Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya

PENGENALAN PENYAKIT MITTELSCHMERZ PADA WANITA

Deskripsi
Jika seorang wanita kadang-kadang mengalami rasa sakit di salah satu sisi perut bagian bawah dan tidak tahu gejala tersebut, sebaiknya lacak siklus haid. Jika itu terjadi di pertengahan siklus menstruasi- sekitar 14 hari sebelum periode menstruasi berikutnya - kemungkinan besar wanita tersebut mengalami suatu kondisi yang disebut mittelschmerz. Sebuah kata Jerman yang berarti "rasa sakit di pertengahan".

Gejala
Gejala utama mittelschmerz sangat khas, sisi perut bagian bawah terasa sakit atau tidak nyaman. Rasa sakit dapat beralih sisi setiap bulan atau setiap kali terjadi. Mungkin juga bisa dirasakan pada sisi yang sama selama beberapa bulan berturut-turut. Rasa sakit terjadi pada sisi di mana wanita berovulasi.

Rasa sakit biasanya berlangsung beberapa menit sampai beberapa jam, tetapi mungkin terus selama satu atau dua hari. Sakit yang muncul akibat mittelschmerz antara lain:
* Rasa sakit yang terasa seperti kram
* Tiba-tiba sakit dan nyeri
* Pendarahan ringan disertai dengan cairan vagina

Lokasi dan waktu rasa sakit dapat membantu mengidentifikasi mittelschmerz, terutama jika seorang wanita memiliki riwayat itu. Melacak siklus menstruasi selama beberapa bulan terakhir dan catatan atas rasa sakit sangat berguna dalam pelacakan. Jika itu terjadi di pertengahan siklus dan pergi tanpa pengobatan, kemungkinan besar wanita tersebut mengalami mittelschmerz.

Perawatan
Rasa sakit ini tidak berbahaya dan tidak menandakan adanya penyakit. Tidak ada perawatan biasanya diperlukan. Penghilang rasa sakit (analgesik) mungkin diperlukan dalam kasus-kasus yang berkepanjangan atau rasa sakit yang hebat.

Sumber: medlineplus dan mayoclinic.

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Arsip

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails