
Sekarang lakukan dan makan sesuatu yang menyehatkan dan mulai seperti yang anda maksudkan untuk melakukannya terus !
3. Mengatasi Stress
Berfikir tentang waktu-waktu di hidup anda ketika anda merasa stres. Mungkin ketika memberikan presentasi dalam pekerjaan, mengkhawatirkan anak-anak anda, berlomba untuk mencapai target waktu, atau bertengkar dengan pasangan anda. Mengingat ketika jantung anda berdetak kencang an anda susah bernafas? Orang-orang dengan penyakit gagal jantung harus menghindari gejala fisik seperti itu yang menunjukkan kesetresan. Stres dan kekhawatiran yang sangat emosional membuat jantung bekerja lebih keras, yang dapat membuat gejala-gejala yg lebih buruk. Hal itu menjawab mengapa pasien dan orang-orang terdekat yang menyayanginya harus bekerja sama untuk menjaga dan mengendalikan kesetresan.
Biasanya, orang-orang dengan penyakit gagal jantung merasa khawatir dengan diagnosa mereka dan apa yang akan terjadi kepada mereka atau keluarga mereka. Dan setiap orang punya beberapa hal yang menyebabkan stress yang “dipicu” – hal-hal seperti lalu lintas pada jam-jam sibuk, bos yang banyak menuntut, konflik atau masalah keuangan dalam keluarga. Tidak ada yang dapat mengendalikan semua tantangan ini, tetapi ada cara untuk mengatasi hal seperti itu menjadi lebih baik.
Di bawah ini adalah 12 strategi yang bagus untuk mengurangi tingkat kesetresan. Gunakanlah jika anda mempunyai penyakit gagal jantung, atau berikanlah kepada orang yang anda sayangi yang mempunyainya.
  • Berbicara dengan keluarga, teman, pemuka agama atau penasehat lain yang terpercaya tentang masalah atau kestresan anda dan minta dukungan mereka.
  • Ambil 15 sampe 20 menit sehari untuk duduk diam, bernafas dalam-dalam dan memikirkan tempat yang damai.
  • Belajar untuk menerima sesuatu yang anda tidak dapat merubahnya. Anda sebenarnya tidak harus memecahkan semua masalah dalam hidup.
  • Hitung sampai 10 sebelum menjawab atau memberikan tanggapan ketika anda sedang merasa marah.
  • Jangan merokok, minum minuman keras, makan yang banyak, mengkonsumsi obat-obatan atau kafein untuk mengatasi kesetresan. Hal ini hanya membuat keadaan lebih buruk.
  • Mencari yang baik di setiap situasi daripada yang buruk.
  • Olahraga secara teratur. Lakukan sesuatu yang anda senangi, seperti berjalan kaki, berenang, jogging, bermain golf, menemani binatang peliharaan untuk berjalan-jalan, tai chi atau naik sepeda. Konsultasi dengan dokter anda untuk memutuskan aktifitas apa yang baik untuk anda.
  • Berfikir kedepan tentang sesuatu yang akan membuatmu kecewa dan berusaha untuk menghindarinya. Sebagai contoh, kurangi untuk melewatkan waktu bersama orang-orang yang mengganggu anda. Jika anda masih bekerja atau menjadi sukarelawan, potong waktu kerja anda dan sesuaikan jadwal anda untuk menghindari mengemudi di lalu lintas pada jam sibuk.
  • Rencanakan solusi yang produktif untuk setiap masalah, sebagai contoh, bicara dengan tetangga anda jika anjing peliharaan di sebelah rumah menganggu anda, dan atur batasan yang jelas tentang seerapa besar bantuan yang dapat anda lakukan untuk setiap anggota keluarga.
  • Belajar untuk mengatakan tidak. Jangan berjanji terlalu banyak. Beri diri anda waktu yang cukup untuk menyelesaikan segala hal.
  • Ikuti group yang saling memberikan dukungan…mungkin untuk orang-orang dengan penyakit jantung, untuk pria, wanita, untuk orang-orang yang sudah pensiun.
  • Mencari pembimbing atau penasehat kesehatan mental jika anda tidak dapat mengatasinya sendiri. Menolong orang adalah bidang mereka. Tanya dokter anda, keluarga atau teman untuk rekomendasi. Jika mereka tidak dapat menolong. Tanya beberapa nama kepada pemuka agama atau pekerja sosial di rumah sakit.

4. Menyediakan Waktu untuk Tertawa
Tertawa dianjurkan untuk membantu anda untuk memerangi penyakit dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda, tertawa akan mengurangi sakit, tertawa meningkatkan suasana hati anda, tertawa membuat anda lebih santai. Peneliti menyarankan bahwa kita harus mencoba untuk tertawa lebih sering. Dengan hal yang sama bahwa kita mencoba untuk memakan lima porsi buah dan sayuran sehari dan menaiki tangga daripada menaiki lift, mungkin kita perlu untuk menyediakan waktu untuk tertawa yang enak. Kita bisa melakukan atau membaca sesuatu yang mengandung lelucon atau menonton video yang lucu dan mencoba untuk mencari cara agar kita tidak terlalu serius dalam melakukan sesuatu. Rekomendasi untung jantung yang sehat yaitu melakukan setiap hari – olahraga, makan yang teratur, dan tertawa”

5. Minum Air Putih yang Cukup
Air – Pembuat Keajaiban. Air biasa -- ketika itu murni dan bebas dari segala kontaminasi -- merupakan benar-benar “obat manjur”. Tanpa bahan kimia, zat adiktif, atau apapun yang tidak natural, dosis yang stabil 8 gelas air perhari (idealnya ½ dari berat badan tubuh anda terdiri dari air) akan:
Meningkatkan energi andaMeningkatkan performa mantal dan fisik andaMengeluarkan racun dan pembuangan dari tubuh andaMenjaga kulit sehat dan bercahayaMembantu anda menurunkan berat badanMengurangi sakit kepala atau pusingMembuat pencernaan lancarMembantu anda memiliki lebih banyak Alkali

6. Membiasakan Tidur yang Cukup
Keuntungan dari tidur yang cukup – Tidur dapat menjaga anda tetap sehat, kelihatan lebih muda dan merasa hebat! Salah satu yang paling efektif dan gratis yang dapat anda lakukan untuk memerangi ketuaan adalah dengan membiasakan tidur yang cukup. Hal ini kedengaran sangat klise tetapi, ketika anda memikirkan tentang keuntungan-keuntungan yang didapat dari tidur, anda akan menyadari bahwa betapa ritual malam tersebut sangat penting untuk anda.

7. Memiliki Sikap Mental yang positif
Kekuatan dari sikap positif. Keuntungan dari pemikiran positif, sikap mental yang positif dan optimis Sikap positif, bersamaan dengan pandangan yang optimis dan pemikiran yang positif, dapat memberikan kesehatan yang lebih baik dan kebahagiaan yang lebih besar.
Apa artinya Sikap? Sikap adalah sebuah posisi mental yang berhubungan dengan cara berfikir atau kelakuan; yang dapat merujuk pada apapun yang anda percayai. Jadi, sikap positif yang dimaksud adalah kecenderungan untuk selalu bersikap optimis, keadaan pikiran yang penuh harapan. Karakterisasi dari orang yang mempunyai sikap positif dan optimis: Orang-orang yang optimis percaya bahwa mereka bertanggungjawab untuk melakukan sesuatu yang baik dan sesuatu yang baik akan datang kepada mereka. Jika yang datang malah sesuatu yang buruk, orang-orang optimis cenderung untuk melupakannya sebagai kejadian yang sudah berlalu, sebuah keanehan, atau sesuatu yang berada diluar kuasa mereka; orang-orang optimis percaya hal-hal akan lebih baik di masa depan.

Berpikir positif membutuhkan latihan. Jika anda adalah seseorang yang pertama berfikir negatif tentang sesuatu yang terjadi, beranikanlah diri untuk mencari tahu bahwa langkah pertama untuk mempunyai sikap dan pemikiran yang positif adalah dengan memikirkan sebaliknya. Sikap pesimis anda dalam berpikir adalah kebiasaan; kebiasaan dapat di ubah. Ketika anda sedang berfikir pesimis kepada diri anda sendiri tentang sebuah kejadian dalam hidup anda, pertama-tama evaluasi kejadiannya.

Apa yang menjadi fakta--bukan ketakutan--tetapi fakta? Lalu, pikirkan tentang penjelasan alternatif dan kesimpulan untuk selanjutnya. Ketika mobil tua anda tiba-tiba membuat suara-suara yang aneh, anda dapat berubah ke kesimpulan yang pesimis bahwa perbaikannya akan sangat mahal, tetapi mungkin perbaikan sederhana akan menyelesaikan masalah. Ingatkan diri anda untuk mengikuti pendekatan ini dengan pernyataan harian seperti ini: Ketika saya mempunyai pikiran negatif, sayasecepatnya mengevaluasi fakta dan berfikir alternatif positif yang juga menyesuaikan fakta.

8. Tidak Merokok, Tidak Mengkonsumsi Kafein, Alkohol, Obat-obatan Terlarang, dan Menghindari Menjadi Perokok Oasif
HINDARI SEMUA ITU DAN ANDA AKAN BAIK-BAIK SAJA. Catatan: Perokok pasif terjadi ketika orang seseorang menghembuskan asap rokoknya dan asap itu terhirup oleh orang lain yang tidak merokok. Perokok pasif dikategorikan jika menghirup karsinogen, sama dengan komponen beracun lainnya, yang ada di rokok tembakau. Perokok pasif diketahui sering membahayakan anak-anak, bayi, dan kesehatan reproduksi melalui penyakit turunnya fungsi pernafasan yang akut, gejala asma, gejala penyakit pernapasan yang kronis, radang telinga, turunnya berat badan bayi ketika dilahirkan, dan kematian tiba-tiba.

9. Hindari Kegetiran: Ampunilah Orang-orang yang Telah Menyakiti Anda dan Lupakanlah!
Pengampunan, baik untuk kesehatan anda. Keuntungan dari mengampuni akan membuat keputusan untuk mengampuni akan membantu meningkatkan hubungan anda dengan sesama dan anda akan menjadi lebih baik kepada diri anda sendiri. Jika anda memendam dendam, hal itu hanya akan membuat anda sendiri sakit.

Ketika anda menolak untuk memaafkan seseorang, anda malah lebih sakit adalah anda sendiri. Hal yang kecil akan menjadi besar dan hal itu akan menyangkut hubungan anda dengan orang lain selanjutnya di masa depan. Menahan dendam seperti itu akan berdampak kepada sikap anda sekarang, bagaimana anda memperlakukan orang lain dan bahkan memperhatikan kesehatan anda. Ketika anda stress, dan getir atau marah, anda hanya akan menambah lebih banyak penyakit seperti sakit kepala, serangan jantung, serangan kekhawatiran, dan bahkan kanker. Anda juga tidak akan bias memaafkan diri anda atas kesalahan yang anda perbuat di masa lalu.

Menolak memaafkan merupakan permasalahan yang dapat merusak perkawinan. Timbunan masalah yang tidak terpecahkan cenderung dapat terungkap dengan cepat hanya dengan sedikit provokasi. Ketidaksepakatan yang sangat sederhana dapat berubah menjadi perang mulut dimana seseorangdiingatkan kembali kepada kejadian buruk yang mereka perbuat 10 atau 20 tahun yanglalu.

Sebagai orang tua, sangat penting untuk membuat contoh bagaimana menangani luka masa lalu. Ketika anda mengajari ketidaktoleransian, kekakuan dan menyuruh untuk menahan dendam, anda meningkatkan kesempatan untuk merusak keluarga anda sendiri dan kemungkinan dari anak anda berpencar atau menolak untuk berbicara dengan orang lain. Memaafkan merupakan hal yang tidak selalu mudah dan hal itu memerlukan usaha dengan kesadaran yang terus menerus. Beberapa orang berpikir bahwa ketika mereka memaafkan, semua akan terlupakan dan rasa sakitnya akan langsung menghilang. Hal ini merupakan pengharapan yang tidak realistis karena memaafkan seseorang merupakan proses yang kadang-kadang cukup lama.

Langkah pertama dari memaafkan adalah dengan berniat untuk melakukan hal itu. Jika ingatan yang pedih masih sering mengganggu, ingatkan diri anda “Saya telah memaafkan dia”. Tulis hal itu atau mengatakannya dengan keras akan membantu anda memperkuat keputusan anda. Pada akhirnya rasa sakit itu akan hilang yang akan membuat anda dapat fokus pada masa kini dengan sikap yang lebih positif. Hal itu akan mulai terlihat dalam ekspresi wajah anda, pada kesehatan anda, dan dengan sikap kelembutan yang anda lakukan untuk memperlakukan diri anda sendiri dan sesama. Anda akan menjadi lebih sabar dengan diri anda sendiri yang dapat membantu anda menjadi kuat karena anda tidak akan takut seperti ketika anda membuat kesalahan, dan perasaan bersalah akan sedikit-sedikit berkurang.

Ketika anda pada akhirnya dapat melepaskan kepedihan masa lalu, itu akan sangat melegakan dan memberikan kekuatan karena anda tidak lagi membiarkan hal itu menguasai hubungan anda dengan sesama. Memberi tau kepada orang lain bahwa anda telah memaafkan mereka tidak selamanya memungkinkan, perlu atau bahkan disarankan pada beberapa situasi. Dengan memutuskan untuk memaafkan orang lain anda berarti telah memberikan hadiah damai yang sangat berharga bagi anda sendiri, teman-teman anda, keluarga anda.

10. Mendonorkan Darah
Keuntungan dari pendonoran darah yang bagus bagi kesehatan anda. Hanya memerlukan waktu selama satu jam dari jadwal padat anda dan hal itu dapat menyelamatkan nyawa orang lain. Mendonorkan darah tidak hanya menguntungkan bagi yang menerima darah tetapi dapat meningkatkan kesehatan pada si pendonor. Apakah keuntungan buat kesehatan darimendonorkan darah?

Walaupun keuntungan yang paling jelas dari mendonorkan darah adalah perasaan luar biasa yang terpicu dari perasaan anda yang telah membantu memberikan sesuatu yang penting bagi orang lain yang membutuhkan, keuntungan dari mendonorkan darah sebenarnya dapat memberikan dampak besar yang positif bagi kesehatan si pendonor. Bagaimana donor darah dapat menolong berlebihnya zat besi? Donor darah membuang sejumlah zat besi yang berlebihan yang dapat menyebabkan embentukan radikal bebas dalam tubuh. Sebenarnya, penelitian telah menunjukkan bahwa laki-laki yang secara rutin mendonorkan darah mempunyai resiko paling kecil untuk terkena serangan jantung. Karena penyakit jantung menjadi penyakit nomer 1 dalam kasus kematian pria, maka dari itu, sangatlah penting mendonorkan darah untuk menghindarinya.

Bagaimana anda yakin bahwa anda tidak memberikan terlalu banyak zat besi bahkan yang diperlukan oleh tubuh anda? Sebelum anda diizinkan untuk mendonorkan darah, tingkat hemoglobin anda akan diperiksa dan tingkat zat besi anda akan di ukur. Jika semua itu dipertimbangkan terlalu rendah, anda tidak akan diizinkan untuk mendonorkan darah pada hari itu. Tingkat hemoglobin anda akan diawasi secara terus menerus pada saat anda mendonorkan darah dan anda hanya akan diizinkan untukmendonorkan darah selama 8 minggu sekali untuk mencegah pengeluaran zat besi yang terlalu banyak dari tubuh anda. Donor darah merupakan cara yang mudah dan gratis untuk mengawasi tingkat zat besi anda.

by. EDWARD FORRER

http://edwardforrer.co.id/

READ MORE - Selengkapnya

TIPS MENGATASI STRES

PADA musim semi tahun 1871, seorang lelaki muda mengambil sebuah buku dan membaca dua puluh satu kata yang akhirnya membekas sangat dalam di sanubarinya. Seorang mahasiswa kedokteran pada Montreal General Hospital sedang dihinggapi rasa cemas justru setelah ia berhasil menyelesaikan ujian terakhirnya dengan baik. Ia cemas, karena tak tahu apa yang akan dilakukannya, ke mana ia harus pergi, bagaimana membuka praktek, bagaimana mencari nafkah.
HIDUPLAH PADA HARI INI PADA musim semi tahun 1871, seorang lelaki muda mengambil sebuah buku dan membaca dua puluh satu kata yang akhirnya membekas sangat dalam di sanubarinya. Seorang mahasiswa kedokteran pada Montreal General Hospital sedang dihinggapi rasa cemas justru setelah ia berhasil menyelesaikan ujian terakhirnya dengan baik. Ia cemas, karena tak tahu apa yang akan dilakukannya, ke mana ia harus pergi, bagaimana membuka praktek, bagaimana mencari nafkah.
Kedua puluh satu kata yang pernah dibaca mahasiswa kedokteran tersebut telah menjadikannya dokter yang paling termasyhur pada jamnnya. Ia mengorganisir Hohn Hopkins School of Medicine yang terkenal di dunia. Ia menjadi Regius Professor of Medicine di Oxford, suatu gelar kehormatan tertinggi yang dapat disandang oleh seorang dokter di Inggris raya. Ia diangkat ksatria oleh Raja Inggris. Dan ketika ia meninggal dunia, dua jilid buku setebal 1.466 halaman yang memuat riwayat hidupnya diterbitkan. Dia adalah Sir William Osler, dan inilah dua puluh satu kata yang dibacanya pada musim semi tahun 1871 tersebut.
Dua puluh satu kata dari Thomas Carlyle yang menolongnya menempuh kehidupan bebas dari perasaan cemas: “Kepentingan utama kita bukanlah untuk melihat apa yang terletak samar-samar di kejauhan, tetapi untuk menggerakkan apa yang jelas berada di tangan,” “Our main business is not to see what lies dimly at a distance, but to do what lies clearly at hand”. Empat puluh dua tahun kemudian, pada suatu malam yang tenang di musm semi, di saat bunga-bunga tulip sedang mengembang di halaman ampus, orang itu, Sir William Osler, sedang berbicara dengan para mahasiswa di Yale University.
Ia mengatakan kepada para mahasiswa tersebut, bahwa orang seperti dirinya, yang telah menjadi professor pada empat buah universitas dan telah berhasil menulis buku yang sangat terkenal, tentunya memiliki “Otak yang istimewa.” Tetapi ia menyatakan bahwa hal tersebut sama sekali tidak benar. Ia mengatakan bahwa teman-teman dekatnya akan dapat menyatakan bahwa otaknya hanyalah “sedang-sedang saja.” Lalu, apa rahasia dari keberhasilannya? Ia menyatakan bahwa ia melakukan apa yang disebut: “HIDUP HARI INI.” Dan anda akan selamat-selamat untuk hari ini! Tutuplah masa lalu!
Biarkan masa lalu menguburkan dirinya. Beban hari esok, ditambahkan pada kemarin dan harus kamu pikul hari ini, akan menimbun keragu-raguan yang semakin tajam. Tutuplah pintu hari esok… hari esok adalah hari ini … tak ada hari esok. Hari keselamatan manusia adalah hari ini. Pemborosan energi, tekanan mental, kecemasan akan selalu membuntuti orang yang terlalu rindu akan masa depan… Tutup dan kuncilah, serta biasakan untuk
“HIDUP HARI INI” Apakah Dr. Osler bermaksud untuk menyatakan bahwa kita tidak boleh berusaha untuk mempersiapkan hari depan? Bukan, bukan demikian! Ia ingin menyatakan kemungkinan terbaik untuk menyiapkan masa depan adalah dengan menekuni seluruh kepandaian kita yang ada, dengan seluruh semangat yang kita punya, untuk mengerjakan dengan berhasil seluruh tanggungjawab hari ini. Hanya dengan cara itulah masa depan dapat dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. Beberapa tahun yang lalu, seorang ahli filsafat yang sangat miskin, berkelana di daerah di mana orang-orang sangat sulit mencari nafkah.
Pada suatu hari berkerumunlah orang-orang daerah itu di hadapannya di kaki sebuah bukit, dan ia memberikan ceramah yang mungkin adalah yang paling berharga yang pernah diucapkan orang di sepanjang waktu. Kata-kata yang diucapkannya mendengung terus sampai berabad-abad lamanya. “Jangan cemas akan hari esok, karena hari esok akan memikirkan dirinya sendiri, ketika kita sudah berbuat tepat hari ini.” Kita memang harus berpikir tentang masa depan, mempersiapkannya, dengan menabung, masuk asuransi jiwa, dan sebagainya untuk menghadapi masa depan. Benar! – tetapi cemas – jangan!
Setiap saat anda selalu merasa cemas akan terserang kebingungan dan membuat kesalahan yang serius. Anda cemas memikirkan apakah anda akan mampu bertahan terus dengan pekerjaan ini. Juga cemas memikirkan apakah anda masih akan bisa memeluk anak satu-satunya yang anda miliki, anak laki-laki yang baru berusia satu setengah tahun dan belum pernah anda lihat sama sekali??
Kini anda harus berhasil menguasai ketakutan akan kesepian, ketakutan untuk berusaha. Kini anda harus merasa bahagia dan benar-benar berhasil serta memiliki semangat dan rasa cinta pada kehidupan. Anda tahu bahwa sekarang anda tak perlu takut lagi atau melalaikan apa yang diberikan oleh kehidupan pada diri anda. Kini bahkan anda tak perlu takut lagi akan masa depan. Anda sadari bahwa anda dapat hidup satu hari setiap saat dan itu adalah: “Setiap hari adalah hidup baru bagi mereka yang bijaksana.”
READ MORE - Selengkapnya

MANFAAT AIR PUTIH UNTUK MANUSIA

Tuhan telah memberi kita air yang banyak dan gratis. Tanpa mengeluarkan uang untuk obat-obatan, tablet, suntikan, diagnosa, upah dokter,dll. Hanya minum air minum, penyakit di bawah ini bisa disembuhkan. Anda tak akan percaya sebelum melakukannya.

Di bawah ini daftar penyakit yang dapat disembuhkan oleh terapi ini:


  • Sakit Kepala
  • Asma
  • Hosthortobics
  • Darah Tinggi
  • Bronchitis
  • Kencing Manis
  • Kurang Darah
  • TBC
  • Paru-paru
  • Penyakit Mata
  • Rematik
  • Radang Otak
  • Lumpuh
  • Batu Ginjal
  • Haid Tidak Teratur
  • Kegemukan
  • Penyakit Saluran Kencing
  • Leukimia
  • Radang/Sakit Persendian
  • Kelebihan Asam Urat
  • Kanker Peranakan
  • Radang Selaput Lendir
  • Mencret
  • Kanker Payudara
  • Gangguan Jantung
  • Disentri
  • Radang Tenggorokan
  • Mabuk, Pusing, Gamang
  • Ambeien
  • Sembelit
  • Batuk

Bagaimana Air Minum Itu Bekerja?
Meminum air minum biasa dengan metode yang benar, memurnikan tubuh manusia. Hal itu membuat usus besar bekerja dengan lebih efektif dengan cara membentuk darah baru, dalam istilah medis dikenal sebagai aematopaises. Bahwa mucousal fold pada usus besar dan usus kecil diaktifkan oleh metode ini, merupakan fakta tak terbantah, seperti teori yang menyatakan bahwa darah segar baru diproduksi oleh mucousal fold ini. Bila usus bersih, maka gizi makanan yang dimakan beberapa kali dalam sehari akan diserap dan dengan kerja mucousal fold, gizi makanan itu diubah menjadi darah baru.

Darah merupakan hal paling penting dalam menyembuhkan penyakit dan memelihara kesehatan, dan karena itu air hendaknya dikonsumsi dengan teratur.

Bagaimana Melakukan Terapi Air ini ?
Pagi hari ketika anda baru bangun tidur (bahkan tanpa gosok gigi terlebih dahulu) minumlah 1.5 liter air, yaitu 5 sampai 6 gelas. Lebih baik airnya ditakar dahulu sebanyak 1.5 liter. Ketahuilah bahwa nenek moyang kami menamakan terapi ini sebagai "usha paana chikitsa".
Setelah itu anda boleh mencuci muka. Hal yang sangat penting untuk diketahui bahwa jangan minum atau makan apapun satu jam sebelum dan sesudah minum 1.5 liter air ini. Juga telah diteliti dengan seksama bahwa tidak boleh minum minuman beralkohol pada malam sebelumnya. Bila perlu, gunakanlah air rebus atau air yang sudah disaring.

Apakah mungkin Minum 1.5 Liter Air Sekaligus?
Untuk permulaan, mungkin akan terasa sulit meminum 1.5 liter air sekaligus, tapi lambat laun akan terbiasa juga. Mula-mula, ketika latihan, anda boleh minum 4 gelas dulu dan sisanya yang 2 gelas diminum dua menit kemudian. Awalnya anda akan buang air kecil 2 sampai 3 kali dalam satu jam, tapi setelah beberapa lama, akan normal kembali.

Menurut penelitian dan pengalaman, penyakit-penyakit berikut diketahui dapat disembuhkan dengan terapi ini, dalam waktu seperti tertulis di bawah ini:

  • Sembelit - 1 Hari
  • TBC Paru-Paru - 3 Bulan
  • Kencing Manis - 7 Hari
  • Asam Urat - 2 Hari
  • Tekanan Darah - 4 Minggu
  • Kanker - 4 Minggu

Catatan : Disarankan agar penderita radang / sakit persendian dan rematik melaksanakan terapi ini tiga kali sehari, yaitu pagi, siang, dan malam satu jam sebelum makan-selama satu minggu, setelah itu dua kali sehari sampai penyakitnya sembuh.


Kami mohon dengan sangat, metode di atas dibaca dan dipraktekkan dengan seksama. Sebar luaskanlah pesan ini kepada teman-teman, sanak saudara dan tetangga karena hal ini merupakan persembahan pada kemanusiaan. Dengan rahmat Tuhan, setiap orang hendaknya menjalani hidup sehat


" BILAMANA ANDA BERPARTISIPASI DALAM PENEBARAN INFORMASI INI ANDA BAGAIKAN SEORANG DOKTER YANG TELAH MENYEMBUHKAN BERIBU-RIBU BAHKAN BERJUTA-JUTA MANUSIA "


[unknown]
sumber: milis kesehatan

READ MORE - Selengkapnya

PENYAKIT INSOMNIA ATAU SUSAH TIDUR


Mungkin jadi momok tersendiri buat kalian pencinta gosip yang susah tidur. Insomnia bisa jadi musuh terbesar kita, karena waktu istirahat bakal jadi waktu senggang buat ngitung jumlah domba atau bahkan muter sana sini keliling tempat tidur. Stt.. insomnia atau susah tidur juga bikin frustasi lho.


Tidur emang jadi kebutuhan penting. Tanpa tidur kita bakal kalah sebelum berperang plus dibayang-bayangi gangguan mood, emosi, konsentrasi dan jadi malas. Paling engga’ kalian musti tidur rata-rata 8


Gejala Insomnia - Gejala Susah Tidur :



  • Mengeluh kesulitan tidur

  • Tidur tidak tenang

  • Kesulitan menahan tidur

  • Sering terbangun ditengah malam

  • Sering terbangun lebih awal

  • Alami gangguan di siang hari : lelah, konsentrasi terganggu, memori terganggu, sakit kepala, mudah marah, mengantuk di siang hari.

Penyebab Insomnia - Susah Tidur :



  • Konsumsi Kopi - Begadang: Banyak orang mengandalkan kopi sebagai dopping buat melek di malam hari.

  • Nikotin : Dapat menjadi perangsang untuk tetap terjaga sepanjang malam.

  • Kafein : Termasuk dalam klan kafein adalah cokelat, teh dan soda. Bisa juga makanan kaleng atau siap saji.

  • Makanan pedas dan asam : Makanan ini akan membuat perut menjadi panas dan nyeri.

  • Penyebab Lain ; stress atau kecemasan, depresi, kelainan/penyakit kronis, efek samping obat, kurang berolah raga, perubahan lingkungan.

Cara Mengatasi Insomnia :



  • Dengan obat-obatan sesuai petunjuk dokter. Konsumsi obat ini harus dibarengi praktek tidur yang baik.

  • Menghindari kebiasaan tidur siang yang lama, waktu tidur dan bangun sesuai jadwal yang sama setiap hari

  • Mengurangi kekawatiran atau kecemasan, melakukan peregangan perlahan sebelum tidur.

  • Hilangkan semua minuman yang mengandung kafein setelah pukul 18.00.

  • Kurangi atau berhenti sama sekali merokok, hindari alkohol sebelum tidur

  • Hindari makan berat 3-4 jam sebelum tidur

  • Makanlah sedikit makanan ringan yang mengandung karbohidrat sebelum tidur,
    Olahraga ringan secara teratur

  • Hindari setiap kegiatan yang berat sebelum tidur

  • Tidak pergi ke tempat tidur anda sampai anda merasa lelah.

  • Aturlah jadwal tetap untuk bangun pagi hari, bahkan saat akhir minggu.

  • Tidak menonton televisi, makan atau membaca di tempat tidur.

  • Biasakan mengatur waktu tidur yang sama setiap malamnya.

  • Segera keluar dari tempat tidur anda bila anda tidak dapat tertidur

READ MORE - Selengkapnya

MENGURANGI KADAR KOLESTROL DARAH

Kata ‘kolesterol’ sering diucapkan oleh banyak orang, terutama bagi mereka yang berusia tua. Sebenarnya, apa itu kolesterol? Kolesterol adalah suatu zat yang dibentuk oleh hati (liver) dari lemak jenuh yang berasal dari makanan, & ditambah oleh kolesterol yang memang telah ada di makanan hewani seperti daging, kuning telur, atau produk susu.
Sebenarnya, kolesterol sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan, karena kolesterol adalah bahan pembentuk hormon steroid yang mengatur berbagai metabolisme tubuh, asam empedu, & komponen dari dinding sel di tubuh.

Namun, jika kadar kolesterol di dalam darah terlalu tinggi, akan meningkatkan risiko terkena serangan jantung atau stroke. Ini diakibatkan oleh kelebihan kolesterol yang tidak dibutuhkan tubuh akan disimpan di dinding pembuluh darah yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah, yang biasa disebut arterosklerosis. Jika jumlahnya terlalu banyak, maka pembuluh darah akan tersumbat total sehingga darah tidak dapat mengalir.

Jika kejadian ini terjadi pada pembuluh darah yang mengaliri otot-otot jantung, maka terjadilah serangan jantung. Sedangkan jika hal ini terjadi pada pembuluh darah di otak, maka terjadilah stroke.Sehingga, untuk mencegah kejadian tersebut, disarankan untuk melakukan pengukuran kadar kolesterol darah secara rutin bagi mereka yang berusia di atas 35 tahun. Pada mereka yang kadar kolesterol darahnya cenderung tinggi beserta faktor risiko lain untuk penyakit jantung & stroke, disarankan untuk melakukan pengukuran lebih sering sesuai petunjuk dokter.

Kolesterol di dalam tubuh sebenarnya terdiri dari berbagai macam, yang merupakan zat gabungan lemak-protein yang disebut lipoprotein. Lipoprotein dengan kepadatan rendah (low density lipoproteins/LDL), berfungsi untuk mengirim kolesterol dari tubuh masuk pembuluh darah. Sementara lipoprotein dengan kerapatan tinggi (high density lipoproteins/HDL) berfungsi untuk menyingkirkan kolesterol dari aliran darah.

Itu sebabnya LDL sering kali disebut ‘kolesterol jahat’ yang jumlahnya tidak boleh terlalu banyak, sementara HDL disebut ‘kolesterol baik’. Selain kedua hal tersebut, dikenal juga LDL yang lebih rendah lagi tingkat kepadatannya yaitu VLDL, & trigliserida yang sering dikenal sebagai ‘lemak netral’ yang merupakan lemak yang paling banyak beredar di pembuluh darah.

Untuk mencapai kadar kolesterol darah yang baik, sehingga tidak menyebabkan peningkatan risiko berbagai penyakit tetapi tetap cukup untuk menjaga berbagai fungsi tubuh, maka dibutuhkan keseimbangan dari berbagai jenis kolesterol yang ada.Sebagai contoh, jika kadar total kolesterol darah tinggi akibat kadar LDL yang tinggi, maka risiko untuk terkena penyakit jantung atau stroke menjadi tinggi. Sedangkan jika kadar kolesterol darah tinggi akibat kadar HDL yang tinggi, maka risiko untuk terkena penyakit jantung atau stroke tidak tinggi.

Berikut nilai-nilai yang dapat menjadi rujukan dalam penilaian kadar kolesterol darah dalam keadaan puasa (semua ukuran dalam mg/dl):

  • Kadar kolesterol darah totalDi bawah 200: baik
  • Antara 200 sampai 239: batas atas
  • Di atas 240: risiko tinggi terkena penyakit jantung & stroke

  • Kadar LDLKurang dari 130: baik
  • Antara 130 sampai 159: batas atas
  • Lebih dari 160: risiko tinggi terkena penyakit jantung & stroke
  • Kadar HDLKurang dari 40: risiko tinggi terkena penyakit jantung & stroke
  • Lebih dari 60: pengurangan risiko terkena penyakit jantung & stroke
  • Kadar TrigliseridaKurang dari 200: baik
  • Antara 200 sampai 399: batas atas
  • Lebih dari 400: risiko tinggi terkena penyakit jantung & stroke
Ada berbagai hal dapat dilakukan untuk mengendalikan kadar kolesterol darah & menurunkan risiko terkena penyakit jantung & stroke:
  • Berhenti merokok;
  • Mengatur pola makan dengan memperbanyak sayur & buah, membatasi jumlah kalori, mengurangi asupan kolesterol & lemak jenuh dari makanan hewani, & menghentikan sama sekali jeroan (usus, babat, limpa, hati, paru, otak, lemak, kulit);
  • Berolahraga secara rutin 2-3 kali per pekan;
  • Menurunkan berata badan bagi mereka yang kelebihan berat badan;
  • Mengendalikan tekanan darah;
  • Mengendalikan kadar gula darah jika terkena penyakit kencing manis (diabetes).
Jika diperlukan, dengan berkonsultasi ke dokter, dapat digunakan berbagai jenis obat yang dapat menurunkan kadar kolesterol darah. Namun perlu diingat, dengan menggunakan obat penurun kadar kolesterol bukan berarti dapat hidup seenaknya dengan tetap merokok, tidak mengatur pola makan, & berhenti berolahraga.Jenis-jenis obat penurun kadar kolesterol darah terdiri dari golongan statin, golongan niasin (salah satu jenis vitamin B), & golongan asam fibrat.

Dokter akan memilihkan jenis obat yang disesuaikan dengan hasil pemeriksaan kolesterol darah. Namun karena pengobatan untuk menurunkan kadar kolesterol darah tidak dapat dilakukan dalam waktu singkat, mintalah resep obat generik pada dokter agar biaya pengobatan tidak mahal.Dengan mengendalikan kadar kolesterol darah, maka selain mengurangi risiko terkena penyakit jantung & stroke, juga tubuh akan berfungsi secara normal sehingga dapat menikmati hidup sehat lebih lama.


(c)KonsulSehat
READ MORE - Selengkapnya

Apa itu Vitiligo?


Vitiligo ditandai dengan munculnya bercak putih berbatas tegas pada kulit. Bercak-bercak ini biasanya akan bertambah banyak dan/atau bertambah besar. Waktu yang diperlukan untuk perkembangan penyakit ini sangat bervariasi, ada yang cepat, namun ada pula yang sampai bertahun-tahun bercaknya baru bertambah. Bercak ini dapat hilang dengan sendirinya, namun hal ini jarang terjadi.

Sayangnya sampai sekarang belum diketahui dengan pasti faktor apa yang mempengaruhi perkembangan penyakit ini. Banyak dugaan faktor psikis, bahan kimia, seperti fenol (zat yang terdapat dalam cat rambut) merupakan faktor predisposisi timbul/berkembangnya penyakit ini. Tiap penderita sebaiknya memperhatikan pada keadaan apa biasanya bercaknya makin bertambah, karena hal tersebut bervariasi pada masing-masing individu dan hal tersebut sebaiknya dihindari agar bercak yang lain tidak timbul.


Mekanisme timbulnya penyakit ini juga belum diketahui pasti. Salah satu mekanisme yang banyak diyakini adalah gangguan autoimun, dimana sistem kekebalan tubuh bereaksi melawan organ/jaringan tubuh sendiri dan tubuh membentuk antibodi yang merusak organ atau jaringan tersebut. Dalam hal vitiligo, organ yang dikenali sebagai “benda asing” adalah melanosit, yaitu sel yang berfungsi untuk membentuk melanin (pigmen/zat warna kulit, rambut, mata).
Ada banyak cara pengobatan kelainan ini, beberapa diantaranya adalah :
  • Pengobatan dengan steroid, Pengobatan ini biasanya efektif untuk vitiligo yang baru timbul dan hanya terdapat sedikit bercak. Cara kerja obat ini belum diketahui dengan pasti, namun beberapa pasien memperlihatkan hasil yang positif. Hasil pengobatan biasanya terlihat setelah 3 bulan, bila tidak pengobatan akan dihentikan karena efektivitasnya kurang dan dapat timbul efek samping yang lebih besar.
  • Psoralen dengan bantuan fototerapi. Obat ini dapat diberikan dengan dioleskan (topikal) atau diminum sebelum kulit dipaparkan dengan sinar ultra violet A, baik yang bersumber dari sinar buatan maupun menggunakan sinar matahari. Psoralen meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar ultra violet dan merangsang perpindahan melanosit dari sumber melanosit terutama pada folikel rambut pada kulit yang sehat dan selanjutnya membentuk pigmen baru. Terapi ini yang paling banyak digunakan, termasuk yang Saudara Melly ceritakan. Memang biasanya terapi ini memakan waktu 6 sampai dengan 18 bulan. Sayangnya, angka keberhasilannya kurang dari 50%.
  • Depigmentasi Pengobatan ini dilakukan untuk memudarkan warna kulit yang tersisa agar sesuai dengan kelainan kulit. Pengobatan ini dilakukan bila kelainan lebih dari 50% kulit tubuh dan pengobatan untuk menimbulkan repigmentasi gagal. Salah satu contoh yang cukup terkenal menggunakan terapi ini adalah Michael Jackson (penyanyi).

Selain cara-cara pengobatan di atas, masih banyak pengobatan lain seperti dengan menggunakan sinar ultra violet yang berbeda, laser, bahkan dengan teknik bedah seperti mencangkokkan kulit yang sehat pada kulit yang mempunyai kelainan, mikropigmentasi, dan lain-lain. Namun dari semua cara pengobatan, belum ada yang memberikan hasil yang memuaskan pada semua penderita, sehingga sampai saat ini belum ada satu pun terapi yang dianggap terapi pilihan untuk vitiligo.

Mengingat pengobatan-pengobatan di atas belum ada yang memberikan hasil yang memuaskan, maka beberapa terapi alternatif pun dilakukan. Meski hasilnya juga belum bisa menjanjikan. Beberapa terapi tersebut dapat dijelaskan secara ilmiah, namun ada pula yang tidak.

Salah satu terapi alternatif adalah akupuntur, Terapi dari Akupuntur dari Cina dianggap dapat mengatasi masalah ini, dengan melalui jarum-jarum akunpuntur dapat mempengaruhi fungsi tubuh termasuk fungsi kulit dan sistem kekebalan tubuh.

Terapi-terapi alternatif yang lain antara lain:

  • AntioksidanMunculnya teori radikal bebas yang dapat merusak sel dan mempercepat/memperburuk suatu penyakit, maka antioksidan seperti vitamin E, vitamin C, dan beta karotin dipercaya dapat melindungi sel dari kerusakan dan menetralkan radikal bebas tersebut.
  • VitaminBerdasarkan hasil penelitian, kadar asam folat, vitamin B12, dan vitamin C ditemukan dalam kadar yang rendah pada penderita vitiligo. Maka, suplementasi asam folat (1-10mg per hari), vitamin C (1 gram per hari), vitamin B 12 (1000 mcg setiap 2 minggu, melalui suntikan) dapat menimbulkan repigmentasi pada sebagian orang. Pada penelitian lain, suplementasi oral asam folat (10mg per hari), dan vitamin B 12 (2000 mcg per hari) dikombinasikan dengan pengobatan paparan sinar matahari, dapat memberikan hasil yang memuaskan setelah 3 sampai 6 bulan pengobatan.Berdasarkan fakta di atas, dokter sering menambahkan pengobatan ini, di samping pengobatan yang standar.
  • DietPenurunan kadar lemak dan gula dalam darah dipercaya dapat membantu sistem kekebalan tubuh untuk mengenali benda asing atau sel tubuh sendiri.
    Dari uraian saya yang panjang lebar, saya ingin Saudara Melly bertambah sedikit wawasan tentang penyakit ini. Tanpa bermaksud mengecilkan hati, penyakit ini walaupun bisa diobati namun termasuk penyakit yang sulit untuk diobati dan memakan waktu yang tidak sebentar. Reaksi tiap penderita terhadap pengobatan pun berbeda-beda, sehingga penderita harus aktif mencari pengobatan yang sesuai.

Ilmu tentang penyakit ini terus berkembang, begitu juga dengan cara-cara pengobatannya, dan dokter pun bermacam-macam, ada yang mengikuti perkembangan, namun ada yang tidak.


Terima kasih, semoga bermanfaat.

READ MORE - Selengkapnya

TIPS MENGATASI SUSAH TIDUR

MEMANG beberapa orang akan melakukan apa saja supaya dapat tidur. Mandi air hangat-lah, dengan ramuan-ramuan-lah, melamun menghitung biri-biri-lah atau sambil meditasi. Satu lagi adalah pil tidur. Tapi sebetulnya ada cara yang sebenarnya lebih mudah.

Para peneliti di Basel, Swiss meneliti 18 orang sukarelawan dalam laboratorium. Mereka mematikan lampu pada saat tengah malam, dan sebelum itu dilakukan pengukuran suhu dan laju aliran darah pada tangan dan kaki mereka. Mereka mendapati bahwa mereka yang mudah tidur memiliki suhu tangan dan kaki yang hangat. Mengapakah alasannya?Mungkin kedengarannya aneh. Jika tangan dan kaki anda hangat, seluruh tubuh anda akan mendingin. Hal itulah yang memudahkan anda untuk tidur.
Para peneliti menasehati bahwa jika anda kesulitan tidur, cobalah pendekatan yang sederhana. Kenakan sarung tangan dan kaus kaki atau sebotol air hangat. Lalu kita lihat reaksi terhadap kemampuan tidur anda.
READ MORE - Selengkapnya

Understanding Green Tea Health

Understanding green tea health benefits can help you to begin and maintain a healthier lifestyle. If you’re the type of person who finds it challenging to maintain healthy eating and living, a great way to start is by making green tea a part of your daily diet. In today’s hurry up age, it is very possible to spend much of our days rushing to and fro, only taking time to grab a bite to eat on the run. We don’t blame you for being on the go, but at some point you have to stop and take care of your health and body to make sure they both last you for the long run.

There are many green tea health rewards that have been discovered by scientists and researchers over the years. While not all of these claims to healthier living have been verified, there are many which have. Of those substantiated, it has been reported that some major health incentives include reduction or resistance of impaired immune function, high cholesterol levels, rheumatoid arthritis, cancer, cardiovascular disease and infection.


Deciding to establish a diet regimen based on the rewards of green tea health doesn’t have to be an ordeal but careful planning and consideration should be given to selecting the type green tea product you want to use. There are many different forms of green tea on the market, many of which are not the genuine article. Don’t fall for impostors that claim to be green tea but actually only have a small percentage of green tea extract listed as a fourth or fifth ingredient on the list.
Some green tea health products can be purchased over the Internet. This is a great way to not only research the various green tea products that are available, but it eliminates the need to travel to the store to buy them. As a rule, however, you should avoid trying products just because they offer a free sample. The something for nothing concept is usually an auto ship program that subtlety invites you to pay regular charges for automatic refills of a product that may or may not work for you.


When you do find a green tea health product that you’re interested in taking, it is the best practice to check with your physician, particularly if you are taking any other medications that may react to the addition of green tea to your diet. Once you’re cleared by your doctor, you’re ready to begin experiencing some of the great green tea health benefits that are said to have helped make green tea the rage that currently is in many countries around the world.


Remember, not all green tea products are created equal. When the truth is told, there are many lookalike products and even some pseudo green tea items that make the claim but substantiate nothing. So whether you are searching for green tea health items for the short or long term, make sure you are selecting authentic green tea items.
READ MORE - Selengkapnya

TIPS MENJAGA KESEHATAN MATA

Manusia semakin mudah dalam hidup dengan adanya hasil kemajuan teknologi. Salah satu hasil kemajuan teknologi tersebut adalah komputer. Dengan semakin mudah untuk melakukan banyak hal menggunakan komputer, maka banyak orang melakukan pekerjaannya di depan komputer selama periode yang lama. Pada awalnya, hal ini tidak menimbulkan keluhan berarti, namun setelah semakin lama & semakin banyak orang yang bekerja dengan komputer, semakin banyak problem kesehatan yang muncul.
Ada banyak keluhan subyektif yang didapat oleh para pengguna komputer, secara umum keluhan mereka mengalami nyeri leher, nyeri pinggang, sakit mata, pusing, susah kencing, nyeri daerah lengan, pegal kaki, kesemutan, bahkan tekanan mental.Keluhan-keluhan seperti ini sering diabaikan, namun jika terus dirasakan, dapat mengganggu & mengurangi produktivitas kerja. Fenomena keluhan-keluhan subyektif ini dapat disebut cedera akibat tekanan kerja terus menerus. Keluhan-keluhan seperti ini sedikit yang dilaporkan, namun sangat banyak dialami oleh para pekerja yang menggunakan komputer.
Berbagai hal dapat dilakukan untuk mengurangi keluhan, seperti penggunaan obat pengurang rasa nyeri sampai perbaikan-perbaikan posisi, sarana, & cara kerja sehingga keluhan dapat dikurangi atau dicegah. Namun, manusia bukanlah robot yang dapat terus bekerja dalam waktu lama, meskipun lingkungan kerjanya lebih nyaman.
Penggunaan obat pengurang rasa nyeri juga tidak menghilangkan masalah, tetapi hanya mengurangi gejala, & bahkan cenderung berbahaya jika digunakan dalam waktu lama. Selain itu, hampir seluruh perangkat komputer, dirancang untuk orang-orang di ‘dunia barat’ yang memiliki postur tubuh berbeda dari kebanyakan orang Indonesia.Hal ini juga diperparah oleh kurang pedulinya orang-orang yang bekerja dengan komputer. Bila keadaan terus-menerus seperti ini, akan mengakibatkan banyak jam kerja akan hilang, keuntungan perusahaan akan berkurang & biaya pengobatan akan bertambah.
Operator komputer bekerja selama berjam-jam dengan sikap duduk yang statis, dengan gerakan tangan yang berulang-ulang. Dengan keadaan itu saja, operator komputer meja memiliki risiko yang cukup tinggi untuk mendapat cedera yang bersifat kumulatif pada otot.
Faktor risiko ini akan semakin tinggi dengan lamanya durasi kerja, dengan posisi duduk yang buruk, posisi leher yang salah, tempat kerja yang kurang memadai, penempatan layar monitor komputer, keyboard, atau kertas yang salah.Untuk menghindari atau mengurangi masalah kesehatan akibat hal tersebut, hal yang dapat dilakukan adalah pencegahan dengan sikap & pengaturan kerja yang baik juga mengatur pola hidup selama & di luar jam kerja.
Sesuaikan peralatan kerja setiap akan mulai bekerja, sehingga kelelahan & cedera dapat dikurangi, seperti menyesuaikan tinggi kursi sesuai tinggi badan, meletakkan tepi atas monitor ada dalam 1 garis lurus dengan mata sehingga kepala tidak menengadah ataupun menunduk ketika melihat ke monitor, mengatur jarak monitor dengan mata ada dalam jarak membaca (sekitar 50cm) sehingga badan tidak perlu membungkuk setiap kali melihat ke monitor, & mengatur ‘refresh rate’ monitor sebesar 72Hz atau lebih sehingga mata tidak cepat lelah.
Lalu bagian punggung tersangga dengan baik oleh sandaran kursi yang empuk, menggunakan sandaran telapak kaki (footrest) sehingga posisi tungkai dalam keadaan rileks, lengan atas & bawah membentuk sudut 90 derajat saat mengetik, kedua pangkal telapak tangan bertumpu/bersandar pada meja, tidak menggantung, & menggunakan kursi dengan penyangga/sandaran lengan bawah.
Agar dapat membaca dengan nyaman, atur setting kontras & kekuatan cahaya dari monitor, tidak terlalu terang sehingga menyilaukan mata & kontras yang mencukupi sehingga tulisan di monitor mudah dibaca, menghindari adanya cahaya terang tepat di belakang atau di depan monitor, & memastikan penerangan di ruangan mencukupi untuk membaca buku/tulisan tercetak.
Menggunakan & mengatur dengan tepat headphone & mikrofon (headset) yang disediakan agar dapat mendengar dengan jelas & berbicara tanpa perlu berteriak & menghindari posisi duduk yang sama selama waktu yang lama, variasikan beberapa posisi duduk yang nyaman
Untuk mendukung kerja yang optimal & mencegah terkena gangguan kesehatan, disarankan untuk beristirahat selama 5 menit setiap bekerja selama 1 jam, istirahat ini tidak dapat digabungkan. Gunakan waktu istirahat singkat ini untuk berjalan, melakukan gerakan-gerakan olahraga ringan, atau mengambil minuman. Waktu istirahat yang lebih lama (15-30 menit) setiap 4 jam bekerja, gunakan untuk rileks/beristirahat & makan. Untuk mengurangi kelelahan mata, lihat ke luar jendela (pemandangan) atau benda yang letaknya jauh setiap 10-15 menit sekali.
Cukup minum untuk mencegah dehidrasi. Kebutuhan cairan yang disarankan untuk mereka yang bekerja di ruangan ber-AC adalah sekitar 50-60cc/kgBB/hari. Jangan menahan kencing untuk mencegah infeksi saluran kemih atau terbentuknya batu di saluran kencing. Sesuaikan suhu ruangan kerja, tidak terlalu dingin atau terlalu panas.
Suhu yang terlalu panas akan membuat cepat lelah & emosi meningkat, sedangkan suhu yang terlalu dingin akan membuat otot menjadi kaku & lebih mudah terkena cedera.Jika dimungkinkan, putar musik dalam volume yang pelan untuk menghindari kejenuhan & meredam emosi.
Tidur dalam jumlah yang cukup, sekitar 6-8 jam/hari. Makan makanan yang bergizi lengkap, bervariasi, & seimbang, juga cukup serat (sayuran/buah). Makan berat 1-2 jam sebelum mulai bekerja sehingga ada cukup energi untuk bekerja tanpa diganggu rasa lapar atau kantuk.Berolahraga secara teratur 2-3 kali setiap pekan.
Segera berkonsultasi dengan dokter setiap kali merasakan ada gejala/keluhan di tubuh yang tidak normal sehingga dapat cepat diobati.Dengan melakukan hal-hal di atas, gangguan kesehatan akibat bekerja dengan komputer dapat dikurangi & produktivitas/efisiensi kerja meningkat.
READ MORE - Selengkapnya

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails