Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

TIPS SEHAT UNTUK PENDERITA DIABETES

Penderita diabetes di Indonesia, saat ini mencapai 14 juta penduduk (6,4 persen dari 220 juta penduduk Indonesia). Angka ini menduduki peringkat keempat di dunia. Setiap tahunnya terus bertambah seiring dengan berubahnya gaya hidup masyarakat dan kehidupan yang semakin sulit.

Perlu keteguhan hati, disiplin serta kesadaran penuh akan kondisi kesehatan tubuh dalam mengantisipasi gangguan diabetes. Namun beberapa kiat berikut ini sedikit banyak dapat memberikan kontribusi pengetahuan seputar mengatasi diabetes:

Tahap-tahap yang penting untuk dilakukan:

  1. Makan sesuai perencanaan
  2. Tingkatkan aktivitas fisik
  3. Pelajari tentang penyakit diabetes secara rinci
  4. Konsisten dalam menjalani semua perencanaan yang telah dibuat
  5. Apabila ada gejala yang mengganggu kesehatan, konsultasikanlah dengan dokter.

Beberapa hal yang harus diperhatikan:

  1. Tentukan target kadar gula dan tekanan darah yang sesuai dengan konsensus pengelolaan diabetes yang baik. Kadar gula yang sesuai untuk penderita diabetes sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter. Tekanan darah yang ideal yakni 120/80 mmHg.
  2. Turunkan berat badan. Jika berat badan lebih atau termasuk dalam kelompok obesitas, penurunan berat badan merupakan target lain yang harus dicapai.
  3. Konsumsi makanan sehat. Ketahui makanan seperti apa yang sehat untuk Anda, dan bagaimana pola makan yang sebaiknya dijalankan oleh penyandang diabetes.
  4. Tetap aktif, setidaknya berolahraga sekitar tiga jam dalam satu minggu. Dapat dilatih dengan berjalan ringan 5-10 menit dalam sehari.
  5. Hindari makanan tinggi kolesterol, sebab mengakibatkan penyakit jantung dan stroke. Ubah kebiasaan makan untuk mengurangi kolesterol, jika perlu gunakan obat untuk mengurangi kolesterol, namun sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.
  6. Perhatikan kesehatan mata. Salah satu komplikasi diabetes adalah gangguan mata. Konsultasi dengan dokter ahli mata, setidaknya setahun sekali untuk mengetahui kelainan pada mata, terutama bila terdapat gejala gangguan pada mata.
  7. Perhatikan kesehatan kaki. Penderita diabetes biasanya akan mengalami gangguan pada alat gerak, tangan atau kaki. Terbentuk luka hingga akhirnya menimbulkan gangren. Waspadai masalah tersebut, karena jika didiamkan akan berlanjut hingga amputasi. Bila terdapat luka, konsultasikan dengan dokter bagaimana cara merawat luka tersebut.
  8. Hindari depresi atau rasa ketakutan (ansietas). Penderita diabetes dapat mengalami masalah tersebut, yang pada gilirannya akan mengganggu kesehatan.
  9. Komplikasi lain diabetes adalah gangguan ginjal. Lebih cepat penderita mengetahui kelainan ginjal, akan semakin baik. Karena dapat diberikan pengobatan lebih awal.
  10. Kerusakan saraf. Jika didapatkan rasa baal di kaki atau tangan, konsultasikan dengan dokter. Hal itu perlu ditangani segera. Sebab rasa baal yang terus-menerus dapat mengganggu sensor nyeri di kaki. Dengan demikian, jika mengalami luka atau tidak dirasa, makin lama luka tersebut dapat semakin besar.
  11. Masalah seksual. Masalah yang sering muncul ialah gangguan ereksi (impotensi), sehingga membuat penderita tidak nyaman. Konsultasikan segera dengan dokter untuk memperoleh penanganan.
  12. Pantau kadar gula darah secara berkala. Hal itu penting dilakukan untuk mengetahui perkembangan penyakit. Jika meningkat, penderita harus waspada dan menurunkan kadar gula darah. Jika memiliki alat pengukur kadar gula, pastikan alat ukur tersebut benar. Jika perlu, konfirmasikan dengan hasil laboratorium, setidaknya enam bulan sekali.
  13. Hindari rokok. Merokok bagi penyandang diabetes merupakan kombinasi yang mematikan. Dapat terjadi kerusakan di pembuluh darah hingga mengakibatkan gangguan organ vital seperti jantung dan otak.

Bila beberapa panduan dan arahan di atas dapat diimplementasikan secara bertahap dan konsisten atau disiplin dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari, diharapkan angka penderita diabetes dapat ditekan ke angka paling rendah sekalipun.(GEN/ANS)

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TIPS SEHAT UNTUK PENDERITA DIABETES"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner