Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

MENGENAL GEJALA PSORIASIS

Jika pada kulit Anda ada bintik-bintik merah dan kemudian menyebar ke hampir seluruh tubuh, maka bisa jadi ini merupakan penyakit Psoriasis. Apalagi jika bintik merah tersebut semakin melebar dan ditumbuhi sisik putih keperak-perakan dan tebal. Lantas, bagaimana pula cara mengatasinya?

Psoriasis adalah penyakit radang kulit yang sifatnya hilang timbul (residfis). “Penyakit ini ditandai dengan bercak-bercak merah bersisik kasar dan tebal

Psoriasis bisa terjadi pada semua orang dan tidak ada hubungannya dengan jenis kelamin, etnik, warna kulit maupun kulit putih. Penyakit ini pun bisa timbul kapan saja. Dan biasanya terjadi pada usia dewasa dan jarang terjadi pada bayi dan anak.

Sampai saat ini, penyakit psoriasis belum diketahui apa penyebabnya. Tapi memang ada gen abnormal yang mengarah ke pembentukan psoriasis pada penderita, sehingga penyakit psoriasis ini mempunyai risiko menjadi penyakit keturunan. “Tapi belum tentu juga faktor dominan, yang artinya jika orang tuanya terkena, anaknya nanti pasti terkena. Bisa jadi pada cucunya atau keturunan di bawahnya.

Namun, pada umumnya psoriasis ini tidak membahayakan jiwa, walaupun sangat mengganggu kualitas hidup, seperti kehidupan pribadi, sosial, dan pekerjaan. Ia juga tidak berkembang menjadi kanker.

Memang ada beberapa keadaan lingkungan atau faktor tertentu yang dapat menjadi pencetus psoriasis, antara lain stres, cuaca dingin dan kelembapan rendah, obat-obatan tertentu hingga makanan meski belum jelas hubungannya.

Proses munculnya gejalanya dimulai dari turn over epidermis atau kulit ari. Jika normalnya pergantian kulit yang terlalu cepat. Jika normalnya pergantian kulit berlangsung dalam waktu 3-4 minggu, proses pergantian psoriasis berlangsung sangat cepat, yaitu sekitar antara 2-4 hari.

Psoriasis juga dapat menyerang kulit kepala. Gejalanya adalah muncul pecahan-pecahan kulit kering yang menyerupai ketombe. “Ini juga bisa kena kuku. Biasanya terlihat lubang-lubang kecil dan keruh pada kuku. Terkadang ada pula yang tanpa rasa gatal sama sekali.

Ada beberapa psoriasis yang biasa ditemukan, yakni bentuk vulgaris (bentuk plak), bintik-bintik (guttate), bentuk pada bagian lipatan (flexura), bentuk menyebar luas atau eritroderma (seluruh kulit), bentuk gelembung bernanah (pustula), bentuk mengelupas (exfoliative), dan yang terakhir psoriasis sendi (psoriasis yang disertai dengan radang sendi). Lama-lama memang menembus tulang dan rasanya ngilu kayak rematik
Siti Masnidar/int
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MENGENAL GEJALA PSORIASIS"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner