Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

KEBIASAN BURUK MEMBUAT WAJAH KELIHATAN TUA

Empat kebiasaan buruk, termasuk merokok, minum alkohol terlalu banyak, tidak aktif, dan pola makan buruk membuat penampilan Anda terlihat 12 tahun lebih tua dari usia sebenarnya. (Foto: gettyimages) TIAP orang ingin punya umur panjang, awet muda, dan menjalani hidup berkualitas dengan tubuh sehat. Sayang, kebiasaan yang disenangi terkadang justru merusakkan kualitas hidup.

Empat kebiasaan buruk, termasuk merokok, minum alkohol terlalu banyak, tidak aktif, dan pola makan buruk membuat penampilan Anda terlihat 12 tahun lebih tua dari usia sebenarnya. Hasil penemuan baru ini didapat dari sebuah studi yang melacak hampir 5.000 orang dewasa (berusia 18 tahun ke atas) Inggris selama 20 tahun.

Para partisipan ditanya tentang berbagai gaya hidup mereka yang meski hanya dilakukan sesekali, tapi kebiasaan tersebut cenderung semakin stabil di usia dewasa mereka nantinya.

Secara keseluruhan, sebanyak 314 peserta studi menerapkan keempat perilaku tidak sehat. Di antara mereka, sebanyak 91 orang (29 persen) meninggal dunia selama studi. Dan di antara 387 orang yang tidak menerapkan satupun empat kebiasaan buruk tersebut, hanya 32 orang (8 persen) meninggal dunia.

Data kematian didapat dengan memeriksa sertifikat kematian mereka 20 tahun kemudian. Penyebab kematian paling umum, yakni penyakit jantung dan kanker, keduanya terkait dengan gaya hidup tidak sehat.

Perilaku berisiko, meliputi menghirup asap rokok, menenggak lebih dari tiga minuman alkohol per hari untuk pria dan lebih dari dua minuman alkohol per hari bagi wanita, melakukan aktivitas fisik kurang dari dua jam per minggu, serta mengonsumsi buah-buahan dan sayuran kurang dari tiga kali sehari.

Kebiasaan-kebiasaan tersebut dan kombinasi di antaranya secara substansial meningkatkan risiko kematian dan membuat pelakunya tampak 12 tahun lebih tua daripada orang-orang dalam kelompok pelaku hidup sehat, kata peneliti Elisabeth Kvaavik dari Universitas Oslo menyimpulkan studi yang telah dipublikasikan di Monday’ Archives of Internal Medicine ini.

Juni Stevens, peneliti kesehatan masyarakat dari University of North Carolina mengatakan, hasil ini sesuai dengan penelitian sebelumnya yang menguji efek gabungan dari kebiasaan yang berkaitan dengan kesehatan pada usia lanjut.
Okezone
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KEBIASAN BURUK MEMBUAT WAJAH KELIHATAN TUA"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner