Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya

CARA MENGATASI INSOMNIA ATAU GANGGUAN TIDUR

Insomniac adalah orang yang mengalami “penyakit” susah tidur. Imsonia sendiri ada beberapa macam. Ada penderita insomnia yang yang hanya berbaring dan tidak pernah bisa untuk tertidur, Ada penderita yang bisa tertidur tapi selalu gelisah dalam tidurnya. Dari dua tipe insomnia ini, tipe kedualah yang relatif bisa sembuh.

Gelisah dalam tidur, sebuah mutasi genetik: Sebuah studi menunjukkan diketahui adanya mutasi pada dua gen yang bisa memberikan informasi mengenai insomnia agar membaik. Ada dua kontrol gen perangsang elektrik pada wilayah tertentu di otak yang berperan serta terhadap masalah tidur.

Para penderita iInsomnia sering menderita kelelahan kronis. Mereka juga kemungkinan besar memiliki risiko terkena depresi. Hanya saja memang tidak semua kasus kelelahan kronis dan depresi disebabkan oleh insomnia. Inilah yang membuat insomnia sangat sulit didiagnosa.
Hingga saat ini, belum diketahui obat mujarab untuk insomnia. Banyak orang yang menderita insomnia menggunakan obat tidur untuk kelelapan tidur mereka, namun penggunaan obat tidur dalam jangka panjang akan berakibat fatal bagi kesehatan.

Terapi pun banyak dilakukan untuk menyembuhkan insomnia, namun butuh waktu yang tidak sebentar agar insomnia dapat segera teratasi.

Di sini ada 5 tips populer dari Psikolog Klinis dan Ahli Gangguan Tidur Amerika Serikat, Dr Michael J Breus PhD agar tidur Anda berkualitas :
  • Buat jam santai Anda sebelum tidur. Berhenti bekerja. Apapun pekerjaan Anda hari itu, tinggalkanlah. Lakukan sesuatu hal yang bisa membuat Anda bersantai, seperti mandi air hangat diselingi musik ringan, membaca bahan bacaan ringan, atau menonton TV jika memang dapat membuat Anda santai (hindari berita TV).
  • Pergi tidur dan bangun pada jam yang sama selama 7 hari.
  • Jadwalkan untuk berolahraga selama 30 menit dalam sehari selama seminggu. Anda bisa membagi-baginya dalam beberapa waktu dalam sehari. Misalnya, 10 menit jogging sebelum makan pagi, 10 menit pada saat makan siang, dan 10 menit pada waktu makan malam.
  • Hindari kafein setelah jam 2 siang. Jangan pula mengonsumsi minuman bersoda dan obat sakit kepala.
  • Lakukan relaksasi tubuh dan pikiran seperti meditasi, yoga, atau pijat relaksasi.
    Hindari obat tidur
    Sementara itu sebuah artikel di Astaga.Com sangat menyarankan agar penderita menghindari obat tidur karena dapat menyebabkan ketergantungan. Dalam artikel itu disebutkan juga tips berikut ini untuk mengurangi atau mengobati insomnia;
  • Jika Anda tidak bisa segera terlelap setelah berada di tempat tidur cobalah untuk bersikap santai. Gunakan waktu untuk melakukan aktivitas yang Anda sukai, sebab perasaan gelisah hanya akan memperburuk keadaan.

Yang bisa Anda lakukan:

  • Lakukan olah raga di siang hari agar badan terasa lelah. Atau, lakukan olah raga ringan seperti jalan kaki di udara terbuka kira-kira sejam sebelum tidur.
  • Mandi air hangat bisa membuat rileks. Hindari minuman bersoda, teh, kopi, serta makanan seperti coklat dan es krim.
  • Bacaan yang tidak berkaitan dengan pekerjaan atau pelajaran sering bisa membuat mengantuk.
  • Tempat tidur dan suasana lingkungan yang nyaman akan membantu mempermudah tidur. Jaga suhu ruangan tak terlalu panas atau terlalu dingin. Umumnya orang tidur nyenyak pada ruangan yang sejuk.
  • Yoga dan teknik relaksasi lain juga bisa membantu.
  • Banyak makan sayur daun kangkung tanpa batang, sebab kangkung memiliki khasiat sedatif (obat tidur).
  • Suplemen mineral seperti kalsium, magnesium, serta inositol yang diminum 30 menit sebelum tidur, bisa membantu mengatasi insomnia.

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Arsip

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails