Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

MENGENAL PENYAKIT ALERGI TERHADAP NIKEL

Deskripsi
Alergi nikel adalah salah satu penyebab paling umum dari alergi kontak dermatitis--gatal ruam yang muncul saat kulit normal bersentuhan dengan zat berbahaya.

Umumnya alergi nikel berkaitan dengan anting-anting dan perhiasan untuk tindikan tubuh lainnya. Tapi nikel juga ditemukan di berbagai peralatan sehari-hari--dari koin untuk kalung gesper hingga bingkai kacamata. Alergi nikel dapat mempengaruhi orang-orang dari segala usia. Seseorang dapat mengalami alergi nikel setelah satu bersentuhan dengan nikel abaik secara berulang atau dalam jangka waktu lama.

Gejala
Reaksi alergi seperti kasus kesalahan identifikasi yang dilakukan sistem kekebalan tubuh. Biasanya, sistem kekebalan tubuh bereaksi untuk melindungi tubuh terhadap bakteri, virus atau zat-zat beracun. Pada penderita alergi, nikel diidentifikasi oleh sistem kekebalan tubuh sebagai zat yang membahayakan. Setelah tubuh bereaksi terhadap agen tertentu (alergen) - dalam hal ini, nikel - sistem kekebalan akan selalu peka terhadap hal itu. Ketika anda kontak dengan nikel, sistem kekebalan tubuh merespon dan menghasilkan respons peradangan.

Gejala
- Benjolan pada kulit
- Gatal, yang mungkin berat
- Kemerahan atau perubahan warna kulit
- Kering bercak kulit yang dapat menyerupai luka bakar
- Lepuh dan pengeringan cairan dalam kasus yang berat

Perawatan
Tidak ada obat untuk alergi nikel. Setelah tubuh begitu peka terhadap nikel, akan timbul ruam (kontak dermatitis) setiap kali anda kontak dengan logam. Sekali reaksi alergi terhadap nikel eksposur telah dimulai, kemungkinan besar akan berlanjut selama dua hingga empat minggu. Obat yang dapat membantu penderita mengatasi gejala antara lain: Krim kortikosteroid, Oral kortikosteroid, atau Antihistamin oral.

Sumber: mayoclinic.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MENGENAL PENYAKIT ALERGI TERHADAP NIKEL"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner