Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

PENYAKIT KAKI GAJAH DAN PEMBENGKAKAN BUAH PELIR


Elephantiasis atau lebih umum dikenal sebagai penyakit kaki gajah adalah suatu gangguan di pembuluh darah dan pembuluh limfe yang disebabkan oleh cacing Wuchereria Bancrofti dan Brugia timori. Sekitar 120 juta orang terinfeksi dengan organisme ini di berbagai negara tropis dan subtropis yang di tularkan melalui gigitan nyamuk Culex, Aedes dan Anopheles yang banyak hidup di sekitar kita, apalagi kalo pas musim hujan kayak gini.


Cacing Filaria

Pada saat dalam bentuk larva dan mikrofilia (cacing kecil), cacing ini berada dalam darah, namun ketika beranjak dewasa mereka akan bermigrasi ke pembuluh limfe dan seringkali berdiam diri di limfanodi (kelenjar getah bening). Kegiatan cacing dalam pembuluh limfe ini menyebabkan berbagai reaksi inflamasi dan sumbatan pembuluh limfe, sumbatan inilah yg menyebabkan akumulasi cairan di tubuh bagian bawah dan scrotum (kantung pelir) sehingga daerah-daerah tersebut seringkali membengkak. Dan anehnya lagi, bila daerah yang bengkak tersebut di USG seringkali ditemukan cacing-cacing tersebut sedang menari-nari (filarial dance sign) . Kalo sampean pengen liat tarian cacing ini, videonya bisa di download disini . lha iya, saya juga baru ngerti kalo ada cacing yang bisa menari di kantung pelirnya orang.



pembengkakan kantung testis dan kaki pada pasien filariasis

Pencegahan

Karena penularan filariasis ini melalui nyamuk, maka bektor inilah yang harus dipotong atau diminimalisir agar resiko penularan menjadi lebih kecil, ingat 3 M.

Menguras bak air
Menutup tempat yang mungkin menjadi sarang berkembang biak nyamuk
Mengubur barang-barang bekas yang bisa menampung air

Selain untuk mencegah penyebaran dan penularan filariasis, kegiatan diatas juga mencegah demam berdarah.






sumber : juraganmedis dan dari berbagai sumber

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PENYAKIT KAKI GAJAH DAN PEMBENGKAKAN BUAH PELIR"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner