Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

RAHASIA HARUMNYA AROMATHERAPY

Dimasa sekarang siapa sih yang tidak tahu atau kenal dengan yang namanya Aromatherapy ? Selain mengharumkan ruangan dan tubuh anda, aromatherapy juga dikenal sebagai terapi pengobatan alternatif yang menggunakan essential oil atau sari minyak murni yang biasanya berasal dari intisari tumbuhan dan herbal.

Ada yang cara penggunannya dengan mencampurkan essence dan air lalu dididihkan diatas tungku kecil, ada juga yang berupa batang dupa, lilin wangi, kemasan spray praktis atau bahkan ada yang sudah di proses dalam produk-produk perawatan kulit tubuh.

Ternyata aromatherapy ini sudah populer sejak tahun 1928. Pencetusnya adalah Rene Maurice Gattefosse dari Perancis. Saat perang dunia II, minyak essential banyak digunakan untuk pengobatan karena sulitnya memperoleh antibiotik pada zaman penuh kekalutan itu. Sari minyak ini efektif menyembuhkan karena mengandung bahan kimia asli dari tumbuhan berupa zat antiseptik seperti fenol, alcohol, dan molekul lainnya. Demikian penelitian yang dilakukan oleh Chamberlain pada tahun 1887.

Sari minyak ini diperoleh dari penyulingan baik dari bunga, akar, batang maupun daun herbal tersebut, tergantung mana yang berkhasiat unggul. Untuk memperoleh sekitar satu sendok makan essential oil mawar diperlukan 100 kg bunga mawar untuk diproses. Tak heran jika kemudian minyak aromatherapy dijual mahal di pasaran. Namun jika menimbang manfaatnya secara medikal, harga seakan menjadi pertimbangan kedua.

Aromatherapy dapat mengurangi stres, menenangkan pikiran dan membangkitkan semangat dan gairah. Bahkan ada yang dipercaya dapat membersihkan racun dalam tubuh, dan untuk lebih detailnya dapat dilihat dibawah ini.

Citronella

Mengurangi ketegangan, meredakan hidung tersumbat, mengatasi insomnia, dengkur dan migrain.

Eucalyptus (Kayu Putih )

Melegakan pernafasan, meringankan masalah hidung sensitif, bronchitis, asma, batuk, pilek, demam dan flu.

Lavender

Memudahkan tidur, meredakan kegelisahan, mengatasi depresi, mengurangi perasaan ketegangan.

Green Tea

Memperbaiki sistem peredaran darah, membantu mengeluarkan dahak dan membersihkan paru-paru. Juga memperlambat proses penuaan.

Sandalwood (Cendana )

Menghilangkan rasa cemas dan aromanya sangat bermanfaat untuk meditasi.

Rose ( bunga Mawar)

Menciptakan suasana romantis dan penuh gairah, memperbaiki metabolisme dan sistem peredaran darah, menyeimbangkan hormon, meringankan kepekaan kulit sensitif dan alergi.

Ylang-Ylang (Bunga Kenanga )

Meringankan tekanan darah tinggi, mengeluarkan sebum pada kulit. PeppermintAroma yang menyegarkan, membangkitkan suasana, mengurangi sakit perut, ketegangan, dan menyembuhkan sakit kepala.

Chammomile

Menenangkan dan mengakhiri stres serta menyenyakkan tidur.

Dandellion

Mengobati sakit sendi, masalah ginjal dan kantung kemih, hepatitis, penyaringan darah dan mengatasi masalah pencernaan. Juga efektif menyembuhkan sengatan lebah.

Thyme

Membantu pencegahan flu, demam, detoksifikasi racun dan mencegah infeksi, meredekan hidung tersumbat dan alergi sinus.

Lotus ( Bunga Teratai )

Meningkatkan vitalitas, dan konsentrasi, mengurangi panas dalam, meningkatkan fungsi limpa dan ginjal.

Patchouli

Meningkatkan gairah dan semangat, meningkatkan sensualitas, memberi efek menenangkan, dan membuat tidur lebih nyenyak.

Basil

Mengurangi sakit kepala dan migrain serta meningkatkan konsentrasi.

Green Apple

Menyembuhkan mabuk dan diare, menguatkan sistem pencernaan, menjernihkan pikiran, meringankan gejala panas dalam.

Black Pepper

Aroma yang tajam namun berkhasiat mengurangi rasa sakit pada otot. LemonMengurangi stres dan anti depresi, meningkatkan mood dan merelakskan pikiran serta memberi perasaan segar.

Vanilla

Aromanya yang lembut dan hangat mampu menenangkan pikiran

Jasmine

Berfungsi sebagai aphrosidiac sensual untuk merangsang dan menciptakan suasana romantis

Strawberry

Meningkatkan selera makan, mengurangi penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan kanker. Nah sekarang anda sudah bisa memilih mana jenis aromatherapy yang cocok untuk untuk anda.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RAHASIA HARUMNYA AROMATHERAPY"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner