Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

ALPOKAT UNTUK PENGOBATAN SARIAWAN, KENCING BATU DAN DARAH T INGGI


Pohon buah dari Amerika Tengah, tumbuh liar di hutan-hutan, banyak juga ditanam di kebun dan di pekarangan yang lapisan tananhnya gembur dan subur serta tidak tergenang air. Walau dapat berbuah di dataran rendah, tapi hasil akan memuaskan bila ditanam pada ketinggian 200 – 1.000 m di atas permukaan laut (dpl), pada daerah tropik dari subtropik yang banyak curah hujannya.

Buah alpokat yang masak daging buahnya lunak, berlemak, biasanya dimakan sebagai es campur atau dibuat juice. Minyaknya digunakan antara lain untuk keperluan kosmetik. Perkembangbiakan dengan biji, cara okulasi dan cara enter.

Nama Lokal:
Apuket, alpuket, jambu wolanda (Sunda), apokat, avokat, plokat (Jawa). apokat, alpokat, avokat, advokat (Sumatera)

Penyakit yang dapat Diobati
Sariawan, melembabkan kulit kuring, kencing batu, sakit kepala, Ddrah tinggi (Hipertensi), Nyeri syaraf (neuralgia), nyeri lambung, Saluran napas membengkak (bronchial swellings), Sakit gigi, Kencing manic (diabetes melitus), Menstruasi tidak teratur.
Bagian yang Dipakai Daging buah, daun, biji.
Manfaatnya
Daging buah:

- Sariawan.
- Melembabkan kulit kering.

Daun:
- Kencing batu.
- Darah tinggi, sakit kepala.
- Nyeri syaraf.
- Nyeri lambung.
- Saluran napas membengkak (bronchial swellings).
- Menstruasi tidak teratur.

Biji:
- Sakit gigi.
- Kencing manis.
Pemakaian
Untuk minum: 3 – 6 lembar daun. Pemakaian luar, daging buah secukupnya dilumatkan, dipakai untuk masker. Daun untuk pemakaian setempat, biji digiling halus menjadi serbuk untuk menghilangkan sakit.

Cara Pemakaian
  • Sariawan
    Sebuah isi alpokat yang sudah masak diberi 2 sendok makan madu murni, diaduk merata lalu dimakan. Lakukan setiap hari sampai sembuh.
  • Kencing batu
    4 lembar daun alpokat, 3 buah rimpang teki, 5 tangkai daur randu, setengah biji pinang, 1 buah pala, 3 jari gula enau, dicuci kemudian direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin disaring lalu diminum. Sehari 3 x 3/4 gelas.
  • Darah tinggi
    3 lembar daun alpokat dicuci bersih lalu diseduh dengan 1 gelas air panas setelah dingin diminum sekaligus.
  • Kulit muka kering
    Buah diambil isinya lalu dilumatkan sampai seperti bubur. Dipakai untuk masker, dengan cara memoles muka yang kering. Muka dibasuh dengan air setelah lapisan masker alpokat tersebut mengering.
  • Sakit gigi berlubang
    Lubang pada gigi dimasukkan bubuk biji alpokat.
  • Bengkak karena peradangan
    Bubuk dari biji secukupnya ditambah sedikit air sampai menjadi adonan seperti bubur, balurkan kebagian tubuh yang sakit.
  • Kencing manis
    Biji dipanggang di atas api lalu dipotong kecil-kecil, kemudian direbus dengan air bersih sampai airnya menjadi cokelat. Selanjutnya disaring dan diminum setelah dingin.
  • Teh dan alpokat baik untuk menghilangkan rasa sakit kepala, nyeri lambung, bengkak pada saluran napas, rasa nyeri syaraf (Neuralgia) dan datang haid tidak teratur.

Data Penelitian
Daun mempunyai aktivitas antibakteri dan menghambat pertumbuhan Staphylococcus aureus strain A dan B. Staphylococcus albus, Pseudomonas sp., Proteus sp., Escherichea coli dan Bacillus subtilis (E.O. ognulans dan E. Ramstad 1975).


Sifat Kimiawi dan Efek Farmakologis
Daun mempunyai rasa pahit, kelat. Sedangkan biji sebagai anti radang, menghilangkan sakit.


Kandungan Kimia
Buah dan daun mengandung saponin, alkaloids dan flavonoida, Buah juga mengandung tanin dan daun mengandung polifenol, dan quersetin.

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "ALPOKAT UNTUK PENGOBATAN SARIAWAN, KENCING BATU DAN DARAH T INGGI"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner